Yg udah dapet Livina absen disiniii.........

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

gunawan98
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56

Post by gunawan98 »

saya belum baca bukunya pak...:D:D makanya saya tanya disini. Kalo buku panduan tulis RON92, ya artinya harus RON92 dong. Masak di korupsi jadi RON88. Tapi buat test FC entar saya coba pake RON88 deh pak. Sekali aja.... :D:D:D
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

gunawan98 wrote:saya belum baca bukunya pak...:D:D makanya saya tanya disini. Kalo buku panduan tulis RON92, ya artinya harus RON92 dong. Masak di korupsi jadi RON88. Tapi buat test FC entar saya coba pake RON88 deh pak. Sekali aja.... :D:D:D
kalau sesekali mah ngga papa pak. mobil2 canggih jaman sekarang memang sudah dirancang seperti itu apalagi buat indonesia. coba pak bayangin, waktu pulkam itu mobil saya cuman bisa nelennya pertamax pluss!! pake pertamax aja udah kerasa ngga enak... nah kalo jalan kedaerah yang adanya cuman premium kan.. hahaha nyari mati aja bawa mobil kaya begitu.. makanya sekarang mobil didesain apalagi SUV biar bisa nelen segala RON kalau memang kepaksa.. tapi jangann dipake buat jangka panjang. dibuku ketulisnya ron 92 pak.
gunawan98
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56

Post by gunawan98 »

menurut pengamatan dan pengalaman saya pak, kalo mobil yang mestinya pake pertamax, terus pake premium tidak akan ngelitik kalo dipake dibawah 3000 rpm. tapi diatas itu pasti nanti bunyi ngelitik. mungkin atas dasar itu, ada yang bilang kalo dalkot boleh premium.

masalahnya emang premium ama pertamax beda banget tuh harganya. bisa dibayangin kalo dibilang bahwa GL HARUS pake pertamax.. mungkin susah laku yah.

itu tuh inova aja menurut saya harus pake RON92. tapi disini dipaksa aja..
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

Kalo soal knocking sensor.. udah pernah dibicarakan saat technical meeting ke-2 (Pd TM ke -1 katanya ichsan ikutan juga ya)
---> iyeee gw ikutan.. makanya gw tau sistem kerjanya ngga jauh beda sama knocking sensor yang berlaku umur. seperti kata elu dibawah ini lah "

" .. kerja knocking sensor saat terjadi knocking maka ECU secara otomatis akan mengatur derajat pengapian u/ disesuaikan smp tidak ada knocking.... CMIIW.. ini yg gw inget swkt dijelaskan"

dan juga dijelaskan pada saat pakai premium angka power dan torsi max akan turun, jadi tidak bisa dicapai angka max spt di brosur.
(NOTE: pengukuran di brosur power dan torsi max pakai pertamax) -----> kalo ini kan udah gw jelaskan diatas, sudah pasti ngga mungkin dapet torsi dan power maksimum semenjak bensinnya meleduk duluan sebelum pengapian.

Abis baca ulasan lo.. gw jadi penasaran.. tuh mesin HR15DE dan MR18DE dg CR masing2.. distelnya bisa minum premium gimana caranya ya? ---> ya sebenernya udah elu jelasin sendiri sih diatas.
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

gunawan98 wrote:menurut pengamatan dan pengalaman saya pak, kalo mobil yang mestinya pake pertamax, terus pake premium tidak akan ngelitik kalo dipake dibawah 3000 rpm. tapi diatas itu pasti nanti bunyi ngelitik. mungkin atas dasar itu, ada yang bilang kalo dalkot boleh premium.

masalahnya emang premium ama pertamax beda banget tuh harganya. bisa dibayangin kalo dibilang bahwa GL HARUS pake pertamax.. mungkin susah laku yah.

itu tuh inova aja menurut saya harus pake RON92. tapi disini dipaksa aja..
bukannya tarikan bawah malah jadi ngelitik pak? IMHO.. bisa aja dipaksa, tapi ya itu, lebih boros kecenderungannya.. sorry akuntan pak bukan engineer heheheh... tapi bisa jadi sih pak
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Makanya gw bilang lo kudu ikut KP tuh... lo lebih ahli dibanding gw soal gini2an.. pasti seru kalo lo bertanya disana dg technical background lo yg jago gitu tuh.... gw sih cupu kalo soal engine ..... kalo soal jok kulit.. boleh deh lo tanya2 :lol:

Btw..
"Xtrail hijau yang dirubah buat minum premium tahun 2004 lalu, kemaren (tahun ini) akhirnya servis abis berapa gara maksa minum premium?"

Siapa yg setting ??.. R&D Jepang ya? ato SA BERES Nissan PI? Kalo R&D Nissan Jepang yg settting.. ga mungkin dikeluarin cuma 1 unit Xtrail ijo itu... kalo ownernya yg minta SA BERES Nissan PI u/ ubah settingan R&D Jepang dg pertamax jadi premium.. ya Ownernya aja ga pake logika (lebih tepatnya [cencored]) .. menganggap teknisi SA beres Nissan lebih pinter dari Teknisi R&D Nissan Jepang.

Wakakak.. kaga tiap jumat bro... lo plg jago ngales.. and kaburrrrrr .. ha ha ha... ada aja alesannya... OMDO niyyyyy.
Ga tuh.. gw ga bilang2 lo mo datang.. cuma mo bikin surprise yg lain aja kalo sampe lo dateng.
Bukan maboknya yg gw takut... kalo mabok ketawa ketiwi sih seru.. .kalo mabonya rese nyari gara2... repot deh..

ichsan_n wrote:hahaha.. bisa aje lu. maxx.. galant ST yang standartnya premix jg bisa nenggek premium tanpa ngelitik karena punya sistem seperti livina ini. tapi yah itu akibatnya biasanya sih hasilnya HLA elu akan kemakan setelah 3-4 tahun. emang bener bro, gw bukan engineer pasti nya ngga mungkin lawan orang R&D lah.. ini jg hipotesis loh.. but gw ambil contoh deh, coba anggota milis lu atau ketua Xtrail si gussur.. suruh tanyain ke bengkel Nissan pondok indah.. Xtrail hijau yang dirubah buat minum premium tahun 2004 lalu, kemaren (tahun ini) akhirnya servis abis berapa gara maksa minum premium? hahaahahahhah! dulu setting disitu tuh. broo gimanapun jg, seperti gw bilang.. itu cuman fitur.. sedangkan jenis BBM yang tepat yah angka CR ngga bisa boong bro... karena berhubungan dengan napas dan jantung mesin tersebut.

apalagi elu bilang kalo power dan torsi max itu atas standart pertamax.. ngga mungkin lah bro pakr premium bisa lebih irit. kalo cuman "just fine" iya lah masih masuk akal buat sementara. tapi yah setahu gw nih kalo elu rubah ke oktan lebih rendah yah otomotis biasanya setting derajat pengapian dan adjust tutup buka katup. gw ngga tau ternyata ada mekanisme lain yang lebih canggih dari itu, siapa tahu minyak kelapa aja ngga papa kali.. ini kita ambil umum aja deh macam mobil2 sekarang memiliki fitur knocking sensor di sistem injeksinya. cuman kalo mobil macem jazz atau yang lebih simple mesinnya yah kan masa tiap kalo gonta-gatni bensin elu mau setting ulang mulu? nah di livina ini dijadiin otomatis dengan batas toleransi yang mungkin diatas 7% dari ron 92. tapi ingat bro, toleransi itu aja setahu gw jg dihitung base casenya dari angka RON standaer kompresi mesin loh!

Intinya, ini bukan masalah capability kemampuan knocking sensor bro atau R&D bro.. tapi ini kaidah umum untuk sebuah engine dan masalah "makanan yang tepat" buat mesinnya. CR is that matter bro.. sekali lagi bukan fiturnya. statistic never lies lah.. kaya elu sesekali nenggek minyak kayu putih kan perut elu masih kuat karena ada mekanisme "knocking sensor" ala ginjal.. nah tapi bayangin deh kalo saban tahun tiap minggu elu nenggek minyak kayu putih mulu.. apa kaga jebol jg tuh ginjal? karena gimanapun jg mau NMI minta biar bisa nelen premium, tetep aja CR dan rekomendasi buku petunjuk (ini ada unsur legal nya loh, ngga maen2) ditulis RON 92. tapi coba deh elu tanyain sendiri kalo elu kesana.. bisa lahh.. elu kan lebih jago dari gw.. gilee lu gw akuntan nih bukan engineer. apalagi gw masuk blacklist customernya NMI kaleee hahahaha...

btw bro, emangnya elu udah bilang sama yang laen "darklord" SM mau ikut? hahahaha... sip, pokoknya tiap jumat kan? gw ada flight to catch masalahnya sore ini. maklum tukang siomay.. kekekeke... udah elu bilang dulu sono, monggo2 dulu gw mau dateng.. ntar malah masalah lagi... dateng mah gampang, tapi beneran sore ini gw ada keperluan dulu. salam aja dari gw. hehehe... ngebir aja mabok..malu2in gw aja lu
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
dony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22

Post by dony »

Kalau dibilang terang-an tidak boleh minum premium dari awal launching, kayaknya nich mobil kagak bakal laku kayak kacang goreng.
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

ichsan_n wrote:
gunawan98 wrote:saya belum baca bukunya pak...:D:D makanya saya tanya disini. Kalo buku panduan tulis RON92, ya artinya harus RON92 dong. Masak di korupsi jadi RON88. Tapi buat test FC entar saya coba pake RON88 deh pak. Sekali aja.... :D:D:D
kalau sesekali mah ngga papa pak. mobil2 canggih jaman sekarang memang sudah dirancang seperti itu apalagi buat indonesia. coba pak bayangin, waktu pulkam itu mobil saya cuman bisa nelennya pertamax pluss!! pake pertamax aja udah kerasa ngga enak... nah kalo jalan kedaerah yang adanya cuman premium kan.. hahaha nyari mati aja bawa mobil kaya begitu.. makanya sekarang mobil didesain apalagi SUV biar bisa nelen segala RON kalau memang kepaksa.. tapi jangann dipake buat jangka panjang. dibuku ketulisnya ron 92 pak.
Yakin Om tepat tertulis Ron 92?? .. krn setau saya pada sharing kalo di buku manual tertulisnya RON 91... CMIIW


edited: ..oh iya gw baru inget.. kenapa harus ditulis RON 91 di buku manual ..bukannya RON 88 .. mau tau??.. he he he.. krn u/ hasilkan torsi dan power max sesuai dg yg diclaim Nissan dan tertulis pada Brosur.. harus pakai RON 91. .. kalo dibuku manual ditulis RON 88 maka power dan torsi max ga bisa ditulis sesuai brosur yg sekarang.. padahal mesin bisa mencapai angka tersebut dg RON 91 ... itu seinget gw loh.. bukan kata2 gw nih...

Lagi pula kalo memang mesin GL harus nelen Pertamax.. sesuai info dan penjelasan bro Ichsan pastinya tuh mesin knocking terus diputaran bawah maupun atas... tp kok kenyataannya belum ada owner GL yg bilang knocking terus gara2 pake premium yah???
Last edited by maxx on Fri Sep 07, 2007 8:38, edited 1 time in total.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

[quote="maxx"]Makanya gw bilang lo kudu ikut KP tuh... lo lebih ahli dibanding gw soal gini2an.. pasti seru kalo lo bertanya disana dg technical background lo yg jago gitu tuh.... gw sih cupu kalo soal engine ..... kalo soal jok kulit.. boleh deh lo tanya2 :lol:

Btw..
"Xtrail hijau yang dirubah buat minum premium tahun 2004 lalu, kemaren (tahun ini) akhirnya servis abis berapa gara maksa minum premium?"

Siapa yg setting ??.. R&D Jepang ya? ato SA BERES Nissan PI? Kalo R&D Nissan Jepang yg settting.. ga mungkin dikeluarin cuma 1 unit Xtrail ijo itu... kalo ownernya yg minta SA BERES Nissan PI u/ ubah settingan R&D Jepang dg pertamax jadi premium.. ya Ownernya aja ga pake logika (lebih tepatnya [cencored]) .. menganggap teknisi SA beres Nissan lebih pinter dari Teknisi R&D Nissan Jepang. ---------> AHAHAHA... kali ini gw setuju sama elu.. guobbloookk tuh oranggg!!!

Wakakak.. kaga tiap jumat bro... lo plg jago ngales.. and kaburrrrrr .. ha ha ha... ada aja alesannya... OMDO niyyyyy.
Ga tuh.. gw ga bilang2 lo mo datang.. cuma mo bikin surprise yg lain aja kalo sampe lo dateng.
Bukan maboknya yg gw takut... kalo mabok ketawa ketiwi sih seru.. .kalo mabonya rese nyari gara2... repot deh.. ---> ini nehhh.. gw udah curiga elu ngga bilang2.. jangan lahhh.. eh tapi beneran gw harus ke airport sore ini.
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

ichsan_n wrote: Abis baca ulasan lo.. gw jadi penasaran.. tuh mesin HR15DE dan MR18DE dg CR masing2.. distelnya bisa minum premium gimana caranya ya? ---> ya sebenernya udah elu jelasin sendiri sih diatas.
kurang yg ini bos --> Pasti ga sesimple dg otomatis derajat pengapian berubah saat knocking dapat atasi minum premium tanpa masalah, krn pasti R&D Nissan Jpg sudah setting nih mesin agar bisa nelen premium.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

maxx wrote:
ichsan_n wrote:
gunawan98 wrote:saya belum baca bukunya pak...:D:D makanya saya tanya disini. Kalo buku panduan tulis RON92, ya artinya harus RON92 dong. Masak di korupsi jadi RON88. Tapi buat test FC entar saya coba pake RON88 deh pak. Sekali aja.... :D:D:D
kalau sesekali mah ngga papa pak. mobil2 canggih jaman sekarang memang sudah dirancang seperti itu apalagi buat indonesia. coba pak bayangin, waktu pulkam itu mobil saya cuman bisa nelennya pertamax pluss!! pake pertamax aja udah kerasa ngga enak... nah kalo jalan kedaerah yang adanya cuman premium kan.. hahaha nyari mati aja bawa mobil kaya begitu.. makanya sekarang mobil didesain apalagi SUV biar bisa nelen segala RON kalau memang kepaksa.. tapi jangann dipake buat jangka panjang. dibuku ketulisnya ron 92 pak.
Yakin Om tepat tertulis Ron 92?? .. krn setau saya pada sharing kalo di buku manual tertulisnya RON 91... CMIIW
gini lahh..even ron 91.. (ini kan sama dengan hasil perhitungan kompresi gw diatas).. elu beli bensin apa yang ronnya 91? seinget gw sih 92 yah pertamax
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

OMDO Euyyyy... :lol:
ichsan_n wrote:
maxx wrote:Makanya gw bilang lo kudu ikut KP tuh... lo lebih ahli dibanding gw soal gini2an.. pasti seru kalo lo bertanya disana dg technical background lo yg jago gitu tuh.... gw sih cupu kalo soal engine ..... kalo soal jok kulit.. boleh deh lo tanya2 :lol:

Btw..
"Xtrail hijau yang dirubah buat minum premium tahun 2004 lalu, kemaren (tahun ini) akhirnya servis abis berapa gara maksa minum premium?"

Siapa yg setting ??.. R&D Jepang ya? ato SA BERES Nissan PI? Kalo R&D Nissan Jepang yg settting.. ga mungkin dikeluarin cuma 1 unit Xtrail ijo itu... kalo ownernya yg minta SA BERES Nissan PI u/ ubah settingan R&D Jepang dg pertamax jadi premium.. ya Ownernya aja ga pake logika (lebih tepatnya [cencored]) .. menganggap teknisi SA beres Nissan lebih pinter dari Teknisi R&D Nissan Jepang. ---------> AHAHAHA... kali ini gw setuju sama elu.. guobbloookk tuh oranggg!!!

Wakakak.. kaga tiap jumat bro... lo plg jago ngales.. and kaburrrrrr .. ha ha ha... ada aja alesannya... OMDO niyyyyy.
Ga tuh.. gw ga bilang2 lo mo datang.. cuma mo bikin surprise yg lain aja kalo sampe lo dateng.
Bukan maboknya yg gw takut... kalo mabok ketawa ketiwi sih seru.. .kalo mabonya rese nyari gara2... repot deh.. ---> ini nehhh.. gw udah curiga elu ngga bilang2.. jangan lahhh.. eh tapi beneran gw harus ke airport sore ini.
Last edited by maxx on Fri Sep 07, 2007 8:56, edited 1 time in total.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

ichsan_n wrote:
maxx wrote:
ichsan_n wrote: kalau sesekali mah ngga papa pak. mobil2 canggih jaman sekarang memang sudah dirancang seperti itu apalagi buat indonesia. coba pak bayangin, waktu pulkam itu mobil saya cuman bisa nelennya pertamax pluss!! pake pertamax aja udah kerasa ngga enak... nah kalo jalan kedaerah yang adanya cuman premium kan.. hahaha nyari mati aja bawa mobil kaya begitu.. makanya sekarang mobil didesain apalagi SUV biar bisa nelen segala RON kalau memang kepaksa.. tapi jangann dipake buat jangka panjang. dibuku ketulisnya ron 92 pak.
Yakin Om tepat tertulis Ron 92?? .. krn setau saya pada sharing kalo di buku manual tertulisnya RON 91... CMIIW
gini lahh..even ron 91.. (ini kan sama dengan hasil perhitungan kompresi gw diatas).. elu beli bensin apa yang ronnya 91? seinget gw sih 92 yah pertamax
Editan gw ga kebawa tuh.. neh.


edited: ..oh iya gw baru inget.. kenapa harus ditulis RON 91 di buku manual ..bukannya RON 88 .. mau tau??.. he he he.. krn u/ hasilkan torsi dan power max sesuai dg yg diclaim Nissan dan tertulis pada Brosur.. harus pakai RON 91. .. kalo dibuku manual ditulis RON 88 maka power dan torsi max ga bisa ditulis sesuai brosur yg sekarang.. padahal mesin bisa mencapai angka tersebut dg RON 91 ... itu seinget gw loh.. bukan kata2 gw nih...

Lagi pula kalo memang mesin GL harus nelen Pertamax.. sesuai info dan penjelasan bro Ichsan pastinya tuh mesin knocking terus diputaran bawah maupun atas... tp kok kenyataannya belum ada owner GL yg bilang knocking terus gara2 pake premium yah???
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
dony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22

Post by dony »

Ada lho Bung maxx di mils, terus pak Teddy khan saran coba pakai pertamax plus/Shell super extra kalau nggk salah.
dony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22

Post by dony »

Kalu di mils SM sich blm ada, cuma kayaknya ntar lagi nich pasti ada .....khan taulah orgnya siapa.
Ayoooo...tebak siapa ? heeeee...just kidding
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

dony wrote:Ada lho Bung maxx di mils, terus pak Teddy khan saran coba pakai pertamax plus/Shell super extra kalau nggk salah.
Seinget gw.. dia pake shell.. disarankan pakai pertamax / premium ... jangan salah inget loh... nanti kompor ichsan meleduk lagi tuh.. wkakakak..
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

dony wrote:Kalu di mils SM sich blm ada, cuma kayaknya ntar lagi nich pasti ada .....khan taulah orgnya siapa.
Ayoooo...tebak siapa ? heeeee...just kidding
Moga2 aja ada.. biar tambah rame.. dan panas kompor somay si ichsan... a ha ha ha ha.. JK ye bos..
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

edited: ..oh iya gw baru inget.. kenapa harus ditulis RON 91 di buku manual ..bukannya RON 88 .. mau tau??.. he he he.. krn u/ hasilkan torsi dan power max sesuai dg yg diclaim Nissan dan tertulis pada Brosur.. harus pakai RON 91. .. kalo dibuku manual ditulis RON 88 maka power dan torsi max ga bisa ditulis sesuai brosur yg sekarang.. padahal mesin bisa mencapai angka tersebut dg RON 91 ... itu seinget gw loh.. bukan kata2 gw nih... ---> hasyaahhh brooo.. coba elu itung2 lagi deh. rumus matematiknya ada kok. kenapa ngga ditulis 88 bukan 91.. ya karena CR nya segitu pan?! bukan masalah harusnya ditulis 88 tapi satu sisi CR 10.1.. malah bego tuh engineer jepang! ini mah udah emang hasil perhitungan men, makanya ditulis 91.. perhitungan torsi dan power basecasenya ke RON atau ke CR? coba deh elu NMI, kalo dia jawab ke ROn.. hehehe .....duh cape neh nerangin elu, elu baca lagi deh tulisan gw

Lagi pula kalo memang mesin GL harus nelen Pertamax.. sesuai info dan penjelasan bro Ichsan pastinya tuh mesin knocking terus diputaran bawah maupun atas... tp kok kenyataannya belum ada owner GL yg bilang knocking terus gara2 pake premium yah??? ---- > haiyaaahhhhh!!!! udah nerangin panjang lebar.. broo, itu yang namanya fitur KNOCKING SENSORRRRR!!!!!! GRGGRGRGRGRGRGRG.... muter2 dehhh ihhhh elu nanyanya.
Last edited by ichsan_n on Fri Sep 07, 2007 9:03, edited 1 time in total.
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

ichsan_n wrote:edited: ..oh iya gw baru inget.. kenapa harus ditulis RON 91 di buku manual ..bukannya RON 88 .. mau tau??.. he he he.. krn u/ hasilkan torsi dan power max sesuai dg yg diclaim Nissan dan tertulis pada Brosur.. harus pakai RON 91. .. kalo dibuku manual ditulis RON 88 maka power dan torsi max ga bisa ditulis sesuai brosur yg sekarang.. padahal mesin bisa mencapai angka tersebut dg RON 91 ... itu seinget gw loh.. bukan kata2 gw nih... ---> hasyaahhh brooo.. coba elu itung2 lagi deh. rumus matematiknya ada kok. kenapa ngga ditulis 88 bukan 91.. ya karena CR nya segitu pan?! duh cape neh nerangin elu, elu baca lagi deh tulisan gw

Lagi pula kalo memang mesin GL harus nelen Pertamax.. sesuai info dan penjelasan bro Ichsan pastinya tuh mesin knocking terus diputaran bawah maupun atas... tp kok kenyataannya belum ada owner GL yg bilang knocking terus gara2 pake premium yah??? ---- > haiyaaahhhhh!!!! udah nerangin panjang lebar.. broo, itu yang namanya fitur KNOCKING SENSORRRRR!!!!!! GRGGRGRGRGRGRGRG.... muter2 dehhh ihhhh elu nanyanya.
wakaka.. jelasin lagi dong... yg lebih detail... :lol:

Meski ada knocking sensor .. keknya susah deh harus ngejar dari RON 88 ke RON 91 tanpa knocking... pasti Technisi R&D Jepang udah ada ubah settingan mesin .. jangan tanya dimana yg diubah .. gw ga tau .. yg gw yakin R&D Jpg ga sebodoh itu merilis mesin CR segitu boleh pake RON88 tanpa ada settingan khusus.

Makanya.. lo yg tanya tuh sama CSR NMI.. biar disini ada jawaban dari sumber yg tepat... gw ga ngerti engine.. jd pasti belet kalo bawa2 technical u/ bertanya
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

maxx wrote: wakaka.. jelasin lagi dong... yg lebih detail... :lol:

Makanya.. lo yg tanya tuh sama CSR NMI.. biar disini ada jawaban dari sumber yg tepat... gw ga ngerti engine.. jd pasti belet kalo bawa2 technical u/ bertanya
udah gw EMAIL.. tapi ngga dijawab udah berhari-hari... hehehe.. ngerti donk apa maksudnya? BLACKLISTTTTTTTT... JANGAN PERNAH ELU BELI2 NISSAN GW LAGI.. hahahahhaha!!! yaahh kan itu lah untungnya ada elu bro disini...
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

ichsan_n wrote:
maxx wrote: wakaka.. jelasin lagi dong... yg lebih detail... :lol:

Makanya.. lo yg tanya tuh sama CSR NMI.. biar disini ada jawaban dari sumber yg tepat... gw ga ngerti engine.. jd pasti belet kalo bawa2 technical u/ bertanya
udah gw EMAIL.. tapi ngga dijawab udah berhari-hari... hehehe.. ngerti donk apa maksudnya? BLACKLISTTTTTTTT... JANGAN PERNAH ELU BELI2 NISSAN GW LAGI.. hahahahhaha!!! yaahh kan itu lah untungnya ada elu bro disini...
Jangan nyerah dong Bos... ikutan KP.. tanya langsung disono.. sekalian buat buka mata semua orang yg ikutan KP dan dengar apa jawaban Teknisi Pabrik Nissan .. apakah ada pencerahan atau gimana??.. denger2 ada teknisi jepangnya yg ikutan u/ technical question.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
dony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22

Post by dony »

Betul , ikutan bung ichsan biar ntar sesi tanya jawab seru, jadi benar-2 bersemangat dech.
Bung Ichsan emang hebaaat tenant ilmunya.
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

[quote="maxx"]
Meski ada knocking sensor .. keknya susah deh harus ngejar dari RON 88 ke RON 91 tanpa knocking... pasti Technisi R&D Jepang udah ada ubah settingan mesin .. ------> CUAPEE DEEE.... settingan itu (untuk pengapian pengaturan stelan kelp buang dan masuk) jg ada ukurang tolerasinya brooo, itu yang kita ngga tau, mungkin dilivina besar... tapiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii.......... biasaaaanyaaaaaaaaa dihiiiiitungggg dariiiiiiiiiiii tinggggggggkattttt kompresiiiiiiiiiii yaaangggg seharrusssssnyaaaaa!!!! sehinggggaaa keluarrrr nillaaiiiii RONNN staaandartttttnyaaaaaaaa... bbarruu bisssaaa kelluarrrr hiiitunggannn toleeraasnnissss deraaajaattttt penggaaapiaaannnyaaa.... gww bukkkann masaallhhinn fituuurrr knnokkkinggg seeensorrrr.... taapiiiii daammmpaaakkkkk pemmaaakaaaiaannn RON yaang lebih rendah dari seharusssnyaaaaa......udah ah gw ke bandara dulu... pengen sih bro ikut KP, tapi yah.. its just livina anyway.. gw mau ngebacot disana jg.. gw cuman beli yang 1.5 aja brisik.. wong yang ultimate aja tenang2 aje.. iya ngga.. iya ngga.

"Oke, misal ada knocking sensor.. ini logika gw baru inget waktu pake gallant.. HLA dan knocking sensor gallant sama ngga prinsipnya kaya livina? dimana jg mengatur stelan klep masuk dan buang berdasarkan knocking sensor.. gw rasa sama. dan okelah misalnya mesin livina ini "katanya" sedemikian canggihnya hingga mampu meng adjust maju mundurin timing ignition mesin livina, sesuai beban dan kondisi pembakaran mesin saat itu. Termasuk juga menyesuaikan kondisi mesin dan hasil pembakaran yang terjadi (yang dikontribusikan dengan tipe dan oktan bensin yang dibakar). tapi satu yang kita belum tahu.. TOLERANSINYA BERAPA??!!!! ambil lah standart +/- adalah 5-7% artinya kalo elu masuk jalur pantura yang nota bene emang suka kammprett2 tuh yang dagang ngoplos bensin.. yahh elu tau sendiri kan akibatnya? mana kekejar stelannya? ini kan di atur ECU, nah knocking sensor mahh cuman nge fine tune. tapii tidak signifikan. ini nih cuman fitur injeksi yang mungkin di nissan ini jg ada semacam lash adjuster (HLA) kaya di mitsui gw dulu.. jadi knocking sensor mengirim sinyal ECU dan memerintahkan lash adjuster untuk memajukan atau memundurkan timing pengapaiann secara otomatis.. TAPI INI MANA ADA HUBUNGANNYA DENGAN OCTANE REQUIREMEN PAK!!!! KALO CR 10.5 YANG HARUS DIPERHATIKAN! gw kaga tau deh, nanti kalo elu2 ada yang ketemu NMI coba tanyain teori gw ini."
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

dony wrote:Betul , ikutan bung ichsan biar ntar sesi tanya jawab seru, jadi benar-2 bersemangat dech.
Bung Ichsan emang hebaaat tenant ilmunya.
puasaaa boossss... lemeesssssss
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

dony wrote:Ada lho Bung maxx di mils, terus pak Teddy khan saran coba pakai pertamax plus/Shell super extra kalau nggk salah.
wakksss.. baru baca... dalam konteks apa nih jadi balik disaranin ke pertamax?? upsss.. sorrii berangkat dulu don, bisa telat gw...