update lagi perawatan kaki2 si eneng:
Juli 2022 kemaren ganti oli mesin sama kuras minyak rem, trus gak lama setelah itu, indikator ABS & rem parkir suka nyala. Nanya2 di beres divonis 15 juta buat ganti mobul ABS (udah sama ongkir sih). Malesss...
Cari2 bengkel spesialis, akhirnya nemu 1 yang setuju buat bongkar & servis aja. Tapi gak jaminan bakal sembuh bener, katanya. Ane iyain aja soalnya DC cuma minta 1,2 juta. Ya iyalah ane sanggupin, kurang dari 10% yang diminta sama beres kok masih mikir, hehehe
Pas September, AC nya udah kurang dingin. Setelah cek2 di bengkel AC spesialis, ternyata kompresor sama kondensor udah kalah. Kompresor ganti pake Sanden KW buatan cungkwo, kondensor pake yg nonbrand (cungkwo juga sih keknya). DC di bengkel AC ini kena 7 juta total.
Sempat ganti riben depan juga skalian soalnya udah 2 taun, merek gajelas kena 200ribu doang. Sebelum ini pake Lluminox harga gak sampe 3 juta buat 1 mobil, jadi sesuailah. Kalo mo awet ya pake pikul skalian cuman harganya bikin kayak abis mikul orang sedesa juga
November datang dan modul ABS kumat lagi, sesuai peringatan pak mekanik spesialis sebelumnya. Akhirnya beliau setuju buat bongkar & bersihin lagi, tapi kali ini dicek elektrikalnya. Katanya sih kalo ada duit lebih mending ganti aja krn resistansi listriknya udah berubah, jadi tetep ada risiko bakal kumat lagi tuh modul. Sejauh ini sih aman, moga2 gak kumat2 lagi deh. Eh gak lama ternyata akinya juga minta ganti krn usia aki GS MF ini udah 3.5 tahun juga. Langsung deh melipir ke toko aki langganan minta ganti pake Ama**n.
Di akhir 2022 kemarin si eneng ngerajuk lagi. Tiap injak kopling, bunyi kretek2 halus gitu. Udah pernah kek gitu sih dulu, cuman dulu masih bisa diservis sama mekanik kenalan ane yg udah cukup senior di ahond. Akhirnya kali ini beneran divonis harus ganti master kopling atas. Bunyi tek tek keras pas injek gas juga masih ada, disaranin ganti CV joint sisi kiri dalam. Ya udah buru2 pesen onlen tuh master kopling atas sama CV joint dalam 1 biji. Yang master kopling sukurnya masih dapet yg OEM nya punya Nissin. CV joint yang gak ada OEM, cuma dapet merek TDK. Setelah diganti, bunyi kretek2 pas injek kopling ilang. Yang belom ilang tuh bunyi tekkk pas injek gas agak dalam di gigi 1 ato 2. Keknya perlu ganti CV joint kanan dalam juga deh. Ato skalian CV joint luar juga? Boleh deh, kan duit tinggal nyabut di po'on
Nabung dululah. Apalagi kemarin Desember 2022 pas abis plat & pajaknya jadi perpanjang lagi. Dapet plat putih skarang. Boljug sih kliatannya, tapi gampang kotor.
IMG_4904.JPG
O ya, nih City rencana dilepas sih, soalnya ane mo lanjut skolah di luar. Kali2 aja ada yang minat lanjutin rawat bisa japri ane aja. Lokasi emang di kota Makassar sih, platnya juga DD. Kalo mo dikirim2 gampanglah bisa diatur, soalnya sohib ane ada yg punya kurir kendaraan & alat berat antarpulau, jadi bisa cincay lah soal biaya

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.