benzz89 wrote: Mon Apr 12, 2021 8:28
sh00t wrote:nicholasmun wrote: Mon Apr 12, 2021 7:46
Santa Fe yg baru cakep bgt yah..
Bentukan 11 12 sama Palisade grillnya..
Harganya aja yg gak nahan..
Mo mampir ke Mall Kelapa Gading takut pengen huahuahuahua
Cakep sih om. Saya aja yang pengguna TM PFL aja kepincut. Cuma ada yang kurang saya suka, yaitu transmisinya udah drive by wire (gak bisa parkir pararel), joknya warnanya agak terang, dan masih ada tombol kosongnya.

Transmisi pencet2 sih buat ane gak masalah, parkir parallel kalau ane sih paling gak prefer, kalaupun terpaksa yah tinggal bilang ke tukang parkir (ini harus ada tukang parkir syaratnya, mumpung kita ada di +62) mobil gak bisa netral, jadi apa adanya aja yah terpaksa rem tangan ehh rem pencet maksudnya [emoji5]
Yang gak nahan yah itu masih banyak tombol2 kosongnya buat heater/cooling seatnya... sonet aja sudah dipakein itu cooler seat, yah at least salah 1 nya ada lah yah mau cooler/heater, meski ane sih prefer cooler, secara sudah cobain di audi Q8 enak pake banget kalau lagi panas2an. Sama adaptive cruise control juga ilang, padahal sensor2 safety nya sudah sangat menunjang, nanggung banget gak bisa all out ini si H miring sebagai kuda hitam...
Ntah disimpan kali buat next minor change, sama kaya Palisade juga blom all out, masih mau tes the water & kartu AS masih blom di buka sepenuhnya, sabar2 aja nunggu minor change taon depan, ntar kaya kasus santa fe pre facelift gen awal, HU yang mungil tetiba jadi gede di taon berikutnya hahahah... capek deh yang beli first batch duluan
mau sekedar sharing aja om, kemarin sempat tes drive santa fe facelift yg tipe prime diesel, yang trim tengah minus hyundai smart sense.
sedari dulu penasaran sama review review santa fe baik di forum-forum maupun di yutub, pas dapat kesempatan dicoba dah.
pikiran ane yang awalnya cuma tau hp dan torsi santa fe di brosur bayangannya ya paling masih mepet2 sama pajero sport, namun setelah duduk dan nyoba jalan apalagi tes pedal to metal luar biasa banget mesin santa fe ini, sampe mata dan pikiran kaget dengan powernya dan transmisi dct 8atnya, hampir gak ada lag yg terjadi, torsinya bener langsung seperti instan dan semua orang yg duduk didalam mobil badannya terhempas kuat ke jok mobil, luar biasa mesinnya santa fe ini, sampe kagum ane.
saat ini tunggangan sehari-hari civic turbo kondisi standar yang ane rasa uda powerful banget tarikan bawahnya, walaupun ada lag dulu sebelum tendangannya keluar (thanks to cvt yang mengganggu itu), dibanding civic turbo, tarikan santafe lebih instant dan cepat, dan ngisi trus sampe putaran atas, sampe akhirnya ane lepas gas karena cukup ngeri ama powernya yg naek terus.
br bbrp minggu yang lalu tes pajero sport dakar 4x2 yang facelift, bisa ane bilang power dan karakter santa fe ini memang benar 1 level diatas pajero sport yg powernya aja uda segede itu. pasport tarikannya ada ngeden dulu sebentar baru powernya keluar dan perpindahan giginya cukup terasa ada jeda, kerasa dari badan kita yang maju mundur saat giginya naik. sedangkan di santafe gak kerasa perpindahan giginya, smooth sekali dan cepet perpindahannya, apalagi downshiftnya.
untuk handling, ini yang mantap, ane kira kalau cornering high speed dengan suv gede gini pasti akan ada body roll yg cukup ganggu, ternyata diluar ekspektasi ane, sangat lumayan stabil body rollnya, disini saya cukup terkesima sama handling santafe, even hampir mirip2 civic turbo yg selama ini ane pakai, feeling saya santafe lebih baik body rollnya dibanding civic turbo karena civic karakter suspensinya lembut, kalau dibawa cornering badan dan body roll kerasa mental kesamping. kalau handling dan body roll pasport jangan ditanyalah ya, sudah pasti kayak kapal.
untuk suspensi yang ane rasain lebih ke rasa eropa bantingannya, sedikit empuk tapi gak seempuk civic turbo, tapi gk kerasa kaku keras juga, lebih ke tengah2, kena polisi tidur kerasa mantap ngelahapnya,benar2 kelasnya berbeda banget sama suv lain yg 500an jt
satu yang berkesan juga bagi ane, waktu bawa pasport kaki ane saat lg standby nempel di lantai pengemudi kerasa getaran2 diesel yg agak ganggu sedikit, di santa fe ini masih ada getaran tapi minim sekali, hampir gk terasa, emank mesinnya bener2 modern menurut ane, kedapnya dari raungan mesin diesel pun juga berbeda, santa fe lebih kedap, gak terlalu kerasa lagi bawa mesin diesel.
akhirnya dari handling, power, transmisi, suspensi yang ane rasain dari mulai test drive sampe kelar ane sampe lupa sama fitur2 yg hilang di prime, jadi lebih kagum sama pengendaraan santafe ini dibanding fitur2 yg dihilangkan. emank santa fe ini mobil yg punya something lebih dibanding suv rival2nya, walau yah RV, bengkel, showroom dll kalah dari merk mainstream lainnya.
sekian review dari ane, review seadanya dan sejujurnya, moga bisa jadi sharing pengalaman dan referensi bagi teman2 yang mau tau soal santa fe dari review cupu ane.. hehe..