BLAZER masih worthed gak? - Part 01
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 284
- Joined: Wed Jul 26, 2006 7:18
keep going info2 nya.......
pas kebangkel kemaren, gw coba tanya2 dikit ke mekanik langganan gw, doi pernah beberapa kali service blezer, katanya sebagian besar bermasalah di radiator, bahannya dari aluminium jd ga bisa di las sembarangan kaya radiator biasa, gw pikir ganti radiator aja kali yah biar gampang, bener ga?
pas kebangkel kemaren, gw coba tanya2 dikit ke mekanik langganan gw, doi pernah beberapa kali service blezer, katanya sebagian besar bermasalah di radiator, bahannya dari aluminium jd ga bisa di las sembarangan kaya radiator biasa, gw pikir ganti radiator aja kali yah biar gampang, bener ga?
Ride/Drive with the pride,respect and satisfucktion
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
wah bro Lennon, kalo baru jadi mobil pertama dan bisa kebeli LGX/SGX thn 01, disarankan sih ambil kijang aja dululennon wrote:wow....segitu terjun bebasnya...gile, temen gue pernah punya blazie dia bilang boros banget dan sparepartnya itu mahal dan susah, dia disemarang sih.
jadi kira2 begini yha...
1. harga jauh dibawah kijang lgx/sgx thn 01(varian paling rendah)
2. konsumsi lebih boros dikit daripada kijang (dalam dan luar kota)
3. spare part (fast and slow moving) lebih mahal dikit dari kijang
...........
yeah baby.............tinggal merayu nyokap hehehe...maybe She is my first car...

blazer emang lebih OK tampang dan riding experiencenya, tapi ya memang harus bisa memaklumi ketiga hal diatas
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Waahh, bro lennon jgn bandingin apple to apple dengan kijang donklennon wrote:wow....segitu terjun bebasnya...gile, temen gue pernah punya blazie dia bilang boros banget dan sparepartnya itu mahal dan susah, dia disemarang sih.
jadi kira2 begini yha...
1. harga jauh dibawah kijang lgx/sgx thn 01(varian paling rendah)
2. konsumsi lebih boros dikit daripada kijang (dalam dan luar kota)
3. spare part (fast and slow moving) lebih mahal dikit dari kijang
...........
yeah baby.............tinggal merayu nyokap hehehe...maybe She is my first car...



Si Blazie dan kijang kan beda kelas jauuuhh... Otomatis biaya pelihara dan kenikmatannya berbanding lurus
Saya juga domisili di Semarang (meskipun kerja dan tinggal di Jatim, pulamg 1-2 minggu sekali), toh saya nekat pelihara Santa Fe (di semarang), so far so good kok. Perkara spare-parts, pintar2 kita lah cari teman yg tinggal dikota besar yg spare-parts banyak (misalnya Jakarta, Bandung, Surabaya) dan juga pemakai barang yg sama gitu. Apalagi ada boss tomcat tuh...yg emang doi juragan spare-parts he...he...he...



Dan kalo utk di semarang (ngeliat kondisi jalan dan "rob"nya...trus terang saya pilih SUV over other car's type

Buat Kijang (kalo boil mau dipake buat keluarga, other than business), menurut saya harga boill secondnya way too much overvalued. Pinternya yg ngejual


-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Tue May 15, 2007 16:36
kijang LGX laku karena udah puluhan tahun, dan salah satu pionir yang brani berbentuk Kapsul.
karena dulu bensin tuh murah...gak masalah kijang itu boros. yang penting perawatan gampang dan nyari spare partnya murah. nah laku dah kijang.
nah temen gue yang orang semarang dan pernah punya blazie sih bilang jangan (kalo itu mobil pertama...katanya ambil xenia yang seri rendah)...
blazie temen gue dulu di modif lumayan gila...sound aja abis 80 juta, taon 98-99an....trus suatu hari ketika dalam perjalanan daerah persawahan itu mobil terguling
dan cuma kaca belang retak dikit...paling 2cm....
karena tuh mobil pake ban+velg gambot jadi jatuh tapi karena itu pula selamat, muter 360 derajat sampe 3 kali......gila yha
tapi banyak jajan nih mobil, rusak ini...itu...ono
wah btw dari komen diatas jangan jadi mobil pertama yha...
karena dulu bensin tuh murah...gak masalah kijang itu boros. yang penting perawatan gampang dan nyari spare partnya murah. nah laku dah kijang.
nah temen gue yang orang semarang dan pernah punya blazie sih bilang jangan (kalo itu mobil pertama...katanya ambil xenia yang seri rendah)...
blazie temen gue dulu di modif lumayan gila...sound aja abis 80 juta, taon 98-99an....trus suatu hari ketika dalam perjalanan daerah persawahan itu mobil terguling


karena tuh mobil pake ban+velg gambot jadi jatuh tapi karena itu pula selamat, muter 360 derajat sampe 3 kali......gila yha

tapi banyak jajan nih mobil, rusak ini...itu...ono
wah btw dari komen diatas jangan jadi mobil pertama yha...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
sah2 aja si bro jadi mobil pertama asal ekspektasinya maintenance hariannya jangan disamain sama kijanglennon wrote:kijang LGX laku karena udah puluhan tahun, dan salah satu pionir yang brani berbentuk Kapsul.
karena dulu bensin tuh murah...gak masalah kijang itu boros. yang penting perawatan gampang dan nyari spare partnya murah. nah laku dah kijang.
nah temen gue yang orang semarang dan pernah punya blazie sih bilang jangan (kalo itu mobil pertama...katanya ambil xenia yang seri rendah)...
blazie temen gue dulu di modif lumayan gila...sound aja abis 80 juta, taon 98-99an....trus suatu hari ketika dalam perjalanan daerah persawahan itu mobil tergulingdan cuma kaca belang retak dikit...paling 2cm....
![]()
karena tuh mobil pake ban+velg gambot jadi jatuh tapi karena itu pula selamat, muter 360 derajat sampe 3 kali......gila yha![]()
tapi banyak jajan nih mobil, rusak ini...itu...ono
wah btw dari komen diatas jangan jadi mobil pertama yha...

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Tue May 15, 2007 16:36
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Sun Aug 19, 2007 10:27
saya juga sangat tertarik dengan blazer ini, utk mobil pertama juga seperti bung lennon. Baca-baca di forum blazer dll di internet kayaknya ok-ok aja sehingga semakin semangat. Tetapi ketika minta pendapat montir, kenalan dan bahkan showroom yg juga menjual si kebo ini, benang merahnya sama: riskan jadi mobil pertama. Alasannya: rewel....jadi takut deh. Gimana ya? Ada yg bisa kasih pencerahan lagi sedikit?
Btw, kebetulan saya sudah sempat lihat BLAZER DOHC Th’2001 LT Ltd Jok Klt Twotone yang iklannya di post Risol1 diatas yg warna biru tua. Interiornya masih apik. Mesin juga kayaknya, tapi agak perlu dibersihkan dikit mungkin. Tapi suara mesin kok rada kayak disel, rada ngrek ngrek. Apa dari tali kipas? Nah penjual ini yg antara lain mengatakan tdk recommend blazer. hiks. Jadi bingung.
Btw, kebetulan saya sudah sempat lihat BLAZER DOHC Th’2001 LT Ltd Jok Klt Twotone yang iklannya di post Risol1 diatas yg warna biru tua. Interiornya masih apik. Mesin juga kayaknya, tapi agak perlu dibersihkan dikit mungkin. Tapi suara mesin kok rada kayak disel, rada ngrek ngrek. Apa dari tali kipas? Nah penjual ini yg antara lain mengatakan tdk recommend blazer. hiks. Jadi bingung.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Tue May 15, 2007 16:36
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
blazer bukan mobil "gagal" bro yg perlu ditakutin, cuma emang kalo mao beli bekas, musti agak2 pinter nyarinya ....kalo bisa yang simpenan/rawatan.....kayaknya di thread ini (halaman2 depannya) banyak info deh cara nyari blazer seken.
tapi ya itu tadi, ekspektasi maintenancenya jangan disamain sama maintenancenya kijang (yg bisa dibilang free maintenance
) soalnya bisa2 kecewa.....dan menganggap mobil ini jadi rewel. logikanya, kalo mao beli eropa/amerika kan emang harus lebih di maintain, dan wajarlah kalo bensinnya sedikit lebih boros atau parts sedikit lebih mahal, ya ngga? yang pasti sih ni mobil gak lebih rewel dari Pug/Jeep.
Di milis2 banyak yang bilang ni mobil gak rewel karena ekspektasinya dia orang beda kali bro sama ekspektasi kita2....kalo gw pribadi, sikring putus aja gw bilang rewel hehehe....
tapi ya itu tadi, ekspektasi maintenancenya jangan disamain sama maintenancenya kijang (yg bisa dibilang free maintenance

Di milis2 banyak yang bilang ni mobil gak rewel karena ekspektasinya dia orang beda kali bro sama ekspektasi kita2....kalo gw pribadi, sikring putus aja gw bilang rewel hehehe....

-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Sun Aug 19, 2007 10:27
Benar sih soal ekspektasi orang memang beda-beda dan mobil amrik/eropa ga bisa disamakan dgn jepang. soal ini memang kadang ga disadari.
thn lalu kijang mertua overheat di cipularang. terus sy bawa ke auto2000 bandung. ternyata di recommend benerin radiatornya di cihampelas, kios kecil dipinggir jalan yg katanya auto juga kirimnya kesana. disana radiator dibuka, dibersihkan. dirojok-rojok dsb. saya kaget & geli melihatnya. terus terang kali itu baru pertama saya servis radiator. saya pikir kalau manufacturernya tahu pasti ga boleh ; kebayang kalau di negara maju pasti mestinya diganti baru. tapi, ya begitulah. radiator selesai dlm beberapa jam dan........walaaa! sampai sekarang sdh setahun kijang tsb ga ada masalah apapun...
masalahnya bagaimana memperoleh seken yg terawat/simpenan ya? Apakah kalau kilometernya masih sedikit bisa dibilang simpanan? Atau justru jarang dipakai krn "jangan-jangan" sering rusak?? Maaf nih penggemar blazer, bukan saya menjelek-jelekan, mohon maklum soalnya masih awam sama ini mobil & belum pernah beli mbl seken. Trims
thn lalu kijang mertua overheat di cipularang. terus sy bawa ke auto2000 bandung. ternyata di recommend benerin radiatornya di cihampelas, kios kecil dipinggir jalan yg katanya auto juga kirimnya kesana. disana radiator dibuka, dibersihkan. dirojok-rojok dsb. saya kaget & geli melihatnya. terus terang kali itu baru pertama saya servis radiator. saya pikir kalau manufacturernya tahu pasti ga boleh ; kebayang kalau di negara maju pasti mestinya diganti baru. tapi, ya begitulah. radiator selesai dlm beberapa jam dan........walaaa! sampai sekarang sdh setahun kijang tsb ga ada masalah apapun...
masalahnya bagaimana memperoleh seken yg terawat/simpenan ya? Apakah kalau kilometernya masih sedikit bisa dibilang simpanan? Atau justru jarang dipakai krn "jangan-jangan" sering rusak?? Maaf nih penggemar blazer, bukan saya menjelek-jelekan, mohon maklum soalnya masih awam sama ini mobil & belum pernah beli mbl seken. Trims
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Gw copy paste dari threads lain.. (sekalian nyatuin topic..)avocado wrote:Benar sih soal ekspektasi orang memang beda-beda dan mobil amrik/eropa ga bisa disamakan dgn jepang. soal ini masalahnya bagaimana memperoleh seken yg terawat/simpenan ya? Apakah kalau kilometernya masih sedikit bisa dibilang simpanan? Atau justru jarang dipakai krn "jangan-jangan" sering rusak?? Maaf nih penggemar blazer, bukan saya menjelek-jelekan, mohon maklum soalnya masih awam sama ini mobil & belum pernah beli mbl seken. Trims

Kalo ketemu mobil yg "lolos uji" no. 1-7 diatas, nggak usah peduli dgn kilometer. Saya beli blazer dgn odometer sekitar 140 ribu km, gw pake hampir 2 thn dan sekarang 188 ribu km lebih. Selama gw pake 45 ribu km lebih itu yg nama namanya rusak dan perlu diganti "cuman" :Welkam Pak Pungki,
Coba bantu2 tips milih blazer. Milih blazer bagus relatif mudah koq, karena panel indikator lumayan lengkap.
Pertama2, duduk di captain seat, nyalakan mesin dan perhatikan panel indikator. Ada tiga indikator yg paling penting.
1. Indikator tekanan oli, ada di pojok kiri bawah. Range dari 0 sampe 500 kpa (maks). Yg dicari adalah : sekitar 5 menit pertama setelah mesin nyala, jarum harus mendekati 500 kpa (maks). Semakin mentok semakin bagus. Tapi RPM harus stabil di 900. Ini beda nya ama sebagian mobil lain. Mobil lain, ada choke otomatis, awal2 mesin nyala, RPM naik diatas 1000, lama2 baru turun lagi. Di blazer, RPM tetap 900 tapi tekanan olie maks di 500 kpa. Setelah 5 menit an, tekanan oli perlahan2 turun ke 250 (tegak lurus arah jam 12), tapi kalo pedal gas ditekan, jarum melejit ke 500 kpa, dan mulai saat ini jarum bergerak berdasarkan RPM dgn batas minimum 250 kpa.
2. Indikator tegangan listrik (voltmeter), ada di pojok kanan bawah.
Yg dicari adalah tegangan yg stabil di 14v lewat dikit (jarum tegak lurus jam 12, miring dikit kekanan tapi masih nempel di strip angka 14). Nyalakan semua lampu, audio, AC dll, jarum harus diam tidak bergerak. Hindari mobil yg jarum voltmeternya tidak diam.
3. Indikator temperatur, ada di [EDIT] KIRI atas. Blazer yg dicari adalah blazer yg jarum indikator nya naik pelan2 dari 0 ke 102 derajat butuh waktu sekitar 10-15 menit. Kemudian xtra fan nyala, sekitar 2-3 menit jarum harus turun ke 80. Nyalakan AC, dalam kondisi idle jarum harus stabil di 80 (jika AC nyala). (Asumsi system pendingin masih original, belum di modif).
No. 1-3 sangat penting...ting...ting....
Kemudian :
4. Turun dari kabin, dengarkan suara mesin. Suara mesin saat fan mati, harus halus, sehalus mobil sedan 1500 CC. Jgn lupa periksa kekentalan oli. Jangan2 mesin halus karena pake oli gardan.
5. Test jalan dan rasakan apakah ada body getar dari rpm 0 sampe rpm atas. Hindari body yg selalu geter di rpm OR kmh tertentu.
6. Pindah dan jongkok ke dekat ban belakang kiri. Dengerkan suara fuel pump, hindari mobil yg suara fuel pump nya terdenger seperti lebah. Karena itu ciri fuel pump mau "lewat".
7. Test jalan buat mengetest fungsi Rem ABS dan fungsi Active Safety Belt nya. Apakah bekerja optimal atau nggak.
Selain yg 7 itu, test nya sama aja dgn mobil2 lain. Periksa AC, kaki2, setir, dll.
Kelemahan blazer yg mencolok ada di fuel pump. Kate dukun nya, 90% dari blazer yg mogok di jalan disebabkan fuel pump. Terus AC nya susah dingin, karena evaporator ada diruang mesin. Katenye sih itu buat safety. Tidak ada bagian dari sistem pendinginan yg letaknya dalam kabin penumpang/dashboard. Ntah itu bener, ntah alasan doang..
- Fuel pump rp 800 ribu (perbaiki/modif)
- Boster rem Rp 600 ribu (perbaiki)
- Water pump, rp 500 ribu
- oli crank case rembes (lupa)
- Motor fan 1 (rp 450 ribu)
- Packing top mesin (rp 125 ribu)
- Repair kaki2 (ada 3-4 kali ntah T-Road, ball joint atau upper/lower arm lupa gw). Murah pokoke..

- 1 set busi dan kabel gas (Rp 200 ribu)
- Baru aja ganti V belt rp 95 ribu (ini harga bikin gw terkaget-kaget. Mobil lain koq sampe Rp 400-600 ribu..??)
Jgn lupa, itu semua yg diatas diluar biaya "ritual" beli mobil bekas, ganti kopling, timing belt dan tune up.
Last edited by uch on Wed Aug 29, 2007 6:28, edited 2 times in total.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 156
- Joined: Mon Jul 02, 2007 5:24
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 284
- Joined: Wed Jul 26, 2006 7:18
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Jangan beli baru Pak.....!!!!!Blazy DK wrote:repir kaki2 skitar brapaa bro uch??tumben nih ada yg bilang murah...padahal setau saya spare part kaki2 kebo nie mahal2...mohon pencerahannya...
Repair aja. Logam nya itu nggak aus/oblak koq. Karet/teflon doang yg perlu diganti.
Yg murah di H. Nawi (langsung ke sumbernya). Tapi harus nunggu agak lama dikerjain ama dia.
Di Bengkel Donie lebih mahal, Rp 75 ribu-Rp 150 ribu (tergantung kaki bagian apa, Pitman Arm, ball joint, Upper/lower arm or yg lain2). Tapi udah siap pakai, yg bekas kita jadi punya dia, punya dia langsung dipasang di boil kita. Asalkan sama2 original.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Radiator gw nggak pernah masalah. Yg pernah rusak di sistem pendingin itu yg udah disebutkan : Water pump dan motor fan. Katenye sih hose radiator suka pecah karena getaran mesin, apalagi yg engine mounting nya belum diganti. Tapi gw belum pernah.asepkadek wrote:bro UCH,
kalo soal radiator gimana, ada yg perlu diperhatikan?
kayanya cocok nih blazer jd menu makan siang
"SUV rasa sedan", kaya judul di salah satu tabloid otomotif
Oh iya. tambahan : Sistem pendingin gw udah dimodifikasi/diubah pake thermostart boil Japan (ntah boil apa). Sekarang fan muter di sekitar 90 celcius, dari standardnya 103 celcius. Kena Rp 700 ribu. Kalo mo lebih dingin lagi ada, nyala di 82 celcius, tapi konon katanye boros bbm. Gw pilih yg moderat aja...

EDIT :
SORRY, setelah gw baca lg. Jawaban gw jaka sembung....


Radiator sama aja dgn mobil lain, bos. Yg penting tidak bocor dan sirkulasi lancar. Setau gw ngecek nya visual doank. Atau kalo memungkin test jalan agak lama sampe suhu tinggi (tekanan uap tinggi) dan liat apa ada yg bocor atau level air di reservoir berkurang.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 156
- Joined: Mon Jul 02, 2007 5:24
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Sun Aug 19, 2007 10:27
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Sun Aug 19, 2007 10:27
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Sun Aug 19, 2007 10:27
Risol1 wrote:wakakakak.....jadi engga jadi engga jadi engga (sambil ngitung kancing baju)kabuuurr....
ya kita kasih "kesempatan lagi"


Gimanapun juga kalau kemarin kan nggak punya ilmunya, sekarang punya. Nah tinggal tambah hands on experience deh, alias test. Habis itu mungkin baru bingung. Makanya, kalau ada masukan lagi, monggo, silahkan. Jangan ragu-ragu. Jangan sungkan-sungkan

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
setuju bro avocado!avocado wrote:Risol1 wrote:wakakakak.....jadi engga jadi engga jadi engga (sambil ngitung kancing baju)kabuuurr....
ya kita kasih "kesempatan lagi"harus fairlah. Mosok langsung dihakimi gitu aja
![]()
Gimanapun juga kalau kemarin kan nggak punya ilmunya, sekarang punya. Nah tinggal tambah hands on experience deh, alias test. Habis itu mungkin baru bingung. Makanya, kalau ada masukan lagi, monggo, silahkan. Jangan ragu-ragu. Jangan sungkan-sungkanPasti akan sangat berguna juga bagi rekan-rekan lainnya. Dan thread ini semakin berbobot.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 284
- Joined: Wed Jul 26, 2006 7:18
lagi PDKT sama si blazie nihavocado wrote:yg jelas cinta pertamaku memang bukan pd si kebo yahud ini...tapi...sudah nggak ingat lagi lha ya... udah kebanyakan jatuh cinta tuhlennon wrote:wahh....sayang yha....andai ini jadi cinta pertama gue heheheh

barusan baca dimanualnya " Leaded Fuel you should use 88RON leaded gasoline. The use of other gasoline may cause engine knock. Continued use can cause engine damage"
mesti premium terus yah.........asik

Ride/Drive with the pride,respect and satisfucktion
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 156
- Joined: Mon Jul 02, 2007 5:24
dulu gw jg pas baca manualnya mikir gitu...but setelah gw tanya2 n dijawab sama bung uch ternyata pake pertamax bakalan tambah joss...pejelasan lengkapnya ada di halaman2 sebelmnya tuhasepkadek wrote:lagi PDKT sama si blazie nihavocado wrote:yg jelas cinta pertamaku memang bukan pd si kebo yahud ini...tapi...sudah nggak ingat lagi lha ya... udah kebanyakan jatuh cinta tuhlennon wrote:wahh....sayang yha....andai ini jadi cinta pertama gue heheheh![]()
barusan baca dimanualnya " Leaded Fuel you should use 88RON leaded gasoline. The use of other gasoline may cause engine knock. Continued use can cause engine damage"
mesti premium terus yah.........asik

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Tue May 15, 2007 16:36
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 284
- Joined: Wed Jul 26, 2006 7:18
@atas, kayanya qita punya perasaan sama nih, kalo kata lagu ".........ternyata aku makin cinta....."
Montera masuk nih!!!!!! masih SOHC, seperti bro UCH bilang perwatan lebih gampang dan "murah"
tapi muat ga yah masuk port car gw ............ he he he, blazie kan panjang besar
Risol1 wrote:@Lennon
List dibawah diambil dari iklan2 baris koran2 ibukota:
- OPEL Blazer Montera 2002 Silver Met Footstep Wood Pnl Ban Br Bdy F-Ors Jmn sgt mls skl BU 56, 5Jt Jl
- OPEL MONTERA SE ‘2000 Hitam Met Twotone AC Dingin/RT/JK/PW/PS/ F. Step/Alarm Full 0riginal TgnI Terawat Hrg 53Jt Nego Hub: 08159797800
- OPEL MONTERA ’01 Biru met a/n sdri Ful ors 56, 5jt (TT/Krd) REZA MOTOR M s k K a l i m a l a n g P s r C i p l a k J l . Pancawarga I Rt11/3 No5 Ph
kalo dilihat dari list harga2 diatas plus keahlian tawar menawar, kayaknya 50 jt bisa memboyong montera thn 00 yg tipe SE, atau tahun 2001an dgn tipe lebih rendah dari SE

Montera masuk nih!!!!!! masih SOHC, seperti bro UCH bilang perwatan lebih gampang dan "murah"
tapi muat ga yah masuk port car gw ............ he he he, blazie kan panjang besar
Ride/Drive with the pride,respect and satisfucktion