Akhirnya sampai tahap penentuan mana yang enak di pakai untuk keperluan untuk keperluan jalan luarkota perjalanan bersama keluarga.
Dikisaran harga 500-700an sempat melirik alphard Facelift, harier, lexus, mercedes CLA, peuqeot 5008.
Akhirnya hunting 2nd nya dulu. Untuk alphard, harier dan lexus dapat dikisaran tahun 2015-2017.
Mercedes dikesampingkan karena kurang cocok jalan jauh. Duduk di belakang ga enak. Peugeot ga jadi karena serem juga cari bengkelnya diluarkota... rute umum yang sering dijalani itu jakarta - bali . Dan pulau jawa sekitar.
Akhirnya baca tentang review CX9 disini saya pikir boleh juga masuk anggaran. Dapet 2nd tahun 2019 atau 2020. Sebelum saya cari 2nd saya ke showroom test drive dulu...
Sekedar info saya pernah piara 2tahun cx5, dan mazda8 5 tahun.
Dishowroom saya test 2 mobil dengan keluarga. Lengkap dengan anak2 .
Cx9 dan cx8.
Harga baru pricelist terpaut 100jtan kalau ga salah.
Memang untuk fun to drive cx9 lebih enak. Dilengkapin sunroof dan turbo...
Tapi untuk akomodasi di baris 2 cx 8 type elite jauh lebih enak dibandingkan dengan cx9.
Setelah test drive 2 mobil ini sampai 3x balik showroom.
Saya putuskan ambil cx 8 elite dengan pertimbangan diharga 660jt. Setelah diskon nik 2020. Dengan pertimbangan mobil baru dan rasa berkendara yang cukup oke.
2 minggu kemudian mobil diantar...
Diawal bulan febuari.
Setelah sebulanan pakai mobil ini baru saya tulis rasa berkendaranya...
Untuk handling mobil ini sudah sangat enak di pakai. Menyetir mobil ini terasa besar tapi mobil rasanya mengikuti maunya kita untuk nyetir agresif dan kalem. Untuk di adu dengan cx 9 memang mirip rasanya hanya beda di tenaga cx9 lebih kencang. Posisi kursi yang rasanya pas di badan dan setir yang ga berat dan ga ringan. Tenaga cx8 meski tanpa turbo rasanya sangat beda dengan rasa berkendara cx5. Kalau ada yang bilang ini cx5 di gedein kurang tepat karena ini sangat mirip rasa berkendara dengan cx9. Mobil cx 8 mempunyai karakter tenaga yang ga pelan sebenarnya bahkan penggantian gigi yang cepat membuat rasanya mobil ini ga kehabisan tenaga. Memang saya test baru sampai kerawang plat sementara serem kalau jauh2 keluar kota. Test di tol 160km perjam itu sangat mudah di capai. Performa tenaganya mirip dengan harier dimana hentakan sedikit seperti lag tapi bukan lag tenaga naik pelan teratur seperti ga habis habis. Cukup lah menurut saya untuk pemakaian dalkot dan luarkota bersama keluarga.
Fitur menjaga tetap di garis sangat membantu kalau kita ngantuk. Tapi ga enak kalau kita mau nyalip2 dia menarik setir sedikit kearah berlawanan jika kita pindah jalur tanpa sen. Fitur2 mazda cx8 sangat banyak dan menurut saya sangat membantu. Misal pengingat istirahat jika sudah menyetir beberapa jam. Dan yang paling bagus buat saya lampu otomatisnya kaca film saya pasang 80% sekeliling dengan kaca 3m BB. Depan 40% penyinaran lampu mobil cukup terang dan fitur lampu yang mengikuti arah setir ini sangat membantu pas belok2 di jalan gelap.
Untuk kenyamanan...
Duduk dikemudi di mazda cx8 rasanya pas.. kursi yang agak keras tapi masih nyaman. Saya duduk paling lama 4jam an. Ga pegal, luas leg room pengemudi yang cukup luas bisa buat kaki cukup buat lempeng dan peregangan.
Duduk sebagai penumpang baris ke 2 untuk type elite ini penentu saya beli mobil ini. Jauh lebih enak dibanding cx 9. Karena senderan badan bisa jauh lebih rebah dan di tambah penghangat kursi. Fitur ini sering diremehkan katanya ga kepakai di indonesia. Salah besar menurut saya. Jika anda berkeluarga dan duduk dibelakang dalam waktu yang lama. Pasti ada 2 yang dirasa pegal dan dingin... fitur penghangat sangat berguna badan jadi relax dan nyaman.
leg room penumpang baris 2 luas dan anak2 sangat nyaman disini.
Karena punya mazda 8 ya mereka sebenarnya lebih suka itu tapi kan sudah tua jadi mobil ini bisa menjadi pengganti . ini pertimbangan penumpang kenapa alphard masuk list ini. Sayang buat pengemudinya alphard ga enak banget.
Untuk bagasi cx8 kecil termasuk jadi kalau rute luar kota ga bisa bawa banyak2 barang. Dibanding dengan harier atau inova...
Saya tidak membahas kursi baris 3 karena ga pernah kepakai dan ga pernah duduk.
Jadi setelah mencoba 1 bulanan mobil ini saya rasa cukup tepat Karena keseimbangan antara kenyamanan pengemudi dan penumpang secara maksimal. Dan banyak yang bilang ga worthed ambil cx8 dibanding cx9 karena turbo dan sunroof harga beda 100jt. Ya ga juga saya dapat cx 2020 di harga 830an. Dan saya dapat cx8 660. Jauh lah lumayan 100jt lebih. Itu duit semuakan... hehehe...
Kenapa ga pajero atau fortuner . Saya punya inova v diesel. Jadi saya akan pilih ini ketimbang 2 itu. Karena badan saya termasuk size xxxl

sempit di posisi supir.
Untuk bensin... saya menggunakan pertamax biasa pemakaian kisaran 1:9 menurut bacaan di mobil. Mobil baru 1x keluar kota dan setiap hari muter2 dipakai kisaran jarak 20km . Saya rasa sih cukup irit ya. Tapi berasa boros jika dibanding cx5.
Sekian review pemakaian 1bulanan cx8 semoga bisa membantu teman2 buat menentukan pilihan mobil buat hari2. Semua ini opini pribadi saya ga ada maksud menyinggung merk lain atau pilihan yang beda.

Terimakasih jika ada yang mau ditanya2 silahkan tanya saja.