Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Profith83 wrote: Sat Jul 03, 2021 4:47
Mau tanya pendapat Oli mesin pemakain 2rb KM 7 bulan PTT 5w30 full synthetic botol gold.
Mobilio RS AT thn 2015 KM 84rb sekarang.
Ini penampakan oli dipakai 7 bulan dengan jarak 2rb KM
Mobilo KM 84rb pakai 2rbKM 7 bulan.jpg
Setelah tunggu lebih dr 5 menit
Mobilo KM 84rb pakai 2rbKM 7 bulan tunggu 5 menit.jpg
BBM pertalite, tarikan masih enak dan suara mesin masih halus.
Tapi baunya oli kok sptnya ada bau bensin yah
2000km dlm 7 bulan, berapa kali cold start itu belom lagi kl cuma panasin di rumah. tiap cold start kan rich air fuel ratio, ibaratnya choke/[cencored] ditarik kl mobil karbu. pasti pengaruhnya mengakibatkan fuel dilution ke oli mesinnya.
blloewy wrote: Fri Jul 02, 2021 6:42
Review si PTT API 0W-30 API SP di lipindut 2012.
Dibejek langsung di tol kecepatan 80-110 kpj jarak 220 km. Dan sisanya 80 km jalan biasa tp ngga macet jd lancar.
Pake perta turbo isi 150 rb kurleb 15 liter dpt 300 km.
FC nya naek jadi 1:18-20, emang enak dibejek jg enak ini Oli.
Cuma ya itu nanti di 3000 km mulai nguap dech sikit2....
Pake oli 0W di livina aman ya om? Klo gasalah di buku manual visco paling rendah yg awalan 5W, ngeri pas cold start potensi metal wear nya lebih gede karena lebih encer di suhu dingin (?)
Lah justru itu yg dicari makin encer di suhu dingin spy begitu starter sdh lansung melumasi bagian mesin...
kl kentel nanti blm sempet melumasi mesin jadi wear metalnya malah muncul
begitu hasil penerawangan saya sejak gabung di SM thread oli ini.
Tp kl khawatir ambil aja yg 5W-30
Profith83 wrote: Sat Jul 03, 2021 4:47
Mau tanya pendapat Oli mesin pemakain 2rb KM 7 bulan PTT 5w30 full synthetic botol gold.
Mobilio RS AT thn 2015 KM 84rb sekarang.
Ini penampakan oli dipakai 7 bulan dengan jarak 2rb KM
Mobilo KM 84rb pakai 2rbKM 7 bulan.jpg
Setelah tunggu lebih dr 5 menit
Mobilo KM 84rb pakai 2rbKM 7 bulan tunggu 5 menit.jpg
BBM pertalite, tarikan masih enak dan suara mesin masih halus.
Tapi baunya oli kok sptnya ada bau bensin yah
2000km dlm 7 bulan, berapa kali cold start itu belom lagi kl cuma panasin di rumah. tiap cold start kan rich air fuel ratio, ibaratnya choke/[cencored] ditarik kl mobil karbu. pasti pengaruhnya mengakibatkan fuel dilution ke oli mesinnya.
*wah disensor haha. orang cuma bilang "c u k"
Mbah shifu....kl gt pas ditest lab misalkan ada fuel dilution ya?
jadi dianggap sama aja kaya genset itu mobil...mesin hidup tp no running..
kira2 pengaruh kah ke seal2 di dlm engine ke depannya?
Profith83 wrote: Sat Jul 03, 2021 4:47
Mau tanya pendapat Oli mesin pemakain 2rb KM 7 bulan PTT 5w30 full synthetic botol gold.
Mobilio RS AT thn 2015 KM 84rb sekarang.
Ini penampakan oli dipakai 7 bulan dengan jarak 2rb KM
Mobilo KM 84rb pakai 2rbKM 7 bulan.jpg
Setelah tunggu lebih dr 5 menit
Mobilo KM 84rb pakai 2rbKM 7 bulan tunggu 5 menit.jpg
BBM pertalite, tarikan masih enak dan suara mesin masih halus.
Tapi baunya oli kok sptnya ada bau bensin yah
2000km dlm 7 bulan, berapa kali cold start itu belom lagi kl cuma panasin di rumah. tiap cold start kan rich air fuel ratio, ibaratnya choke/[cencored] ditarik kl mobil karbu. pasti pengaruhnya mengakibatkan fuel dilution ke oli mesinnya.
*wah disensor haha. orang cuma bilang "c u k"
Mbah shifu....kl gt pas ditest lab misalkan ada fuel dilution ya?
jadi dianggap sama aja kaya genset itu mobil...mesin hidup tp no running..
kira2 pengaruh kah ke seal2 di dlm engine ke depannya?
mungkin malah lbh buruk drpd ketika jd genset. kl genset kan suhu kerja normal, kl pun ada fuel dilution lbh cepat menguap dr oli meskipun mungkin meninggalkan residu jg yg stay di oli. pendapat awam ya, krn sy bukan ahli.
utk efek ke seal, tergantung seberapa parah konsentrasi bensin nya. tp konon yg paling terpengaruh itu kemampuan pelumasan oli yg drop signifikan (more wear).
2000km dlm 7 bulan, berapa kali cold start itu belom lagi kl cuma panasin di rumah. tiap cold start kan rich air fuel ratio, ibaratnya choke/[cencored] ditarik kl mobil karbu. pasti pengaruhnya mengakibatkan fuel dilution ke oli mesinnya.
*wah disensor haha. orang cuma bilang "c u k"
Mbah shifu....kl gt pas ditest lab misalkan ada fuel dilution ya?
jadi dianggap sama aja kaya genset itu mobil...mesin hidup tp no running..
kira2 pengaruh kah ke seal2 di dlm engine ke depannya?
mungkin malah lbh buruk drpd ketika jd genset. kl genset kan suhu kerja normal, kl pun ada fuel dilution lbh cepat menguap dr oli meskipun mungkin meninggalkan residu jg yg stay di oli. pendapat awam ya, krn sy bukan ahli.
utk efek ke seal, tergantung seberapa parah konsentrasi bensin nya. tp konon yg paling terpengaruh itu kemampuan pelumasan oli yg drop signifikan (more wear).
Omnibus wrote: Sat Jul 03, 2021 6:45
mungkin malah lbh buruk drpd ketika jd genset. kl genset kan suhu kerja normal, kl pun ada fuel dilution lbh cepat menguap dr oli meskipun mungkin meninggalkan residu jg yg stay di oli. pendapat awam ya, krn sy bukan ahli.
utk efek ke seal, tergantung seberapa parah konsentrasi bensin nya. tp konon yg paling terpengaruh itu kemampuan pelumasan oli yg drop signifikan (more wear).
wuh jadi degradasi kemampuan pelumasan oli.
kl jadi genset ternyata msh lbh mending (ala +62) drpd sering dipanasin aja di rmh ternyata.
Profith83 wrote: Sat Jul 03, 2021 6:57
Fix buang deh olinya agar aman mobilnya
sy ga dibuang dulu. bawa jalan2 aja keliling komplek dgn rpm rendah sampai cukup lama di suhu kerja normal. berharap dia menguap. akhirnya di drain setelah 10 bulan. ya gimana sayang jg oli keraton.
Omnibus wrote: Sat Jul 03, 2021 5:50
berapa kali cold start itu belom lagi kl cuma panasin di rumah.
Apa bedanya mbah antara panasin di rumah dan dipake biasa? Pemakaian biasa kan kalau udah diem beberapa jam (misal jeda dari berangkat ke pulang kantor) juga jadi sama-sama cold start
Omnibus wrote: Sat Jul 03, 2021 5:50
berapa kali cold start itu belom lagi kl cuma panasin di rumah.
Apa bedanya mbah antara panasin di rumah dan dipake biasa? Pemakaian biasa kan kalau udah diem beberapa jam (misal jeda dari berangkat ke pulang kantor) juga jadi sama-sama cold start
kl pergi/pulang kantor kan abis cold start itu mobil dipakai jalan jd beroperasi sekian lama dlm suhu kerja normal. itu yg penting mbah.
kl cuma di rumah sering kali dia ga cukup panas.
belum lagi kondensasi dr uap air yg belum evaporates.
nah konon 1x trip yg aman itu minimal 15km. kl setiap trip dibawah 15km bisa dibilang short trip n oleh karenanya jadwal service severe condition perlu dipertimbangkan.
ini video dr berrima diesel, catch can nya terisi dgn water condensation. itu mesin diesel, prinsipnya sama tp kl diesel bisa lbh parah krn dia panasnya lebih lama drpd mesin bensin jd evaporasi terjadi perlu waktu lebih lama. dan (info dr sumber lain) diperparah kl bbmnya biodiesel krn bio sifatnya ngejel malah bikin viscosity oli jd lebih kental kl terjadi fenomena fuel dilution di mesin diesel yg pakai bbm biodiesel.
Omnibus wrote: Sat Jul 03, 2021 5:50
berapa kali cold start itu belom lagi kl cuma panasin di rumah.
Apa bedanya mbah antara panasin di rumah dan dipake biasa? Pemakaian biasa kan kalau udah diem beberapa jam (misal jeda dari berangkat ke pulang kantor) juga jadi sama-sama cold start
kl pergi/pulang kantor kan abis cold start itu mobil dipakai jalan jd beroperasi sekian lama dlm suhu kerja normal. itu yg penting mbah.
kl cuma di rumah sering kali dia ga cukup panas.
belum lagi kondensasi dr uap air yg belum evaporates.
nah konon 1x trip yg aman itu minimal 15km. kl setiap trip dibawah 15km bisa dibilang short trip n oleh karenanya jadwal service severe condition perlu dipertimbangkan.
ini video dr berrima diesel, catch can nya terisi dgn water condensation. itu mesin diesel, prinsipnya sama tp kl diesel bisa lbh parah krn dia panasnya lebih lama drpd mesin bensin jd evaporasi terjadi perlu waktu lebih lama. dan (info dr sumber lain) diperparah kl bbmnya biodiesel krn bio sifatnya ngejel malah bikin viscosity oli jd lebih kental kl terjadi fenomena fuel dilution di mesin diesel yg pakai bbm biodiesel.
blloewy wrote: Fri Jul 02, 2021 6:42
Review si PTT API 0W-30 API SP di lipindut 2012.
Dibejek langsung di tol kecepatan 80-110 kpj jarak 220 km. Dan sisanya 80 km jalan biasa tp ngga macet jd lancar.
Pake perta turbo isi 150 rb kurleb 15 liter dpt 300 km.
FC nya naek jadi 1:18-20, emang enak dibejek jg enak ini Oli.
Cuma ya itu nanti di 3000 km mulai nguap dech sikit2....
Pake oli 0W di livina aman ya om? Klo gasalah di buku manual visco paling rendah yg awalan 5W, ngeri pas cold start potensi metal wear nya lebih gede karena lebih encer di suhu dingin (?)
no issue,
karena 5w, 0w dan 10w dst itu berlaku untuk suhu beku / sub-zero temperature (temp minus).
klo suhu masih di atas 0, relatif mirip kentel cold startnya.
okee tengkyu infonya om surya, jd ga perlu khawatir ya sebenernya
tororidho wrote: Sat Jul 03, 2021 2:27
Pake oli 0W di livina aman ya om? Klo gasalah di buku manual visco paling rendah yg awalan 5W, ngeri pas cold start potensi metal wear nya lebih gede karena lebih encer di suhu dingin (?)
Lah justru itu yg dicari makin encer di suhu dingin spy begitu starter sdh lansung melumasi bagian mesin...
kl kentel nanti blm sempet melumasi mesin jadi wear metalnya malah muncul
begitu hasil penerawangan saya sejak gabung di SM thread oli ini.
Tp kl khawatir ambil aja yg 5W-30
iyasih ya scr teoritis lebih gampang lumasi mesin pas cold start. jadi penasaran pengen coba hahaha paling perhatiin penguapannya aja kali ya
thx penjelasannya om
Permisi om, numpang nanya, setelah baca2 trit disini akhirnya keracunan juga ams ss 0w-20 buat gk5 saya, sebelumnya pake ptt syn eco 0w-20 5rb km buang, nah rencana saya mau pake ams ini buat 10-15rb km bisa gak ya om? dengan track harian dalkot sekitar 50an km dan lukot 1 bulan sekali sekitar 500km. Bbm pertalit pas mepet dan pertamax pas ada bonus
Btw, ini udah jalan 3000km dalam 4 bulan dan kondisinya udah kayak gini , seinget saya dulu waktu pake ptt ga seitem ini deh, kenapa ya?
20210705_085126.jpg
20210705_084904.jpg
Kalo dari jeroan mesin sih saya liat kinclong poll, apa benar demikian?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Arsilham899 wrote: Mon Jul 05, 2021 1:53
Permisi om, numpang nanya, setelah baca2 trit disini akhirnya keracunan juga ams ss 0w-20 buat gk5 saya, sebelumnya pake ptt syn eco 0w-20 5rb km buang, nah rencana saya mau pake ams ini buat 10-15rb km bisa gak ya om? dengan track harian dalkot sekitar 50an km dan lukot 1 bulan sekali sekitar 500km. Bbm pertalit pas mepet dan pertamax pas ada bonus
Btw, ini udah jalan 3000km dalam 4 bulan dan kondisinya udah kayak gini , seinget saya dulu waktu pake ptt ga seitem ini deh, kenapa ya?
20210705_085126.jpg
20210705_084904.jpg
Kalo dari jeroan mesin sih saya liat kinclong poll, apa benar demikian?
hampir semua org yg pake amsoil bilang olinya cepet item...
tenang om item ga berarti jelek.. ada banyak banget faktor yg bikin dia item...
some additives bisa bikin dia cepet item..
no sludge kan? dan msh encer olinya, tanda masih aman banget, itu mesin juga kinclong pol....