Yg udah dapet Livina absen disiniii.........
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 353
- Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
nah itu.. serba salah jg, pasang dibawah salah, pasang atas salah.. sulit cari tempatnya kecuali jebol kap buat macam turbo gitu.. cuman simpen dimana yah piggbacknya? rusak kaga yah kalo dilivina tuh semenjak ruangan mesinnya puanassss gilaaaa.. lah kalo model eCUnya macam honda yang ada di dalem kan enak tuh rada2 banyak tempat.. nah kalo ECU diluar gini? belum lagi kalo tuh lobang2 ntar tutupnya lepas.. masuk air.. arghhhh!! ilang deh 4 juta! duh kenapa sih harus ada lubang2.. belum lagi masukin switchnya? masa jebol body?dony wrote:Terus juga yg menjengkelkan nich ECUnya ada di mesin belakang aki dikit, lain dgn honda Jazz ada didalam.
Paling enak dch pakai piggyback , tinggal ntr minta kabel-2 dan piggyback taruh ditempat yg tersembunyi.
Resiko CAI sich emang cepat kotor filter udaranya, lagi kalau cari filter udara aftermarket smp skrg ini blm ada yg jual.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
kan sampean netral.. heheheh.. jaman gini mah netral2 aja dehh.. apalagi sama produsen.. namanya jg cari duit... belum tentu bisa dipercaya 100% manapun itu lah, ngga honda, toyota jg.hunter wrote:waduh orang milis lagi dibawa2...hihihihi. saya ikut milis koq.. tapi tetep anggep bung ichsan teman koq....wakakakakaa..
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 353
- Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
Oke guys gw masih penasaran masalah FC.. karena ada indikasi kalo pake premium lebih baik.. cuman gw tadi lagi iseng ngitung buat livina gini..
CR livina 1.5 : 10.5
CR livina 1.8 : 9.9
please cek angka gw bener apa kaga.. nah ini kalo dihitung dengan rumus waktu dulu gw masih di SD ngerjain cerdas tangkas ((1-(1/10 [your engine compression]) * 100) maka hasilnya octane pump untuk CR livina 1.5 adalah 90.5. sedang 1.8 adalah 89.8. nah tapi masalahnya kan mana ada oktan 90.5 dipasaran? walhasil amannya sih pake oktan 92 secara ini yang paling deket. sedangkan untuk livina 1.8? cukup dengan oktane bosster pake premium gw rasa sudah bisa. itu yang gw ngerasa anehh.. kenapa sudah tau requiremen mesin 1.5 itu adalah 90.5 tapi kenapa masih dianjurin pake premium? biar kesan mobil irit?
Oke, misal ada knocking sensor.. ini logika gw baru inget waktu pake gallant.. HLA dan knocking sensor gallant sama ngga prinsipnya kaya livina? dimana jg mengatur stelan klep masuk dan buang berdasarkan knocking sensor.. gw rasa sama. dan okelah misalnya mesin livina ini "katanya" sedemikian canggihnya hingga mampu meng adjust maju mundurin timing ignition mesin livina, sesuai beban dan kondisi pembakaran mesin saat itu. Termasuk juga menyesuaikan kondisi mesin dan hasil pembakaran yang terjadi (yang dikontribusikan dengan tipe dan oktan bensin yang dibakar). tapi satu yang kita belum tahu.. TOLERANSINYA BERAPA??!!!! ambil lah standart +/- adalah 5-7% artinya kalo elu masuk jalur pantura yang nota bene emang suka kammprett2 tuh yang dagang ngoplos bensin.. yahh elu tau sendiri kan akibatnya? mana kekejar stelannya? ini kan di atur ECU, nah knocking sensor mahh cuman nge fine tune. tapii tidak signifikan. ini nih cuman fitur injeksi yang mungkin di nissan ini jg ada semacam lash adjuster (HLA) kaya di mitsui gw dulu.. jadi knocking sensor mengirim sinyal ECU dan memerintahkan lash adjuster untuk memajukan atau memundurkan timing pengapaiann secara otomatis.. TAPI INI MANA ADA HUBUNGANNYA DENGAN OCTANE REQUIREMEN PAK!!!! KALO CR 10.5 YANG HARUS DIPERHATIKAN! gw kaga tau deh, nanti kalo elu2 ada yang ketemu NMI coba tanyain teori gw ini.
suggest gw sih.. even NMI bilang pake premium aja ngga papa, konteks buat 1.5 AT lebih berbahaya dari pada 1.8 (liat perhitungan) udah ketauan 90.5 yah masa maksa dipakein premium? gw kaga ngerti dimana logikanya NMI mau distel kaya apa jg, suatu saat dia ngga akan ngejar kalo oplosannya sudah lewat dari batas toleransi. inget lash adjuster jg makin lama makin kemakan seiring waktu. masa kaga tau sih premium diluar daerah kaya gimana? gw yakin dalam 1 tahun, livina 1.5AT/MT yang diisi premium akan turun tenaga!
dan okelahh Hidraulic Lash Adjuster di mitsui itu mengacu ke satu setelan klep, entah itu masuk in or out (masuk or buang) dan tidak akan bergerak naik turun secara bersamaan, yang ada bergeraknya searah. ambil sama dengan livina. Nahh, bagi yang udah pake gallant, ngerti deh, setelan HLA ya segitu2 aja. sudah di stel pabrik, untuk bensin yang "seharus"nya! cuman bedanya dengan HLA kita ngga perlu pake stel2 klep lagi aja karena sudah dipantek optimal sama pabrikan... thats why gw bingung.. ini mah ngga berkorelasi dengan bensin yang dipakai.. karena stelan ini sudah dibuat optimal dengan REQUIREMENT RON yang disarankan.. kenapa malah disuruh pake premium? stelan ini TIDAK BANYAK BERIMPACT KE ONTACE REQUIREMENT PAAKK,, ONLY CR ONCE AGAIN!!! ngotorin mesin malah iya (IMHO) Thats why saftari bilang HARUS PAKE PERTAMAX! minimal... so kalo dibilang bisa irit pake premium.. gw masih kaga percaya.
Kenapa?
CR livina 1.5 : 10.5
CR livina 1.8 : 9.9
please cek angka gw bener apa kaga.. nah ini kalo dihitung dengan rumus waktu dulu gw masih di SD ngerjain cerdas tangkas ((1-(1/10 [your engine compression]) * 100) maka hasilnya octane pump untuk CR livina 1.5 adalah 90.5. sedang 1.8 adalah 89.8. nah tapi masalahnya kan mana ada oktan 90.5 dipasaran? walhasil amannya sih pake oktan 92 secara ini yang paling deket. sedangkan untuk livina 1.8? cukup dengan oktane bosster pake premium gw rasa sudah bisa. itu yang gw ngerasa anehh.. kenapa sudah tau requiremen mesin 1.5 itu adalah 90.5 tapi kenapa masih dianjurin pake premium? biar kesan mobil irit?
Oke, misal ada knocking sensor.. ini logika gw baru inget waktu pake gallant.. HLA dan knocking sensor gallant sama ngga prinsipnya kaya livina? dimana jg mengatur stelan klep masuk dan buang berdasarkan knocking sensor.. gw rasa sama. dan okelah misalnya mesin livina ini "katanya" sedemikian canggihnya hingga mampu meng adjust maju mundurin timing ignition mesin livina, sesuai beban dan kondisi pembakaran mesin saat itu. Termasuk juga menyesuaikan kondisi mesin dan hasil pembakaran yang terjadi (yang dikontribusikan dengan tipe dan oktan bensin yang dibakar). tapi satu yang kita belum tahu.. TOLERANSINYA BERAPA??!!!! ambil lah standart +/- adalah 5-7% artinya kalo elu masuk jalur pantura yang nota bene emang suka kammprett2 tuh yang dagang ngoplos bensin.. yahh elu tau sendiri kan akibatnya? mana kekejar stelannya? ini kan di atur ECU, nah knocking sensor mahh cuman nge fine tune. tapii tidak signifikan. ini nih cuman fitur injeksi yang mungkin di nissan ini jg ada semacam lash adjuster (HLA) kaya di mitsui gw dulu.. jadi knocking sensor mengirim sinyal ECU dan memerintahkan lash adjuster untuk memajukan atau memundurkan timing pengapaiann secara otomatis.. TAPI INI MANA ADA HUBUNGANNYA DENGAN OCTANE REQUIREMEN PAK!!!! KALO CR 10.5 YANG HARUS DIPERHATIKAN! gw kaga tau deh, nanti kalo elu2 ada yang ketemu NMI coba tanyain teori gw ini.
suggest gw sih.. even NMI bilang pake premium aja ngga papa, konteks buat 1.5 AT lebih berbahaya dari pada 1.8 (liat perhitungan) udah ketauan 90.5 yah masa maksa dipakein premium? gw kaga ngerti dimana logikanya NMI mau distel kaya apa jg, suatu saat dia ngga akan ngejar kalo oplosannya sudah lewat dari batas toleransi. inget lash adjuster jg makin lama makin kemakan seiring waktu. masa kaga tau sih premium diluar daerah kaya gimana? gw yakin dalam 1 tahun, livina 1.5AT/MT yang diisi premium akan turun tenaga!
dan okelahh Hidraulic Lash Adjuster di mitsui itu mengacu ke satu setelan klep, entah itu masuk in or out (masuk or buang) dan tidak akan bergerak naik turun secara bersamaan, yang ada bergeraknya searah. ambil sama dengan livina. Nahh, bagi yang udah pake gallant, ngerti deh, setelan HLA ya segitu2 aja. sudah di stel pabrik, untuk bensin yang "seharus"nya! cuman bedanya dengan HLA kita ngga perlu pake stel2 klep lagi aja karena sudah dipantek optimal sama pabrikan... thats why gw bingung.. ini mah ngga berkorelasi dengan bensin yang dipakai.. karena stelan ini sudah dibuat optimal dengan REQUIREMENT RON yang disarankan.. kenapa malah disuruh pake premium? stelan ini TIDAK BANYAK BERIMPACT KE ONTACE REQUIREMENT PAAKK,, ONLY CR ONCE AGAIN!!! ngotorin mesin malah iya (IMHO) Thats why saftari bilang HARUS PAKE PERTAMAX! minimal... so kalo dibilang bisa irit pake premium.. gw masih kaga percaya.
Kenapa?
Last edited by ichsan_n on Thu Sep 06, 2007 9:49, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
iya sih, makanya ntar gw konsul dulu deh.. gw takutnya efek hawa panasnya.dony wrote:thx bung hansen, pantes kdg suka liat di mils pakai nicj ninja97 cuma lupa-2 ingat nich.
Bung Ichsan , Piggyback mestinya bisa ditaruh di dalam tinggl menambah kabelnya, Yaris, Swift Ecunya juga dimesin kalau nggk salah.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
waduh baca penjelasan bung ichsan.. pusing juga saya.
gak nyangka bung ichsan ini technical juga n pengetahuannya boljug tuh.... gayanya sih tukang jualan siomay.. tapi otaknya.. otak engineer.... wkaakakakkaa *kabur* *just kidding bro*
kalo saya sih tetep isi pertamax karena saya patokkannya dari om saftwari juga dulu.. liat kompresi rationya.. kalo gak salah GL 1.5 itu 10 sekian.. mangkanya saya isi pertamax deh. kalo GL 1.8 memang lebih rendah tuh.. cuman 9 sekian... CMIIW.
gak nyangka bung ichsan ini technical juga n pengetahuannya boljug tuh.... gayanya sih tukang jualan siomay.. tapi otaknya.. otak engineer.... wkaakakakkaa *kabur* *just kidding bro*
kalo saya sih tetep isi pertamax karena saya patokkannya dari om saftwari juga dulu.. liat kompresi rationya.. kalo gak salah GL 1.5 itu 10 sekian.. mangkanya saya isi pertamax deh. kalo GL 1.8 memang lebih rendah tuh.. cuman 9 sekian... CMIIW.
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
To: Ichsan and all GL Users di SM (*yg di JKT kali yee) .. WELCOME to Joint.ichsan_n wrote:sipp.. sipp.. see?! cuman diforum deh gw yakin baru pada berani nyolot2an.. udah ketemu mahh..maxx wrote:ha ha ha... saleh dan CB?.. ha ha ha..ichsan_n wrote: ngga maksud gw.. gw kan most wanted nih di milis elu, coba kapan2 gw samperin deh tuh, saleh dan satu lagi.. siapa tuh yang kerja di sinarharapan.. pengen tahu gw kalo gw samperin jumat ntar bakalan ngomong apa sama gw... atau yah.. "heheh ya sudah lahh.. ayooo.. ayoo .. ngebirr ajee..." wong cuman mobil aja kok repot. elu nonkrong dimana emang? gw kaga pake livina ngga papa yee?!![]()
YUUUKKKK.. kita ngebir ajaaaaa.. he he he... jumat ini bakal nongkrong di area jakarta selatan ini.. acara survey dulu .. 1st trial nongkrong 4-7 orang .. belum diumumkan dimilist.. takutnya kalo diumumkan eh..ternyata yg datang banyak dan tempatnya ga bisa akomodir banyak mobil bisa repot.. jadi kita trial nongkrong u/ survey lokasi dulu.... kalo lo mo ikutan datang .. bolehhhh.. ada si CB juga tuh jumat malam ini.. he he he.. seru deh .. besok gw info kita survey kemana jumat malam.
Ga bawa GL ga papa dong.. dari pada pinggang lo sakit lagi?!.. he he he..
Nih.. udah ada finalisasi acara "Nongkrong bareng"
----------
Bro & Sis
Kita ada acara "Nongkrong Bareng" nissan-livina pd hari jumat malam detail sbb:
Tempat: Hungry Bob Burger & Kebab
Alamat: Jl. Cikajang No. 72, Kebayoran baru (peta terlampir)
Hari & waktu: Jumat, 7 September, Jam u/ mulai kumpul2 19.00-19.30..sampai sesuka-nya ikutan nongkrong.
Semua anggota milist nissan-livina Welcome !!!
DISCOUNT 10% the Event.
---------------
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
sipp thanks bro. gw usahain dateng.maxx wrote: To: Ichsan and all GL Users di SM (*yg di JKT kali yee) .. WELCOME to Joint.
Nih.. udah ada finalisasi acara "Nongkrong bareng"
----------
Bro & Sis
Kita ada acara "Nongkrong Bareng" nissan-livina pd hari jumat malam detail sbb:
Tempat: Hungry Bob Burger & Kebab
Alamat: Jl. Cikajang No. 72, Kebayoran baru (peta terlampir)
Hari & waktu: Jumat, 7 September, Jam u/ mulai kumpul2 19.00-19.30..sampai sesuka-nya ikutan nongkrong.
Semua anggota milist nissan-livina Welcome !!!
DISCOUNT 10% the Event.
---------------
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
heheh.. masa ngga inget? saya kan ambil kelas "belajar mobil" seharga 156 jt... hahahahah...hunter wrote:waduh baca penjelasan bung ichsan.. pusing juga saya.
gak nyangka bung ichsan ini technical juga n pengetahuannya boljug tuh.... gayanya sih tukang jualan siomay.. tapi otaknya.. otak engineer.... wkaakakakkaa *kabur* *just kidding bro*
kalo saya sih tetep isi pertamax karena saya patokkannya dari om saftwari juga dulu.. liat kompresi rationya.. kalo gak salah GL 1.5 itu 10 sekian.. mangkanya saya isi pertamax deh. kalo GL 1.8 memang lebih rendah tuh.. cuman 9 sekian... CMIIW.
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Ok Sip... ditunggu kehadirannya .. ga OMDO kan?ichsan_n wrote:sipp thanks bro. gw usahain dateng.maxx wrote: To: Ichsan and all GL Users di SM (*yg di JKT kali yee) .. WELCOME to Joint.
Nih.. udah ada finalisasi acara "Nongkrong bareng"
----------
Bro & Sis
Kita ada acara "Nongkrong Bareng" nissan-livina pd hari jumat malam detail sbb:
Tempat: Hungry Bob Burger & Kebab
Alamat: Jl. Cikajang No. 72, Kebayoran baru (peta terlampir)
Hari & waktu: Jumat, 7 September, Jam u/ mulai kumpul2 19.00-19.30..sampai sesuka-nya ikutan nongkrong.
Semua anggota milist nissan-livina Welcome !!!
DISCOUNT 10% the Event.
---------------
Btw, hasil diskusi dg owner Hungry Bob .. jalur menuju ke lokasi yg termudah dan tercepat bisa dilihat peta panduan jalannya disini nih
http://www.modupload.com/files/lgy3b5xqu5lxqey0gavd.jpg
OK Bro.. SMSers semua penunggang GL .. Welcome kalo mo joint "nongkrong bareng" di Hungry Bob
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
[quote="hunter"]waduh baca penjelasan bung ichsan.. pusing juga saya.
EHEEEMMMM... begginniii... saya terangin lebih simplenya... ehemmm.. sitbackkk...
Pak Hunter yang terhormat..... seperti yang ada lihat, disebelah kira anda adalah candi borobudur.. candi borobudur dibangung oleh.... *tuuuuuuuuttttttt hehehe
oke seriuss... Begini, pernah liat tukang mie ayam nyalain kompor pake pompa? ituloh yang dipompa dulu2.. teruz diisi dengan minyak tanah… pas dinyalain..
nahh kira2 sama lah prinsipnya dengan kompresi mesin. ambil sampean kayanya ngerti motor jg, motor 150 cc dengan kompresi 1:10 artinya? saat piston naik dan memampatkan bensin dan udara then volumenya menjadi 15cc sebelum terjadi pengapian kan? kita ambil konteks2 gampang aja pakk sesama yang awam mengenai masalah mobil.. iya ngga. iya ngga..
lalu gimana kalau kompresi gede tapi bensinnya sedikit? atau telat kebakar? ingat pak RON 88 (RON/Research Octane Number) waktu di SD dulu saya diteranginnya begini kira2 : bahan bakar ini akan tetap stabil/tidak terbakar jika di compress hingga 88% dari volume di tekanan 1 atm/1 bar. Inget, mesin bensin kan me ngompress bahan bakar dan udara di cylinder mesin. Jadi dari volume 1 untuk ron 88, si premium ini bisa di tekan sampai volumenya tinggal 0.12 dan tidak meledak. Trus baru deh di kasi percikan api busi, baru dehhh
. begitu pula dengan RON 92 tidak akan terbakar hingga volumenya tinggal (1-92%) atau 0.08. nah anda bisa bayangkan bila mesin livina 1.5AT dengan kompresi 1:10,5 ini diisi dengan oktan rendah yang lebih mudah terbakar macam premium? sama pak dengan kompor tadi, kompresi gede begitu artinya power yang gede... sewaktu mengcompres, maka diperlukan bahan bakar yang sesuai agar mampu menendang piston balik secara sempurna sehingga dengan bahan bakar yang sedikit itu (ratio kompresi) tapi mumpuni! dan INTINYA adalah OKTANYA MUSTI TINGGI PULA!! thats why gw ngga abis pikir, kenapa bisa dibilang pake premium itu malah lebih effisien (direkomendasikan agar bisa irit) di livina 1.5? karena apa? bila terjadi pre ingnition sedangkan besin sudah terbakar, yah powernya berkurang lahhh.. mana bisa mesin jadi lebih irit?!!! pada saat piston pada posisi tinggi, maka perlu pengapian yang tepat, artinya pas piston mentok baru pengapian. dengan kata lain, disitulah memang INTINYA KOMPRESI ITU PAK NMI!!! Inget dude!!, pembakaran bagus bukan ditentukan dari tipe bahan bakar yang lo pake, tapi ditentukan dari setting mesin itu sendiri. coba lihat konteks GL 1.8. walaupun pake premium asal settingannya tepat yah pasti lebih enak tarikannya. bisa anda mengerti kan? nahhh di 1.5 ini sebenernya disetting gimana sih?! karena kalau stelannya ngga tepat, yah mau pake pertamax jg pasti lebih boros dan bolot kalau settingannya premium tapi kompresinya pertamax!!! irit mungkin karena meledak lebih cepat.. tapi lebih cepat pula jeroan mesin lu jebol!!!
sekali lagi buat saya pemikiran ini ada ketidaksamaan antara rasio bukaan gas dan perpindahan gigi dilivina hehehe, maksudnya... kaga nyambung!! sama kaya mobilnye! maksudnyee.. antara program marketing dengan logika engineeringnya. BEDAKAN ANTARA SPEK MESIN DI BUKU PANDUAN YANG SUDAH MELALUI MEKANISME PERHITUNGAN ENGINEERING (orang JEPANG gw rasa ngga neko2 deh kalo masalah ini) DENGAN ANJURAN "PROGRAM MARKETING" ORANG INDONESIANYAAAA.
coba anda bisa lihat kan bung saftari bilang apa? saya kutip biar gampang...
"bensin dengan oktan rendah lebih mudah terbakar. Semakin tinggi nilai CR pada mesin artinya membutuhkan bensin bernilai oktan tinggi. Mesin berkompresi tinggi membuat bensin cepat terbakar (akibat tekanan yang tinggi), yang akan menjadi masalah adalah, ketika bensin terbakar lebih awal sebelum busi memercikkan api. Saat piston naik ke atas melakukan kompresi, bensin menyala mendahului busi, akibatnya piston seperti dipukul keras oleh ledakan ruang bakar tersebut. Kita sering mendengar istilah “Ngelitik†(pinging/knocking). Bagaimana menggambarkan ‘kejam’nya ngelitik yang dirasakan piston? Ibarat telapak tangan kita ditusuk2 dengan paku… kira-kira begitu. Perlahan namun pasti.. membuat piston seperti permukaan bulan… dan bahkan bisa bolong!.. hiiii…. INTINYA: mesin yang CR nya tinggi, memerlukan bensin yang lambat terbakar. Semakin tinggi nilai CR, bensin harus semakin lambat terbakarnya (oktan tinggi)."
Jadi tahu kan akibat jangka panjangnya? ngga mungkin itu pake premium untuk livina 1.5 tenaga malah lebih makk nyussss... APALAGI DI TANJAKAN?!!! GET IT NMI? IT NOT ABOUT YOUR KNOCKING SENSOR ITS ABOUT YOUR MACHINE NEEDS A HIGHER RON TO RUN SMOOTH & PERFECTLY!! AND PREMIUM ISNT THE ANSWER!
nah lalu bagaimana kalo dimilis oleh NMI digembor-gemborkan bahwa "eh ini adalah mobil ekonomis loh, pake premium lohhhh".. and orang milis ngomong ke gw..."tapi kan mesin livina sudah sedemikian "CANGGIH" sehingga pake premium (tanpa TT ya iyelahh wong pake CC) pun di anjurkan oleh NMI walaupun berkompresi tinggi karena sudah dilengkapi dengan sistem SUPER CUANGGIHH knocking sensor?".. LAHH!! BAPAK2 SEKALIAN.. KNOCKING SENSOR INI HANYA LAH SEBUAH FITUR DI INJEKSII PAKK, BUKAN PENEMUAN ABAD INI!! UDAH ADA DI GALLANT TH 2000 JEBOT JG!
makanya saya katakan pak, sebagai orang business jg.. bedakan antara pendapat engineer dengan orang marketing!!! sudah itu saja... anda pasti sudah nalar. Sudah saya terangkan, ambillah ada kesamaan mekanisme knocking system & HLA di mitsui gallant dengan livina ini yang pada intingnya buat orang awam seperti saya sama-sama "agar tidak ngelitik!" begitu kan? pertanyaanya... akan tahan berapa lama itu sistem canggih knocking sensor dilivina bila setiap hari terus2an dipaksa untuk menyesuaikan kan? seperti yang gw katakan di atas, bukan berarti dilivina 1.5 itu penggunaaan premium maka akan membuat mobil jadi irit. TAPI GW YAKIN INI MALAH BAKALAN BUAT JADI MASALAH DI JANGKA PANJANGNYA BAGI KE AWETAN MESIN ITU SENDIRI!!! gw ngga tau deh.. tapi logika gw jg kita ngga bisa seenak jidat nyetel AFR dan timing lebih lanjut kalo diperlukan semenjak mesin2 modern biasanya angkatnya sudah dipantek buat memudahkan maintenace. kecuali elu jebol pake piggyback tapi resikonya jebol total mesinn lu entar. and lagipula maxx, kalo ada anggapan oktan tinggi malah lebih cepet abis karena penguapan, itu SALAH TOTAL!! - Semakin TINGGI nilai oktan, maka bensin lebih sulit menguap (penguapan rendah). malah elu pake premium lebih cepet nguap!
Bro.. bro.. sekalian (minum air putih dulu), boros/irit itu bukan dari tipe bensin sekali lagi.. bukan jg karena gaya berpakaian elu.. atau karena mobil lu livina terus iritt.. bukan juga karena livina elu udah dipasangin elektric mirror!! and bukan berarti elu pake pertamax akan lebih irit dari premium.. nor sebaliknya. TAPI DARI SETELAN DAN SPEC MESIN mobil itu sendiri. ambil begini, spec kita adalah untuk oktan 90.5 (anggap pertamax) dan setelan timing ECUnya oleh NMI di pantek untuk nilai ini, lalu kita isi dengan premium (oktan 88). ECU mesin membaca "teett.. teettt.. attentionn.. bukan ron gw.. bukan ron gw.." otomatis knocking sensor dan HLA versi livina disuruh KERJA KERASSSSS untuk menyesuaiakan dengan joroan yang dicekokin oleh empunya. Nahhh lama2 kelamaan, dengan usia serta tingkat beban, dudukan klep, piston dan HLA elu lama2 yah habis lahh(imho)!! gantiii dehh!! wong elu ngasih jeroannya ngga bener pan?! and begonya baru terjadi ditahun ke.. 3.5!!! hahahahahh... lalu apa yang terjadi.. mungkin dalam 6 bulan gejala2 awal power mulai loyo, susah nanjak, suka nyendat2 kalo dibejek akibat dipaksain pake premium. nahh, itulah kenapa livina didesain DENGAN KABIN YANG HENING.. agar supir tidak denger apa yang terjadi didalem mesin.. AHAHAHAHA (kidding kekek.. kidding lohh!!) jadinya si sopir cuman taunya mobil kurang josss.. kurang tarikan.. bawaan ngebejek gas pol mulu di AT.. ya walhasil lambat laun lebih boros kan? inget broo, sekarang mah masih baru.. coba liat 1 tahun lagi.. kekekeke...
so saran gw MAU SEJELEK2NYA MOBIL TOHH MOBIL SENDIRI PAN?! MAKANYA DISAYANG!!! BANYAK YANG MASIH BELUM SANGGUP BELI MOTOR LOHHH!!!... kalo dijakarta dan mesin kita kompresinya 1:8,8-8,9 pake premium masih aman. tapi diatas itu SANGAT DIREKOMENDASI BAHKAN OLEH AHLINYA BUNG SAFTARI BUKAN ORANG MARKETING harus pake pertamax bahkan pertamax pluss buat livina 1.5 AT. MAHAL?!! iya iyee lahhhh... udah konsekuensi punya mesin modern macam livina toh?
CHEERS!!
EHEEEMMMM... begginniii... saya terangin lebih simplenya... ehemmm.. sitbackkk...
Pak Hunter yang terhormat..... seperti yang ada lihat, disebelah kira anda adalah candi borobudur.. candi borobudur dibangung oleh.... *tuuuuuuuuttttttt hehehe
oke seriuss... Begini, pernah liat tukang mie ayam nyalain kompor pake pompa? ituloh yang dipompa dulu2.. teruz diisi dengan minyak tanah… pas dinyalain..

lalu gimana kalau kompresi gede tapi bensinnya sedikit? atau telat kebakar? ingat pak RON 88 (RON/Research Octane Number) waktu di SD dulu saya diteranginnya begini kira2 : bahan bakar ini akan tetap stabil/tidak terbakar jika di compress hingga 88% dari volume di tekanan 1 atm/1 bar. Inget, mesin bensin kan me ngompress bahan bakar dan udara di cylinder mesin. Jadi dari volume 1 untuk ron 88, si premium ini bisa di tekan sampai volumenya tinggal 0.12 dan tidak meledak. Trus baru deh di kasi percikan api busi, baru dehhh

sekali lagi buat saya pemikiran ini ada ketidaksamaan antara rasio bukaan gas dan perpindahan gigi dilivina hehehe, maksudnya... kaga nyambung!! sama kaya mobilnye! maksudnyee.. antara program marketing dengan logika engineeringnya. BEDAKAN ANTARA SPEK MESIN DI BUKU PANDUAN YANG SUDAH MELALUI MEKANISME PERHITUNGAN ENGINEERING (orang JEPANG gw rasa ngga neko2 deh kalo masalah ini) DENGAN ANJURAN "PROGRAM MARKETING" ORANG INDONESIANYAAAA.
coba anda bisa lihat kan bung saftari bilang apa? saya kutip biar gampang...
"bensin dengan oktan rendah lebih mudah terbakar. Semakin tinggi nilai CR pada mesin artinya membutuhkan bensin bernilai oktan tinggi. Mesin berkompresi tinggi membuat bensin cepat terbakar (akibat tekanan yang tinggi), yang akan menjadi masalah adalah, ketika bensin terbakar lebih awal sebelum busi memercikkan api. Saat piston naik ke atas melakukan kompresi, bensin menyala mendahului busi, akibatnya piston seperti dipukul keras oleh ledakan ruang bakar tersebut. Kita sering mendengar istilah “Ngelitik†(pinging/knocking). Bagaimana menggambarkan ‘kejam’nya ngelitik yang dirasakan piston? Ibarat telapak tangan kita ditusuk2 dengan paku… kira-kira begitu. Perlahan namun pasti.. membuat piston seperti permukaan bulan… dan bahkan bisa bolong!.. hiiii…. INTINYA: mesin yang CR nya tinggi, memerlukan bensin yang lambat terbakar. Semakin tinggi nilai CR, bensin harus semakin lambat terbakarnya (oktan tinggi)."
Jadi tahu kan akibat jangka panjangnya? ngga mungkin itu pake premium untuk livina 1.5 tenaga malah lebih makk nyussss... APALAGI DI TANJAKAN?!!! GET IT NMI? IT NOT ABOUT YOUR KNOCKING SENSOR ITS ABOUT YOUR MACHINE NEEDS A HIGHER RON TO RUN SMOOTH & PERFECTLY!! AND PREMIUM ISNT THE ANSWER!
nah lalu bagaimana kalo dimilis oleh NMI digembor-gemborkan bahwa "eh ini adalah mobil ekonomis loh, pake premium lohhhh".. and orang milis ngomong ke gw..."tapi kan mesin livina sudah sedemikian "CANGGIH" sehingga pake premium (tanpa TT ya iyelahh wong pake CC) pun di anjurkan oleh NMI walaupun berkompresi tinggi karena sudah dilengkapi dengan sistem SUPER CUANGGIHH knocking sensor?".. LAHH!! BAPAK2 SEKALIAN.. KNOCKING SENSOR INI HANYA LAH SEBUAH FITUR DI INJEKSII PAKK, BUKAN PENEMUAN ABAD INI!! UDAH ADA DI GALLANT TH 2000 JEBOT JG!
makanya saya katakan pak, sebagai orang business jg.. bedakan antara pendapat engineer dengan orang marketing!!! sudah itu saja... anda pasti sudah nalar. Sudah saya terangkan, ambillah ada kesamaan mekanisme knocking system & HLA di mitsui gallant dengan livina ini yang pada intingnya buat orang awam seperti saya sama-sama "agar tidak ngelitik!" begitu kan? pertanyaanya... akan tahan berapa lama itu sistem canggih knocking sensor dilivina bila setiap hari terus2an dipaksa untuk menyesuaikan kan? seperti yang gw katakan di atas, bukan berarti dilivina 1.5 itu penggunaaan premium maka akan membuat mobil jadi irit. TAPI GW YAKIN INI MALAH BAKALAN BUAT JADI MASALAH DI JANGKA PANJANGNYA BAGI KE AWETAN MESIN ITU SENDIRI!!! gw ngga tau deh.. tapi logika gw jg kita ngga bisa seenak jidat nyetel AFR dan timing lebih lanjut kalo diperlukan semenjak mesin2 modern biasanya angkatnya sudah dipantek buat memudahkan maintenace. kecuali elu jebol pake piggyback tapi resikonya jebol total mesinn lu entar. and lagipula maxx, kalo ada anggapan oktan tinggi malah lebih cepet abis karena penguapan, itu SALAH TOTAL!! - Semakin TINGGI nilai oktan, maka bensin lebih sulit menguap (penguapan rendah). malah elu pake premium lebih cepet nguap!
Bro.. bro.. sekalian (minum air putih dulu), boros/irit itu bukan dari tipe bensin sekali lagi.. bukan jg karena gaya berpakaian elu.. atau karena mobil lu livina terus iritt.. bukan juga karena livina elu udah dipasangin elektric mirror!! and bukan berarti elu pake pertamax akan lebih irit dari premium.. nor sebaliknya. TAPI DARI SETELAN DAN SPEC MESIN mobil itu sendiri. ambil begini, spec kita adalah untuk oktan 90.5 (anggap pertamax) dan setelan timing ECUnya oleh NMI di pantek untuk nilai ini, lalu kita isi dengan premium (oktan 88). ECU mesin membaca "teett.. teettt.. attentionn.. bukan ron gw.. bukan ron gw.." otomatis knocking sensor dan HLA versi livina disuruh KERJA KERASSSSS untuk menyesuaiakan dengan joroan yang dicekokin oleh empunya. Nahhh lama2 kelamaan, dengan usia serta tingkat beban, dudukan klep, piston dan HLA elu lama2 yah habis lahh(imho)!! gantiii dehh!! wong elu ngasih jeroannya ngga bener pan?! and begonya baru terjadi ditahun ke.. 3.5!!! hahahahahh... lalu apa yang terjadi.. mungkin dalam 6 bulan gejala2 awal power mulai loyo, susah nanjak, suka nyendat2 kalo dibejek akibat dipaksain pake premium. nahh, itulah kenapa livina didesain DENGAN KABIN YANG HENING.. agar supir tidak denger apa yang terjadi didalem mesin.. AHAHAHAHA (kidding kekek.. kidding lohh!!) jadinya si sopir cuman taunya mobil kurang josss.. kurang tarikan.. bawaan ngebejek gas pol mulu di AT.. ya walhasil lambat laun lebih boros kan? inget broo, sekarang mah masih baru.. coba liat 1 tahun lagi.. kekekeke...
so saran gw MAU SEJELEK2NYA MOBIL TOHH MOBIL SENDIRI PAN?! MAKANYA DISAYANG!!! BANYAK YANG MASIH BELUM SANGGUP BELI MOTOR LOHHH!!!... kalo dijakarta dan mesin kita kompresinya 1:8,8-8,9 pake premium masih aman. tapi diatas itu SANGAT DIREKOMENDASI BAHKAN OLEH AHLINYA BUNG SAFTARI BUKAN ORANG MARKETING harus pake pertamax bahkan pertamax pluss buat livina 1.5 AT. MAHAL?!! iya iyee lahhhh... udah konsekuensi punya mesin modern macam livina toh?
CHEERS!!
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
wah penjelasan super panjang yang mantap sekali. thank you bro.
btw busway, bung ichsan sekolah di SD mana sih? canggih banget sudah belajar kompresi mesin n pembakaran mesin....ckckckck....
mangkanya saya tetep pakein GL 1.5 saya SHELL/at least pertamax. krn saya patokkannya cuman kompresi mesin itu. yah ruginya, saya keluar uang lebih banyak.. tapi seperti ichsan san bilang.. yah resiko beli mobil dengan mesin kompresi tinggi... huehehehehe. dan untungnya lagi saya ngantor tetep pake motor... jadi lebih hemat....
btw busway, bung ichsan sekolah di SD mana sih? canggih banget sudah belajar kompresi mesin n pembakaran mesin....ckckckck....
mangkanya saya tetep pakein GL 1.5 saya SHELL/at least pertamax. krn saya patokkannya cuman kompresi mesin itu. yah ruginya, saya keluar uang lebih banyak.. tapi seperti ichsan san bilang.. yah resiko beli mobil dengan mesin kompresi tinggi... huehehehehe. dan untungnya lagi saya ngantor tetep pake motor... jadi lebih hemat....

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
AHAHAHA!! SD saya di 01 kebon jengkol petang pak.. kekekeke.. pake motor? SETUJU!! tiptronic kan? kekeke... mobil mahh keluar sabtu minggu aja, saya sekarang malah lagi seneng naik motor pak kalo kekantor.. maklum baru belajar.. baru diboleh setelah kawin nyoba2 naek motor. ahahahah!! norak de gwww!! saya pake matic jg motornya pak.hunter wrote:wah penjelasan super panjang yang mantap sekali. thank you bro.
btw busway, bung ichsan sekolah di SD mana sih? canggih banget sudah belajar kompresi mesin n pembakaran mesin....ckckckck....
mangkanya saya tetep pakein GL 1.5 saya SHELL/at least pertamax. krn saya patokkannya cuman kompresi mesin itu. yah ruginya, saya keluar uang lebih banyak.. tapi seperti ichsan san bilang.. yah resiko beli mobil dengan mesin kompresi tinggi... huehehehehe. dan untungnya lagi saya ngantor tetep pake motor... jadi lebih hemat....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 353
- Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Wakakaka... cangehhh... lo calon kandidat pengganti sithlord di SM.. tp opposite-nya...
Ulasan yg menarik .. meskipun membara-bara.. dg semangat 45.
Kalo soal knocking sensor.. udah pernah dibicarakan saat technical meeting ke-2 (Pd TM ke -1 katanya ichsan ikutan juga ya) .. kerja knocking sensor saat terjadi knocking maka ECU secara otomatis akan mengatur derajat pengapian u/ disesuaikan smp tidak ada knocking.... CMIIW.. ini yg gw inget swkt dijelaskan, dan juga dijelaskan pada saat pakai premium angka power dan torsi max akan turun, jadi tidak bisa dicapai angka max spt di brosur.
(NOTE: pengukuran di brosur power dan torsi max pakai pertamax)
Abis baca ulasan lo.. gw jadi penasaran.. tuh mesin HR15DE dan MR18DE dg CR masing2.. distelnya bisa minum premium gimana caranya ya?
Pasti ga sesimple dg otomatis derajat pengapian berubah saat knocking dapat atasi minum premium tanpa masalah, krn pasti R&D Nissan Jpg sudah setting nih mesin agar bisa nelen premium.
Meskipun "ada anjuran/permintaan NMI agar HR15DE dan MR18DE bisa nenggak premium", tp gw yakin R&D Nissan Jepang yg setting HR15DE dan MR18DE agar bisa nelen Premium kaga bego dan sudah melakukan penelitian/perhitungan secara detail dan teliti .. (NOTE: pengembangan GL ini 6 thn bro .. bukan waktu yg sebentar).
Bila tuh mesin ga bisa disetting nelen premium dan akan membawa dampak buruk pd pemakaian jangka panjang .. maka kaga mungkin anjuran/permintaan NMI dituruti oleh R&D Nissan Jpg.
Yg lebih gw yakin R&D Nissan Jpg .. lebih pinter dari kita2 semua yg cuap2 disini... LAH.. mereka yg buat mesinnya loh?! .. cuma kita aja kaga tau mereka settingnya digimanain dan diapain tuh mesin jadi bisa minum premium dg aman.
Ini cuma sharing gw loh.. bukan berdalih u/ bela GL/NMI (dibayar jg kaga)...
Toh .. yg diperlukan hanya penjelasan dan informasi yg akurat.. u/ bisa menjadi pencerahankan?
San lo harusnya ikut Kunjungan Pabrik tgl 15 sept ini tuh.. biar bisa nanya disono.. dan enak dapat penjelasannya ... kalo gw yg disuruh lo tanya disono.. udah jelas belepotan.. krn lo lebih fasih dan ahli dari pada gw.
Btw.. lo confirm datang acara "nongkrong bareng" kan? kaga OMDO doang kan?
.. enak nih buat tuker pkiran.. sambil nge-bir..
.. eh tapi lo mabok ga rese kan.. tar nyambit2 gelas repot deh...
Ini petanya bos.. jangan salah jalan http://www.modupload.com/files/lgy3b5xqu5lxqey0gavd.jpg
Smp ketemu tar malem bos.

Ulasan yg menarik .. meskipun membara-bara.. dg semangat 45.

Kalo soal knocking sensor.. udah pernah dibicarakan saat technical meeting ke-2 (Pd TM ke -1 katanya ichsan ikutan juga ya) .. kerja knocking sensor saat terjadi knocking maka ECU secara otomatis akan mengatur derajat pengapian u/ disesuaikan smp tidak ada knocking.... CMIIW.. ini yg gw inget swkt dijelaskan, dan juga dijelaskan pada saat pakai premium angka power dan torsi max akan turun, jadi tidak bisa dicapai angka max spt di brosur.
(NOTE: pengukuran di brosur power dan torsi max pakai pertamax)
Abis baca ulasan lo.. gw jadi penasaran.. tuh mesin HR15DE dan MR18DE dg CR masing2.. distelnya bisa minum premium gimana caranya ya?
Pasti ga sesimple dg otomatis derajat pengapian berubah saat knocking dapat atasi minum premium tanpa masalah, krn pasti R&D Nissan Jpg sudah setting nih mesin agar bisa nelen premium.
Meskipun "ada anjuran/permintaan NMI agar HR15DE dan MR18DE bisa nenggak premium", tp gw yakin R&D Nissan Jepang yg setting HR15DE dan MR18DE agar bisa nelen Premium kaga bego dan sudah melakukan penelitian/perhitungan secara detail dan teliti .. (NOTE: pengembangan GL ini 6 thn bro .. bukan waktu yg sebentar).
Bila tuh mesin ga bisa disetting nelen premium dan akan membawa dampak buruk pd pemakaian jangka panjang .. maka kaga mungkin anjuran/permintaan NMI dituruti oleh R&D Nissan Jpg.
Yg lebih gw yakin R&D Nissan Jpg .. lebih pinter dari kita2 semua yg cuap2 disini... LAH.. mereka yg buat mesinnya loh?! .. cuma kita aja kaga tau mereka settingnya digimanain dan diapain tuh mesin jadi bisa minum premium dg aman.
Ini cuma sharing gw loh.. bukan berdalih u/ bela GL/NMI (dibayar jg kaga)...
Toh .. yg diperlukan hanya penjelasan dan informasi yg akurat.. u/ bisa menjadi pencerahankan?
San lo harusnya ikut Kunjungan Pabrik tgl 15 sept ini tuh.. biar bisa nanya disono.. dan enak dapat penjelasannya ... kalo gw yg disuruh lo tanya disono.. udah jelas belepotan.. krn lo lebih fasih dan ahli dari pada gw.
Btw.. lo confirm datang acara "nongkrong bareng" kan? kaga OMDO doang kan?
.. enak nih buat tuker pkiran.. sambil nge-bir..


Ini petanya bos.. jangan salah jalan http://www.modupload.com/files/lgy3b5xqu5lxqey0gavd.jpg
Smp ketemu tar malem bos.
ichsan_n wrote:hunter wrote:waduh baca penjelasan bung ichsan.. pusing juga saya.
EHEEEMMMM... begginniii... saya terangin lebih simplenya... ehemmm.. sitbackkk...
Pak Hunter yang terhormat..... seperti yang ada lihat, disebelah kira anda adalah candi borobudur.. candi borobudur dibangung oleh.... *tuuuuuuuuttttttt hehehe
oke seriuss... Begini, pernah liat tukang mie ayam nyalain kompor pake pompa? ituloh yang dipompa dulu2.. teruz diisi dengan minyak tanah… pas dinyalain..nahh kira2 sama lah prinsipnya dengan kompresi mesin. ambil sampean kayanya ngerti motor jg, motor 150 cc dengan kompresi 1:10 artinya? saat piston naik dan memampatkan bensin dan udara then volumenya menjadi 15cc sebelum terjadi pengapian kan? kita ambil konteks2 gampang aja pakk sesama yang awam mengenai masalah mobil.. iya ngga. iya ngga..
lalu gimana kalau kompresi gede tapi bensinnya sedikit? atau telat kebakar? ingat pak RON 88 (RON/Research Octane Number) waktu di SD dulu saya diteranginnya begini kira2 : bahan bakar ini akan tetap stabil/tidak terbakar jika di compress hingga 88% dari volume di tekanan 1 atm/1 bar. Inget, mesin bensin kan me ngompress bahan bakar dan udara di cylinder mesin. Jadi dari volume 1 untuk ron 88, si premium ini bisa di tekan sampai volumenya tinggal 0.12 dan tidak meledak. Trus baru deh di kasi percikan api busi, baru dehhh. begitu pula dengan RON 92 tidak akan terbakar hingga volumenya tinggal (1-92%) atau 0.08. nah anda bisa bayangkan bila mesin livina 1.5AT dengan kompresi 1:10,5 ini diisi dengan oktan rendah yang lebih mudah terbakar macam premium? sama pak dengan kompor tadi, kompresi gede begitu artinya power yang gede... sewaktu mengcompres, maka diperlukan bahan bakar yang sesuai agar mampu menendang piston balik secara sempurna sehingga dengan bahan bakar yang sedikit itu (ratio kompresi) tapi mumpuni! dan INTINYA adalah OKTANYA MUSTI TINGGI PULA!! thats why gw ngga abis pikir, kenapa bisa dibilang pake premium itu malah lebih effisien (direkomendasikan agar bisa irit) di livina 1.5? karena apa? bila terjadi pre ingnition sedangkan besin sudah terbakar, yah powernya berkurang lahhh.. mana bisa mesin jadi lebih irit?!!! pada saat piston pada posisi tinggi, maka perlu pengapian yang tepat, artinya pas piston mentok baru pengapian. dengan kata lain, disitulah memang INTINYA KOMPRESI ITU PAK NMI!!! Inget dude!!, pembakaran bagus bukan ditentukan dari tipe bahan bakar yang lo pake, tapi ditentukan dari setting mesin itu sendiri. coba lihat konteks GL 1.8. walaupun pake premium asal settingannya tepat yah pasti lebih enak tarikannya. bisa anda mengerti kan? nahhh di 1.5 ini sebenernya disetting gimana sih?! karena kalau stelannya ngga tepat, yah mau pake pertamax jg pasti lebih boros dan bolot kalau settingannya premium tapi kompresinya pertamax!!! irit mungkin karena meledak lebih cepat.. tapi lebih cepat pula jeroan mesin lu jebol!!!
sekali lagi buat saya pemikiran ini ada ketidaksamaan antara rasio bukaan gas dan perpindahan gigi dilivina hehehe, maksudnya... kaga nyambung!! sama kaya mobilnye! maksudnyee.. antara program marketing dengan logika engineeringnya. BEDAKAN ANTARA SPEK MESIN DI BUKU PANDUAN YANG SUDAH MELALUI MEKANISME PERHITUNGAN ENGINEERING (orang JEPANG gw rasa ngga neko2 deh kalo masalah ini) DENGAN ANJURAN "PROGRAM MARKETING" ORANG INDONESIANYAAAA.
coba anda bisa lihat kan bung saftari bilang apa? saya kutip biar gampang...
"bensin dengan oktan rendah lebih mudah terbakar. Semakin tinggi nilai CR pada mesin artinya membutuhkan bensin bernilai oktan tinggi. Mesin berkompresi tinggi membuat bensin cepat terbakar (akibat tekanan yang tinggi), yang akan menjadi masalah adalah, ketika bensin terbakar lebih awal sebelum busi memercikkan api. Saat piston naik ke atas melakukan kompresi, bensin menyala mendahului busi, akibatnya piston seperti dipukul keras oleh ledakan ruang bakar tersebut. Kita sering mendengar istilah “Ngelitik” (pinging/knocking). Bagaimana menggambarkan ‘kejam’nya ngelitik yang dirasakan piston? Ibarat telapak tangan kita ditusuk2 dengan paku… kira-kira begitu. Perlahan namun pasti.. membuat piston seperti permukaan bulan… dan bahkan bisa bolong!.. hiiii…. INTINYA: mesin yang CR nya tinggi, memerlukan bensin yang lambat terbakar. Semakin tinggi nilai CR, bensin harus semakin lambat terbakarnya (oktan tinggi)."
Jadi tahu kan akibat jangka panjangnya? ngga mungkin itu pake premium untuk livina 1.5 tenaga malah lebih makk nyussss... APALAGI DI TANJAKAN?!!! GET IT NMI? IT NOT ABOUT YOUR KNOCKING SENSOR ITS ABOUT YOUR MACHINE NEEDS A HIGHER RON TO RUN SMOOTH & PERFECTLY!! AND PREMIUM ISNT THE ANSWER!
nah lalu bagaimana kalo dimilis oleh NMI digembor-gemborkan bahwa "eh ini adalah mobil ekonomis loh, pake premium lohhhh".. and orang milis ngomong ke gw..."tapi kan mesin livina sudah sedemikian "CANGGIH" sehingga pake premium (tanpa TT ya iyelahh wong pake CC) pun di anjurkan oleh NMI walaupun berkompresi tinggi karena sudah dilengkapi dengan sistem SUPER CUANGGIHH knocking sensor?".. LAHH!! BAPAK2 SEKALIAN.. KNOCKING SENSOR INI HANYA LAH SEBUAH FITUR DI INJEKSII PAKK, BUKAN PENEMUAN ABAD INI!! UDAH ADA DI GALLANT TH 2000 JEBOT JG!
makanya saya katakan pak, sebagai orang business jg.. bedakan antara pendapat engineer dengan orang marketing!!! sudah itu saja... anda pasti sudah nalar. Sudah saya terangkan, ambillah ada kesamaan mekanisme knocking system & HLA di mitsui gallant dengan livina ini yang pada intingnya buat orang awam seperti saya sama-sama "agar tidak ngelitik!" begitu kan? pertanyaanya... akan tahan berapa lama itu sistem canggih knocking sensor dilivina bila setiap hari terus2an dipaksa untuk menyesuaikan kan? seperti yang gw katakan di atas, bukan berarti dilivina 1.5 itu penggunaaan premium maka akan membuat mobil jadi irit. TAPI GW YAKIN INI MALAH BAKALAN BUAT JADI MASALAH DI JANGKA PANJANGNYA BAGI KE AWETAN MESIN ITU SENDIRI!!! gw ngga tau deh.. tapi logika gw jg kita ngga bisa seenak jidat nyetel AFR dan timing lebih lanjut kalo diperlukan semenjak mesin2 modern biasanya angkatnya sudah dipantek buat memudahkan maintenace. kecuali elu jebol pake piggyback tapi resikonya jebol total mesinn lu entar. and lagipula maxx, kalo ada anggapan oktan tinggi malah lebih cepet abis karena penguapan, itu SALAH TOTAL!! - Semakin TINGGI nilai oktan, maka bensin lebih sulit menguap (penguapan rendah). malah elu pake premium lebih cepet nguap!
Bro.. bro.. sekalian (minum air putih dulu), boros/irit itu bukan dari tipe bensin sekali lagi.. bukan jg karena gaya berpakaian elu.. atau karena mobil lu livina terus iritt.. bukan juga karena livina elu udah dipasangin elektric mirror!! and bukan berarti elu pake pertamax akan lebih irit dari premium.. nor sebaliknya. TAPI DARI SETELAN DAN SPEC MESIN mobil itu sendiri. ambil begini, spec kita adalah untuk oktan 90.5 (anggap pertamax) dan setelan timing ECUnya oleh NMI di pantek untuk nilai ini, lalu kita isi dengan premium (oktan 88). ECU mesin membaca "teett.. teettt.. attentionn.. bukan ron gw.. bukan ron gw.." otomatis knocking sensor dan HLA versi livina disuruh KERJA KERASSSSS untuk menyesuaiakan dengan joroan yang dicekokin oleh empunya. Nahhh lama2 kelamaan, dengan usia serta tingkat beban, dudukan klep, piston dan HLA elu lama2 yah habis lahh(imho)!! gantiii dehh!! wong elu ngasih jeroannya ngga bener pan?! and begonya baru terjadi ditahun ke.. 3.5!!! hahahahahh... lalu apa yang terjadi.. mungkin dalam 6 bulan gejala2 awal power mulai loyo, susah nanjak, suka nyendat2 kalo dibejek akibat dipaksain pake premium. nahh, itulah kenapa livina didesain DENGAN KABIN YANG HENING.. agar supir tidak denger apa yang terjadi didalem mesin.. AHAHAHAHA (kidding kekek.. kidding lohh!!) jadinya si sopir cuman taunya mobil kurang josss.. kurang tarikan.. bawaan ngebejek gas pol mulu di AT.. ya walhasil lambat laun lebih boros kan? inget broo, sekarang mah masih baru.. coba liat 1 tahun lagi.. kekekeke...
so saran gw MAU SEJELEK2NYA MOBIL TOHH MOBIL SENDIRI PAN?! MAKANYA DISAYANG!!! BANYAK YANG MASIH BELUM SANGGUP BELI MOTOR LOHHH!!!... kalo dijakarta dan mesin kita kompresinya 1:8,8-8,9 pake premium masih aman. tapi diatas itu SANGAT DIREKOMENDASI BAHKAN OLEH AHLINYA BUNG SAFTARI BUKAN ORANG MARKETING harus pake pertamax bahkan pertamax pluss buat livina 1.5 AT. MAHAL?!! iya iyee lahhhh... udah konsekuensi punya mesin modern macam livina toh?
CHEERS!!
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 320
- Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56
bung Maxx, atau siapa saja.. pertanyaan saya koq dari dulu-2 ga ada jawabannya ya? Ini pertanyaannya:
Apakah NMI secara resmi mencantumkan pemakaian premium biasa u/ Livina 1.5 AT/MT? Kalo ya, dimana ada tulisan seperti itu? dibuku di halaman berapa?
Supaya jelas, bahwa kalo ada apa-apa, kita bisa ajukan klaim. Tapi kalo sekedar cuap-cuap, bukan hitam di atas putih... wah susah...
Apakah NMI secara resmi mencantumkan pemakaian premium biasa u/ Livina 1.5 AT/MT? Kalo ya, dimana ada tulisan seperti itu? dibuku di halaman berapa?
Supaya jelas, bahwa kalo ada apa-apa, kita bisa ajukan klaim. Tapi kalo sekedar cuap-cuap, bukan hitam di atas putih... wah susah...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 353
- Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22
heee dibaca yang detail dong bukunya , jgn tanya lagi yg pasti dibuku kagak ada tulisan boleh minum premium min okt 88, just kidding.
Heee Pihak Nissan aja riset smp 6 tahun utk bikin mobil ini, begitu diterima konsumen lgs ubah sana sini artiannya orang Indonesia jauh lebih pintar nggk butuh waktu bnyk merubah penampilannya hhhhaaaa...hoo....
Heee Pihak Nissan aja riset smp 6 tahun utk bikin mobil ini, begitu diterima konsumen lgs ubah sana sini artiannya orang Indonesia jauh lebih pintar nggk butuh waktu bnyk merubah penampilannya hhhhaaaa...hoo....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
hahaha.. bisa aje lu. maxx.. galant ST yang standartnya premix jg bisa nenggek premium tanpa ngelitik karena punya sistem seperti livina ini. tapi yah itu akibatnya biasanya sih hasilnya HLA elu akan kemakan setelah 3-4 tahun. emang bener bro, gw bukan engineer pasti nya ngga mungkin lawan orang R&D lah.. ini jg hipotesis loh.. but gw ambil contoh deh, coba anggota milis lu atau ketua Xtrail si gussur.. suruh tanyain ke bengkel Nissan pondok indah.. Xtrail hijau yang dirubah buat minum premium tahun 2004 lalu, kemaren (tahun ini) akhirnya servis abis berapa gara maksa minum premium? hahaahahahhah! dulu setting disitu tuh. broo gimanapun jg, seperti gw bilang.. itu cuman fitur.. sedangkan jenis BBM yang tepat yah angka CR ngga bisa boong bro... karena berhubungan dengan napas dan jantung mesin tersebut.
apalagi elu bilang kalo power dan torsi max itu atas standart pertamax.. ngga mungkin lah bro pakr premium bisa lebih irit. kalo cuman "just fine" iya lah masih masuk akal buat sementara. tapi yah setahu gw nih kalo elu rubah ke oktan lebih rendah yah otomotis biasanya setting derajat pengapian dan adjust tutup buka katup. gw ngga tau ternyata ada mekanisme lain yang lebih canggih dari itu, siapa tahu minyak kelapa aja ngga papa kali.. ini kita ambil umum aja deh macam mobil2 sekarang memiliki fitur knocking sensor di sistem injeksinya. cuman kalo mobil macem jazz atau yang lebih simple mesinnya yah kan masa tiap kalo gonta-gatni bensin elu mau setting ulang mulu? nah di livina ini dijadiin otomatis dengan batas toleransi yang mungkin diatas 7% dari ron 92. tapi ingat bro, toleransi itu aja setahu gw jg dihitung base casenya dari angka RON standaer kompresi mesin loh!
Intinya, ini bukan masalah capability kemampuan knocking sensor bro atau R&D bro.. tapi ini kaidah umum untuk sebuah engine dan masalah "makanan yang tepat" buat mesinnya. CR is that matter bro.. sekali lagi bukan fiturnya. statistic never lies lah.. kaya elu sesekali nenggek minyak kayu putih kan perut elu masih kuat karena ada mekanisme "knocking sensor" ala ginjal.. nah tapi bayangin deh kalo saban tahun tiap minggu elu nenggek minyak kayu putih mulu.. apa kaga jebol jg tuh ginjal? karena gimanapun jg mau NMI minta biar bisa nelen premium, tetep aja CR dan rekomendasi buku petunjuk (ini ada unsur legal nya loh, ngga maen2) ditulis RON 92. tapi coba deh elu tanyain sendiri kalo elu kesana.. bisa lahh.. elu kan lebih jago dari gw.. gilee lu gw akuntan nih bukan engineer. apalagi gw masuk blacklist customernya NMI kaleee hahahaha...
btw bro, emangnya elu udah bilang sama yang laen "darklord" SM mau ikut? hahahaha... sip, pokoknya tiap jumat kan? gw ada flight to catch masalahnya sore ini. maklum tukang siomay.. kekekeke... udah elu bilang dulu sono, monggo2 dulu gw mau dateng.. ntar malah masalah lagi... dateng mah gampang, tapi beneran sore ini gw ada keperluan dulu. salam aja dari gw. hehehe... ngebir aja mabok..malu2in gw aja lu
apalagi elu bilang kalo power dan torsi max itu atas standart pertamax.. ngga mungkin lah bro pakr premium bisa lebih irit. kalo cuman "just fine" iya lah masih masuk akal buat sementara. tapi yah setahu gw nih kalo elu rubah ke oktan lebih rendah yah otomotis biasanya setting derajat pengapian dan adjust tutup buka katup. gw ngga tau ternyata ada mekanisme lain yang lebih canggih dari itu, siapa tahu minyak kelapa aja ngga papa kali.. ini kita ambil umum aja deh macam mobil2 sekarang memiliki fitur knocking sensor di sistem injeksinya. cuman kalo mobil macem jazz atau yang lebih simple mesinnya yah kan masa tiap kalo gonta-gatni bensin elu mau setting ulang mulu? nah di livina ini dijadiin otomatis dengan batas toleransi yang mungkin diatas 7% dari ron 92. tapi ingat bro, toleransi itu aja setahu gw jg dihitung base casenya dari angka RON standaer kompresi mesin loh!
Intinya, ini bukan masalah capability kemampuan knocking sensor bro atau R&D bro.. tapi ini kaidah umum untuk sebuah engine dan masalah "makanan yang tepat" buat mesinnya. CR is that matter bro.. sekali lagi bukan fiturnya. statistic never lies lah.. kaya elu sesekali nenggek minyak kayu putih kan perut elu masih kuat karena ada mekanisme "knocking sensor" ala ginjal.. nah tapi bayangin deh kalo saban tahun tiap minggu elu nenggek minyak kayu putih mulu.. apa kaga jebol jg tuh ginjal? karena gimanapun jg mau NMI minta biar bisa nelen premium, tetep aja CR dan rekomendasi buku petunjuk (ini ada unsur legal nya loh, ngga maen2) ditulis RON 92. tapi coba deh elu tanyain sendiri kalo elu kesana.. bisa lahh.. elu kan lebih jago dari gw.. gilee lu gw akuntan nih bukan engineer. apalagi gw masuk blacklist customernya NMI kaleee hahahaha...
btw bro, emangnya elu udah bilang sama yang laen "darklord" SM mau ikut? hahahaha... sip, pokoknya tiap jumat kan? gw ada flight to catch masalahnya sore ini. maklum tukang siomay.. kekekeke... udah elu bilang dulu sono, monggo2 dulu gw mau dateng.. ntar malah masalah lagi... dateng mah gampang, tapi beneran sore ini gw ada keperluan dulu. salam aja dari gw. hehehe... ngebir aja mabok..malu2in gw aja lu
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 320
- Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56
artinya? minum premium biasa bukan anjuran resmi?
:D:D
di Taruna saya itu di bagian pengisian bbm tertulis Premix. Di sedan lancer juga ada stiker disitu tulisannya premix. Kalo di GL ini tidak ada artinya boleh yah?
:D:D
nah kan.. hayo.. mana jawabannya yang resmi... apa yang ikut dimilis sebelah bisa kasih tunjuk?

di Taruna saya itu di bagian pengisian bbm tertulis Premix. Di sedan lancer juga ada stiker disitu tulisannya premix. Kalo di GL ini tidak ada artinya boleh yah?

nah kan.. hayo.. mana jawabannya yang resmi... apa yang ikut dimilis sebelah bisa kasih tunjuk?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
heheheh... see? cuman dicantumin RON 92 kan pak dibuku panduannya? jangan lihat yang selebaran2.. buku panduan ada dasar legalitasnya tuh.gunawan98 wrote:bung Maxx, atau siapa saja.. pertanyaan saya koq dari dulu-2 ga ada jawabannya ya? Ini pertanyaannya:
Apakah NMI secara resmi mencantumkan pemakaian premium biasa u/ Livina 1.5 AT/MT? Kalo ya, dimana ada tulisan seperti itu? dibuku di halaman berapa?
Supaya jelas, bahwa kalo ada apa-apa, kita bisa ajukan klaim. Tapi kalo sekedar cuap-cuap, bukan hitam di atas putih... wah susah...