nicholasmun wrote: Mon Apr 26, 2021 2:57
Hai om2 cemuah..
Update lagi hasil Test Drive Venturer di Toyota Driving Experience, Sunter, hari Minggu 25 April 2021.
First Impression ke Toyota Driving Experience:
1. Very good place and very clean, termasuk toiletnya. Administrasi mudah (walaupun harus bawa surat pernyataan ttg Covid yg harus dittd). Waktu tunggu untuk Test Drive sangat cepat. Ruang tunggu juga nyaman (baik lt.1 dan lt.2). Overall puas bgt untuk pelayanannya.
2. Didampingi Technical Assistant saat Test Drive. Semua fitur mobil diulas oleh expert yg emang ngerti ttg mobilnya. Untung gak ngetes airbag jg.
3. Durasi waktu Test Drive tidak dibatas2in. Bisa explore secara full fitur dari mobilnya. Medan untuk Test juga beragam, walaupun downsidenya adalah gak bisa tes di jalanan yg ramai.
Hasil Test Drive dari Toyota Venturer Diesel AT, sekali lagi tanpa bermaksud mengecilkan om2 yg sudah punya Innova sebelumnya dan akan beli Innova di masa mendatang, ini murni apa yg ane rasain (dan tentunya semua punya rasa berkendara yg berbeda2 juga):
PRO:
1. Tarikan OK, gahar di putaran bawah. Udah sampe 100 lumayan lama jg naiknya. Mungkin karena ini masih standar, dan Driving Range gak memungkinkan untuk lebih dari 100.
2. Kekedapan kabin lumayan kedap. Tapi gak bisa jadi patokan karena ini Driving Range bukan jalanan macet yg orang klakson brutal.
3. Baris kedua lega banget. Banget.
4. Baris ketiga lega saat didudukin, lebih lega dari CRV for sure. Akses dari tengah ke baris ketiga gampang karena Captain Seat.
5. Ada Entertainment System di bawah untuk Baris kedua. Sebenernya gak jelas jg ini pro atau cons, karena ane gak educate anak untuk nonton di dalam mobil. For family trip, lihatlah jalanan dan obyek2 yg menarik di jalan, bukan nonton.
6. Majuin baris pertama penumpang gampang bgt tinggal tarik tuas.
7. Ngelipet jok baris kedua untuk akses ke baris ketiga gampang bgt.
8. Ac lumayan dingin. Terutama di jam 11 siang, Sunter, dg kaca film yg gak jelas karena ini mobil Test Drive.
9. Dashboard dan interior ok, looks quite plain. Kebantu sama lampu2 biru + aksen kayu di dashboard dan door trim.
10. Spion besar. Walaupun gak kebiasa adjust spion pake putaran radio gitu.
11. Rem - lumayan pakem lah, sama si Technical Assistant dipraktekin lagi ngebut di 90 tiba2 harus ngerem dadakan. VSA bekerja ban belakang gak selip dan rem gak kekunci.
CONS:
1. Setir berasa agak keras, maybe karena hidrolik bukan electric. Anehnya kok ane berasa setirnya lebih keras daripada Fortuner ya. Ato mungkin karena terakhir nyetir Fortuner 3 bulan lalu, jadi mungkin lupa rasanya.
2. Respons setir kurang berasa. Dibelokin kiri kanan extreme, ada jeda dulu baru belok. Mungkin ini yg orang bilang setirnya kurang responsif ya.
3. Limbung (terutama di belokan extreme), bahkan di baris kedua.
4. Sempet ngetes di jalan berbatu2 (semi Off Road), guncangan memang berasa banget. Ayunannya berasa lebih dari sekali. Posisi ane duduk di baris kedua.
5. Jok baris ketiga kalo gak dipake dicantelin ke samping. Kalo ikatannya kurang kuat mungkin (3-4 tahun lagi) akan bunyi2.
6. Mungkin faktor ane kurang tidur malamnya, cuma ane duduk di baris kedua dan ketiga berasa pusing.. Pas nyetir sih engga.
7. Duduk dalam posisi mesin idle, berasa getaran2 di baris kedua dan ketiga. Subtle sih, tapi berasa. Bagaimanapun ini mobil diesel, dan mungkin jg diisi pakai Solar busuk hahaha sehingga getaran masuk semua ke kabin.
8. Audio System - not OK at all. Sama2 OEM, audio systemnya CRV jauh lebih bagus.
9. Parking Camera - standar bgt. Terang sih terang, gak tau kalo malem.
FINAL VERDICT:
1. Dg mempertimbangkan berbagai hal dan sudut pandang bersama istri, mulai dari driving experience, build quality, kebutuhan ruang, kenyamanan penumpang dan lain2, termasuk juga faktor after sales service (yg kita sudah sama2 paham bahwa Auto2000 itu juara bgt urusan service dan bengkel, plus financing dari ACC atau TAF juga top notch - karena ane mo DP sekitar 340 juta sisanya leasing 3 tahun), maka akhirnya dg berat hati kami memutuskan untuk ambil Honda CRV Turbo Prestige Facelift 2021 saja.
2. Tanpa mengecilkan semua aspek Toyota Innova Venturer, it's still a very damn good car. But entah kenapa, it's just not for us.
3. Selisih Venturer dari V A/T Diesel buat kami berdua unjustified. Captain seat? Well we don't need it. Bodykit? Well okay, nice to have. Keinginan untuk pakai Venturer hanyalah Start n Stop Button aja (plus 7 airbag, tapi V jg skrg udah 7 airbag) dan Smart Lock. Menurut kami, Innova sangat worth it kalo ambil V AT Diesel. Sehingga Venturer menurut kami adalah V AT Diesel + small Steroid.
4. Brand Image, hmm gak terlalu peduli jg, tetangga2 ane jg mobilnya aneh2 dari Nissan Kick, Alphard, CX-9, sampe Lamborghini jg ada. Doesn't need to improve value lah di mata tetangga nobody care jg disini hahaha.
Lebih penting fakta bahwa 3-4 tahun lagi kemungkinan mobil ini akan dilungsurkan ke istri untuk nganter anak2 sekolah (semoga pandemi ini cepat berakhir) dan ane ambil mobil lain lagi. Sehingga penting bgt kenyamanan nyetir istri. Kita gak bisa maksa istri kita untuk menyukai mobil yg kita beli, sehingga lebih gampang untuk beli mobil yg disukai istri, dan kalo kita jg suka nyetirnya itu faktor plus.
5. Buat yg mo ambil Innova (dan ane sangat rekomendasi untuk ambil mobil ini), boleh PM ane untuk ane kasih Sales Toyota Ane. Very recommended and very helpful Sales, sayang aja gak berjodoh.
6. Anyway pas Test Drive ada Toyota Corolla Cross Hybrid juga. Gak sempet Test Drive, tapi looks very interesting. Mungkin suatu saat nanti HRV ane dituker Corolla Cross. Who knows, doain aja dapet rejeki lebih hahahaa.
Demikian updatenya Om2 semua.