Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
hurricane wrote: Sat Jun 12, 2021 5:13
Wah mantab pencerahannya om Omnibus, detil sekali, thanks again
Wkt divonis backlash sm SA, dia blg gapa2, ga bahaya, pake aja.
Kt dia kl mau diberesin bunyinya, plg diadjust jarak antar giginya tp ga dijamin suara akan hilang 100%.
Mobil ini dipastikan tidak pernah lewat banjir om
Sy jg bingung, servis rutin di beres tp koq bs bermasalah gardannya.
Seumur idup baru kl ini ketemu masalah di gardan.
Wkt ganti oli gardan pas service 40rb km di beres sekitaran akhir thn kmrn, tp tumben setelah servis ga diksh botol oli bekasnya (apa ini SOP skg?)
Mgkn ga ya trnyt oli gardan ga diganti?
Kl oli transmisi + mesin selalu ganti di luar beres, bs bebas milih merek + liat proses gantinya
Oh ya, mobil ini kan produksi 2016, baca2 byk kasus di 2016 yg masalah di tranmisi (jedug) + turbo (bunyi sprt tkg kue putu), apa mgkn ada hub nya?
Hari ini rencana mau ganti oli gardan dl om, semoga problem solved
barusan ini saya servis di A2K, oli gardan innova reborn diberi Shell GL4. saya komplain di buk man minta GL5.
SA bilang gpp pak pakai Shell GL4, sudah sering, buat mobil2 BU jg pakainya ini ga ada masalah.
apa pny pengalaman yg sama?
nubie coba jawab ya
perbedaan mendasar GL4 dan GL5 adalah:
-GL4 memiliki additif EP (extreme pressure) yg biasanya hanya 50% dr GL5.
-EP additive diperlukan utk gear yg bekerja berat memindahkan power terutama gardan, krn di gardan selain krn ada ratio juga ada perubahan arah. makanya gardan biasanya specify GL5. di dalam gardan tdk ada komponen terbuat dr brass (kuningan). *baca point bawah.
-GL5 selain punya EP additive lbh tinggi tp juga mengandung sulfur dlm konsentrasi tinggi, krn EP additive nya ya si sulfur itu. makanya baunya khas.
namun sulfur ini akan menyebabkan korosi dan premature failure pada komponen yg terbuat dr brass (kuningan) yg biasanya ada di transmisi manual yaitu synchromesh gears. makanya M/T biasanya specify GL4 bukan GL5.
my advice: jika bukman minta GL5 kasih GL5. jika minta GL4 kasih GL4. jika ada pilihan boleh GL4 dan GL5, kasih GL5.
hurricane wrote: Sat Jun 12, 2021 5:13
Wah mantab pencerahannya om Omnibus, detil sekali, thanks again
Wkt divonis backlash sm SA, dia blg gapa2, ga bahaya, pake aja.
Kt dia kl mau diberesin bunyinya, plg diadjust jarak antar giginya tp ga dijamin suara akan hilang 100%.
Mobil ini dipastikan tidak pernah lewat banjir om
Sy jg bingung, servis rutin di beres tp koq bs bermasalah gardannya.
Seumur idup baru kl ini ketemu masalah di gardan.
Wkt ganti oli gardan pas service 40rb km di beres sekitaran akhir thn kmrn, tp tumben setelah servis ga diksh botol oli bekasnya (apa ini SOP skg?)
Mgkn ga ya trnyt oli gardan ga diganti?
Kl oli transmisi + mesin selalu ganti di luar beres, bs bebas milih merek + liat proses gantinya
Oh ya, mobil ini kan produksi 2016, baca2 byk kasus di 2016 yg masalah di tranmisi (jedug) + turbo (bunyi sprt tkg kue putu), apa mgkn ada hub nya?
Hari ini rencana mau ganti oli gardan dl om, semoga problem solved
barusan ini saya servis di A2K, oli gardan innova reborn diberi Shell GL4. saya komplain di buk man minta GL5.
SA bilang gpp pak pakai Shell GL4, sudah sering, buat mobil2 BU jg pakainya ini ga ada masalah.
apa pny pengalaman yg sama?
nubie coba jawab ya
perbedaan mendasar GL4 dan GL5 adalah:
-GL4 memiliki additif EP (extreme pressure) yg biasanya hanya 50% dr GL5.
-EP additive diperlukan utk gear yg bekerja berat memindahkan power terutama gardan, krn di gardan selain krn ada ratio juga ada perubahan arah. makanya gardan biasanya specify GL5. di dalam gardan tdk ada komponen terbuat dr brass (kuningan). *baca point bawah.
-GL5 selain punya EP additive lbh tinggi tp juga mengandung sulfur dlm konsentrasi tinggi, krn EP additive nya ya si sulfur itu. makanya baunya khas.
namun sulfur ini akan menyebabkan korosi dan premature failure pada komponen yg terbuat dr brass (kuningan) yg biasanya ada di transmisi manual yaitu synchromesh gears. makanya M/T biasanya specify GL4 bukan GL5.
my advice: jika bukman minta GL5 kasih GL5. jika minta GL4 kasih GL4. jika ada pilihan boleh GL4 dan GL5, kasih GL5.
itu SA kudu ditabok pantatnya pakai TW tekiro
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
hurricane wrote: Sat Jun 12, 2021 5:13
Wah mantab pencerahannya om Omnibus, detil sekali, thanks again
Wkt divonis backlash sm SA, dia blg gapa2, ga bahaya, pake aja.
Kt dia kl mau diberesin bunyinya, plg diadjust jarak antar giginya tp ga dijamin suara akan hilang 100%.
Mobil ini dipastikan tidak pernah lewat banjir om
Sy jg bingung, servis rutin di beres tp koq bs bermasalah gardannya.
Seumur idup baru kl ini ketemu masalah di gardan.
Wkt ganti oli gardan pas service 40rb km di beres sekitaran akhir thn kmrn, tp tumben setelah servis ga diksh botol oli bekasnya (apa ini SOP skg?)
Mgkn ga ya trnyt oli gardan ga diganti?
Kl oli transmisi + mesin selalu ganti di luar beres, bs bebas milih merek + liat proses gantinya
Oh ya, mobil ini kan produksi 2016, baca2 byk kasus di 2016 yg masalah di tranmisi (jedug) + turbo (bunyi sprt tkg kue putu), apa mgkn ada hub nya?
Hari ini rencana mau ganti oli gardan dl om, semoga problem solved
barusan ini saya servis di A2K, oli gardan innova reborn diberi Shell GL4. saya komplain di buk man minta GL5.
SA bilang gpp pak pakai Shell GL4, sudah sering, buat mobil2 BU jg pakainya ini ga ada masalah.
apa pny pengalaman yg sama?
Wah kacau om ini, di buku panduan jelas banget HARUS GL5 buat gardan baik yg reborn maupun model lama. Kl yg lama itu justru di MTFnya boleh GL4 atau GL5. Paling anti saya sama kata2 "sudah sering" "ga ada masalah" "biasanya begini/pake ini". Mungkin jg gara2 embel2 shell yg "bagus" sih jd langsung buta mo spek apa.
Mungkin dia berani gitu soalnya banyak yg manut2 aja om, sama ga pernah ngerasain long term/pake innova sendiri kasih oli gardan GL4. Dulu sy di avansa lama sama innova jg salah masukin pake shell GL4 di gardan om, bkn di bengkel resmi ya tapi. Terus ganti oli gardan wuling yg GL5 sih lebih enak delivery tenaganya. Untung di avansa sama innova saya belum dengung. Alt kl dr auto2000 tanyain TMO rored yg sae 90 GL5 ato ga TMO 75W85 GL5 ada apa enggak om, kl yg ready rored TMO sih pake aja sejauh msh meet GL5
barusan ini saya servis di A2K, oli gardan innova reborn diberi Shell GL4. saya komplain di buk man minta GL5.
SA bilang gpp pak pakai Shell GL4, sudah sering, buat mobil2 BU jg pakainya ini ga ada masalah.
apa pny pengalaman yg sama?
nubie coba jawab ya
perbedaan mendasar GL4 dan GL5 adalah:
-GL4 memiliki additif EP (extreme pressure) yg biasanya hanya 50% dr GL5.
-EP additive diperlukan utk gear yg bekerja berat memindahkan power terutama gardan, krn di gardan selain krn ada ratio juga ada perubahan arah. makanya gardan biasanya specify GL5. di dalam gardan tdk ada komponen terbuat dr brass (kuningan). *baca point bawah.
-GL5 selain punya EP additive lbh tinggi tp juga mengandung sulfur dlm konsentrasi tinggi, krn EP additive nya ya si sulfur itu. makanya baunya khas.
namun sulfur ini akan menyebabkan korosi dan premature failure pada komponen yg terbuat dr brass (kuningan) yg biasanya ada di transmisi manual yaitu synchromesh gears. makanya M/T biasanya specify GL4 bukan GL5.
my advice: jika bukman minta GL5 kasih GL5. jika minta GL4 kasih GL4. jika ada pilihan boleh GL4 dan GL5, kasih GL5.
barusan ini saya servis di A2K, oli gardan innova reborn diberi Shell GL4. saya komplain di buk man minta GL5.
SA bilang gpp pak pakai Shell GL4, sudah sering, buat mobil2 BU jg pakainya ini ga ada masalah.
apa pny pengalaman yg sama?
Coba sebutin toyota a2000 mana itu om SAnya
Ngasal koq lebi parah dr kenek montir asemregez musatek
barusan ini saya servis di A2K, oli gardan innova reborn diberi Shell GL4. saya komplain di buk man minta GL5.
SA bilang gpp pak pakai Shell GL4, sudah sering, buat mobil2 BU jg pakainya ini ga ada masalah.
apa pny pengalaman yg sama?
Coba sebutin toyota a2000 mana itu om SAnya
Ngasal koq lebi parah dr kenek montir asemregez musatek
hurricane wrote: Sat Jun 12, 2021 5:13
Wah mantab pencerahannya om Omnibus, detil sekali, thanks again
Wkt divonis backlash sm SA, dia blg gapa2, ga bahaya, pake aja.
Kt dia kl mau diberesin bunyinya, plg diadjust jarak antar giginya tp ga dijamin suara akan hilang 100%.
Mobil ini dipastikan tidak pernah lewat banjir om
Sy jg bingung, servis rutin di beres tp koq bs bermasalah gardannya.
Seumur idup baru kl ini ketemu masalah di gardan.
Wkt ganti oli gardan pas service 40rb km di beres sekitaran akhir thn kmrn, tp tumben setelah servis ga diksh botol oli bekasnya (apa ini SOP skg?)
Mgkn ga ya trnyt oli gardan ga diganti?
Kl oli transmisi + mesin selalu ganti di luar beres, bs bebas milih merek + liat proses gantinya
Oh ya, mobil ini kan produksi 2016, baca2 byk kasus di 2016 yg masalah di tranmisi (jedug) + turbo (bunyi sprt tkg kue putu), apa mgkn ada hub nya?
Hari ini rencana mau ganti oli gardan dl om, semoga problem solved
barusan ini saya servis di A2K, oli gardan innova reborn diberi Shell GL4. saya komplain di buk man minta GL5.
SA bilang gpp pak pakai Shell GL4, sudah sering, buat mobil2 BU jg pakainya ini ga ada masalah.
apa pny pengalaman yg sama?
nubie coba jawab ya
perbedaan mendasar GL4 dan GL5 adalah:
-GL4 memiliki additif EP (extreme pressure) yg biasanya hanya 50% dr GL5.
-EP additive diperlukan utk gear yg bekerja berat memindahkan power terutama gardan, krn di gardan selain krn ada ratio juga ada perubahan arah. makanya gardan biasanya specify GL5. di dalam gardan tdk ada komponen terbuat dr brass (kuningan). *baca point bawah.
-GL5 selain punya EP additive lbh tinggi tp juga mengandung sulfur dlm konsentrasi tinggi, krn EP additive nya ya si sulfur itu. makanya baunya khas.
namun sulfur ini akan menyebabkan korosi dan premature failure pada komponen yg terbuat dr brass (kuningan) yg biasanya ada di transmisi manual yaitu synchromesh gears. makanya M/T biasanya specify GL4 bukan GL5.
my advice: jika bukman minta GL5 kasih GL5. jika minta GL4 kasih GL4. jika ada pilihan boleh GL4 dan GL5, kasih GL5.
wah, bilangnya nubie tp ilmunya sudah tinggi
thx om
barusan ini saya servis di A2K, oli gardan innova reborn diberi Shell GL4. saya komplain di buk man minta GL5.
SA bilang gpp pak pakai Shell GL4, sudah sering, buat mobil2 BU jg pakainya ini ga ada masalah.
apa pny pengalaman yg sama?
nubie coba jawab ya
perbedaan mendasar GL4 dan GL5 adalah:
-GL4 memiliki additif EP (extreme pressure) yg biasanya hanya 50% dr GL5.
-EP additive diperlukan utk gear yg bekerja berat memindahkan power terutama gardan, krn di gardan selain krn ada ratio juga ada perubahan arah. makanya gardan biasanya specify GL5. di dalam gardan tdk ada komponen terbuat dr brass (kuningan). *baca point bawah.
-GL5 selain punya EP additive lbh tinggi tp juga mengandung sulfur dlm konsentrasi tinggi, krn EP additive nya ya si sulfur itu. makanya baunya khas.
namun sulfur ini akan menyebabkan korosi dan premature failure pada komponen yg terbuat dr brass (kuningan) yg biasanya ada di transmisi manual yaitu synchromesh gears. makanya M/T biasanya specify GL4 bukan GL5.
my advice: jika bukman minta GL5 kasih GL5. jika minta GL4 kasih GL4. jika ada pilihan boleh GL4 dan GL5, kasih GL5.
wah, bilangnya nubie tp ilmunya sudah tinggi
thx om
rendr wrote: Mon Jun 28, 2021 2:35
mbah kalo misal suara dengungnya pas di teken gas aja tapi pas dilepas biarin ngegelinding hilang suaranya, itu dari crown wheel juga kah?
abis ganti bearing tinggal suara ini aja sih... cuman kyknya ga mudah dan murah gantinya ...
saya nggak tau pasti, tapi ada kemungkinan dari bearing end play.
pasangnya mungkin gampang, tapi setau saya itu harus disetel lagi bearing end play-nya supaya pas, nggak seret nggak longgar.
kalau memang itu yang dimaksud oleh pihak bengkel, itu hubungannya dengan rem.
saya belum pernah tau ada kasus wheel cylinder bikin suara dengung.
mbah, punten nih nubie mau nanya
bentuknya begini kan ya setelah hub dilepas. kl wheel cylinder bocor maka minyak rem akan netes ke bagian rear wheel bearing. ada pengaruh ngga ya misalnya si pelumas jd washed out oleh minyak rem?
kl saya, even ga ada hubungannya tetep aja wheel cyl yg bocor itu hrs segera dibetulkan. kan itu bahaya. kl ternyata jg berkaitan dgn noise yg dikeluhkan (spt kata auto2000) ya itu bonus point.
Omnibus wrote: Mon Jun 28, 2021 7:06
mbah, punten nih nubie mau nanya
bentuknya begini kan ya setelah hub dilepas. kl wheel cylinder bocor maka minyak rem akan netes ke bagian rear wheel bearing. ada pengaruh ngga ya misalnya si pelumas jd washed out oleh minyak rem?
kl saya, even ga ada hubungannya tetep aja wheel cyl yg bocor itu hrs segera dibetulkan. kan itu bahaya. kl ternyata jg berkaitan dgn noise yg dikeluhkan (spt kata auto2000) ya itu bonus point.
sebentar, gk5 sama vrz kan rem belakang udah disc, lha itu mobil tetangga yang mana maen bongkar?
saya nggak yakin brake fluid bisa nyusup ke bearing karena ada seal.
tapi bagaimanapun, wheel cylinder bocor ya patut dibikin betul, bukan dicuekin.
ada salam juga dari :
2826207952.jpg
udah ngoceh panjang lebar dan ocehannya bener semua, masih ngaku nubie...
kena UU ITE pasal 28 ayat 1.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
kalau memang itu yang dimaksud oleh pihak bengkel, itu hubungannya dengan rem.
saya belum pernah tau ada kasus wheel cylinder bikin suara dengung.
Di Great Corolla tuwir saya wheel cylindernya rusak sebelah pun ngga ada dengung sih, hanya aja minyak rem nya aja yg jd lebih cepet berkurang karena ada rembesan dr wheel cylinder
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Omnibus wrote: Mon Jun 28, 2021 7:06
mbah, punten nih nubie mau nanya
bentuknya begini kan ya setelah hub dilepas. kl wheel cylinder bocor maka minyak rem akan netes ke bagian rear wheel bearing. ada pengaruh ngga ya misalnya si pelumas jd washed out oleh minyak rem?
kl saya, even ga ada hubungannya tetep aja wheel cyl yg bocor itu hrs segera dibetulkan. kan itu bahaya. kl ternyata jg berkaitan dgn noise yg dikeluhkan (spt kata auto2000) ya itu bonus point.
sebentar, gk5 sama vrz kan rem belakang udah disc, lha itu mobil tetangga yang mana maen bongkar?
saya nggak yakin brake fluid bisa nyusup ke bearing karena ada seal.
tapi bagaimanapun, wheel cylinder bocor ya patut dibikin betul, bukan dicuekin.
ada salam juga dari :
2826207952.jpg
udah ngoceh panjang lebar dan ocehannya bener semua, masih ngaku nubie...
kena UU ITE pasal 28 ayat 1.
kamfrettt lama2 kebawa mimpi itu foto suzanna mendelik
nganu mbah gk5 msh tromol tp bearing roda belakang nya sdh tipe bolt-on, bukan press lagi. itu nganu, foto dr mbah gugel.
nah kl gk5 yg wheel cylinder nya rembes, itu ada kemungkinan bikin bearing kehilangan grease nya apalagi kl sealnya kalah meskipun lama prosesnya. modelnya itu sealed bearing kaya roda depan fwd.
beda sm avanza yg rwd yg bearing roda blkg nya msh dpt lubrikasi dr oli gardan. cmiiw mbah.
Omnibus wrote: Mon Jun 28, 2021 7:35
nah kl gk5 yg wheel cylinder nya rembes, itu ada kemungkinan bikin bearing kehilangan grease nya apalagi kl sealnya kalah meskipun lama prosesnya. modelnya itu sealed bearing kaya roda depan fwd.
beda sm avanza yg rwd yg bearing roda blkg nya msh dpt lubrikasi dr oli gardan. cmiiw mbah.
sealed bearing kaya gk5 ataupun bearing rendeman kaya afansa, tetep ada seal.
dan kalopun sampe pelumas bearing terkontaminasi sama brake fluid, itu udah keterlaluan.
brake fluid rembes, brake shoe pasti basah.
brake shoe basah, rem nggak pakem.
gila aja kalo sampe nggak bisa ngerasain rem nggak pakem.
apalagi brake fluid pasti akan netes di lantai....
Omnibus wrote: Mon Jun 28, 2021 7:35
nah kl gk5 yg wheel cylinder nya rembes, itu ada kemungkinan bikin bearing kehilangan grease nya apalagi kl sealnya kalah meskipun lama prosesnya. modelnya itu sealed bearing kaya roda depan fwd.
beda sm avanza yg rwd yg bearing roda blkg nya msh dpt lubrikasi dr oli gardan. cmiiw mbah.
sealed bearing kaya gk5 ataupun bearing rendeman kaya afansa, tetep ada seal.
dan kalopun sampe pelumas bearing terkontaminasi sama brake fluid, itu udah keterlaluan.
brake fluid rembes, brake shoe pasti basah.
brake shoe basah, rem nggak pakem.
gila aja kalo sampe nggak bisa ngerasain rem nggak pakem.
apalagi brake fluid pasti akan netes di lantai....
rem ga pakem? tenang. masih ada sendal jepit digesekin ke aspal.
kalau memang itu yang dimaksud oleh pihak bengkel, itu hubungannya dengan rem.
saya belum pernah tau ada kasus wheel cylinder bikin suara dengung.
mbah, punten nih nubie mau nanya
bentuknya begini kan ya setelah hub dilepas. kl wheel cylinder bocor maka minyak rem akan netes ke bagian rear wheel bearing. ada pengaruh ngga ya misalnya si pelumas jd washed out oleh minyak rem?
kl saya, even ga ada hubungannya tetep aja wheel cyl yg bocor itu hrs segera dibetulkan. kan itu bahaya. kl ternyata jg berkaitan dgn noise yg dikeluhkan (spt kata auto2000) ya itu bonus point.
Nubie numpang jawap ya mbah
Jawapannya, bisa, bener emg bakal ke washout, tp kl bocornya itu masif dan dicuekin dalam jangka waktu lama.. dan liat jg bentuk seal bearingnya kaya apa
Kl nubie ga sala liat, itu model bearing gt, persis kaya bearing blakang susuki swip gen yg sblom skrg
Nubie perna temui, d swip tsb, silinder rem nya mmg ud rembes parah (maklum, mobil cewe, gantol aj bsa per gerhana bulan kl), nahh waktu d buka, itu di sisi bawah bearingnya ud ad beberapa lendir kaya bekas vet
Lah pertanyaanya skrg, koq bsa minyak rem nyisip ke bearing situ, kan ad seal ? Nahh di swip gen pertama yg masi cbu nippon itu, entah knapa bearingnya punya seal itu masi model besi yg ga tralu rapet seal nya, kl kata engkoh penjual spare part yg d atrium, katanya kl yg bearing SgP lokal ud seal rapet
kalau memang itu yang dimaksud oleh pihak bengkel, itu hubungannya dengan rem.
saya belum pernah tau ada kasus wheel cylinder bikin suara dengung.
mbah, punten nih nubie mau nanya
bentuknya begini kan ya setelah hub dilepas. kl wheel cylinder bocor maka minyak rem akan netes ke bagian rear wheel bearing. ada pengaruh ngga ya misalnya si pelumas jd washed out oleh minyak rem?
kl saya, even ga ada hubungannya tetep aja wheel cyl yg bocor itu hrs segera dibetulkan. kan itu bahaya. kl ternyata jg berkaitan dgn noise yg dikeluhkan (spt kata auto2000) ya itu bonus point.
Nubie numpang jawap ya mbah
Jawapannya, bisa, bener emg bakal ke washout, tp kl bocornya itu masif dan dicuekin dalam jangka waktu lama.. dan liat jg bentuk seal bearingnya kaya apa
Kl nubie ga sala liat, itu model bearing gt, persis kaya bearing blakang susuki swip gen yg sblom skrg
Nubie perna temui, d swip tsb, silinder rem nya mmg ud rembes parah (maklum, mobil cewe, gantol aj bsa per gerhana bulan kl), nahh waktu d buka, itu di sisi bawah bearingnya ud ad beberapa lendir kaya bekas vet
Lah pertanyaanya skrg, koq bsa minyak rem nyisip ke bearing situ, kan ad seal ? Nahh di swip gen pertama yg masi cbu nippon itu, entah knapa bearingnya punya seal itu masi model besi yg ga tralu rapet seal nya, kl kata engkoh penjual spare part yg d atrium, katanya kl yg bearing SgP lokal ud seal rapet
hmm nih jagoannya udah turun gunung.
ngaku2 nubie lagi. awas dikasih salam titipan sm mbah rektor lagi.
bentuknya begini kan ya setelah hub dilepas. kl wheel cylinder bocor maka minyak rem akan netes ke bagian rear wheel bearing. ada pengaruh ngga ya misalnya si pelumas jd washed out oleh minyak rem?
kl saya, even ga ada hubungannya tetep aja wheel cyl yg bocor itu hrs segera dibetulkan. kan itu bahaya. kl ternyata jg berkaitan dgn noise yg dikeluhkan (spt kata auto2000) ya itu bonus point.
Nubie numpang jawap ya mbah
Jawapannya, bisa, bener emg bakal ke washout, tp kl bocornya itu masif dan dicuekin dalam jangka waktu lama.. dan liat jg bentuk seal bearingnya kaya apa
Kl nubie ga sala liat, itu model bearing gt, persis kaya bearing blakang susuki swip gen yg sblom skrg
Nubie perna temui, d swip tsb, silinder rem nya mmg ud rembes parah (maklum, mobil cewe, gantol aj bsa per gerhana bulan kl), nahh waktu d buka, itu di sisi bawah bearingnya ud ad beberapa lendir kaya bekas vet
Lah pertanyaanya skrg, koq bsa minyak rem nyisip ke bearing situ, kan ad seal ? Nahh di swip gen pertama yg masi cbu nippon itu, entah knapa bearingnya punya seal itu masi model besi yg ga tralu rapet seal nya, kl kata engkoh penjual spare part yg d atrium, katanya kl yg bearing SgP lokal ud seal rapet
hmm nih jagoannya udah turun gunung.
ngaku2 nubie lagi. awas dikasih salam titipan sm mbah rektor lagi.
anuuuu
aku hanyalah sebuah remahan rengginang nubie kenek maling delko depan musatek
siapalah aku ini ilmu secetek genangan abis ujan rintik2 doank
btw, itu poto dari mbah 69, kl dbayangin, lumayan bikin jiper loh.... jd kbayang mo ta iseng malem2 pasang di dinding wc kantor, pengen tau besok pagi siapa yg pingsan
Jawapannya, bisa, bener emg bakal ke washout, tp kl bocornya itu masif dan dicuekin dalam jangka waktu lama.. dan liat jg bentuk seal bearingnya kaya apa
Kl nubie ga sala liat, itu model bearing gt, persis kaya bearing blakang susuki swip gen yg sblom skrg
Nubie perna temui, d swip tsb, silinder rem nya mmg ud rembes parah (maklum, mobil cewe, gantol aj bsa per gerhana bulan kl), nahh waktu d buka, itu di sisi bawah bearingnya ud ad beberapa lendir kaya bekas vet
Lah pertanyaanya skrg, koq bsa minyak rem nyisip ke bearing situ, kan ad seal ? Nahh di swip gen pertama yg masi cbu nippon itu, entah knapa bearingnya punya seal itu masi model besi yg ga tralu rapet seal nya, kl kata engkoh penjual spare part yg d atrium, katanya kl yg bearing SgP lokal ud seal rapet
hmm nih jagoannya udah turun gunung.
ngaku2 nubie lagi. awas dikasih salam titipan sm mbah rektor lagi.
anuuuu
aku hanyalah sebuah remahan rengginang nubie kenek maling delko depan musatek
siapalah aku ini ilmu secetek genangan abis ujan rintik2 doank
btw, itu poto dari mbah 69, kl dbayangin, lumayan bikin jiper loh.... jd kbayang mo ta iseng malem2 pasang di dinding wc kantor, pengen tau besok pagi siapa yg pingsan
jadiin poster.
pas di biji matanya.
diselipin led lights warna merah dr belakang, trus nyalain tengah malam kliwon.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
hurricane wrote: Sat Jun 12, 2021 5:13
Wah mantab pencerahannya om Omnibus, detil sekali, thanks again
Wkt divonis backlash sm SA, dia blg gapa2, ga bahaya, pake aja.
Kt dia kl mau diberesin bunyinya, plg diadjust jarak antar giginya tp ga dijamin suara akan hilang 100%.
Mobil ini dipastikan tidak pernah lewat banjir om
Sy jg bingung, servis rutin di beres tp koq bs bermasalah gardannya.
Seumur idup baru kl ini ketemu masalah di gardan.
Wkt ganti oli gardan pas service 40rb km di beres sekitaran akhir thn kmrn, tp tumben setelah servis ga diksh botol oli bekasnya (apa ini SOP skg?)
Mgkn ga ya trnyt oli gardan ga diganti?
Kl oli transmisi + mesin selalu ganti di luar beres, bs bebas milih merek + liat proses gantinya
Oh ya, mobil ini kan produksi 2016, baca2 byk kasus di 2016 yg masalah di tranmisi (jedug) + turbo (bunyi sprt tkg kue putu), apa mgkn ada hub nya?
Hari ini rencana mau ganti oli gardan dl om, semoga problem solved
barusan ini saya servis di A2K, oli gardan innova reborn diberi Shell GL4. saya komplain di buk man minta GL5.
SA bilang gpp pak pakai Shell GL4, sudah sering, buat mobil2 BU jg pakainya ini ga ada masalah.
apa pny pengalaman yg sama?
Wah kacau om ini, di buku panduan jelas banget HARUS GL5 buat gardan baik yg reborn maupun model lama. Kl yg lama itu justru di MTFnya boleh GL4 atau GL5. Paling anti saya sama kata2 "sudah sering" "ga ada masalah" "biasanya begini/pake ini". Mungkin jg gara2 embel2 shell yg "bagus" sih jd langsung buta mo spek apa.
Mungkin dia berani gitu soalnya banyak yg manut2 aja om, sama ga pernah ngerasain long term/pake innova sendiri kasih oli gardan GL4. Dulu sy di avansa lama sama innova jg salah masukin pake shell GL4 di gardan om, bkn di bengkel resmi ya tapi. Terus ganti oli gardan wuling yg GL5 sih lebih enak delivery tenaganya. Untung di avansa sama innova saya belum dengung. Alt kl dr auto2000 tanyain TMO rored yg sae 90 GL5 ato ga TMO 75W85 GL5 ada apa enggak om, kl yg ready rored TMO sih pake aja sejauh msh meet GL5
Kalau Innova lama thn 2012 diesel matic, oli gardan juga pakai GL5 yah?
EDITED - benar pakai GL5 juga
AGSA wrote: Thu Jul 01, 2021 14:49
Suhu suhu sekalian adakah yang mengetahui jenis oli transmisi manual untuk Suzuki Ertiga lama dan kekentalannya karena bukman saya hilang?
GL4 75W-80
infonya ganti per 20rb Km / 1 tahun
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
@Suryaputra: di beres ada nya yang ecstar gl4 75w-90 apakah bisa dipakai buat Ertiga jg ga ya Om? Ini bukman saya ilang ada yg bisa bantu fotokan bukman di bagian oli transmisi mgkn supaya bisa jd panduan