MAZDA CX-3 1500 CC!
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 73
- Joined: Sun Aug 27, 2017 9:46
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
Kaya kijang mungkin ? disini ga dijual 2.7 tapi ekspor 2.7.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 882
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
Ah, kayanya gak mesti deh oom. Tampaknya dah biasa suatu boil diassembly di suatu negara untuk pasar ekspor dengan opsi mesin yang di negara itu sendiri gak dijual. Contoh paling gampang sih yg saat ini dijual di Indo ada Sonet. Di negara asalnya mana ada itu enjin 1.5 smartstreamnya, itu enjin cuma buat pasar ekspor macam ke indo afsel dll aja.Poporing wrote: Tue Mar 30, 2021 6:49iya om...sh00t wrote: Tue Mar 30, 2021 6:23Website Mazda Singapore sudah ada om.Poporing wrote: Tue Mar 30, 2021 6:06
tadinya saya pikir jg cbu thai.... ngliat harganya yg sama kyk hrv e SE.
tp liat di website mazda thai, blm ada cx3 1.5...
liat di website mazda MY, jg blm ada cx3 1.5...
di berita2, jg pada bilang impor utuh dari jepang.. walau memang bukan kutipan langsung dari org EMI
------------
sumbernya darimana om?
https://www.mazda.com.sg/car/mazda-cx-3/
di Japan punya juga sudah ada.
https://www.mazda.co.jp/cars/cx-3/grade/
maksud saya, kalo assembly plant nya di salah satu negara ASEAN, most likely di negara tersebut ada produknya.
setau saya, di ASEAN ada viet, thai ama MY (di viet ga ada cx3, jd saya ga mention)
tapi kok di website yg ada plant perakitannya ga ada cx3 1.5......................................
dan kalo misalnya cbu JPN, harganya ga mgkn serendah itu...
Lagipula yg make ini enjin 1.5 jg ada saudara sebasisnya Mzd 2 yg juga made in teylen. So, menurut ane kalo CX-3 1.5 ini rakitan teylen pun mungkin2 aja.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 435
- Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
hackers11 wrote: Tue Mar 30, 2021 7:54 Yg udah beli apa udah dikasi nomor rangka ga om.
Kalo iya mungkin bisa dishare 2 digit terdepan nomor rangkanya.
Setuju, penasaran 339 itu impor dr mana. Kalo made in japan murah juga sih.
Poporing wrote: Tue Mar 30, 2021 7:05itu artikel taun kapan om reference-nya? 2015?sh00t wrote: Tue Mar 30, 2021 6:53
Kalau dilihat di wikipedia sih dia assemblynya cuma japan dan thailand aja om untuk CX-3.
cx3 1.5 baru dproduksi di jpn AFAIK
------------------------------------------------------------------
ah udah ah.. jd rame di thread orang.. maap om TS
nunggu kabar dari orang mazda aja....
Poporing wrote: Tue Mar 30, 2021 6:49iya om...sh00t wrote: Tue Mar 30, 2021 6:23Website Mazda Singapore sudah ada om.Poporing wrote: Tue Mar 30, 2021 6:06
tadinya saya pikir jg cbu thai.... ngliat harganya yg sama kyk hrv e SE.
tp liat di website mazda thai, blm ada cx3 1.5...
liat di website mazda MY, jg blm ada cx3 1.5...
di berita2, jg pada bilang impor utuh dari jepang.. walau memang bukan kutipan langsung dari org EMI
------------
sumbernya darimana om?
https://www.mazda.com.sg/car/mazda-cx-3/
di Japan punya juga sudah ada.
https://www.mazda.co.jp/cars/cx-3/grade/
maksud saya, kalo assembly plant nya di salah satu negara ASEAN, most likely di negara tersebut ada produknya.
setau saya, di ASEAN ada viet, thai ama MY (di viet ga ada cx3, jd saya ga mention)
tapi kok di website yg ada plant perakitannya ga ada cx3 1.5......................................
dan kalo misalnya cbu JPN, harganya ga mgkn serendah itu...
Untuk menjawab rasa penasaran om-om semua..rakyatwkwkland wrote: Tue Mar 30, 2021 5:52
CX-3 CBU teylen oom, bukan japan lagi. Mzd yg msh japan cuma 3, 6, CX-30, dan CX-9 doang setau ane.

Yap, sepertinya memang diimpor dari Jepang. Bisa jadi harga murahnya disubsidi dengan seri 2.0 Pro yang mahal banget sekarang. Itu saya ambil dari video review Carmudi di YouTube. Nah untuk unit yang dideliver ke customer, saya belum tahu apakah semuanya dari Jepang. Yang jelas, kalau CBU Jepang ga perlu ragu lagi sama BQ nya

Di Semarang OTR nya 359,8 om. Special price 349,8. Selisih 10 juta dengan OTR Jakarta (normal), tapi harga Jakarta 339 pun untuk warna selain warna2 siganture Mazda. Jadi saya kena di 353,8 karena ada tambahan 4 juta.smgandi wrote: Mon Mar 29, 2021 16:27 Ambilnya di dealer Mazda Siliwangi? Price list harganya tetap rp 339,9 jt atau lebih tinggi?
Bener om, dan hanya masuk Indonesia ga sampai 1 tahun untuk tipe Manual. Selama ini rack steer hoki kayaknya nggak pernah bermasalah, cuma cooling system emang jadi PR banget buat diteliti setiap mau jalan jauh. Selama 9 tahun pemakaian pun, transmisi manualnya tidak pernah ada keluhan bahkan masih smooth banget. Enaknya karena bisa atur tenaga dan torsinya sesuai keinginan kita kalau manual. Ngoper gigi ga ada suaranya sampai kalau ada yg numpang nggak sadar kalau mobilnya manual12punch wrote: Tue Mar 30, 2021 6:53 yes om Fiesta 1.6S Manual itu ga ada iklannya malahan
dimasukinnya jg akhir2 sebelum facelift ke 1.5 kan ya ?
refined fiesta setuju dibanding jazz yaris
manual harusnya perawatan mudah dan awet , hanya cooling system aja yg harus diperhatikan dan rack steerr.. tp kayanya batch trakhir2 rackstreet udh aman deh..
bebas dari lever DCT dan TCM rusak
setuju pilihan tepat om kalo naeknya ke Mazda, kalo ke yg standard lainnya mah kaya hampa ya rasanya wkwkwk


MT ini badak banget om selama rajin dan teliti ngerawatnya. Ganti oli memang udah ga bisa 10.000km lagi karena udah cukup tua, saya sih selalu pakai Shell HX8 5W-30 itupun 7000km udah saya ganti lagi. Kelemahannya emang cuma di cooling system. Akhir tahun kemarin sempat housing ECT a.k.a thermostat nya bocor, reservoir coolant sampai habis isinya. Untung saya sadar pas ngeluarin mobil dari garasi. Udah gitu bocornya masuk ke ruang mesin, seal oli nya juga udah ada yang bocor (ini wajar sih usia). Alhasil busi sampai terendam coolant dan ganti busi 4-4nya. Bongkar besar untung pakai mekanik ex-Ford Semarang yang saya bajak datang ke rumah, emang udah dari awal pegang mobil saya sih, cuma dikenakan biaya jasa ga nyampe 500 ribu. Mobil2 macem Ford dan Mazda gini juga rentan di elektrikal. Februari kemarin sebelum dijual sempat audio tiba2 mati lalu bunyi lagi, power window dinaikin mental turun sendiri ke bawah, terakhir pas mau parkir mundur agak nanjak di garasi, keluar engine malfunction dan gas-nya naik turun sendiri padahal kaki udah di pedal rem. Matiin-nyalain lagi ilang errornya, cek tegangan aki masih bagus, tapi pas saya coba ganti aki baru, penyakitnya ilang semuarakyatwkwkland wrote: Tue Mar 30, 2021 5:54
Wah, ane tertarik dengerin cerita FF 1.6 S Manualnya nih oom. Kalo yang AT kan konon banyak nyusahinnya sebab sumber masalah terbesar salah satunya dari tranny DCT nya. Nah kalo mt ini apakah jauh lebih badak oom? Ada kerusakan2 major yang bikin entah mobil mogok atau perbaikannya sampe bener2 menguras kantong kah oom selama pakai? Apalagi punya oom dah jalan sampe 136k km![]()


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 643
- Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
- Location: Jkt
- Daily Vehicle: honda
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
mantab.... di jpn aja udah 240jutaan yg paling murah...marvelio wrote: Tue Mar 30, 2021 9:21 Untuk menjawab rasa penasaran om-om semua..
Yap, sepertinya memang diimpor dari Jepang. Bisa jadi harga murahnya disubsidi dengan seri 2.0 Pro yang mahal banget sekarang. Itu saya ambil dari video review Carmudi di YouTube. Nah untuk unit yang dideliver ke customer, saya belum tahu apakah semuanya dari Jepang. Yang jelas, kalau CBU Jepang ga perlu ragu lagi sama BQ nyatiada lawan. Siang tadi saya ke dealer dan dijanjikan unit datang paling cepat di minggu ini, nanti coba saya lihat ya om CBU dari mana hehehe
nyampe sini jadi 354an....
tambah ngiler dah yg mo beli
keren nih kalo nanti ga dipindah perakitannya dari jpn ke ASEAN.. entah MY atau thai.. kyk cx5...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
Kemarin waktu testdrive CX-3 1.5L ini, saya tanya ke salesnya. Bilangnya seh mereka ambil unit CBU dari Jepang.rakyatwkwkland wrote: Tue Mar 30, 2021 5:52CX-3 CBU teylen oom, bukan japan lagi. Mzd yg msh japan cuma 3, 6, CX-30, dan CX-9 doang setau ane.yaseinotulip wrote: Mon Mar 29, 2021 13:46 Harga sama fitur nya menarik bgt nih..
Apalagi masih CBU Japan..
HRV 1.5SE jd berasa kemahalan.. dari semua sisi kecuali space![]()
Btw baru launching pasti ga ada diskon ya ini?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
CX3 ya dr awal launch saya liat CBU jepang terus om. Kl M2 sky 2014 batch awal CBU jepang, 2015 seterusnya sampe skrg CBU thai. Penasaran sama cx5 2021 itu masih malay apa balik CBU jepang lagi.Pugman wrote: Tue Mar 30, 2021 13:21Kemarin waktu testdrive CX-3 1.5L ini, saya tanya ke salesnya. Bilangnya seh mereka ambil unit CBU dari Jepang.rakyatwkwkland wrote: Tue Mar 30, 2021 5:52CX-3 CBU teylen oom, bukan japan lagi. Mzd yg msh japan cuma 3, 6, CX-30, dan CX-9 doang setau ane.yaseinotulip wrote: Mon Mar 29, 2021 13:46 Harga sama fitur nya menarik bgt nih..
Apalagi masih CBU Japan..
HRV 1.5SE jd berasa kemahalan.. dari semua sisi kecuali space![]()
Btw baru launching pasti ga ada diskon ya ini?
Yg lucu itu M2 lama DE, sempet muncul varian limited ama SportS warna coklat ama biru, itu justru CBU jepang. Yg edisi biasa, RZ sama last edt 2014 yg lampu LED justru thailand
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Mon Jun 16, 2014 16:13
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
gatel mau ikut comment juga deh
dr awal cx3 kluar udah mupeng bgt.. cuman dulu pas kluar kan mhal tuh mepet 400 jt.. jd diurungkan niatnya dulu
kmrn ni tempo hr lagi cari mobil...uda sempet td cx3 2.0 pro 399 jt diskon jd 370 jt.. cuman warnanya sisa putih sama item.. maunya merah..
saingannya cuma ada hrv.. tp malesin bgt ambil hrv.. aplg dengan liat keluhan2nya di thread online..
next next jd ya ambil ertiga sport.. mblnya jg baru kluar plat nomornya
eh trus kmrn kluar cx3 1.5...
jujur mau bgt ambil yg polymetal greynya
cuma di rumah uda ada 3 mobil.. hahahahaha
bagaimana ini..
mau dipendam gimanapun slalu mupeng liat mobil ini di jln
ditambah ada warna polymetalnya itu
memang klo uda nyetir mazda .. nyetir mobil lain jadi b aja
dr awal cx3 kluar udah mupeng bgt.. cuman dulu pas kluar kan mhal tuh mepet 400 jt.. jd diurungkan niatnya dulu
kmrn ni tempo hr lagi cari mobil...uda sempet td cx3 2.0 pro 399 jt diskon jd 370 jt.. cuman warnanya sisa putih sama item.. maunya merah..
saingannya cuma ada hrv.. tp malesin bgt ambil hrv.. aplg dengan liat keluhan2nya di thread online..
next next jd ya ambil ertiga sport.. mblnya jg baru kluar plat nomornya
eh trus kmrn kluar cx3 1.5...
jujur mau bgt ambil yg polymetal greynya
cuma di rumah uda ada 3 mobil.. hahahahaha
bagaimana ini..
mau dipendam gimanapun slalu mupeng liat mobil ini di jln
ditambah ada warna polymetalnya itu
memang klo uda nyetir mazda .. nyetir mobil lain jadi b aja
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 260
- Joined: Mon Dec 04, 2017 13:57
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
Kayaknya pernah liat ada yang promo kalo cx5 baru sekarang cbu jepang deh CMIWerwinign wrote: Tue Mar 30, 2021 13:29CX3 ya dr awal launch saya liat CBU jepang terus om. Kl M2 sky 2014 batch awal CBU jepang, 2015 seterusnya sampe skrg CBU thai. Penasaran sama cx5 2021 itu masih malay apa balik CBU jepang lagi.Pugman wrote: Tue Mar 30, 2021 13:21Kemarin waktu testdrive CX-3 1.5L ini, saya tanya ke salesnya. Bilangnya seh mereka ambil unit CBU dari Jepang.rakyatwkwkland wrote: Tue Mar 30, 2021 5:52
CX-3 CBU teylen oom, bukan japan lagi. Mzd yg msh japan cuma 3, 6, CX-30, dan CX-9 doang setau ane.
Yg lucu itu M2 lama DE, sempet muncul varian limited ama SportS warna coklat ama biru, itu justru CBU jepang. Yg edisi biasa, RZ sama last edt 2014 yg lampu LED justru thailand
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 50
- Joined: Mon Jun 04, 2018 8:13
- Location: Medan
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
Sama kayak Baleno hatchback juga. Di India mana ada opsi mesin 1.4 yang ada cuma 1.2. Yang di Indonesia pake mesin 1.4.rakyatwkwkland wrote: Tue Mar 30, 2021 9:17Ah, kayanya gak mesti deh oom. Tampaknya dah biasa suatu boil diassembly di suatu negara untuk pasar ekspor dengan opsi mesin yang di negara itu sendiri gak dijual. Contoh paling gampang sih yg saat ini dijual di Indo ada Sonet. Di negara asalnya mana ada itu enjin 1.5 smartstreamnya, itu enjin cuma buat pasar ekspor macam ke indo afsel dll aja.Poporing wrote: Tue Mar 30, 2021 6:49iya om...sh00t wrote: Tue Mar 30, 2021 6:23
Website Mazda Singapore sudah ada om.
https://www.mazda.com.sg/car/mazda-cx-3/
di Japan punya juga sudah ada.
https://www.mazda.co.jp/cars/cx-3/grade/
maksud saya, kalo assembly plant nya di salah satu negara ASEAN, most likely di negara tersebut ada produknya.
setau saya, di ASEAN ada viet, thai ama MY (di viet ga ada cx3, jd saya ga mention)
tapi kok di website yg ada plant perakitannya ga ada cx3 1.5......................................
dan kalo misalnya cbu JPN, harganya ga mgkn serendah itu...
Lagipula yg make ini enjin 1.5 jg ada saudara sebasisnya Mzd 2 yg juga made in teylen. So, menurut ane kalo CX-3 1.5 ini rakitan teylen pun mungkin2 aja.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4903
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
Emg CBU jepang om kalo yg baru sekarang, dan udh dari 2020 lalu pas improvement speedo dan kamera 360 itu CX5 jadi CBU jepang lagi. Secara dulu AN CX5 yg CBU jepang itu dari tahun 2017 akhir - 2018 pertengahan aja kalo gasalah, abis itu yg 2018 akhir - 2019 itu jadi CBU malaysia (kaya punya saya, elite 2018 pmk jan 2019) dari aktenya CBU malay, bukan jepang. Cuma mau CBU malay mau CBU jepang sama aja lah qualitynya, sama2 bagus menurut saya, sekarang udh mau 3 tahun dan odo hampir 40rban gaada masalah yg aneh2, cuma servis rutin dan ganti oli doang, interior jg masih solid dan no rattle untill nowMkresnap wrote: Tue Mar 30, 2021 22:28Kayaknya pernah liat ada yang promo kalo cx5 baru sekarang cbu jepang deh CMIWerwinign wrote: Tue Mar 30, 2021 13:29CX3 ya dr awal launch saya liat CBU jepang terus om. Kl M2 sky 2014 batch awal CBU jepang, 2015 seterusnya sampe skrg CBU thai. Penasaran sama cx5 2021 itu masih malay apa balik CBU jepang lagi.Pugman wrote: Tue Mar 30, 2021 13:21
Kemarin waktu testdrive CX-3 1.5L ini, saya tanya ke salesnya. Bilangnya seh mereka ambil unit CBU dari Jepang.
Yg lucu itu M2 lama DE, sempet muncul varian limited ama SportS warna coklat ama biru, itu justru CBU jepang. Yg edisi biasa, RZ sama last edt 2014 yg lampu LED justru thailand
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Tue May 21, 2019 16:24
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
Saya bulan kemaren sebelum SPK M2 GT juga sempet diinfo sales terkait kemunculan CX3 1500..
Waktu itu juga diinfo untuk harga 359,8 maks diskon 3jt. Tapi setelah saya pikir2, selisih dengan harga deal M2 GT NIK 2020 lumayan juga. Deal M2 nya di harga 270..
Oiya waktu itu juga sempet test drive CX3, tapi yg 2000cc. Untuk tenaga sih memang kerasa lebih nendang dibanding M2, tapi entah cuma feeling atau gak, road noise kok kayanya lebih kedengeran ya di CX3 ini. Perbandingannya dengan M2 yg pake ban Hankook Prime 3. Untuk bantingan juga berasa lebih keras sedikit dibanding M2..
Tapi memang untuk pasar Indonesia, kayaknya masih sulit untuk ngejar HRV. Orang2 kebanyakan masih lebih milih mobil dengan kabin yg lega, suspensi cenderung ke arah soft, dijual lagi gampang wkwkwk
Kalo saya sebagai user Mazda sih malah seneng kalo Mazda ga selaris merk lain, biar ga jadi pasaran haha
Waktu itu juga diinfo untuk harga 359,8 maks diskon 3jt. Tapi setelah saya pikir2, selisih dengan harga deal M2 GT NIK 2020 lumayan juga. Deal M2 nya di harga 270..
Oiya waktu itu juga sempet test drive CX3, tapi yg 2000cc. Untuk tenaga sih memang kerasa lebih nendang dibanding M2, tapi entah cuma feeling atau gak, road noise kok kayanya lebih kedengeran ya di CX3 ini. Perbandingannya dengan M2 yg pake ban Hankook Prime 3. Untuk bantingan juga berasa lebih keras sedikit dibanding M2..
Tapi memang untuk pasar Indonesia, kayaknya masih sulit untuk ngejar HRV. Orang2 kebanyakan masih lebih milih mobil dengan kabin yg lega, suspensi cenderung ke arah soft, dijual lagi gampang wkwkwk
Kalo saya sebagai user Mazda sih malah seneng kalo Mazda ga selaris merk lain, biar ga jadi pasaran haha
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
menurut saya Mazda itu selaku merk mobil yang bukan mainstream, termasuk yang nahan RVnya, lho..Gangenlyt69 wrote: Mon Apr 05, 2021 8:13 Saya bulan kemaren sebelum SPK M2 GT juga sempet diinfo sales terkait kemunculan CX3 1500..
Waktu itu juga diinfo untuk harga 359,8 maks diskon 3jt. Tapi setelah saya pikir2, selisih dengan harga deal M2 GT NIK 2020 lumayan juga. Deal M2 nya di harga 270..
Oiya waktu itu juga sempet test drive CX3, tapi yg 2000cc. Untuk tenaga sih memang kerasa lebih nendang dibanding M2, tapi entah cuma feeling atau gak, road noise kok kayanya lebih kedengeran ya di CX3 ini. Perbandingannya dengan M2 yg pake ban Hankook Prime 3. Untuk bantingan juga berasa lebih keras sedikit dibanding M2..
Tapi memang untuk pasar Indonesia, kayaknya masih sulit untuk ngejar HRV. Orang2 kebanyakan masih lebih milih mobil dengan kabin yg lega, suspensi cenderung ke arah soft, dijual lagi gampang wkwkwk
Kalo saya sebagai user Mazda sih malah seneng kalo Mazda ga selaris merk lain, biar ga jadi pasaran haha
lihat CX5, Mazda 6, M2, CX3, dll
Tapi memang dia pemain ceruk pasar (niche) , jadi gak bakal jd volume maker.
kalau mau jd volume maker maka harus menegadopsi pola pikir kebanyakan manusia,,,tp nanti jadi gak jelas positioningnya…
menurut saya , Mazda CX3 punya varian 1.5 itu udah semacam kompromi idealism dari Mazda, karena kalau kata Audi reviewer, kenapa dikasih mesin 2.0 adalah supaya terasa "jinba itai"..
berarti sekarang mereka mulai sadar bahwa hidup juga harus realistis…
orang Indo masih merasa saying bayar mahal utk sebuah CX3 seharga 470 jt..
makanya mesinnya dikurangi kapasitas... yg penting tongkrongannya masih keren dan murah..
kalau mau laku lebih banyak coba bikin harga d 320 jt, rasanya yg mau beli mobil 300 jt juga rela ngutang sama mertua 20 juta buat nambahi budget....



-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3030
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
Mari kita buat SM kembali ke masa ke-emasannya dulu om ginting.ginting wrote: Mon Apr 05, 2021 8:39 menurut saya Mazda itu selaku merk mobil yang bukan mainstream, termasuk yang nahan RVnya, lho..
lihat CX5, Mazda 6, M2, CX3, dll
Tapi memang dia pemain ceruk pasar (niche) , jadi gak bakal jd volume maker.
kalau mau jd volume maker maka harus menegadopsi pola pikir kebanyakan manusia,,,tp nanti jadi gak jelas positioningnya…
menurut saya , Mazda CX3 punya varian 1.5 itu udah semacam kompromi idealism dari Mazda, karena kalau kata Audi reviewer, kenapa dikasih mesin 2.0 adalah supaya terasa "jinba itai"..
berarti sekarang mereka mulai sadar bahwa hidup juga harus realistis…
orang Indo masih merasa saying bayar mahal utk sebuah CX3 seharga 470 jt..
makanya mesinnya dikurangi kapasitas... yg penting tongkrongannya masih keren dan murah..
kalau mau laku lebih banyak coba bikin harga d 320 jt, rasanya yg mau beli mobil 300 jt juga rela ngutang sama mertua 20 juta buat nambahi budget....![]()
![]()
![]()
Inget kan dengan istilah SM = Seraya Mazda. Dipopulerkan oleh maha mod kita si madcat

Klo ane sih seneng bener liat position pricing si CX-3 1.5L ini. Ditambah bonus CBU japan. Bener2 good job dari eurocars.
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 435
- Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
Setuju om, saya juga sudah sempat test drive setelah launching yang 1.5L ini. Test drive pertama di Jawa Tengah waktu itu, mobil juga baru jalan 8 kmGangenlyt69 wrote: Mon Apr 05, 2021 8:13 Saya bulan kemaren sebelum SPK M2 GT juga sempet diinfo sales terkait kemunculan CX3 1500..
Waktu itu juga diinfo untuk harga 359,8 maks diskon 3jt. Tapi setelah saya pikir2, selisih dengan harga deal M2 GT NIK 2020 lumayan juga. Deal M2 nya di harga 270..
Oiya waktu itu juga sempet test drive CX3, tapi yg 2000cc. Untuk tenaga sih memang kerasa lebih nendang dibanding M2, tapi entah cuma feeling atau gak, road noise kok kayanya lebih kedengeran ya di CX3 ini. Perbandingannya dengan M2 yg pake ban Hankook Prime 3. Untuk bantingan juga berasa lebih keras sedikit dibanding M2..
Tapi memang untuk pasar Indonesia, kayaknya masih sulit untuk ngejar HRV. Orang2 kebanyakan masih lebih milih mobil dengan kabin yg lega, suspensi cenderung ke arah soft, dijual lagi gampang wkwkwk
Kalo saya sebagai user Mazda sih malah seneng kalo Mazda ga selaris merk lain, biar ga jadi pasaran haha

Yg saya rasain, road noisenya lumayan kenceng dibanding mobil-mobil yg pernah saya punya. Tapi noise mesin & lingkungan sekitar emang minim banget. Agak di luar ekspektasi sih road noisenya. Dari yang saya baca, sepertinya faktor ban Toyo Proxes R52a nya yang bikin road noise terdengar cukup keras, meskipun masih tolerable sih kalo di kuping saya. Cuma ya test drive nya cuma sebentar. Jumat besok saya dijanjiin unit datang, mau coba rasain lagi apakah benar road noisenya emang berisik atau faktor jalanan yang saya lewati

Sama juga kayak om, pengennya Mazda CX-3 ini jangan selaris HR-V kalaupun memang bakalan laris. Biar kesan eksklusifnya tetap ada

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Tue May 21, 2019 16:24
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
Mungkin juga karena profil bannya yg tipis dan lebar om. Kalo dirasa ganggu sih tinggal ganti aja pake ban yg silent. Kalo kasus saya di M2 juga gitu, ban bawaan ganti pake yg silent, lumayan kerasa bedanya..marvelio wrote: Mon Apr 05, 2021 11:57Setuju om, saya juga sudah sempat test drive setelah launching yang 1.5L ini. Test drive pertama di Jawa Tengah waktu itu, mobil juga baru jalan 8 kmGangenlyt69 wrote: Mon Apr 05, 2021 8:13 Saya bulan kemaren sebelum SPK M2 GT juga sempet diinfo sales terkait kemunculan CX3 1500..
Waktu itu juga diinfo untuk harga 359,8 maks diskon 3jt. Tapi setelah saya pikir2, selisih dengan harga deal M2 GT NIK 2020 lumayan juga. Deal M2 nya di harga 270..
Oiya waktu itu juga sempet test drive CX3, tapi yg 2000cc. Untuk tenaga sih memang kerasa lebih nendang dibanding M2, tapi entah cuma feeling atau gak, road noise kok kayanya lebih kedengeran ya di CX3 ini. Perbandingannya dengan M2 yg pake ban Hankook Prime 3. Untuk bantingan juga berasa lebih keras sedikit dibanding M2..
Tapi memang untuk pasar Indonesia, kayaknya masih sulit untuk ngejar HRV. Orang2 kebanyakan masih lebih milih mobil dengan kabin yg lega, suspensi cenderung ke arah soft, dijual lagi gampang wkwkwk
Kalo saya sebagai user Mazda sih malah seneng kalo Mazda ga selaris merk lain, biar ga jadi pasaran haha![]()
Yg saya rasain, road noisenya lumayan kenceng dibanding mobil-mobil yg pernah saya punya. Tapi noise mesin & lingkungan sekitar emang minim banget. Agak di luar ekspektasi sih road noisenya. Dari yang saya baca, sepertinya faktor ban Toyo Proxes R52a nya yang bikin road noise terdengar cukup keras, meskipun masih tolerable sih kalo di kuping saya. Cuma ya test drive nya cuma sebentar. Jumat besok saya dijanjiin unit datang, mau coba rasain lagi apakah benar road noisenya emang berisik atau faktor jalanan yang saya lewatiMaklum kalo gini ketauannya pas abis SPK pasti ada denial-denialnya untuk nyenengin diri
Sama juga kayak om, pengennya Mazda CX-3 ini jangan selaris HR-V kalaupun memang bakalan laris. Biar kesan eksklusifnya tetap ada![]()
Sip om ditunggu nanti full reviewnya ya hehehe
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
Toyo proxes yg oem mazda kayanya cenderung berisik ya om. Plg mending saya coba di cx5 baru, itupun kemungkinan bsr memang di insulation bawahnya yg dibagusin.Gangenlyt69 wrote: Tue Apr 06, 2021 1:00Mungkin juga karena profil bannya yg tipis dan lebar om. Kalo dirasa ganggu sih tinggal ganti aja pake ban yg silent. Kalo kasus saya di M2 juga gitu, ban bawaan ganti pake yg silent, lumayan kerasa bedanya..marvelio wrote: Mon Apr 05, 2021 11:57Setuju om, saya juga sudah sempat test drive setelah launching yang 1.5L ini. Test drive pertama di Jawa Tengah waktu itu, mobil juga baru jalan 8 kmGangenlyt69 wrote: Mon Apr 05, 2021 8:13 Saya bulan kemaren sebelum SPK M2 GT juga sempet diinfo sales terkait kemunculan CX3 1500..
Waktu itu juga diinfo untuk harga 359,8 maks diskon 3jt. Tapi setelah saya pikir2, selisih dengan harga deal M2 GT NIK 2020 lumayan juga. Deal M2 nya di harga 270..
Oiya waktu itu juga sempet test drive CX3, tapi yg 2000cc. Untuk tenaga sih memang kerasa lebih nendang dibanding M2, tapi entah cuma feeling atau gak, road noise kok kayanya lebih kedengeran ya di CX3 ini. Perbandingannya dengan M2 yg pake ban Hankook Prime 3. Untuk bantingan juga berasa lebih keras sedikit dibanding M2..
Tapi memang untuk pasar Indonesia, kayaknya masih sulit untuk ngejar HRV. Orang2 kebanyakan masih lebih milih mobil dengan kabin yg lega, suspensi cenderung ke arah soft, dijual lagi gampang wkwkwk
Kalo saya sebagai user Mazda sih malah seneng kalo Mazda ga selaris merk lain, biar ga jadi pasaran haha![]()
Yg saya rasain, road noisenya lumayan kenceng dibanding mobil-mobil yg pernah saya punya. Tapi noise mesin & lingkungan sekitar emang minim banget. Agak di luar ekspektasi sih road noisenya. Dari yang saya baca, sepertinya faktor ban Toyo Proxes R52a nya yang bikin road noise terdengar cukup keras, meskipun masih tolerable sih kalo di kuping saya. Cuma ya test drive nya cuma sebentar. Jumat besok saya dijanjiin unit datang, mau coba rasain lagi apakah benar road noisenya emang berisik atau faktor jalanan yang saya lewatiMaklum kalo gini ketauannya pas abis SPK pasti ada denial-denialnya untuk nyenengin diri
Sama juga kayak om, pengennya Mazda CX-3 ini jangan selaris HR-V kalaupun memang bakalan laris. Biar kesan eksklusifnya tetap ada![]()
Sip om ditunggu nanti full reviewnya ya hehehe
Saya di mazda 2 lama bawaan dunlop profil 45 memang berisik sih, ahirnya ganti ke falken sincera profil 50 jd lumayan empuk dan silent.
Kl ban buat saya sih sbnrnya selama grip masih bagus nggak masalah, apalg size bannya cx3 dan mazda" lain yg aneh (cx3 215 50 r18) ngebuat males cari ganti merk ban apalg di daerah
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
Om, gimana impresinya CX3 1.5 setelah bbrp waktu pakai? Td saya di traffic light, belakang saya dah nongol aja CX3 1.5 polymetal di smg. Kerennnn polymetalnya ya om, di sore2 malah jadi agak gelap mirip machine grey 

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 435
- Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
Wah om, fix sih itu saya kemaren, karena di Semarang baru delivery 1 yaitu unit saya. 1 lagi adanya di Jeparaerwinign wrote: Tue Apr 13, 2021 10:06 Om, gimana impresinya CX3 1.5 setelah bbrp waktu pakai? Td saya di traffic light, belakang saya dah nongol aja CX3 1.5 polymetal di smg. Kerennnn polymetalnya ya om, di sore2 malah jadi agak gelap mirip machine grey![]()

1. Warnanya asli deh ga ada obat keren banget buat saya. Lihat di foto ga sekeren lihat langsung. Tone solid color-nya dapet, reflectionnya dapet. Selama muter-muter di Semarang 5 hari kemarin, pas parkir atau berhenti adaaa aja yang nunjuk-nunjuk & nengok

2. Unit yang saya dapet, road noisenya entah kenapa ga seberisik unit test drive yg saya coba beberapa waktu lalu. Tapi menurut saya tolerable banget in return of grip roda dan karakternya pas kena lubang atau polisi tidur. Pengendaliannya pun tajem banget, maklum om saya belum pernah nyetir Mazda sebelumnya. Overall puas dengan steering sharpness & sensitivitynya. Mungkin juga terbantu dengan G-Vectoring Control.
3. Mesin (yang saya khawatirkan underpower), ternyata sama sekali tidak underpower. Kalo kickdown tuh jambakannya gilaaa bikin ketawa puas


4. Pedal gas, saya belum terbiasa dengan model organ. So far saya masih sering keinjek terlalu dalem, akibatnya jambakannya yang kenceng itu tiba-tiba muncul pas niatnya nyetir kalem di kecepatan rendah. Tapi, karakter gas dan remnya saya suka. Saya pakai Altis 2015 juga, remnya sama sekali ga enak. Ibaratnya kalo diinjek "ga ngerem-ga ngerem-ga ngerem-eh tibatiba ngerem". Si CX-3 ini remnya empuk, cuma konsekuensinya harus injek agak dalem untuk pakem. Saya lebih cocok dgn karakter rem yang seperti itu, lebih smooth pengeremannya.
5. Suspensinya setelah pemakaian 5 hari ini saya rasa pas banget untuk mobil seukuran ini. Kalau orang-orang ngeluh keras, saya malah suka. Ngebayangin mobil ini suspensinya empuk dan mentul-mentul, udah illfeel duluan

Saya kasih beberapa penampakannya deh om





Saya juga sempat bikin footage pendek.. bisa dilihat di link ini karena saya ga bisa masukin video di forum hehe
https://streamable.com/zwtw5n
Cuma saya sempat ga nyaman dengan pelayanan salesnya aja. Tapi pada akhirnya dibantu oleh Supervisor & Managernya. Baru kali ini saya beli mobil karpetnya datang menyusul, segitiga pengaman & first aid kit ga ada di bagasi. Segitiga & First Aid Kit ini ga ada di checklist serah terima, tapi ya sekelas Mazda harusnya ada, untung saya ngecek. Akhirnya dikirim 2 hari setelahnya. Dan ada lagi beberapa bagian dari pelayanan yang saya sedikit tidak berkenan, tapi sptnya yg begitu hanya 1 sales itu aja. Saya kenal sales2 lain di Mazda sepertinya servicenya luar biasa baik.

Agak OOT dikit, saya pengen coating CX-3 ini biar awet, tapi bingung tempat di Semarang yang bagus & harganya masih reasonable. Adakah saran om?
Review detail dan komprehensif menyusul ya om, segera ketika saya sudah sempat deh

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
Nha dah tak tebak kan pasti pnynya om kemarenmarvelio wrote: Wed Apr 14, 2021 14:34Wah om, fix sih itu saya kemaren, karena di Semarang baru delivery 1 yaitu unit saya. 1 lagi adanya di Jeparaerwinign wrote: Tue Apr 13, 2021 10:06 Om, gimana impresinya CX3 1.5 setelah bbrp waktu pakai? Td saya di traffic light, belakang saya dah nongol aja CX3 1.5 polymetal di smg. Kerennnn polymetalnya ya om, di sore2 malah jadi agak gelap mirip machine grey![]()
Sorry om masih belum sempat bikin review lengkapnya. Tapi ini poin-poin yang saya rasain selama 5 hari pakai:
1. Warnanya asli deh ga ada obat keren banget buat saya. Lihat di foto ga sekeren lihat langsung. Tone solid color-nya dapet, reflectionnya dapet. Selama muter-muter di Semarang 5 hari kemarin, pas parkir atau berhenti adaaa aja yang nunjuk-nunjuk & nengokBikin pede karena emang ganteng banget ini mobil.
2. Unit yang saya dapet, road noisenya entah kenapa ga seberisik unit test drive yg saya coba beberapa waktu lalu. Tapi menurut saya tolerable banget in return of grip roda dan karakternya pas kena lubang atau polisi tidur. Pengendaliannya pun tajem banget, maklum om saya belum pernah nyetir Mazda sebelumnya. Overall puas dengan steering sharpness & sensitivitynya. Mungkin juga terbantu dengan G-Vectoring Control.
3. Mesin (yang saya khawatirkan underpower), ternyata sama sekali tidak underpower. Kalo kickdown tuh jambakannya gilaaa bikin ketawa puasNah herannya konsumsi BBM saya belum dapet irit-irit banget om. Saya 5 hari ini udah jalan 128 km rute kombinasi, cuma dapat 10 km/l. Mungkin memang masih awal mesin dan ECU beradaptasi
Yah irit sih cuma ga impresif aja kalau dapetnya baru segitu. Padahal kaki saya jarang bejek-bejek pedal gas.
4. Pedal gas, saya belum terbiasa dengan model organ. So far saya masih sering keinjek terlalu dalem, akibatnya jambakannya yang kenceng itu tiba-tiba muncul pas niatnya nyetir kalem di kecepatan rendah. Tapi, karakter gas dan remnya saya suka. Saya pakai Altis 2015 juga, remnya sama sekali ga enak. Ibaratnya kalo diinjek "ga ngerem-ga ngerem-ga ngerem-eh tibatiba ngerem". Si CX-3 ini remnya empuk, cuma konsekuensinya harus injek agak dalem untuk pakem. Saya lebih cocok dgn karakter rem yang seperti itu, lebih smooth pengeremannya.
5. Suspensinya setelah pemakaian 5 hari ini saya rasa pas banget untuk mobil seukuran ini. Kalau orang-orang ngeluh keras, saya malah suka. Ngebayangin mobil ini suspensinya empuk dan mentul-mentul, udah illfeel duluan![]()
Saya kasih beberapa penampakannya deh om![]()
Saya juga sempat bikin footage pendek.. bisa dilihat di link ini karena saya ga bisa masukin video di forum hehe
https://streamable.com/zwtw5n
Cuma saya sempat ga nyaman dengan pelayanan salesnya aja. Tapi pada akhirnya dibantu oleh Supervisor & Managernya. Baru kali ini saya beli mobil karpetnya datang menyusul, segitiga pengaman & first aid kit ga ada di bagasi. Segitiga & First Aid Kit ini ga ada di checklist serah terima, tapi ya sekelas Mazda harusnya ada, untung saya ngecek. Akhirnya dikirim 2 hari setelahnya. Dan ada lagi beberapa bagian dari pelayanan yang saya sedikit tidak berkenan, tapi sptnya yg begitu hanya 1 sales itu aja. Saya kenal sales2 lain di Mazda sepertinya servicenya luar biasa baik.![]()
Agak OOT dikit, saya pengen coating CX-3 ini biar awet, tapi bingung tempat di Semarang yang bagus & harganya masih reasonable. Adakah saran om?
Review detail dan komprehensif menyusul ya om, segera ketika saya sudah sempat deh![]()

Sy di rumah ada jg mazda 2 lama 2013, mestinya sama2 1.5 ya ada feel mirip sih soal tarikan om. Pas dulu liat unitnya (ambil seken) saya jg kaget pas tes setir kok bs sekenceng dan se agile itu feelnya dan ini mazda pertama saya juga, jazz GE rasanya jd bosenin banget naikannya. Padahal itu belum sky, mesin biasa dan platform mirip sama fiesta lama. Di mazda 2 ini saya jg AVG cons pake pertamax ya menurut MID 8.5l/100km, anggep margin error 10% ya aktualnya jadi sktr 9.4l/100km (1:10.5an), mestinya CX3 1.5 dah 6 speed lebih irit dikit. Mazda 3HB aja bs 1:10 AVGnya.
Nah soal rem, mazda always enak sih om. Plg pas, mirip2 honda la ya. Saya di innova baru pernah nyetir juga ngeremnya ya injek nanggung ndak kerasa, injek dalem bener2 ngerem apalg bannya pake ecopia/enasave tambah ngeloyor.
Kok aneh ya om mazda semarang gt, biasa no problem soal pelayanannya (cukup helpful). Dikomplain aja, biasanya fast response sih mereka
Kaca film dptnya bkn 3M lagi ya om? Euro2 apa gitu. Dan kaca depan kayanya diberi kaca film lbh terang dibanding jaman 3M dulu
Tempat coating coba saya PM om aja ya
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 54
- Joined: Fri Mar 26, 2021 20:19
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
Untuk coating bisa coba tanya ke ziebart. Ada layanan undercoat, peredam suara sama paint protection disanamarvelio wrote: Wed Apr 14, 2021 14:34Wah om, fix sih itu saya kemaren, karena di Semarang baru delivery 1 yaitu unit saya. 1 lagi adanya di Jeparaerwinign wrote: Tue Apr 13, 2021 10:06 Om, gimana impresinya CX3 1.5 setelah bbrp waktu pakai? Td saya di traffic light, belakang saya dah nongol aja CX3 1.5 polymetal di smg. Kerennnn polymetalnya ya om, di sore2 malah jadi agak gelap mirip machine grey![]()
Sorry om masih belum sempat bikin review lengkapnya. Tapi ini poin-poin yang saya rasain selama 5 hari pakai:
1. Warnanya asli deh ga ada obat keren banget buat saya. Lihat di foto ga sekeren lihat langsung. Tone solid color-nya dapet, reflectionnya dapet. Selama muter-muter di Semarang 5 hari kemarin, pas parkir atau berhenti adaaa aja yang nunjuk-nunjuk & nengokBikin pede karena emang ganteng banget ini mobil.
2. Unit yang saya dapet, road noisenya entah kenapa ga seberisik unit test drive yg saya coba beberapa waktu lalu. Tapi menurut saya tolerable banget in return of grip roda dan karakternya pas kena lubang atau polisi tidur. Pengendaliannya pun tajem banget, maklum om saya belum pernah nyetir Mazda sebelumnya. Overall puas dengan steering sharpness & sensitivitynya. Mungkin juga terbantu dengan G-Vectoring Control.
3. Mesin (yang saya khawatirkan underpower), ternyata sama sekali tidak underpower. Kalo kickdown tuh jambakannya gilaaa bikin ketawa puasNah herannya konsumsi BBM saya belum dapet irit-irit banget om. Saya 5 hari ini udah jalan 128 km rute kombinasi, cuma dapat 10 km/l. Mungkin memang masih awal mesin dan ECU beradaptasi
Yah irit sih cuma ga impresif aja kalau dapetnya baru segitu. Padahal kaki saya jarang bejek-bejek pedal gas.
4. Pedal gas, saya belum terbiasa dengan model organ. So far saya masih sering keinjek terlalu dalem, akibatnya jambakannya yang kenceng itu tiba-tiba muncul pas niatnya nyetir kalem di kecepatan rendah. Tapi, karakter gas dan remnya saya suka. Saya pakai Altis 2015 juga, remnya sama sekali ga enak. Ibaratnya kalo diinjek "ga ngerem-ga ngerem-ga ngerem-eh tibatiba ngerem". Si CX-3 ini remnya empuk, cuma konsekuensinya harus injek agak dalem untuk pakem. Saya lebih cocok dgn karakter rem yang seperti itu, lebih smooth pengeremannya.
5. Suspensinya setelah pemakaian 5 hari ini saya rasa pas banget untuk mobil seukuran ini. Kalau orang-orang ngeluh keras, saya malah suka. Ngebayangin mobil ini suspensinya empuk dan mentul-mentul, udah illfeel duluan![]()
Saya kasih beberapa penampakannya deh om![]()
Saya juga sempat bikin footage pendek.. bisa dilihat di link ini karena saya ga bisa masukin video di forum hehe
https://streamable.com/zwtw5n
Cuma saya sempat ga nyaman dengan pelayanan salesnya aja. Tapi pada akhirnya dibantu oleh Supervisor & Managernya. Baru kali ini saya beli mobil karpetnya datang menyusul, segitiga pengaman & first aid kit ga ada di bagasi. Segitiga & First Aid Kit ini ga ada di checklist serah terima, tapi ya sekelas Mazda harusnya ada, untung saya ngecek. Akhirnya dikirim 2 hari setelahnya. Dan ada lagi beberapa bagian dari pelayanan yang saya sedikit tidak berkenan, tapi sptnya yg begitu hanya 1 sales itu aja. Saya kenal sales2 lain di Mazda sepertinya servicenya luar biasa baik.![]()
Agak OOT dikit, saya pengen coating CX-3 ini biar awet, tapi bingung tempat di Semarang yang bagus & harganya masih reasonable. Adakah saran om?
Review detail dan komprehensif menyusul ya om, segera ketika saya sudah sempat deh![]()
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 531
- Joined: Wed Sep 26, 2012 21:17
- Location: South Sumatera
- Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
marvelio wrote: Wed Apr 14, 2021 14:34Wah om, fix sih itu saya kemaren, karena di Semarang baru delivery 1 yaitu unit saya. 1 lagi adanya di Jeparaerwinign wrote: Tue Apr 13, 2021 10:06 Om, gimana impresinya CX3 1.5 setelah bbrp waktu pakai? Td saya di traffic light, belakang saya dah nongol aja CX3 1.5 polymetal di smg. Kerennnn polymetalnya ya om, di sore2 malah jadi agak gelap mirip machine grey![]()
Sorry om masih belum sempat bikin review lengkapnya. Tapi ini poin-poin yang saya rasain selama 5 hari pakai:
1. Warnanya asli deh ga ada obat keren banget buat saya. Lihat di foto ga sekeren lihat langsung. Tone solid color-nya dapet, reflectionnya dapet. Selama muter-muter di Semarang 5 hari kemarin, pas parkir atau berhenti adaaa aja yang nunjuk-nunjuk & nengokBikin pede karena emang ganteng banget ini mobil.
2. Unit yang saya dapet, road noisenya entah kenapa ga seberisik unit test drive yg saya coba beberapa waktu lalu. Tapi menurut saya tolerable banget in return of grip roda dan karakternya pas kena lubang atau polisi tidur. Pengendaliannya pun tajem banget, maklum om saya belum pernah nyetir Mazda sebelumnya. Overall puas dengan steering sharpness & sensitivitynya. Mungkin juga terbantu dengan G-Vectoring Control.
3. Mesin (yang saya khawatirkan underpower), ternyata sama sekali tidak underpower. Kalo kickdown tuh jambakannya gilaaa bikin ketawa puasNah herannya konsumsi BBM saya belum dapet irit-irit banget om. Saya 5 hari ini udah jalan 128 km rute kombinasi, cuma dapat 10 km/l. Mungkin memang masih awal mesin dan ECU beradaptasi
Yah irit sih cuma ga impresif aja kalau dapetnya baru segitu. Padahal kaki saya jarang bejek-bejek pedal gas.
4. Pedal gas, saya belum terbiasa dengan model organ. So far saya masih sering keinjek terlalu dalem, akibatnya jambakannya yang kenceng itu tiba-tiba muncul pas niatnya nyetir kalem di kecepatan rendah. Tapi, karakter gas dan remnya saya suka. Saya pakai Altis 2015 juga, remnya sama sekali ga enak. Ibaratnya kalo diinjek "ga ngerem-ga ngerem-ga ngerem-eh tibatiba ngerem". Si CX-3 ini remnya empuk, cuma konsekuensinya harus injek agak dalem untuk pakem. Saya lebih cocok dgn karakter rem yang seperti itu, lebih smooth pengeremannya.
5. Suspensinya setelah pemakaian 5 hari ini saya rasa pas banget untuk mobil seukuran ini. Kalau orang-orang ngeluh keras, saya malah suka. Ngebayangin mobil ini suspensinya empuk dan mentul-mentul, udah illfeel duluan![]()
Saya kasih beberapa penampakannya deh om![]()
Saya juga sempat bikin footage pendek.. bisa dilihat di link ini karena saya ga bisa masukin video di forum hehe
https://streamable.com/zwtw5n
Cuma saya sempat ga nyaman dengan pelayanan salesnya aja. Tapi pada akhirnya dibantu oleh Supervisor & Managernya. Baru kali ini saya beli mobil karpetnya datang menyusul, segitiga pengaman & first aid kit ga ada di bagasi. Segitiga & First Aid Kit ini ga ada di checklist serah terima, tapi ya sekelas Mazda harusnya ada, untung saya ngecek. Akhirnya dikirim 2 hari setelahnya. Dan ada lagi beberapa bagian dari pelayanan yang saya sedikit tidak berkenan, tapi sptnya yg begitu hanya 1 sales itu aja. Saya kenal sales2 lain di Mazda sepertinya servicenya luar biasa baik.![]()
Agak OOT dikit, saya pengen coating CX-3 ini biar awet, tapi bingung tempat di Semarang yang bagus & harganya masih reasonable. Adakah saran om?
Review detail dan komprehensif menyusul ya om, segera ketika saya sudah sempat deh![]()
Tenaga putaran bawah kebanting jauh gk ama altis yg 1800cc ?
Soalnya ane denger2 mesin 1500cc nya 0-60 nya nendang bgt katanya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 435
- Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
Putaran bawahnya Altis memang jauh lebih bertenaga, cuma feelnya Altis lebih 'bold' sedangkan CX-3 ini feel mesinnya 'light'. Wajar menurut saya karena Altis dengan mesin 1.8 nya punya output 150hp, sedangkan CX-3 109hp. Menurut saya terpengaruh juga dengan berat body Altis yg bikin dia akselerasinya terasa berbobot. Tapi kalau sudah bicara 0-60, jelas CX-3 ini unggul om, karena Altis pakai CVT. Shifting dan accelerating di CX-3 lebih fun menurut saya. Altis unggul di putaran mesin rendah pas kecepatan tinggi, karena CVT nya mensimulasikan 7-speed.Leonhart wrote: Wed Apr 14, 2021 20:11
Tenaga putaran bawah kebanting jauh gk ama altis yg 1800cc ?
Soalnya ane denger2 mesin 1500cc nya 0-60 nya nendang bgt katanya
Jambakan 0-60 kerasa nendang banget dan nggak ada gejala underpower sama sekali. 60-100 nggak impresif yang gimana-gimana, tapi bagi saya tetep memuaskan selama ga bolot-bolot amat mesinnya. Kenceng kok. Apalagi transmisi Skyactiv nya buat saya yg pertama kali pakai, cukup mengagetkan shiftingnya sangat responsif dan terasa natural.
Kaca film sekarang dapetnya Eurotek, much more better than 3M menurut saya. ANKI 2.4V 2021 kemarin dapet bawaan 3M dari Toyota, tone nya memang lebih hitam gelap tapi penolakan panasnya ampun ga ada ampuh-ampuhnya sama sekali. Panas!erwinign wrote: Wed Apr 14, 2021 15:11 Nha dah tak tebak kan pasti pnynya om kemarenSaya posisi di TL arah timur pas itu.
Sy di rumah ada jg mazda 2 lama 2013, mestinya sama2 1.5 ya ada feel mirip sih soal tarikan om. Pas dulu liat unitnya (ambil seken) saya jg kaget pas tes setir kok bs sekenceng dan se agile itu feelnya dan ini mazda pertama saya juga, jazz GE rasanya jd bosenin banget naikannya. Padahal itu belum sky, mesin biasa dan platform mirip sama fiesta lama. Di mazda 2 ini saya jg AVG cons pake pertamax ya menurut MID 8.5l/100km, anggep margin error 10% ya aktualnya jadi sktr 9.4l/100km (1:10.5an), mestinya CX3 1.5 dah 6 speed lebih irit dikit. Mazda 3HB aja bs 1:10 AVGnya.
Nah soal rem, mazda always enak sih om. Plg pas, mirip2 honda la ya. Saya di innova baru pernah nyetir juga ngeremnya ya injek nanggung ndak kerasa, injek dalem bener2 ngerem apalg bannya pake ecopia/enasave tambah ngeloyor.
Kok aneh ya om mazda semarang gt, biasa no problem soal pelayanannya (cukup helpful). Dikomplain aja, biasanya fast response sih mereka
Kaca film dptnya bkn 3M lagi ya om? Euro2 apa gitu. Dan kaca depan kayanya diberi kaca film lbh terang dibanding jaman 3M dulu
Tempat coating coba saya PM om aja ya
![Mark F [emo-mark-F]](./images/smilies/2017-scoreF.gif)
Eurotek bawaan Mazda tone nya lebih ke hijau, nggak terlalu gelap, dari luar masih terlihat interior mobil, tapi penolakan panasnya menurut saya malah lebih top daripada 3M. IMHO, tone green-ish di kaca film Eurotek ini malah bikin vibes european market car nya makin berasa di warna Polymetal Grey. Pernah dapat info, Mazda cuma bisa kasih kaca film Eurotek ke customer karena importirnya di bawah naungan perusahaan yang sama, Eurokars. Mungkin yang kasih 3M waktu ATPM nya masih MMI ya. Sejak dipegang Eurokars, semua wajib pakai Eurotek.
Masalah pelayanan, sikapnya aja sih. Pengalaman 5 kali transaksi mobil baru, baru kali ini sales dengan terang-terangan pesen minta uang rokok ke customer untuk supir yg antar mobilnya. Kalah sama sikap sales Wuling & Toyota. Transaksi brp ratus juta masa masih minta uang lebih
![Mark F [emo-mark-F]](./images/smilies/2017-scoreF.gif)



P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
2GD-FTV
2ZR-FE
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 714
- Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
Numpang komen adek kemaren ngambil mazda 2. Asunsi mesin sama apa ngerasain om transmisinya gas agak dalem dikit langsung downshift.
Emang gt ya?
Susah bawa halus mobilnya, agresif terus wkwkwk. Dan itu belum sports mode.
Rem setuju, enak bgt dan linear. Coba drpd downshift langsung lebih baik stay di gear dan naik rpmnya pelan2, mungkin lebih smooth.
Emang gt ya?
Susah bawa halus mobilnya, agresif terus wkwkwk. Dan itu belum sports mode.
Rem setuju, enak bgt dan linear. Coba drpd downshift langsung lebih baik stay di gear dan naik rpmnya pelan2, mungkin lebih smooth.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 435
- Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
Persis om. Berarti bukan saya yg salah injek ya? Wkwkwwkhackers11 wrote: Thu Apr 15, 2021 7:12 Numpang komen adek kemaren ngambil mazda 2. Asunsi mesin sama apa ngerasain om transmisinya gas agak dalem dikit langsung downshift.
Emang gt ya?
Susah bawa halus mobilnya, agresif terus wkwkwk. Dan itu belum sports mode.
Rem setuju, enak bgt dan linear. Coba drpd downshift langsung lebih baik stay di gear dan naik rpmnya pelan2, mungkin lebih smooth.
Kirain karena saya belum terbiasa sama model pedal gasnya jadi keinjek terlalu dalem terus, ternyata di M2 juga agak dalem dikit langsung downshift yak.

P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
2GD-FTV
2ZR-FE
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 714
- Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53
Re: MAZDA CX-3 1500 CC!
Hooo, pantesan. Sama berarti om hehe.marvelio wrote:Persis om. Berarti bukan saya yg salah injek ya? Wkwkwwkhackers11 wrote: Thu Apr 15, 2021 7:12 Numpang komen adek kemaren ngambil mazda 2. Asunsi mesin sama apa ngerasain om transmisinya gas agak dalem dikit langsung downshift.
Emang gt ya?
Susah bawa halus mobilnya, agresif terus wkwkwk. Dan itu belum sports mode.
Rem setuju, enak bgt dan linear. Coba drpd downshift langsung lebih baik stay di gear dan naik rpmnya pelan2, mungkin lebih smooth.
Kirain karena saya belum terbiasa sama model pedal gasnya jadi keinjek terlalu dalem terus, ternyata di M2 juga agak dalem dikit langsung downshift yak.
Tp pas jalan jauh bikin kesel juga bentar2 downshift gt.
Pas saya ke bdg kemaren mau motong truk aja ok downshift padahal kuat lah harusnya. Pembiasaan sih memang