Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
ini mainan saya sewaktu kecil, entah sebagai peluru kendali atau bom yang dijatuhkan dari pesawat terbang...
bahasa inggrisnya plumb bob, tapi saya mengenalnya sebagai lot.
IMG20210314235607.jpg
IMG20210314235642.jpg
IMG20210314235703.jpg
IMG20210314235854.jpg
biasa dipakai pekerja bangunan untuk menentukan kelurusan 2 titik vertikal (seperti kolom). atau bisa juga untuk membantu saat wheel alignment atau spooring (sumpah sampe sekarang saya ngga tau spooring itu bahasa apa) melihat kemiringan roda secar vertikal atau CAMBER (BUKAN CHAMBER).
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
marmut wrote: Sun Mar 14, 2021 17:28
ini mainan saya sewaktu kecil, entah sebagai peluru kendali atau bom yang dijatuhkan dari pesawat terbang...
bahasa inggrisnya plumb bob, tapi saya mengenalnya sebagai lot.
biasa dipakai pekerja bangunan untuk menentukan kelurusan 2 titik vertikal (seperti kolom). atau bisa juga untuk membantu saat wheel alignment atau spooring (sumpah sampe sekarang saya ngga tau spooring itu bahasa apa) melihat kemiringan roda secar vertikal atau CAMBER (BUKAN CHAMBER).
baru tau bisa di buka.. ..kalo mainan kecil saya .."busi bom"kasih ekor pakai tali rafia (biasanya saya buat dari busi)...dalamnya isi mesiu korek api.. ..lemparin tinggi2.. ..
gentongxz wrote: Sun Mar 14, 2021 19:43
Kalibrasi DIY.. anak kampung.....
pertanyaan: kenapa NOL tidak ditengah..? di sesuaikan bentuk jarum..karena tidak lurus pas kena connector..
gmn cara cek akurasinya pak gentong? harus dikalibrasi pak. koreksi kl salah, jangan2 suara erangan sdh keluar sebelum waktunya.
gentongxz wrote: Sun Mar 14, 2021 19:43
Kalibrasi DIY.. anak kampung.....
pertanyaan: kenapa NOL tidak ditengah..? di sesuaikan bentuk jarum..karena tidak lurus pas kena connector..
Anu pak
Knapa perlu dikalibrasi ?
Saya punya entah perlu dikalibrasi lg atau ga, scara ampir tiap ari dipake maenan ama supir2 dan kenek kantor, entah buat ngencengin baut roda engkel atau mobil box, atau mungkin sambit meong dan guk2
gentongxz wrote: Sun Mar 14, 2021 19:43
Kalibrasi DIY.. anak kampung.....
pertanyaan: kenapa NOL tidak ditengah..? di sesuaikan bentuk jarum..karena tidak lurus pas kena connector..
gmn cara cek akurasinya pak gentong? harus dikalibrasi pak. koreksi kl salah, jangan2 suara erangan sdh keluar sebelum waktunya.
Pertanyaan bagus..( soal erangan.. )..kalo belum tersentuh erangannya tidak keluar Pak..,makanya angka 0 nya tidak tepat di tengah..( di sesuaikan dengan ujung jarum..,di ukur2 satu2..dan di garis..) baru dibuat lebih cantik dengan angka2..,jadi pas ujung jarum menyentuh di garis yg di inginkan.. erangannya baru keluar pak..( jadi erangannya enghh.. 1x saja sudah cukup) jangan panjang2 enghhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh.......................................!!!!!!!!!!!! nah itu bisa + 2-4 dari angka yg di inginkan..
gentongxz wrote: Sun Mar 14, 2021 19:43
Kalibrasi DIY.. anak kampung.....
pertanyaan: kenapa NOL tidak ditengah..? di sesuaikan bentuk jarum..karena tidak lurus pas kena connector..
Anu pak
Knapa perlu dikalibrasi ?
Saya punya entah perlu dikalibrasi lg atau ga, scara ampir tiap ari dipake maenan ama supir2 dan kenek kantor, entah buat ngencengin baut roda engkel atau mobil box, atau mungkin sambit meong dan guk2
kalo ini bawaannya tidak perlu di kalibrasi lagi SELAGI JARUM MASIH DI ANGKA 0...,kalo lewat.. tinggal di tekuk pelan2 / di urut pakai minyak jaitun.. ..sampai luruss ke lobang 0 nya.. .. eh maksudnya GARIS 0..
mungkin seperti begini bagan paling sederhananya ,pergerakan jarum dan connector beepingnya..,di karenakan bentuk jarum yg tidak lurus maka di ukur/ tiap garis(ukuran yg tertera..,dengan mendorong kekanan dan kekiri (di tahan dengan connector)sambil di liat ketepatan ujung jarum dengan posisi nomor yg tertera di papan TW nya..( harus benar2 di liat ketepatannya) baru bisa di bentuk garis2/angka untuk pembacaan melalui connector..( pengecekan sampai 3X) CMIIW..
sebenarnya angka di connectornya bisa di sejajarkan dengan angka di papan jarum..sayangnya..lagi malas buatnya..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
gentongxz wrote: Mon Mar 15, 2021 7:29
mungkin seperti begini bagan paling sederhananya ,pergerakan jarum dan connector beepingnya..,di karenakan bentuk jarum yg tidak lurus maka di ukur/ tiap garis(ukuran yg tertera..,dengan mendorong kekanan dan kekiri (di tahan dengan connector)sambil di liat ketepatan ujung jarum dengan posisi nomor yg tertera di papan TW nya..( harus benar2 di liat ketepatannya) baru bisa di bentuk garis2/angka untuk pembacaan melalui connector..( pengecekan sampai 3X) CMIIW..
sebenarnya angka di connectornya bisa di sejajarkan dengan angka di papan jarum..sayangnya..lagi malas buatnya..
terlalu kreatif pak gentong .... kl saya lebih baik beli TW click type. set n forget.
gentongxz wrote: Mon Mar 15, 2021 7:29
mungkin seperti begini bagan paling sederhananya ,pergerakan jarum dan connector beepingnya..,di karenakan bentuk jarum yg tidak lurus maka di ukur/ tiap garis(ukuran yg tertera..,dengan mendorong kekanan dan kekiri (di tahan dengan connector)sambil di liat ketepatan ujung jarum dengan posisi nomor yg tertera di papan TW nya..( harus benar2 di liat ketepatannya) baru bisa di bentuk garis2/angka untuk pembacaan melalui connector..( pengecekan sampai 3X) CMIIW..
sebenarnya angka di connectornya bisa di sejajarkan dengan angka di papan jarum..sayangnya..lagi malas buatnya..
terlalu kreatif pak gentong .... kl saya lebih baik beli TW click type. set n forget.
.... mungkin kelebihan type jarum pak.. " kalau belum langsung di liat kadang tidak percaya ",
iseng2 berhadiah .. isengnya dapat hadiah TW ada bunyinya..
Mo tanya om,
Sebenarnya kekuatan ratchet 3/8 macam facom bs sampai brapa newton y?
Baca spekny katany bs up to 600N. Brarti aman klo dpakai buat buka ato kencengin baut roda minibus ato lmpv ya?
Makasih
Peter10 wrote: Tue Mar 16, 2021 15:28
Mo tanya om,
Sebenarnya kekuatan ratchet 3/8 macam facom bs sampai brapa newton y?
Baca spekny katany bs up to 600N. Brarti aman klo dpakai buat buka ato kencengin baut roda minibus ato lmpv ya?
Makasih
ratchet handle 3/8" yang panjangnya sekitaran 8" itu?
kalo bisa buka mur roda hanya dengan itu, semangkok mie ayam sudah menanti. saya traktir.
ratchet handle 3/8 ga bakal bisa dipake buka baut ban
tuh saya ada 2 ratchet 3/8 merek tekiro yg ngaku2 jepang, 2 2 nya ud jebol gara2 iseng ta pake buka baut roda hrv yg dikencengin cuman 100 Nm doank
nah kl mau iseng2 bonek, pake ratchet 1/2, ini (kemungkinan) bsa buat buka baut ban, ud saya coba jg dan ternjata berhasil... tapi BUKAN MEREK TEKIRO yg ngaku2 jepang itu, tp pake ratchet yg jepang beneran
DOHC wrote: Tue Mar 16, 2021 16:49
nah kl mau iseng2 bonek, pake ratchet 1/2, ini (kemungkinan) bsa buat buka baut ban, ud saya coba jg dan ternjata berhasil... tapi BUKAN MEREK TEKIRO yg ngaku2 jepang itu, tp pake ratchet yg jepang beneran
DOHC wrote: Tue Mar 16, 2021 16:49
nah kl mau iseng2 bonek, pake ratchet 1/2, ini (kemungkinan) bsa buat buka baut ban, ud saya coba jg dan ternjata berhasil... tapi BUKAN MEREK TEKIRO yg ngaku2 jepang itu, tp pake ratchet yg jepang beneran
jadi...
pake ratchet merk jepang buatan tekiro?
eh... gimana sih?
Ratchet jepun beneran mbah, itu yg saya, mbah yanuara ama mbah profith pake punya
Untuk Rektor, WaRektor, Mbah Dekan dan Mbah Shifu Plop...
apakah kl kepentok alias grass root itu bisa buat baut yg tadinya kenceng jadi kendor ya?
kemaren pulkam bin mudik ke daerah gunung yang jalannya luar biasa wow...
pas sampe lokasi itu baut Link Stabil kiri bawah sdh mau lepas tp yg atas msh kuat.
Dipake rute yg sama kedua kali skrg malah Baut Link Stabil atas yg sdh mau lepas.
Akhirnya buka roda kiri lagi dan kencengin baut atas plus baut bawah Link Stabil nya.
blloewy wrote: Wed Mar 17, 2021 6:11
Untuk Rektor, WaRektor, Mbah Dekan dan Mbah Shifu Plop...
apakah kl kepentok alias grass root itu bisa buat baut yg tadinya kenceng jadi kendor ya?
kemaren pulkam bin mudik ke daerah gunung yang jalannya luar biasa wow...
pas sampe lokasi itu baut Link Stabil kiri bawah sdh mau lepas tp yg atas msh kuat.
Dipake rute yg sama kedua kali skrg malah Baut Link Stabil atas yg sdh mau lepas.
Akhirnya buka roda kiri lagi dan kencengin baut atas plus baut bawah Link Stabil nya.
baut link stabil ngencenginnya hrs pake 2 tools, kunci hex (kunci L/allen key) sama kunci ringpas. kunci L utk nahan spy tengahnya ga ikut muter. kl engga ya ga akan kencang.
TW yg 20-110 nya itu square drive 3/8" (9.5mm) lho. not recommended for kaki2 ataupun baut roda krn kekecilan (imho). others' opinions may differ.
yg 28-210 itu square drive nya baru 1/2" (12.7mm) yg lebih cocok utk baut roda n kaki2.