honda new city vtec ?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Mon Jan 19, 2004 3:51
@Landie : maksudnya anda mau nambah abs+ebd dari honda ato gimana ? kalo konsumsi bensin setau saya bisa sampe 1:16an kalo diluar kota, dalem kota 1:10-12an, itu emang wajar, karena memang iklan city & fit itu menyesatkan, dulu ada yg iklanin fit itu bisa 1:23, dan ternyata itu cuma bull..kalo anda perhatikan di mailing list new city,byk forum lainnya pasti semuanya sama, malah anda itu masih lebih hemat, kalo yg laen itu bisa 1:8 dlm kota (mungkin krn digebot & macet), tentang bahan bakar ntar deh saya tanyain, tapi yang saya denger minimal memang pertamax, kalo mesin jazz itu kan uda diotak atik biar bisa nelen premium indo, kalo city blom..makanya di brosur jazz ada keterangannya..btw temen saya pake premium koq, ga ada masalah..kayanya itu cuma pengaruh ke keawetan mesin & keiritan bensin deh...
@DigitALL : iya nih bung, kijang sih masih setia..tapi berhubung itu mobil keluarga, kadang juga dipake buat kerja, jd otomatis ga bisa seenak jidat dipake..kalo tentang mobil baru..kayanya yg di pikiran saya cuma city dulu deh, hehehe...ato mungkin mazda 3 ? haha
@DigitALL : iya nih bung, kijang sih masih setia..tapi berhubung itu mobil keluarga, kadang juga dipake buat kerja, jd otomatis ga bisa seenak jidat dipake..kalo tentang mobil baru..kayanya yg di pikiran saya cuma city dulu deh, hehehe...ato mungkin mazda 3 ? haha
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
To : alex corvis
Kalo memang cuma suka sama City yah lebih baik tunggu sampe versi VTEC-nya keluar deh... Kan jadi bisa dicompare langsung antara i-DSI dengan VTEC-nya. Kemudian harganya juga tidak akan terpaut jauh dari versi i-DSI.
Mazda 3 juga keren tuh... tapi belum ada kabar bakal masuk ke sini.
Kalo memang cuma suka sama City yah lebih baik tunggu sampe versi VTEC-nya keluar deh... Kan jadi bisa dicompare langsung antara i-DSI dengan VTEC-nya. Kemudian harganya juga tidak akan terpaut jauh dari versi i-DSI.
Mazda 3 juga keren tuh... tapi belum ada kabar bakal masuk ke sini.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Mon Jan 19, 2004 3:51
mazda3 bukannya mazda yang protege ya ? yang protege setau saya uda melintir di tengah jalan, CMIIW, tapi ya level harganya terpaut jauh sekali...sekelas civic...dulu sempet mikir byk, kaya beli new civic 2001, atau new galant...harga 2ndnya itu sekitar 165an, galant malah bisa 140an, dengan harganya yg hampir sama dgn city bisa dapet yg lebih nyaman.., tapi ya 2nd..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 353
- Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Mon Jan 19, 2004 3:51
barusan uda telpon ke sales dan udah tanya, kebetulan saya tanya ke sales honda union jaya, dan mereka bilang ga bisa nambah dari mereka, dan kalaupun ditambah manual, itu hidrolik atau apanya deh (saya ga ngerti) itu beda, katanya fungsinya ga optimal, dan mereka ga sediain...mungkin bisa bung landie cari ke dealer yang lain..
btw, saya tadi juga sekalian nanya tentang city vtec, sampe detik ini ga ada kabar tentang new city vtec kapan diluncurkan..yang uda pasti itu new civic facelift bulan april mendatang, waduh kalo kaya gini menderita nih
btw, saya tadi juga sekalian nanya tentang city vtec, sampe detik ini ga ada kabar tentang new city vtec kapan diluncurkan..yang uda pasti itu new civic facelift bulan april mendatang, waduh kalo kaya gini menderita nih
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 353
- Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Mon Jan 19, 2004 3:51
hm..sabar sih jujur aja..nggak..nggak banget,hehe
tapi ya kalo diliat dari kondisi, mungkin jg city bakal diluncurin lebih dulu, tapi emang honda mengharuskan semuanya tutup mulut, biar yg i-dsi ga jebot penjualannya...soalnya kalo saya perhatiin, iklan city itu muncul terus di koran, 1 minggu itu bisa bbrp kali, dan kmrn udah ada yang nawarin bunga 0%,biasanya kan kalo uda kaya gitu berarti mau keluar yang baru..kayanya sabar aja d...palingan 1-2 bulan lg..
btw, anda kuliah/kerja ? ada uneg2 laen selama make new city ? denger2 katanya ada masalah bunyi angin yg berisik, terus listrik statis, dll
tapi ya kalo diliat dari kondisi, mungkin jg city bakal diluncurin lebih dulu, tapi emang honda mengharuskan semuanya tutup mulut, biar yg i-dsi ga jebot penjualannya...soalnya kalo saya perhatiin, iklan city itu muncul terus di koran, 1 minggu itu bisa bbrp kali, dan kmrn udah ada yang nawarin bunga 0%,biasanya kan kalo uda kaya gitu berarti mau keluar yang baru..kayanya sabar aja d...palingan 1-2 bulan lg..
btw, anda kuliah/kerja ? ada uneg2 laen selama make new city ? denger2 katanya ada masalah bunyi angin yg berisik, terus listrik statis, dll
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 353
- Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38
Saya masih kuliah tuh, uneg2 selama pake city: rem cenderung mengunci dan kalo ditekan terlalu mendadak akan terdengar bunyi 'dukk' yg keras (seperti suara kl menabrak sesuatu), terus suspensinya juga suka bunyi gitu kalo melalui lubang pada kecepatan tinggi (padahal gak bagian bawahnya gak kena jalanan). EPS (electric power streering)nya bikin stir terlalu ringan, jadi kurang stabil untuk kecepatan > 140km/h. Soal bunyi angin yg berisik baru terjadi > 140km/h, dibawah itu masih ok2 aja. Listrik statis apa maksudnya?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Mon Jan 19, 2004 3:51
oh, denger2 kalo yang di i-dsi 2004 bangku belakang uda pake headrest, etc, tapi tentang masalah yg bung sebutkan sih masih blom tau deh..kalo listrik statis itu di forum2 malaysia banyak yg komplain kalo mereka 'kesetrum' di bagian city tertentu, dan cenderung cukup keras setrumannya...saya lupa di daerah mana, mungkin pintu kali ya..gak tau juga deh..
btw di website http://www.hondacity4u.com uda bisa download tv commercial city vtec (sekitar 490kb) disana terlihat jelas kalo lampu belakangnya beda..ok juga lah
btw tentang city 2004 interiornya uda ivory semua anda tau darimana ? soalnya di brosur masih ditentuin sama pihak HPM...
denger2 juga di city ga ada jam digital ya ? (pdhl lumayan penting)
btw di website http://www.hondacity4u.com uda bisa download tv commercial city vtec (sekitar 490kb) disana terlihat jelas kalo lampu belakangnya beda..ok juga lah
btw tentang city 2004 interiornya uda ivory semua anda tau darimana ? soalnya di brosur masih ditentuin sama pihak HPM...
denger2 juga di city ga ada jam digital ya ? (pdhl lumayan penting)
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Mon Jan 19, 2004 3:51
oh, denger2 kalo yang di i-dsi 2004 bangku belakang uda pake headrest, etc, tapi tentang masalah yg bung sebutkan sih masih blom tau deh..kalo listrik statis itu di forum2 malaysia banyak yg komplain kalo mereka 'kesetrum' di bagian city tertentu, dan cenderung cukup keras setrumannya...saya lupa di daerah mana, mungkin pintu kali ya..gak tau juga deh..
btw di website http://www.hondacity4u.com uda bisa download tv commercial city vtec (sekitar 490kb) disana terlihat jelas kalo lampu belakangnya beda..ok juga lah
btw tentang city 2004 interiornya uda ivory semua anda tau darimana ? soalnya di brosur masih ditentuin sama pihak HPM...
denger2 juga di city ga ada jam digital ya ? (pdhl lumayan penting)
btw di website http://www.hondacity4u.com uda bisa download tv commercial city vtec (sekitar 490kb) disana terlihat jelas kalo lampu belakangnya beda..ok juga lah
btw tentang city 2004 interiornya uda ivory semua anda tau darimana ? soalnya di brosur masih ditentuin sama pihak HPM...
denger2 juga di city ga ada jam digital ya ? (pdhl lumayan penting)
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 353
- Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38
Iya, bener tuh, aku suka kesetrum kalo siku kena pengait pintu depan. Warna interior yg ivory aku udah liat sendiri, punya temenku ada yg punya City 2004 warna satin silver, interiornya udah ivory(di brosurnya warna grey) dan ada jg temen lain yg pake city satin silver 2003, interiornya grey, trus pernah juga liat yg eternal blue pearl dengan interior ivory. Soal jam digital memang gak ada, tapi gak terlalu masalah karena display head unit bisa diset sebagai jam digital.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Mon Jan 19, 2004 3:51
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Thu Jan 29, 2004 17:24
- Location: CGK
Warning: long posting....
Maaf...agak OOT...
Salam kenal, saya Baron F. Hussein tau forum ini dari bung Yongis di http://www.indova.net.
ABS-EBD: IMHO... ga bisa sembarangan diganti begitu aja. Yang jelas beda setau saya....
1. Bagian caliper rem. Disitu ada bagian pompa hidrolik yang kerjanya pulse, jadi ga konstan kaya rem biasa yang langsung ikut tekanan dari kaki kita (tentu via vaccum booster dan master cylinder)
2. Sensor putaran roda. Yang ABS ada, yang non ABS ga ada.
3. Brake proportioning. Yang non EBD brake proportioningnya tekanan ke setiap roda fix, sedangkan yang EBD udah variable. Brake proportioning ini sendiri fungsinya membagi tekanan rem dari master cylinder ke 4 roda yang lain. Kalo untuk honda non EBD sistemnya diagonal, yang depan kiri pair ama belakang kanan, yang depan kanan pair ama belakang kiri. Yang EBD udah dikontrol ECU.
3. ECU. Karena semua info dari sensor yang ada akan diteruskan ke perangkat yang ada untuk ABD dan EBD. jadi harus ganti "otaknya" juga.
Jadi ga ekonomis kan? Kecuali Anda mau membeli alat "ABS-ABS-an" yang ada dipasaran. Fungsinya beda sekali. ABS aspal ini hanya mengurangi tekanan hidrolis dari master cylinder ke 4 roda yang ada. Jadilah ABS ini bukan Anti-lock Braking System, tetapi Anti-STOP Braking System
ABS yang asli kerjanya seperti berikut. Sensor yang ada memonitor putaran mesin, speed, dan putaran roda. Ketika roda ada gejala melambat lebih cepat dari putaran mesin (locking-up) ECU secara otomatis akan memerintahkan servo di roda yang akan "lock-up" tadi untuk mengurangi tekanan ke piston rem roda. Gerakan memompa ini cukup cepat, kira-kira 50x per detik. Makanya ketika kita mengerem mobil ABS secara mendadak, akan terasa "tendangan" balik berupa getaran (pulsating move) dari pedal rem. Hal ini adalah normal, yang menandakan ABS bekerja dengan baik.
Tidak halnya dengan rem non ABS. Ketika Anda menginjak pedal rem secara mendadak dan terasa ada getaran, berarti rotor (piring cakram), piston rem bawah, atau bagian lainnya harus di cek untuk kerusakan atau deformasi (perubahan bentuk).
EBD sendiri fungsinya mengganti kerja yang namanya "brake proportioning valve". EBD ini bekerja sama dengan ABS untuk mengurangi tekanan hidrolis rem ke roda-roda yang ada gejala untuk mengunci duluan. Contohnya ketika menikung tajam sambil mengerem. Ketika Anda menikung tajam ke kanan dan mengerem, roda sebelah kanan belakang Anda mendapat traksi paling sedikit, dengan demikian membutuhkan tekanan rem yang lebih sedikit dibanding dengan ban depan kanan misalnya. Kalo tekanannya sama seperti roda depan kanan, tentu roda belakang kanan Anda akan mengunci, berakibat hilangnya kontrol kendaraan.
Urutan roda yang mendapat traksi paling sedikit ketika Anda menikung tajam ke kanan dan mengerem, dimulai dari yang paling sedikit sampai ke traksi yang banyak.
belakang kanan---depan kanan---belakang kiri---depan kiri
Disinilah fungsi EBD bersama dengan ABS untuk menyeimbangkannya.
Untuk yang tidak memakai ABS, ada trik tertentu yang berdasarkan pengalaman saya cukup membantu ketika kendaraan Anda HAMPIR kehilangan kontrol, ketika mengerem dan roda mengunci. Cukup rasakan apakah roda sudah mulai mengunci, kemudian angkat kaki Anda dari pedal rem sesaat aja, dan injak lagi rem itu. Kalo ada gejala mengunci lagi, silahkan ulangi saja. Ini namanya ABS manual
Yang terpenting sebenarnya melihat keadaan lalu lintas (traffic) dan kondisi jalan itu sendiri (basah, pasir, aspal baru, etc). Seperti kata orang-orang bijak, "When in doubt, SLOW DOWN..."
Segini saja informasi dari saya, ditunggu komentar dan perbaikannya kalo ada yang kurang tepat.
NB: Forumnya banyak juga bahasannya ya?
Maaf...agak OOT...
Salam kenal, saya Baron F. Hussein tau forum ini dari bung Yongis di http://www.indova.net.

ABS-EBD: IMHO... ga bisa sembarangan diganti begitu aja. Yang jelas beda setau saya....
1. Bagian caliper rem. Disitu ada bagian pompa hidrolik yang kerjanya pulse, jadi ga konstan kaya rem biasa yang langsung ikut tekanan dari kaki kita (tentu via vaccum booster dan master cylinder)
2. Sensor putaran roda. Yang ABS ada, yang non ABS ga ada.
3. Brake proportioning. Yang non EBD brake proportioningnya tekanan ke setiap roda fix, sedangkan yang EBD udah variable. Brake proportioning ini sendiri fungsinya membagi tekanan rem dari master cylinder ke 4 roda yang lain. Kalo untuk honda non EBD sistemnya diagonal, yang depan kiri pair ama belakang kanan, yang depan kanan pair ama belakang kiri. Yang EBD udah dikontrol ECU.
3. ECU. Karena semua info dari sensor yang ada akan diteruskan ke perangkat yang ada untuk ABD dan EBD. jadi harus ganti "otaknya" juga.
Jadi ga ekonomis kan? Kecuali Anda mau membeli alat "ABS-ABS-an" yang ada dipasaran. Fungsinya beda sekali. ABS aspal ini hanya mengurangi tekanan hidrolis dari master cylinder ke 4 roda yang ada. Jadilah ABS ini bukan Anti-lock Braking System, tetapi Anti-STOP Braking System

ABS yang asli kerjanya seperti berikut. Sensor yang ada memonitor putaran mesin, speed, dan putaran roda. Ketika roda ada gejala melambat lebih cepat dari putaran mesin (locking-up) ECU secara otomatis akan memerintahkan servo di roda yang akan "lock-up" tadi untuk mengurangi tekanan ke piston rem roda. Gerakan memompa ini cukup cepat, kira-kira 50x per detik. Makanya ketika kita mengerem mobil ABS secara mendadak, akan terasa "tendangan" balik berupa getaran (pulsating move) dari pedal rem. Hal ini adalah normal, yang menandakan ABS bekerja dengan baik.
Tidak halnya dengan rem non ABS. Ketika Anda menginjak pedal rem secara mendadak dan terasa ada getaran, berarti rotor (piring cakram), piston rem bawah, atau bagian lainnya harus di cek untuk kerusakan atau deformasi (perubahan bentuk).
EBD sendiri fungsinya mengganti kerja yang namanya "brake proportioning valve". EBD ini bekerja sama dengan ABS untuk mengurangi tekanan hidrolis rem ke roda-roda yang ada gejala untuk mengunci duluan. Contohnya ketika menikung tajam sambil mengerem. Ketika Anda menikung tajam ke kanan dan mengerem, roda sebelah kanan belakang Anda mendapat traksi paling sedikit, dengan demikian membutuhkan tekanan rem yang lebih sedikit dibanding dengan ban depan kanan misalnya. Kalo tekanannya sama seperti roda depan kanan, tentu roda belakang kanan Anda akan mengunci, berakibat hilangnya kontrol kendaraan.
Urutan roda yang mendapat traksi paling sedikit ketika Anda menikung tajam ke kanan dan mengerem, dimulai dari yang paling sedikit sampai ke traksi yang banyak.
belakang kanan---depan kanan---belakang kiri---depan kiri
Disinilah fungsi EBD bersama dengan ABS untuk menyeimbangkannya.

Untuk yang tidak memakai ABS, ada trik tertentu yang berdasarkan pengalaman saya cukup membantu ketika kendaraan Anda HAMPIR kehilangan kontrol, ketika mengerem dan roda mengunci. Cukup rasakan apakah roda sudah mulai mengunci, kemudian angkat kaki Anda dari pedal rem sesaat aja, dan injak lagi rem itu. Kalo ada gejala mengunci lagi, silahkan ulangi saja. Ini namanya ABS manual

Yang terpenting sebenarnya melihat keadaan lalu lintas (traffic) dan kondisi jalan itu sendiri (basah, pasir, aspal baru, etc). Seperti kata orang-orang bijak, "When in doubt, SLOW DOWN..."

Segini saja informasi dari saya, ditunggu komentar dan perbaikannya kalo ada yang kurang tepat.

NB: Forumnya banyak juga bahasannya ya?
Baron F. Hussein
Righty is tighty, lefty is loosey....
Righty is tighty, lefty is loosey....
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Thu Jan 29, 2004 17:24
- Location: CGK
Terima kasih bung Demonium...
Ga hebat lah, biasa-biasa aja. Saya cuma berbagi info yang saya tahu. Yah kita disini mungkin satu hobi, saling berbagi kan bagus. Mungkin ada kesalahan ya bisa aja di koreksi.
Lokasi saya di Yogyakarta bung, Anda sendiri dimana? BTW, Demonium itu nama asli Anda? Kok seperti sejenis logam ya?
Maaf kalo ada kata-kata yang menyinggung....

Ga hebat lah, biasa-biasa aja. Saya cuma berbagi info yang saya tahu. Yah kita disini mungkin satu hobi, saling berbagi kan bagus. Mungkin ada kesalahan ya bisa aja di koreksi.

Lokasi saya di Yogyakarta bung, Anda sendiri dimana? BTW, Demonium itu nama asli Anda? Kok seperti sejenis logam ya?

Maaf kalo ada kata-kata yang menyinggung....
Baron F. Hussein
Righty is tighty, lefty is loosey....
Righty is tighty, lefty is loosey....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Mon Jan 19, 2004 3:51
thx jg bung baron...
sekedar info aja, hari ini akhirnya saya dapet kabar tentang new city vtec dari si sales, katanya keluar april (yeah!! bulan depan babyy)..terus uda bisa di-indent dari sekarang, harganya beda 10jt dari yang versi i-dsi, sedangkan yang i-dsi juga bakal dirilis ulang dengan tambahan airbag,abs,dll dengan harga 5jt lebih mahal dari harga yang skrg. inden sekitar 1-2 bulan...molor gak ya??...tapi gpp hati uda lega,penantian berakhir..haha
sekedar info aja, hari ini akhirnya saya dapet kabar tentang new city vtec dari si sales, katanya keluar april (yeah!! bulan depan babyy)..terus uda bisa di-indent dari sekarang, harganya beda 10jt dari yang versi i-dsi, sedangkan yang i-dsi juga bakal dirilis ulang dengan tambahan airbag,abs,dll dengan harga 5jt lebih mahal dari harga yang skrg. inden sekitar 1-2 bulan...molor gak ya??...tapi gpp hati uda lega,penantian berakhir..haha
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Thu Jan 29, 2004 17:24
- Location: CGK
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Mon Jan 19, 2004 3:51
bung baron, kalo yang fit versi jepang kan ada yang vtec tuh, itu mesinnya bukan yg type z ya ? terus type z itu apa bener sedan paling kenceng di kelasnya ? kalo nyaman sih emang banyak yg bilang, katanya type z paling lega, maklum nih baru kali ini mau beli sedan...di rumah biasanya mobil ya mobil keluarga, mini bus gitu..
oh terus katanya kan new city vtec ini pake mesin type z dulu, ternyata vtec yang sohc ya ?...terus kenapa di type z ps nya bisa sampe 115,sedangkan di new city 110 ? maap nih, gak ngerti tentang mesin mobil

oh terus katanya kan new city vtec ini pake mesin type z dulu, ternyata vtec yang sohc ya ?...terus kenapa di type z ps nya bisa sampe 115,sedangkan di new city 110 ? maap nih, gak ngerti tentang mesin mobil



-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Mengenai mesin City Type Z (VTEC), emang bener sedan paling kenceng di kelasnya. Top speed bisa sampe 180 km/jam ! Kalo sedan sekelas lainnya paling juga 160 km/jam. Saya pernah baca komparasinya di majalah AUTOCAR.
Kalo ngga salah sih, FIT (Jepang) itu ada yang VTEC 1300cc dan 1500cc. Cuma yang masuk lewat IU kebanyakan 1300cc, biar lebih terjangkau. Keliatannya ngga sama dengan City Type Z, walopun sama2 VTEC.
Menurut saya, Type Z ngga selega New City...
Pertanyaan lainnya mungkin bisa dijawab sama pakarnya ?
Kalo ngga salah sih, FIT (Jepang) itu ada yang VTEC 1300cc dan 1500cc. Cuma yang masuk lewat IU kebanyakan 1300cc, biar lebih terjangkau. Keliatannya ngga sama dengan City Type Z, walopun sama2 VTEC.
Menurut saya, Type Z ngga selega New City...
Pertanyaan lainnya mungkin bisa dijawab sama pakarnya ?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Thu Jan 29, 2004 17:24
- Location: CGK
Bung Alex,
New City yang i-DSI cuma 88 hp tenaganya. Yang New City VTEC (aduuuhhhh banyak amat variant-nya!!!) cuma 110 karena ada perbedaan di ECU.
Yang Type Z, itu bisa ampe 190 larinya (test HPM sini pas pertama keluar dulu). Tapi kalo dibawa di bawah rpm 2000 suka nyendat-nyendat. Nah, yang beli berhubung banyak "merasa" priyayi ga suka mobil ajrut-ajrut. Jadi HPM berinisiatif untuk menulis ulang (re-map) ECU kalo ada yang komplain masalah itu di Type Z. Otomatis performa kurang, bisa ampe 15-20 persen katanya...
Yang New City VTEC ini ECU dah versi spec-down, menghindari komplain "kaum priyayi" ini tadi kayanya. Malah resminya ga sampe 110 hp bung. Cuma 105 hp
... saya ga tau jadi yang mana ni (yang 105 ato 110) yang dilempar ke pasar.
VTEC yang masuk ke Indonesia cuma yang SOHC, kecuali CR-V dan Stream 2.0 yang udah i-VTEC DOHC (mesinnya sama aja tuh mobil dua, beda body doang...) Kendalanya di bahan bakar dan segment pasar mobil Honda itu sendiri di Indonesia. Itu kesulitannya.
Sebenarnya lagi...mesin City type Z itu mesin "gado-gado" kok... Mungkin ada yang udah tau ya? Lah wong itu blok mesin sama ama Grand Civic/LX ato Genio (cuma yang Genio beda stroke doang...) tapi make head New Civic 1700 cc!!! Tuh kan gado-gado! Trus Type Z juga di valve cover ada tulisan "hyper engine" karena mesin ini bisa berputar tinggi (7200 baru redline jek... genio 6700...grand civic 6500). Makanya dibilang "hyper". Marketing jargon tuh...
Kalo lega, jelas lega New City. Buset tuh....bagasi seluas Senayan gitu. Pernah liat bagasi pas kursi belakang di lipat rata ama lantai? Busseeettt dah lapang bener!!! bisa buat tedor 6 orang kali....
Tapi kalo lari...City Type Z deh, cari aja yang blum di re-map ulang ECUnya... kesenggol dikit, naek tuh VTEC sialan..
Ada rekan lain yang bisa menambahkan?Mohon dikoreksi kalo ada kekurangan....
NB: setau saya, Honda FIT (disini Jazz) yang masuk dari IU ada dua versi, 1300 dan 1500. Tapi dua duanya make i-DSI, saya pribadi blum pernah liat Honda FIT yang VTEC. Mungkin ada yang bisa menambahkan?
New City yang i-DSI cuma 88 hp tenaganya. Yang New City VTEC (aduuuhhhh banyak amat variant-nya!!!) cuma 110 karena ada perbedaan di ECU.
Yang Type Z, itu bisa ampe 190 larinya (test HPM sini pas pertama keluar dulu). Tapi kalo dibawa di bawah rpm 2000 suka nyendat-nyendat. Nah, yang beli berhubung banyak "merasa" priyayi ga suka mobil ajrut-ajrut. Jadi HPM berinisiatif untuk menulis ulang (re-map) ECU kalo ada yang komplain masalah itu di Type Z. Otomatis performa kurang, bisa ampe 15-20 persen katanya...

Yang New City VTEC ini ECU dah versi spec-down, menghindari komplain "kaum priyayi" ini tadi kayanya. Malah resminya ga sampe 110 hp bung. Cuma 105 hp

VTEC yang masuk ke Indonesia cuma yang SOHC, kecuali CR-V dan Stream 2.0 yang udah i-VTEC DOHC (mesinnya sama aja tuh mobil dua, beda body doang...) Kendalanya di bahan bakar dan segment pasar mobil Honda itu sendiri di Indonesia. Itu kesulitannya.
Sebenarnya lagi...mesin City type Z itu mesin "gado-gado" kok... Mungkin ada yang udah tau ya? Lah wong itu blok mesin sama ama Grand Civic/LX ato Genio (cuma yang Genio beda stroke doang...) tapi make head New Civic 1700 cc!!! Tuh kan gado-gado! Trus Type Z juga di valve cover ada tulisan "hyper engine" karena mesin ini bisa berputar tinggi (7200 baru redline jek... genio 6700...grand civic 6500). Makanya dibilang "hyper". Marketing jargon tuh...

Kalo lega, jelas lega New City. Buset tuh....bagasi seluas Senayan gitu. Pernah liat bagasi pas kursi belakang di lipat rata ama lantai? Busseeettt dah lapang bener!!! bisa buat tedor 6 orang kali....

Tapi kalo lari...City Type Z deh, cari aja yang blum di re-map ulang ECUnya... kesenggol dikit, naek tuh VTEC sialan..

Ada rekan lain yang bisa menambahkan?Mohon dikoreksi kalo ada kekurangan....

NB: setau saya, Honda FIT (disini Jazz) yang masuk dari IU ada dua versi, 1300 dan 1500. Tapi dua duanya make i-DSI, saya pribadi blum pernah liat Honda FIT yang VTEC. Mungkin ada yang bisa menambahkan?
Baron F. Hussein
Righty is tighty, lefty is loosey....
Righty is tighty, lefty is loosey....