Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
ariswp wrote: Tue Feb 02, 2021 1:34
buat saya diesel irit selama mampu minum solar 5150 dengan efek samping minimal beserta interval dan pengerjaan item servis fast moving yg berhubungan dengan asupan solar td juga dalam taraf "normal"
Kalo konsumsi per liternya sih susah dijadikan patokan, karena twrgantung kaki dan medan yg dilalui beda2 tiap orang
Misal kayak yg di channel2 otomotif gtu, mereka bisa klaim dalkot dan lukot/tol irit2 bgt, tapi kenyataannya saya pake 2GD kantor ya gak bisa seirit itu channel, paling ya 9-10km/l,
so far untuk disel modern macem 2KD, 2GD, 4D56T, 4N15 sih tergolong tahan solbus, dengan kombinasi tenaga dan torsi cocok bgt sama indonesia yg banyak stop and go, naik turun
kedepan ada keinginan juga punya diesel, tapi untuk saat ini masih tertahan masalah aroma asep yg buat saya terganggu,
Tetangga manasin 2GD yg rumahnya selisih 2 rumah aja masi kecium di ruang tamu saya dan bikin selera sarapan jadi menurun,
Makanya klo ke pagi saya malah ga pernah manasin, pokoknya masuk mobil, stater, tanpa nurunin power window langsung jalan, yah klo masalah aroma mungkin saya aja yg ndeso hehe,
Ini salah satu faktor juga om, ortu dari kantor itu dikasih reborn diesel, cuma karena beliau ga suka berisik dan baunya ditukar reborn bensin 2.0.
Bahkan 2kd nya aja sekarang sering tukaran garasi sama t30 saya yang beliau bawa.
Kalau isi bio solar pasti terasa hematnya.
Tp bwt saya pengguna ANF full Dex mirip2 sama mbl bensin OS isi selang seling Pertamax Pertabo.
Jalur yg sama OS bisa 1:13-14 juga kalau kaki agak sekolah, ternyata OS ga boros2 amat (60 tol : 40 dalkot).
Tp ya itu OS dikondisi saat ini lbh sering di 1:10 karena sering pedal to metal & ANF jarang pedal to metal karena ud tersalurkan di OS..
bensinsolar wrote: Thu Mar 18, 2021 2:54
Kalau isi bio solar pasti terasa hematnya.
Tp bwt saya pengguna ANF full Dex mirip2 sama mbl bensin OS isi selang seling Pertamax Pertabo.
Jalur yg sama OS bisa 1:13-14 juga kalau kaki agak sekolah, ternyata OS ga boros2 amat (60 tol : 40 dalkot).
Tp ya itu OS dikondisi saat ini lbh sering di 1:10 karena sering pedal to metal & ANF jarang pedal to metal karena ud tersalurkan di OS..
Apalagi kalo perbandingannya pertalite dan mobil baru.
Saya pernah bandingin 2KD saya sama xpander sodara, sama-sama dr Jakarta ke Solo, konvoi. Speed di tol ya 100-130 lah. Itu secara nominal full to full malah lebih sedikit biaya yg dikeluarkan pake xpander. Saya butuh 220rb biosolar, sodara pake xpander nya 185rb pertalite.
Faktor rasio gear juga sih yg bikin 2KD saya jd boros, cuma dapet 1:9-10an, sedangkan Xpander nya bisa 1:14-15an
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
bensinsolar wrote: Thu Mar 18, 2021 2:54
Kalau isi bio solar pasti terasa hematnya.
Tp bwt saya pengguna ANF full Dex mirip2 sama mbl bensin OS isi selang seling Pertamax Pertabo.
Jalur yg sama OS bisa 1:13-14 juga kalau kaki agak sekolah, ternyata OS ga boros2 amat (60 tol : 40 dalkot).
Tp ya itu OS dikondisi saat ini lbh sering di 1:10 karena sering pedal to metal & ANF jarang pedal to metal karena ud tersalurkan di OS..
Apalagi kalo perbandingannya pertalite dan mobil baru.
Saya pernah bandingin 2KD saya sama xpander sodara, sama-sama dr Jakarta ke Solo, konvoi. Speed di tol ya 100-130 lah. Itu secara nominal full to full malah lebih sedikit biaya yg dikeluarkan pake xpander. Saya butuh 220rb biosolar, sodara pake xpander nya 185rb pertalite.
Faktor rasio gear juga sih yg bikin 2KD saya jd boros, cuma dapet 1:9-10an, sedangkan Xpander nya bisa 1:14-15an
Mirip pengalaman saya saat konvoy wisata ke pulau Jawa dari pulau Sumatera beberapa tahun yg lalu. Saat itu adik ipar saya bawa 2KD Diesel dan saya bawa mobil bensin dan hasilnya mirip dengan pengalaman Om. Cuma menurut saya penyebabnya bukan hanya rasio gear saja tapi bobot mobil nya sendiri dalam keadaan kosong saja sudah jauh lebih berat dari bobot mobil bensin yg saya gunakan jadi walaupun adik ipar bbm nya solar 5150 tapi masih lebih kecil pengeluaran bbm bensin saya wkwkwk.
bensinsolar wrote: Thu Mar 18, 2021 2:54
Kalau isi bio solar pasti terasa hematnya.
Tp bwt saya pengguna ANF full Dex mirip2 sama mbl bensin OS isi selang seling Pertamax Pertabo.
Jalur yg sama OS bisa 1:13-14 juga kalau kaki agak sekolah, ternyata OS ga boros2 amat (60 tol : 40 dalkot).
Tp ya itu OS dikondisi saat ini lbh sering di 1:10 karena sering pedal to metal & ANF jarang pedal to metal karena ud tersalurkan di OS..
Apalagi kalo perbandingannya pertalite dan mobil baru.
Saya pernah bandingin 2KD saya sama xpander sodara, sama-sama dr Jakarta ke Solo, konvoi. Speed di tol ya 100-130 lah. Itu secara nominal full to full malah lebih sedikit biaya yg dikeluarkan pake xpander. Saya butuh 220rb biosolar, sodara pake xpander nya 185rb pertalite.
Faktor rasio gear juga sih yg bikin 2KD saya jd boros, cuma dapet 1:9-10an, sedangkan Xpander nya bisa 1:14-15an
om jkarta-solo 500km lebih
pertalite 7.650 ya ? itu kepakai 185rb berarti sekitar 24liter.
500 / 24 : itu 1: 20 lewat
solar paling enak jalan arteri. klo dibawa kebut2an di tol memang ga terasa irit di 1: berapanya...
bensinsolar wrote: Thu Mar 18, 2021 2:54
Kalau isi bio solar pasti terasa hematnya.
Tp bwt saya pengguna ANF full Dex mirip2 sama mbl bensin OS isi selang seling Pertamax Pertabo.
Jalur yg sama OS bisa 1:13-14 juga kalau kaki agak sekolah, ternyata OS ga boros2 amat (60 tol : 40 dalkot).
Tp ya itu OS dikondisi saat ini lbh sering di 1:10 karena sering pedal to metal & ANF jarang pedal to metal karena ud tersalurkan di OS..
Apalagi kalo perbandingannya pertalite dan mobil baru.
Saya pernah bandingin 2KD saya sama xpander sodara, sama-sama dr Jakarta ke Solo, konvoi. Speed di tol ya 100-130 lah. Itu secara nominal full to full malah lebih sedikit biaya yg dikeluarkan pake xpander. Saya butuh 220rb biosolar, sodara pake xpander nya 185rb pertalite.
Faktor rasio gear juga sih yg bikin 2KD saya jd boros, cuma dapet 1:9-10an, sedangkan Xpander nya bisa 1:14-15an
om jkarta-solo 500km lebih
pertalite 7.650 ya ? itu kepakai 185rb berarti sekitar 24liter.
500 / 24 : itu 1: 20 lewat
solar paling enak jalan arteri. klo dibawa kebut2an di tol memang ga terasa irit di 1: berapanya...
membandingkan irit diesel vs bensin itu harus apple to apple.
kalau 2KD maka harus dibandingkan dengan mesin bensin 2500 cc
atau minimal pound to pound, yaitu cari yg kisaran berat body nya sama sama..sepantar…
kalau xpander bensin mau dibanding dengan diesel maka ambillah Spin Diesel, Ertiga Diesel..
Apalagi kalo perbandingannya pertalite dan mobil baru.
Saya pernah bandingin 2KD saya sama xpander sodara, sama-sama dr Jakarta ke Solo, konvoi. Speed di tol ya 100-130 lah. Itu secara nominal full to full malah lebih sedikit biaya yg dikeluarkan pake xpander. Saya butuh 220rb biosolar, sodara pake xpander nya 185rb pertalite.
Faktor rasio gear juga sih yg bikin 2KD saya jd boros, cuma dapet 1:9-10an, sedangkan Xpander nya bisa 1:14-15an
om jkarta-solo 500km lebih
pertalite 7.650 ya ? itu kepakai 185rb berarti sekitar 24liter.
500 / 24 : itu 1: 20 lewat
solar paling enak jalan arteri. klo dibawa kebut2an di tol memang ga terasa irit di 1: berapanya...
membandingkan irit diesel vs bensin itu harus apple to apple.
kalau 2KD maka harus dibandingkan dengan mesin bensin 2500 cc
atau minimal pound to pound, yaitu cari yg kisaran berat body nya sama sama..sepantar…
kalau xpander bensin mau dibanding dengan diesel maka ambillah Spin Diesel, Ertiga Diesel..
gak level kalo sama 1.3 Diesel JTD om.. 1:20 dengan begitu mudahnya itu mesin..
elraedrew wrote: Thu Mar 18, 2021 23:33
om jkarta-solo 500km lebih
pertalite 7.650 ya ? itu kepakai 185rb berarti sekitar 24liter.
500 / 24 : itu 1: 20 lewat
solar paling enak jalan arteri. klo dibawa kebut2an di tol memang ga terasa irit di 1: berapanya...
membandingkan irit diesel vs bensin itu harus apple to apple.
kalau 2KD maka harus dibandingkan dengan mesin bensin 2500 cc
atau minimal pound to pound, yaitu cari yg kisaran berat body nya sama sama..sepantar…
kalau xpander bensin mau dibanding dengan diesel maka ambillah Spin Diesel, Ertiga Diesel..
gak level kalo sama 1.3 Diesel JTD om.. 1:20 dengan begitu mudahnya itu mesin..
Ane pake fortuner 2KD Jakarta - Kuningan 250 KM kondisi full loaded dapat 1:13-14, itu pun harus masuk jalan alternative ke hutan yang sempit karena pas exit tol ditutup ada pelantikan pejabat jadi macet total & sempat diam lumayan lama gak gerak sama sekali. Catatan kaki kanan sopan normal yah, bejek2 kalau overtaking aja.
kalau lancar2 aja sih yakin tembus diatas 1:14 lah. Bio solar + racun + dastek + oli 5W-40. Kalau innova 2KD sih bisa lebih irit lagi harusnya karena lebih ringan & ban nya kecil.
Fortuner 2KD ane kalau full non tol & kecepatan rata2 di 22 kpj baru dapetnya 1:8-9, gak pernah dibawah itu seboros2nya. Geard A/T 4 speed jaman purba mah sudah bagus banget dapat segitu, jangan dibandingin ama CVT yang saat high speed tapi RPM bisa sangat rendah.
Sekarang pakai oli 5W-30 Amsoil Max Duty SS wah jauh lebih enteng lagi larinya, makin yakin bisa lebih irit lagi konsumsi solarnya, sudah gak mau pindah 5W-40 lagi [emoji5]
membandingkan irit diesel vs bensin itu harus apple to apple.
kalau 2KD maka harus dibandingkan dengan mesin bensin 2500 cc
atau minimal pound to pound, yaitu cari yg kisaran berat body nya sama sama..sepantar…
kalau xpander bensin mau dibanding dengan diesel maka ambillah Spin Diesel, Ertiga Diesel..
gak level kalo sama 1.3 Diesel JTD om.. 1:20 dengan begitu mudahnya itu mesin..
Ane pake fortuner 2KD Jakarta - Kuningan 250 KM kondisi full loaded dapat 1:13-14, itu pun harus masuk jalan alternative ke hutan yang sempit karena pas exit tol ditutup ada pelantikan pejabat jadi macet total & sempat diam lumayan lama gak gerak sama sekali. Catatan kaki kanan sopan normal yah, bejek2 kalau overtaking aja.
kalau lancar2 aja sih yakin tembus diatas 1:14 lah. Bio solar + racun + dastek + oli 5W-40. Kalau innova 2KD sih bisa lebih irit lagi harusnya karena lebih ringan & ban nya kecil.
Fortuner 2KD ane kalau full non tol & kecepatan rata2 di 22 kpj baru dapetnya 1:8-9, gak pernah dibawah itu seboros2nya. Geard A/T 4 speed jaman purba mah sudah bagus banget dapat segitu, jangan dibandingin ama CVT yang saat high speed tapi RPM bisa sangat rendah.
Sekarang pakai oli 5W-30 Amsoil Max Duty SS wah jauh lebih enteng lagi larinya, makin yakin bisa lebih irit lagi konsumsi solarnya, sudah gak mau pindah 5W-40 lagi [emoji5]
saya herannya knp GD engine ini iritnya ga se yg digembor2in toyota yah?
"Toyota claims they have a maximum thermal efficiency of 44 percent, "top class" at the time of introduction.", saya lansir dari halaman GD engine di wiki, bisa liat di footnote original sourcenya, tp kalo segitu efisiennya, harusnya bisa lebih bagus dari kawan2 di sini bilang kan ya? mengingat berat mobilnya jg gitu2 aja
albertusac wrote:
gak level kalo sama 1.3 Diesel JTD om.. 1:20 dengan begitu mudahnya itu mesin..
Ane pake fortuner 2KD Jakarta - Kuningan 250 KM kondisi full loaded dapat 1:13-14, itu pun harus masuk jalan alternative ke hutan yang sempit karena pas exit tol ditutup ada pelantikan pejabat jadi macet total & sempat diam lumayan lama gak gerak sama sekali. Catatan kaki kanan sopan normal yah, bejek2 kalau overtaking aja.
kalau lancar2 aja sih yakin tembus diatas 1:14 lah. Bio solar + racun + dastek + oli 5W-40. Kalau innova 2KD sih bisa lebih irit lagi harusnya karena lebih ringan & ban nya kecil.
Fortuner 2KD ane kalau full non tol & kecepatan rata2 di 22 kpj baru dapetnya 1:8-9, gak pernah dibawah itu seboros2nya. Geard A/T 4 speed jaman purba mah sudah bagus banget dapat segitu, jangan dibandingin ama CVT yang saat high speed tapi RPM bisa sangat rendah.
Sekarang pakai oli 5W-30 Amsoil Max Duty SS wah jauh lebih enteng lagi larinya, makin yakin bisa lebih irit lagi konsumsi solarnya, sudah gak mau pindah 5W-40 lagi [emoji5]
saya herannya knp GD engine ini iritnya ga se yg digembor2in toyota yah?
"Toyota claims they have a maximum thermal efficiency of 44 percent, "top class" at the time of introduction.", saya lansir dari halaman GD engine di wiki, bisa liat di footnote original sourcenya, tp kalo segitu efisiennya, harusnya bisa lebih bagus dari kawan2 di sini bilang kan ya? mengingat berat mobilnya jg gitu2 aja
mungkin mereka dulu testnya di track...sementara kita ngetesnya di jalanan.
mereka mungkin cuma 1 pax, kita isi 7 pax,
albertusac wrote: Fri Mar 19, 2021 11:54
saya herannya knp GD engine ini iritnya ga se yg digembor2in toyota yah?
"Toyota claims they have a maximum thermal efficiency of 44 percent, "top class" at the time of introduction.", saya lansir dari halaman GD engine di wiki, bisa liat di footnote original sourcenya, tp kalo segitu efisiennya, harusnya bisa lebih bagus dari kawan2 di sini bilang kan ya? mengingat berat mobilnya jg gitu2 aja
namanya aja jualan. yg kecap selalu nomor satu.
lagian kalau klaim thermal efficiency bisa jadi bukan buat irit bbm tapi power output? karena mesin 2GD itu kan secara kapasitas lebih kecil dikit dair 2KD tapi power dan torque nambah banyak banget.
Pas remap pake turbo std, Tangsel - Jogja dapet si 1:17 - 19, driving style anteng pake cruise control 80-100kmh. Sekali2 di geber. Kondisi mobil stage 1 udah kumplit semua (exhaust, air filter replacement, superground achien, bobok restrictor)
Udah ganti turbo 1GD, di remap.. dari tengki stgh, sampe Carita masih ada di antara 1/2 dan 1/4 (est.perjalanan 170km). MID 1:14 (kombinasi dalkot juga sblm berangkat ke Carita). Driving style agak sedikit nakal kaki kanan nya.
jgn lupa jg itu mesin2 GD bersemayam di body inofa dan fortuner yg jauhhhhhhhhh lebi berat dr pendahulu nya, ga tanggung2 beda nya 200- 300 kg lebi berat..
mungkin itu 40 % itungan pure dr enjin nya doank, lupa dimasukin faktor bobot mobil nya skrg yg najong berat bener
Apalagi kalo perbandingannya pertalite dan mobil baru.
Saya pernah bandingin 2KD saya sama xpander sodara, sama-sama dr Jakarta ke Solo, konvoi. Speed di tol ya 100-130 lah. Itu secara nominal full to full malah lebih sedikit biaya yg dikeluarkan pake xpander. Saya butuh 220rb biosolar, sodara pake xpander nya 185rb pertalite.
Faktor rasio gear juga sih yg bikin 2KD saya jd boros, cuma dapet 1:9-10an, sedangkan Xpander nya bisa 1:14-15an
om jkarta-solo 500km lebih
pertalite 7.650 ya ? itu kepakai 185rb berarti sekitar 24liter.
500 / 24 : itu 1: 20 lewat
solar paling enak jalan arteri. klo dibawa kebut2an di tol memang ga terasa irit di 1: berapanya...
membandingkan irit diesel vs bensin itu harus apple to apple.
kalau 2KD maka harus dibandingkan dengan mesin bensin 2500 cc
atau minimal pound to pound, yaitu cari yg kisaran berat body nya sama sama..sepantar…
kalau xpander bensin mau dibanding dengan diesel maka ambillah Spin Diesel, Ertiga Diesel..
320i sama 320d mungkin ya kalo mau Apple to Apple, sama2 2L turbo, ada yang pernah bandingin mungkin antara dua mobil itu ?
DOHC wrote: Fri Mar 19, 2021 14:45
jgn lupa jg itu mesin2 GD bersemayam di body inofa dan fortuner yg jauhhhhhhhhh lebi berat dr pendahulu nya, ga tanggung2 beda nya 200- 300 kg lebi berat..
Ane baru tau loh mod klep. Bagus deh innova 2kd klo lebih enteng. Enggak mubazir di build 600 bhp klo gitu
bensinsolar wrote: Thu Mar 18, 2021 2:54
Kalau isi bio solar pasti terasa hematnya.
Tp bwt saya pengguna ANF full Dex mirip2 sama mbl bensin OS isi selang seling Pertamax Pertabo.
Jalur yg sama OS bisa 1:13-14 juga kalau kaki agak sekolah, ternyata OS ga boros2 amat (60 tol : 40 dalkot).
Tp ya itu OS dikondisi saat ini lbh sering di 1:10 karena sering pedal to metal & ANF jarang pedal to metal karena ud tersalurkan di OS..
Apalagi kalo perbandingannya pertalite dan mobil baru.
Saya pernah bandingin 2KD saya sama xpander sodara, sama-sama dr Jakarta ke Solo, konvoi. Speed di tol ya 100-130 lah. Itu secara nominal full to full malah lebih sedikit biaya yg dikeluarkan pake xpander. Saya butuh 220rb biosolar, sodara pake xpander nya 185rb pertalite.
Faktor rasio gear juga sih yg bikin 2KD saya jd boros, cuma dapet 1:9-10an, sedangkan Xpander nya bisa 1:14-15an
2kd emang ga seirit yang saya kira, kirain diesel itu iritnya jauh sama bensin
Cuma kok 2kd om boros bgt lukot cuma 1:10 ya, 2kd ortu itu masih dapet 1:12 rute Jakarta Jogja.
Beti sama qr25 saya, lukot rute sama ga pernah dibawah 1:11. Kecepatan juga rata rata 100-140. Tapi memang begitu dalkot ya cuma 1:6 apa 1:7, kalah telak sama 2kd.
albertusac wrote: Fri Mar 19, 2021 11:54
saya herannya knp GD engine ini iritnya ga se yg digembor2in toyota yah?
"Toyota claims they have a maximum thermal efficiency of 44 percent, "top class" at the time of introduction.", saya lansir dari halaman GD engine di wiki, bisa liat di footnote original sourcenya, tp kalo segitu efisiennya, harusnya bisa lebih bagus dari kawan2 di sini bilang kan ya? mengingat berat mobilnya jg gitu2 aja
"thermal" efficiency om.
kalau thermal efficiency ngomongnya bukan km per liter tapi Qin / Qout... alias energi masuk berbanding energi keluaran. artinya seberapa banyak panas yang digunakan menjadi energi dari mesin dengan kapasitas xxxx cc.
saya gak tau matematikanya tapi dengan asumsi kasar kalau lihat power ratingnya ya benar, 2GD itu powernya 149 hp, 2KD (non-VNT) 102hp. hampir 50% itu malah. cuma skali lagi 2KD indo spec adalah 2KD yang dipaksa mimik biosolar... di luar ada yang 110 hp.
dan fakta bahwa 2GD punya displacement 100cc lebih kecil. yang 1KD / 1GD malah lebih kecil 200 cc.
mungkin yang dimaksud toyota adalah "at max" seperti kalo diskon "up to 50%" jg tidak semua barang 50%
karena KD dan GD sendiri specnya bisa berbeda-beda, belum kalo bicara masih ada KD-VNT. jadi tidak semua KD-GD engine mempertahankan rasio 44% nya itu tadi.
DOHC wrote: Fri Mar 19, 2021 14:45
jgn lupa jg itu mesin2 GD bersemayam di body inofa dan fortuner yg jauhhhhhhhhh lebi berat dr pendahulu nya, ga tanggung2 beda nya 200- 300 kg lebi berat..
Ane baru tau loh mod klep. Bagus deh innova 2kd klo lebih enteng. Enggak mubazir di build 600 bhp klo gitu
Iya mbah kiel
Ribon itu dr type G aj ud full peredam lantai, apalagi yg type V dan venturer
Belom lg panjang body yg lebi panjang
Makanya inofa ribon itu panjang dan berat nya = fortuner lama
DOHC wrote: Fri Mar 19, 2021 14:45
jgn lupa jg itu mesin2 GD bersemayam di body inofa dan fortuner yg jauhhhhhhhhh lebi berat dr pendahulu nya, ga tanggung2 beda nya 200- 300 kg lebi berat..
Ane baru tau loh mod klep. Bagus deh innova 2kd klo lebih enteng. Enggak mubazir di build 600 bhp klo gitu
Iya mbah kiel
Ribon itu dr type G aj ud full peredam lantai, apalagi yg type V dan venturer
Belom lg panjang body yg lebi panjang
Makanya inofa ribon itu panjang dan berat nya = fortuner lama
Kl Vrz yah = entahlah seberat siapa
Makanya inofa disel lama = the real sleeper car
Lebih sleeper lagi kalau di swap ke 1KD with turbo hybrid.
DOHC wrote: Fri Mar 19, 2021 14:45
jgn lupa jg itu mesin2 GD bersemayam di body inofa dan fortuner yg jauhhhhhhhhh lebi berat dr pendahulu nya, ga tanggung2 beda nya 200- 300 kg lebi berat..
Ane baru tau loh mod klep. Bagus deh innova 2kd klo lebih enteng. Enggak mubazir di build 600 bhp klo gitu
Iya mbah kiel
Ribon itu dr type G aj ud full peredam lantai, apalagi yg type V dan venturer
Belom lg panjang body yg lebi panjang
Makanya inofa ribon itu panjang dan berat nya = fortuner lama
Kl Vrz yah = entahlah seberat siapa
Makanya inofa disel lama = the real sleeper car
reborn itu peredam nya minim bgt om...aplagiyg di lantai...duduk di bagian driver dan sampingnya itu berasa ngga terlalu kaleng krn di lantai nya bagian bawah dashboard ada semacam sterofoam tebal....saya ud pernah liat krn reborn saya pasang full peredam audio di lantai nya mulai dari bawah dashboard sampe ke blkg....buat perjalanan jauh di tol jg berasa lebih anteng dan kedap...titik berat mbl ada di bawah...hhehe
Ane baru tau loh mod klep. Bagus deh innova 2kd klo lebih enteng. Enggak mubazir di build 600 bhp klo gitu
Iya mbah kiel
Ribon itu dr type G aj ud full peredam lantai, apalagi yg type V dan venturer
Belom lg panjang body yg lebi panjang
Makanya inofa ribon itu panjang dan berat nya = fortuner lama
Kl Vrz yah = entahlah seberat siapa
Makanya inofa disel lama = the real sleeper car
reborn itu peredam nya minim bgt om...aplagiyg di lantai...duduk di bagian driver dan sampingnya itu berasa ngga terlalu kaleng krn di lantai nya bagian bawah dashboard ada semacam sterofoam tebal....saya ud pernah liat krn reborn saya pasang full peredam audio di lantai nya mulai dari bawah dashboard sampe ke blkg....buat perjalanan jauh di tol jg berasa lebih anteng dan kedap...titik berat mbl ada di bawah...hhehe
Maksud saya kl dbandingin ama inofa gen lama seh ribon ud jauh lebi banyak om, tp ya kl dbanding ama mobil2 laen sehh yah jelas pelit medit dit dit dia
Dl saya ad inofa gen lama, itu perna saya bongkar karpet dek lantai nya full smua ampe bare metal, lah itu peredam aspal nya aj secuil2 doank, peditnya lg yg bagian row 3 malah ga ad peredam aspal samsek, bener2 full bare metal kaleng doank, padahal itu type V loh.
Nah kl d ribon saya jg perna bongkar karpet dek nya, nahh ternyata ud lumayan tercover banyak peredam aspal nya, bahkan yg row 3 aj ud full peredam aspal smua, padahal ini ribon saya type G doank
Ini soal peredam ternyata perna dibahas jg ama fitra eri waktu ribon baru kuar, kl dr info yg dia dpet dr internal TAM nya, mmg ribon itu NVH nya dirancang lebi baik drpd inofa seblom nya, terutama dr chassis, dan peredam
bensinsolar wrote: Thu Mar 18, 2021 2:54
Kalau isi bio solar pasti terasa hematnya.
Tp bwt saya pengguna ANF full Dex mirip2 sama mbl bensin OS isi selang seling Pertamax Pertabo.
Jalur yg sama OS bisa 1:13-14 juga kalau kaki agak sekolah, ternyata OS ga boros2 amat (60 tol : 40 dalkot).
Tp ya itu OS dikondisi saat ini lbh sering di 1:10 karena sering pedal to metal & ANF jarang pedal to metal karena ud tersalurkan di OS..
Apalagi kalo perbandingannya pertalite dan mobil baru.
Saya pernah bandingin 2KD saya sama xpander sodara, sama-sama dr Jakarta ke Solo, konvoi. Speed di tol ya 100-130 lah. Itu secara nominal full to full malah lebih sedikit biaya yg dikeluarkan pake xpander. Saya butuh 220rb biosolar, sodara pake xpander nya 185rb pertalite.
Faktor rasio gear juga sih yg bikin 2KD saya jd boros, cuma dapet 1:9-10an, sedangkan Xpander nya bisa 1:14-15an
2kd emang ga seirit yang saya kira, kirain diesel itu iritnya jauh sama bensin
Cuma kok 2kd om boros bgt lukot cuma 1:10 ya, 2kd ortu itu masih dapet 1:12 rute Jakarta Jogja.
Beti sama qr25 saya, lukot rute sama ga pernah dibawah 1:11. Kecepatan juga rata rata 100-140. Tapi memang begitu dalkot ya cuma 1:6 apa 1:7, kalah telak sama 2kd.
Tergantung rute dan kondisi jalan yg dilewatin Om. Sebagai info, dulu sebelum ada trans jawa, itu saya pake 2KD manual jg dr TangSel full tank, sampe di Boyolali itu isi sekitar 45 literan, Tol cuma sampe cikampek, dan Semarang-Ungaran.
Sekarang lewat trans jawa, secara jarak mungkin jauh terpangkas bisa selisih 100km lebih, cuma ya sama aja sampe Boyolali itu isi sekitar segituan jg.
Kenapa bisa seperti itu, karena faktor rasio gear, di jalan non tol paling speed nya rata2 60-80, RPM stabil di 2000-2500 gear 5. Sedangkan kalo di tol, speed 100 aja RPM nya udah 2500 lebih, 120 itu 3000an, jelas lebih banyak bensin yg disembur. Itu yg bikin boros.
Beda cerita kalo 2KD yg matic, pasti jauh lebih irit dengan speed yg sama di tol
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
ini sudah ngesot bawanya sampe keluar tol nih...pedal ke karpet....langsung tekuk lemparin buntut....sesekali ktemu kawan nguber.....show off gitu cerita ne...
mobilnya ajib....walo mobil mak mak antar anak sekolah...tapi berasa sedan spek type r.... kaku kakinya...ky dipantek...
pigibak pula....jangan di uber yeee....krn gak senang liat mobil mamak mamak pedal ke karpet ....
klo trek lurus sama2 kik don...merk shir repair plisur standar sih...di makan...
asal jgn diatas 200....kalah mobil mamak mamak..ngaku aja yee mobil mamak kalah....
Screenshot_20210322-142923_Video Player.jpg
Screenshot_20210322-142940_Video Player.jpg
Screenshot_20210322-143037_Gallery.jpg
Screenshot_20210322-143028_Gallery.jpg
Screenshot_20210322-143232_Gallery.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.