Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Ryzendria wrote:Mau tanya om,
Mobil ane Mobilio 2018
Karena ini mobil perang, jadi odometer udah nyentuh di angka 200rb km
Selama ini utk ganti oli transmisi cuma pake oli honda CVTF yg 4 Liter, dan berkala setelah nyentuh 40rb an km.
Nah pertanyaannya,
Apa Yg harus ane lakukan.
1. Tetep stay di CVTF 4L
2. Ganti oli CVT aftermarket ?
Utk yg point 2, apakah harus di kuras total?
Kalau iya, butuh berapa Liter, dan langkah apa yg harus ane lakukan/antisipasi?
Terimakasih om2
Wah mantabs om, membuktikan cvt ahond kuat juga sampai 200k dgn interval ganti 40k. Saran nubi sih tetap aja om pake hcf2, mungkin intervalnya di persingkat jadi 20-30k
Sebenernya sih udah gemes pengen ganti / kuras sekalian gitu...
Soalnya kalau lg panas / macet2an ria, suka2 dia aja tuh pas ngegas lembut aja ngejedug
oh kl ngejeduk ada masalah berarti skrg. ya harus buka karter bawah, filter strainer dan valve body hrs dilepas n hrs dibersihkan. kalau ada kotoran (gram) yg ke trap di strainer bisa bikin tekanan ga stabil makanya jeduk. dan sangat mungkin mengingat ini high odo.
jangan didiemin, nanti merembet tadinya belt n pulley ga kenapa2 malah jd rusak lama2 kl dibiarin ngejeduk pindahnya. bawa ke bengkel spesialis matic.
ariswp wrote: Mon Jun 14, 2021 0:20
Disini sudah ada yang nyoba ATF yang masuk tipe LV (low visco) dan comply dexron 6 kedalam matic 5AT honda? Misal seperti aisin afw vi, total mvlv, ptt automat lv1 dll
Temen ada yang make aisin afw vi di GE8, katanya enak2 aja, gak slip dan pick up power lebih enteng
Cuma saya agak ragu utk jangka panjang,, konon matic 5AT honda desainnya berbeda, lebih mirip konstruksi automated manual transmision ketimbang geared matic lainnya yg pake planetary gear, dan kandungan ATF Z1/DW1 mengandung aditif yg agak berbeda dari ATF lain
Tapi klo baca PDS AFW VI, Automat LV1 dll tadi juga comply di DW1
Saya perna liat girbok metik oddysey 2003 ama ge8 lg di bedah, 2 2 nya mirip metik konvensional koq
Ad pressure plate, ad planetary gear jg, cuman utk girbok2 4 speed jadulnya ad beberapa kasus (kecil) d valve body nya agak rentan
honda bkin girbok metik nya in house sendiri, ga kaya tyota outsource ke aisin
Nah ini om, saya sendir belom pernah liat 5AT honda dibelah langsung
tapi baca2 di BITOG, banyak yg bilang kalo konstruksi 5AT honda dsana unik sendiri, lalu kandungan ATF DW1/Z1 sendiri juga agak banyak zinc atau mg nya saya lupa, dan hanya ada satu merk ATF aftermarket yaitu idemitsu atf H+ yg tulisannya emang diformulasikan buat honda di us sana yg kandungannya mendekati dw1
di video berikut juga ada yg membahas 5AT honda dan emang agak lain
Yang menyerupai matic lain konon yg 10AT honda terbaru (pake atf honda type 2.0)
Denger testimoni temen yg pake ge8 testinya positif pake afw vi, tapi juga ragu jangka panjangnya,, selama ini stick di dw1
Next mungkin setelah gajian saya coba aja flush pake afw vi, kalo berasa gak beres ya balik ke dw1
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
ariswp wrote: Mon Jun 14, 2021 0:20
Disini sudah ada yang nyoba ATF yang masuk tipe LV (low visco) dan comply dexron 6 kedalam matic 5AT honda? Misal seperti aisin afw vi, total mvlv, ptt automat lv1 dll
Temen ada yang make aisin afw vi di GE8, katanya enak2 aja, gak slip dan pick up power lebih enteng
Cuma saya agak ragu utk jangka panjang,, konon matic 5AT honda desainnya berbeda, lebih mirip konstruksi automated manual transmision ketimbang geared matic lainnya yg pake planetary gear, dan kandungan ATF Z1/DW1 mengandung aditif yg agak berbeda dari ATF lain
Tapi klo baca PDS AFW VI, Automat LV1 dll tadi juga comply di DW1
Saya perna liat girbok metik oddysey 2003 ama ge8 lg di bedah, 2 2 nya mirip metik konvensional koq
Ad pressure plate, ad planetary gear jg, cuman utk girbok2 4 speed jadulnya ad beberapa kasus (kecil) d valve body nya agak rentan
honda bkin girbok metik nya in house sendiri, ga kaya tyota outsource ke aisin
Nah ini om, saya sendir belom pernah liat 5AT honda dibelah langsung
tapi baca2 di BITOG, banyak yg bilang kalo konstruksi 5AT honda dsana unik sendiri, lalu kandungan ATF DW1/Z1 sendiri juga agak banyak zinc atau mg nya saya lupa, dan hanya ada satu merk ATF aftermarket yaitu idemitsu atf H+ yg tulisannya emang diformulasikan buat honda di us sana yg kandungannya mendekati dw1
di video berikut juga ada yg membahas 5AT honda dan emang agak lain
Yang menyerupai matic lain konon yg 10AT honda terbaru (pake atf honda type 2.0)
Denger testimoni temen yg pake ge8 testinya positif pake afw vi, tapi juga ragu jangka panjangnya,, selama ini stick di dw1
Next mungkin setelah gajian saya coba aja flush pake afw vi, kalo berasa gak beres ya balik ke dw1
ahhh ya ya
ngerti deh saya skrg, knapa orang mamarika blg beda
jd honda disainnya bkin set of gears, dan instead pasang beberapa gear statis dsusun jd satu dan dilingkari dengan set of another small gears yg muterin (tipikal planetary gear), mreka pake set of gears statis yg di tandem ama pressure plates + clutches pack nya..
mungkin ini jg yg saya liat waktu itu dalam kondisi girbok ud kebuka
mengenai atf, mustinya aisin vi gapapa yah om, toh dia jg bukan atf yg encer2 banget... unyil opal punya malah lebi encer, toyota WS jg lebi encer lg... dan lagi metik 5 gear keatas apalagi utk FWD, setau saya mmg biasanya pake atf yg ga kentel2 amat , beda waktu tipikal 4 speed jadul, ini atf kentel malah disarankan
C24 itu geared A/T lho bukan cvt. sejak kapan pakai NS-1?
kl ga salah dia pakai nissan matic D deh. (atau matic J)
coba cek lagi. geared AT dikasih cvt fluid sih siap2 ambrol.
serena yg pakai cvt itu C25 dan C26 (dan skrg C27 terbaru)
Di buku manual nya mmg disebut 2 macam ATF: Matic D3 dan H-CVT.
Tapi prosedur cek level ATF yg dibahas detail cuma yg H-CVT.
Lha, krn C24 yg di sini pake 4AT, ya saya gak baca donk prosedur cek ATFnya.
prosedur sama aja utk 4AT kaya gitu. ada 2 step, pertama cold (suhu 30-50), kedua hot setelah mobil dipakai minimal 5 menit (suhu 50-80). itu suhu maksudnya suhu atf bukan suhu radiator coolant. cara taunya hrs pakai scan tool.
n olinya Matic D.
Nissan matic D ini produk substitusinya apa ya ? Dexron lll ? Atau gak ada substitusinya harus belik ke olinya nissan ?
ariswp wrote: Mon Jun 14, 2021 0:20
Disini sudah ada yang nyoba ATF yang masuk tipe LV (low visco) dan comply dexron 6 kedalam matic 5AT honda? Misal seperti aisin afw vi, total mvlv, ptt automat lv1 dll
Temen ada yang make aisin afw vi di GE8, katanya enak2 aja, gak slip dan pick up power lebih enteng
Cuma saya agak ragu utk jangka panjang,, konon matic 5AT honda desainnya berbeda, lebih mirip konstruksi automated manual transmision ketimbang geared matic lainnya yg pake planetary gear, dan kandungan ATF Z1/DW1 mengandung aditif yg agak berbeda dari ATF lain
Tapi klo baca PDS AFW VI, Automat LV1 dll tadi juga comply di DW1
Saya perna liat girbok metik oddysey 2003 ama ge8 lg di bedah, 2 2 nya mirip metik konvensional koq
Ad pressure plate, ad planetary gear jg, cuman utk girbok2 4 speed jadulnya ad beberapa kasus (kecil) d valve body nya agak rentan
honda bkin girbok metik nya in house sendiri, ga kaya tyota outsource ke aisin
Nah ini om, saya sendir belom pernah liat 5AT honda dibelah langsung
tapi baca2 di BITOG, banyak yg bilang kalo konstruksi 5AT honda dsana unik sendiri, lalu kandungan ATF DW1/Z1 sendiri juga agak banyak zinc atau mg nya saya lupa, dan hanya ada satu merk ATF aftermarket yaitu idemitsu atf H+ yg tulisannya emang diformulasikan buat honda di us sana yg kandungannya mendekati dw1
di video berikut juga ada yg membahas 5AT honda dan emang agak lain
Yang menyerupai matic lain konon yg 10AT honda terbaru (pake atf honda type 2.0)
Denger testimoni temen yg pake ge8 testinya positif pake afw vi, tapi juga ragu jangka panjangnya,, selama ini stick di dw1
Next mungkin setelah gajian saya coba aja flush pake afw vi, kalo berasa gak beres ya balik ke dw1
Ijin share pengalaman pribadi ya om. Saya pakai brio 1.2 yg 5at. Biasa pake dw1, trkhr nyoba ke ptt lv1 berdasarkan info suhu2 disini. Yg dirasa, matic lbh licin, lbh gliding stlh lepas gas. Kl bejek, turun gigi berasa lbh cepet, tp ga banyak. Awalnya ganti oli ini karena denger2 oli oem honda kualitasnya agak krg. Keluhan waktu pake DW1 kl uda jalan tol agak lama, rada lemot, mgkn ini yg namanya slip. Pick u speed lama. Bgitu ganti berharap berubah, trnyata ga terlalu beda Tp ini subjektif ya om, krn ga diukur, cuma pake feeling aja. FyI, skrg ud jalan 17k pake oli ini. Saya tiap sekitar 25k selalu kuras. 2x awal ganti DW1, pake ptt di km 75k.
indeskey wrote: Sun Jun 13, 2021 18:05
Wah mantabs om, membuktikan cvt ahond kuat juga sampai 200k dgn interval ganti 40k. Saran nubi sih tetap aja om pake hcf2, mungkin intervalnya di persingkat jadi 20-30k
Sebenernya sih udah gemes pengen ganti / kuras sekalian gitu...
Soalnya kalau lg panas / macet2an ria, suka2 dia aja tuh pas ngegas lembut aja ngejedug
oh kl ngejeduk ada masalah berarti skrg. ya harus buka karter bawah, filter strainer dan valve body hrs dilepas n hrs dibersihkan. kalau ada kotoran (gram) yg ke trap di strainer bisa bikin tekanan ga stabil makanya jeduk. dan sangat mungkin mengingat ini high odo.
jangan didiemin, nanti merembet tadinya belt n pulley ga kenapa2 malah jd rusak lama2 kl dibiarin ngejeduk pindahnya. bawa ke bengkel spesialis matic.
Perkiraan biaya abis berapa yak om servis kerjaan ni girbok sipiti?
Ryzendria wrote: Mon Jun 14, 2021 19:37
Perkiraan biaya abis berapa yak om servis kerjaan ni girbok sipiti?
tanya ke worner matic atau rizki auto aja.
kl cuma kuras fluid n bersih2 filter strainer n valve body kayanya 1-2 jt kali ya udah termasuk oli n packing n jasa.
Om, saya wkt itu di NJS setiabudhi bersih2 karter matik di ertiga itu tetep dikenain jasanya 200rb an, kaya jasa kuras matic pake mesin. Pakingnya 130rb an. Body valve ga dibersihin sih, too risky buat saya dan nambah biaya lagi. Krn sy kira sebelum kuras walaupun kondisi cukup "meh" itu oper2an AT ga sampe caur banget
Ryzendria wrote: Mon Jun 14, 2021 19:37
Perkiraan biaya abis berapa yak om servis kerjaan ni girbok sipiti?
tanya ke worner matic atau rizki auto aja.
kl cuma kuras fluid n bersih2 filter strainer n valve body kayanya 1-2 jt kali ya udah termasuk oli n packing n jasa.
Om, saya wkt itu di NJS setiabudhi bersih2 karter matik di ertiga itu tetep dikenain jasanya 200rb an, kaya jasa kuras matic pake mesin. Pakingnya 130rb an. Body valve ga dibersihin sih, too risky buat saya dan nambah biaya lagi. Krn sy kira sebelum kuras walaupun kondisi cukup "meh" itu oper2an AT ga sampe caur banget
itu belum termasuk oli om? sama oli deket2 sejuta ya.
sebetulnya sy ga tau pastinya org ga pernah sekalipun ke bengkel matic, ga pernah trouble saya.
kl cuma kuras fluid n bersih2 filter strainer n valve body kayanya 1-2 jt kali ya udah termasuk oli n packing n jasa.
Om, saya wkt itu di NJS setiabudhi bersih2 karter matik di ertiga itu tetep dikenain jasanya 200rb an, kaya jasa kuras matic pake mesin. Pakingnya 130rb an. Body valve ga dibersihin sih, too risky buat saya dan nambah biaya lagi. Krn sy kira sebelum kuras walaupun kondisi cukup "meh" itu oper2an AT ga sampe caur banget
itu belum termasuk oli om? sama oli deket2 sejuta ya.
sebetulnya sy ga tau pastinya org ga pernah sekalipun ke bengkel matic, ga pernah trouble saya.
Belum om, totalan oli 5lt (gerlong)+jasa kuras atf sama bersih2 karter+beli paking bener sih hampir cetiauw. Oli pake Q8 auto jk, next flushing mau pake Q8 auto MV deh, ndak puas saya cm habis 5lt karena kemungkinan besar sisa oli busuk lama masih ada di dalem gearbox
Jangan sampe lah om OH gearbox, sayang duit dan terutama banyak membuang waktu-opportunity itu
Saya perna liat girbok metik oddysey 2003 ama ge8 lg di bedah, 2 2 nya mirip metik konvensional koq
Ad pressure plate, ad planetary gear jg, cuman utk girbok2 4 speed jadulnya ad beberapa kasus (kecil) d valve body nya agak rentan
honda bkin girbok metik nya in house sendiri, ga kaya tyota outsource ke aisin
Nah ini om, saya sendir belom pernah liat 5AT honda dibelah langsung
tapi baca2 di BITOG, banyak yg bilang kalo konstruksi 5AT honda dsana unik sendiri, lalu kandungan ATF DW1/Z1 sendiri juga agak banyak zinc atau mg nya saya lupa, dan hanya ada satu merk ATF aftermarket yaitu idemitsu atf H+ yg tulisannya emang diformulasikan buat honda di us sana yg kandungannya mendekati dw1
di video berikut juga ada yg membahas 5AT honda dan emang agak lain
Yang menyerupai matic lain konon yg 10AT honda terbaru (pake atf honda type 2.0)
Denger testimoni temen yg pake ge8 testinya positif pake afw vi, tapi juga ragu jangka panjangnya,, selama ini stick di dw1
Next mungkin setelah gajian saya coba aja flush pake afw vi, kalo berasa gak beres ya balik ke dw1
Ijin share pengalaman pribadi ya om. Saya pakai brio 1.2 yg 5at. Biasa pake dw1, trkhr nyoba ke ptt lv1 berdasarkan info suhu2 disini. Yg dirasa, matic lbh licin, lbh gliding stlh lepas gas. Kl bejek, turun gigi berasa lbh cepet, tp ga banyak. Awalnya ganti oli ini karena denger2 oli oem honda kualitasnya agak krg. Keluhan waktu pake DW1 kl uda jalan tol agak lama, rada lemot, mgkn ini yg namanya slip. Pick u speed lama. Bgitu ganti berharap berubah, trnyata ga terlalu beda Tp ini subjektif ya om, krn ga diukur, cuma pake feeling aja. FyI, skrg ud jalan 17k pake oli ini. Saya tiap sekitar 25k selalu kuras. 2x awal ganti DW1, pake ptt di km 75k.
Wah ini, trims om atas sharing penggunaan ATF low visco di 5AT, intinya positif ya om, meskipun gak terlalu beda jauh dari ATF DW1 bawaan
[/quote]
ahhh ya ya
ngerti deh saya skrg, knapa orang mamarika blg beda
jd honda disainnya bkin set of gears, dan instead pasang beberapa gear statis dsusun jd satu dan dilingkari dengan set of another small gears yg muterin (tipikal planetary gear), mreka pake set of gears statis yg di tandem ama pressure plates + clutches pack nya..
mungkin ini jg yg saya liat waktu itu dalam kondisi girbok ud kebuka
mengenai atf, mustinya aisin vi gapapa yah om, toh dia jg bukan atf yg encer2 banget... unyil opal punya malah lebi encer, toyota WS jg lebi encer lg... dan lagi metik 5 gear keatas apalagi utk FWD, setau saya mmg biasanya pake atf yg ga kentel2 amat , beda waktu tipikal 4 speed jadul, ini atf kentel malah disarankan
[/quote]
Halo om dohc, iya saya nangkepnya dengan bahasa inggris saya yg alakadarnya juga begitu, tapi sepertinya penggunaan ATF low visco, gak bakalan berpengaruh buruk di 5AT hondut, yep next coba flush ke aisin afw vi ajah, ada kemasan 4literan dan sepertinya relatif lebih murah dibanding ATF low visco lain dan cst masi diatas 6, harusnya masih oke, WS aja sampe 5.7
thanks om
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Nah ini om, saya sendir belom pernah liat 5AT honda dibelah langsung
tapi baca2 di BITOG, banyak yg bilang kalo konstruksi 5AT honda dsana unik sendiri, lalu kandungan ATF DW1/Z1 sendiri juga agak banyak zinc atau mg nya saya lupa, dan hanya ada satu merk ATF aftermarket yaitu idemitsu atf H+ yg tulisannya emang diformulasikan buat honda di us sana yg kandungannya mendekati dw1
di video berikut juga ada yg membahas 5AT honda dan emang agak lain
Yang menyerupai matic lain konon yg 10AT honda terbaru (pake atf honda type 2.0)
Denger testimoni temen yg pake ge8 testinya positif pake afw vi, tapi juga ragu jangka panjangnya,, selama ini stick di dw1
Next mungkin setelah gajian saya coba aja flush pake afw vi, kalo berasa gak beres ya balik ke dw1
Ijin share pengalaman pribadi ya om. Saya pakai brio 1.2 yg 5at. Biasa pake dw1, trkhr nyoba ke ptt lv1 berdasarkan info suhu2 disini. Yg dirasa, matic lbh licin, lbh gliding stlh lepas gas. Kl bejek, turun gigi berasa lbh cepet, tp ga banyak. Awalnya ganti oli ini karena denger2 oli oem honda kualitasnya agak krg. Keluhan waktu pake DW1 kl uda jalan tol agak lama, rada lemot, mgkn ini yg namanya slip. Pick u speed lama. Bgitu ganti berharap berubah, trnyata ga terlalu beda Tp ini subjektif ya om, krn ga diukur, cuma pake feeling aja. FyI, skrg ud jalan 17k pake oli ini. Saya tiap sekitar 25k selalu kuras. 2x awal ganti DW1, pake ptt di km 75k.
Wah ini, trims om atas sharing penggunaan ATF low visco di 5AT, intinya positif ya om, meskipun gak terlalu beda jauh dari ATF DW1 bawaan
ahhh ya ya
ngerti deh saya skrg, knapa orang mamarika blg beda
jd honda disainnya bkin set of gears, dan instead pasang beberapa gear statis dsusun jd satu dan dilingkari dengan set of another small gears yg muterin (tipikal planetary gear), mreka pake set of gears statis yg di tandem ama pressure plates + clutches pack nya..
mungkin ini jg yg saya liat waktu itu dalam kondisi girbok ud kebuka
mengenai atf, mustinya aisin vi gapapa yah om, toh dia jg bukan atf yg encer2 banget... unyil opal punya malah lebi encer, toyota WS jg lebi encer lg... dan lagi metik 5 gear keatas apalagi utk FWD, setau saya mmg biasanya pake atf yg ga kentel2 amat , beda waktu tipikal 4 speed jadul, ini atf kentel malah disarankan
[/quote]
Halo om dohc, iya saya nangkepnya dengan bahasa inggris saya yg alakadarnya juga begitu, tapi sepertinya penggunaan ATF low visco, gak bakalan berpengaruh buruk di 5AT hondut, yep next coba flush ke aisin afw vi ajah, ada kemasan 4literan dan sepertinya relatif lebih murah dibanding ATF low visco lain dan cst masi diatas 6, harusnya masih oke, WS aja sampe 5.7
thanks om
[/quote]
Sama2 om
Ini saya jg lg mo coba si aisin vi buat inofa saya
Bawaan pake yoyota WS cuman ampas bener, makanya saya ganti ke aisin afw+, transmisi berasa lebi ngegigit.. cuman krn dia atf kentel, rencana abis ini mau ta coba tap pake aisin vi
DOHC wrote: Tue Jun 15, 2021 15:09
Ini saya jg lg mo coba si aisin vi buat inofa saya
semalem ane br baca buku primbon lagi khusus bagian oil level adjustment (check hole operation) dan ternyata ada info margin of error level atf (toleransi kelebihan atau kekurangan jumlah atf)
ane syiok sangat, betapa kecil margin of error nya.
DOHC wrote: Tue Jun 15, 2021 15:09
Ini saya jg lg mo coba si aisin vi buat inofa saya
semalem ane br baca buku primbon lagi khusus bagian oil level adjustment (check hole operation) dan ternyata ada info margin of error level atf (toleransi kelebihan atau kekurangan jumlah atf)
ane syiok sangat, betapa kecil margin of error nya.
DOHC wrote: Tue Jun 15, 2021 15:09
Ini saya jg lg mo coba si aisin vi buat inofa saya
semalem ane br baca buku primbon lagi khusus bagian oil level adjustment (check hole operation) dan ternyata ada info margin of error level atf (toleransi kelebihan atau kekurangan jumlah atf)
ane syiok sangat, betapa kecil margin of error nya.
tebak berapa cc mbah?
hebat kl tebakannya bener.
Ikut nebak ah mana tau dapet gift away
30cc mbah
nebak mode
0 ~ 30 ml mbah
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC wrote: Tue Jun 15, 2021 15:09
Ini saya jg lg mo coba si aisin vi buat inofa saya
semalem ane br baca buku primbon lagi khusus bagian oil level adjustment (check hole operation) dan ternyata ada info margin of error level atf (toleransi kelebihan atau kekurangan jumlah atf)
ane syiok sangat, betapa kecil margin of error nya.
DOHC wrote: Tue Jun 15, 2021 15:09
Ini saya jg lg mo coba si aisin vi buat inofa saya
semalem ane br baca buku primbon lagi khusus bagian oil level adjustment (check hole operation) dan ternyata ada info margin of error level atf (toleransi kelebihan atau kekurangan jumlah atf)
ane syiok sangat, betapa kecil margin of error nya.
tebak berapa cc mbah?
hebat kl tebakannya bener.
300- 500 cc mbah
Ini mo ngetik 30 ama 50 koq bsa 2 2 nya kelebihan nol