Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
mau tanya, saya ada Kia Pregio tahun tua yg 4 atau 5 seater(tahun 200x-an)
kan overheat dan air radiatornya berkurang terus, setelah ditelusuri ternyata
bocornya dibagian mesin (kaya ada lubang jarum)
air radiatornya ngocor disana
dan sopir suka isi air radiator pake air keran
pertanyaan saya
1. perbaikinnya mending ke bengkel spesialis atau ke bengkel resmi KIA?
2. apakah kasus diatas termasuk kasus yang menunjukan tanda mobil sudah tidak layak pakai? maklum mobil tua juga
Salvanost wrote: Sun Apr 11, 2021 12:50
pertanyaan saya
1. perbaikinnya mending ke bengkel spesialis atau ke bengkel resmi KIA?
2. apakah kasus diatas termasuk kasus yang menunjukan tanda mobil sudah tidak layak pakai? maklum mobil tua juga
1. tergantung mekaniknya.
yang paling penting, lokasi kebocorannya di mesin kan? mesin sebelah mana?
2. layak atau tidak kan tergantung dari perawatan...
Salvanost wrote: Sun Apr 11, 2021 12:50
pertanyaan saya
1. perbaikinnya mending ke bengkel spesialis atau ke bengkel resmi KIA?
2. apakah kasus diatas termasuk kasus yang menunjukan tanda mobil sudah tidak layak pakai? maklum mobil tua juga
1. tergantung mekaniknya.
yang paling penting, lokasi kebocorannya di mesin kan? mesin sebelah mana?
2. layak atau tidak kan tergantung dari perawatan...
MSU wrote: Sun Apr 11, 2021 13:35
Kadang sy lebih percaya bengkel non beres
Rasa2nya feeling sy bukan blok rusak...mgkn bagian pipa atau selang
yang bocor dibagian blok mesin, ngocornya kelihatan jelas
di deket rumah ada bengkel spesialis KIA namanya garasi motor cuma sayang udah tutup karena ownernya udah wafat
bengkel spesialis lainnya saya lihat jauh2
mungkin ke bengkel resmi, cuma penasaran reaksi mereka gimana pas lihat bocor radiatornya di bagian mesin
Omnibus wrote: Sun Apr 11, 2021 16:49
bersihin areanya trus kl emang bener selubang jarum tambal pake lem besi. just make sure bukan blown head gasket aja.
good for another 5 years
secara teori betul.
faktanya, 50:50. bahkan seringnya 75% langsung rembes lagi. saya sudah kenyang nanganin kaya gini.
karena yang di lem hanya sisi luar, sementara dari dalam ada pressure yang tidak sedikit. kecuali bisa di lem dari kedua sisi. atau las kuningan (jika memungkinkan).
Omnibus wrote: Sun Apr 11, 2021 16:49
bersihin areanya trus kl emang bener selubang jarum tambal pake lem besi. just make sure bukan blown head gasket aja.
good for another 5 years
secara teori betul.
faktanya, 50:50. bahkan seringnya 75% langsung rembes lagi. saya sudah kenyang nanganin kaya gini.
karena yang di lem hanya sisi luar, sementara dari dalam ada pressure yang tidak sedikit. kecuali bisa di lem dari kedua sisi. atau las kuningan (jika memungkinkan).
caranya yg salah. memang hrs attention to detail
1. buang coolant
2. lubangnya: keringin. semprot brake cleaner tiup2 pakai angin kompresor.
3. siapin JB Weld
4. olesin sebiji jagung.
5. penting: pukul2 pakai palu, pelan aja. supaya JB weld masup mengisi lubang. ulangi step 4 bbrp kali n pukul2 lagi.
6.olesin lg luarnya, ga perlu tebal tp agak melebar areanya
7. penting: tunggu sampai fully cured --> 24 jam
8. isi coolant & bleed.
9. test run
10. good for another 100 years.
biasanya step2 yg penting itu di skip. bengkel mana yg mau nunggu 24 jam fully cured.
Omnibus wrote: Sun Apr 11, 2021 16:49
bersihin areanya trus kl emang bener selubang jarum tambal pake lem besi. just make sure bukan blown head gasket aja.
good for another 5 years
secara teori betul.
faktanya, 50:50. bahkan seringnya 75% langsung rembes lagi. saya sudah kenyang nanganin kaya gini.
karena yang di lem hanya sisi luar, sementara dari dalam ada pressure yang tidak sedikit. kecuali bisa di lem dari kedua sisi. atau las kuningan (jika memungkinkan).
caranya yg salah. memang hrs attention to detail
1. buang coolant
2. lubangnya: keringin. semprot brake cleaner tiup2 pakai angin kompresor.
3. siapin JB Weld
4. olesin sebiji jagung.
5. penting: pukul2 pakai palu, pelan aja. supaya JB weld masup mengisi lubang. ulangi step 4 bbrp kali n pukul2 lagi.
6.olesin lg luarnya, ga perlu tebal tp agak melebar areanya
7. penting: tunggu sampai fully cured --> 24 jam
8. isi coolant & bleed.
9. test run
10. good for another 100 years.
biasanya step2 yg penting itu di skip. bengkel mana yg mau nunggu 24 jam fully cured.
Omnibus wrote: Sun Apr 11, 2021 16:49
bersihin areanya trus kl emang bener selubang jarum tambal pake lem besi. just make sure bukan blown head gasket aja.
good for another 5 years
secara teori betul.
faktanya, 50:50. bahkan seringnya 75% langsung rembes lagi. saya sudah kenyang nanganin kaya gini.
karena yang di lem hanya sisi luar, sementara dari dalam ada pressure yang tidak sedikit. kecuali bisa di lem dari kedua sisi. atau las kuningan (jika memungkinkan).
caranya yg salah. memang hrs attention to detail
1. buang coolant
2. lubangnya: keringin. semprot brake cleaner tiup2 pakai angin kompresor.
3. siapin JB Weld
4. olesin sebiji jagung.
5. penting: pukul2 pakai palu, pelan aja. supaya JB weld masup mengisi lubang. ulangi step 4 bbrp kali n pukul2 lagi.
6.olesin lg luarnya, ga perlu tebal tp agak melebar areanya
7. penting: tunggu sampai fully cured --> 24 jam
8. isi coolant & bleed.
9. test run
10. good for another 100 years.
biasanya step2 yg penting itu di skip. bengkel mana yg mau nunggu 24 jam fully cured.