Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
yanuarra wrote: Sat Apr 10, 2021 7:47
Lakoni jg ada yg oiless kan mbah klo ga slh.. trus bedanya dgn yg pake oli apa mbah? kalo punyanya simbah pake yg mana?
sy punya kompresor udah 3x. semuanya motor listrik, bukan motor bensin.
jaman smp kelas 2 ngerengek2 sm nyokap dibeliin
swan 1/2 pk - listrik 1 phase. with oil. maintenance item, ganti oli, ganti drive belt, n ganti filter udara.
abac 3 pk (atau 5 pk, lupa) - listrik 3 phase. with oil. maintenance item sama dgn atas.
lakoni 1 pk - listrik 1 phase. oil-less. maintenance item cuma filter udara. tp sy pernah iseng O/H head nya krn penasaran apaan sih oil-less itu. ternyata piston dan dinding silinder nya terbuat dr plastik (mungkin campur resin) n mungkin coated w/ teflon. jd ga tahan lama krn begitu aus akan hilang kompresi. cara atu2nya spy tahan agak lama ane semprotin silicon spray sekali2 dr lubang intake nya (lubang air filter). having said that, dgn harga cuma sejuta lbh dikit, worth every penny. krn ngisinya cepet. kl rusak? ada service centernya, mungkin bisa beli cylinder boring nya yg plastik itu.
yanuarra wrote: Sat Apr 10, 2021 7:47
Lakoni jg ada yg oiless kan mbah klo ga slh.. trus bedanya dgn yg pake oli apa mbah? kalo punyanya simbah pake yg mana?
sy punya kompresor udah 3x. semuanya motor listrik, bukan motor bensin.
jaman smp kelas 2 ngerengek2 sm nyokap dibeliin
swan 1/2 pk - listrik 1 phase. with oil. maintenance item, ganti oli, ganti drive belt, n ganti filter udara.
abac 3 pk (atau 5 pk, lupa) - listrik 3 phase. with oil. maintenance item sama dgn atas.
lakoni 1 pk - listrik 1 phase. oil-less. maintenance item cuma filter udara. tp sy pernah iseng O/H head nya krn penasaran apaan sih oil-less itu. ternyata piston dan dinding silinder nya terbuat dr plastik (mungkin campur resin) n mungkin coated w/ teflon. jd ga tahan lama krn begitu aus akan hilang kompresi. cara atu2nya spy tahan agak lama ane semprotin silicon spray sekali2 dr lubang intake nya (lubang air filter). having said that, dgn harga cuma sejuta lbh dikit, worth every penny. krn ngisinya cepet. kl rusak? ada service centernya, mungkin bisa beli cylinder boring nya yg plastik itu.
Wew jaman SMP disaat ane masih merengek minta kaset PS si mbah udah mintanya compressor.
Yg lebih awet klo gtu yang pake oli dong ya dibanding oil less..
Dat510 wrote: Sat Apr 10, 2021 8:40
Udah indent lg mbah, kayanya disikat silreader dsni
Gpp deh indent ngga buru2.
Makasi mbah omni..
yah begitulah mbah ... memang kl urusan link harus cepet2an. kadang hrs PM. tadi kan mbah ga PM makanya sy buka di forum. tp even sy pun nanya link di PM penah jg ga dijawab oleh somebody.
Dat510 wrote: Sat Apr 10, 2021 8:45
Wew jaman SMP disaat ane masih merengek minta kaset PS si mbah udah mintanya compressor.
Yg lebih awet klo gtu yang pake oli dong ya dibanding oil less..
ane waktu balita udah nongkrong di gudang rumah isi golok parang segala macam. pernah itu lemari perkakas ane panjat n gubrak dong, ane kegencet antara tembok sm rak bareng golok parang linggis gunting rumput dll.
yep lebih awet yg ada olinya tapi juga lbh mahal krn piston n silinder kan metal dan footprint lbh besar (panjang) krn motor listrik dan kompresor block terpisah (pakai belt, kl oilless no belt).
DOHC wrote: Sat Apr 10, 2021 5:15
Spray gun meiji yg asli ?? Mau mbah ?? Saya bisa dapetin cenel yg jual asli nya lohh
spray gun meiji itu sama dengan tekiro kalo di perkakas.
made in antah berantah.
kalo sampe ada meiji palsu, yaaaa.... memalsukan barang palsu namanya.
dan painter beneran pasti melengos kalo disebut merk 1 itu....
Meiji itu aslinya beneran made in nihon mbah, d trace back beberapa dekade lalu bahkan jaman asmirandah belom berbentuk embrio jg ud ada diimport dr nihon, importir nya dl d glodok ada 2 toko
Cuman krn berjalannya waktu, banyak keparat2 yg mau ngambil untung jalan pintas, beredar lah meiji2 an, yg keparatnya lg, tulisan, dus, kemasan ditiru abis2an..
Soal kasus tiru2an barang nihon kaya si meiji itu mah ud banyak banget, pada gila2an jg copy pastennya... sala satunnya regulator dan blander las yamato, good luck deh saya ucapkan kl ad yg mau nyari asli nya
yah begitulah mbah ... memang kl urusan link harus cepet2an. kadang hrs PM. tadi kan mbah ga PM makanya sy buka di forum. tp even sy pun nanya link di PM penah jg ga dijawab oleh somebody.
yah begitulah ....
Nanya ga dijawap... saya jg perna, ama propesor maha guru terpinter sejagat semesta
yanuarra wrote: Sat Apr 10, 2021 7:47
Lakoni jg ada yg oiless kan mbah klo ga slh.. trus bedanya dgn yg pake oli apa mbah? kalo punyanya simbah pake yg mana?
sy punya kompresor udah 3x. semuanya motor listrik, bukan motor bensin.
jaman smp kelas 2 ngerengek2 sm nyokap dibeliin
swan 1/2 pk - listrik 1 phase. with oil. maintenance item, ganti oli, ganti drive belt, n ganti filter udara.
abac 3 pk (atau 5 pk, lupa) - listrik 3 phase. with oil. maintenance item sama dgn atas.
lakoni 1 pk - listrik 1 phase. oil-less. maintenance item cuma filter udara. tp sy pernah iseng O/H head nya krn penasaran apaan sih oil-less itu. ternyata piston dan dinding silinder nya terbuat dr plastik (mungkin campur resin) n mungkin coated w/ teflon. jd ga tahan lama krn begitu aus akan hilang kompresi. cara atu2nya spy tahan agak lama ane semprotin silicon spray sekali2 dr lubang intake nya (lubang air filter). having said that, dgn harga cuma sejuta lbh dikit, worth every penny. krn ngisinya cepet. kl rusak? ada service centernya, mungkin bisa beli cylinder boring nya yg plastik itu.
Hmm brti buat rumahan mah lebih ringkes yg oilless listrik yah mbah shifu.. baiklah..
Tp ane masih setia masuk spbu shell cm buat isi angin ban
yanuarra wrote: Sat Apr 10, 2021 9:29
Hmm brti buat rumahan mah lebih ringkes yg oilless listrik yah mbah shifu.. baiklah..
Tp ane masih setia masuk spbu shell cm buat isi angin ban
menurut ane sih yg oilless udah cukup buat rumahan. kecil pula. hemat listrik.
eh jangan kusut mbah, kompresor bukan cuma buat nambah angin ban, itu mah paling sering 2 minggu sekali. yg paling sering ane perlu itu justru utk niup2 debu yg melekat di snap on roll cab, ruang mesin, niup bekas brake cleaner spy nguap, niup rel track pintu garasi spy kerikil2 terbang. lah itu semua kl ga ada kompresor mau tiup pake mulut? wah kl kata mbah marmut air suling bisa muncrat kemana2.
DOHC wrote: Sat Apr 10, 2021 9:49
iya bener mbah di loctite secuil banget d ujung nya.. tp tadi bisa ta sekrup lg koq
yg stahwille jg uda mbah
mbah yg TW jangan dibongkar2 lho. itu non servicable semua. waduh ntar gimana kalibrasinya kl ga punya alatnya. itu ada 2 buah baut L di atas (yg kecil ditutupin plastic plug) jangan diputer2 mbah. utk kalibrasi itu.
yanuarra wrote: Sat Apr 10, 2021 9:29
Hmm brti buat rumahan mah lebih ringkes yg oilless listrik yah mbah shifu.. baiklah..
Tp ane masih setia masuk spbu shell cm buat isi angin ban
menurut ane sih yg oilless udah cukup buat rumahan. kecil pula. hemat listrik.
eh jangan kusut mbah, kompresor bukan cuma buat nambah angin ban, itu mah paling sering 2 minggu sekali. yg paling sering ane perlu itu justru utk niup2 debu yg melekat di snap on roll cab, ruang mesin, niup bekas brake cleaner spy nguap, niup rel track pintu garasi spy kerikil2 terbang. lah itu semua kl ga ada kompresor mau tiup pake mulut? wah kl kata mbah marmut air suling bisa muncrat kemana2.
Hmm boljug neh.. ruang mesin mobil ane bedebah banget kotornya..
Brti kalo ada kompresor bisa bebersih debu sendiri yah
tp sblmny kudu ketempat cucian yg bisa nyuci area engine bay, ane ga berani soalnya guyur aer..hii serem
Bisa tiup2 cvt motor juga brti..
Hmm kynya menggiurkan
Itu kalo beli kompresor udah dpt asesorisnya kah mbah? Misal selang2nya, kopler, klem2an klo ada, ama gun nya jg udah dpt kah?
yanuarra wrote: Sat Apr 10, 2021 7:47
Lakoni jg ada yg oiless kan mbah klo ga slh.. trus bedanya dgn yg pake oli apa mbah? kalo punyanya simbah pake yg mana?
sy punya kompresor udah 3x. semuanya motor listrik, bukan motor bensin.
jaman smp kelas 2 ngerengek2 sm nyokap dibeliin
swan 1/2 pk - listrik 1 phase. with oil. maintenance item, ganti oli, ganti drive belt, n ganti filter udara.
abac 3 pk (atau 5 pk, lupa) - listrik 3 phase. with oil. maintenance item sama dgn atas.
lakoni 1 pk - listrik 1 phase. oil-less. maintenance item cuma filter udara. tp sy pernah iseng O/H head nya krn penasaran apaan sih oil-less itu. ternyata piston dan dinding silinder nya terbuat dr plastik (mungkin campur resin) n mungkin coated w/ teflon. jd ga tahan lama krn begitu aus akan hilang kompresi. cara atu2nya spy tahan agak lama ane semprotin silicon spray sekali2 dr lubang intake nya (lubang air filter). having said that, dgn harga cuma sejuta lbh dikit, worth every penny. krn ngisinya cepet. kl rusak? ada service centernya, mungkin bisa beli cylinder boring nya yg plastik itu.
Wew jaman SMP disaat ane masih merengek minta kaset PS si mbah udah mintanya compressor.
Yg lebih awet klo gtu yang pake oli dong ya dibanding oil less..
yanuarra wrote: Sat Apr 10, 2021 9:57
Bisa tiup2 cvt motor juga brti..
Hmm kynya menggiurkan
Itu kalo beli kompresor udah dpt asesorisnya kah mbah? Misal selang2nya, kopler, klem2an klo ada, ama gun nya jg udah dpt kah?
Trus pertimbangannya brp HP/PK yg cocok ya mbah?
nah itu, niup2 terminal kabel bekas cuci mesin jangan ampe kaya om klep tuh Check engine christmas tree
bisa niup bola basket anak, pelampung renang, sagami ehh
selang n aksesoris ga dapet lah bambank ..... sampe klem2 beli terpisah. murah lah itu sih mbah.
brp hp? tergantung utk jalanin power tool ga? kl iya lakoni fresco 130X itu spec minimal. ukuran tabung segitu itu minimal juga, sy sering keabisan angin soalnya tabungnya pas2an.
kemaren sy retorque lagi bushing control arm krn nyadar ngencenginnya terlalu ngangkat posisinya pas arm di dongkrak. pas mau buka lagi pake dewalt kaga kuat. keluarin lah impact gun pneumatic, langsung kebuka. kl kedepannya mau beli pneumatic tools minimal 1 HP.
yanuarra wrote: Sat Apr 10, 2021 9:57
Bisa tiup2 cvt motor juga brti..
Hmm kynya menggiurkan
Itu kalo beli kompresor udah dpt asesorisnya kah mbah? Misal selang2nya, kopler, klem2an klo ada, ama gun nya jg udah dpt kah?
Trus pertimbangannya brp HP/PK yg cocok ya mbah?
nah itu, niup2 terminal kabel bekas cuci mesin jangan ampe kaya om klep tuh Check engine christmas tree
bisa niup bola basket anak, pelampung renang, sagami ehh
selang n aksesoris ga dapet lah bambank ..... sampe klem2 beli terpisah. murah lah itu sih mbah.
brp hp? tergantung utk jalanin power tool ga? kl iya lakoni fresco 130X itu spec minimal. ukuran tabung segitu itu minimal juga, sy sering keabisan angin soalnya tabungnya pas2an.
kemaren sy retorque lagi bushing control arm krn nyadar ngencenginnya terlalu ngangkat posisinya pas arm di dongkrak. pas mau buka lagi pake dewalt kaga kuat. keluarin lah impact gun pneumatic, langsung kebuka. kl kedepannya mau beli pneumatic tools minimal 1 HP.
Oww aksesoris dibeli terpisah to
Power tool? Hmmm kalo seandainya ane beli kompresor brti mgkin enggak beli yg cordless, jd beli yg pneumatic aja (tp teteup yg kere hore ada kan ya )
Brti 1 HP ya mbah biar ngakomodirnya enak..
Misal tiba2 besok2 pingin repaint something gitu juga bisa kan..
Thanks mbah suhu insightnya.. nubie jd ada gambaran
yanuarra wrote: Sat Apr 10, 2021 10:21
Oww aksesoris dibeli terpisah to
Power tool? Hmmm kalo seandainya ane beli kompresor brti mgkin enggak beli yg cordless, jd beli yg pneumatic aja (tp teteup yg kere hore ada kan ya )
Brti 1 HP ya mbah biar ngakomodirnya enak..
Misal tiba2 besok2 pingin repaint something gitu juga bisa kan..
Thanks mbah suhu insightnya.. nubie jd ada gambaran
kl HP nya gede artinya ngisi tabungnya cepet.
lakoni 130X ngecat yg kecil2 bisa, macam seukuran casing henpon, spion motor. tp kl udah segede pintu mobil ya ga bisa keburu kehabisan angin di tabung kan kl ngecat ga boleh berhenti nungguin tabung refill lagi, meski lakoni 130X cukup cepat, dr empty sampe full cuma 2 menitan.
yanuarra wrote: Sat Apr 10, 2021 10:21
Oww aksesoris dibeli terpisah to
Power tool? Hmmm kalo seandainya ane beli kompresor brti mgkin enggak beli yg cordless, jd beli yg pneumatic aja (tp teteup yg kere hore ada kan ya )
Brti 1 HP ya mbah biar ngakomodirnya enak..
Misal tiba2 besok2 pingin repaint something gitu juga bisa kan..
Thanks mbah suhu insightnya.. nubie jd ada gambaran
kl HP nya gede artinya ngisi tabungnya cepet.
lakoni 130X ngecat yg kecil2 bisa, macam seukuran casing henpon, spion motor. tp kl udah segede pintu mobil ya ga bisa keburu kehabisan angin di tabung kan kl ngecat ga boleh berhenti nungguin tabung refill lagi, meski lakoni 130X cukup cepat, dr empty sampe full cuma 2 menitan.
Oke mbah.. brti lakoni 130X udah recommended ya buat rumahan doang mah..
Omnibus wrote:
kl HP nya gede artinya ngisi tabungnya cepet.
lakoni 130X ngecat yg kecil2 bisa, macam seukuran casing henpon, spion motor. tp kl udah segede pintu mobil ya ga bisa keburu kehabisan angin di tabung kan kl ngecat ga boleh berhenti nungguin tabung refill lagi, meski lakoni 130X cukup cepat, dr empty sampe full cuma 2 menitan.
Sepengalaman sy, kl mau ngecat bidang lumayan gede ky pintu / bumper pake kompre 0,75 hp / 1 hp biar angin ngga cepet tekor bisa pake spraygun HVLP yg ukuran nozzle nya 0.8 mm, atau ngga pake spraygun K3 juga oke.
Asal jangan pake spraygun F75 / F100 boros angin kl dipake di kompre 0,75 / 1 HP....
Sy jg pernah cat full bumper depan brio dd1 pake kompresor prohex 1/6 hp max pressure 4 bar, modifikasi pake tabung ex freon.
Lumayan cuma 2 kali refill angin, 1 kali buat base coat pake spraygun K3, 1 kali lg buat pernis PU pake spraygun HVLP 0.8 mm.
Refill angin kurang lebih 8 menit sampe tabung full.
*Epoxy waktu itu nyoba pake model pilox merk sapporo (bahan dasar PU)