marvelio wrote: Fri Mar 19, 2021 8:37
Harganya... selisih 10jutaan dari HRV 1.5 belum termasuk diskon. Kalo HRV 1.5 ga kena insentif PPnBM, harganya jadi bersaing persis om
Kemarin sempet consider M2 tapi entah kenapa kerasa kurang gagah, makanya jadi ngelirik CX-3.
Dengan harga yg baru ini ane yakin bisa ngejar populasi HR-V sih, meskipun pengennya biarin rare aja biar keliatan stand out kalo di jalan
Kalo saya jadi om TS, saya akan wait and see dulu, seberapa pengaruh PPNBM 0% ini terhadap merek nonmainstream seperti mazda ini, apalagi semua lineup mazda di indo gadapet potongan PPNBM karena CBU semua, bukan CKD Indo. Jadi mau gamau, gaada cara lain selain obral diskon lebih besar lagi daripada yg sekarang karena merek pesaing yg ckd dan masuk kriteria otomatis dapet potongan PPNBM. Cuma kalo om udh sreg sm unitnya, go for it, mobil ini salah 1 mobil yg fun to drive, punya handling oke, fiturnya melimpah dan desain inteirornya cakep kek mobil eropa, minusnya cuma row 2 sempit, bagasi ga seluas lawan2nya dan storage yg minim aja menurut saya
Nah kalo yg saya bold,saya sependapat dengan om josomba, yaitu mustahil untuk saat ini bagi CX3 untuk mengejar bahkan mengalahkan HRV, mungkin kalo buat menyaingi rival2 lain kek s-cross or seltos or kona bisa, tapi kalo HRV, mohon maaf ini sangat mustahil. Mengapa? Saya bukan bermaksud buat menjelek - jelekkan atau meragukan mazda atau membela honda ya. Saya coba bicara sesuai fakta dan realistis aja, kebetulan saya pengguna 2 merek ini cukup lama, saya sendiri ex user CX5 gen 1 , crv gen 3 2.4 dan jazz GE8, serta sekarang user HRV 1.5, AN CX5 Elite dan CRV Turbo prestige, jadi saya udh khatam lah baik buruknya kedua merek tersebut. Pertama, sesuai dengan yg udh dikatakan sm om josomba sblmnya, selama mindset org Indo masih "brand minded", berat bagi mazda buat menyaingi honda meskipun dengan mesin 1.500 cc sekalipun, karena yg dijual sm mazda itu sebenernya adalah tekonologi, fitur, fun to drive, dan handling which is itu bukan prioritas mayoritas org indonesia,mindset mayoritas konsumen indo itu
- Brand
- RV atau harga jual kembali
- Lega
- Muat banyak
- Part murah, gampang benerinnya (apalagi kalo part KW atau subtitusi or bengkel spesialisnya banyak bisa jadi keuntungan lebih)
- Bisa minum BBM subsidi
Masih banyak org Indo yg awam otomotif, terutama soal fitur dan teknologi, jadi mereka gak jadiin fun to drive, handling dan kenyamanan sebagai prioritas, yg penting poin2 yg saya sebutkan diatas tadi, apalagi minusnya mazda cukup fatal, yaitu row 2 sempit, bagasi sempit dan storage minim, which is jelas ini bukan yg dicari mayoritas org indo, mereka pengen mobil yg lega, bisa muat banyak barang dan banyak org, which is itu gabisa disediakan oleh mazda, makanya mazda dari awal jg saya liat bukan nyasar konsumen mayoritas, tapi lebih ke niche market yg mengerti akan fitur, teknologi, hanlding dan rasa berkendara dari sebuah mobil, jadi buat saya pribadi akan mustahil kalau mazda bisa menyaingi HRV buat saat ini, karena buat mengalahkan HRV, gacukup dengan sasaran niche market saja, tapi juga harus mengakomodir kebutuhan mayoritas konsumen pada umumnya juga hehehe
Dan kalo soal sparepart, mazda ini cukup aman dan mudah selama tinggal dikota besar, dan selisihnya gajauh kok sm honda, malah kalo sama2 di bengkel resmi , bisa2 lebih murah mazda dibanding honda , karena biaya jasa di beres honda rata2 cukup mahal dibanding mazda, dan partnya jg lebih durable mazda dibanding honda menurut saya, terutama dibagian rack steering dan kaki2nya . Sebagai contoh deh, dulu saya pernah pelihara CX5 gen 1, ampe dijual di km 150rb selama pemakaian 6 tahun, gaada masalah sama sekali, service gedenya cuma mounting doang, sisanya no complain, sedangkan CRV gen 3 saya dengan km yg gajauh beda, pemakaian 8 tahun, udh lumayan abis banyak di kaki2 dan rack steeringnya + rembes juga dulu. Terus CX5 Elite saya sekarang juga udh hampir 3 tahun pakai dengan odo deket 40rb, masih aman2 aja, gaada masalah berarti , cuma ganti aki i-stop doang walaupun kelemahannya ada di row 2 yg sempit, serta bagasi dan storage yg ga seluas crv .Sedangkan CRV Turbo saya, baru 28rban, dengan pemakaian dan selisih tanggal pembelian yg hampir sama dengan CX5 saya (ini dua duanya sama sama pemakaian 2019 ya), udh rattle di doortrim depan kiri, dasbor geter dan terakhir discbrakenya bergelombang (untung semuanya udh solved) walaupun saya akui mobilnya nyaman, lega , practical, irit bbm dan bantingan suspensinya empuk . dan HRV saya sekarang juga dulu pas km 20rb udh kena bearing dan link stabnya , disaat usia mobil baru 3 tahun, walaupun saya akui mobilnya fun to drive, handlingnya oke, lega, nyaman,practical dan punya desain exterior dan inteiror yg cakep menurut saya , tapi untungnya saya betulin di bengkel spesialis langganan saya jadi biayanya lebih murah dibanding beres. Intinya, harga sparepart mazda ya tetep mahal dibanding honda, tapi selisihnya gajauh2 amat kok kalo sama2 di bengkel resmi. CUma ada 1 keunggulan honda yg ga dimiliki mazda soal parts dan ketersediannya, yaitu part subtitusi dan bengkel spesialis
Honda part subtitusinya cukup banyak dan mudah didapatkan + bengkel spesialisnya banyak jadi kalo dibandingin sm parts mazda ya pasti jauh lebih murah (spesialis vs beres), sedangkan mazda part subtitusinya masih jarang dan bengkel spesialisnya jg masih jarang menurut saya (apalagi di daerah), jadi mau gamau harus ke beres which is cukup mahal buat ukuran mobil jepang dan in some case beberapa partnya ada yg inden, which is jadi kelemahan mazda dibanding rival2 sekelasnya menurut saya. Dulu juga saya sempet kepikiran buat ambil Mazda 2 or CX3 buat pengganti jazz GE8 saya, cuma karena sempit dan partnya cukup mahal (saat itu di 2017 saya punya CX5 gen 1 which is partnya cukup mahal buat ukuran mobil jepang) akhirnya saya ambil xpander, namun , mobil tersebut ga bertahan lama, tahun 2019 saya nambah lagi yaris karena buat ganjil genap. Di tahun 2020, karena ganjil genap lg ga berlaku di jkt dan saya udh ada mobil 7 seater lain dirumah, akhirnya xpander saya jual di bulan september lalu, dan si yaris saya jual di desember tahun lalu, karena radius putarnya jelek buat ukuran mobil kecil dan ceper (jadi gampang gesrot). Akhirnya sempet bimbang kaya om TS, mau CX3 atau HRV buat pengganti yaris dan xpander saya, karena memang rencananya mau dijadiin 1 mobil saja , dan kriterianya adalah GC tinggi dan 5 seater sehingga cx3 dan hrv masuk radar. Namun, kembali karena kuatir harga jual jatuh dan sempit, akhirnya saya memutuskan untuk meminang HRV 1.5 seken tahun 2018 PFL akhir desember lalu. Memang pasaran dan gak se fun to drive serta ga se durable mazda, cuma mobil ini sudah memenuhi aspek sebagian besar org Indonesia yg mengingkan mobil yg lega, practical dan RV nya ga jatoh2 amat wkwkwk meskipun durabilitas kaki2 dan rack steering, kekedapan kabin dan kualitas interiornya masih tertinggal dibanding CX3 menurut saya
josomba wrote: Sun Mar 21, 2021 3:09
Setuju dengan bang ginting... Sepertinya bakal lebih berat dikit ya kalau si cx3 persis plek2 pake P5-VPS dr mazda 2.
Mzd2 sky dibilang tenaganya mantep, menurut saya biasa aja. Compare to GK5 sbenernya secara tarikan berasa mirip2 aja bahkan mgkn GK5 keknya lebi mantepan dikit akselerasinya, kalau yasir joker nah ane merasa agak bolotan yasir. Cuman handling aja yg menurut saya cukup menang telak mazda 2 (asalkan those OEM eco tyres are replaced ya).
Masalah populasi akan ngejar HRV dengan adanya mesin 1500cc. Nah ini saya lihatnya agak mustahil. Perlu diingat, typical mindset konsumen Indo:
1. Harga Jual
2. Harga Sparepart dan ketersediaannya.
Nomor 1 bisa cek sendiri lah ya mobil sama2 2-3 tahun, mana yg lebi jatuh antara hondut n masdut.
Nomor 2, antara sama atau lebi mahal mazda. Kalau d mazda 2 vs gk5, ane perhatikan ga ada part yg lebih murah drpd honda. Harga sama sih ada.
Ini murni pendapat pribadi aja dr pengguna masdut 2 odo 100+ ribu km
20210320_181138.jpg
Saya coba jawab ya, sebagai user Mazdut CX5 elite dan CRV Turbo, serta ex user CRV gen 3 dan mazdut cx5 gen 1 . Kalo di jkt, RV nya cenderung imbang bahkan in some case, lebih unggul mazda (seperti jazz vs M2 Sky) or (CRV vs CX5). Karena semua tersedia, sedangkan kalo di daerah, baru RV nya mazdut agak jatoh karena partnya masih agak susah dibanding hondut kalo di daerah menurut saya
Dan poin kedua yg saya bold. Jangan lupa, mazda bengkel spesailisnya masih jarang dan part subtisusinya jg jarang, jadi mau gamau harus ke beres which is itu cukup mahal buat sebagian org. Sedangkan honda, masih ada alternatif selain beres, yaitu spesailis, honda unggul di part subtitusi yg cukup banyak dan spesialisnya yg banyak juga sehingga ada altenatif yg lebih murah dibanding beres, apalagi mayoritas konsumen Indo masih ngincer harga part murah which is bengkel spesialis dan subtitusi bisa jadi solusi karena harga part dan biaya perbaikannya yg lebih murah dibanding beres menurut saya