Profith83 wrote: Mon Jun 07, 2021 15:00
Omnibus wrote: Mon Jun 07, 2021 10:46
waduh saya biasanya pakai PTT 10w30 diesel.
Mau naik tingkat, ini barusan beli Amsoil Turbo Truck(bukan SS) 5w40, karena ada 2GD manual punya teman ada yang pakai ini, pakai 1 thn 5rb KM olinya masih bening
ada 3 PDF DataSheet 5w40 TurboTruck, dan comparison TurboTruck dan SS sekalian.
Gak ngerti saya bacanya.
Untuk 2GD diesel AT thn 2017 apakah bisa/cocok pakai 5w40 TurboTruck?
Kenapa saya buntut 40 soalnya selama ini pakai buntut 30(Q8 5w30, Kendall 10w30, PTT 10w30) selalu olienya terbakar banyak, 8 bulan bisa 400 sd 500 ml
Saya pakai OCT buang luar, tutup EGR, CC di plong pakai DP ORI Toyota.
Waktu check di stick check olie mesin keluar uap banyak kalau mesin panas.
Saya ingin test apakah dengan 5w40 terbakar olienya dikit, karena Surabaya kan juga macet, jadi mesin panas banget
Thank you sebelumnya om
ngga apa2 ga usah kuatir, bisa dipake kok om.
cuma next time om beli tipe yg sama dgn sae 10w30 aja. krn yg jd concern om kan konsumsi oli, meskipun menurut sy normal 500ml per 8 bulan (jalan brp ribu? mungkin > 8000km), krn blowby gas yg lewat OCT cukup banyak, olinya menguap lewat situ.
buat cara baca kebutuhan om sy ksh tanda ijo di data di bawah,
Screenshot_20210607_230031_com.google.android.apps.docs~3.jpg
lihat data noack utk baca penguapan oli. 10w30 nya amsoil cuma 4.5g sementara 5w40 dua kali lipatnya di 9.2g. artinya yg 10w30 lebih sedikit penguapannya.
*berdasarkan data amsoil, kesimpulannya adalah angka didepan w kl lebih kecil pasti penguapannya lbh tinggi, meskipun angka buntutnya lbh rendah sekalipun. contoh: 5w20 vs 0w40 lebih tinggi penguapan 0w40. (lihat noack di attached file g2880.pdf)
kemudian lihat viscositas (kekentalan) di 40°C, yg 10w30 juga lebih encer di 79.3 cSt (centi stoke) dibanding 90.2 cSt pada 5w40. artinya pas start pagi (25-30°C) yg 10w30 lebih mudah distartnya krn olinya lbh encer. efek lainnya aki jg jd lebih awet krn stroom yg diperlukan utk mutar mesin lbh sedikit.
kemudian lihat HTHS (high temp high shear) yg 10w30 di 3.6 cP (centi Poise) vs 4.2 cP utk 5w40. artinya dlm keadaan suhu kerja mesin dan ketika mesin lg digeber, hambatan si 5w40 lbh besar, efeknya tarikan lbh berat dan juga kons bbm lbh boros. patokan hths toyota utk oil spec 2gd di 2.9 cP krn dia mau ngejar fuel economy tp negatifnya oil filmnya relatif tipis, krg bagus kl pemakaiannya sering geber di tol. kl mau mengejar proteksi mesin hths nya di kurang lebih 3.5 cP.
kira2 begitu om.
btw cat conv diblong begitu ada bedanya ngga? lebih enteng tarikannya om? asep pedih ya?
g2880.pdf
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.