Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
blloewy wrote: Fri Jul 02, 2021 10:53
Karena banyak case radiator buntu di Grup Lipindut maka mau tanya itu ngetesnya gmn ya u au radiator kita buntu atau ngga?
Apakah cukup dengan lihat posisi coolant di reservoir atau liat perputaran coolant saat engine nyala dgn membuka tutup radiator? Ataukah ada metode lain?
Paling lama pakai mobil 9 thn dan ongoing.
Mobil thn berapa dan kenapa takut buntu?
Biasanya kalau pakai air biasa akan karat dan jadi buntu
Apakah tidak pakai coolant?
Kalau lihat karat apa gak, dari tutup tangki kelihatan warna airnya
1. buntu di dalam radiator atau di selang atau di mesin?
2. coba ditanya lagi yang ngalamin buntu itu pakai cairan apa buat isi radiator.
Bedanya masing2 apa itu mbah kl di dalam radiator sama di selang atau di mesin?
hmm....sebagian ada yg msh pake coolant cuma ngga tau sejarah mobilnya apakah beneran coolant atau baru2 aja pake coolant.
Profith83 wrote: Fri Jul 02, 2021 12:03
Paling lama pakai mobil 9 thn dan ongoing.
Mobil thn berapa dan kenapa takut buntu?
Biasanya kalau pakai air biasa akan karat dan jadi buntu
Apakah tidak pakai coolant?
Kalau lihat karat apa gak, dari tutup tangki kelihatan warna airnya
Idem sama om, saya jg pake lipindut beli sdh umur 8 thn mobilnya dan ini lagi dipake sembari dirawat baik2.
kl sepupu pakenya coolant yg merk jumbo sich krn di daerah adanya itu.
hmmmm....jadi kata kuncinya itu air biasa yg menimbulkan karat dan mampet dimana mana ya...
baeklah paham kl begitu..
kl misalkan ambil mobil second dan sdh ngga pake coolant, kl mau pake coolant apa perlu kuras radiator nya ?
blloewy wrote: Fri Jul 02, 2021 13:02
kl misalkan ambil mobil second dan sdh ngga pake coolant, kl mau pake coolant apa perlu kuras radiator nya ?
cari mobil lain.
berani main russian roulette?
kalau cuma ganti radiator yang mampet/gejala bocor, gampang.
ganti semua selang-selang coolant bisa diperhitungkan biayanya.
tapi...
tau persis bagaimana kondisi water jacket di blok mesin?
tau persis kondisi water passage di cylinder head?
kalau mendadak semua water plug di blok dan head bocor gimana?
kalau thermostat macet nggak mau kebuka trus overheat apa masih bisa napas lega?
blloewy wrote: Fri Jul 02, 2021 13:02
kl misalkan ambil mobil second dan sdh ngga pake coolant, kl mau pake coolant apa perlu kuras radiator nya ?
cari mobil lain.
berani main russian roulette?
kalau cuma ganti radiator yang mampet/gejala bocor, gampang.
ganti semua selang-selang coolant bisa diperhitungkan biayanya.
tapi...
tau persis bagaimana kondisi water jacket di blok mesin?
tau persis kondisi water passage di cylinder head?
kalau mendadak semua water plug di blok dan head bocor gimana?
kalau thermostat macet nggak mau kebuka trus overheat apa masih bisa napas lega?
Kalau mobilnya baru aja ganti dari air ke coolant oleh pemilik sebelumnya (tapi ga dibilang) gimana mbah? Sama aja main russian roulette dong (tapi ga sadar)
Kalau mobilnya baru aja ganti dari air ke coolant oleh pemilik sebelumnya (tapi ga dibilang) gimana mbah? Sama aja main russian roulette dong (tapi ga sadar)
sama saja mbah...
berapa lama pakai air keran/air sumur? bagaimana kondisi jalur air keseluruhan?
kalau jeep willys, diisi air sawah pun ga masalah.
radiator, selang2, thermostat, waterpump, bahkan klem selang semuanya ada umurnya. kl betul2 mau peace of mind ya hrs preventive maintenance - even ga rusak hrs diganti, krn faktor umur.
pas buka selang atau buka thermostat housing udah keliatan kok kondisinya gimana, kl ada karat, lumpur2, atau kerak2 ya bisa simpulkan sendiri kondisinya. apalagi kl punya borescope, ya masuk2in lah kesitu visual check. buka engine drain bolt juga bisa lewat situ masuk.
kl ga mau peremajaan parts sementara mobil sdh berumur, ya memang dilema. cost vs mau keep berapa lama lagi mobilnya.
Taufiq6210 wrote: Fri Jul 02, 2021 13:26
Kalau mobilnya baru aja ganti dari air ke coolant oleh pemilik sebelumnya (tapi ga dibilang) gimana mbah? Sama aja main russian roulette dong (tapi ga sadar)
mestinya si tetap kelihatan, keluarin semua coolant-nya, endapin, saring, namanya karat kan staining entah di penampungan atau saringan. atau bawa ke lab kimia?.
kalau saya ya mendingan ganti semua saja, tenang hati dan pikiran.
Omnibus wrote: Fri Jul 02, 2021 13:46
radiator, selang2, thermostat, waterpump, bahkan klem selang semuanya ada umurnya. kl betul2 mau peace of mind ya hrs preventive maintenance - even ga rusak hrs diganti, krn faktor umur.
pas buka selang atau buka thermostat housing udah keliatan kok kondisinya gimana, kl ada karat, lumpur2, atau kerak2 ya bisa simpulkan sendiri kondisinya. apalagi kl punya borescope, ya masuk2in lah kesitu visual check. buka engine drain bolt juga bisa lewat situ masuk.
kl ga mau peremajaan parts sementara mobil sdh berumur, ya memang dilema. cost vs mau keep berapa lama lagi mobilnya.
jadi parno saya om.
Mobil dari pabrik saya ganti tiap 2 thn pakai coolant OEM aman gak yah?
Meodenya buang dari kunci kupu sampai tidak netes (kira kira 0.5 jam), isi ulang.
Omnibus wrote: Fri Jul 02, 2021 13:46
radiator, selang2, thermostat, waterpump, bahkan klem selang semuanya ada umurnya. kl betul2 mau peace of mind ya hrs preventive maintenance - even ga rusak hrs diganti, krn faktor umur.
pas buka selang atau buka thermostat housing udah keliatan kok kondisinya gimana, kl ada karat, lumpur2, atau kerak2 ya bisa simpulkan sendiri kondisinya. apalagi kl punya borescope, ya masuk2in lah kesitu visual check. buka engine drain bolt juga bisa lewat situ masuk.
kl ga mau peremajaan parts sementara mobil sdh berumur, ya memang dilema. cost vs mau keep berapa lama lagi mobilnya.
jadi parno saya om.
Mobil dari pabrik saya ganti tiap 2 thn pakai coolant OEM aman gak yah?
Meodenya buang dari kunci kupu sampai tidak netes (kira kira 0.5 jam), isi ulang.
tergantung. bandingin sm siapa dulu. kl sm mbah delko dia setaun sekali sambil jadwal perpanjang pkb/stnk.
he he he .....
kl bandingin sm saya, itu gk5 udah 2 taun pas, belom pernah sy ganti.
blloewy wrote: Fri Jul 02, 2021 13:02
kl misalkan ambil mobil second dan sdh ngga pake coolant, kl mau pake coolant apa perlu kuras radiator nya ?
cari mobil lain.
berani main russian roulette?
kalau cuma ganti radiator yang mampet/gejala bocor, gampang.
ganti semua selang-selang coolant bisa diperhitungkan biayanya.
tapi...
tau persis bagaimana kondisi water jacket di blok mesin?
tau persis kondisi water passage di cylinder head?
kalau mendadak semua water plug di blok dan head bocor gimana?
kalau thermostat macet nggak mau kebuka trus overheat apa masih bisa napas lega?
Nah ini kejadian di sepupu.
Mobil overheat krn radiator buntu (info bengkelnya di daerah).
Yg dicek radiatornya dikuras tapi lupa cek termostatnya sama motor fannya.
Krn dia pernah jalan dlm kondisi mobil tanpa tutup radiator juga sejauh 60 km
Kl skrg ya maen russian roullete....jd ganti coolant lagi, kuras radiator aja sama ganti arang di motor fan.
Omnibus wrote: Fri Jul 02, 2021 13:46
, bahkan klem selang semuanya ada umurnya.
klem selang originil mahal mbah...
diiket kawat aja boleh?
Next ini....semua selang radiator, termostat dan terakhir motor fan....kl water pump biasanya ada pertanda dulu...mobil sdh di 95000 km nya dan mau 10 thn jd sepertinya wajar u ganti selang, klem dan termos di 100 rb km atau tahun depan...
Tanya dong. Lagi cari2x drift punch ada Unior dan Stahlwille
Unior 67rb dan free ongkir
Stahlwille 85rb plus ongkir 13rb = 98rb
Pilih mana yah
Beli UNIOR Drift punch - 640/6 - 1 mm https://tokopedia.link/I9ZroIV1zhb di toko UNIOR Rp67.200 di Tokopedia dengan Bebas Ongkir, Sekarang!
Beli STAHLWILLE - DRIFT PUNCH, OCTOGONAL Size 120x2 https://tokopedia.link/JT82pO31zhb di toko FMM SHOP Rp85.000 di Tokopedia dengan Bebas Ongkir, Sekarang!
Tanya dong. Lagi cari2x drift punch ada Unior dan Stahlwille
Unior 67rb dan free ongkir
Stahlwille 85rb plus ongkir 13rb = 98rb
Pilih mana yah
Beli UNIOR Drift punch - 640/6 - 1 mm https://tokopedia.link/I9ZroIV1zhb di toko UNIOR Rp67.200 di Tokopedia dengan Bebas Ongkir, Sekarang!
Beli STAHLWILLE - DRIFT PUNCH, OCTOGONAL Size 120x2 https://tokopedia.link/JT82pO31zhb di toko FMM SHOP Rp85.000 di Tokopedia dengan Bebas Ongkir, Sekarang!
Tanya dong. Lagi cari2x drift punch ada Unior dan Stahlwille
Unior 67rb dan free ongkir
Stahlwille 85rb plus ongkir 13rb = 98rb
Pilih mana yah
Beli UNIOR Drift punch - 640/6 - 1 mm https://tokopedia.link/I9ZroIV1zhb di toko UNIOR Rp67.200 di Tokopedia dengan Bebas Ongkir, Sekarang!
Beli STAHLWILLE - DRIFT PUNCH, OCTOGONAL Size 120x2 https://tokopedia.link/JT82pO31zhb di toko FMM SHOP Rp85.000 di Tokopedia dengan Bebas Ongkir, Sekarang!
blloewy wrote: Fri Jul 02, 2021 18:57
ganti arang di motor fan.
sekedar opini pribadi, kalau ngerjakan untuk mobil sendiri, silakan saja.
tapi kalau ke bengkel, mekanik yang kerjakan dan kita keluar jasa, lebih baik beli motor fan baru.
waktu lebih singkat, hasil lebih pasti, malah bisa jadi ongkosnya lebih murah.
@marmut : gak ada stahlwille yang free ongkir
@yanuarra : siap beda 31rb lumayan. Tetap pilih stahlwille yah om.
Sebenarnya dari nama besar saya yakin stahwille pasti bagus, sudah terbukti di group ini toolnya puluhan tahun kuat dan awet yah.
Unior baru dengar biarpun produksi Eropa Slovenia. Jadi gak tahu kualitas dan jangka panjangnya.
Tanya dong. Lagi cari2x drift punch ada Unior dan Stahlwille
Unior 67rb dan free ongkir
Stahlwille 85rb plus ongkir 13rb = 98rb
Pilih mana yah
Beli UNIOR Drift punch - 640/6 - 1 mm https://tokopedia.link/I9ZroIV1zhb di toko UNIOR Rp67.200 di Tokopedia dengan Bebas Ongkir, Sekarang!
Beli STAHLWILLE - DRIFT PUNCH, OCTOGONAL Size 120x2 https://tokopedia.link/JT82pO31zhb di toko FMM SHOP Rp85.000 di Tokopedia dengan Bebas Ongkir, Sekarang!
kecuali kl maniak sm sebuah brand bebas aja om, hampir mirip lah barangnya.
blloewy wrote: Fri Jul 02, 2021 18:57
ganti arang di motor fan.
sekedar opini pribadi, kalau ngerjakan untuk mobil sendiri, silakan saja.
tapi kalau ke bengkel, mekanik yang kerjakan dan kita keluar jasa, lebih baik beli motor fan baru.
waktu lebih singkat, hasil lebih pasti, malah bisa jadi ongkosnya lebih murah.
jadi inget cerita yutup di bengkel prm. ada mesin yg metal jalannya kepuntir, awalnya mrk coba repair metode biasa diganti metal dan crankshaft dibubut tp hasil ga pernah maksimal. akhirnya skrg kl ada masalah begitu lagi gantinya short block.
Tanya dong. Lagi cari2x drift punch ada Unior dan Stahlwille
Unior 67rb dan free ongkir
Stahlwille 85rb plus ongkir 13rb = 98rb
Pilih mana yah
Beli UNIOR Drift punch - 640/6 - 1 mm https://tokopedia.link/I9ZroIV1zhb di toko UNIOR Rp67.200 di Tokopedia dengan Bebas Ongkir, Sekarang!
Beli STAHLWILLE - DRIFT PUNCH, OCTOGONAL Size 120x2 https://tokopedia.link/JT82pO31zhb di toko FMM SHOP Rp85.000 di Tokopedia dengan Bebas Ongkir, Sekarang!
kecuali kl maniak sm sebuah brand bebas aja om, hampir mirip lah barangnya.
Siap, terima kasih om. lumayan beda 30rb. Persiapan mau beli ... buat bongkar klem rack steer.
Harusnya dibuat model klem spt sisi satunya tinggal pakai tang saja, lebih simple.
Mungkin biar pabrik jual spare part klem nya laku heheheh....
Tanya dong. Lagi cari2x drift punch ada Unior dan Stahlwille
Unior 67rb dan free ongkir
Stahlwille 85rb plus ongkir 13rb = 98rb
Pilih mana yah
Beli UNIOR Drift punch - 640/6 - 1 mm https://tokopedia.link/I9ZroIV1zhb di toko UNIOR Rp67.200 di Tokopedia dengan Bebas Ongkir, Sekarang!
Beli STAHLWILLE - DRIFT PUNCH, OCTOGONAL Size 120x2 https://tokopedia.link/JT82pO31zhb di toko FMM SHOP Rp85.000 di Tokopedia dengan Bebas Ongkir, Sekarang!
kecuali kl maniak sm sebuah brand bebas aja om, hampir mirip lah barangnya.
Maniak brand ??
Kaya si mbah itu yah, mbah
Bahkan kaos nya aj ampe merk itu jg
Btw, barusan abis klaar tap atf, pake cara yg kmaren saya blg mbah, ternjata bener kata mbah, cuman kuar yg kesedot di pan aj.. dl pas ngetap dr oil pan, kuar 2.5 liter, td pake cara saya, kuar dr selang ampe akhirnya ga bsa kuar lg jg 2.3 liter, trus buka oil pan nya, cuman ngocor kecilll skali sperti kencing prostat, kekumpul kira2 200 cc... jd yah mirip2 aj, 2.5 liter jg kuarnya