Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
yuga164
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Sun Oct 18, 2020 0:26

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by yuga164 »

Turboman wrote:
yuga164 wrote:Rencana mau pake oli mesin beres diantara 3 ini mana yg bagus om buat Sirion K3VE DOHC VVTI:
1. MMGO 5w30
2. TMO 5w30
3. DGO 5w30
(Oli dibawah 100rb per liter)
Makasi [emoji120][emoji120][emoji120]
tunggu PTT 5W30 SP masuk lagi aja

masih promo spt nya

TMO 5W30 kan 100 lebih di BeRes T
Ok om turbo, siap makasi [emoji120][emoji120][emoji322]
User avatar
yuga164
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Sun Oct 18, 2020 0:26

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by yuga164 »

Advise12 wrote:
yuga164 wrote: Sat Mar 20, 2021 1:41 Rencana mau pake oli mesin beres diantara 3 ini mana yg bagus om buat Sirion K3VE DOHC VVTI:
1. MMGO 5w30
2. TMO 5w30
3. DGO 5w30
(Oli dibawah 100rb per liter)
Makasi [emoji120][emoji120][emoji120]
Saya sejak sering baca-baca disini malah udah ndak kenal lagi sama oli yg om list itu :big_peace:
Kalo saya sih masih cenderung ke PTT skr karna masuk budget aj, kualitas diatas list om itu lah rasanya selama ini pake :big_biglaugh:
Siap om [emoji120]
User avatar
yuga164
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Sun Oct 18, 2020 0:26

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by yuga164 »

doko86 wrote:
DOHC wrote: Sat Mar 20, 2021 5:25
josomba wrote: Sat Mar 20, 2021 5:02 Nambahin biar bingung, valvoline synpower 5w30. Di JD.ID n barang gudang mereka sendiri cuman 80rebu per L.

:big_blushing:
Skalian lah bkin binggung jg

Fastron eco utk lcgc

Itu malah kadang dbawah 70 rebu seliter
sekalian bikin bingung.... Ada ini
Beli REPSOL ELITE NEO 5W30 1LT
https://tokopedia.link/3TFdI4JXLeb di toko Cakra Motor 11 Rp75.000 di Tokopedia dengan Bebas Ongkir, Sekarang!

Ganti tiap 5 - 6 rb sepertinya masih bisa itu
Siap om, makasi ya [emoji120]
User avatar
doko86
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 410
Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
Location: Tajurhalang - Bogor
Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by doko86 »

AGSA wrote: Sat Mar 20, 2021 2:07 Rencana mau nambah stok oli d rumah untuk kelas 0w-20 mendingan Unil Opal atau aisin ya?
kalau pakai 5 - 6 rb ganti, yg cocok dengan kantong dr 2 pilihan d atas y aisin om.

Tp, bisa d masukin ptt eco 0w20
triport13
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Thu Apr 26, 2018 7:08
Location: Jakarta
Daily Vehicle: AVS

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by triport13 »

Akhirnya setelah agak bingung milih mau ganti oli apa dan berhubung hari ini mau ke bandung, kemaren nyempetin ke c*kr* m*t*r cinere utk ganti AMS 0W-20 dgn filter toyodai, sebelumnya pake filter wix tp berhubung di C*akr* ga ada wix jd yaudah gpp semoga filter toyodainya ori
IMG_6987.jpg
Berhubung masih punya sisa AMS 0W-30 setengah quartz jadi saya pakai untuk dorong sisa oli di pan, setelah itu montirnya tiup mesin pake kompressor dan saya liat memang dr lubang filter dan pan keluar oli lagi setelah ditiup, apakah umum ditiup seperti itu?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
doko86
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 410
Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
Location: Tajurhalang - Bogor
Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by doko86 »

triport13 wrote: Sat Mar 20, 2021 23:10 Akhirnya setelah agak bingung milih mau ganti oli apa dan berhubung hari ini mau ke bandung, kemaren nyempetin ke c*kr* m*t*r cinere utk ganti AMS 0W-20 dgn filter toyodai, sebelumnya pake filter wix tp berhubung di C*akr* ga ada wix jd yaudah gpp semoga filter toyodainya ori

IMG_6987.jpg
Berhubung masih punya sisa AMS 0W-30 setengah quartz jadi saya pakai untuk dorong sisa oli di pan, setelah itu montirnya tiup mesin pake kompressor dan saya liat memang dr lubang filter dan pan keluar oli lagi setelah ditiup, apakah umum ditiup seperti itu?
the real sultan..... Dorong oli aja pake amsoil.... :big_exellent:

Harusnya, setelah oli lam d drain, tinggal tes...tes...tes, tutup lagi bautnya, baru tuang oli buat dorong, setelah itu buang lg om.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

triport13 wrote: Sat Mar 20, 2021 23:10 .........
setelah ditiup, apakah umum ditiup seperti itu?
dulu ngetrend ditiup kompresor gitu. sampai akhirnya ada kasus kompresor nya ada yg jarang dikuras ataupun pakai water trap. akibatnya jd banyak uap air (hasil kondensasi) malah ikut masuk bareng angin ke karter. setelah itu trend tiup2an begini mulai berkurang.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Sun Mar 21, 2021 3:04
triport13 wrote: Sat Mar 20, 2021 23:10 .........
setelah ditiup, apakah umum ditiup seperti itu?
dulu ngetrend ditiup kompresor gitu. sampai akhirnya ada kasus kompresor nya ada yg jarang dikuras ataupun pakai water trap. akibatnya jd banyak uap air (hasil kondensasi) malah ikut masuk bareng angin ke karter. setelah itu trend tiup2an begini mulai berkurang.
Masi banyak mbah

Bengkel2 gede kaya toda aj masi tiup2an

Itu kompresor nya ta liat jg boro2 ada water trap nya

Lagian jarang2 ad bengkel mo modalin water trap d kompresor nya, wong modalin ceklek2 sapeceng aj ogah, apalagi water trap yg plg murah aj ud cepeceng lebih
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Valach
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: Wed Mar 03, 2021 4:51
Location: Jawa tengah
Daily Vehicle: Dakkar 2019

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Valach »

Omnibus wrote: Sun Mar 21, 2021 3:04
triport13 wrote: Sat Mar 20, 2021 23:10 .........
setelah ditiup, apakah umum ditiup seperti itu?
dulu ngetrend ditiup kompresor gitu. sampai akhirnya ada kasus kompresor nya ada yg jarang dikuras ataupun pakai water trap. akibatnya jd banyak uap air (hasil kondensasi) malah ikut masuk bareng angin ke karter. setelah itu trend tiup2an begini mulai berkurang.
Kalo boleh tau sekarang cara yang paling bagus buat ganti oli gmn ya suhu? Pake engine flush?
ipo3nk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Mon Mar 23, 2020 11:47
Location: bogor
Daily Vehicle: F10A

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by ipo3nk »

Valach wrote:
Omnibus wrote: Sun Mar 21, 2021 3:04
triport13 wrote: Sat Mar 20, 2021 23:10 .........
setelah ditiup, apakah umum ditiup seperti itu?
dulu ngetrend ditiup kompresor gitu. sampai akhirnya ada kasus kompresor nya ada yg jarang dikuras ataupun pakai water trap. akibatnya jd banyak uap air (hasil kondensasi) malah ikut masuk bareng angin ke karter. setelah itu trend tiup2an begini mulai berkurang.
Kalo boleh tau sekarang cara yang paling bagus buat ganti oli gmn ya suhu? Pake engine flush?
Buka baut tap semalam.. paginya baru isi oli.
Valach
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: Wed Mar 03, 2021 4:51
Location: Jawa tengah
Daily Vehicle: Dakkar 2019

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Valach »

ipo3nk wrote: Sun Mar 21, 2021 3:30
Valach wrote:
Omnibus wrote: Sun Mar 21, 2021 3:04

dulu ngetrend ditiup kompresor gitu. sampai akhirnya ada kasus kompresor nya ada yg jarang dikuras ataupun pakai water trap. akibatnya jd banyak uap air (hasil kondensasi) malah ikut masuk bareng angin ke karter. setelah itu trend tiup2an begini mulai berkurang.
Kalo boleh tau sekarang cara yang paling bagus buat ganti oli gmn ya suhu? Pake engine flush?
Buka baut tap semalam.. paginya baru isi oli.
Berarti yang pake engine flush kurang bagus ya om?
areksurokerto12
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Fri Dec 20, 2019 18:26
Location: balikpapan
Daily Vehicle: crv turbo

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by areksurokerto12 »

Mohon pencerahan suhu2x sekalian, utk melihara vw tiguan 1.4 TSI lama 2014, pilihan olinya bagus yg mana 0w20 ato 5w30 ?
Rekomended pilihan diantara 2 merek ini yg mana ya om ?
Liqui moly long time high tech ato
Amsoil signature series
secara harga selisihnya tak jauh.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Sun Mar 21, 2021 3:12
Masi banyak mbah

Bengkel2 gede kaya toda aj masi tiup2an

Itu kompresor nya ta liat jg boro2 ada water trap nya

Lagian jarang2 ad bengkel mo modalin water trap d kompresor nya, wong modalin ceklek2 sapeceng aj ogah, apalagi water trap yg plg murah aj ud cepeceng lebih
jadi ane waktu nyerpis kompresor ane, ada customer lain yg kompresornya rusak katanya. pas sm teknisi dibuka drain valve tabungnya keluar air semua sampe ada 1/2 tabung isinya air. trus baru dikasih edukasi kl kompresor itu wajib drain air setiap hari, bagusnya malah dikosongin n besoknya start dr awal lagi. baru ngerti dia.

ane malah tengah2 kerja suka ane drain krn ga mau ada uap sedikitpun. n jalur selangnya dibuat naik keatas n di loop segala spy berfungsi sbg xtra water trap selain water trap benerannya. banyak jg bengkel orgnya ga ngerti, kl gitu yg kenapa2 mobil kita mbah. jd lebih baik ga usah tembak2 lah, kecuali kompresor sendiri yg kondisinya kita tau.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

Valach wrote: Sun Mar 21, 2021 3:27
Omnibus wrote: Sun Mar 21, 2021 3:04
Kalo boleh tau sekarang cara yang paling bagus buat ganti oli gmn ya suhu? Pake engine flush?
bukan suhu cuma nubie numpang jawab,

paling bagus dipanasin dulu mesinnya sampai kira2 80°C biar ga terlalu panas pas buka drain plug tp jg kotoran sdh terikat di oli n oli cukup encer utk bisa di drain dgn cepat.

no engine flush kecuali dlm kondisi dimana manfaat lbh besar dr efek samping nya.

kl metode dorong mendorong oli ane geser mic ke mbah surya.
iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 437
Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by iwansiagian »

areksurokerto12 wrote:Mohon pencerahan suhu2x sekalian, utk melihara vw tiguan 1.4 TSI lama 2014, pilihan olinya bagus yg mana 0w20 ato 5w30 ?
Rekomended pilihan diantara 2 merek ini yg mana ya om ?
Liqui moly long time high tech ato
Amsoil signature series
secara harga selisihnya tak jauh.
Liat manual book aja om.
Kalo mesin VW TSI 2014 sepertinya masih pake 5-40 dan itu juga minimal yang HTHS nya .3.5
Jadi cari oli yang meet VW approval aja biar aman.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Sun Mar 21, 2021 7:23
Valach wrote: Sun Mar 21, 2021 3:27
Omnibus wrote: Sun Mar 21, 2021 3:04
Kalo boleh tau sekarang cara yang paling bagus buat ganti oli gmn ya suhu? Pake engine flush?
bukan suhu cuma nubie numpang jawab,

paling bagus dipanasin dulu mesinnya sampai kira2 80°C biar ga terlalu panas pas buka drain plug tp jg kotoran sdh terikat di oli n oli cukup encer utk bisa di drain dgn cepat.

no engine flush kecuali dlm kondisi dimana manfaat lbh besar dr efek samping nya.

kl metode dorong mendorong oli ane geser mic ke mbah surya.
Dorong mah pake DGO yg daihatsu oil aj, bagus itu buat ngedorong oli sisa

Nah abis itu baru de pake Dohc Genuine Oil, tinggal fill n forget
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by rendr »

areksurokerto12 wrote: Sun Mar 21, 2021 7:11 Mohon pencerahan suhu2x sekalian, utk melihara vw tiguan 1.4 TSI lama 2014, pilihan olinya bagus yg mana 0w20 ato 5w30 ?
Rekomended pilihan diantara 2 merek ini yg mana ya om ?
Liqui moly long time high tech ato
Amsoil signature series
secara harga selisihnya tak jauh.
low saps & HTHS diatas 3.5 cP

cari aja oli 5w30 yg meet MB 229.51, atau sekalian MB Oil (oli mercy bintang sebutannya) yg 5w30 MB 229.51

bisa beli di toko parts mercy aja, kalo ga ada fastron gold 5w30 juga bisa, beli di SPBU pertamina / trusted seller
gaspol resing tim
areksurokerto12
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Fri Dec 20, 2019 18:26
Location: balikpapan
Daily Vehicle: crv turbo

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by areksurokerto12 »

iwansiagian wrote: Sun Mar 21, 2021 7:53 Kalo mesin VW TSI 2014 sepertinya masih pake 5-40 dan itu juga minimal yang HTHS nya .3.5
Jadi cari oli yang meet VW approval aja biar aman.
Okay om, makasih pencerahannya. Hrs buka2x manual booknya lagi nih.....😅
triport13
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Thu Apr 26, 2018 7:08
Location: Jakarta
Daily Vehicle: AVS

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by triport13 »

doko86 wrote:
triport13 wrote: Sat Mar 20, 2021 23:10 Akhirnya setelah agak bingung milih mau ganti oli apa dan berhubung hari ini mau ke bandung, kemaren nyempetin ke c*kr* m*t*r cinere utk ganti AMS 0W-20 dgn filter toyodai, sebelumnya pake filter wix tp berhubung di C*akr* ga ada wix
the real sultan..... Dorong oli aja pake amsoil.... :big_exellent:

Harusnya, setelah oli lam d drain, tinggal tes...tes...tes, tutup lagi bautnya, baru tuang oli buat dorong, setelah itu buang lg om.
Bukan begitu om berhubung adanya sisa oli itu yaudah saya pake lg aja drpd beli oli lg, toh juga oli itu udh ada issue shelf life [emoji3]. Siap om next saya tutup dulu bautnya, pake cara dorong gitu aja montirnya agak bingung sih katanya baru kali ini ada cara dorong dorongan.
triport13
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Thu Apr 26, 2018 7:08
Location: Jakarta
Daily Vehicle: AVS

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by triport13 »

Omnibus wrote:
triport13 wrote: Sat Mar 20, 2021 23:10 .........
setelah ditiup, apakah umum ditiup seperti itu?
dulu ngetrend ditiup kompresor gitu. sampai akhirnya ada kasus kompresor nya ada yg jarang dikuras ataupun pakai water trap. akibatnya jd banyak uap air (hasil kondensasi) malah ikut masuk bareng angin ke karter. setelah itu trend tiup2an begini mulai berkurang.
Walah kok ngeri amat ya om, harusnya knowledge2 gini gencar di publikasi ya ke bengkel2, secara sifat air kan ga bisa dianggap remeh kalo di pelumasan atau di pembakaran.
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by ViPerRed »

just info

di cakra motor 11 skrg ada PTT
yg 5w30 API SP harganya 65rb.. edaann
mirip2 prima XP ya
fajarrian
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 614
Joined: Tue Dec 22, 2020 20:35
Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by fajarrian »

ViPerRed wrote: Sun Mar 21, 2021 10:36 just info

di cakra motor 11 skrg ada PTT
yg 5w30 API SP harganya 65rb.. edaann
mirip2 prima XP ya
yang 0w20 api sp supersyn cuma 480 edan, jauh dari official :big_grin:
nunggu yang 0w30 super syn masuk juga
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12547
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: Sun Mar 21, 2021 8:48
Omnibus wrote: Sun Mar 21, 2021 7:23
Valach wrote: Sun Mar 21, 2021 3:27

Kalo boleh tau sekarang cara yang paling bagus buat ganti oli gmn ya suhu? Pake engine flush?
bukan suhu cuma nubie numpang jawab,

paling bagus dipanasin dulu mesinnya sampai kira2 80°C biar ga terlalu panas pas buka drain plug tp jg kotoran sdh terikat di oli n oli cukup encer utk bisa di drain dgn cepat.

no engine flush kecuali dlm kondisi dimana manfaat lbh besar dr efek samping nya.

kl metode dorong mendorong oli ane geser mic ke mbah surya.
Dorong mah pake DGO yg daihatsu oil aj, bagus itu buat ngedorong oli sisa

Nah abis itu baru de pake Dohc Genuine Oil, tinggal fill n forget
warbiyasah.. lifetime yah :mky_02:

ViPerRed wrote: Sun Mar 21, 2021 10:36 just info

di cakra motor 11 skrg ada PTT
yg 5w30 API SP harganya 65rb.. edaann
mirip2 prima XP ya
wow :mky_02:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by rendr »

ViPerRed wrote: Sun Mar 21, 2021 10:36 just info

di cakra motor 11 skrg ada PTT
yg 5w30 API SP harganya 65rb.. edaann
mirip2 prima XP ya
wah auto tenang hati ini... pas stok oli abis dirumah... hahahahah

thanks updatenya om
gaspol resing tim
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 974
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by well »

Bagus mana ya ptt 5w30 api sp hrg 65rb dgn ptt 0w20 eco? Harganya relatif sama soalnya