Yg udah dapet Livina absen disiniii.........

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

ichsan_n wrote:
johnlegend wrote:kl ngga abis2 berarti termasuk irit? ato kaga perna dipake2 nih?
hehehhe... itu mah livina gw pak jhon kalo jarang dipake.. btw walau nguap kan ngga mungkin sampe signifikan begitu maxx berkurangnya. kalau ukur luar kota artinya itu ukuran bensin luar kota donk? maxx terus itu yang mogok dipuncak, beneran mogok apa lagi mojok? ada yang nimpalin ngga? hhh... semoga livina jangan kaya renault deh.. gw takutnya kalo mesin terlalu panas, pengaruh ke umur komponen2 elektrical.. jadi suka ngaco and rusak semenjak kena panas tinggi mulu.
yg gw bilang menguap.. kalo jarang dipake.. pasti ada penguapan.
Blm ada kabar tuh soal yg mogok... ga tau masalah apa.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

gunawan98 wrote:
maxx wrote:IMHO.. u/ mobil yg jarang dipakai kalo itung FC musti masukan variable penguapan bensin.. u/ Pertamax/shell/petromax.. nguapnya lebih bnayak dibanding premium.

Udah paling bener kalo mo itung FC mesin.. isi full sebelum jln dipom bensinl pasti pas smp luber, set odometer, pergi keluar kota (jalan2) .. pulangnya langsung isi lagi di pom dan station filler yg sama smp luber... langsung itu den tuh .. KM odometer dibagi jumlah bensin yg diisi kedua kalinya.
itu jadinya kan FC luar kota. Metode pengukuran gw sama, isi bensin penuh, entar di kalo habis diisi lagi. Penguapan bensin mungkin terjadi, tapi kalo sampe separah yang maxx tulis, mending ga usah pake mobil aja... :D:D:D

kan tangki ada tutupnya (bertekanan lagi).. Biar ga dipake sebulan paling juga menguap ga sampe 0.1 liter. Toh mobil saya bukan jarang dipake. Dipake tiap hari, cuman jaraknya pendek. BTW, kemaren saya cek, secara visual, indicator sudah hampir 1/2, tapi km cuman 159. Hmm... ada beberapa kemungkinan:
1. Ini mobil emang ga seirit yang gw bayangkan (walau jauh lebih irit dari taruna).
2. Istri saya cara nyetirnya tidak efisien. Ini sudah saya utarakan sebelumnya. Saya bisa kompensasikan.
3. Indikator bensin tidak linier. Ini kan pernah diutarakan juga.
4. Pemakaian Premium JUSTRU lebih hemat dari Pertamax+
5. Faktor uji coba dalam masa < 1000km (kemungkinan di set di factory u/ masa < 1000km dibuat agak boros supaya mobil tidak terlalu panas). Mungkin aja sistem pelumasan blom lancar. Semisal perawan tuh kan masih seret gitu loh :D:D:D............. wakaka. (asli ngakak gw)...

OOT juga. Taruna saya tuh kalo dalkot, disetir sama istri.. paling juga 1:7-7.5. Tapi saya pernah uji keluar kota, ke bali, bisa sampe 1:12+. Jadi FC antara dalkot dan luar kota MEMANG bisa berbeda jauh (dan lumrah), terutama u/ mobil cc kecil. Nah berhubung livina ini emang mayoritas dipake di dalam kota, ya wajarlah buat saya u/ mengabaikan FC luar kota.
Note: saya ga bilang penguapan bensin parah dan menulis variable penguapan yg terjadi.. hanya bilang.. ada faktor penguapan bensin bila mobil jarang digunakan dalam arti bensin mengendap lama dalam tanki.

Baca deh sekali lagi tuh saya bold.. .u/ itung FC mesin (maksudnya yg mendekati real FC mesin).. bukan FC dalkot atau luar kota.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
og262
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 122
Joined: Thu Jun 21, 2007 10:00
Location: Perbatasan Jakarta Utara & Barat

Post by og262 »

mau tanya bro maxx ada data yg pernah di posting ga tentang penguapan ini, bisa nyampe berapa liter gitu, soalnya mobil saya di parkir dibawah matahari di depan rumah ( ga ada garasi ) hampir setiap hari.

sy kerja pake motor, jadi itu mobil dari senin sampai sabtu cuma nongkrong aja, baru sabtu malam dan minggu keluar muter muter deh,

parah banget ga sih, punya mobil tapi ga ada garasi dan jarang di pake lagi.....

please pencerahan nya
maxx wrote:IMHO.. u/ mobil yg jarang dipakai kalo itung FC musti masukan variable penguapan bensin.. u/ Pertamax/shell/petromax.. nguapnya lebih bnayak dibanding premium.

Udah paling bener kalo mo itung FC mesin.. isi full sebelum jln dipom bensinl pasti pas smp luber, set odometer, pergi keluar kota (jalan2) .. pulangnya langsung isi lagi di pom dan station filler yg sama smp luber... langsung itu den tuh .. KM odometer dibagi jumlah bensin yg diisi kedua kalinya.
B2279JM
gunawan98
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56

Post by gunawan98 »

Betul pak Ichsan. Tepatnya 52.4 ltr. Itu saya baca di website nissan... (http://www.nissan.co.id/vehicles/vehicl ... id=14&sp=6)
Waktu saya isi tempohari dulu (baru pertama dari pabrik), itu posisi indikator adalah 2 setrip di atas E. Itu saya cuman sanggup isi 37 ltr. Saya curiganya ini meteran/indikator tidak linier (atau disengaja begitu u/ cadangan bensin).

Tapi benernya irit/tidaknya mobil menurut saya bisa secara [cencored]-2an dilihat dari kapasitas tangki. Contoh mobil Lancer dinas saya, itu tangkinya kecil banget. Dari E saya isi 33 liter dah full. Dan terbukti emang itu lancer sangat irit. Contoh lagi tuh motor honda (2 roda), tangkinya juga kecil. Nah livina ini waktu saya tanya kapasitas tangki ke salesnya saya sempat kaget jg kalo ternyata 50 ltr. Waktu itu saya sempat nyeletuk, 'wah ini kayaknya ga bisa irit'. Tapi tuh sales berkelitnya pinter jg, dia bilang supaya jarak tempuh panjang...:D:D:D:D

Anyway FC buat mobil saya ini masih panjang deh reviewnya... Entar saya coba test pake premium, saya coba test setelah 1000 km.. dst.. so. ini masih jauh lah dari kata pasti.. :D

ichsan_n wrote:
gunawan98 wrote: kan tangki ada tutupnya (bertekanan lagi).. Biar ga dipake sebulan paling juga menguap ga sampe 0.1 liter. Toh mobil saya bukan jarang dipake. Dipake tiap hari, cuman jaraknya pendek. BTW, kemaren saya cek, secara visual, indicator sudah hampir 1/2, tapi km cuman 159. Hmm... ada beberapa kemungkinan:
1. Ini mobil emang ga seirit yang gw bayangkan (walau jauh lebih irit dari taruna).
2. Istri saya cara nyetirnya tidak efisien. Ini sudah saya utarakan sebelumnya. Saya bisa kompensasikan.
3. Indikator bensin tidak linier. Ini kan pernah diutarakan juga.
4. Pemakaian Premium JUSTRU lebih hemat dari Pertamax+
5. Faktor uji coba dalam masa < 1000km (kemungkinan di set di factory u/ masa < 1000km dibuat agak boros supaya mobil tidak terlalu panas). Mungkin aja sistem pelumasan blom lancar. Semisal perawan tuh kan masih seret gitu loh :D:D:D............. wakaka. (asli ngakak gw)...

OOT juga. Taruna saya tuh kalo dalkot, disetir sama istri.. paling juga 1:7-7.5. Tapi saya pernah uji keluar kota, ke bali, bisa sampe 1:12+. Jadi FC antara dalkot dan luar kota MEMANG bisa berbeda jauh (dan lumrah), terutama u/ mobil cc kecil. Nah berhubung livina ini emang mayoritas dipake di dalam kota, ya wajarlah buat saya u/ mengabaikan FC luar kota.

pak gunawan, ternyata full tank livina adalah 52 liter, bukan 45
gunawan98
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56

Post by gunawan98 »

Ok. Kalo gitu sorry kalo saya salah tangkap. Tulisan bro maxx mengesankan pada saya bahwa saya TIDAK BOLEH MENGABAIKAN faktor penguapan. Tapi dalam kasus saya, BISA DIABAIKAN karena terlalu kecil.

Hal kedua yang kita bicarakan sekarang ini benernya FC MESIN atau FC dalam kota/luar kota? Saya pikir pak Ichsan dan saya, lebih concern mengenai FC real (yaitu dalam kota/luar kota). Walaupun variablenya lebar (karena faktor macet atau tidak). Sebenarnya saya coba ubek-2 tuh website nissan, koq tidak ada klaim FC (mesin?), seperti pada umumnya spec kendaraan lain? Itu kalo kita lihat spec misal toyota prius, dah jelas disitu konsumsi dalam kota, touring, luar kota. Disitupun tidak dijelaskan apakah itu FC MESIN atau tidak. Jadi saya bingung tuh FC mesin itu apa sih? Apa tanpa beban?

Jadi definisikan dulu nih.. apakah FC Mesin itu? Bagaimana kita ngukur FC mesin itu?

maxx wrote:
gunawan98 wrote:
maxx wrote:IMHO.. u/ mobil yg jarang dipakai kalo itung FC musti masukan variable penguapan bensin.. u/ Pertamax/shell/petromax.. nguapnya lebih bnayak dibanding premium.

Udah paling bener kalo mo itung FC mesin.. isi full sebelum jln dipom bensinl pasti pas smp luber, set odometer, pergi keluar kota (jalan2) .. pulangnya langsung isi lagi di pom dan station filler yg sama smp luber... langsung itu den tuh .. KM odometer dibagi jumlah bensin yg diisi kedua kalinya.
itu jadinya kan FC luar kota. Metode pengukuran gw sama, isi bensin penuh, entar di kalo habis diisi lagi. Penguapan bensin mungkin terjadi, tapi kalo sampe separah yang maxx tulis, mending ga usah pake mobil aja... :D:D:D

kan tangki ada tutupnya (bertekanan lagi).. Biar ga dipake sebulan paling juga menguap ga sampe 0.1 liter. Toh mobil saya bukan jarang dipake. Dipake tiap hari, cuman jaraknya pendek. BTW, kemaren saya cek, secara visual, indicator sudah hampir 1/2, tapi km cuman 159. Hmm... ada beberapa kemungkinan:
1. Ini mobil emang ga seirit yang gw bayangkan (walau jauh lebih irit dari taruna).
2. Istri saya cara nyetirnya tidak efisien. Ini sudah saya utarakan sebelumnya. Saya bisa kompensasikan.
3. Indikator bensin tidak linier. Ini kan pernah diutarakan juga.
4. Pemakaian Premium JUSTRU lebih hemat dari Pertamax+
5. Faktor uji coba dalam masa < 1000km (kemungkinan di set di factory u/ masa < 1000km dibuat agak boros supaya mobil tidak terlalu panas). Mungkin aja sistem pelumasan blom lancar. Semisal perawan tuh kan masih seret gitu loh :D:D:D............. wakaka. (asli ngakak gw)...

OOT juga. Taruna saya tuh kalo dalkot, disetir sama istri.. paling juga 1:7-7.5. Tapi saya pernah uji keluar kota, ke bali, bisa sampe 1:12+. Jadi FC antara dalkot dan luar kota MEMANG bisa berbeda jauh (dan lumrah), terutama u/ mobil cc kecil. Nah berhubung livina ini emang mayoritas dipake di dalam kota, ya wajarlah buat saya u/ mengabaikan FC luar kota.
Note: saya ga bilang penguapan bensin parah dan menulis variable penguapan yg terjadi.. hanya bilang.. ada faktor penguapan bensin bila mobil jarang digunakan dalam arti bensin mengendap lama dalam tanki.

Baca deh sekali lagi tuh saya bold.. .u/ itung FC mesin (maksudnya yg mendekati real FC mesin).. bukan FC dalkot atau luar kota.
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Ga ada datanya bos.. musti tanya pertamina / Shell / Petronas deh tuh .. kn bensin produk mereka
Tp kalo boil cuma dipake sabtu minggu muter2 doang .. keknya sih lo isi bensin full tank sebulan cuma 1-2 kali ya, pasti ada penguapan deh. apalagi kalo parkirnya kejemur direct sunlight tiap hari .. logikanya sih lebih besar variable penguapan bensinnya .. dibanding diparkir dalam garasi yg adem.

FYI aja u/ kondisi mobil yg jarang pakai .. dalam tangki bensin dimungkinkan adanya kandungan air krn pengembunan dari penguapan bensin... usahakan aja tanki selalu full jadi ga ada ruang u/ pengembunan.

og262 wrote:mau tanya bro maxx ada data yg pernah di posting ga tentang penguapan ini, bisa nyampe berapa liter gitu, soalnya mobil saya di parkir dibawah matahari di depan rumah ( ga ada garasi ) hampir setiap hari.

sy kerja pake motor, jadi itu mobil dari senin sampai sabtu cuma nongkrong aja, baru sabtu malam dan minggu keluar muter muter deh,

parah banget ga sih, punya mobil tapi ga ada garasi dan jarang di pake lagi.....

please pencerahan nya
maxx wrote:IMHO.. u/ mobil yg jarang dipakai kalo itung FC musti masukan variable penguapan bensin.. u/ Pertamax/shell/petromax.. nguapnya lebih bnayak dibanding premium.

Udah paling bener kalo mo itung FC mesin.. isi full sebelum jln dipom bensinl pasti pas smp luber, set odometer, pergi keluar kota (jalan2) .. pulangnya langsung isi lagi di pom dan station filler yg sama smp luber... langsung itu den tuh .. KM odometer dibagi jumlah bensin yg diisi kedua kalinya.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

IMHO.. FC mesin itu u/ kita lihat FC real mesin ban berjalan dg minimalisasi hambatan BB terbuang dimana mobil tidak bergerak.

U/ GL .. dari sharing teman2 di milist maupun di SM .. bisa disimpulkan rata2 FC GL sbb (CMIIW)
Dalkot (JKT) 1.5L & 1.8L = 1:8-9 .. ini tergantung kotanya.. krn jkt penuh dg jalur padat merayap, kalo di kota yg agak lengang tentu FC bisa lebih baik dan tidak mustahil bisa dapat >1:10 . .spt om Sidalausa yg berada di Kalimantan.
Dalkot Kombinasi Tol (50-50) 1.5L & 1.8L = 1:9-12
Luar kota (JKT-BDG lwt cipularang) 1.5L = 1:13-16, sedangkan yg 1.8L = 1:12-14
gunawan98 wrote:Ok. Kalo gitu sorry kalo saya salah tangkap. Tulisan bro maxx mengesankan pada saya bahwa saya TIDAK BOLEH MENGABAIKAN faktor penguapan. Tapi dalam kasus saya, BISA DIABAIKAN karena terlalu kecil.

Hal kedua yang kita bicarakan sekarang ini benernya FC MESIN atau FC dalam kota/luar kota? Saya pikir pak Ichsan dan saya, lebih concern mengenai FC real (yaitu dalam kota/luar kota). Walaupun variablenya lebar (karena faktor macet atau tidak). Sebenarnya saya coba ubek-2 tuh website nissan, koq tidak ada klaim FC (mesin?), seperti pada umumnya spec kendaraan lain? Itu kalo kita lihat spec misal toyota prius, dah jelas disitu konsumsi dalam kota, touring, luar kota. Disitupun tidak dijelaskan apakah itu FC MESIN atau tidak. Jadi saya bingung tuh FC mesin itu apa sih? Apa tanpa beban?

Jadi definisikan dulu nih.. apakah FC Mesin itu? Bagaimana kita ngukur FC mesin itu?

maxx wrote:
gunawan98 wrote: itu jadinya kan FC luar kota. Metode pengukuran gw sama, isi bensin penuh, entar di kalo habis diisi lagi. Penguapan bensin mungkin terjadi, tapi kalo sampe separah yang maxx tulis, mending ga usah pake mobil aja... :D:D:D

kan tangki ada tutupnya (bertekanan lagi).. Biar ga dipake sebulan paling juga menguap ga sampe 0.1 liter. Toh mobil saya bukan jarang dipake. Dipake tiap hari, cuman jaraknya pendek. BTW, kemaren saya cek, secara visual, indicator sudah hampir 1/2, tapi km cuman 159. Hmm... ada beberapa kemungkinan:
1. Ini mobil emang ga seirit yang gw bayangkan (walau jauh lebih irit dari taruna).
2. Istri saya cara nyetirnya tidak efisien. Ini sudah saya utarakan sebelumnya. Saya bisa kompensasikan.
3. Indikator bensin tidak linier. Ini kan pernah diutarakan juga.
4. Pemakaian Premium JUSTRU lebih hemat dari Pertamax+
5. Faktor uji coba dalam masa < 1000km (kemungkinan di set di factory u/ masa < 1000km dibuat agak boros supaya mobil tidak terlalu panas). Mungkin aja sistem pelumasan blom lancar. Semisal perawan tuh kan masih seret gitu loh :D:D:D............. wakaka. (asli ngakak gw)...

OOT juga. Taruna saya tuh kalo dalkot, disetir sama istri.. paling juga 1:7-7.5. Tapi saya pernah uji keluar kota, ke bali, bisa sampe 1:12+. Jadi FC antara dalkot dan luar kota MEMANG bisa berbeda jauh (dan lumrah), terutama u/ mobil cc kecil. Nah berhubung livina ini emang mayoritas dipake di dalam kota, ya wajarlah buat saya u/ mengabaikan FC luar kota.
Note: saya ga bilang penguapan bensin parah dan menulis variable penguapan yg terjadi.. hanya bilang.. ada faktor penguapan bensin bila mobil jarang digunakan dalam arti bensin mengendap lama dalam tanki.

Baca deh sekali lagi tuh saya bold.. .u/ itung FC mesin (maksudnya yg mendekati real FC mesin).. bukan FC dalkot atau luar kota.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

kayaknya untuk 1.5 di buku seingat saya tertulis 45 liter deh. coba tolong di cek, yg ada di rumah. saya rasa websitenya salah tuh. CMIIW.

Soalnya, dalam kondisi lampu indikator bensin menyala, saya kalo isi bensin full tank, tdk pernah melebihi 42/43 liter.
kalo full tanknya 52, berarti cadangannya 10 liter ???

saya jadi bingung juga...:) harus orang NMI yg mastiin nih. musti tanya di milis. di milist pernah ada yg konfirmasi bahwa cadangan hanya 5 liter.
gunawan98 wrote:Betul pak Ichsan. Tepatnya 52.4 ltr. Itu saya baca di website nissan... (http://www.nissan.co.id/vehicles/vehicl ... id=14&sp=6)
Waktu saya isi tempohari dulu (baru pertama dari pabrik), itu posisi indikator adalah 2 setrip di atas E. Itu saya cuman sanggup isi 37 ltr. Saya curiganya ini meteran/indikator tidak linier (atau disengaja begitu u/ cadangan bensin).
ichsan_n wrote: pak gunawan, ternyata full tank livina adalah 52 liter, bukan 45
gunawan98
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56

Post by gunawan98 »

saya pikir ini lah yang paling rasional. Jadi target keiritan dalkot buat saya (surabaya), adalah 1:9-10. Menurut saya ini sudah irit, mengingat berat body dari livina. Mungkin yang pak Ichsan (dan saya juga) sesalkan adalah review-review yang mengatakan keiritan livina yang berlebihan, sehingga ekspektasi kita-kita ini terlalu tinggi, dan ini berbuah kekecewaan (saya memahami pak Ichsan).

Sebagai contoh, saya ini tahunya livina yah dari forum ini (thread nya sithlord, dan satu lagi yang uji coba di bali itu loh). Lihat review tersebut, ekspektasinya jadi sangat melambung. Bagi saya sendiri, saya sudah menurunkan ekspektasi karena logika saya turut bermain disitu. Contoh yang saya turunkan: kesenyapan. Di thread ada klaim waktu dibali,ada sepeda motor (atau penari? lupa saya) disebelah mobil tidak terdengar. Menurut saya itu menggambarkan kesenyapan, tapi saya tidak percaya sampai segitu senyap. Hal lain juga buat saya merupakan nilai plus adalah review mengenai keiritan. Itu kalo gak salah (saya mesti bolak-balik review yang di bali itu, kalo mau cari.), ditulis 1:17 (luar kota). Dengan begitu kita berasumsi, bahwa itu akan irit juga u/ dalam kota (di artikel tidak ditulis angkanya, hal pertama, post pak winata, tapi ditulis irit, u/ perjalanan dari hotel ke airport via bypass). Saya pikir teknologi mesin baru memungkinkan itu. Nah, kalo ternyata jadi 1:9-10, ya wajar saya agak kecewa (apalagi pak Ichsan yang dapat 1:8.14?). Contoh hal lain, adalah dimensi. Waktu review kan ditulis bahwa sampe baris ke 3 cukup nyaman. Nah untunglah buat saya, bahwa saya bener-2 melihat pada waktu pameran, dan saya bisa berkesimpulan bahwa itu "kurang tepat" (tanda kutip lagi...:D). Buat saya hal tersebut masih bisa diterima, sehingga ekspektasi saya sudah saya sesuaikan. Jadinya, sekarang ini saya bener2 HAPPY deh dengan livina. Saya cukup puas mendapat Livina dengan harga 149.5jt. Dari faktor-faktor kenyamanan, dlsb. Tinggal kita lihat aja ini mesin rewel apa gak. Saya percaya mesin Nissan adalah mesin bandel.

Jadi menurut saya yang perlu dipersalahkan benernya adalah review-2 terdahulu yang "kurang jujur/tepat". (saya beri tanda kutip disitu). Minta maaf kalo kata-kata saya agak blak-blakan. Tapi saya pikir omongan saya ini jujur lah.

Sekali lagi, (rasanya pak Ichsan juga bilang yang sama), mobil ini benernya bagus koq. Sayang sekali kalo hal yang bagus ini justru dirusak oleh review-2 yang melambungkan ekspektasi pemakai sampai setinggi langit. Jadinya itu nanti yang rusak, yah brand nissan sendiri. IMHO....



maxx wrote:IMHO.. FC mesin itu u/ kita lihat FC real mesin ban berjalan dg minimalisasi hambatan BB terbuang dimana mobil tidak bergerak.

U/ GL .. dari sharing teman2 di milist maupun di SM .. bisa disimpulkan rata2 FC GL sbb (CMIIW)
Dalkot (JKT) 1.5L & 1.8L = 1:8-9 .. ini tergantung kotanya.. krn jkt penuh dg jalur padat merayap, kalo di kota yg agak lengang tentu FC bisa lebih baik dan tidak mustahil bisa dapat >1:10 . .spt om Sidalausa yg berada di Kalimantan.
Dalkot Kombinasi Tol (50-50) 1.5L & 1.8L = 1:9-12
Luar kota (JKT-BDG lwt cipularang) 1.5L = 1:13-16, sedangkan yg 1.8L = 1:12-14
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

maxx wrote:Ga ada datanya bos.. musti tanya pertamina / Shell / Petronas deh tuh .. kn bensin produk mereka
Tp kalo boil cuma dipake sabtu minggu muter2 doang .. keknya sih lo isi bensin full tank sebulan cuma 1-2 kali ya, pasti ada penguapan deh. apalagi kalo parkirnya kejemur direct sunlight tiap hari .. logikanya sih lebih besar variable penguapan bensinnya .. dibanding diparkir dalam garasi yg adem.
sudahlah maxx, mau pake dalih apapun, temen lu yang buat jok (pemakai sendiri) jg sudah sampaikan tohhh? ini mobil memang tidak bisa disebut irit, period. Inget disini semangat kita seperti yang bung dony pernah bilang, milis terios/avanza atau apalah lupa gw itu saja tidak berkesan menutup2 kalau ini mobil memang ada masalah. please jaga objectivitas elu seperti yang gw pernah bilang even elu moderator milis. ambil contoh, selama ini gw berkesan dari apa yang elu coba berikan pengertian :

1. FC boros ---> kesimpulan : orangnya yang harus koreksi menyetir. harus diukur diluar kota. lah jazz aja berani dalam kota diukur loh. mobil lain jg ngga malu bilang boros kalau dalam kota? avanza (sorry maksud gw innova gw ralat) aja ngga ngelak kan kalo boros walau mobil favorit?

2. Radiator boros ----> harus isi nanti 3 kali atau beberapa kali ngga lagi. Buat sebuah mobil baru, gw baru kali ini beli mobil harus ngecek radiator tiap pagi. apa bedanya sama beli mobil bekas kalo gitu?

3. senyap & nyaman. ---> ya sudahlah, seperti yang gw bilang, gw ngga expect tinggi sampe ini mobil tasted like CRV or harrier. tapi kalau dibilang disamping ada motor dan sampe ngga kedengeran, atau suara mesin livina yang hening sampe kaga nyala.... mana mungkin dibilang hening dengan suara fan segitu gede?

4. ingat bro, buat kelas seperti gw & pak gun, dan mungkin hanya beberapa segilintir orang saja di indonesia (cieee),.. masih ada yang ngerasa berat ekonominya kalau punya mobil bensinnya boros. walaupu bisa beli mobil mewah macam livina ini. ngga semua orang punya luxury bisa bayar bensin or beli berapa liter tanpa batas kaya yang punya serena atau xtrail bro. jangan elu patok rata. jangan elu bilang 1:9-10 doank ajeee berisik. lah gw yang 1:8 aja tereakk! so issue FC ini bisa sangat sensitif jg gw yakin..... buat beberapa gelintir orang seperti gw dan pak gun.

afterall.. gw yakin, semua kekurangan livina ini.. ambil deh misal karena FC ini hanya gw & pak gun yang tidak puas.. tohh hanya nol koma sekian persen dari seluruh penginden yang mungkin puas? ( malah mungkin 100% orang di milis mu puas karena gw dan pak gun kan mungkin ngga subscribe heheheheh)

disini orang seperti macam gw sama pak gun, cuman lagi diskusi.. WHAT THE HEAL IS GOING ON WITH THISS CARRRRRRR??? makanya kita butuh experience yang riil dan akurat dari sesama pemakai bukan yang ditutupi atau berkesan berdalih ana-ini. gimanapun jg, kita beli ini mobil, bukan dikasih NMI... wajarlahh kalau gw and mungkin pak gun mungkin agak2 cemas. ngga boleh dipungkiri bro, beli mobil di indonesia, walaupun kecil jg termasuk investasi. C'mon.. ini hanya mobil simple.. punya gw & pak gun hanya <160juta.. kenapa terkesan harus disetir & dipelihara layaknya mercy S class? kalau memang itu radiator nyusut terusss.. gw bakalan ke beres lagi besok, gw bakalan insist penjelasan dan pergantian! ngga bener itu mobil baru radiatornya nyusut terus, mau dalih apapun loh yah... nah.. hal2 seperti ini, kalo elu berikan dalih mulu.. yang untung yah produsen maxx. siapa tahu emang harus diganti?

sorry bro, no offense.. only friendly speaking aja.
dony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22

Post by dony »

Haaaa...makanya dari dulu sy nggk pernah percaya review dari majalah/mils mengenai konsumsi bbm, kdg-2 semua terlalu berlebihan.
Heee dan prinsip juga nich buat pegangan sy
1 ltr dapat 9-10 km dlm kota wajar termsk irit utk kelas 1500 cc
1 ltr dapt 8-9 km utk 1800 cc termsk iritlah
Dalam memilih mobil secara tidak sadar kita telah terbuai dengan gembar-gembor mengenai keiritan mobil, hampir semua produsen mobil pasti soal bbm yg diutamakan.
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

gunawan98 wrote: Jadi menurut saya yang perlu dipersalahkan benernya adalah review-2 terdahulu yang "kurang jujur/tepat". (saya beri tanda kutip disitu). Minta maaf kalo kata-kata saya agak blak-blakan. Tapi saya pikir omongan saya ini jujur lah.

Sekali lagi, (rasanya pak Ichsan juga bilang yang sama), mobil ini benernya bagus koq. Sayang sekali kalo hal yang bagus ini justru dirusak oleh review-2 yang melambungkan ekspektasi pemakai sampai setinggi langit. Jadinya itu nanti yang rusak, yah brand nissan sendiri. IMHO....
akurr pak, review saya jg selalu saya bilang, saya ngga bilang ini mobil jelek.. tapi ada hal2 yang ternyata lain dari "promosinya" yang buat saya kecewa.. terutama di FC yang menjadi alasan utama saya beli ini mobil.
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

dony wrote:Haaaa...makanya dari dulu sy nggk pernah percaya review dari majalah/mils mengenai konsumsi bbm, kdg-2 semua terlalu berlebihan.
Heee dan prinsip juga nich buat pegangan sy
1 ltr dapat 9-10 km dlm kota wajar termsk irit utk kelas 1500 cc
1 ltr dapt 8-9 km utk 1800 cc termsk iritlah
Dalam memilih mobil secara tidak sadar kita telah terbuai dengan gembar-gembor mengenai keiritan mobil, hampir semua produsen mobil pasti soal bbm yg diutamakan.
setuju don! kalo bener ini mobil 1:9an aja dehhh ngga usah 1:10an (1.5 AT loh).. gw rasa udah cukup lah
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

ichsan_n wrote:
dony wrote:Haaaa...makanya dari dulu sy nggk pernah percaya review dari majalah/mils mengenai konsumsi bbm, kdg-2 semua terlalu berlebihan.
Heee dan prinsip juga nich buat pegangan sy
1 ltr dapat 9-10 km dlm kota wajar termsk irit utk kelas 1500 cc
1 ltr dapt 8-9 km utk 1800 cc termsk iritlah
Dalam memilih mobil secara tidak sadar kita telah terbuai dengan gembar-gembor mengenai keiritan mobil, hampir semua produsen mobil pasti soal bbm yg diutamakan.
setuju don! kalo bener ini mobil 1:9an aja dehhh ngga usah 1:10an (1.5 AT loh).. gw rasa udah cukup lah
oh iya, sama satu lagi... dari yang awal nyetir sampe udah 7 kali sekarang ini.. ada satu yang gw aneh.. jari kaki gw selalu kesemutan!!! pedal gas & rem kok agak2 bergeter yah di 1.5 AT?
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

ichsan_n wrote:
maxx wrote:Ga ada datanya bos.. musti tanya pertamina / Shell / Petronas deh tuh .. kn bensin produk mereka
Tp kalo boil cuma dipake sabtu minggu muter2 doang .. keknya sih lo isi bensin full tank sebulan cuma 1-2 kali ya, pasti ada penguapan deh. apalagi kalo parkirnya kejemur direct sunlight tiap hari .. logikanya sih lebih besar variable penguapan bensinnya .. dibanding diparkir dalam garasi yg adem.
sudahlah maxx, mau pake dalih apapun, temen lu yang buat jok (pemakai sendiri) jg sudah sampaikan tohhh? ini mobil memang tidak bisa disebut irit, period. Inget disini semangat kita seperti yang bung dony pernah bilang, milis terios/avanza atau apalah lupa gw itu saja tidak berkesan menutup2 kalau ini mobil memang ada masalah. please jaga objectivitas elu seperti yang gw pernah bilang even elu moderator milis. ambil contoh, selama ini gw berkesan dari apa yang elu coba berikan pengertian :

1. FC boros ---> kesimpulan : orangnya yang harus koreksi menyetir. harus diukur diluar kota. lah jazz aja berani dalam kota diukur loh. mobil lain jg ngga malu bilang boros kalau dalam kota? avanza aja ngga ngelak kan kalo boros walau mobil favorit?

2. Radiator boros ----> harus isi nanti 3 kali atau beberapa kali ngga lagi. Buat sebuah mobil baru, gw baru kali ini beli mobil harus ngecek radiator tiap pagi. apa bedanya sama beli mobil bekas kalo gitu?

3. senyap & nyaman. ---> ya sudahlah, seperti yang gw bilang, gw ngga expect tinggi sampe ini mobil tasted like CRV or harrier. tapi kalau dibilang disamping ada motor dan sampe ngga kedengeran, atau suara mesin livina yang hening sampe kaga nyala.... mana mungkin dibilang hening dengan suara fan segitu gede?

4. ingat bro, buat kelas seperti gw & pak gun, dan mungkin hanya beberapa segilintir orang saja di indonesia (cieee),.. masih ada yang ngerasa berat ekonominya kalau punya mobil bensinnya boros. walaupu bisa beli mobil mewah macam livina ini. ngga semua orang punya luxury bisa bayar bensin or beli berapa liter tanpa batas kaya yang punya serena atau xtrail bro. jangan elu patok rata. jangan elu bilang 1:9-10 doank ajeee berisik. lah gw yang 1:8 aja tereakk! so issue FC ini bisa sangat sensitif jg gw yakin..... buat beberapa gelintir orang seperti gw dan pak gun.

afterall.. gw yakin, semua kekurangan livina ini.. ambil deh misal karena FC ini hanya gw & pak gun yang tidak puas.. tohh hanya nol koma sekian persen dari seluruh penginden yang mungkin puas? ( malah mungkin 100% orang di milis mu puas karena gw dan pak gun kan mungkin ngga subscribe heheheheh)

disini orang seperti macam gw sama pak gun, cuman lagi diskusi.. WHAT THE HEAL IS GOING ON WITH THISS CARRRRRRR??? makanya kita butuh experience yang riil dan akurat dari sesama pemakai bukan yang ditutupi atau berkesan berdalih ana-ini. gimanapun jg, kita beli ini mobil, bukan dikasih NMI... wajarlahh kalau gw and mungkin pak gun mungkin agak2 cemas. ngga boleh dipungkiri bro, beli mobil di indonesia, walaupun kecil jg termasuk investasi. C'mon.. ini hanya mobil simple.. punya gw & pak gun hanya <160juta.. kenapa terkesan harus disetir & dipelihara layaknya mercy S class? kalau memang itu radiator nyusut terusss.. gw bakalan ke beres lagi besok, gw bakalan insist penjelasan dan pergantian! ngga bener itu mobil baru radiatornya nyusut terus, mau dalih apapun loh yah... nah.. hal2 seperti ini, kalo elu berikan dalih mulu.. yang untung yah produsen maxx. siapa tahu emang harus diganti?

sorry bro, no offense.. only friendly speaking aja.
Eitss.. gw ga berdalih bro... baca nih
maxx wrote:IMHO.. FC mesin itu u/ kita lihat FC real mesin ban berjalan dg minimalisasi hambatan BB terbuang dimana mobil tidak bergerak.

U/ GL .. dari sharing teman2 di milist maupun di SM .. bisa disimpulkan rata2 FC GL sbb (CMIIW)
Dalkot (JKT) 1.5L & 1.8L = 1:8-9 .. ini tergantung kotanya.. krn jkt penuh dg jalur padat merayap, kalo di kota yg agak lengang tentu FC bisa lebih baik dan tidak mustahil bisa dapat >1:10 . .spt om Sidalausa yg berada di Kalimantan.
Dalkot Kombinasi Tol (50-50) 1.5L & 1.8L = 1:9-12
Luar kota (JKT-BDG lwt cipularang) 1.5L = 1:13-16, sedangkan yg 1.8L = 1:12-14
Sdgkan soal puas ato kaga... gw rasa pendapat pak gunawan sebelumnya lbh tepat.. ya kitanya aja jangan terlalu berekspektasi tinggi dan termakan oleh manisnya informasi .. sewajarnya harus ditelaah dan pakai logika .. u/ menyelaraskan dg kenyataan nantinya.

Soal Air Radiator nyusut.. gw ga berdalih kok.. itu cm sharing dari informasi yg ada... bukan gw bela2in GL, lo liat dong postingan gw sebelumnya yg memang share ada info2 bl air radiator menyusut.. di awal break-in period.. nah kalo lo tanya sama gw sampe kapan.. lo salah tanya orang bos.. krn gw sendiri pun ga tau jawabannya. Seharusnya lo tulis surat komplain yg meminta penjelasan ke CS Manager NMI dong.. yg jelas2 dibayar u/ layani komplainan pelanggan.. termasuk lo.

Bos.. jangan setiap postingan gw dianggap jawaban NMI dong.. itu cuma informasi yg gw tau yg juga berasal dari teman2... gile lo.. emang gw dibayar NMI u/ posting disini.. ck ck ck :e-naughty:
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

ichsan_n wrote:
ichsan_n wrote:
dony wrote:Haaaa...makanya dari dulu sy nggk pernah percaya review dari majalah/mils mengenai konsumsi bbm, kdg-2 semua terlalu berlebihan.
Heee dan prinsip juga nich buat pegangan sy
1 ltr dapat 9-10 km dlm kota wajar termsk irit utk kelas 1500 cc
1 ltr dapt 8-9 km utk 1800 cc termsk iritlah
Dalam memilih mobil secara tidak sadar kita telah terbuai dengan gembar-gembor mengenai keiritan mobil, hampir semua produsen mobil pasti soal bbm yg diutamakan.
setuju don! kalo bener ini mobil 1:9an aja dehhh ngga usah 1:10an (1.5 AT loh).. gw rasa udah cukup lah
oh iya, sama satu lagi... dari yang awal nyetir sampe udah 7 kali sekarang ini.. ada satu yang gw aneh.. jari kaki gw selalu kesemutan!!! pedal gas & rem kok agak2 bergeter yah di 1.5 AT?
Gw ogah Comment ah.. tar dianggap berdalih lagi... :lol:
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
iwinss
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Mon Jul 09, 2007 7:24

Post by iwinss »

Betul bro. kalo di buku manual untuk 1.5 vol tangki 45 ltr dan yang 1.8 vol tangki 52.4 ltr.
Kemarin saya ambil mobil di dealer indikatro menunjukan 1.5 diatas E. saya isi penuh cuma 39 ltr.
Setelah saya pakai sekarang dapat km 167 dan indikator bensin masih diposisi 1/4 dari full.
Kalo saya hitung kasar dan indikator linier 1/4= 11.25 ltr. jadi saya peroleh FC = 14.8 km/ltr. untuk rute kombinasi kota 67 km dan luar kota 100 km.


hunter wrote:kayaknya untuk 1.5 di buku seingat saya tertulis 45 liter deh. coba tolong di cek, yg ada di rumah. saya rasa websitenya salah tuh. CMIIW.

Soalnya, dalam kondisi lampu indikator bensin menyala, saya kalo isi bensin full tank, tdk pernah melebihi 42/43 liter.
kalo full tanknya 52, berarti cadangannya 10 liter ???

saya jadi bingung juga...:) harus orang NMI yg mastiin nih. musti tanya di milis. di milist pernah ada yg konfirmasi bahwa cadangan hanya 5 liter.
gunawan98 wrote:Betul pak Ichsan. Tepatnya 52.4 ltr. Itu saya baca di website nissan... (http://www.nissan.co.id/vehicles/vehicl ... id=14&sp=6)
Waktu saya isi tempohari dulu (baru pertama dari pabrik), itu posisi indikator adalah 2 setrip di atas E. Itu saya cuman sanggup isi 37 ltr. Saya curiganya ini meteran/indikator tidak linier (atau disengaja begitu u/ cadangan bensin).
ichsan_n wrote: pak gunawan, ternyata full tank livina adalah 52 liter, bukan 45
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

maxx wrote:
Gw ogah Comment ah.. tar dianggap berdalih lagi... :lol:
halahhh.. sok ambekan dehh ihhh :2gunfire:
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

iwinss wrote:Betul bro. kalo di buku manual untuk 1.5 vol tangki 45 ltr dan yang 1.8 vol tangki 52.4 ltr.
Kemarin saya ambil mobil di dealer indikatro menunjukan 1.5 diatas E.
oh 45 yang bener? ntar gw cek di manual deh.. wahh masa data publish bisa salah gitu sih? bisa fatal tuh kalo diluar negeri.. untung indonesia.. konsumennya nrimo.. jadi HR15 bisa aja siapa tahu HR13 donk hehehehe....
dony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22

Post by dony »

haaa..... kayaknya dari awal Bung Ichsan nggk jodoh kali ama Livina,....pertama sakit pinggang, terus skrg kaki kesemutan..
Bungg Max jadi takut comment jadinya..
Penyebabnya kesemutan mungkin gara-2 pedal rem lbh tinggi dari gasnya, dan utk sakit pinggang udh ada solusinya jok ditambah busa sesuai saran bung maxx biar mirip dgn kep h.jazz.
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

dony wrote:haaa..... kayaknya dari awal Bung Ichsan nggk jodoh kali ama Livina,....pertama sakit pinggang, terus skrg kaki kesemutan..
Bungg Max jadi takut comment jadinya..
Penyebabnya kesemutan mungkin gara-2 pedal rem lbh tinggi dari gasnya, dan utk sakit pinggang udh ada solusinya jok ditambah busa sesuai saran bung maxx biar mirip dgn kep h.jazz.
loh don, elu ngerasa pedal gasnya geter?
Martino
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Thu Apr 19, 2007 23:39

Post by Martino »

Udah Jual aja GV-nya Bung Ichsan, mungkin masih banyak yang mau, dari pada bikin bete aja...he...he...
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Martino wrote:Udah Jual aja GV-nya Bung Ichsan, mungkin masih banyak yang mau, dari pada bikin bete aja...he...he...
Betulll. .baru juga gw mau comment gitu.. tp tunggu tahun depan aja.. jadi dia pasang jok garson dulu sama gw.. he he he :D
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

hehehe.. iya nih.. jual aja bos.. ganti innova.. ato avanza.. ato carens..

gw da cerita blum yah.. spupu gw pake innova bensin di dalem kota jkt.. FC nya 1:5-6 *tergantung traffic*.. pas pake GL FC nya jadi 1:8-10 *tergantung traffic*

pas keluar kota FC innova 1:7-9.. FC GL jadi 1:12-13..

kl gw si cukup puas ama GL AT.. pake di sby-jmber-sby tembus 1:14 kok.. *asal nyetir santai*

dalam kota 1:10-12 *surabaya*

cuman ya lebar mobil nya itu yg bikin males.. n cat mobil yg mnurut gw tipis.. kena motor dikit aja uda beset..

after all.. ada harga ada barang lah..
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

Martino wrote:Udah Jual aja GV-nya Bung Ichsan, mungkin masih banyak yang mau, dari pada bikin bete aja...he...he...
wahh boss.. buat konteks sebuah mobil baru.. emang sih bikin BT, gw kaga denied deh.. dan jangan pikir gw kaga action loh.. hahahahah.. btw bro, disini bukan maksud gw jelek2in GL.. coba sampean baca lagi deh kalo kesannya begitu. kayanya yang gw tanya normal2 saja sebagai seorang pemilik mobil baru.. berapa sih FC ni mobil sebenernya? atau, kenapa nih radiator kok turun mulu? rusak apa? lumrah2 aja kan? bro, jangan dilihat gw sebagai seorang yang kontra nissan.. tapi lihat apa yang gw tanyakan akan berguna buat orang2 yang lagi nyari info pengen mobil irit & reliable biar ngga salah beli.. macam gw (iyee. iyee gw ngaku).

yang buat gemes kan ngebalesin orang2 yang "berlebih" (bukan elu maxx!)