Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
triport13 wrote: Sun May 16, 2021 2:43
Mumpung lg pada bandingin api sn sama sp btw 3SZ-VE saya lg di kasih AMS SS 0W-20 sebanyak 3 quartz, setelah saya perhatiin saat cold start suara tek tek vvti lebih lama dibanding pas saya cekokin AMS SS 0W-30 (API SM) sebanyak 3 1/2 Quartz.
3SZ itu kan masih solid tappet, kok pinter bener dikasih API SM?
berapa lama pake API SM? kalau cukup lama, misal sampai 5x OCI, ya patut diduga ada keausan antara cam lobe atau tappet-nya.
bongkar saja dan diukur untuk lebih yakin.
kalau memang pemakaian API SM sampai 5x OCI atau bahkan lebih, dan sampai ada keausan, terjawab kenapa bunyi tek tek saat cold start lebih lama.
triport13 wrote: Sun May 16, 2021 4:40
Jd saran dr om omni mending pake 5W-30 aja ya kalo pake ams ss?
Asumsi saya utk kasus tek tek vvti ini kalo pake yg lebih encer ya harusnya lebih cepet terlumasi jadi lebih minim tekteknya, tp ngga jg ternyata ya
kl mau coba next ganti oli kan ga ada salahnya.
ams ss 5w30 ada ester nya. ams ss 0w20 ga ada. bisa lihat di SDS nya.
sifat ester cling ke metal. ditambah 5w30 lbh kental ketika mesin cooling down membuat dia bisa stay di chamber/groove valvetrain dibanding 0w20 yg krn encer turun ke oil sump lbh mudah. memang 0w20 pumpability nya lbh bagus ketika cold start drpd 5w30, tp si 5w30 kl udah ada diatas duluan what's the point? kan kita ga tinggal di subzero temp, kebutuhannya beda kl disana. imho.
edit: eh sds yg terbaru udah ada ding esternya di 0w20. dulu ga ditulis (sy msh simpan file yg lama yg ga tertulis.)
triport13 wrote: Sun May 16, 2021 2:43
Mumpung lg pada bandingin api sn sama sp btw 3SZ-VE saya lg di kasih AMS SS 0W-20 sebanyak 3 quartz, setelah saya perhatiin saat cold start suara tek tek vvti lebih lama dibanding pas saya cekokin AMS SS 0W-30 (API SM) sebanyak 3 1/2 Quartz.
3SZ itu kan masih solid tappet, kok pinter bener dikasih API SM?
berapa lama pake API SM? kalau cukup lama, misal sampai 5x OCI, ya patut diduga ada keausan antara cam lobe atau tappet-nya.
bongkar saja dan diukur untuk lebih yakin.
kalau memang pemakaian API SM sampai 5x OCI atau bahkan lebih, dan sampai ada keausan, terjawab kenapa bunyi tek tek saat cold start lebih lama.
Sekitar 6 bulan dan ga nyampe 5 rb km om, setelah baca baca disini jd ngeri sendiri dan ganti pake ams yg api sp, tp anehnya malah pas pake API SM cold startnya ga lama bunyi tekteknya, pas ganti api sp jd malah lebih lama. Makanya diawal saya nanya apakah krn api sp ini lebih kentel jd oli telat naik saat cold start.
triport13 wrote: Sun May 16, 2021 4:40
Jd saran dr om omni mending pake 5W-30 aja ya kalo pake ams ss?
Asumsi saya utk kasus tek tek vvti ini kalo pake yg lebih encer ya harusnya lebih cepet terlumasi jadi lebih minim tekteknya, tp ngga jg ternyata ya
kl mau coba next ganti oli kan ga ada salahnya.
ams ss 5w30 ada ester nya. ams ss 0w20 ga ada. bisa lihat di SDS nya.
sifat ester cling ke metal. ditambah 5w30 lbh kental ketika mesin cooling down membuat dia bisa stay di chamber/groove valvetrain dibanding 0w20 yg krn encer turun ke oil sump lbh mudah. memang 0w20 pumpability nya lbh bagus ketika cold start drpd 5w30, tp si 5w30 kl udah ada diatas duluan what's the point? kan kita ga tinggal di subzero temp, kebutuhannya beda kl disana. imho.
edit: eh sds yg terbaru udah ada ding esternya di 0w20. dulu ga ditulis (sy msh simpan file yg lama yg ga tertulis.)
Siap om, logika oli yg kentel saat cooling down bikin bisa stay di chamber sangat masuk diakal sih. Next prefer AMS 5W-30 aja deh, thanks om btw.
triport13 wrote: Sun May 16, 2021 2:43
Mumpung lg pada bandingin api sn sama sp btw 3SZ-VE saya lg di kasih AMS SS 0W-20 sebanyak 3 quartz, setelah saya perhatiin saat cold start suara tek tek vvti lebih lama dibanding pas saya cekokin AMS SS 0W-30 (API SM) sebanyak 3 1/2 Quartz.
3SZ itu kan masih solid tappet, kok pinter bener dikasih API SM?
berapa lama pake API SM? kalau cukup lama, misal sampai 5x OCI, ya patut diduga ada keausan antara cam lobe atau tappet-nya.
bongkar saja dan diukur untuk lebih yakin.
kalau memang pemakaian API SM sampai 5x OCI atau bahkan lebih, dan sampai ada keausan, terjawab kenapa bunyi tek tek saat cold start lebih lama.
Mbah
Itu enjin super maha resing buatan batu makam rata2 solid tapet smua.. tp koq dr dl olinya kasi api sm smua ya
Sengaja neh kayanya, minta diiket tu insinyurnya satu2 dkandangin bareng igun
triport13 wrote: Sun May 16, 2021 2:43
Mumpung lg pada bandingin api sn sama sp btw 3SZ-VE saya lg di kasih AMS SS 0W-20 sebanyak 3 quartz, setelah saya perhatiin saat cold start suara tek tek vvti lebih lama dibanding pas saya cekokin AMS SS 0W-30 (API SM) sebanyak 3 1/2 Quartz.
3SZ itu kan masih solid tappet, kok pinter bener dikasih API SM?
berapa lama pake API SM? kalau cukup lama, misal sampai 5x OCI, ya patut diduga ada keausan antara cam lobe atau tappet-nya.
bongkar saja dan diukur untuk lebih yakin.
kalau memang pemakaian API SM sampai 5x OCI atau bahkan lebih, dan sampai ada keausan, terjawab kenapa bunyi tek tek saat cold start lebih lama.
Mbah
Itu enjin super maha resing buatan batu makam rata2 solid tapet smua.. tp koq dr dl olinya kasi api sm smua ya
Sengaja neh kayanya, minta diiket tu insinyurnya satu2 dkandangin bareng igun
Lha sijuki juga mbah.. mesin flat tappet dikasi API SM 0w20 pula... apakah ini...
untung sejak di gibahin berjilid2 dengan korban claim warranty bbrp mobil serentak, akhirnya bebenah mereka
3SZ itu kan masih solid tappet, kok pinter bener dikasih API SM?
berapa lama pake API SM? kalau cukup lama, misal sampai 5x OCI, ya patut diduga ada keausan antara cam lobe atau tappet-nya.
bongkar saja dan diukur untuk lebih yakin.
kalau memang pemakaian API SM sampai 5x OCI atau bahkan lebih, dan sampai ada keausan, terjawab kenapa bunyi tek tek saat cold start lebih lama.
Mbah
Itu enjin super maha resing buatan batu makam rata2 solid tapet smua.. tp koq dr dl olinya kasi api sm smua ya
Sengaja neh kayanya, minta diiket tu insinyurnya satu2 dkandangin bareng igun
Lha sijuki juga mbah.. mesin flat tappet dikasi API SM 0w20 pula... apakah ini...
untung sejak di gibahin berjilid2 dengan korban claim warranty bbrp mobil serentak, akhirnya bebenah mereka
SGO yg 0w20 botol biru klo ga salah API SM ya mbah.
itu ertiga, swift K14B di kasih itu oli semua dr baru smpe maintenance2 nya jg.
untung aja mesin, G, M sama J selalu di kasih API SL dr awal ya.
Itu enjin super maha resing buatan batu makam rata2 solid tapet smua.. tp koq dr dl olinya kasi api sm smua ya
Sengaja neh kayanya, minta diiket tu insinyurnya satu2 dkandangin bareng igun
Lha sijuki juga mbah.. mesin flat tappet dikasi API SM 0w20 pula... apakah ini...
untung sejak di gibahin berjilid2 dengan korban claim warranty bbrp mobil serentak, akhirnya bebenah mereka
SGO yg 0w20 botol biru klo ga salah API SM ya mbah.
itu ertiga, swift K14B di kasih itu oli semua dr baru smpe maintenance2 nya jg.
untung aja mesin, G, M sama J selalu di kasih API SL dr awal ya.
betul sekali om... itu oli buat enjin M16A swift sport yg udh moly coated aja.. manual book dia minta 0w20 SM wkwkkwkw
sx4 lama juga msh kebagian tuh 5w30 SL... yg kacau ya mesin scross... M15A ane udh ada 5x OCI pake itu SGO 0w20 SM, untung masih free claim shim tappet, tadinya mau claim camshaft nya wkwkwkwkwk
rendr wrote: Sun May 16, 2021 11:25
Lha sijuki juga mbah.. mesin flat tappet dikasi API SM 0w20 pula... apakah ini...
untung sejak di gibahin berjilid2 dengan korban claim warranty bbrp mobil serentak, akhirnya bebenah mereka
SGO yg 0w20 botol biru klo ga salah API SM ya mbah.
itu ertiga, swift K14B di kasih itu oli semua dr baru smpe maintenance2 nya jg.
untung aja mesin, G, M sama J selalu di kasih API SL dr awal ya.
betul sekali om... itu oli buat enjin M16A swift sport yg udh moly coated aja.. manual book dia minta 0w20 SM wkwkkwkw
sx4 lama juga msh kebagian tuh 5w30 SL... yg kacau ya mesin scross... M15A ane udh ada 5x OCI pake itu SGO 0w20 SM, untung masih free claim shim tappet, tadinya mau claim camshaft nya wkwkwkwkwk
Nextyounz wrote: Sun May 16, 2021 14:34
Oli matic Ertiga spek nya ATF AW1, ga ada brand lain ya selain Ecstar ya
yg comply ke jws aw-1 (aisin warner)
Q8 auto MV
PTT LV-1
amsoil atf
intinya kudu lendir low viscocity
Amsoil ATF MV ya bukan yg FE, ke 3nya performa diatas ecstar ya?
Tanya ini jg klo amsoil yg SN+ dicampur sma SP gpp kan ya, yg SN+ masih ada sisa dkit.
Dan lebih baik di flushing dlu ga ya , misal pakai prestone engine flush atau ptt flushing oil, mana yg lebih baik ya?