Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Omnibus wrote: Tue May 11, 2021 17:04
yg pake ptt pada panik.
apalagi yg eco dong yee
Kl dibandingkan ama hasil VOA yg PTT 0W-20 Eco pny om turbo sich yg ini jd meragukan.
Hanya saja durasi pny Om turbo ngga sampai 8 bln.
Mungkin efek engine remap ya yg rpm nya lbh tinggi.
Om turbo bilang sich 0W-20 lbh cocok u yang ngga maen pedal to karpet..
But kita tunggu analisa yg lain aja
saturday wrote:UOA PTT Super Synthethic Evotec 0W20 API SP di Civic FD2 2011 remapped. Filter oli Aspira, filter udara K&N. Pemakaian awal 21/09/2021, drain di 08/05/2021 jalan 8334 km. Rute diperkirakan 65% toll, 35% dalam kota. Kaki sangat sopan nyaris setiap waktu, gaspol bisa dihitung pakai jari selama pemakaian oli. Busi iridium laser standar mobil yang sudah dipakai sejauh 45.000 km. BBM always 92, rutin pemakaian aditif Redline SI-1 atau Power Racing Fuel.
uoa-civic-1.png
uoa-civic-2.png
setel-klep.jpg
pulley.jpg
kalo boleh tahu waktu ganti oli dr oli sebelumnya ke si 0W20 SP ada guyur 1 L mesran saat oli lama tinggal netes ?
Turboman wrote: Wed May 12, 2021 0:58
kalo boleh tahu waktu ganti oli dr oli sebelumnya ke si 0W20 SP ada guyur 1 L mesran saat oli lama tinggal netes ?
kapasitas oli mesin brp L ?
Sebelumnya menggunakan PTT Super Synthethic 0W20 API SN+. Sama mbah b8099ok dipakaikan PTT Flushing Oil waktu ganti ke API SP yang di UOAkan ini. Menurut manual book oli 4.2 liter termasuk filter oli.
Sebenernya sich gpp cuma dgn hasil VOA ini artinya ngga bisa tembus 10 rb km atau 12 bln. Maksimal 8 rb km atau 7-8 bln aja sepertinya. Cuma apakah kondisi mesin remap sangat berpengaruh atau ngga dgn hasil test ini. Kapan2 kl om saturday ganti oli ke Amsoil 0W-20 di mobil civic ini mungkin bisa VOA dgn interval dan km yg sama sebagai komparasi.
Turboman wrote: Wed May 12, 2021 0:58
kalo boleh tahu waktu ganti oli dr oli sebelumnya ke si 0W20 SP ada guyur 1 L mesran saat oli lama tinggal netes ?
kapasitas oli mesin brp L ?
Sebelumnya menggunakan PTT Super Synthethic 0W20 API SN+. Sama mbah b8099ok dipakaikan PTT Flushing Oil waktu ganti ke API SP yang di UOAkan ini. Menurut manual book oli 4.2 liter termasuk filter oli.
Turboman wrote: Wed May 12, 2021 0:58
kalo boleh tahu waktu ganti oli dr oli sebelumnya ke si 0W20 SP ada guyur 1 L mesran saat oli lama tinggal netes ?
kapasitas oli mesin brp L ?
Sebelumnya menggunakan PTT Super Synthethic 0W20 API SN+. Sama mbah b8099ok dipakaikan PTT Flushing Oil waktu ganti ke API SP yang di UOAkan ini. Menurut manual book oli 4.2 liter termasuk filter oli.
Noted
apakah mobil sering jadi GenSet ?
kalo warming up brp lama ?
Mobil tidak pernah jadi genset. Kalau parkir pasti mati mesin. Tidak ada warming up, pagi-pagi start mesin, pasang seatbelt, nyalakan AC, langsung gelinding di D keluar komplek sekitar 1-3 menitan (1 km) sebelum di gas normal.
Omnibus wrote: Wed May 12, 2021 6:06
kemungkinan olinya memang ga bisa utk 8 bulan (dr sep 2020 s/d may 2021) krn oksidasi yg tinggi dr durasi masa pakai.
sebab bbm sdh pertamax 92, kl memang krn sulfur tinggi dan bbm sbg penyebab artinya pakai oli lain pun akan krisis tbn.
just a possibility, ane bukan ahlinya.
Screenshot_20210512_130309.jpg
Kira2 period atau mileage ya Mbah Shifu Plop?
Kl 8 bln mileage msh 5rb km apakah hasilnya msh sama ya?
Jd penasaran mau test hasil PTT 0W-30 di lipindut saya ntar kl sdh 8 bln jalan sekitar 5-6 rb km.
Omnibus wrote: Wed May 12, 2021 6:06
kemungkinan olinya memang ga bisa utk 8 bulan (dr sep 2020 s/d may 2021) krn oksidasi yg tinggi dr durasi masa pakai.
sebab bbm sdh pertamax 92, kl memang krn sulfur tinggi dan bbm sbg penyebab artinya pakai oli lain pun akan krisis tbn.
just a possibility, ane bukan ahlinya.
Screenshot_20210512_130309.jpg
Kira2 period atau mileage ya Mbah Shifu Plop?
Kl 8 bln mileage msh 5rb km apakah hasilnya msh sama ya?
Jd penasaran mau test hasil PTT 0W-30 di lipindut saya ntar kl sdh 8 bln jalan sekitar 5-6 rb km.
semakin lama oli sdh terbuka segelnya, pasti akan teroksidasi secara alami terus menerus.
oksidasi = proses oksigen mengontaminasi zat lain.
jd dalam hal ini, selama di bumi, ketika oli sudah terbuka segelnya, maka pasti terkontaminasi oksigen scr terus menerus.
sehingga harus hati2 beli oli curah dari kemasan drum.
both between period dan mileage jg mempengaruhi kualitas oli nya.
jadi amannya emg pakai aja <8 bulan.
klo oli spt q8 formula dan amsoil sign emg terbukti bisa pakai 1 thn lewat dikit, dgn kondisi mesin gak jd genset jg
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote:
semakin lama oli sdh terbuka segelnya, pasti akan teroksidasi secara alami terus menerus.
oksidasi = proses oksigen mengontaminasi zat lain.
jd dalam hal ini, selama di bumi, ketika oli sudah terbuka segelnya, maka pasti terkontaminasi oksigen scr terus menerus.
sehingga harus hati2 beli oli curah dari kemasan drum.
Segel ini maksudnya gimana yah om? Wong kaya amsoil aja setau ane gak pake segel kok di tutup botolnya. Segel yg dari kertas buat tutup lobang botol kan? Setau ane buka tutup botol langsung tuang aja ke mesin.
Nah kalau oli "basi" yg stocknya sdh 5-10 taon jd gimana nasibnya? Tinggal dikocok2 doang spy nyampur lg additives2 yg sdh terpisah itu? Saking lamanya tdk terpakai apakah semudah itu "re-blending" additive yg sdh terpisah tsb?
Blom kl tempat penyimpanannya lembab, panas & terpapar sinar matahari... sudah pasti ada Water Vapour Transmission Rate (WVTR) & juga OTR (Oxygen Transmission Rate) yg tembus ke botol olinya. Yg namanya botol plastik kan ada pori2nya meski kasat mata.
Suryaputra wrote:
semakin lama oli sdh terbuka segelnya, pasti akan teroksidasi secara alami terus menerus.
oksidasi = proses oksigen mengontaminasi zat lain.
jd dalam hal ini, selama di bumi, ketika oli sudah terbuka segelnya, maka pasti terkontaminasi oksigen scr terus menerus.
sehingga harus hati2 beli oli curah dari kemasan drum.
Segel ini maksudnya gimana yah om? Wong kaya amsoil aja setau ane gak pake segel kok di tutup botolnya. Segel yg dari kertas buat tutup lobang botol kan? Setau ane buka tutup botol langsung tuang aja ke mesin.
Nah kalau oli "basi" yg stocknya sdh 5-10 taon jd gimana nasibnya? Tinggal dikocok2 doang spy nyampur lg additives2 yg sdh terpisah itu? Saking lamanya tdk terpakai apakah semudah itu "re-blending" additive yg sdh terpisah tsb?
Blom kl tempat penyimpanannya lembab, panas & terpapar sinar matahari... sudah pasti ada Water Vapour Transmission Rate (WVTR) & juga OTR (Oxygen Transmission Rate) yg tembus ke botol olinya. Yg namanya botol plastik kan ada pori2nya meski kasat mata.
sy blm prnh pk amsoil,
cuma dr sekian oli yg sy coba dr merk beres sampai ke q8 formula, segelnya pakai bahan paper foil gtu yg nempel di tutup lobang botol.
klo amsoil mungkin emang mekanisme segelnya adalah di tutup botol itu sendiri, udh dipress dr pabrik, jg begitu dibuka bunyi klek, maka segel jg terbuka.
soal oli 5-10 thn?
klo sy pribadi prefer oli fresh dalam rentang <5 thn
tapi itu pilihan masing2 ajah.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: Wed May 12, 2021 7:27
semakin lama oli sdh terbuka segelnya, pasti akan teroksidasi secara alami terus menerus.
oksidasi = proses oksigen mengontaminasi zat lain.
jd dalam hal ini, selama di bumi, ketika oli sudah terbuka segelnya, maka pasti terkontaminasi oksigen scr terus menerus.
sehingga harus hati2 beli oli curah dari kemasan drum.
both between period dan mileage jg mempengaruhi kualitas oli nya.
jadi amannya emg pakai aja <8 bulan.
klo oli spt q8 formula dan amsoil sign emg terbukti bisa pakai 1 thn lewat dikit, dgn kondisi mesin gak jd genset jg
Kl oli yg sdh dibuka dan dituang trs ada sisa 1L.
Kemudian botol ditutup rapat lagi trs baru dibuka saat interval oli berikutnya gabung dgn oli baru.
Apakah dia kena oksidasi juga ya sisa oli di dlm botol yg ketutup rapat tadi?
Suryaputra wrote: Wed May 12, 2021 7:27
semakin lama oli sdh terbuka segelnya, pasti akan teroksidasi secara alami terus menerus.
oksidasi = proses oksigen mengontaminasi zat lain.
jd dalam hal ini, selama di bumi, ketika oli sudah terbuka segelnya, maka pasti terkontaminasi oksigen scr terus menerus.
sehingga harus hati2 beli oli curah dari kemasan drum.
both between period dan mileage jg mempengaruhi kualitas oli nya.
jadi amannya emg pakai aja <8 bulan.
klo oli spt q8 formula dan amsoil sign emg terbukti bisa pakai 1 thn lewat dikit, dgn kondisi mesin gak jd genset jg
Kl oli yg sdh dibuka dan dituang trs ada sisa 1L.
Kemudian botol ditutup rapat lagi trs baru dibuka saat interval oli berikutnya gabung dgn oli baru.
Apakah dia kena oksidasi juga ya sisa oli di dlm botol yg ketutup rapat tadi?
sedot udaranya pakai vacuum pump, masukin nitrogen spy botolnya ga gepeng, tutup botolnya, masukin ke kulkas.
Suryaputra wrote: Wed May 12, 2021 7:27
semakin lama oli sdh terbuka segelnya, pasti akan teroksidasi secara alami terus menerus.
oksidasi = proses oksigen mengontaminasi zat lain.
jd dalam hal ini, selama di bumi, ketika oli sudah terbuka segelnya, maka pasti terkontaminasi oksigen scr terus menerus.
sehingga harus hati2 beli oli curah dari kemasan drum.
both between period dan mileage jg mempengaruhi kualitas oli nya.
jadi amannya emg pakai aja <8 bulan.
klo oli spt q8 formula dan amsoil sign emg terbukti bisa pakai 1 thn lewat dikit, dgn kondisi mesin gak jd genset jg
Kl oli yg sdh dibuka dan dituang trs ada sisa 1L.
Kemudian botol ditutup rapat lagi trs baru dibuka saat interval oli berikutnya gabung dgn oli baru.
Apakah dia kena oksidasi juga ya sisa oli di dlm botol yg ketutup rapat tadi?
buat dorong oli lama ketika nanti ganti oli baru, jd di oil pan sisa oli lama lebih sedikit.
or.. klo punya skutik, bisa buat flushing
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri