Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Spies wrote: Wed May 19, 2021 5:41
Wah udah pada ngalamin kabel spiral putus ya..
Alhamdulillah punya saya belum ada masalah, mudah2an jangan lah
Ga ada ya tips biar spiral awet selain mobilnya nggak dipake
Ada
Tips nya cuman satu, jangan sering puter setir
Kl sering puter pun usahakan 1 putaran saja, dan lakukan dengan amat sangat super pelan banget sekali
Niscaya cable springnya awet 5 taon
# jawap serius
# ga boong
Lipindut pantang puter balik sama belok patah berarti ya mbah
blloewy wrote: Wed May 19, 2021 8:12
Mbah Rektor DOHC...ganti master kopling atas lipindut wajib bleeding minyak kopling lagi kah?
Kayanya mau gabti master kopling atas krn bunyi kriyet2 dari pedal kopling itu bukan bushing nya yg pecah.
Dah tu di dinding depan pedal rem ama gas ada rembesan minyak kopling dikit.
Kl master kopling dicopot itu pedal kopling didorong ngga ada bunyi sama sekali.
Jadi kriyet2 tikus sepetinya dari master kopling :'(
IMG_20210509_080517.jpg
IMG_20210509_072159.jpg
Jangan2 iya itu bocor dari booster rem nya om?
Kenapa saat masternya dicopot lalu pedal diinjek ga bunyi, karena di as pedal tidak ada beban dari master kopling om..
blloewy wrote: Wed May 19, 2021 8:12
Mbah Rektor DOHC...ganti master kopling atas lipindut wajib bleeding minyak kopling lagi kah?
Kayanya mau gabti master kopling atas krn bunyi kriyet2 dari pedal kopling itu bukan bushing nya yg pecah.
Dah tu di dinding depan pedal rem ama gas ada rembesan minyak kopling dikit.
Kl master kopling dicopot itu pedal kopling didorong ngga ada bunyi sama sekali.
Jadi kriyet2 tikus sepetinya dari master kopling :'(
IMG_20210509_080517.jpg
IMG_20210509_072159.jpg
bentar2
coba cek tabung reservoir minyak rem dl mbah
ad kurang ga ?? kl enga ada yah ngapain maen buka2 line selang kupleeng, apalagi ampe master atasnya sgala
lipindut mbah itu masi L10 kan ?? parts2 nya masi yg bawaan fabriek kan ?? kl iya, sebisa mungkin jangan sering2 bongpas line kuupleng nya, kcuali mo ganti plaat kupleeng dan CSC dkk
bunyi kriet2 di pedal kupleeng lipindut mahh ud wajar itu, dl lipindut saya jg gt, jangankan lipindut, panther, inofa jadul saya jg smua dulu kriet2
tinggal beliin silicon spray, trus semprot tuh engsel2 pedal nya jg beres
lagian kl rembesan nya dr pedal rem, justru yg musti dicek tu diagfragma yg neken booster rem nya, siapa tau malah itu biang rembes minyak rem nya
Reservoir aman ngga kurang.
Hmm....diafragma itu berarti yg di dlm booster rem ya?
Ngeliatnya gmn mbah rektor?
tuh kan
kl ga berkurang yah jangan bongkar2 line pipa kupleeng mbah , kcuali lg banyak wang mau foya2 kasi ke si champion, iseng beli satu set line kuupleng lipindut yg aseli dari renault italy
diafragma itu satu2 nya cara kl mo diliat yah belek booster rem.. tenang aj, parts ini awet biasanya seumur mobil ampe berakhir di parung, kcuali perna kerendem banjir se kap mesin.. kl minyak rem rembes ampe nembus diagfragma, biasa biang keroknya seal master rem atas, seal nya ud getas atau cacat disain kaya kasus recall honda kmaren tuh
tapiii.. kl cuman basah rembes tipis2 banget, cuekin aj, ampir smua mobil berumur pasti ad rembesnya dsitu, selama level minyak rem d reservoir ga berkurang , gapapa
mbah, setau saya kalo master rem bocor kedalem, ga mungkin nembus firewall.
yang ada minyak rem nyemplung ke booster, keisep intake manifold, ikut kebakar, knalpot ngebul putih.
mbah, setau saya kalo master rem bocor kedalem, ga mungkin nembus firewall.
yang ada minyak rem nyemplung ke booster, keisep intake manifold, ikut kebakar, knalpot ngebul putih.
hoo
ta kira kaya bsa mengalir kmana2 gt, sala satu nya ngeresep masuk ke dalem booster trus banjir ampe ke dalem firewall jg
blloewy wrote: Wed May 19, 2021 11:45
Reservoir aman ngga kurang.
Hmm....diafragma itu berarti yg di dlm booster rem ya?
Ngeliatnya gmn mbah rektor?
kl reservoir aman n ga kurang artinya ga bocor.
udah ikutin caranya asemregez aja, dicolek trus jilat spy tau itu cairan apa. jorok dikit gpp lah si car wizard juga gitu
wew....ntar perlu ditambahin bon cabe ngga mbah shifu?
sementara ini liat sampe bulan depan apa reservoir msh aman atau ngga.
Sembari semprot2 dikit di sekitar pedalnya.
blloewy wrote: Wed May 19, 2021 11:45
Reservoir aman ngga kurang.
Hmm....diafragma itu berarti yg di dlm booster rem ya?
Ngeliatnya gmn mbah rektor?
kl reservoir aman n ga kurang artinya ga bocor.
udah ikutin caranya asemregez aja, dicolek trus jilat spy tau itu cairan apa. jorok dikit gpp lah si car wizard juga gitu
wew....ntar perlu ditambahin bon cabe ngga mbah shifu?
sementara ini liat sampe bulan depan apa reservoir msh aman atau ngga.
Sembari semprot2 dikit di sekitar pedalnya.
Spies wrote: Fri May 21, 2021 3:55
Mbah kalo pagi2 distater ada suara ngiiiiing nyaring banget sekitar 15 detikan, itu tanda gir dinamo starternya kering ya?
Kalo bongkar kan harus cabut kabel massa aki, itu pas dipasang lagi bikin idle goyang dumang nggak ya
Dinamo starter apa water pump itu?
Mestinya ngga itu selama bukan TB atau EGR yg diutak atik...
Spies wrote: Fri May 21, 2021 3:55
Mbah kalo pagi2 distater ada suara ngiiiiing nyaring banget sekitar 15 detikan, itu tanda gir dinamo starternya kering ya?
Kalo bongkar kan harus cabut kabel massa aki, itu pas dipasang lagi bikin idle goyang dumang nggak ya
1. pastiin sumber bunyi dari mana.
2. direkam, seperti apa ngiiiing nyaringnya. karena suara turbo dan supercharger pun ngiiiiing nyaring seperti itu.
Spies wrote: Fri May 21, 2021 3:55
Mbah kalo pagi2 distater ada suara ngiiiiing nyaring banget sekitar 15 detikan, itu tanda gir dinamo starternya kering ya?
Kalo bongkar kan harus cabut kabel massa aki, itu pas dipasang lagi bikin idle goyang dumang nggak ya
1. pastiin sumber bunyi dari mana.
2. direkam, seperti apa ngiiiing nyaringnya. karena suara turbo dan supercharger pun ngiiiiing nyaring seperti itu.
Mbah kl kata Mbah Rektor, Turbo Supercharger lipindut itu baru keluar dgn S&K.
1. Kecepatan 100 kpj minimal
2. Bensin Avtur
3. Oli yg dipake Mobil Formula 1 Ferrari.
Spies wrote: Fri May 21, 2021 3:55
Mbah kalo pagi2 distater ada suara ngiiiiing nyaring banget sekitar 15 detikan, itu tanda gir dinamo starternya kering ya?
Kalo bongkar kan harus cabut kabel massa aki, itu pas dipasang lagi bikin idle goyang dumang nggak ya
Dinamo starter apa water pump itu?
Mestinya ngga itu selama bukan TB atau EGR yg diutak atik...
Hasil googling sih katanya dinamo starter.. Soalnya ini cuma pas stater pertama aja kalo pas mesin dingin..
Beberapa pej ke belakang kalo ga salah mbah DOHC juga sempet bilang disini kalo suara itu berasal dari dinamo starternya..
Spies wrote: Fri May 21, 2021 3:55
Mbah kalo pagi2 distater ada suara ngiiiiing nyaring banget sekitar 15 detikan, itu tanda gir dinamo starternya kering ya?
Kalo bongkar kan harus cabut kabel massa aki, itu pas dipasang lagi bikin idle goyang dumang nggak ya
1. pastiin sumber bunyi dari mana.
2. direkam, seperti apa ngiiiing nyaringnya. karena suara turbo dan supercharger pun ngiiiiing nyaring seperti itu.
1. Sempet ngira dari fan belt mbah, tapi ini suaranya berdesing kaya logam.. Kalo fan belt kan berdecit gitu ya.. Terus ini suaranya kalo mesin posisi dingin aja mbah, baca2 di google katanya karena grease di pinion sama di susunan gigi planetari nya udah kering
2. Ngingnya kaya logam berdesing gitu mbah.. Tajem di kuping, kalo turbo mah kan swoossh swooosshh gitu
Spies wrote: Fri May 21, 2021 3:55
Mbah kalo pagi2 distater ada suara ngiiiiing nyaring banget sekitar 15 detikan, itu tanda gir dinamo starternya kering ya?
Kalo bongkar kan harus cabut kabel massa aki, itu pas dipasang lagi bikin idle goyang dumang nggak ya
Dinamo starter apa water pump itu?
Mestinya ngga itu selama bukan TB atau EGR yg diutak atik...
Hasil googling sih katanya dinamo starter.. Soalnya ini cuma pas stater pertama aja kalo pas mesin dingin..
Beberapa pej ke belakang kalo ga salah mbah DOHC juga sempet bilang disini kalo suara itu berasal dari dinamo starternya..
Spies wrote: Fri May 21, 2021 3:55
Mbah kalo pagi2 distater ada suara ngiiiiing nyaring banget sekitar 15 detikan, itu tanda gir dinamo starternya kering ya?
Kalo bongkar kan harus cabut kabel massa aki, itu pas dipasang lagi bikin idle goyang dumang nggak ya
1. pastiin sumber bunyi dari mana.
2. direkam, seperti apa ngiiiing nyaringnya. karena suara turbo dan supercharger pun ngiiiiing nyaring seperti itu.
1. Sempet ngira dari fan belt mbah, tapi ini suaranya berdesing kaya logam.. Kalo fan belt kan berdecit gitu ya.. Terus ini suaranya kalo mesin posisi dingin aja mbah, baca2 di google katanya karena grease di pinion sama di susunan gigi planetari nya udah kering
2. Ngingnya kaya logam berdesing gitu mbah.. Tajem di kuping, kalo turbo mah kan swoossh swooosshh gitu
Coba aja om bawa ke tukang dinamo...
Apakah cukup ganti arengnya atau ganti IC nya sekalian.
Kl aliran mbah masas mah buang ganti 1 unit baru Om...
Spies wrote: Fri May 21, 2021 3:55
Mbah kalo pagi2 distater ada suara ngiiiiing nyaring banget sekitar 15 detikan, itu tanda gir dinamo starternya kering ya?
Kalo bongkar kan harus cabut kabel massa aki, itu pas dipasang lagi bikin idle goyang dumang nggak ya
bunyi ngiiing 15 detik? mana ada motor (dinamo) starter aktif selama itu kecuali nyalain boeing atau airbus.
kemungkinan itu dr bearing pulley. entah bearing pulley alternator, idler pulley, atau waterpump. cara ceknya, lepasin v-belt nya dan starter spt biasa tanpa v-belt. kl ga bunyi lagi berarti bener dr salah satu pulley yg tadi disebut. matiin mesin. puter2 setiap pulley pake tangan, yg berisik atau oblak itulah yg rusak.
kl pas ngetes nyalain mesin tanpa v-belt tapi msh bunyi, nah boleh cek apa mesinnya jangan2 udah diswap pake GE turbofan.
blloewy wrote: Fri May 21, 2021 7:02
Coba aja om bawa ke tukang dinamo...
Apakah cukup ganti arengnya atau ganti IC nya sekalian.
Kl aliran mbah masas mah buang ganti 1 unit baru Om...
bingung.
jij lagi bahas motor starter atau alternator?
dinamo starter itu motor starter, ga ada urusan sm alternator apalagi sm IC2an. IC adanya di alternator.
Dinamo starter apa water pump itu?
Mestinya ngga itu selama bukan TB atau EGR yg diutak atik...
Hasil googling sih katanya dinamo starter.. Soalnya ini cuma pas stater pertama aja kalo pas mesin dingin..
Beberapa pej ke belakang kalo ga salah mbah DOHC juga sempet bilang disini kalo suara itu berasal dari dinamo starternya..
1. pastiin sumber bunyi dari mana.
2. direkam, seperti apa ngiiiing nyaringnya. karena suara turbo dan supercharger pun ngiiiiing nyaring seperti itu.
1. Sempet ngira dari fan belt mbah, tapi ini suaranya berdesing kaya logam.. Kalo fan belt kan berdecit gitu ya.. Terus ini suaranya kalo mesin posisi dingin aja mbah, baca2 di google katanya karena grease di pinion sama di susunan gigi planetari nya udah kering
2. Ngingnya kaya logam berdesing gitu mbah.. Tajem di kuping, kalo turbo mah kan swoossh swooosshh gitu
Coba aja om bawa ke tukang dinamo...
Apakah cukup ganti arengnya atau ganti IC nya sekalian.
Kl aliran mbah masas mah buang ganti 1 unit baru Om...
Kalo baca2 di google sih cukup regreasing gear starter nya aja mbah..
Katanya banyak penyakit kaya gitu di lipindut..
Spies wrote: Fri May 21, 2021 3:55
Mbah kalo pagi2 distater ada suara ngiiiiing nyaring banget sekitar 15 detikan, itu tanda gir dinamo starternya kering ya?
Kalo bongkar kan harus cabut kabel massa aki, itu pas dipasang lagi bikin idle goyang dumang nggak ya
bunyi ngiiing 15 detik? mana ada motor (dinamo) starter aktif selama itu kecuali nyalain boeing atau airbus.
kemungkinan itu dr bearing pulley. entah bearing pulley alternator, idler pulley, atau waterpump. cara ceknya, lepasin v-belt nya dan starter spt biasa tanpa v-belt. kl ga bunyi lagi berarti bener dr salah satu pulley yg tadi disebut. matiin mesin. puter2 setiap pulley pake tangan, yg berisik atau oblak itulah yg rusak.
kl pas ngetes nyalain mesin tanpa v-belt tapi msh bunyi, nah boleh cek apa mesinnya jangan2 udah diswap pake GE turbofan.
Ini bunyinya setelah mesin menyala mbah..
Jadi setelah distater dan mesin menyala, ada suara ngiiiiing nyaring banget di mesin sekitar 15 detikan.. Setelah itu suaranya berangsur2 hilang..
images (27).jpeg
Katanya masalah kaya gitu gara2 grease di planetary gear nya kering
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
blloewy wrote: Fri May 21, 2021 7:02
Coba aja om bawa ke tukang dinamo...
Apakah cukup ganti arengnya atau ganti IC nya sekalian.
Kl aliran mbah masas mah buang ganti 1 unit baru Om...
bingung.
jij lagi bahas motor starter atau alternator?
dinamo starter itu motor starter, ga ada urusan sm alternator apalagi sm IC2an. IC adanya di alternator.
Eh iya salah mbah...
Maap...lupa yg dibahas motor starter bukan alternator...
Ini bunyinya setelah mesin menyala mbah..
Jadi setelah distater dan mesin menyala, ada suara ngiiiiing nyaring banget di mesin sekitar 15 detikan.. Setelah itu suaranya berangsur2 hilang..
Katanya masalah kaya gitu gara2 grease di planetary gear nya kering
Cobain aja Om...
Turunin dinamo starter nya...
Bongkar dan regrease.
Kl msh bunyi lagi ya sekitaran waterpump atau pulley yg lain.
Saya msh nebak itu sekitaran waterpump sich tp mdh2an salah
Spies wrote: Fri May 21, 2021 8:53
Ini bunyinya setelah mesin menyala mbah..
Jadi setelah distater dan mesin menyala, ada suara ngiiiiing nyaring banget di mesin sekitar 15 detikan.. Setelah itu suaranya berangsur2 hilang..
images (27).jpeg
Katanya masalah kaya gitu gara2 grease di planetary gear nya kering
ya udah tinggal kerjain om. mau DIY atau bawa ke bengkel?
tadinya yg diagnosa dgn cara lepas belt itu kl DIY. itu utk mengeliminir kemungkinan lain apakah dr pulley atau bukan. krn lepas belt relatif mudah drpd langsung nurunin motor starter kl msh ada keraguan. kl yakin sumbernya motor starter ya sikat, tunggu apalagi.
Spies wrote: Fri May 21, 2021 8:53
Ini bunyinya setelah mesin menyala mbah..
Jadi setelah distater dan mesin menyala, ada suara ngiiiiing nyaring banget di mesin sekitar 15 detikan.. Setelah itu suaranya berangsur2 hilang..
images (27).jpeg
Katanya masalah kaya gitu gara2 grease di planetary gear nya kering
ya udah tinggal kerjain om. mau DIY atau bawa ke bengkel?
tadinya yg diagnosa dgn cara lepas belt itu kl DIY. itu utk mengeliminir kemungkinan lain apakah dr pulley atau bukan. krn lepas belt relatif mudah drpd langsung nurunin motor starter kl msh ada keraguan. kl yakin sumbernya motor starter ya sikat, tunggu apalagi.
jij jangan salah
lebih amat sangat gampang copotin motor starter lipindut drpd bongpas belt nya... resiko error nya jg jauhh lebi kecil
kita2 maling motor starter paling demen justru nyolong motor starter lipindut yg parkir di sepanjang sukarjo, terutama musatek dan sekitar sana
dl saya pake trelek oglek nya believe in your miserable choice aj ga ampe stengah jem ud copot tu motor starter lipindut, apalagi skrg ud pake trelek oglek beta, stengah jem ud skalian bsa bawa kabur alternatornya skalian
perihal bunyi motor starter lipindut yg konon katanya khas itu , biasa terjadi kl ud lama di tembak vet ulang... kering dalemnya... itu yg disain beg0, notor starter tp kering kerontang gearnya
itu bunyi nya krekkk kreek, kl yg perna maen tamiya, kira2 bunyinya tu kaya pas dinamo lg muter bebas mendadak kita ogel2 in, jd nya gear dinamo beradu ama gearboxnya
dan itu pun berlangsung ga ampe 5 detik, dan cuman terjadi pas cold start doank
kl bunyi ngiiinggg pas lg dingin, bener kata mbah masas, ga lari dari pulley... pulley2 lipindut apalagi L10 gen awal itu jangan salah, kualitet ampas loh... coba aj copotin dan liat made in mana ... tebak sendiri, ga mau ngasi spoiler saya
Last edited by DOHC on Fri May 21, 2021 10:37, edited 1 time in total.