DOHC wrote:benzz89 wrote: Thu Jul 01, 2021 0:49
DOHC wrote:
ohhh ya ampun
saya baru baca lg
kl busi iridium Vs busi nikel... kl saya ga sala inget, perna dbahas d tret ini jg, mmg busi nikel pasti lebi enak om, krn hantaran listriknya lebi gede... cuman nikel kalah di umur aj, jd enak sesaat tp abis itu cepet aus ktimbang iridium
ini saya jg lg mo coba iseng beli denso KH20TT (nikel biasa) buat dipasang di inofa saya yg bawaannya FK20HR-A8 (iridium)... kl ternyata gapapa, kayanya saya mo coba pake yg nikel terus, toh murah ini , bonus tarikan enak...
Ane baru ganti IFR6A11 ke IK20TT di 2AZ-FE hasilnya enak kok om klep, idle skrg anteng & rata euy, RPM dr N ke D sdh hampir tdk terasa, dulu kadang agak drop kadang anteng. Di tol jg terasa lebih smooth mesinnya.
Padahal IFR6A11 baru jalan 28 ribuan km doang, cuman emang sdh umur sih. Kemarin jg ganti filter udara, bebersih TB & bebersih saringan bengsin yg di tangki... hasilnya joss maknyus, tenaga lebih ngisi, akselerasi lebih enteng, bengsin lebih irit (lagi).
Sebelum pasang di cek ulang gap twin tip nya si IK20TT ama Om Marmut, padahal tipis itu twin tip nya banding IFR6A11, ngeri patah aja hahahah [emoji1]
Sempet nanya ke beres (pas sekalian beli filter udara disana) harga busi buat 2AZ-FE ane dgn kode part 9091901240 = 515 rebu sebiji x 4 sdh 2 jeti lebih aja [emoji38] gak nanya lg deh mereknya apa, nama partnya cuman tertulis "Plug, Spark". Kata org partnya harga lumayan mahal krn bs dipakai sampai 100 rebu KM.
IK20TT harga cuman 150 ribu aja sebiji, sama2 bisa sampe 100 rebu KM, IK20TT malah ngakunya bisa sampe 120 rebu... ntah kapan odo mobil ane bisa sampe ke sana [emoji1] so far sih puaslah ama busi ini, tiap 30 rebu KM ganti jg gak apa2lah banding beli beres punya.20210615_134435.jpg20210615_140052.jpg20210611_151717.jpg
Saya skrg pake ikh20 jg enak seh mbah
My only concern cuman rpm yg jd kelewat rendah sjak ganti neh busi, ampe kadang bsa geter2 sendiri walaupun sikitttttt banget
Ik20tt kl ga salah itu emg kelas mahal nya denso kan mbah, iridium twin tip
Ntah gimana ini busi bawaan fabriek 2AZ-FE ane kok isinya si NGK bukan Denso, meski si NGK IFR6A11 jg di rekomen sih di buku manualnya. Pas servis rutin 40 rebu di beres Auto 2K BSD jg gak diapa2in itu businya, padahal sdh bilang ini RPM gak smooth, minta di tune up dll sekalian...
Alhasil pas terima mobil, RPM mobil ane jd tinggi di 1.000... ampun deh, kayanya gak di idle learning, mana sdh sore lg, sdh deh malas komplain lg, pake 2 mingguan baru normal itu idle, tp yah tetap penyakitnya gak solve.
Terus ke tempat mbah marmut di bersihin itu businya & ane liat kayanya sdh hrs diganti ini. Pas dibersihin sih sdh enakan itu idle cuman blom anteng banget, jd makin yakin hrs ganti baru. Beli di official store nanya busi bawaan SK20R11 malah ditawarkan IK20TT, lebih mahal 30 rebu per piece sih harganya banding si SK.
Baca2 review IK20TT di mesin 2AZ-FE di luar negeri sih responnya positif, pd bilang yg awalnya idle gak smooth di 2AZ-FE bs solve problemnya, ya sutralah ane coba & hasilnya oke.
Ntu inofa ribonnya rpm jd rendah sejak ganti busi, bengsinnya dikasih apa mbah? Apa kurang cocok ama bengsinnya? Atau gap businya blom pas? Heat nya sdh di range yg sama ama bawaannya? Atau malah hrs diturunin atau dinaikin dr spec businya? Kl sdh ketemu formula yg cocok sih, sdh deh malas gonta ganti busi lg, capek trial & errornya [emoji4]
Yg ane & mbah marmut perhatiin sih itu si IK20TT tinggi keseluruhannya lebih pendek dikittt banding si IFR6A11.
Screenshot_20210701-110130_WhatsApp.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.