Yg udah dapet Livina absen disiniii.........
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 320
- Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Justru katanya mereka bisa cek deposit oli.. dan bisa test lab.. u/ liat komposisi oli tersebut..apakah NGO atau bukan... BENER-kah bisa???!dony wrote:Sebenarnya sich susah ketahuan, cuma kita yg repot 5.ooo km pkai merk a, teru 10 rb ke beres pakai olie nissan, 15 rb ganti lagi merk a dst...
Selama kita sesuai dengan anjuran BERES kalau ada kerusakan tinggal claim aja, cuma yg pasti waktu claim rewl dech org BERES.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
NGO u/ GL cuma ada satu spec.. 5w30 atau 10w30 .. gw juga lupa mana yg bener.hunter wrote:kalo yg saya lihat sih NGO itu 10w30.maxx wrote:??.. gw ga bener2 inget jelas sih .. NGO itu 10-30W atau 5-30W... tp gw lebih yakin kalo NGO itu 5-30W deh.
Gak tau deh apakah ada yg 5w30 juga, tapi saya ragu...
Dilihat dimana om? ... Kalo beneran yg tertera pada kemasan NGO 10w30 .. ya berarti bener yg Om hunter liat.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 320
- Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56
Akhirnya FC nya bisa saya ukur juga. Setelah diisi kembali full tank ternyata terisi 39.76 liter, dengan odometer menunjukkan km: 410.
Artinya konsumsinya adalah 1:10.31...
:D
Itu pake pertamax, dalam kota Surabaya, situasi daerah jemur andayani.., panjang jiwo/rungkut, yang rame sedit macet disana-sini. Boleh dikata ramai lancar lah.
Sekarang udah saya isi dengan Premium biasa.. coba dilihat FC nya berapa kalo pake premium..
Cuman kesan saya adalah GAK ENAK pake premium.. kurang responsif..
:D:D
Tapi masih oke lah...
Artinya konsumsinya adalah 1:10.31...

Itu pake pertamax, dalam kota Surabaya, situasi daerah jemur andayani.., panjang jiwo/rungkut, yang rame sedit macet disana-sini. Boleh dikata ramai lancar lah.
Sekarang udah saya isi dengan Premium biasa.. coba dilihat FC nya berapa kalo pake premium..
Cuman kesan saya adalah GAK ENAK pake premium.. kurang responsif..

Tapi masih oke lah...
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Gtw gw, NGO Bukan re-branded.. tapi Idemitsu sbg vendor OEM NGO, jadi idemitsu buatin oli sesuai spec yg diminta Nissan Jepang... jadilah NGO... (CMIIW)gunawan98 wrote:NGO kan rebranded dari olie IDEMITSU? Itu kalo ga salah?
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Kalo menurut gw, pada service 1000KM.. ganti olinya.. dan bawa pulang oli bekasnya.kucluk wrote:Bung Sithlord lihatnya dari mobil baru yang masih banyak grumnya. Sehingga pas 1000 km harus ganti oli. Tapi kalo Nissan sendiri bisa berkeras gak ada masalah utk ganti oli langsung pada service 10 rb km ya kita ikutin saja. Kecuali kalo mau keluar uang lebih.gunawan98 wrote:itu kalo ga salah thread sebelah anjurkan 10-30W.. bukan 5-30W.. yang bilang sithlord...
Cuman haruskah GANTI OLI? kalo tidak ganti.. ADA PROBLEM KAH? (untuk km 1000).
bentar lagi gw mau service yg pertama nih. Gw check juga sebelumnya ke Nissan setelah service 1000 km pada 8000 km, takutnya ada masalah dg oli. Ternyata setelah dicheck gak ada masalah & Gak bayar lagi.
Ada yg sudah sampe 10 rb km juga gak nih ??
Oli bekas tsb diendapkan agar gram deposit dan kotoran yg ada bisa mengendap dibawah dan simpan sbg serep bila pemakaian smp KM 10rb ada penguapan tinggal tambahkan sedikit2.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Coba nanti test FC lagi setelah service 1000KM.gunawan98 wrote:Akhirnya FC nya bisa saya ukur juga. Setelah diisi kembali full tank ternyata terisi 39.76 liter, dengan odometer menunjukkan km: 410.
Artinya konsumsinya adalah 1:10.31...:D
Itu pake pertamax, dalam kota Surabaya, situasi daerah jemur andayani.., panjang jiwo/rungkut, yang rame sedit macet disana-sini. Boleh dikata ramai lancar lah.
Sekarang udah saya isi dengan Premium biasa.. coba dilihat FC nya berapa kalo pake premium..
Cuman kesan saya adalah GAK ENAK pake premium.. kurang responsif..:D:D
Tapi masih oke lah...
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 320
- Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56
Betul, saya rasa 1:11+ harusnya di tangan kalo sudah > 1000km. (PERTAMAX+). Setelah terbiasa pake pertamax, koq rasanya gak enak pake premium biasa. Saya koq jadi ragu nih, apa bisa rusak mesinnya kalo pake premium. Kalo bisa 1:12 sih pertamax+ masih oke lah. Yang sekarang aja ini lebih irit dari pada Taruna saya. Dulu tiap minggu saya isi 150rb, sekarang kalo pake pertamax+ 260rb u/ 2 minggu. Lebih irit lah. Saya mau balik ke pertamax+ nantinya.
Again.. 1:10.31, menurut gw sih ga impresive sekali. (full ac, bawa anak kecil 5, orang dewasa 1, mode nyetir standard ibu-ibu). 1:12, nah itu baru impresive u/ dalkot..IMHO yah...
Again.. 1:10.31, menurut gw sih ga impresive sekali. (full ac, bawa anak kecil 5, orang dewasa 1, mode nyetir standard ibu-ibu). 1:12, nah itu baru impresive u/ dalkot..IMHO yah...
maxx wrote:Coba nanti test FC lagi setelah service 1000KM.gunawan98 wrote:Akhirnya FC nya bisa saya ukur juga. Setelah diisi kembali full tank ternyata terisi 39.76 liter, dengan odometer menunjukkan km: 410.
Artinya konsumsinya adalah 1:10.31...:D
Itu pake pertamax, dalam kota Surabaya, situasi daerah jemur andayani.., panjang jiwo/rungkut, yang rame sedit macet disana-sini. Boleh dikata ramai lancar lah.
Sekarang udah saya isi dengan Premium biasa.. coba dilihat FC nya berapa kalo pake premium..
Cuman kesan saya adalah GAK ENAK pake premium.. kurang responsif..:D:D
Tapi masih oke lah...
Last edited by gunawan98 on Tue Sep 11, 2007 1:15, edited 1 time in total.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Sat Sep 08, 2007 6:39
- Location: Singkawang - Pontianak
Re: Yg udah dapet Livina absen disiniii.........
GL 1.5 XV Manual Yellowish
Indent 1 September 2007
Terima +10 Desember 2007.
Lokasi Pontianak
Dickykuo
Indent 1 September 2007
Terima +10 Desember 2007.
Lokasi Pontianak
Dickykuo
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Dari pertamax+ ganti ke premium.. sudah tentu torsi dan power max mesin turun.
Sebenarnya anda pakai pertamax dg RON 92 aja udah cukup (ga perlu yg +) dan bisa dapatkan torsi & power max dari mesin (BB dg RON91 adalah acuan u/ dapatkan torsi & power max mesin GL1.5 - HR15DE)
Bila ada kesempatan sesi tanya jawab saat KP, nanti coba saya tanyakan sbb:
1. Apakah harus Ganti oli tiap jadwal service bila mobilnya hanya jalan 5000-10000KM per tahun, sedangkan dijamin pemakaian oli NGO bisa smp 10rb KM.
2. Berdasarkan kompresi mesin harusnya mesin GL minum Pertamax, selain knocking sensor apakah ada part lain yg di adjust agar mesin GL bisa minum premium?
3. Apakah ada garansi tertulis mesin GL minum premium tidak merusak silinder head krn early/late burn.
Sebenarnya anda pakai pertamax dg RON 92 aja udah cukup (ga perlu yg +) dan bisa dapatkan torsi & power max dari mesin (BB dg RON91 adalah acuan u/ dapatkan torsi & power max mesin GL1.5 - HR15DE)
Bila ada kesempatan sesi tanya jawab saat KP, nanti coba saya tanyakan sbb:
1. Apakah harus Ganti oli tiap jadwal service bila mobilnya hanya jalan 5000-10000KM per tahun, sedangkan dijamin pemakaian oli NGO bisa smp 10rb KM.
2. Berdasarkan kompresi mesin harusnya mesin GL minum Pertamax, selain knocking sensor apakah ada part lain yg di adjust agar mesin GL bisa minum premium?
3. Apakah ada garansi tertulis mesin GL minum premium tidak merusak silinder head krn early/late burn.
gunawan98 wrote:Betul, saya rasa 1:11+ harusnya di tangan kalo sudah > 1000km. (PERTAMAX+). Setelah terbiasa pake pertamax, koq rasanya gak enak pake premium biasa. Saya koq jadi ragu nih, apa bisa rusak mesinnya kalo pake premium. Kalo bisa 1:12 sih pertamax+ masih oke lah. Yang sekarang aja ini lebih irit dari pada Taruna saya. Dulu tiap minggu saya isi 150rb, sekarang kalo pake pertamax+ 260rb u/ 2 minggu. Lebih irit lah. Saya mau balik ke pertamax+ nantinya.
Again.. 1:10.31, menurut gw sih ga impresive sekali. (full ac, bawa anak kecil 5, orang dewasa 1, mode nyetir standard ibu-ibu). 1:12, nah itu baru impresive u/ dalkot..IMHO yah...
maxx wrote:Coba nanti test FC lagi setelah service 1000KM.gunawan98 wrote:Akhirnya FC nya bisa saya ukur juga. Setelah diisi kembali full tank ternyata terisi 39.76 liter, dengan odometer menunjukkan km: 410.
Artinya konsumsinya adalah 1:10.31...:D
Itu pake pertamax, dalam kota Surabaya, situasi daerah jemur andayani.., panjang jiwo/rungkut, yang rame sedit macet disana-sini. Boleh dikata ramai lancar lah.
Sekarang udah saya isi dengan Premium biasa.. coba dilihat FC nya berapa kalo pake premium..
Cuman kesan saya adalah GAK ENAK pake premium.. kurang responsif..:D:D
Tapi masih oke lah...
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
waahhh.. sama donkkk.. saya jg baru ganti premiumm... grgrgrgrg.. ngga enak bangett!! dan ini sepertinya yahh.. kok jadi lebih boros? biasa di 3/4 sudah 78 km.. ehh ini baru 56!!!!!!!gunawan98 wrote:Akhirnya FC nya bisa saya ukur juga. Setelah diisi kembali full tank ternyata terisi 39.76 liter, dengan odometer menunjukkan km: 410.
Artinya konsumsinya adalah 1:10.31...:D
Itu pake pertamax, dalam kota Surabaya, situasi daerah jemur andayani.., panjang jiwo/rungkut, yang rame sedit macet disana-sini. Boleh dikata ramai lancar lah.
Sekarang udah saya isi dengan Premium biasa.. coba dilihat FC nya berapa kalo pake premium..
Cuman kesan saya adalah GAK ENAK pake premium.. kurang responsif..:D:D
Tapi masih oke lah...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
ehh broo.. sejak kapan pabrikan mobil ahli membuat oli? semua pasti ada core competence nya lahhh... ini kan kalo konsep dimarketing namanya add on selling! elu beli mobil doank, terus? udah? yah tambahin lah.. semua fast movingnya harus pake dia punya jg.. olinya jg, businya jg.. kalo ngga garansi batal lohhhhh... hehehehe... duhh broo naif bener sih sampean. tapi gini ambil bagusnya, setidaknya kita ngga ketipu oli palsu walaupun mungkin ngga sebagus dan semahal castrol.. gitupan lebih masuk akal..maxx wrote:Cape kalo omong sama lo.. penuh dengan ketidak percayaan ...ichsan_n wrote:heheheh.. hasil tes siapa dulu tuh? kalo yang ngetest castrol gw percaya deh..maxx wrote:
NOTE; dapat info... keep 1btl NGO .. meski bisa dipakai 10rb KM (bahkan telah ditest smp pemakaian 15rb KM.. vicsositas NGO masih bagus) ..
ngga masuk logik namanya pabrikan mobil yah jagonya buat mobil bukan oli.. ngga laku donk castrol? ya iyelaahh gw kaga percaya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 320
- Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56
Bung MAXX, gitu dong.... Thank you yah, bantu saya menyampaikan suara ke NMI nanti...
Alasan saya pake RON95 (alias pertamax+) sudah saya katakan. POM bensin tempat saya beli itu pom milik pertamina langsung (kalo di sby ada 5 kalo gak salah), dan dia ga jual pertamax. Saya hitung sekali isi misal 40 liter cuman selisih 8000 rp, mending saya isi pertamax+ di pom kepercayaan saya, ketimbang isi di pom lain, yang volume maupun kadarnya meragukan.
Alasan saya pake RON95 (alias pertamax+) sudah saya katakan. POM bensin tempat saya beli itu pom milik pertamina langsung (kalo di sby ada 5 kalo gak salah), dan dia ga jual pertamax. Saya hitung sekali isi misal 40 liter cuman selisih 8000 rp, mending saya isi pertamax+ di pom kepercayaan saya, ketimbang isi di pom lain, yang volume maupun kadarnya meragukan.
maxx wrote:Dari pertamax+ ganti ke premium.. sudah tentu torsi dan power max mesin turun.
Sebenarnya anda pakai pertamax dg RON 92 aja udah cukup (ga perlu yg +) dan bisa dapatkan torsi & power max dari mesin (BB dg RON91 adalah acuan u/ dapatkan torsi & power max mesin GL1.5 - HR15DE)
Bila ada kesempatan sesi tanya jawab saat KP, nanti coba saya tanyakan sbb:
1. Apakah harus Ganti oli tiap jadwal service bila mobilnya hanya jalan 5000-10000KM per tahun, sedangkan dijamin pemakaian oli NGO bisa smp 10rb KM.
2. Berdasarkan kompresi mesin harusnya mesin GL minum Pertamax, selain knocking sensor apakah ada part lain yg di adjust agar mesin GL bisa minum premium?
3. Apakah ada garansi tertulis mesin GL minum premium tidak merusak silinder head krn early/late burn.
gunawan98 wrote:Betul, saya rasa 1:11+ harusnya di tangan kalo sudah > 1000km. (PERTAMAX+). Setelah terbiasa pake pertamax, koq rasanya gak enak pake premium biasa. Saya koq jadi ragu nih, apa bisa rusak mesinnya kalo pake premium. Kalo bisa 1:12 sih pertamax+ masih oke lah. Yang sekarang aja ini lebih irit dari pada Taruna saya. Dulu tiap minggu saya isi 150rb, sekarang kalo pake pertamax+ 260rb u/ 2 minggu. Lebih irit lah. Saya mau balik ke pertamax+ nantinya.
Again.. 1:10.31, menurut gw sih ga impresive sekali. (full ac, bawa anak kecil 5, orang dewasa 1, mode nyetir standard ibu-ibu). 1:12, nah itu baru impresive u/ dalkot..IMHO yah...
maxx wrote: Coba nanti test FC lagi setelah service 1000KM.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 320
- Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56
saya pikir juga gitu pak Ichsan. Padahal waktu pertama kali datang, kan dapat bensin dari NMI tuh. Yang itu enak. Apa karena psikologis, abis nyetir pake pertamax, balik ke premium jadi katro gini.. Saya akan balik ke pertamax deh. Daripada mesin rusak. Kalo di jakarta, mungkin saya akan pake premium yah soalnya sudah TT. Saya tidak perlu responsif. Tapi kalo di surabaya, takut deh premiumnya blom TT.
ichsan_n wrote:waahhh.. sama donkkk.. saya jg baru ganti premiumm... grgrgrgrg.. ngga enak bangett!! dan ini sepertinya yahh.. kok jadi lebih boros? biasa di 3/4 sudah 78 km.. ehh ini baru 56!!!!!!!gunawan98 wrote:Akhirnya FC nya bisa saya ukur juga. Setelah diisi kembali full tank ternyata terisi 39.76 liter, dengan odometer menunjukkan km: 410.
Artinya konsumsinya adalah 1:10.31...:D
Itu pake pertamax, dalam kota Surabaya, situasi daerah jemur andayani.., panjang jiwo/rungkut, yang rame sedit macet disana-sini. Boleh dikata ramai lancar lah.
Sekarang udah saya isi dengan Premium biasa.. coba dilihat FC nya berapa kalo pake premium..
Cuman kesan saya adalah GAK ENAK pake premium.. kurang responsif..:D:D
Tapi masih oke lah...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
wah, kalo buat gw sih semua mobil baru yg pake warna hitam cakep semuagunawan98 wrote:wah warna itemnya livina benernya cakep banget... Itu semu-semua biru dongker.. Tapi sayang susah rawatnya, jadi saya ambil yang yelowish.. Wah ring 16 koq jadi cakep yah... mantap...
Pak Dony, review BBMnya berapa?

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
gw kaga ngerti nih.. titik atas titik bawah itu 1 liter.. artinya even di minimum let say oli livina ini 4 literan artinya masih ada 4 liter di carter? artinya minimum di dipstic bukan minimum konteksnya minimum dikarter gitu?maxx wrote: NOTE; dapat info... keep 1btl NGO .. meski bisa dipakai 10rb KM (bahkan telah ditest smp pemakaian 15rb KM.. vicsositas NGO masih bagus) .. tp setelah 5000KM .. cek dip stick tiap 2 minggu sekali... tambahkan bila kurang .. tp penambahan oli dikit2 saja jangan melebihi titik atas dipstick ... titik atas dan bawah itu artinya 1ltr Oli.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
setuju pak.. ini mobil jadi kerasa lemot dipakein premium.. apalagi ditanjakan, kaya motor matic aja pas ada jalan menanjak ehhh turun tenaga.. dan ini kerasa jg. wah perkiraan saya bisa benar kalo gitu. saya setuju pak, kemaren saja waktu saya isi premium saya tanya dulu ke petugasnya.. saya tanya ini TT bukan.. ehh.. dia malah jawab ngga tau!!?@?@ geblekk!!! bukan masalah kurang torsinya pak gun, tapi hari gini pengusaha bensin kan sudah bukan rahasia umum lagi banyak dioplos jg (mungkin di pom bensin pasti pas kaga kali yah) thats why saya bilang.. batas toleransi itu hanya diukur dari kompresi standart, and bukan dari derajat pengapian dimajuin doank atau apalah di riset 6 tahun tuh. ambil bodoh2nya.. kompresi 10:1 terus pake premium ron 88... siapa yang berani jamin kalo premium itu murni 88? kaya kaga tau trik2 pengusaha bensin ajee.. inikan makanya biar aman pake pertamax atau pertamax plus.. setidaknya ron murninya yah masih dikisaran 88-89 walaupun dioplos.. nahh kalo udah 88 dioplos lagi? hehehehe.. kecuali bagi 1.8 itu standart kompresinya aja sudah premium, otomatis toleransi jg bisa lebih besar.. makanya gw rasa.. kontek 1.8 bisa lebih irit dari 1.5 itu mungkin gini.. yahg 1.5 dipakein premium, lawan 1.8 pak premium.. yah lebih iritan 1.8..gunawan98 wrote:saya pikir juga gitu pak Ichsan. Padahal waktu pertama kali datang, kan dapat bensin dari NMI tuh. Yang itu enak. Apa karena psikologis, abis nyetir pake pertamax, balik ke premium jadi katro gini.. Saya akan balik ke pertamax deh. Daripada mesin rusak. Kalo di jakarta, mungkin saya akan pake premium yah soalnya sudah TT. Saya tidak perlu responsif. Tapi kalo di surabaya, takut deh premiumnya blom TT.
btw maxx, bensin meleduk duluan itu konteksnya ngelitik yah kalo entar elu tanyain.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
Saya liatnya di kemasan oli-nya. tapi bukan aslinya. yg saya liat iklan oli NGO di website Nissan..hehehe.maxx wrote:NGO u/ GL cuma ada satu spec.. 5w30 atau 10w30 .. gw juga lupa mana yg bener.
Dilihat dimana om? ... Kalo beneran yg tertera pada kemasan NGO 10w30 .. ya berarti bener yg Om hunter liat.
nih.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
[/quote]gunawan98 wrote:Bung MAXX, gitu dong.... Thank you yah, bantu saya menyampaikan suara ke NMI nanti...
Alasan saya pake RON95 (alias pertamax+) sudah saya katakan. POM bensin tempat saya beli itu pom milik pertamina langsung (kalo di sby ada 5 kalo gak salah), dan dia ga jual pertamax. Saya hitung sekali isi misal 40 liter cuman selisih 8000 rp, mending saya isi pertamax+ di pom kepercayaan saya, ketimbang isi di pom lain, yang volume maupun kadarnya meragukan.
maxx wrote:Dari pertamax+ ganti ke premium.. sudah tentu torsi dan power max mesin turun.
Sebenarnya anda pakai pertamax dg RON 92 aja udah cukup (ga perlu yg +) dan bisa dapatkan torsi & power max dari mesin (BB dg RON91 adalah acuan u/ dapatkan torsi & power max mesin GL1.5 - HR15DE)
Bila ada kesempatan sesi tanya jawab saat KP, nanti coba saya tanyakan sbb:
1. Apakah harus Ganti oli tiap jadwal service bila mobilnya hanya jalan 5000-10000KM per tahun, sedangkan dijamin pemakaian oli NGO bisa smp 10rb KM.
2. Berdasarkan kompresi mesin harusnya mesin GL minum Pertamax, selain knocking sensor apakah ada part lain yg di adjust agar mesin GL bisa minum premium?
3. Apakah ada garansi tertulis mesin GL minum premium tidak merusak silinder head krn early/late burn.



-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
apee kannn?!! masa mesin 1500 cc ajee pakenya 5w -30?...... udah kaya mesin harrier/fortuner ajeeehunter wrote:Saya liatnya di kemasan oli-nya. tapi bukan aslinya. yg saya liat iklan oli NGO di website Nissan..hehehe.maxx wrote:NGO u/ GL cuma ada satu spec.. 5w30 atau 10w30 .. gw juga lupa mana yg bener.
Dilihat dimana om? ... Kalo beneran yg tertera pada kemasan NGO 10w30 .. ya berarti bener yg Om hunter liat.
nih.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
maxx wrote:
Bisa kurang???.. ya .. oli NGO 5-30W encerrr .. mesin HR15DE dan MR18DE .. type ULEV mesinnya puanassss dg operating temp >90 derajat . .ya pasti berkurang tu oli krn penguapan... meski ga banyak.. tp ada penguapan... so keep 1 btl NGO.
busyettt.. mesin 1500 aja olinya pak 5-30??!?!?! ngga keenceran tuh?[/quote]
Kalo gw ga salah sih NGO memang 5-30W (CMIIW). Dan oli tsb rekomended Nissan Jpg.. so??.. ke-enceran ato kaga .. maneketehe.. tentu udah diriset u/ pakai oli tsb.[/quote]
hehehhe.. ini hasil riset 6 tahun? hahaha.. suruh ulang lagi kalo gitu risetnya.. elu lain kali kalo yang ngomong sithlord jangan dibilang hasil R&D Nissan global donkk...



-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
pak hunter, iya mungkin depannya ngga begitu beda antara 5-10.. tapi harganya bisa beda jauh pan? palagi kalo ditulis 0w-30 mobil oil... kekekekekke.. yang punya fortuner aja bisa ngerasa berat kalo pake oli kaya gitu.. lah masa pake livina doank jeroan berat2 gini harganya?hunter wrote:setahu saya 5w or 10w gak terlalu ngaruh kali ya.. CMIIW. soalnya angka di depan w itu kan untuk suhu winter-nya (musmi dingin).
Sedangkan/jadi buat kita, ya angka 30-nya itu yg jadi ukuran kita...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
musim winter pun gak perlu encer2 banget....gw aja cuma pake mobil 1 (10w-30) pas winter jreng aja sekali stater....hunter wrote:setahu saya 5w or 10w gak terlalu ngaruh kali ya.. CMIIW. soalnya angka di depan w itu kan untuk suhu winter-nya (musmi dingin).
Sedangkan/jadi buat kita, ya angka 30-nya itu yg jadi ukuran kita...

untuk pasar indonesia, mungkin orang lebih suka oli yang lebih encer karena mungkin tarikan mobil jadi sedikit lebih enteng kali ya kalo pake oli yg encer CMIIW

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 353
- Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22