hosea wrote: Sat Apr 24, 2021 5:51
Nice review, Chris. Thanks sharingnya.
Sebagai pemilik Santi pre-facelift 2019, saya yakin yang baru ini lebih canggih, modern dan feel drive nya lebih enak lagi dengan new platform. Yang pre-facelift saja sdh sangat nyaman menurut saya.
Tapi kalau interior saya lebih suka yang pre-facelift. Dengan two tonecoklat dan hitam, kesannya lebih "klasik" dan terasa nyaman di mata...keliatan lebih elegan dan mewah. Dan saya lebih suka transmisi dengan tuas, bukan pencet pencet tombol.
Karena saya ga demen diesel, kalau saya upgrade pasti yang type signature gasoline. Namun dengan harga 650-an....sepertinya kok saya mending nambah 50 jt dan ambil Peugeot 5008
Pengin nyoba mobil eropa....setelah sering punya jepang dan korea.
kalau demen gasoline kayaknya banyak better picks hahahaha soalnya spek SF gasoline di sini versi MPI nya bukan yang GDI 191 hp... jadi gak kompetitif. secara spek inferior versus Mazda CX-8.
vipere wrote: Sat Apr 24, 2021 6:12
review mobil korea bagus2, tapi ntah kenapa udah tertanam dalam pikiran mobil korea itu realibility meragukan. gara2 jaman dulu pernah pakai mobil hyundai rusak mulu. ada keinginan juga nyoba lagi punya hyundai, tapi pikiran melarang.hehehe.
biasanya kl sudah ada pengalaman buruk memang beda... apalagi rusaknya yang merepotkan sampe ganggu aktivitas dan kestabilan keuangan hahahahaha.
vhar7 wrote: Sat Apr 24, 2021 7:17
Saya sudah test drive Santa Fe facelift ini beberapa hari lalu. Dan kebetulan saya jg belum pernah punya punya mobil hyundai sama sekali sebelum nya. Terakhir yang saya pernah test drive hyundai Santa Fe taun 2011. Terbiasa dengan CX-5 2018 dan Innova reborn diesel, impresi setelah nyobain Santa Fe FL ini cukup Waow..
Interior nya termasuk bagus dan banyak soft touch nya. Speedometer TFT nya sangat WAOWW.. terang dan resolusi nya tinggi sekali.. keliatan high class lah tampilan digital speedo nya.
Mesin jg impressive menurut saya. mulai dari kehalusan nya yang jauh lebih halus dibanding mesin 2GD-FTV nya innova. Ketika di gas santai, kehalusan dan suaranya mirip kayak mobil bensin. Untuk power juga termasuk enak sekali. Di kick down, tarikan nya kuat, malah setir agak kerasa narik sedikit. Dibuat daily driving gas di injek sedikit, mobil langsung lariii. Tidak ada kesan gas2 an nya berat atau under power. Effortless menurut saya, tenaga di RPM bawah dan tengah nya kuat.
Sound system belum utak atik detail. Cuma sekilas dengerin lagu dari radio, suaranya lumayan enak. Lebih enak daripada Innova Reborn sekilas
Overall setelah test drive mobil ini, sangat suka dan keliatan Hyundai mulai upscale produk2 nya. Jd pengen punya nih cuma harga nya aja yg a bit expensive.
kepala 7... nunggu bekasnya aja 1-2 taun kemudian paling udah dapet kepala 5
SF TM pre-facelift model sudah di kepala 4 sih sekarang.
fl4b1e wrote: Sat Apr 24, 2021 8:13
as always Om Chz, review yang luar biasa. Dah lama ga liat review yang buat jadi pengen banget nyobain SantaFe FL ini. Two thumbs up tuk Hyundai dan Kia group yang buat transmisi2 canggih akhir2 ini. kemarin IVT yg dipakai Sonet, DCT Seltos dan sekarang DCT Santa Fe.. wow.. kayaknya model transmission button ini tuk langkah Hyundai lebih mengakrabkan oengguna Hyundai sama kalau ntar ngeluarin versi EV kali yaa

jadi pas diganti EV platform interiornya dah mirip.
In General tentang Hyundai ini ya. pas Palisade kemarin keluar, ganteng dan machonya mobil ini poll banget. kental bgt American looksnya.
Saya pribadj, ga usah masuk CX9 pun, kalau dibanding sama Palisade kalau nurutin emosi exterior aja dah pasti milih Palisade. Kalau orang lain di jakarta kalau menurut saya bandingin Palisade mungkin bukan dengan CX9, tapi sama Alphard. karena 3 rows dan mewah exteriornya itu kerasa banget.
Sampe saking gagahnya Palisade itu buat saya pas liat SantaFe yg keren ini, tetep masih ga bisa move on dari Palisade. Oh well, karena otak harus diataa emosi, lebih memilih beli rumah dibanding mobil deh saya..
itu dia
Palisade itu tampangnya keren kyk mobil mafia... sedangkan CX-9 itu gimana yah kayak beefier CX-5 aja... aura mobil mafia nya gak berasa. ya gede sih, cuma kurang kotak. wkwkwkwkwk.
gak heran laku ya oom... memang bentuknya menyenangkan buat yang suka SUV besar.
maswewe wrote: Sun Apr 25, 2021 22:36
Trims, Chz... nice review.
Timeline mobil saya: Jepang-Jepang-Korea/Amerika-Jepang.
Relasi saya dengan Korea/Amerika: antara cinta dan benci.
Baca review ini, cinta saya tumbuh lagi dan rasa bencinya entah menguap ke mana.
jadi kepengen ya oom... wkwkwkwkwk
bensinsolar wrote: Mon Apr 26, 2021 2:38
thompst wrote: Mon Apr 26, 2021 2:29
Belum sempat test drive tapi sempat lihat ketika pameran di MKG. Lihat eksterior & interiornya ini sih sudah beda level dgn CRV, Xtrail atau CX5. Santa Fe ini sepertinya bukan berada di kelas CRV atau CX5, tapi pilihan untuk orang2 yang mau beli SUV premium eropa tapi belum mampu.
Jadi heran brand korea yang secara brand image masih dibawah brand jepang berani untuk naik kelas ke arah mobil premium sedangkan brand jepang begitu2 saja.
Brand Jepang yg ud all out Mazda. Varian CX8 yg ga masuk US aja masuk ke Indo. Cm ya CX9 ud memsauki end of life cycle & bakal ada all newnya kemungkinan akhir 2022/awal 2023. Yg menariknya Mazda taon depan sptnya bakal launch all new CX5 & CX8 yang RWD
nah kalo saya liat ini unik karena marketnya beda.
mainstream macem honda/toyota/mitsubishi/daihatsu/suzuki itu sdh menguasai low-end market below 300 juta. dlm hal ini bikin competition jadi makin sengit. pembeli high-end honda/toyota juga adalah ex pengguna honda/toyota yang "murah" biasanya... demografinya lebih ke selera mass-market, jadi tdk bisa all-out krn compromising dimana-mana.
hyundai dan mazda spt lihat bahwa konsumennya bkn lagi orang sembarang yang cari mobil utk grocery shopping atau utk dibawa ke proyek yg akhirnya muter-muter belinya kijang inova atau HRV...
lihat kesuksesan first gen CX-5 dan third gen SantaFe... kesimpulannya : konsumen kita memang lebih premium, orang yang memang hobby mobil atau minimal pengen keliatan beda.
jd berani all out, bahkan keluarin mobil listrik, krn mobil listrik jg segmennya premium utk sekarang.
nicholasmun wrote: Mon Apr 26, 2021 8:11
Biaya service CRV sama SantaFe gak segitunya lah Om, masih nyisain temen di dompet.
Kalo Om Kiel kan udah beda level, sheer repairing pleasure motonya. Kalo gak keluar duit banyak buat repairing malemnya gak bisa tidur katanya.
pengalaman punya SF DM perawatannya gak mahal banget sih... ya mobil diesel berharap murah seperti bensin NA 2000cc ya gak bisa cuma gak sampe keluar 20 jeteng sekali servis.
5 juta-an lah itu itungannya servis besar.
kalo servis reguler paling turbodiesel pake oli juga lebih banyak, dan olmes SF gak bisa disamain dong dengan kijang innova.
CRV turbo sih dirt cheap perawatannya.
yang mahal dari 2 mobil ini cuma bbmnya.
nah kalo mobil jerman prancis dan kawan kawan yang mahal bbm dan servisnya hahahahahaha... saya bisa ngirit 2 juta di bengkel sodara saya versus di bengkel resmi servis VW golf mk6...
grimjow wrote: Mon Apr 26, 2021 9:15
Next review kayanya Hyundai Staria nih??
Pabrik Hyundai apakah akan difasilitasi buat produksi semua line up yang sudah launching dengan gencar?
Infonya akhir tahun sudah mau mulai produksi
mungkin kalau demand palisade dan SF kenceng bisa SKD dan lebih murah... macam mobil jerman aja second batchnya SKD.
CBU yang first batch, cuma ya pasti kualitas top notch yang CBU walaupun yang SKD biasa dihibur dengan banyak fitur tambahan...

alasan aja sih krn malas nurunin harga banyak-banyak...
dan produksi untuk electric cars juga mungkin. sebisa mungkin curi start dulu lah