Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Bisa ada yg lebih pendek ga penjelasannya.. biar gampang ngertinya nih
Yang gw maksud settingan itu bukan settingan knocking sensor.. tp ada perubahan di mesin.. .. mungkin ajakan?.. krn [IMHO] sekali lagi. gw bilang pastinya R&D Jepang kaga [cencored] spt BERES Nissan PI yg nekad ubah settingan R&D Jepang di Xtrail dari pertamax ke premium.. tanpa dukungan perubahan part / settingan mesin lainnnya. ..
U/ betanya.. gw pasti buntu sampe disana... kalo lo yg tanya pasti udah melekat tuh technical background lo yg hebat itu.. pasti lancar u/ tukar pikiran dan bicarakan technical issues soal mesin2 gitu deh
ichsan_n wrote:
maxx wrote:
Meski ada knocking sensor .. keknya susah deh harus ngejar dari RON 88 ke RON 91 tanpa knocking... pasti Technisi R&D Jepang udah ada ubah settingan mesin .. ------> CUAPEE DEEE.... settingan itu (untuk pengapian pengaturan stelan kelp buang dan masuk) jg ada ukurang tolerasinya brooo, itu yang kita ngga tau, mungkin dilivina besar... tapiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii.......... biasaaaanyaaaaaaaaa dihiiiiitungggg dariiiiiiiiiiii tinggggggggkattttt kompresiiiiiiiiiii yaaangggg seharrusssssnyaaaaa!!!! sehinggggaaa keluarrrr nillaaiiiii RONNN staaandartttttnyaaaaaaaa... bbarruu bisssaaa kelluarrrr hiiitunggannn toleeraasnnissss deraaajaattttt penggaaapiaaannnyaaa.... gww bukkkann masaallhhinn fituuurrr knnokkkinggg seeensorrrr.... taapiiiii daammmpaaakkkkk pemmaaakaaaiaannn RON yaang lebih rendah dari seharusssnyaaaaa......udah ah gw ke bandara dulu... pengen sih bro ikut KP, tapi yah.. its just livina anyway.. gw mau ngebacot disana jg.. gw cuman beli yang 1.5 aja brisik.. wong yang ultimate aja tenang2 aje.. iya ngga.. iya ngga.
"Oke, misal ada knocking sensor.. ini logika gw baru inget waktu pake gallant.. HLA dan knocking sensor gallant sama ngga prinsipnya kaya livina? dimana jg mengatur stelan klep masuk dan buang berdasarkan knocking sensor.. gw rasa sama. dan okelah misalnya mesin livina ini "katanya" sedemikian canggihnya hingga mampu meng adjust maju mundurin timing ignition mesin livina, sesuai beban dan kondisi pembakaran mesin saat itu. Termasuk juga menyesuaikan kondisi mesin dan hasil pembakaran yang terjadi (yang dikontribusikan dengan tipe dan oktan bensin yang dibakar). tapi satu yang kita belum tahu.. TOLERANSINYA BERAPA??!!!! ambil lah standart +/- adalah 5-7% artinya kalo elu masuk jalur pantura yang nota bene emang suka kammprett2 tuh yang dagang ngoplos bensin.. yahh elu tau sendiri kan akibatnya? mana kekejar stelannya? ini kan di atur ECU, nah knocking sensor mahh cuman nge fine tune. tapii tidak signifikan. ini nih cuman fitur injeksi yang mungkin di nissan ini jg ada semacam lash adjuster (HLA) kaya di mitsui gw dulu.. jadi knocking sensor mengirim sinyal ECU dan memerintahkan lash adjuster untuk memajukan atau memundurkan timing pengapaiann secara otomatis.. TAPI INI MANA ADA HUBUNGANNYA DENGAN OCTANE REQUIREMEN PAK!!!! KALO CR 10.5 YANG HARUS DIPERHATIKAN! gw kaga tau deh, nanti kalo elu2 ada yang ketemu NMI coba tanyain teori gw ini."
Laporan gw mengenai FC.. belum final sih.. coba lihat gambar di bawah:
kira-kira dengan posisi begini.. (indikator dibandingkan ama jarak tempuh, sebelumnya diisi full tank).... wajar ga gw targetin 1:11 dalam kota SURABAYA? :D:D:D
1:10 sih ditangan, tapi gw maunya 1:11 nih.. soalnya pake pertamax+... (plus istri yang nyetir.. kalo gw yang nyetir mungkin ketambahan lagi 0.5km/ltr..) :D:D
Last edited by gunawan98 on Sat Sep 08, 2007 0:48, edited 1 time in total.
gunawan98 wrote:Laporan gw mengenai FC.. belum final sih.. coba lihat gambar di bawah:
kira-kira dengan posisi begini.. (indikator dibandingkan ama jarak tempuh.... wajar ga gw targetin 1:11 dalam kota SURABAYA? :D:D:D
1:10 sih ditangan, tapi gw maunya 1:11 nih.. soalnya pake pertamax+... (plus istri yang nyetir.. kalo gw yang nyetir mungkin ketambahan lagi 0.5km/ltr..) :D:D
dalkot SBY.. 1:10-11 .. hmmm cara nyetirnya gimana ya?.. termasuk irit tuh !!!
Gila ya.. dalkot JKT plg bagus aja 1:9++ ... dah ga ketulungan deh macetnya kota jkt .. 2010 bakalan stuck semua jalan kalo ga ada penambahan jalur baru atau alternative kendaraan umum lain.
Identical kota Metropolitan... macettt .. cettt. .cettt... ada yg cari parkiran pinggir jalan aja bisa langsung numpuk mobil pada stop semua dibelakangnya.. spt macet.. padahal .. cuma gara2 ada yg mo parkir doangggggg!!!
Plg enak bawa mobil di JKT cuma sabtu - minggu doang . lebih mending deh macetnya .. kecuali di dekat2 pusat perbelanjaan/ Mall.
Loh.. sorry jd OOT .. uneg2 keluar semua deh.. he he he...
Ah istri gw nyetirnya biasa-biasa aja koq. Dan cenderung boros karena bentar-bentar dia tekan rem, takut ditabrak/nabrak sepeda motor yang ngawur. Kalo gw sih nyetirnya rada-rada late braking (ala Rossi)... :D:D Apa istri gw lagi sayang ama mobil, sehingga jalannya tidak berani kenceng-2? Maklum masih masa inreyen... :D
Tapi terus terang emang tuh jakarta sudah kebangetan. Tidak memadai lagi deh u/ berkendara. Kalo Surabaya sih sudah mulai-mulai lah macet, tapi JAUH lebih lancar SBY dibandingkan JKT.
BTW MAXX, bisa minta tolong ga? Nanti kalo ketemu ama petinggi nissan (katanya mau kunjungan ke pabrik?). Minta tolong minta STATEMENT RESMI dari petinggi Nissan mengenai pemakaian PREMIUM khususnya u/ GL 1.5 yang kompresinya 10.5. Kalo dapat yang tertulis sih lebih sip lagi. Terutama garansi mesin kalau memakai premium.
maxx wrote:
gunawan98 wrote:Laporan gw mengenai FC.. belum final sih.. coba lihat gambar di bawah:
kira-kira dengan posisi begini.. (indikator dibandingkan ama jarak tempuh.... wajar ga gw targetin 1:11 dalam kota SURABAYA? :D:D:D
1:10 sih ditangan, tapi gw maunya 1:11 nih.. soalnya pake pertamax+... (plus istri yang nyetir.. kalo gw yang nyetir mungkin ketambahan lagi 0.5km/ltr..) :D:D
dalkot SBY.. 1:10-11 .. hmmm cara nyetirnya gimana ya?.. termasuk irit tuh !!!
Gila ya.. dalkot JKT plg bagus aja 1:9++ ... dah ga ketulungan deh macetnya kota jkt .. 2010 bakalan stuck semua jalan kalo ga ada penambahan jalur baru atau alternative kendaraan umum lain.
Identical kota Metropolitan... macettt .. cettt. .cettt... ada yg cari parkiran pinggir jalan aja bisa langsung numpuk mobil pada stop semua dibelakangnya.. spt macet.. padahal .. cuma gara2 ada yg mo parkir doangggggg!!!
Plg enak bawa mobil di JKT cuma sabtu - minggu doang . lebih mending deh macetnya .. kecuali di dekat2 pusat perbelanjaan/ Mall.
Loh.. sorry jd OOT .. uneg2 keluar semua deh.. he he he...
U/ bertanya2.. sptnya lebih afdol kalo permintaan tsb anda posting pada milist nissan-livina. .minta sama bagian sekretariat yg buat list pertanyaan u/ diajukan, agar soal ada "statement resmi" pakai RON 88 digaransi oleh NMI.
Silakan posting dan di minta titip pertanyaan pd acara KP (Kunjungan Pabrik).
gunawan98 wrote:Ah istri gw nyetirnya biasa-biasa aja koq. Dan cenderung boros karena bentar-bentar dia tekan rem, takut ditabrak/nabrak sepeda motor yang ngawur. Kalo gw sih nyetirnya rada-rada late braking (ala Rossi)... :D:D Apa istri gw lagi sayang ama mobil, sehingga jalannya tidak berani kenceng-2? Maklum masih masa inreyen... :D
Tapi terus terang emang tuh jakarta sudah kebangetan. Tidak memadai lagi deh u/ berkendara. Kalo Surabaya sih sudah mulai-mulai lah macet, tapi JAUH lebih lancar SBY dibandingkan JKT.
BTW MAXX, bisa minta tolong ga? Nanti kalo ketemu ama petinggi nissan (katanya mau kunjungan ke pabrik?). Minta tolong minta STATEMENT RESMI dari petinggi Nissan mengenai pemakaian PREMIUM khususnya u/ GL 1.5 yang kompresinya 10.5. Kalo dapat yang tertulis sih lebih sip lagi. Terutama garansi mesin kalau memakai premium.
maxx wrote:
gunawan98 wrote:Laporan gw mengenai FC.. belum final sih.. coba lihat gambar di bawah:
kira-kira dengan posisi begini.. (indikator dibandingkan ama jarak tempuh.... wajar ga gw targetin 1:11 dalam kota SURABAYA? :D:D:D
1:10 sih ditangan, tapi gw maunya 1:11 nih.. soalnya pake pertamax+... (plus istri yang nyetir.. kalo gw yang nyetir mungkin ketambahan lagi 0.5km/ltr..) :D:D
dalkot SBY.. 1:10-11 .. hmmm cara nyetirnya gimana ya?.. termasuk irit tuh !!!
Gila ya.. dalkot JKT plg bagus aja 1:9++ ... dah ga ketulungan deh macetnya kota jkt .. 2010 bakalan stuck semua jalan kalo ga ada penambahan jalur baru atau alternative kendaraan umum lain.
Identical kota Metropolitan... macettt .. cettt. .cettt... ada yg cari parkiran pinggir jalan aja bisa langsung numpuk mobil pada stop semua dibelakangnya.. spt macet.. padahal .. cuma gara2 ada yg mo parkir doangggggg!!!
Plg enak bawa mobil di JKT cuma sabtu - minggu doang . lebih mending deh macetnya .. kecuali di dekat2 pusat perbelanjaan/ Mall.
Loh.. sorry jd OOT .. uneg2 keluar semua deh.. he he he...
wah warna itemnya livina benernya cakep banget... Itu semu-semua biru dongker.. Tapi sayang susah rawatnya, jadi saya ambil yang yelowish.. Wah ring 16 koq jadi cakep yah... mantap...
dony wrote:photo mobil sy, pakai r 16, yg lain semua msh standard.
pake 16 doank aja udah keren jg yah..
btw guys, gw tadi isi bensin lagi, sekarang coba pake premium. seperti yang udah gw pernah info kan.. dari full tank hingga setengah.. ini mobil gw geber2 (sering2 kickdown walaupun jalan sepi). dan dari setengah ke hampiiii E gw pake teknik ekonomis nyetir AT yang pasti udah pada tau pada umum lah. Dengan catatan.. gw bawa mobil ini hanya pada hari minggu sore/malem dengan komposisi 90% tol dan 10% jalan biasa. kondisi jalan sama sekali tidak pernah ada kemacetan, & lenggang sekali. so bisa dibilang ini masuknya ke konsumsi tol kali yee.. hasilnya dengan kombinasi nyetir ngegeber abis2an dan mode ekonomis adalah 1:10,4. dengan bensin pertamax. boros atau irit? tergantung masing2 menilai deh.. heheheh..
Note : nyetir ekonomis di AT butuh perhitungan jarak & timing dengan memanfaatkan gerak laju sentrifugal kendaraan serta miniminya engine break. selain itu teknik ini sulit diterapkan pada kondisi macet parah/ stop & go yang signifikan. So, ini bukan refleksi menyetir normalnya untuk pergi kerja pagi dan pulang kerja sore. tapi lebih sering digunakan untuk tujuan irit2an kayanya (imho) semenjak situasi jalan raya dipilih jam yang sudah senggang.
gunawan98 wrote:Pak Ichsan, penjelasannya mengenai BBM koq gw kurang paham. Yang 1:10.4 itu pake bensin? Terus itu full tank hingga setengah dicampur pertamax?
bukan pak, bensinya pertamax. jadi gini, dari isi full sampe setengah... pola driving saya geber2 melulu.. ngebut melulu.. pokoknya di jalan biasa pun mau nyalip mobil saya kickdown (jalan lenggang karena udah malam).. dari pas indikator bensin sudah ditengah.. saya mulai menyetir ala hemat hingga isi lagi dengan premium kali ini (mau nyoba apakah lebih irit). pak gunawan harusnya bisa lebih irit dari ini. karena ini mobil kemarin saya geber2 sekali.
Heee, utk mobil yg baru terima dari dealer, cobalah sentuh dengan jari ke body mobil dgn sambil jalan rasakan apakah permukaan catnya kasar atau halus, waktu mobil saya terima sich terasa kasar jadi mesti di claybar dulu utk menghilangkan permukaan kasar, cuma mesti ke salon mobil yg bagus.
Sekarang sich mobilnya terasa sangat halus baik dibody maupun dikap mesin.
Utk Konsumsi bensin sich rata-2 1 : 8-9 dalam kota dgn pertamax plus.
Heee sekarang udah servis 1.000 km blm bung Ichsan, Sebenarnya lbh tepat kalau utk konsumsi bensin pasti stlh masa break in 1500 km.
dony wrote:Heee, utk mobil yg baru terima dari dealer, cobalah sentuh dengan jari ke body mobil dgn sambil jalan rasakan apakah permukaan catnya kasar atau halus, waktu mobil saya terima sich terasa kasar jadi mesti di claybar dulu utk menghilangkan permukaan kasar, cuma mesti ke salon mobil yg bagus.
Sekarang sich mobilnya terasa sangat halus baik dibody maupun dikap mesin.
Utk Konsumsi bensin sich rata-2 1 : 8-9 dalam kota dgn pertamax plus.
Heee sekarang udah servis 1.000 km blm bung Ichsan, Sebenarnya lbh tepat kalau utk konsumsi bensin pasti stlh masa break in 1500 km.
betul don, kalo masih running in gini masih susah ketebak.. mesin belum stabil. ngga tau nih mobil gw kapan masuk ke 1000 yak kalo pakenya cuman minggu doank gini. hah? pertamax plus 1:8-9? btw km mobil elu berapa don sekarang?
Nich mobil sich sy wax sendiri 2 minggu sekali, cuci nggk pernah pakai sabun cuma dgn air aja, pokoknya beda begitu terima dari dealer sinar kebiruannya redup, stlh diclaybar,wax baru keliatan birunya apalagi terkena sinar matahari.
wah? dengan geber-2 (separoh tank), dan separoh hemat, bisa 1:10.4?
Lah kemaren yang 1:8.14 itu gimana/apa bedanya?
Wah kalo pak Ichsan bisa 1:10.4.. istri saya kalo nyetir dapat 1:10, ya berarti boros lah mobil saya... Target saya harusnya 1:11 (dalam 2-3 hari ketahuan riilnya).
ichsan_n wrote:
gunawan98 wrote:Pak Ichsan, penjelasannya mengenai BBM koq gw kurang paham. Yang 1:10.4 itu pake bensin? Terus itu full tank hingga setengah dicampur pertamax?
bukan pak, bensinya pertamax. jadi gini, dari isi full sampe setengah... pola driving saya geber2 melulu.. ngebut melulu.. pokoknya di jalan biasa pun mau nyalip mobil saya kickdown (jalan lenggang karena udah malam).. dari pas indikator bensin sudah ditengah.. saya mulai menyetir ala hemat hingga isi lagi dengan premium kali ini (mau nyoba apakah lebih irit). pak gunawan harusnya bisa lebih irit dari ini. karena ini mobil kemarin saya geber2 sekali.
dony wrote:Nich mobil sich sy wax sendiri 2 minggu sekali, cuci nggk pernah pakai sabun cuma dgn air aja, pokoknya beda begitu terima dari dealer sinar kebiruannya redup, stlh diclaybar,wax baru keliatan birunya apalagi terkena sinar matahari.
wuidihh.. puantesss.. cat mobilnya kinclong kerawat gitu.. elu pake apa don nge wax nya? gw seneng pake amway kalo nge wax sendiri.. pake meguiar gw kok ngerasa masih bagusan amway yah?
emang gw akui cakep bener yang item.. tapi berhubung gw ga punya supir u/ cuci, ya gw urungkan deh beli yang item...
dony wrote:Nich mobil sich sy wax sendiri 2 minggu sekali, cuci nggk pernah pakai sabun cuma dgn air aja, pokoknya beda begitu terima dari dealer sinar kebiruannya redup, stlh diclaybar,wax baru keliatan birunya apalagi terkena sinar matahari.
gunawan98 wrote:wah? dengan geber-2 (separoh tank), dan separoh hemat, bisa 1:10.4?
Lah kemaren yang 1:8.14 itu gimana/apa bedanya?
Wah kalo pak Ichsan bisa 1:10.4.. istri saya kalo nyetir dapat 1:10, ya berarti boros lah mobil saya... Target saya harusnya 1:11 (dalam 2-3 hari ketahuan riilnya).
ichsan_n wrote:
gunawan98 wrote:Pak Ichsan, penjelasannya mengenai BBM koq gw kurang paham. Yang 1:10.4 itu pake bensin? Terus itu full tank hingga setengah dicampur pertamax?
bukan pak, bensinya pertamax. jadi gini, dari isi full sampe setengah... pola driving saya geber2 melulu.. ngebut melulu.. pokoknya di jalan biasa pun mau nyalip mobil saya kickdown (jalan lenggang karena udah malam).. dari pas indikator bensin sudah ditengah.. saya mulai menyetir ala hemat hingga isi lagi dengan premium kali ini (mau nyoba apakah lebih irit). pak gunawan harusnya bisa lebih irit dari ini. karena ini mobil kemarin saya geber2 sekali.
kalo 1:8 kemaren saya konteksnya nyoba di normalnya lalulintas jakarta pak dengan pola kemacetan jam2 pulang kantor atau pergi kantor serta menyetir dengan pola normal2 saja. plus nyetir malam hari keliling tol sama anak. nah sekarang kan saya pake "mode ekonomis" (di AT ada tekniknya pak biar irit.. ritt. rittt, tapi susah diterapin jg kalo macetnya sudah lumayan.). iya pak, manual 1:10 sih belum begitu memuaskan dengan kondisi jalan raya yang relatif lebih lenggang dari jakarta. cuman gini pak, jatuh2nya sama saja sih. bapak pola driving normal di jalanan ngga macet.. nah saya driving kombinasi di pas malam hari.. jatuhnya mungkin kaya saya nyetir disurabaya.. hhehehehe.. makanya dapat 1:10 jg