Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
DOHC wrote: Fri Apr 23, 2021 13:40
ini pertanjaan menjebak nehh, mentang2 saya ga punya konci insert open yah
saya mencium pemufakatan sengaja nehh antara mbah omni dan mbah 69
btw, kl O2 sensor itu dl ud perna di buka loh mbah ama beres, waktu dulu saya claim ganti rack steer, somehow ama beres header exhaust jg copot
kebanyakan makan kolak jengkol ni si mbah....
ngencengin sensor o2 ya pake kunci yg dulu pernah saya pajang, abis itu si manoskop pake ratchet head biasa, pasang extension. si extension itu nyambung ke kunci o2.
DOHC wrote: Fri Apr 23, 2021 13:40
ini pertanjaan menjebak nehh, mentang2 saya ga punya konci insert open yah
saya mencium pemufakatan sengaja nehh antara mbah omni dan mbah 69
btw, kl O2 sensor itu dl ud perna di buka loh mbah ama beres, waktu dulu saya claim ganti rack steer, somehow ama beres header exhaust jg copot
kebanyakan makan kolak jengkol ni si mbah....
ngencengin sensor o2 ya pake kunci yg dulu pernah saya pajang, abis itu si manoskop pake ratchet head biasa, pasang extension. si extension itu nyambung ke kunci o2.
ohhh kirain kaya busi, ngencengin hand tighten doank trus sisa nya hajar pake manoskop
DOHC wrote: Fri Apr 23, 2021 13:38
kl om kompre di tret sebelah komplen umur bendix yg cuman 20 rebu ud tewas
maka saya mo komplen umur mitsuboshi serpentine belt bawaan mobil yg cuman tahan 70 rebu km / 4 taon doank
tiap pagi cold start , apalagi kl cuaca lagi ujan2 dan mobil abis parkir lama, pasti berizik banget, cit cit cit
20210423_080538.jpg
20210423_080521.jpg
akhir nya ta ganti pake merk gates , saya ada personal preference dgn merek ini, jaman dl waktu masi piara mobil2 bertiming belt, saya slalu pake belt merek ini dan biasanya umur pakai nya lmayan jauh melewati rekomendasi fabriekan .. mudah2an yg ini jg masi mewarisi ketahanan leluhurnya
20210422_171245.jpg
kondisi terpasang
20210423_083259.jpg
okee lanjoottt lagee
tret tools ga lengkap kl ga post tools nya jg
utk prakarya hari ini, tools yg digunakan cuman trelek oglek beta yg nubie dapatkan beserta 100 lembar vocer eksklusif masas d delta dan sumo dr mbah masas, plus soket 14 plus konci L ukuran 7 mili
20210423_205016.jpg
20210423_204956.jpg
nah brikut nya, pake si trelek buat narik si tensioner, kl berdasarkan data si beta, trelek 1/2 nya bsa withstand up to 324 Nm tork, jd yah kl cuman sekedar narik tensioner mah cuman geli2 ingus doank mustinya
20210423_080747.jpg
yg nubie panah merah itu tempat colok si konci L, yg nubie lingkerin itu tempat buat soket trelek narik
Dan ini posisi belt stelah enjin crank beberapa kl...
20210423_082619.jpg
20210423_081632.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
DOHC wrote: Fri Apr 23, 2021 13:40
ini pertanjaan menjebak nehh, mentang2 saya ga punya konci insert open yah
saya mencium pemufakatan sengaja nehh antara mbah omni dan mbah 69
kaga mbah ...... curigation aja sih orgnya .....
kan kl O2 sensor hrs pake socket khusus yg pinggirnya kebelah. ga bisa pake open end krn ada payungnya atau socket biasa krn ada kabelnya.
eh btw sy kemaren abis bongpas vbelt juga gk5, sama auto tensionernya malah. ane tiup2 pake kompresor bersihin debu di sela2 nya, abis itu retorque 22Nm (stahlwille ga muat, hrs pake tohnichi). kaga ada masalah padahal, iseng aja.
DOHC wrote: Fri Apr 23, 2021 13:40
ini pertanjaan menjebak nehh, mentang2 saya ga punya konci insert open yah
saya mencium pemufakatan sengaja nehh antara mbah omni dan mbah 69
kaga mbah ...... curigation aja sih orgnya .....
kan kl O2 sensor hrs pake socket khusus yg pinggirnya kebelah. ga bisa pake open end krn ada payungnya atau socket biasa krn ada kabelnya.
eh btw sy kemaren abis bongpas vbelt juga gk5, sama auto tensionernya malah. ane tiup2 pake kompresor bersihin debu di sela2 nya, abis itu retorque 22Nm (stahlwille ga muat, hrs pake tohnichi). kaga ada masalah padahal, iseng aja.
ahhh mumpung bahas tensioner L15 enjin
itu kayanya lupa di cantumin di manual book nya deh mbah
kl tiap beberapa puluh rebu km atau taon, ntuh tensioner musti di cek, di renggangin atau di copot pasang belt nya
saya punya pas odo 100 rebuan dikit mo ganti belt, masang nya stengah mati, ntuh pegas tensionernya kaya ud mati stengah atau gmana, ga bisa ditarik full... jadinya belt baru yg lebi kenceng dan tebel, ga bsa masuk... musti ampe ta kendorin tu tensioner unit nya dari bracket nya trus kencengin lg, sambil renggangin trus lepas dan diulang 2 lg kaya gt tensioner nya baru akhirnya bsa muat di tarik full
marmut wrote: Fri Apr 23, 2021 13:50
kebanyakan makan kolak jengkol ni si mbah....
ngencengin sensor o2 ya pake kunci yg dulu pernah saya pajang, abis itu si manoskop pake ratchet head biasa, pasang extension. si extension itu nyambung ke kunci o2.
ohhh kirain kaya busi, ngencengin hand tighten doank trus sisa nya hajar pake manoskop
mbah, buruan buka deh O2 sensor malu2in perguruan asemregez aja. masa buka valve cover, nyetel klep, sampe ganti sealant front cover pernah tp O2 aja kaga pernah. kaya busi mbah kaga beda.
marmut wrote: Fri Apr 23, 2021 13:50
kebanyakan makan kolak jengkol ni si mbah....
ngencengin sensor o2 ya pake kunci yg dulu pernah saya pajang, abis itu si manoskop pake ratchet head biasa, pasang extension. si extension itu nyambung ke kunci o2.
ohhh kirain kaya busi, ngencengin hand tighten doank trus sisa nya hajar pake manoskop
mbah, buruan buka deh O2 sensor malu2in perguruan asemregez aja. masa buka valve cover, nyetel klep, sampe ganti sealant front cover pernah tp O2 aja kaga pernah. kaya busi mbah kaga beda.
belom bsa mbah
saya kan belom punya konci soket buat buka o2 sensor nya
atauuu
apa hajar pake konci pas aj ?? kencengin kira2 pake sambungan ke pipa besi 30 senti ?
DOHC wrote: Fri Apr 23, 2021 14:08
yg nubie panah merah itu tempat colok si konci L, yg nubie lingkerin itu tempat buat soket trelek narik
Dan ini posisi belt stelah enjin crank beberapa kl...
20210423_082619.jpg
20210423_081632.jpg
mbah, kok di 2gd ane cariin bolongan buat kunci L nya kaga ada ya. kirain ane lebih hebat enjinir honda, ga taunya di 1TR ada ya. apa mata ane yg salah.
mana berat bgt lagi tuh tensioner 2gd, untung ane udah beli sst nya (jauh sblm memutuskan pensiun)
DOHC wrote: Fri Apr 23, 2021 14:08
yg nubie panah merah itu tempat colok si konci L, yg nubie lingkerin itu tempat buat soket trelek narik
Dan ini posisi belt stelah enjin crank beberapa kl...
20210423_082619.jpg
20210423_081632.jpg
mbah, kok di 2gd ane cariin bolongan buat kunci L nya kaga ada ya. kirain ane lebih hebat enjinir honda, ga taunya di 1TR ada ya. apa mata ane yg salah.
mana berat bgt lagi tuh tensioner 2gd, untung ane udah beli sst nya (jauh sblm memutuskan pensiun)
coba di raba2 lg mbahh
enjin L15 honda aj ada , 1TR apalagi
lah masa 2GD ga ada
edited :
buset kl dah, masa ganti serpentine belt musti ampe copotin tensioner mbah , dl saya ganti accessory belt panther jadul aj cuman modal konci ring pas doank malah buat kendorin 2 baut doank, boro2 nyopotin ini itu
DOHC wrote: Fri Apr 23, 2021 14:28
coba di raba2 lg mbahh
enjin L15 honda aj ada , 1TR apalagi
lah masa 2GD ga ada
edited :
buset kl dah, masa ganti serpentine belt musti ampe copotin tensioner mbah , dl saya ganti accessory belt panther jadul aj cuman modal konci ring pas doank malah buat kendorin 2 baut doank, boro2 nyopotin ini itu
mobil apa yg sampe copotin tensioner mbah?
kl ane sih sengaja nyopotin tensioner buat bersihin spy jgn sampe kaya mobil mbah noh, ga bisa ditarik full buat ngendorin.
btw 2gd udah ane intip. emang ga ada lubang utk masuk kunci L nya. jadi ga bisa di lock open.
IMG_20210423_221023~3.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
btw 2gd udah ane intip. emang ga ada lubang utk masuk kunci L nya. jadi ga bisa di lock open.
IMG_20210423_221023~3.jpg
tp tensioner tetep bisa di dorong turun mbah ??
apa jangan2 dsuru nya pake cara asemregez, congkel trus ganjel pake linggis atau obeng minus gede
btw, barusan ud ta coba eksekusi o2 sensor si hrv.. pake konci pas ama pipa besi
boro2 kencengin mbah, kendorin aj ga bsa padahal ud coba pake sambung ke pipa besi.. ga brani ta paksa, takut slek
bearti lmayan jg masang nya tu montir beres, kaga undertork
apa jangan2 dsuru nya pake cara asemregez, congkel trus ganjel pake linggis atau obeng minus gede
btw, barusan ud ta coba eksekusi o2 sensor si hrv.. pake konci pas ama pipa besi
boro2 kencengin mbah, kendorin aj ga bsa padahal ud coba pake sambung ke pipa besi.. ga brani ta paksa, takut slek
bearti lmayan jg masang nya tu montir beres, kaga undertork
wkwkwkwk langsung dicek pake pipa besi ..... sip lah
tensioner 2gd dikendorin? ya bisa lah cuma berat melawan per nya yg super neken. pernah pake beta aja kaga kuat tangan ane. makanya ane beli sst ini spy ga terkilir :
apa jangan2 dsuru nya pake cara asemregez, congkel trus ganjel pake linggis atau obeng minus gede
btw, barusan ud ta coba eksekusi o2 sensor si hrv.. pake konci pas ama pipa besi
boro2 kencengin mbah, kendorin aj ga bsa padahal ud coba pake sambung ke pipa besi.. ga brani ta paksa, takut slek
bearti lmayan jg masang nya tu montir beres, kaga undertork
wkwkwkwk langsung dicek pake pipa besi ..... sip lah
tensioner 2gd dikendorin? ya bisa lah cuma berat melawan per nya yg super neken. pernah pake beta aja kaga kuat tangan ane. makanya ane beli sst ini spy ga terkilir :