Secara tahun sangat jauh downgradenya, mobil sebelumnya tahun 2016, ini malah 9 tahun lebih tua, dilihat dari sisi akuntan pun pasti ora mashook... konsumsi BBM pasti jauh lebih meningkat (998cc vs 2400cc), pajak lebih tinggi... tapi semua itu bagi saya wajar dan memang adalah harga yang harus keluarga kami bayar untuk menikmati kenyamanannya.
Riset paling utama tentu saja di forum tercinta : serayamotor
Hunting dimana lagi kalau bukan aplikasi tercinta yang depannya "O". Nemu beberapa iklan pas mepet mau lebaran bulan lalu, eh kok sudah pada BOOKED semua...
tadinya mau angkut tahun yang lebih tua dan type dengan kubikasi mesin lebih besar (3.0 type V 2004-2005) kok rada ngeri sama perawatan sama biaya restorasi yang mungkin timbul akan di luar budget, walau secara tenaga pasti menggoda kalau dipakai di transjawabahn...
Dan Alphard ini juga sebuah pelarian karena tadinya mau angkut Camry 3.5Q tapi ijinnya tidak turun dari polda.
Makanya saya kasih judul : The Compromise JDM Van
Akhirnya di suatu hari minggu, kami memberanikan diri ke sebuah pusat jual beli mobil di kawasan Ancol. lihat2 unitnya kok tempting... shipped from Japan Dec.2007, registered in 2008, 1st hand owned with Astra Sunter service record...
dan...surprisingly, pajak hanya...
3,5jt... WHAT?
saya sudah survey kemana2 pajak Alphard ini paling murah 4-6jutaan, nah ini kok ajaib? mana pajak udah panjang lagi sampai Maret 2022...
selidik punya selidik, plat no.yg sekarang menempel dulunya adalah plat.no sebuah kijang 2001, pemiliknya sayang sekali sama no.nya sampai dipindah ke Alphard, semoga ini bukan salah input pajak kijang nempel ke Alphard...

interior masih tactile, belum di bungkus2, mesin baru bisa coba seputaran parkiran aja tapi saya lihat ga ada rembes.
Enjin mounting tampak baru, which is good, original wiper fluid tank cap tidak ada, diganti pakai tutup kanebo dibaut

Minus ya pasti ada, kulit setir sudah mulai aus tapi ga sampai gompal gompal parah gitu kaya kebanyakan unit lain. Interior asli kulit bawaan, yang surprisingly kulitnya "menua dengan baik". railing kursi belakang lapisan plastiknya ada pecah sedikit tapi gak mengurangi fungsi.
Dual moonroof hanya kotor saja, tidak bocor apalagi rembes, sliding door lancar, walau memang belum PBD.
spion sepertinya tidak ori karena ga ada seinnya, mungkin sudah diganti innova punya, spion tanduk juga tidak ori...
bumper depan belakang dan bodykit kanan passenger door side ada bekas repaint... yaaa jakarta gitu loh...mau mobil ga lecet mending disarungin aja di rumah ga usah dipake...

clocked 89k lebih 139km saya angkut ini mobil seminggu kemudian di angka sedikit di bawah 160jt.
kalau mau tanya asuransi apa masih ada yg mau cover, jawabannya ada... tinggal kitanya mau cari atau tidak... hehehe...
pas bawa pulang di tol, nikmat sekali nyupirnya... driving position ultra commanding dengan jok supir yang supportive. tarikan oke untuk mobil usia 14 tahun. Saya pakai bejek jalur kiri sepanjang jagorawi masih oke dan ga malu maluin tarikannya, dan somehow 4AT nya ngga bego bego amat, bisa ngasih experience perpindahan yang smooth kalau injek gas nya pake perasaan.
Bantingan suspensi jangan ditanya... anak saya bentar naek juga langsung tidur. Alamat jadi supir mandiri ga ada yg suapin makan...

Oh ya berhubung Alphard ini JDM, tiap pagi atau pertama kali dihidupin masih bisa sapa ownernya pakai bahasa Jepang ya, dia sebutin hari itu hari apa tanggal berapa bulan apa...
head unitnya memang jadul tapi fungsinya canggih untuk tahun segitu. Kamera 180 degree prism mirror reflected nya juga cukup membantu memantau bumper depan mentok apa gak kalau mau parkir. Kamera belakang dengan guided line masih sangat akurat. Kalau mau setel youtube di head unit saya pakai kabel lightning ke hdmi, lalu pake converter hdmi to av, setel youtube anak langsung anteng, dari HU tampilan mirroring ke TV belakang juga dan fitur kamera tetap aktif di kecepatan rendah atau pas mau parkir.
Dari mobil sebelumnya (Karimun AGS) lalu bawa mobil segede ini apa ga kagok? surprisingly, no... bodynya yang lempeng lurus malah bikin gampang banget ngira2. kalau ada blindspot tinggal nyalain camera aja yg bisa setiap saat diakses dari tombol di steering. Kalau pengalaman setir saya paling gede memang cuma Xtrail sama Serena aja.
kurang lebih 5 hari setelahnya saya bawa ke Astra Cilandak karena memang yang paling deket rumah, langsung GCU dinyatakan semua oke... bayar deh 277rb (seinget saya)
tindakan preventif as usual kalau abis angkut mobil seken, kuras semua cairan. Lagi ga ada waktu buat ke bengkel alternatif, ya udah saya minta kerjain disitu sekalian. Kuras/flushing oli matic (pakai T-IV) habis 9lt. Ganti Oli (iya saya tahu oli TMO 5w30 itu kemahalan

Saya ga bakal ke bengkel situ lagi bukan karena alasan mahal.
Cuma menurut review google dan saya pribadi, kerjanya kurang rapi, abis kerja karpet depan ada bekas oli...dan hasil GCU tidak sesuai.
Hasil cek semua overall dinyatakan OK, padahal saya cross check ke bengkel Andalan di Cinere, bushing arm besar kanan kiri serta boot as roda dalam kiri perlu ganti, tidak lupa juga gemuk/grease pastinya...

di Andalan saya service bersihkan rem which is pengerjaannya sangat detail, masih bunyi pun dibongkar lagi sampai bunyi bener2 ilang, dan lagi lagi hasil analisa Astra sebelumnya pun yang mengatakan perlu bubut piringan rem tidak terbukti disini...
paket kuras minyak rem serta bersihin semua rem dan setel parking brake habis 420k. semua brake pads dinyatakan masih tebal, hanya parking brake pad saja yang sudah tipis.
setelah merasa cukup yakin dengan kondisi yang laik jalan, langsung tes wajib setiap ganti mobil : bawa ke Taman Safari Bogor.
kondisi berangkat crawling dari rest area ciawi sampai atas, turun ya sama aja crawling... 12 jam nyetir pp Lb.Bulus - TSI - Lb.Bulus dengan AC mayoritas nyala terus, kondisi stop & go parah, nanjak, di tol pun macet, konsumsi bahan bakar masih bisa 1:6,6/Lt metode full to full. dengan bahan bakar pertamax.
Image sopir bawa Alphard? for me no issue, pake aja rante kapal kaya om kompre ama celana pendek sama kemeja hawaii.. selesai masalah.
Satpam komplek juga jadi rajin sebrangin jalan, dan "minta jalan" sama pengguna jalan lain cenderung lebih mudah... masukin dikit aja moncongnya, motor2 dari sebrang rata2 kasih jalan, beda ama Karimun yang di klaksonin melulu...
Yang perlu digarisbawahi dari Alphard type ini adalah adanya body kit, yang walaupun dia dengan wheel bawaan 17" dan profil ban asli di 255, bikin dia cukup rawan gesrot kalau ketemu poldur yang keterlaluan desainnya. Saya udah sekali gesrot di SD Cilandak Barat 04 waktu jadwal vaksin kemaren, mau parkir situ, masuknya bisa, eh keluarnya gesrot...

untuk long term sepertinya mobil ini masih akan saya pakai 4 tahun ke depan...
untuk foto2 saya usahakan menyusul...
thank you untuk kesempatan saya bisa me review kecil2an mobil Alphard classic ini (kalau kata oom NR)