Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Omnibus wrote: Sat Apr 17, 2021 13:04
ga perlu sebel. itu tandanya kita hrs lebih giat lagi atau lebih smart lagi dlm mencari wang. spy suatu saat kita jg bisa beli spt om posvett.
aamiin.
kalau BigBoss kasih ijin, masih pengen punya gituan buat iseng dirumah periksa kolong....
bongpas knalpot enak, wheel alignment juga enak, ganti fuel filter tinggal mangap mulut kena tetesan bensin...
Omnibus wrote: Sat Apr 17, 2021 11:43
sebelum mobil dipermak, kita hrs ukur dulu jarak hub ke bibir fender. nah kl kondisi karet support shock udah gepeng, dan kl rencana mau diganti juga, harus diperhitungkan dlm pengukuran jarak ini.
JANGAN ngambil titik ukur dr bibir velg karena nanti roda akan dilepas, percuma brow. memang biasa kl nyeperin atau ninggiin mobil ngukurnya dr situ.
IMG_20210417_165120~2.jpg
ngambilnya dr bagian bawah hub. jarak ungu itulah yg perlu kita tahu. di mobil sy dapatnya 38.3cm
IMG_20210417_165147~3.jpg
tepatnya di bawah dop tengah. jd kl dibalik velg pas disitu.
IMG_20210417_170053~2.jpg
setelah itu baru kita siapkan dongkraks. kl ga punya 2 ya pakai jack stand nanti spy dongkraknya bisa dipake utk ngangkat lower control arm.
IMG_20210417_165337~4.jpg
para dongkraks ik udah dikasih rubber pad jd ga akan bikin bocel2 yg tdk diinginkan.
IMG_20210417_165404~2.jpg
ehem ..... made in nihon.
IMG_20210417_165421~2.jpg
Buset seandainya service manual ngejelasin nya kaya gini enak yah mbah..
Daging semuaaa inii bermanfaat. Kecual penampakan toolsnya bikin ngiler ngiluuu
Omnibus wrote: Sat Apr 17, 2021 12:24
ketika control arm baru (atau bushing sdh diganti) sudah diinstall ke subframe mobil, cukup kencangkan baut secukupnya aja. lalu naikan control arm pakai dongkrak sampai jarak yg tadi mula2 sdh kita ukur.
IMG_20210417_170705~2.jpg
dongkrak control armnya (dlm case ini sampai jarak 38.3cm). nah ini namanya posisi preloaded, siap utk ditorsi. ini mensimulasikan kondisi equilibrium seolah2 mobil berdiri di roda dgn bebannya sendiri.
ambil ceklek2 (manoskop 730N/10) set ke 93Nm utk jazz.
IMG_20210417_171223~2.jpg
IMG_20210417_171323~2.jpg
torsi yg bawah duluan
IMG_20210417_171441~2.jpg
baru yg depan
IMG_20210417_171624~2.jpg
kl dlm posisi equilibrium, si CV shaft jg posisinya lurus
IMG_20210417_171713~2.jpg
ini letak dongkrak pada control arm
IMG_20210417_172056~2.jpg
di bawah ball joint, tp krn ada rubber pad jd tdk merusak apapun
IMG_20210417_172023~2.jpg
Mbah, semoga Tuhan YME membalas kebaikan mbah guru besar hentul dan DIY Omnibus, malem2 rela dongkrak2 demi berbagi ilmu ke kita2..
Klo mbah Omni justru harus pamerin tools2 nya biar kita tau tools mana yg high kualiteit.
indeskey wrote: Sat Apr 17, 2021 9:07
Mantabssssssss...
Mantabs tp toolsnya kere hore nih mbah..
Omnibus wrote: Sat Apr 17, 2021 9:13
hebring bener ...... mbah suhu poles body nan mengkilat mau juga kotor2 di bagian onderstel
Btw mbah...
Slider pin ntuh kodratnya berapa lama sekali dilumasi sih?
Ane punya pake sta lube ya mayan sih 30k KM baru agak ngering. Ga kek pas pake yg kek odol merah, beli cuman ceban d marketplace. Baru 10k KM pake dah hilang ntah kemana.
DOHC wrote: Sat Apr 17, 2021 9:13
Mantepppp mbah shifu
Btw, ati2 mbah ngandelin dongkrak tekiro doank loh, iya tekiro yg ngaku2 jis jepang, soalnya tekiro itu ga bgt kuat loh.. tekiro yg warna ijo2 ngaku2 jepang itu
Ini seh kemaren aja ane tinggal 15 menit emang agak turun sikit sih pas mau pasang balik roda "eh kok ga pas", ternyata karena turun beberapa cm
udie_kidz wrote: Sat Apr 17, 2021 14:55
Buset seandainya service manual ngejelasin nya kaya gini enak yah mbah..
Daging semuaaa inii bermanfaat. Kecual penampakan toolsnya bikin ngiler ngiluuu
Dat510 wrote: Sat Apr 17, 2021 22:11
Mbah, semoga Tuhan YME membalas kebaikan mbah guru besar hentul dan DIY Omnibus, malem2 rela dongkrak2 demi berbagi ilmu ke kita2..
Klo mbah Omni justru harus pamerin tools2 nya biar kita tau tools mana yg high kualiteit.
terimakasih ya ...... temen2 disini malah yg terlalu baik
Slider pin ntuh kodratnya berapa lama sekali dilumasi sih?
Ane punya pake sta lube ya mayan sih 30k KM baru agak ngering. Ga kek pas pake yg kek odol merah, beli cuman ceban d marketplace. Baru 10k KM pake dah hilang ntah kemana.
kl di beres kan brake job itu adanya tiap kelipatan 20k km kl ga salah yaitu tiap service besar.
cuma ane liat sptnya itu kaliper ga dibersihin ya mbah? biasanya sekalian udah dibongkar dibersihin pake brake cleaner n lap majun sampe mengkilat lat lat lat. bahkan kl ketemu kerak2 malah hrs dikikir sikit2. seal piston yg karet juga dilap basah abis itu dilapin silicon spray.
banyak n lama kl udah brake job pdhl pas mobil dipake kena ujan langsung kotor lagi.