Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
mbah, ngomingin valve timing ini kan kl di YT banyak bgt mobil eropa yg aktuator vvt/cam phaser nya pada rusak tuh dan sering juga bikin catastrophic damage. bahkan audi vw jg ditambah lagi masalah timing chain nya stretched. kl gitu berarti komponen2 itu harusnya preventive maintenance dong ya tiap brp puluh/ratus ribu sebelum bikin catastrophic damage.
DOHC wrote: Wed Apr 07, 2021 8:06
Lah itu soalnya si mbah masas ngasi pertanyaan teknis yurop gt
Nubie mana brani gamblang tulis terang2an, d ktawain maling2 spion motor starter delko se asemregez ntar kl ampe salah
Makanya via pm biar aman kl salah
sans lhaa.....
manusia itu tempatnya salah.
saya aja yang nggak punya pengalaman gini suka salah.
masih inget desember kemarin turun mesin k3ve? kalo idle kaya cam durasi tinggi, tapi giliran dibejek enak banget. ternyata salah timing mark.
ahirnya hari minggu kemaren recall.
Nah masalah nya knapa cuman d mobil2 tertentu mbah
Inofa ama kemri jg ber rante keteng, yg makennya jg jorok2 kl, apalagi inofa rental atau yg pelat merah, make nya ud ga beda ama supir2 mikrolet.. tp koq kuat2 aj mbah
Sdgkan kl di enjin2 VAG, apalagi yg gen2 awal TSI kl ntn d yutub nya suhu vag koq baru 100an rebu aj ud pd prematur rusak
DOHC wrote: Wed Apr 07, 2021 8:06
Lah itu soalnya si mbah masas ngasi pertanyaan teknis yurop gt
Nubie mana brani gamblang tulis terang2an, d ktawain maling2 spion motor starter delko se asemregez ntar kl ampe salah
Makanya via pm biar aman kl salah
sans lhaa.....
manusia itu tempatnya salah.
saya aja yang nggak punya pengalaman gini suka salah.
masih inget desember kemarin turun mesin k3ve? kalo idle kaya cam durasi tinggi, tapi giliran dibejek enak banget. ternyata salah timing mark.
ahirnya hari minggu kemaren recall.
DOHC wrote: Wed Apr 07, 2021 8:16
Nah masalah nya knapa cuman d mobil2 tertentu mbah
Inofa ama kemri jg ber rante keteng, yg makennya jg jorok2 kl, apalagi inofa rental atau yg pelat merah, make nya ud ga beda ama supir2 mikrolet.. tp koq kuat2 aj mbah
Sdgkan kl di enjin2 VAG, apalagi yg gen2 awal TSI kl ntn d yutub nya suhu vag koq baru 100an rebu aj ud pd prematur rusak
toyota? ga usah ditanya.
toyota diisi oktan 88, radiator diisi air sawah, sebulan sekali kaca depan dilap, oli diganti kalo inget, itu sudah hidup mewah.
ada apa ini pm segala.... pake rahasia2an.
mau dikunciin sekamar bareng igun?
Lah itu soalnya si mbah masas ngasi pertanyaan teknis yurop gt
Nubie mana brani gamblang tulis terang2an, d ktawain maling2 spion motor starter delko se asemregez ntar kl ampe salah
Makanya via pm biar aman kl salah
ahh penjelasannya bener2 teknis udah kaya jebolan perguruan mekanik otomotif eropa dah. suka merendah aja kenek delko asemreges mah ..... padahal menguasai materi teori dan praktek. termasuk hard skill kabur dr kejaran tekap lewat gang sempit.
ada apa ini pm segala.... pake rahasia2an.
mau dikunciin sekamar bareng igun?
Lah itu soalnya si mbah masas ngasi pertanyaan teknis yurop gt
Nubie mana brani gamblang tulis terang2an, d ktawain maling2 spion motor starter delko se asemregez ntar kl ampe salah
Makanya via pm biar aman kl salah
ahh penjelasannya bener2 teknis udah kaya jebolan perguruan mekanik otomotif eropa dah. suka merendah aja kenek delko asemreges mah ..... padahal menguasai materi teori dan praktek. termasuk hard skill kabur dr kejaran tekap lewat gang sempit.
Jgn lupa teknik cebur ke kali di bonjer 3, deket pertigaan toko nya si ayung
Itu perlu latihan keras yg ditempa bertaon2 loh mbah, nyebur sambil dikejar2 sambil gotong barang curian
nah kl di L15z itu kan i-vtec nih, jadi selain ada aktuator vtec yg pin utk on/off multi valve nya juga harusnya ada bagian vvt nya utk ubah2 derajatnya kan mbah. waktu dulu nyetel klep emang ada ya mbah dkt sprocket cam benda vvt aktuator itu di l15z?
sesuai janji tadi siang mbah
20191225_111804.jpg
yg saya buletin merah, kayanya seinget saya aktuator nya dsitu.. kl di sisi gear nya polosan banget
beda ama vvti actuator nya toyota, justru malah di gear nya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
yg saya buletin merah, kayanya seinget saya aktuator nya dsitu.. kl di sisi gear nya polosan banget
beda ama vvti actuator nya toyota, justru malah di gear nya
tq mbah
kl diliat ga ada fungsi cam phasernya, gimana mungkin kl ga nempel ke sprocket. jadi itu vtec nya hanya ngatur lift aja dgn ada 2 cam lobe profiles. possibly ngatur duration too kl duration juga dibedain antar 2 lobes nya. tp tdk mengatur cam phase (valve timing).
well .... the good side is no need to worry about vvt actuator failure
tp tetep ada vtec actuator, itu yg mbah merahin.
edit: timingnya berubah ding, ngikut si lobe yg keduanya juga. kepanjangannya vtec aja variable valve timing n lift electronic control. tp ga continously variable spt vvt pada umumnya. ini kaya cuma timing mode 1 or timing mode 2 (pas vtec kick in yoo)
Last edited by Omnibus on Wed Apr 07, 2021 13:22, edited 1 time in total.
yg saya buletin merah, kayanya seinget saya aktuator nya dsitu.. kl di sisi gear nya polosan banget
beda ama vvti actuator nya toyota, justru malah di gear nya
tq mbah
kl diliat ga ada fungsi cam phasernya, gimana mungkin kl ga nempel ke sprocket. jadi itu vtec nya hanya ngatur lift aja dgn ada 2 cam lobe profiles. possibly ngatur duration too kl duration juga dibedain antar 2 lobes nya. tp tdk mengatur cam phase (valve timing).
well .... the good side is no need to worry about vvt actuator failure
tp tetep ada vtec actuator, itu yg mbah merahin.
btw
kl saya ga salah inget yah mbah, waktu duluuu masi labil punya civic ferio
perna saya liat jg mirip2 gt mbah, di sproket nya ga ad aktuator vtec nya, apalagi jaman itu masi pake nya timing belt
rada beda ama enjin mitsu 4G64 mivec, biarpun timing belt, tp di sproket nya ad pentup yg mendem gt, curiga saya itu dalem nya ad aktuator mivec nya
kl diliat ga ada fungsi cam phasernya, gimana mungkin kl ga nempel ke sprocket. jadi itu vtec nya hanya ngatur lift aja dgn ada 2 cam lobe profiles. possibly ngatur duration too kl duration juga dibedain antar 2 lobes nya. tp tdk mengatur cam phase (valve timing).
well .... the good side is no need to worry about vvt actuator failure
tp tetep ada vtec actuator, itu yg mbah merahin.
edit: timingnya berubah ding, ngikut si lobe yg keduanya juga. kepanjangannya vtec aja variable valve timing n lift electronic control. tp ga continously variable spt vvt pada umumnya. ini kaya cuma timing mode 1 or timing mode 2 (pas vtec kick in yoo)
maaf saya lagi lemot plus mata kelilipan nih suhu....
yang saya ngerti, honda hanya variabel valve lift. timing-nya tetap.
kalo toyota, variabel valve timing. lift-nya tetap.
bener nggak?
kl diliat ga ada fungsi cam phasernya, gimana mungkin kl ga nempel ke sprocket. jadi itu vtec nya hanya ngatur lift aja dgn ada 2 cam lobe profiles. possibly ngatur duration too kl duration juga dibedain antar 2 lobes nya. tp tdk mengatur cam phase (valve timing).
well .... the good side is no need to worry about vvt actuator failure
tp tetep ada vtec actuator, itu yg mbah merahin.
edit: timingnya berubah ding, ngikut si lobe yg keduanya juga. kepanjangannya vtec aja variable valve timing n lift electronic control. tp ga continously variable spt vvt pada umumnya. ini kaya cuma timing mode 1 or timing mode 2 (pas vtec kick in yoo)
maaf saya lagi lemot plus mata kelilipan nih suhu....
yang saya ngerti, honda hanya variabel valve lift. timing-nya tetap.
kalo toyota, variabel valve timing. lift-nya tetap.
bener nggak?
pake manggil suhu, mana ada suhu ngedit begitu mbah
koreksi, halah jd ala pak gentong, ..... jadi si lobe yg ke 2 yg on ketika vtec kick in, itu kan bisa posisinya berubah thd lobe ke 1 sehingga early valve opening jadinya. artinya valve timing berubah kan. kecuali lobe ke 2 itu sudut open dan close nya sama dgn lobe 1 cuma beda tinggi tonjolan aja baru itu cuma ngaruh ke lift.
sy ga tau krn ga lihat cam nya spt apa lobe profilenya antara lobe 1 vs lobe 2 nya.
skrg vvti ada yg ngatur lift juga. sila mbah gugel VVTL-i
contohnya di mesin 2ZZ nya celica
customer service dhl juga bagus bgt. hari ini dhl kirim email ngabarin kalau ratchet ane udah ketemu. ga dijelasin sih ketemunya dimana. bersyukur skrg sdh ada titik terang.
meskipun, barangnya digletakin tanpa kemasan begitu , semoga ga rusak.
pic 2.JPG
pic 1.JPG
to mbah @marmut: trus amazon kl kirim lagi penggantinya berarti ..........
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Omnibus wrote: Thu Apr 08, 2021 9:05
sharing update
customer service dhl juga bagus bgt. hari ini dhl kirim email ngabarin kalau ratchet ane udah ketemu. ga dijelasin sih ketemunya dimana. bersyukur skrg sdh ada titik terang.
meskipun, barangnya digletakin tanpa kemasan begitu , semoga ga rusak.
pic 2.JPG
pic 1.JPG
to mbah @marmut: trus amazon kl kirim lagi penggantinya berarti ..........
Omnibus wrote: Thu Apr 08, 2021 9:05
sharing update
customer service dhl juga bagus bgt. hari ini dhl kirim email ngabarin kalau ratchet ane udah ketemu. ga dijelasin sih ketemunya dimana. bersyukur skrg sdh ada titik terang.
meskipun, barangnya digletakin tanpa kemasan begitu , semoga ga rusak.
pic 2.JPG
pic 1.JPG
to mbah @marmut: trus amazon kl kirim lagi penggantinya berarti ..........
Nitip sendal pertama lah ane
Nitip sendal kedua juga
Eh tapi kalo sendal dititipin, saya pulang pake apa dong?