
Background story: ini mobil pertama yang gw beli sndiri, tapi sebelom nya pake harian mobil ortu (toyota voxy, anps pre fl 4d56). Kenapa pilih mobil ini?
1. Diskon ppnbm untuk mobil sampai dengan 2500 cc
2. Uda liat banyak review 2gd anki dan anf, rasanya cukup reliable dan practical di Indo, apalagi kalo tiap kali liat postnya om Kompresorz majang anki nya, jadi makin ngiler
3. Free part dan jasa service sampe dengan 4 tahun / 50rebu km
4. Sebelomnya uda perna pake anps pre fl 4d56, dan ngerasain betapa enaknya pake solar dan mobil ladder frame di Jakarta (gatau kenapa pake voxy tiap lewatin jalan rusak bikin ngilu), dan selama pake voxy kok rasanya boros bbm padahal ga gimana lewatin jalan macet, dan ini uda isi full pertamax
5. Mobil mau dipake jangka panjang, ga mikir untuk dijual dalam 5-7 tahun kedepan, bakal jadi mobil perang harian untuk ngelibas jalanan jakarta, jadi perlu yang reliable dan murah untuk biaya operasional dan pemeliharaannya.
Gw spk mobil ini pas bulan april 2021, dan dibilang salesnya kemungkinan dapet anf fl vrz di mei/juni 2021. Kalo untuk yang varian TRD minimal agustus/sept 2021.
Ternyata bener dapet di juni 2021, tapi sebenernya ini mobil orang yang uda inden pas maret, tapi kata salesnya, orangnya belom siap lunasin (dikasih liat chatnya di grup para sales) dan dia buru buru masukin antrian gw karna siap lunasin. Ya hoki sih sebenernya, sebel juga kalo mau beli mobil tapi ga dapet dapet wkwkwk. Awalnya sempet ditawarin warna brown dan silver, yang brown bisa dapet di april 2021 juga tapi gw gasuka banget sama warnanya. Pas ditawarin silver sbnernya oke juga, tapi ternyata emng jodohnya sama yang hitam.
Oke langsung masuk ke reviewnya aja (baru dibawa sndiri skitar 20km muter muter komplek, kebetulan komplek ane lumayan gede)
1. Exterior Secara overall, menurut gw tampilan anf facelift vrz ini bagus, cukup banyak perubahan positif dari sebelom facelift. Menurut gw design lampu depan belakang lebih bagus, grill lebih bagus, bumper depan lebih bagus. Kalo untuk velg sih masalah selera, yang dulu oke yang ini juga oke, tapi masih lebih suka velgnya anps dakar pre fl. Jujur untuk exterior lebih suka yang varian TRD hitam dibanding, tapi apa daya antriannya uda sampe agustus/sept (waktu itu pesen bulan april), ntar kalo uda gadapet diskon ppnbm uda males beli. Kalo vrz hitam ini gw kasih 8/10, untuk varian TRD hitam nya 9/10
2. Interior (Error pas upload, nanti ditambahin)
Menurut gw interiornya cukup mewah, uda full black dashboard, pintu, dan joknya skrg (sebelomnya coklat). Buat gw yang tinggi 181, duduk di baris kedua belakang driver masih lega banget. Jujur untuk posisi duduk buat orang tinggi jauh lebih enak ini daripada anps pre fl. Designnya juga jauh lebih mewah. Sayangnya ini belom full tft speedo dan electric park brake.
Untuk lampu kabinnya terang banget, baris pertama dan kedua warna putih, anehnya di baris ketiga/bagasi lampunya kuning sendiri. Astaga tam masa gituan aja disunat, padahal kalo smua putih jauh lebih keren.
Untuk jok kulitnya, terasa kurang bagus, masih jauh lebih mulus dan premium punya voxy, setirnya anf fl ini juga kurang premium kulitnya (kyk pake stitching palsu, terus kulitnya kulit kulitan kasar, jauh banget sama kulit di setir voxy) tapi plusnya ini stir lengkap fiturnya, keren designnya dan ada paddle shift juga.
Audio bawaan ini mobil biasa aja, engga jelek tapi engga bagus juga. Rasanya high nya kurang crisp dan clear, midnya kurang bulet dan lownya rada sember. Tapi mungkin karna kabinnya cukup kedap (lebih kedap dari voxy dan anps gw ngerasanya), lumayan ngebantu buat perbaikin kualitas suaranya.
Head unitnya cukup gede (9inch), lumayan responsive sama jari, ada nfc dan pengingat ganjil genap. Tapi sayangnya belom support apple car play kykny, harus pake miracast buat mirroring layar. Rear seat entertainment nya jg mayan gede layarnya, tapi belom coba ngeliat.
Oh iya sekarang jok penumpang juga uda elektrik
3. Driving experience
Pertama kali masuk kabin dan bawa, kaget banget suara mesin dieselnya bener bener ga berasa, alus banget. Dulu pake anps 4d56 suara mesinnya masuk bgt kedalem kabin.
Pas dateng ni mobil uda diisiin solar sekitar 20-25 liter, gatau solbus atau dexlite/dex, tapi kaga kasar sama skali seandainya ini solbus (secara rada ga mungkin showroom mau isiin dex untuk kirim mobil doang)
Untuk setirnya emang uda notorious rada berat kykny, tapi pas berenti aja. Kalo pas jalan, ga berasa berat sama skali. Jgn dibandingin sama stir voxy yang diem aja enteng bgt wkwkwk.
Sempet ngegas ni mobil sampe 90km/h (di komplek gw ada jalan cukup panjang, gede dan mulus, jadi bisa rada geber), tarikannya luar biasa enak di low rpmnya (semua masih standar, mode normal). Rasanya untuk dapet 100km/h buat mobil segede gini gampang gampang aja.
Untuk suspensinya, berasa rada keras dibanding anps pre fl, tapi ini menurut gw justru mantep handlingnya kalo buat dibawa di jalan tol. Kalo menurut para suhu SM sih, shock blkg kudu diganti, tapi menurut gw ini pantatnya nurut nurut aja pas dibawa 90km/h jalanan rada meliuk (tapi ga extreme). Mungkin karna emng gw dari dulu bawa mobil anteng dan emng males ngebut hahaha, jadi ga gimana bisa bedain juga.
mungkin juga karna ni mobil uda dilengkapin sama vsc dan kawan kawannya, jadinya ga gimana berasa limbung
Lewatin jalan lobang, beh jauh deh dibanding sama monokok suv atau roti tawar, ini jauh lebih stabil dan enak, ga ngilu sama skali takut kaki kakinya kenapa napa hahaha.
4. Owning experience
Belom bisa ngmng banyak karna baru aja hari ini mobilnya dateng. Rasanya reliability toyota cukup oke untuk jangka panjang, ga rewel diisi solbus + racun, dan skrg dapet free part 4 tahun pula. Nanti bakal diupdate lagi kalo uda lebih lama punya ni mobil
Ah ada 2 hal yang bikin keki, ini mobil setirnya miring, kykny kudu komplain ke auto2000 untuk minta di spooringin (padahal pas dateng kmnya baru 47an) normal ga sih buat mobil baru eh stirnya uda miring? Dan yang kedu, kalo baru masuk ke D, lepas rem mobilnya ngejedug kedepan
Sekian review singkat saya, semoga bermanfaat buat teman teman semua. Mohon maaf kalo ada salah kata.