ngaku2 smua nya JIS jepun, ampe dipasang lambang JIS segede2 nya, ud kaya lambang perusahaan dia aj
ngaku jepun koq tp ud karatan, gerigi nya jg ud mrotol2... jepun dr duren sawit





Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
DOHC wrote: Fri Apr 09, 2021 4:13
2 Tork wrench ??????
astagaa
ta kira sbiji aj ud ckup mbah
#memicing kan mata ke arah mbah masas, siapa tau mo garage sale lg
Ada dong mbah.. brand bukan kaleng2 neh..subsidiariesnya snap on skrg mah kalo ngga salah..soalnya dibeli sm snap on..marmut wrote: Fri Apr 09, 2021 4:24DOHC wrote: Fri Apr 09, 2021 4:13
2 Tork wrench ??????
astagaa
ta kira sbiji aj ud ckup mbah
#memicing kan mata ke arah mbah masas, siapa tau mo garage sale lg
kalo ada yang sapujagat atau misal 5-50 n.m ya gapapa cukup 1.
atau beli 1 saja yang buat drain plug, filter oli cukup hand tighten.
Post tang tp ada yg nyempil ditengah, autofokus ketengahDOHC wrote: Fri Apr 09, 2021 4:15 iseng mo post tools tang jepit 2 biji buatan believe in your (miserable) choice
ngaku2 smua nya JIS jepun, ampe dipasang lambang JIS segede2 nya, ud kaya lambang perusahaan dia aj
20210409_110130.jpg
ngaku jepun koq tp ud karatan, gerigi nya jg ud mrotol2... jepun dr duren sawit![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
20210409_110038.jpg
itu trik mbah tikus barbel spy banyak postingan foto di tret ini. biar cepet part 5.DOHC wrote: Fri Apr 09, 2021 4:132 Tork wrench ??????marmut wrote: Fri Apr 09, 2021 3:58
dan, walaupun hanya ganti oli saja, tetap butuh 2 torq wrench.
1 yang range kecil untuk filter oli (sekitar 8 n.m), 1 lagi yang range medium untuk drain plug (sekitar 27-33 n.m - aluminum oil pan)
astagaa
ta kira sbiji aj ud ckup mbah
#memicing kan mata ke arah mbah masas, siapa tau mo garage sale lg
Makasih banyak om uda dibantuin nyari brgnya. Mgkn utk skrg saya beli jack stand nya dl dan pake dongrak bawaan. Noted om, better nabung dulu buat beli yg bagusan, biar puas pake nya. Hehehe. Soal torque wrench, jtc ada nya 2-24Nm uk 1/4 dan 19-110Nm uk 3/8. Untuk maintenance std, saya cek di service manual, filter oli 12Nm/ 3/4 puteran mnrt instruksi pembuat filter, baut oli 39Nm, busi 18Nm / 1/2-2/3 puteran mnrt instruksi pembuat busi, flange bolt kaliper rem 23Nm. Jadi harus cari2 yg 10-50 Nm ya om. Atau ambil yg 19-110 Nm dengan asumsi ngencengin filter oli ma busi ikutin instruksi puter2an. Kl 110Nm bisa kepake buat kencengin baut roda yg 108Nm.Omnibus wrote: Fri Apr 09, 2021 3:23halo om, for starter kita mulai dr beli dongkrak buaya dan jack stand dulu aja ya.W42d wrote: Fri Apr 09, 2021 2:32 Om semua, mohon saran. Dongkrak n jack stand untuk pemula apa ya om. Rencana mau coba ganti oli sendiri. Saya lihat2 juga TW, tp harganya cukup mahal ya om. Tertarik ma JTC yg harganya 500-600k. Kira2 recommended ga? Ke depannya mau belajar maintenance rutin sendiri.
sy baru2 ini abis ceki2dot dongkrak buaya juga. dr hasil pantauan sptnya yg paling worth it, i hate to say this, but it's tekiro. model begini merk lain jg ada tp kl tekiro itu di stang nya ada rubber jd itu stang kl posisi berdiri tidak bikin penyok pintu mobil krn ada rubber protectornya. dongkrak itu long term investment jd sebaiknya beli yg agak bagusan spy dipakenya enak n awet. saya sendiri pake merk Masada jepang tp harganya 2x tekiro.
kayanya ini sdh harga terbaik, tp bisa cari lagi sendiri
link: https://tokopedia.link/Cu4dEgwXifb
kl jack stand, merk amtool sdh paling value for money dan barangnya cukup bagus.
link: https://tokopedia.link/ZhkOuv5Wifb
TW? mungkin yg punya jtc bisa kasih ripiu, utk kategori value for money ini oke. atasnya itu ada tohnichi, wera, stahlwille, facom. utk ganti oli dan ganti busi cukup beli yg range 10-50Nm. kl bisa dpt yg 8-50Nm lebih bagus krn baut2 ukuran 10mm biasanya minta 8.6-9.8Nm. jadi kecover semua mulai dr baut oli di karter, oil filter, busi, dan baut2 10mm termasuk baut coil, baut2 tabung coolant dsb.
Ini krisbow yg biasa di ace om?DOHC wrote: Fri Apr 09, 2021 3:41Nahh yg ingco saya suda liat d glodok, utk kualitet sehh moderate yah om, cuman betul, masala pin pengunci itu big no no buat saya.. makanya saya blg tekiro punya sehh utk jack stand lmayan, dia ad pin pengunci nya dan saya liat ckup kekarW42d wrote: Fri Apr 09, 2021 3:10Terima kasih sarannya om. Kmrn sempet lihat2 jack stand merk ingco, sepertinya kekar, tp tidak ada pin pengunci tambahan, mgkn saya ambil tekiro aja kalau bgitu. Dongkrak nagasaki sepertinya overkill untuk saya om. Apalagi bgitu lihat harganya. hehehe. Kemarin sempat lihat merk iwt kapasitas 3 ton. Seller nya bilang made in japan, tp kok saya ragu ya melihat gambar nya. Sekalian bertanya om, misal pakai dongkrak bawaan, saya dongkrak nya dari mana ya om. Asumsi jack stand saya taruh di mounting point depan kanan kiri. Kalau pakai dongkrak buaya saya perhatikan bengkel ada yg angkat dari subframe bawah. Saya coba cari2 di bukman, mounting point ada 4 di sekeliling mobil sama 1 di blkg. Di depan ga nemu mounting nya. Oiya mobilnya brio om.DOHC wrote: Fri Apr 09, 2021 2:58
TW JTC ckup bagus koq om, value for money nya dapet banget dbanding tekiro yg ga banget antara harga dan kualitas
Dsini ad beberapa yg pake, salah satu nya mbah marmut (sblom ganti haluan ke full stahlwille), mbah josomba
Kl jack stand kayanya yg gampang dicari tekiro yah, ga jelek seh , cari aj yg plg murah.. kl dongkrak, nah ini rada binggung.. kl budget ga ad masalah, bsa dongkrak buaya nagasaki asli jepang.. tp kl cuman buat sesekali DIY, bsa pake dongkrak bawaan mobil aj, trus ganjel pake jack stand
Sebenernya ad lg merk krisbow (bukan amerika punya), ini kl om mau jalan2 ke glodok, coba cari dsana bsa ada.. ini saya perna liat mirip2 ama tekiro punya, ckup kekar dan ad lockin pin nya.. scara ini merek ud tenggelam, mudah2an ud lebi murah skrg
IWT, FLAG, KTC, Aigoo ati2 om, skrg ud banyak orang2 [cencored] palsuin tu merek..
Nahh kl bengkel pake dongkrak buaya maen lgs hajar frame depan, biasa lgs ta kepruk tu montir.. kl mobil2 FWD casis monokoi wajip dongkrak d mounting point nya.. kcuali mobil2 casis tangga, saya masi lebi lenient kasi dongkrak d casis nya, itu pun perna ad montir b3go dongkrak inofa saya d lipetan body, gt saya liat lgs saya sambit ( beneran) pake konci pas ampe diliatin satu bengkel... lgs penyok coak itu body, ampe maap2 bos nya
L engine (semua dlm Nm)marmut wrote: Fri Apr 09, 2021 4:24DOHC wrote: Fri Apr 09, 2021 4:13
2 Tork wrench ??????
astagaa
ta kira sbiji aj ud ckup mbah
#memicing kan mata ke arah mbah masas, siapa tau mo garage sale lg
kalo ada yang sapujagat atau misal 5-50 n.m ya gapapa cukup 1.
atau beli 1 saja yang buat drain plug, filter oli cukup hand tighten.
Omnibus wrote: Fri Apr 09, 2021 7:47
L engine (semua dlm Nm)
engine drain plug 39
filter oli 17
cvt drain plug 49
busi 25
cukup 1 yg 10-50Nm. kl dpt yg 8-50 ya bonus.
ga perlu 2 mbah, tp kl mau 2-3 TW ya ga apa2![]()
Dat510 wrote: Fri Apr 09, 2021 9:02 Sebel banget klo beli kunci sok satuan di monotaro, dipakein sticker2 lengket gini.
Kunci sok.jpeg
menggurui juga ngga apa2. org ane nubie masih mencari guru kesana kemari.marmut wrote: Fri Apr 09, 2021 8:06
punten suhu, bukan maksud menggurui. punten.
imo, angka itu hanya bisa dicapai apabila semua dalam keadaan baru atau kondisi logamnya dingin, terutama drain plug.
karena selama ini (baru 3 tahunan, masih seumur jagung) dari range yang jadi patokan, saya selalu kasih di angka minimum, bahkan seringnya sekitar 2 n.m dibawah minimum.
misal aluminum oil pan yang tightening torque range-nya 27-33 n.m, biasanya saya set manoskop di 25 n.m. atau misal kondisi oil pan sudah hampir dingin, saya set di 30 n.m dan tidak ada kebocoran (washer baru).
berapa kali set manoskop di angka maksimum, sudah terasa drat memuai ketarik.
seru kan?
2-3 tw?
1 yang 4-20 n.m.
1 yang 10-50 n.m
1 yang 25-130 n.m
lha yang buat ngencengin diatas 200 n.m mana?
buat ngencengin philips head yang 0,5 n.m mana?
![]()
wuih datang jugaDat510 wrote: Fri Apr 09, 2021 9:02 Sebel banget klo beli kunci sok satuan di monotaro, dipakein sticker2 lengket gini.
Kunci sok.jpeg
marmut wrote: Fri Apr 09, 2021 10:34
ei.
di contekan selalu ada 2 besaran dan 2 satuan.
selesai baca berapa besaran dan apa satuannya, saya pindah ke contekan satunya, target berapa dan real berapa.
dan sekarang sudah mulai bisa berpraduga drain plug-nya bakalan dol apa enggak. keliatan dari penampilan mobil dan empunya.
![]()
Omnibus wrote: Fri Apr 09, 2021 10:43
btw sdh mulai baca2 kamus negrinya ari vatanen ya?
pasti baru tau yes/no = kyllä/ei
![]()
Omnibus wrote: Fri Apr 09, 2021 11:23 numpang pajang mainan baru ah .....
IMG_20210409_180915~2.jpg
kompresor boleh lakoni ..... tp semprotan nya Hazet yerman dong
IMG_20210409_181014~3.jpg
taromana private brand juga dateng hari ini. indent 2 bulan no play2 sampe udah lupa kl ngorder. tp ini asiknya itu belalai item bisa dibelok2in krn flexible.
hore jd ada proper tools utk bersihin kupu2 yg stuck di kisi2 radiator. kl abis ngetol pasti bnyk roadkill kupu2. kl kupu2 malam sih ga apa2 deh hinggap terus .... ehh![]()
S yg ini maksudnya? serpis duapuluhempat jam mbah .... by american standard mechanicmarmut wrote: Fri Apr 09, 2021 12:25
pamer ya pamer, tapi fokus ke yang dipamerin dong.... jangan ke huruf S mengkilat di blakang ono....
![]()
betullW42d wrote: Fri Apr 09, 2021 6:16Ini krisbow yg biasa di ace om?
Nah, kebanyakan pada bgini om montir2, akhirnya skrg saya ke bengkel yg punya lift aja, jdnya mbl selalu naik ke lift. Hehe. Waduh, galak bener om, jadi serem saya![]()
Tapi kalo smpe coak body sih bikin kesel mmg om.
say no more
sebelum nyuruh si kenek cungkring ditorsi dulu dong pake manoskop 730 sampai 100Nm. andai kata nanti si kenek cungkring undertorque nariknya mbah udah tau ngga kurang dr cepek Nm.