Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Kl utk mobil2 yg ud ber oil squirt (aku benci pikiranku) jet d bawah piston, itu kan mo piston naek atau turun, ud otomatis d semprot trus tu oli.. berarti mustinya tiap saat aman donk dinding silinder ?
oil squirter (halah) itu gunanya utk pendingin piston (n heat transfer jd dinginin ruang bakar) mbah. ya mendingan krn oli kena ciprat terus tp pas piston ke BDC kan upper portion cylinder wall nya tetep ga ada oli kecuali film.
nah ane baca dimana lupa, ternyata yg low tension oil ring itu ada efek bagusnya juga, ada oil mist yg naik ke ruang bakar utk melumasi, meski akhirnya ikut kebakar dan disitulah oli keraton vs budget perbedaannya. yg keraton pas terbakar jauh lbh sedikit meninggalkan residu krn kadar impuritiesnya lbh baik. yg budget ya ..... ninggalin build up.
Kl utk mobil2 yg ud ber oil squirt (aku benci pikiranku) jet d bawah piston, itu kan mo piston naek atau turun, ud otomatis d semprot trus tu oli.. berarti mustinya tiap saat aman donk dinding silinder ?
oil squirter (halah) itu gunanya utk pendingin piston (n heat transfer jd dinginin ruang bakar) mbah. ya mendingan krn oli kena ciprat terus tp pas piston ke BDC kan upper portion cylinder wall nya tetep ga ada oli kecuali film.
nah ane baca dimana lupa, ternyata yg low tension oil ring itu ada efek bagusnya juga, ada oil mist yg naik ke ruang bakar utk melumasi, meski akhirnya ikut kebakar dan disitulah oli keraton vs budget perbedaannya. yg keraton pas terbakar jauh lbh sedikit meninggalkan residu krn kadar impuritiesnya lbh baik. yg budget ya ..... ninggalin build up.
ini saya jg perna baca mbah
kl ga sala di forum kemri nya mamarika yah, atau rav4... lupa saya
tp infonya bener mbah kaya gt, jd emang itu tujuan toyota ngasi low tension ring buat enjin2 aluminium nya mreka
dan satu lagi, low tension ring jg biar cepet ntuh ring "seal up" the liner pas winter beku
cuman bener kata mbah, low tension ring haram bersentuhan ama oli macam DGO, skali nya kena sludge, bubye tu liner kaya kena amplas
Dodi778 wrote: Sat Jun 12, 2021 12:50
Penasaran kalo oli pesawat dipake flushing bagus gak ya, secara olinya encerr dan sudah pasti kualitasnya gak main²..
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
nih bukti ane orgnya terbuka atas segala hal. baru sampe yg kemaren dibeli. it's 0w20 utk iseng nyoba.
sengaja ane beli, pengen tau kaya apa. coba test di jari tangan diputer2 aja udah ketauan. 0w20 licin awalnya abis itu lama2 berkurang oil filmnya, terasa panas n makin keset jari, fingerprint bisa teraba teksturnya.
ane bandingin sm 5w30 yg lbh lama oil film stay di tangan, bahkan ada terus filmnya ga berasa licinnya berkurang atau hilang. jari ga panas dan tekstur fingerprint ga teraba.
ane test sampai 2x utk spy jangan sampai ane bias dan salah narik kesimpulan.
IMG_20210612_142336~2.jpg
IMG_20210612_142421.jpg
IMG_20210612_143132~2.jpg
test pake jari tangan diketawain? ga valid? jangan salah, banyak hal yg pake jari tangan sbg ultimate sensory method.
kesimpulan ane: ga akan ane masukin ke GK. tp drpd ga dipake bakal ane cocktail sm 5w30 yg msh ada 4 botol lagi.
nah skrg ..... om mau nyoba ngga ams ss 5w30 sbg perbandingan? kl belum pernah menurut ane malah selama ini you've been missing the best of amsoil.
Om, kira2 klo campur AMSOIL diesel SS 5w30 ama yg turbo truck 5w40 gimana 1:1?
Sy kmrn baru beli 4 buah 5w30, eh harga naek..
Omnibus wrote:
nih bukti ane orgnya terbuka atas segala hal. baru sampe yg kemaren dibeli. it's 0w20 utk iseng nyoba.
sengaja ane beli, pengen tau kaya apa. coba test di jari tangan diputer2 aja udah ketauan. 0w20 licin awalnya abis itu lama2 berkurang oil filmnya, terasa panas n makin keset jari, fingerprint bisa teraba teksturnya.
ane bandingin sm 5w30 yg lbh lama oil film stay di tangan, bahkan ada terus filmnya ga berasa licinnya berkurang atau hilang. jari ga panas dan tekstur fingerprint ga teraba.
ane test sampai 2x utk spy jangan sampai ane bias dan salah narik kesimpulan.
IMG_20210612_142336~2.jpg
IMG_20210612_142421.jpg
IMG_20210612_143132~2.jpg
test pake jari tangan diketawain? ga valid? jangan salah, banyak hal yg pake jari tangan sbg ultimate sensory method.
kesimpulan ane: ga akan ane masukin ke GK. tp drpd ga dipake bakal ane cocktail sm 5w30 yg msh ada 4 botol lagi.
nah skrg ..... om mau nyoba ngga ams ss 5w30 sbg perbandingan? kl belum pernah menurut ane malah selama ini you've been missing the best of amsoil.
Dah naik banyak mbah harganya... balek kanan ke M1 or Q8 0W-20 lagi kek nya taon depan [emoji16]
Ya kita mah pake mobil gak sedetail kaya mbah yg DIY segala sesuatunya. Kl ane sedetail itu mungkin ane sdh jadi DIYers jg kaya si mbah.
Ane pake mobil itu demennya, di injek pedal gasnya dikit sdh ngacir mobilnya mbah, mirip2 lah ama mbah marmut alias eco style aja,
Jarang ngebejek2 gas kecuali lg overtake atau lg pengen buru2... itupun sebentar2 aja krn bukan bawaan orok kaki bengis kaya om kompre or om kelep sih.
Anyway thank you utk insight nya mbah... senang kita bs saling kasih masukan ttg perlendiran ini, yah buat yg sgt kritis ama mobilnya sih better sesuai ama bukman aja
Tp buat yg suka icip2 kaya ane yah memang suka pindah2 haluan, lagian mesin mobil benda mati jg, rusak yah kt benerin, gak rusak yah pake aja terus.
Kl kakinya bengis kaya om kelep & mobilnya jd AKAP yah better di 5W-30 sih kalo ane, lebih safety aja rasanya, lagian kaki bengis mah kayanya sdh sulit bedain antara 0W-20 dgn 5W-30 wong pedal to kampret terus, torsi sdh di puncak terus... cmiiw.
Padahal 0W-20 itu enaknya pas lg stop & go & bawanya santuy2 aja mobilnya mbah, ada sensasi effortless gitu... bonus konsumsi bbm jd lebih irit, bukan buat racing2an... ini kl buat ane yah.
klo sy pindah dr w30 ke w20 karena waktu itu pas nyoba
TQ9000 0w20 vs 5w30.
padahal 1 kelas, 1 tipe dan 1 brand, hny beda visco.
tapi ketika pk w30 cold start lbh kasar, dan rentan gelitik halus.
pas pakai w20 beneran marginally effortless, tapi minim gelitik dan cold startnya lbh alus loh.
di rpm 4 rb an juga fine fine aja suara mesin nya. gak lbh kasar atau gmn.
tak hajar sampai 6rb Km jg relatif msh enak.
dan lagii ini liomobi dilimit cmn sampai 145 km/h
saya mikirnya gejala gelitik ini justru agak lbh bahaya.
ya itu persepsi saya aja.
sejak saat itu tak lanjut pakai w20 dr q8 jadul API SN, sampai generasi 2 yg baru SN plus plus plus GM dex1 gen 2
klo lg ekonomi sulit, Tq9000 0w20 in my list
Hasil feel tes si PTT 0W20 SUPER SYN API SP dgn neng IPAH reborn 1TR dual VVTI JKRT SBY PP sejak gantol hingga pemakaian 800km mesin terdengan tek tek sesaat awal cold start. Stelah itu diajak jalan JKRT SBY PP hingga 2700Km mesin trasa halus. Kec konstan 130-140 kpj slalu stay di RPM 3-4K. Di MID konsumsi pertamax turbo dpt 10-11km/L. Kadang diajak bejek saat overtake dgn power mode mesin msh trasa halus. Dgn 7 orng dewasa plus barang dibagasi. Memang mesin 1TR IPAH REBORN agak kedodoran dgn bobot lebih berat +/- 300kg dr generasi sblmnya. Jd ya dinikmati saja dgn sgala kekurangannya pd Mesin 1TR IPAH REBORN. bedal hal kl dgn mesin 2GD nya
Or4cle wrote: Sat Jun 12, 2021 4:23
Selain forced induction, oli encer adlh response pabrikan terhadap CAFE Standards yg semakin ketat. Pabrikan sih ikut aja, wong yakin engine mereka bisa bertahan at least sampai akhir masa garansi. Lewat dari masa garansi yaaa bukan urusan mereka
Untuk kekentalan oli 5W30 sdh proven tidak bermasalah, tapi untuk dibawah 5W30 masih on going, msh belum banyak buktinya .... Mbah Omni kyknya ambil aman, kalau 05W30 perfomancenya bagus knpa pakai oli lebih encer (walaupun manual book bisa pakai 0W20, 5W20).
Untuk lebih jelas alasan pastinya : mbah plof, waktu dan tempat saya persilahkan ... (geser mix)
sdh sy jawab, kali ini sy apa adanya. there i said it, plain wrong n ignorant kl mikir oli encer yg notabene mentang2 bikin mesin tambah enteng trus dipake untuk geber2an apalagi suhu ambient negara tropis cukup tinggi.
coba aja bantah fakta, kenapa di eropa yg ketat standard emisinya tp oli2 mesin sana pada punya HTHS 3.5.
kenapa mrk ga pakai itu 0w20 dgn HTHS 2.6 spt amsoil 0w20 sbg standard european vehicle oil mereka. krn mrk tau autobahn itu (dan highway lainnya antar negara) ga bisa pake oli encer. there simply isn't enough protection.
Om kalo boleh tau kategori high rpm/geber itu di rpm berapa ya?
Penasaran secara kalo di avanza manual kecepatan 100 km/jam aja udh 3 ribuan, rpm 4ribu baru 110.
Ambil contoh mau trip via transjawa kalo kecepatan rata 100-120 udh bisa dibilng high rpm kah atau masih mid rpm?
Or4cle wrote: Fri Jun 11, 2021 1:46
Oli genuine (asli) merk apapun asal bukan oplosan kalau dipakai 5000 Kmdibuang bakalan awet - awet aja
Itu standar dari pabrikan untuk oli pasaran dgn kandungan campuran mineral, kalau full sintentik teorinya bisa 10.000 Km (lebih)
Gak usah pusing-pusing, ono rego ono rupo, sesuaikan aja dgn isi kantong
Full syn dimana om? Indo? Amrik? Jepang?
Full syn mutlak bisa 10rb km dari mana ya? Landasan teorinya apa saja?
selain itu, pilihannya Q8 formula dex1 gen2 175-180rb seliter
or mobil 1 Extended Perf 205rb seliter (pao nya sadess up to 70%)
wkwkwkkwkww..
Q8 ane liat V100 nya kentel2 mbah buat oli buntut 30....
ini lg coba lirik liqui moly special tec dulu, mayan API SN+ nya V100 di 10,4.. nanti kalo update jd API SP malah makin encer lagi jadi 10,0 pas... hahahaha , TBN awal jg 9,0 okelah, kalo liat2 di BITOG yg molygen juga seru nih, zinc nya masih diatas 1000 ppm...
selisih harganya udh lumayan worth kalo oli2 keraton pada naek... toh selain mobil perang jarang ane push ampe 10rb km... 7rb km / 6 bulan jg udh risih sendiri wkwkwkkw
rendr wrote: Thu Jun 10, 2021 23:46
Q8 ane liat V100 nya kentel2 mbah buat oli buntut 30....
ini lg coba lirik liqui moly special tec dulu, mayan API SN+ nya V100 di 10,4.. nanti kalo update jd API SP malah makin encer lagi jadi 10,0 pas... hahahaha , TBN awal jg 9,0 okelah, kalo liat2 di BITOG yg molygen juga seru nih, zinc nya masih diatas 1000 ppm...
selisih harganya udh lumayan worth kalo oli2 keraton pada naek... toh selain mobil perang jarang ane push ampe 10rb km... 7rb km / 6 bulan jg udh risih sendiri wkwkwkkw
kuwait 5w30 brp angka v100 nya mbah?
bandingin hths nya juga lah mbah
amsowell 5w30 v100: 10.2; hths: 3.11
Si D1 sama special G itu diatas 11 mbah... Si D1 12 apa ya malah...
Liqui moly 5w30 special tec HTHS di 2.9 aja mbah...
Btw ini trit ngacir juga ya... Jeda bbrp hari udh lewat bbrp page
Or4cle wrote: Sat Jun 12, 2021 4:23
Selain forced induction, oli encer adlh response pabrikan terhadap CAFE Standards yg semakin ketat. Pabrikan sih ikut aja, wong yakin engine mereka bisa bertahan at least sampai akhir masa garansi. Lewat dari masa garansi yaaa bukan urusan mereka
Untuk kekentalan oli 5W30 sdh proven tidak bermasalah, tapi untuk dibawah 5W30 masih on going, msh belum banyak buktinya .... Mbah Omni kyknya ambil aman, kalau 05W30 perfomancenya bagus knpa pakai oli lebih encer (walaupun manual book bisa pakai 0W20, 5W20).
Untuk lebih jelas alasan pastinya : mbah plof, waktu dan tempat saya persilahkan ... (geser mix)
sdh sy jawab, kali ini sy apa adanya. there i said it, plain wrong n ignorant kl mikir oli encer yg notabene mentang2 bikin mesin tambah enteng trus dipake untuk geber2an apalagi suhu ambient negara tropis cukup tinggi.
coba aja bantah fakta, kenapa di eropa yg ketat standard emisinya tp oli2 mesin sana pada punya HTHS 3.5.
kenapa mrk ga pakai itu 0w20 dgn HTHS 2.6 spt amsoil 0w20 sbg standard european vehicle oil mereka. krn mrk tau autobahn itu (dan highway lainnya antar negara) ga bisa pake oli encer. there simply isn't enough protection.
Om kalo boleh tau kategori high rpm/geber itu di rpm berapa ya?
Penasaran secara kalo di avanza manual kecepatan 100 km/jam aja udh 3 ribuan, rpm 4ribu baru 110.
Ambil contoh mau trip via transjawa kalo kecepatan rata 100-120 udh bisa dibilng high rpm kah atau masih mid rpm?
utk mesin bensin di atas 4000 rpm itu kategori high rpm. utk diesel di atas 3000 rpm.
jalan cepat di tol diatas 120 kph ga peduli rpm berapa juga termasuk high temp condition. krn power proportional dgn speed, dan makin tinggi power artinya makin panas.
coba kita sama2 tarik ilmu dr video dibawah ini. di mobil yg dibahas di video tsb normalnya atf suhunya 75-95°C. begitu di tol lari diatas 125 kph suhu atf naik ke 113°C.
yg terjadi di oli mesin kurleb sama apalagi power terjadinya di mesin.
rendr wrote: Sun Jun 13, 2021 3:34
Si D1 sama special G itu diatas 11 mbah... Si D1 12 apa ya malah...
Liqui moly 5w30 special tec HTHS di 2.9 aja mbah...
Btw ini trit ngacir juga ya... Jeda bbrp hari udh lewat bbrp page
naini mbah, om surya mungkin perlu nyoba oli nganu yg sy pake. soalnya Q8 5w30 kan v100 nya 11 cSt bahkan 12 cSt. sedangkan ams ss 5w30 nya 10.2 cSt. makanya sy bilang ga berat tp om surya bilang 5w30 berat krn Q8 aja segitu cSt nya apalagi TQ9000 yg om surya pake kali ya.
tret ngacir? ya itu sy diiket ke pohon n kaki sy diklitikin mbah, diojok2 suruh ganti ke sae 0w20 dr 5w30. ane kan cuma defensip.
Omnibus wrote:
sdh sy jawab, kali ini sy apa adanya. there i said it, plain wrong n ignorant kl mikir oli encer yg notabene mentang2 bikin mesin tambah enteng trus dipake untuk geber2an apalagi suhu ambient negara tropis cukup tinggi.
coba aja bantah fakta, kenapa di eropa yg ketat standard emisinya tp oli2 mesin sana pada punya HTHS 3.5.
kenapa mrk ga pakai itu 0w20 dgn HTHS 2.6 spt amsoil 0w20 sbg standard european vehicle oil mereka. krn mrk tau autobahn itu (dan highway lainnya antar negara) ga bisa pake oli encer. there simply isn't enough protection.
Om kalo boleh tau kategori high rpm/geber itu di rpm berapa ya?
Penasaran secara kalo di avanza manual kecepatan 100 km/jam aja udh 3 ribuan, rpm 4ribu baru 110.
Ambil contoh mau trip via transjawa kalo kecepatan rata 100-120 udh bisa dibilng high rpm kah atau masih mid rpm?
utk mesin bensin di atas 4000 rpm itu kategori high rpm. utk diesel di atas 3000 rpm.
jalan cepat di tol diatas 120 kph ga peduli rpm berapa juga termasuk high temp condition. krn power proportional dgn speed, dan makin tinggi power artinya makin panas.
coba kita sama2 tarik ilmu dr video dibawah ini. di mobil yg dibahas di video tsb normalnya atf suhunya 75-95°C. begitu di tol lari diatas 125 kph suhu atf naik ke 113°C.
yg terjadi di oli mesin kurleb sama apalagi power terjadinya di mesin.
rendr wrote: Sun Jun 13, 2021 3:34
Si D1 sama special G itu diatas 11 mbah... Si D1 12 apa ya malah...
Liqui moly 5w30 special tec HTHS di 2.9 aja mbah...
Btw ini trit ngacir juga ya... Jeda bbrp hari udh lewat bbrp page
naini mbah, om surya mungkin perlu nyoba oli nganu yg sy pake. soalnya Q8 5w30 kan v100 nya 11 cSt bahkan 12 cSt. sedangkan ams ss 5w30 nya 10.2 cSt. makanya sy bilang ga berat tp om surya bilang 5w30 berat krn Q8 aja segitu cSt nya apalagi TQ9000 yg om surya pake kali ya.
tret ngacir? ya itu sy diiket ke pohon n kaki sy diklitikin mbah, diojok2 suruh ganti ke sae 0w20 dr 5w30. ane kan cuma defensip.
coba kita sama2 tarik ilmu dr video dibawah ini. di mobil yg dibahas di video tsb normalnya atf suhunya 75-95°C. begitu di tol lari diatas 125 kph suhu atf naik ke 113°C.
yg terjadi di oli mesin kurleb sama apalagi power terjadinya di mesin.
skip ke menit 16:40
PANTESAN !!!
waktu pake 1KR-GTE lari d transjawabahn itu transmisi nya ga enak banget
Kl abis lari 100 gt, trus pelanin, nah pas mo nge gas lg, lgs berasa banget lemotnya, kadang kecepetan masuk gigi 4 nya, padahal rpm masi dbawah 2000.. ehh pas pelanin ampe kira2 30-40 kph trus d bejeg lg, malah meraung2 mesin kaya selip kopling gt
Padahal kl nyetir dalkot, lari 30-40 kph itu sweet spot nya si 1KR-GTE ini
coba kita sama2 tarik ilmu dr video dibawah ini. di mobil yg dibahas di video tsb normalnya atf suhunya 75-95°C. begitu di tol lari diatas 125 kph suhu atf naik ke 113°C.
yg terjadi di oli mesin kurleb sama apalagi power terjadinya di mesin.
skip ke menit 16:40
PANTESAN !!!
waktu pake 1KR-GTE lari d transjawabahn itu transmisi nya ga enak banget
Kl abis lari 100 gt, trus pelanin, nah pas mo nge gas lg, lgs berasa banget lemotnya, kadang kecepetan masuk gigi 4 nya, padahal rpm masi dbawah 2000.. ehh pas pelanin ampe kira2 30-40 kph trus d bejeg lg, malah meraung2 mesin kaya selip kopling gt
Padahal kl nyetir dalkot, lari 30-40 kph itu sweet spot nya si 1KR-GTE ini
transjawabahn kl siang2 itu emang cocok jd tempat test kekuatan mobil wkwkwkwk. kira2 banyak ga ya yg mobilnya trouble abis geber2an disitu siang2. apalagi dizel korekan yg ownernya ga nyadar pas geber gitu EGT terbang jauh lbh panas dr oven cookies.
(oven cookies 250°C vs berrima diesel kl ngorek patokan egt 550°C peak di downpipe. ngorek sopan itu, bukan ngorek gila2an.)
coba kita sama2 tarik ilmu dr video dibawah ini. di mobil yg dibahas di video tsb normalnya atf suhunya 75-95°C. begitu di tol lari diatas 125 kph suhu atf naik ke 113°C.
yg terjadi di oli mesin kurleb sama apalagi power terjadinya di mesin.
skip ke menit 16:40
PANTESAN !!!
waktu pake 1KR-GTE lari d transjawabahn itu transmisi nya ga enak banget
Kl abis lari 100 gt, trus pelanin, nah pas mo nge gas lg, lgs berasa banget lemotnya, kadang kecepetan masuk gigi 4 nya, padahal rpm masi dbawah 2000.. ehh pas pelanin ampe kira2 30-40 kph trus d bejeg lg, malah meraung2 mesin kaya selip kopling gt
Padahal kl nyetir dalkot, lari 30-40 kph itu sweet spot nya si 1KR-GTE ini
transjawabahn kl siang2 itu emang cocok jd tempat test kekuatan mobil wkwkwkwk. kira2 banyak ga ya yg mobilnya trouble abis geber2an disitu siang2. apalagi dizel korekan yg ownernya ga nyadar pas geber gitu EGT terbang jauh lbh panas dr oven cookies.
(oven cookies 250°C vs berrima diesel kl ngorek patokan egt 550°C peak di downpipe. ngorek sopan itu, bukan ngorek gila2an.)