Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
josomba wrote: Fri May 14, 2021 22:46
Nah yg nomor 3 ini mbah. Ada 2 baut n ditulisnya 144-159Nm
Screenshot_20210515-054114_Drive.jpg
wogh mobil resing nih murnya minta kenceng bgt.
just info nih mbah, sebelumnya ane sbg nubie mengira kl ketemu baut mur begitu selalu ngencengin dr si mur. setelah punya fsm nya vrz, ternyata makin runyam. ada tulisannya:
*jangan mengencangkan baut (berarti yg dikencengin murnya, baut yg ditahan)
atau
*jangan mengencangkan mur (berarti yg dikencengin bautnya, mur yg ditahan)
asem ga tuh?
coba mbah perhatiken gambar utk GK ini, kira2 bautnya apa murnya yg dikencengin? bandingin sm gambar M2 mbah di atas.
blloewy wrote: Fri May 14, 2021 23:32
Mbah Rektor DOHC nanya dung...
Buka baut tap oli gearbox lipindut pake kunci apaan ya?
8 mm square head begitu....kirain pake kunci L 8 mm.bisa ternyata dia kotak
Nyari di online shop kagak nemu juga pake kunci apa itu.
Bukan mbah DOHC tapi numpang jawab, beli aja di shopee mbah... cari aja "kunci persegi" dan di-filter berdasar pengiriman luar negeri. Pernah beli juga dan diukur bener 8 mm kok
josomba wrote: Fri May 14, 2021 22:46
Nah yg nomor 3 ini mbah. Ada 2 baut n ditulisnya 144-159Nm
Screenshot_20210515-054114_Drive.jpg
wogh mobil resing nih murnya minta kenceng bgt.
just info nih mbah, sebelumnya ane sbg nubie mengira kl ketemu baut mur begitu selalu ngencengin dr si mur. setelah punya fsm nya vrz, ternyata makin runyam. ada tulisannya:
*jangan mengencangkan baut (berarti yg dikencengin murnya, baut yg ditahan)
atau
*jangan mengencangkan mur (berarti yg dikencengin bautnya, mur yg ditahan)
asem ga tuh?
coba mbah perhatiken gambar utk GK ini, kira2 bautnya apa murnya yg dikencengin? bandingin sm gambar M2 mbah di atas.
Eh... Owe maksudnya ngencengin persis yg d service manualnya, berarti si mur ya. Suka kebalik2 nyebut mur n baut
LOL jadi ngencengin "baut n mur" juga kudu liat footnote (jika ada) ya. Si bautnya atau si murnya
josomba wrote: Fri May 14, 2021 22:46
Nah yg nomor 3 ini mbah. Ada 2 baut n ditulisnya 144-159Nm
Screenshot_20210515-054114_Drive.jpg
wogh mobil resing nih murnya minta kenceng bgt.
just info nih mbah, sebelumnya ane sbg nubie mengira kl ketemu baut mur begitu selalu ngencengin dr si mur. setelah punya fsm nya vrz, ternyata makin runyam. ada tulisannya:
*jangan mengencangkan baut (berarti yg dikencengin murnya, baut yg ditahan)
atau
*jangan mengencangkan mur (berarti yg dikencengin bautnya, mur yg ditahan)
asem ga tuh?
coba mbah perhatiken gambar utk GK ini, kira2 bautnya apa murnya yg dikencengin? bandingin sm gambar M2 mbah di atas.
Menurut pemahaman saya yg nubie ini Mbah Shifu Plop.
Lbh baik kencangkan murnya.
Krn kl baut sepertinya torsinya lbh riil langsung ngiket ke baut nya.
Eh bentar dulu? Ini mur maksudnya yg bulet kecil di ujung khan? Bukan yg panjang ada thread atau ulirnya?
Saya suka ketuker antara mur ama baut.
Bukan mbah DOHC tapi numpang jawab, beli aja di shopee mbah... cari aja "kunci persegi" dan di-filter berdasar pengiriman luar negeri. Pernah beli juga dan diukur bener 8 mm kok
josomba wrote: Fri May 14, 2021 22:46
Nah yg nomor 3 ini mbah. Ada 2 baut n ditulisnya 144-159Nm
Screenshot_20210515-054114_Drive.jpg
wogh mobil resing nih murnya minta kenceng bgt.
just info nih mbah, sebelumnya ane sbg nubie mengira kl ketemu baut mur begitu selalu ngencengin dr si mur. setelah punya fsm nya vrz, ternyata makin runyam. ada tulisannya:
*jangan mengencangkan baut (berarti yg dikencengin murnya, baut yg ditahan)
atau
*jangan mengencangkan mur (berarti yg dikencengin bautnya, mur yg ditahan)
asem ga tuh?
coba mbah perhatiken gambar utk GK ini, kira2 bautnya apa murnya yg dikencengin? bandingin sm gambar M2 mbah di atas.
Eh... Owe maksudnya ngencengin persis yg d service manualnya, berarti si mur ya. Suka kebalik2 nyebut mur n baut
LOL jadi ngencengin "baut n mur" juga kudu liat footnote (jika ada) ya. Si bautnya atau si murnya
jangan sampai grup aliran anti siksa diri mendengarnya.
jangan sampai grup aliran anti siksa diri mendengarnya.
wkwkwkwkwk
Oke deh kembali ke kunci pas + pipa besi 90cm kalau gitu mbah, biar ga siksa diri
blloewy wrote: Sat May 15, 2021 3:03
Om, itu nomor 3 baut Link Stabil bukam ya?
Kencenga banget ya sampai 159 Nm...
Kayanya di catetan Mbah Warektor Garasi 58 ngga sampe begitu dech...
Bukan um, itu 2 baut ngiket shock ke knuckle. Cmiiw mbah2 lainnya. Kalau buat link stabil, ane lupa berapa, kudu buka section stabilizer link
Update: ternyata tinggal swipe halaman selanjutnya.
Screenshot_20210515-105508_Drive.jpg
Segitu lah torquenya mbah. Abaikan dynamic damper ya, di indo ga dipakein ntuh alat
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
blloewy wrote: Fri May 14, 2021 23:32
Mbah Rektor DOHC nanya dung...
Buka baut tap oli gearbox lipindut pake kunci apaan ya?
8 mm square head begitu....kirain pake kunci L 8 mm.bisa ternyata dia kotak
Nyari di online shop kagak nemu juga pake kunci apa itu.
blloewy wrote: Fri May 14, 2021 23:32
Mbah Rektor DOHC nanya dung...
Buka baut tap oli gearbox lipindut pake kunci apaan ya?
8 mm square head begitu....kirain pake kunci L 8 mm.bisa ternyata dia kotak
Nyari di online shop kagak nemu juga pake kunci apa itu.
Kata kunci nya drain plug wrench atau kunci oli transmisi / gardan
Bsa beli yg set soket sperti mbah yanuar, cuman agak mahal itu, tajir dia soalnya
Kl mau murah, bsa coba yg model tekiro, ukuran 8 ama 10 doank, itu bsa dipake buat lipindut dan hampir gardan2 girbok2 smua mobil2 yurop atau mamarika
just info nih mbah, sebelumnya ane sbg nubie mengira kl ketemu baut mur begitu selalu ngencengin dr si mur. setelah punya fsm nya vrz, ternyata makin runyam. ada tulisannya:
*jangan mengencangkan baut (berarti yg dikencengin murnya, baut yg ditahan)
atau
*jangan mengencangkan mur (berarti yg dikencengin bautnya, mur yg ditahan)
asem ga tuh?
coba mbah perhatiken gambar utk GK ini, kira2 bautnya apa murnya yg dikencengin? bandingin sm gambar M2 mbah di atas.
Eh... Owe maksudnya ngencengin persis yg d service manualnya, berarti si mur ya. Suka kebalik2 nyebut mur n baut
LOL jadi ngencengin "baut n mur" juga kudu liat footnote (jika ada) ya. Si bautnya atau si murnya
jangan sampai grup aliran anti siksa diri mendengarnya.
hmm kl jij sih org super siksa diri. insert sm ratchet brand new baru dateng udah dibongkar2 mekanismenya.
Btw mbah
Kayanya ntuh trelek oglek beta ama manoskop beneran bsa bete deh ama saya
Dr sejak dibeli dr jij, kbanyakan dsimpen d tool box doank dbkugkus rapi, sisanya cuman perna dipake kencengin busi 2-3 kali doank, ama kencengin mur2 baut2 d enjin bay pas hari pertama doank.. si beta malah cuman perna skali doank dipake buat masang serpentine belt inofa ama hrv
Ngiri kl mreka kl liat si flag, believe in miserable choice, bahkan pipa besi 60 ama 90 senti yg saban ari dipake mulu
blloewy wrote: Sat May 15, 2021 3:03
Om, itu nomor 3 baut Link Stabil bukam ya?
Kencenga banget ya sampai 159 Nm...
Kayanya di catetan Mbah Warektor Garasi 58 ngga sampe begitu dech...
nomer 3 lower strut bolt.
link stabil nomer 7.
mur/nut link stabilizer kisarannya 25an n.m* untuk yang nempel ke strut/shock.
yang nempel ke stabilizer bar sekitar 35an n.m*.
* = liat FSM masing-masing kendaraan untuk lebih yakin.
sintoni wrote: Sat May 15, 2021 4:17
Kunci filter oli yg model cakar adjustable itu bagus ga ya?
Atau mending beli yg model sabuk?
Kadang pengen bantuin sodara atau temen ganti oli tapi ga punya kunci filter.
Cuma punya kunci filter Toyota yang non adjustable.
Paling ok menurut saya mangkok...tp mesti punya banyak kombinasi..
Bulan lalu ganti oli mobil mertua...rusak alat model sabuk saya..mekanik sebelumnya pasang ngawur pasti..untung punya satu lagi yang pake rante
sintoni wrote: Sat May 15, 2021 4:17
Kunci filter oli yg model cakar adjustable itu bagus ga ya?
Atau mending beli yg model sabuk?
Kadang pengen bantuin sodara atau temen ganti oli tapi ga punya kunci filter.
Cuma punya kunci filter Toyota yang non adjustable.
Kl cuman buat sekedar buka doank ya gapapa
Saya jg slalu pake yg model cakar itu buat ngebuka, rusak pun jg gapapa kan bakal dbuang tu filter
Kl kencengin tu baru pake belt mesin yg ga kepake, ikutin petunjuk di btol filter nya mo brapa puteran.. cara asemregez ini walaupun dtentang ama mbah2 dsini, tp masi saya praktekan, ga perna ad masalah
DOHC wrote: Sat May 15, 2021 10:14
.............
Kl kencengin tu baru pake belt mesin yg ga kepake, ikutin petunjuk di btol filter nya mo brapa puteran.. cara asemregez ini walaupun dtentang ama mbah2 dsini, tp masi saya praktekan, ga perna ad masalah
pake belt bekas dililitin ke salah satu pulley yg mudah dicapai trus di starter sekali ta mbah?
MSU wrote: Sat May 15, 2021 8:25
Paling ok menurut saya mangkok...tp mesti punya banyak kombinasi..
Bulan lalu ganti oli mobil mertua...rusak alat model sabuk saya..mekanik sebelumnya pasang ngawur pasti..untung punya satu lagi yang pake rante
berarti selanjutnya hrs tanya sebelumnya montirnya abis makan apa.. kl abis makan padang 2 bungkus mending ga usah, minta ganti sm yg cuma makannya nasi sm kuah sayur.
DOHC wrote: Sat May 15, 2021 10:14
.............
Kl kencengin tu baru pake belt mesin yg ga kepake, ikutin petunjuk di btol filter nya mo brapa puteran.. cara asemregez ini walaupun dtentang ama mbah2 dsini, tp masi saya praktekan, ga perna ad masalah
pake belt bekas dililitin ke salah satu pulley yg mudah dicapai trus di starter sekali ta mbah?
............
njirrr
itu lgs dolll mbah drat filternya
btw,
cara lilitin belt bekas ke sala satu pulley trus di starter itu perna ta praktekin loh, critanya abis ganti timing belt, pas mo kencengin baut pulley kruk as, mendadak mager ganjel pake obeng, iseng ta ambil satu serpentine belt bekas yg rada panjang, ta lilitin kuat2 ke baut nya yg ta panjangin pake extension , trus ujung satu nya lagi ta simpul mati ke enjin monting, d crank skali, surprise surprise, kuencenggggg loh baut nya
untung waktu itu si trelek oglek ama manoskop belom ad, bsa nangis bombay kl mreka liatnya
DOHC wrote: Sat May 15, 2021 10:14
.............
Kl kencengin tu baru pake belt mesin yg ga kepake, ikutin petunjuk di btol filter nya mo brapa puteran.. cara asemregez ini walaupun dtentang ama mbah2 dsini, tp masi saya praktekan, ga perna ad masalah
pake belt bekas dililitin ke salah satu pulley yg mudah dicapai trus di starter sekali ta mbah?
............
njirrr
itu lgs dolll mbah drat filternya
btw,
cara lilitin belt bekas ke sala satu pulley trus di starter itu perna ta praktekin loh, critanya abis ganti timing belt, pas mo kencengin baut pulley kruk as, mendadak mager ganjel pake obeng, iseng ta ambil satu serpentine belt bekas yg rada panjang, ta lilitin kuat2 ke baut nya yg ta panjangin pake extension , trus ujung satu nya lagi ta simpul mati ke enjin monting, d crank skali, surprise surprise, kuencenggggg loh baut nya
untung waktu itu si trelek oglek ama manoskop belom ad, bsa nangis bombay kl mreka liatnya
nah bener kan ..... ane udah tau jalan pikiran si mbah
member aliran anti siksa diri yang seringnya menyiksa diri sendiri dan benda2 disekitarnya