Kalo diliat dari kriterianya om , kok lebih condong ke Reborn Diesel AT G atau V ya, karena memenuhi hampir semua kriteria kecuali sunroof. Karena ya emg paling masuk kriteria walaupun driving feel dan kenyamanannya ga seenak cx8 atau santa fe, tapi plusnya ada di durability, part banyak, gampang benerinnya, perawatan murah, irit bbm, gampang modifnya, muat banyak dan lega + kalo keluar kota bawaannya aman aja gitu dan pede karena lebih peace of mind dan cocok kalo om mau jadiin sebagai mobil satu2nya + kalo dari innova lama apalagi innova bensin, upgradenya signifikan kok, terutama dari sisi peforma, kenyamanan dan bantingan suspensinya, surprisingly innova reborn ini udh jauh lebih empuk dan lebih nyaman dibanding innova lama (kebetulan saudara saya pecinta innova bensin . Udah kenyang naik semua tipe innova bensin hehehe (innova G at bensin non euro 2006 pfl, innova V at bensin euro 2008 pfl, innova G at bensin 2011 fl1, GNKI G at bensin 2012 , Innova dono G MT bensin 2014 dan terakhir ANKI G bensin AT 2017) dan yg paling cocok buat kenyamanan dan bantingan suspensinya ya ANKI reborn menurut saya, walaupun ya soal driving feelnya gabisa dibandingin sm cx8 dan santa fe ya karena kelasnya juga diatas ANKI hehehe dan tanpa sunroof. Dan kalo om TS cuma pengen sekedar upgrade dari innova lama dan merasakan kelebihan ANKI, tipe G udh cukup kok. Cuma kalo mau lebih nyaman, upgrade aja ke ANKI V sekalian, soalnya peredaman dan bahan joknya beda kalo gasalah dan fiturnya lebih lengkap daripada tipe G + lebih kedap juga dibanding tipe G kalo menurut saya
Kalo CX8, kok kesannya nanggung ya, mending ke cx5 yg lebih murah atau naik kelas ke CX9 sekalian, karena dalemnya terlalu mirip sm CX5 yg lebih murah , cuma kalo om udh suka sm mobilnya, ya ambil aja om, mobil ini sangat fun to drive, handling dan tarikannya oke, fitur juga lengkap, teknologi juga termasuk canggih buat ukuran mobil jepang dan peredaman juga jauh upgrade kalo dari innova lama. Minusnya ya suspensinya ga empuk2 amat dan akomodasinya ga sebagus grand santa fe menurut saya .
Dan , gausah takut melihara mazda, kalo emg suka sm mobilnya mah beli aja dan nikmatin , kaya yg om kiel bilang. Beli mobil itu buat dinikmatin, tutup telinga aja sama omongan orang diluar sana, yang penting kitanya enjoy dan happy sama pilihan kita dan mobilnya ga nyusahin kita selama pemakaian. Mazda termasuk bandel dan kok, dan kalo tinggal di jakarta mah partnya masih lumayan gampang, karena beresnya banyak yg bisa nanganin. Biaya service juga masih wajar menurut saya walaupun termasuk mahal buat ukuran mobil jepang ya kalo sama2 di beres biayanya gajauh beda kok sm honda (saya udah 2 periode melihara cx5 dan crv, yaitu CX5 2013 gen 1 dan CRV RE 2.4 2010 dan saat ini dengan CRV Turbo pres dan AN CX5 Elite 2018) which is kesimpulan saya mazda lebih bandel dan awet dibanding honda, minus bengkel spesialisnya aja yg ga sebanyak honda dan beberapa part mesti inden, tapi selebihnya oke lah, biaya servisnya kalo sama2 di beres juga beda tipis kok wkwkkw. Ga sampe 2x lipet selisihnya kaya yg dibilang sm orang2 diluar sana . CX5 gen 1 saya dulu sampe dijual di km 152 rb setelah 6 tahun pemakaian juga masih oke2 aja . Perbaikan beratnya cuma di mounting doang, sisanya oke2 aja, cuma servis rutin dan ganti oli doang , sedangkan CRV saya udh abis lumayan banyak di bagian kaki2, rack steering dan lumayan sering rembes . Sekarang saya pake AN CX5 Elite 2018 km udh 37rban juga masih oke2 aja, cuma ganti aki istop doang perawatannya, sisanya ya kek mobil pada umumnya aja, servis rutin dan ganti oli doang. Sedangkan CRV saya yg tahun 2019 (which is saya awalnya gapengen beli karena udh ada CX5, tapi akhirnya SPK juga pas juli 2019 lalu karena ibu saya perlu mobil yg lega dan nyaman + 7 seater juga, makanya ambil crv ini) , entah kenapa kok ga se awet cx5 saya, dulu pas km 28rban udh rattle di dasbor dan doortrim sebelah kiri dan discbrakenya udh geter juga (untungnya semua solved di beres pas servis rutin km 30rb) dan sekarang masih aman2 aja di posisi odometer di 31rban walaupun plusnya lebih lega, practical, lebih empuk dan lebih nyaman sih dibanding CX5 hehehe. Semua ini saya tulis berdasarkan real pengalaman pribadi ya, bukan katanya katanya. Hehehe
Kalo grand santa fe, saya gabisa komen soal maintenancenya karena blm pernah melihara mobil korea. Cuma kalo saya pribadi, vote yg diesel, suara mesin dieselnya suprisingly sangat halus buat ukuran mesin diesel dibanding punya mpv atau suv ladder frame kek ANKI, ANPS or ANF menurut saya dan lebih irit dibanding yg bensin juga menurut saya hehehe . Fitur juga termasuk lengkap buat kelasnya + ride qualitynya jauh diatas mobil jepang kaya CX5 or CRV hehehe, secara kelas juga ga boong. cuma kalo dibanding CX8, beda tipis ya hehehe, plusnya akomodasi nya lebih baik dan lebih nyaman aja dibanding CX8 menurut saya , Kalo om ga mentingin merek dan RV, mobil ini worth kok buat dipelihara hehehe
Yg penting om TD ketiganya aja. Biar tau lebih sreg ke yg mana. Tutup telinga aja sm omongan orang diluar sana kalo mau beli mobil, yg penting kita yakin , enjoy, dan siap dengan segala resikonya atas pilihan dan keputusan yg kita ambil. Tiap mobil punya kelebihan dan kekurangannya masing2 , tinggal apakah kelebihan dan kekurangan mobil tersebut cocok atau tidak dengan kebutuhan kita. Kalo memang cocok ya silahkan dibeli, kalo ga cocok ya gausah dibeli.Wkwkwk . Yg penting kita yakin dan enjoy aja sm pilihan kita . Itu aja sih kalo dari saya, semoga bermanfaat