johnlegend wrote:mr ichsan.. anda benerrrrrrrrr.. posisi pedal gas n rem rada aneh yah.. pedal gas nya menjorok k dalem *arah mesin*.. sedangkan pedal rem agak menonjol k arah badan kita..
saya ngga seberapa tinggi.. cuman 173cm.. ngga terlalu kerasa si.. mungkin yg tinggi nya lebih dari 180 yg rada capek..
ada yg merhati'in jg kaga nih?
td saya test lagi konsumsi bbm nya.. dapet 1:12 *koma sekian tidak saya hitung pak ichsan.... saya bulatin kebawah*
moga2 saya ngga salah hitung deh.. *sampe skrg masi penasaran.. kok bisa mobil pak ichsan dapet nya 1:7-8 ya? rpm sering nya nongkrong di angka berapa pak? kl saya, selalu saya maintain di 2000rpm.. sering nya si di 1500rpm.. cruising speed 60kmh*
coba ditanya k dealer nya aja pak.. bilang kenapa kok dapet nya 1:7-8.. di dealer nya mungkin ada alat ukur bbm yg lebih akurat kali yah..
Yg udah dapet Livina absen disiniii.........
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
hmmm 1:12 ... jalur pemakaian dan sikon jalan gimana John? dan GL loe type apa ya?
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
jalur pemakaian.. dalam kota surabaya.. mixed.. tadi sore pas keluar rumah maceeeet.. *malem minggu* trus pas keluar lagi sekitar jam 930.. jalanan lancar.. jadi bisa maintain rpm ngga lebih dari 2000.. trus cruising speed konstan di 60kmh..
malem nya jam 11.. ngebut.. ada kebut2an ama vios.. kaga balapan.. cuman ngebut biasa aja.. jalanan ngga terlalu padat.. kecepatan rata2 sekitar 80kmh.. maximum kira2 120kmh..
ngga lama ngebut, inget bensin mahal.. bis gitu balik lagi nyetir gaya kalem.. hehehe..
trus isi bensin.. full.. ternyata hasil nya 1:12.. moga2 saya ngga salah dalam menghitung yah..
mostly, nyetir nya dengan gaya sangat2 kalem.. secara ekonomis..
oh iya.. waktu lagi plg n ngebut.. gw ngga pake air con.. hehehe.. ngga panas.. sekalian hemat bbm dah.. ngurangin global warming..
GL saya type 1.5litre AT warna silver.. stnk bulan april
btw di sby ada GL club kaga yah? pengen tau konsumsi bbm GL laen nih..
malem nya jam 11.. ngebut.. ada kebut2an ama vios.. kaga balapan.. cuman ngebut biasa aja.. jalanan ngga terlalu padat.. kecepatan rata2 sekitar 80kmh.. maximum kira2 120kmh..
ngga lama ngebut, inget bensin mahal.. bis gitu balik lagi nyetir gaya kalem.. hehehe..
trus isi bensin.. full.. ternyata hasil nya 1:12.. moga2 saya ngga salah dalam menghitung yah..
mostly, nyetir nya dengan gaya sangat2 kalem.. secara ekonomis..
oh iya.. waktu lagi plg n ngebut.. gw ngga pake air con.. hehehe.. ngga panas.. sekalian hemat bbm dah.. ngurangin global warming..
GL saya type 1.5litre AT warna silver.. stnk bulan april

btw di sby ada GL club kaga yah? pengen tau konsumsi bbm GL laen nih..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 238
- Joined: Sat Apr 14, 2007 4:44
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 320
- Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56
johnlegend wrote:jalur pemakaian.. dalam kota surabaya.. mixed.. tadi sore pas keluar rumah maceeeet.. *malem minggu* trus pas keluar lagi sekitar jam 930.. jalanan lancar.. jadi bisa maintain rpm ngga lebih dari 2000.. trus cruising speed konstan di 60kmh..
malem nya jam 11.. ngebut.. ada kebut2an ama vios.. kaga balapan.. cuman ngebut biasa aja.. jalanan ngga terlalu padat.. kecepatan rata2 sekitar 80kmh.. maximum kira2 120kmh..
ngga lama ngebut, inget bensin mahal.. bis gitu balik lagi nyetir gaya kalem.. hehehe..
trus isi bensin.. full.. ternyata hasil nya 1:12.. moga2 saya ngga salah dalam menghitung yah..
mostly, nyetir nya dengan gaya sangat2 kalem.. secara ekonomis..
oh iya.. waktu lagi plg n ngebut.. gw ngga pake air con.. hehehe.. ngga panas.. sekalian hemat bbm dah.. ngurangin global warming..
GL saya type 1.5litre AT warna silver.. stnk bulan april
btw di sby ada GL club kaga yah? pengen tau konsumsi bbm GL laen nih..
wah.. kalo 60 kpj masih rpm 2000, kalo otomatik apa ga masih di gigi 3? kalo penggunaan manual, saya sih patokannya kalo rpm 3000 pindah gigi. dan selalu saya usahakan melaju di rpm dibawah 3000. dengan style model gini, lancer saya bisa 1:10 pak. Makanya kebanyakan manual jauh lebih irit, karena bisa diatur. Sedangkan auto, kalo rpm rendah kan dia otomatis turun gigi nya (jadi rpm naik lagi).. IMHO..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 320
- Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56
bisa dijelaskan pak, daerah yang dilewati mana saja, kota nya apa? Jakarta? Kalo jakarta, dalam kota bisa 1:12, wah itu sudah prestasi besar. Terus terang saya begitu mendengar pengalaman pak Ichsan, jadi ragu-ragu nih. Moga-moga mobil saya bisa seirit bapak. Jadi ga sabar nih saya u/ mengetahu FC mobil saya sendiri.surya wrote:Gue pake 1.8 manual, bisa dapet sampe 1:12 loh kalau ngebut di atas 100kmh ....
Bini gue untuk pemakaian sehari-hari, bisa dapat 1:13, gak pake teknik nyetir macem-macem...
Pakenya premium biasa, AC selalu ON....

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 407
- Joined: Tue May 01, 2007 7:58
Kira2 2cm bro, di XTrail juga gitu, tapi kalo jazz selish nya dikit 1 cm-an,mungkin bro ichsan bisa bandingin tuh dg jazznya. kelihatanya sepele ya tapi kalo bikin kaki ndongak lama2 fatigue bisa bikin lompat tuh boil atau rem ndadak kaki kram pas macet. :-(
johnlegend wrote:mr ichsan.. anda benerrrrrrrrr.. posisi pedal gas n rem rada aneh yah.. pedal gas nya menjorok k dalem *arah mesin*.. sedangkan pedal rem agak menonjol k arah badan kita..
saya ngga seberapa tinggi.. cuman 173cm.. ngga terlalu kerasa si.. mungkin yg tinggi nya lebih dari 180 yg rada capek..
ada yg merhati'in jg kaga nih?
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Oh bos John di Surabaya toh... kemarin si Fusionkit saat main ke t4 gw u/ pesan jok .. dia sharing dg GL 1.5AT pakai dalkot 1:8++ dg catatan pakai kebayakan daerah kelapa gading.. yg memang terkenal.. jam plg-pergi kantor (pagi dan sore) selalu padat dg AC selalu On terus .. sbg ilustrasi aja u/ dapat dibayangkan.. sepanjang jalan Boulevard Raya .. dari ujung ke ujung.. kira2 .. 3-4km deh .. yg seharusnya kalo sepi bisa ditempuh dg jalan santai selama 5 menit... tp tiap pagi dan sore.. padat.. jadi bisa 30menitan deh, belum lagi kalo weekend.. jumat-minggu .. sudah terkenal Kelapa Gading Mall .. bikin macet .. jadi bisa lebih lama lagi dari 30menit u/ lewatin jalur boulevard dari ujung ke ujung... itu juga yg nyebabkan gw ogah tinggal di gading meskipun "apa aja ada".
Ya.. bisa dibilang FC mobil apapun juga pasti berbeda2 tergantung lokasi, sikon dan medan yg ditempuh.
Anggota NLC juga ada yg di Surabaya tuh.. gabung aja dg NLC nanti bentuk pengurusan di Surabaya agar bisa lebih ramai disana... berjalan dg waktu nanti bila NLC semakin besar siapa tau kita bisa bikin acara Family Gathering secara besar2an... wishing mode:on
Ya.. bisa dibilang FC mobil apapun juga pasti berbeda2 tergantung lokasi, sikon dan medan yg ditempuh.
Anggota NLC juga ada yg di Surabaya tuh.. gabung aja dg NLC nanti bentuk pengurusan di Surabaya agar bisa lebih ramai disana... berjalan dg waktu nanti bila NLC semakin besar siapa tau kita bisa bikin acara Family Gathering secara besar2an... wishing mode:on

johnlegend wrote:jalur pemakaian.. dalam kota surabaya.. mixed.. tadi sore pas keluar rumah maceeeet.. *malem minggu* trus pas keluar lagi sekitar jam 930.. jalanan lancar.. jadi bisa maintain rpm ngga lebih dari 2000.. trus cruising speed konstan di 60kmh..
malem nya jam 11.. ngebut.. ada kebut2an ama vios.. kaga balapan.. cuman ngebut biasa aja.. jalanan ngga terlalu padat.. kecepatan rata2 sekitar 80kmh.. maximum kira2 120kmh..
ngga lama ngebut, inget bensin mahal.. bis gitu balik lagi nyetir gaya kalem.. hehehe..
trus isi bensin.. full.. ternyata hasil nya 1:12.. moga2 saya ngga salah dalam menghitung yah..
mostly, nyetir nya dengan gaya sangat2 kalem.. secara ekonomis..
oh iya.. waktu lagi plg n ngebut.. gw ngga pake air con.. hehehe.. ngga panas.. sekalian hemat bbm dah.. ngurangin global warming..
GL saya type 1.5litre AT warna silver.. stnk bulan april
btw di sby ada GL club kaga yah? pengen tau konsumsi bbm GL laen nih..
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
saya tinggal di daerah barat pak.. daerah darmo hill.. begitu keluar di daerah mayjend.. langsung kena macet.. kmarin saya maen2 k surabaya timur.. jemputin temen2.. trus muter2 sampe surabaya tengah gitu pak.. deket2 ruma sakit budi mulya trus balik lagi ngaterin temen2 plg.. nah waktu pulang nya.. dari kertajaya sampe jln polisi istimewa itu saya kejar2an ama vios.. kenceng ya vios.. huehuehue..gunawan98 wrote:bisa dijelaskan pak, daerah yang dilewati mana saja, kota nya apa? Jakarta? Kalo jakarta, dalam kota bisa 1:12, wah itu sudah prestasi besar. Terus terang saya begitu mendengar pengalaman pak Ichsan, jadi ragu-ragu nih. Moga-moga mobil saya bisa seirit bapak. Jadi ga sabar nih saya u/ mengetahu FC mobil saya sendiri.surya wrote:Gue pake 1.8 manual, bisa dapet sampe 1:12 loh kalau ngebut di atas 100kmh ....
Bini gue untuk pemakaian sehari-hari, bisa dapat 1:13, gak pake teknik nyetir macem-macem...
Pakenya premium biasa, AC selalu ON....
waktu ngebut.. saya ngga narik2 sih.. jd akselerasi nya konstan gitu pak.. mungkin kl narik nya mendadak.. 1:12 ngga dapet yah..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
weleh.. 1.8 manual dapet 1:12? berarti mobil saya termasuk boros ya? itu di daerah macet ato lancar pak? tp kl kecepatan diatas 100kmh berarti di daerah kosong?surya wrote:Gue pake 1.8 manual, bisa dapet sampe 1:12 loh kalau ngebut di atas 100kmh ....
Bini gue untuk pemakaian sehari-hari, bisa dapat 1:13, gak pake teknik nyetir macem-macem...
Pakenya premium biasa, AC selalu ON....
btw, kl daily use.. dalam kota2 gitu konsumsi bbm nya berapa nih?
sama2 ngitung yok.. biar bisa dibandingin rame2
Last edited by johnlegend on Sun Sep 02, 2007 5:11, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
engga kok pak.. crv saya jg begitu.. kl pas lagi konstan nyetir nya.. kecepatan 50kmh-70kmh.. rpm nya di antara 1600-2200.. itu di gigi ke'empat.. pertama nya emang ganti dari gigi 3 ke gigi 4 kecepatan 60kmh di rpm 2500-2700.. tp bis gitu di gigi 4 kan langsung rpm nya turun lagi..gunawan98 wrote:johnlegend wrote:jalur pemakaian.. dalam kota surabaya.. mixed.. tadi sore pas keluar rumah maceeeet.. *malem minggu* trus pas keluar lagi sekitar jam 930.. jalanan lancar.. jadi bisa maintain rpm ngga lebih dari 2000.. trus cruising speed konstan di 60kmh..
malem nya jam 11.. ngebut.. ada kebut2an ama vios.. kaga balapan.. cuman ngebut biasa aja.. jalanan ngga terlalu padat.. kecepatan rata2 sekitar 80kmh.. maximum kira2 120kmh..
ngga lama ngebut, inget bensin mahal.. bis gitu balik lagi nyetir gaya kalem.. hehehe..
trus isi bensin.. full.. ternyata hasil nya 1:12.. moga2 saya ngga salah dalam menghitung yah..
mostly, nyetir nya dengan gaya sangat2 kalem.. secara ekonomis..
oh iya.. waktu lagi plg n ngebut.. gw ngga pake air con.. hehehe.. ngga panas.. sekalian hemat bbm dah.. ngurangin global warming..
GL saya type 1.5litre AT warna silver.. stnk bulan april
btw di sby ada GL club kaga yah? pengen tau konsumsi bbm GL laen nih..
wah.. kalo 60 kpj masih rpm 2000, kalo otomatik apa ga masih di gigi 3? kalo penggunaan manual, saya sih patokannya kalo rpm 3000 pindah gigi. dan selalu saya usahakan melaju di rpm dibawah 3000. dengan style model gini, lancer saya bisa 1:10 pak. Makanya kebanyakan manual jauh lebih irit, karena bisa diatur. Sedangkan auto, kalo rpm rendah kan dia otomatis turun gigi nya (jadi rpm naik lagi).. IMHO..
tp kl lagi ngebut.. kecepatan 80kmh.. gigi3.. rpm di 5500 kali.. matic sekarang kan uda pinter komputernya.. jd kyk bisa nilai niat pengemudi dari injek'an di pedal gas gitu lah.. *pls correct me if i am wrong.. rada oot si.. hehehe*
kl pake kapsul diesel.. saya ganti gigi setiap rpm 2500.. max speed 80kmh.. bisa dapet 1:14 lho.. percaya ngga percaya.. hehehe.. diesel sih.. ramah lingkungan

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
iya.. 2 cm termasuk besar jg.. mmh.. kl mo gas n rem numpu di tumit rada susah.. mesti cari posisi duduk yg pas.. hehehe..dion wrote:Kira2 2cm bro, di XTrail juga gitu, tapi kalo jazz selish nya dikit 1 cm-an,mungkin bro ichsan bisa bandingin tuh dg jazznya. kelihatanya sepele ya tapi kalo bikin kaki ndongak lama2 fatigue bisa bikin lompat tuh boil atau rem ndadak kaki kram pas macet. :-(
johnlegend wrote:mr ichsan.. anda benerrrrrrrrr.. posisi pedal gas n rem rada aneh yah.. pedal gas nya menjorok k dalem *arah mesin*.. sedangkan pedal rem agak menonjol k arah badan kita..
saya ngga seberapa tinggi.. cuman 173cm.. ngga terlalu kerasa si.. mungkin yg tinggi nya lebih dari 180 yg rada capek..
ada yg merhati'in jg kaga nih?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
iya pak.. sy di sby.. hehehe.. wah kl di kelapa gading si emang macet.. di situ banyak resto enak2 yah? kapan hari sempet survey lokasi di daerah situ buat buka resto.. rameeeee banget..maxx wrote:Oh bos John di Surabaya toh... kemarin si Fusionkit saat main ke t4 gw u/ pesan jok .. dia sharing dg GL 1.5AT pakai dalkot 1:8++ dg catatan pakai kebayakan daerah kelapa gading.. yg memang terkenal.. jam plg-pergi kantor (pagi dan sore) selalu padat dg AC selalu On terus .. sbg ilustrasi aja u/ dapat dibayangkan.. sepanjang jalan Boulevard Raya .. dari ujung ke ujung.. kira2 .. 3-4km deh .. yg seharusnya kalo sepi bisa ditempuh dg jalan santai selama 5 menit... tp tiap pagi dan sore.. padat.. jadi bisa 30menitan deh, belum lagi kalo weekend.. jumat-minggu .. sudah terkenal Kelapa Gading Mall .. bikin macet .. jadi bisa lebih lama lagi dari 30menit u/ lewatin jalur boulevard dari ujung ke ujung... itu juga yg nyebabkan gw ogah tinggal di gading meskipun "apa aja ada".
Ya.. bisa dibilang FC mobil apapun juga pasti berbeda2 tergantung lokasi, sikon dan medan yg ditempuh.
Anggota NLC juga ada yg di Surabaya tuh.. gabung aja dg NLC nanti bentuk pengurusan di Surabaya agar bisa lebih ramai disana... berjalan dg waktu nanti bila NLC semakin besar siapa tau kita bisa bikin acara Family Gathering secara besar2an... wishing mode:on![]()
mmh.. kl kena macet 30menitan tiap hari bete jga yah.. tp spupu saya yg di jkt.. shari2 dia kena macet total 3jam lho.. kaga tau lwat daerah mana aja.. huehuehue.. kasian jg yah kl begitu.. boros di bensin.. spupu saya pake innova yg bensin.. *ngga berani ngitung deh minum bbm nya berapa -_-"* tp skrg uda indent GL si.. buat kerja2 gitu lah.. kl weekend bersama family dia tetep pake innova nya.. *maklum.. keluarga "besar".. ada 6.. beberapa diatas 90kg-100kg.. huehuehue..*
kl lwat kelapa gading pas macet2 nya dapet 1:8 uda bisa dibilang bagus yah..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
eh ini lagi.. gw baca2 lagi.. ternyata ada yg lebih hemat dari GL gw? 1.8AT dapet 14.5?gubraks wrote:Hehe.... maklum apanya Bro.... what's wrong?ichsan_n wrote: Gubraks itu orang milis jg bung dhukun.. yahh jadi maklum2 saja lah....
Gak salah kan kasih komen... wajar kok perlu pake etiket lah untuk posting di mana pun ...
Jadi member di SM pun even di milis sebelah gw duluan daripada ente, cuma gw posting seperlunya aja... yah kita sharing cari pengetahuan dan saring aja informasi yang ada... kita kan nggak harus percaya ama semua postingan, saring pake logika aja lah...
dan bagi gw gak ada bedanya postingan di milis sebelah ama di SM... ada pros and cons...
Fuel consumption 1.5AT ente 1:7/8? boros tuh.... gw aja 1.8AT pake premium bisa dapet 1:14.5... 70% tol 4A+2C ... tanjakan cipularang 120km/h alias driving style biasa aja gak mami2 amat. Kok bisa?... yah kalo dipikir boros bukan karena driving style tetapi karena mobilnya... berarti ente dapet lemon car kali tuh...
Kl kecewa nggak sih tergantung ekspektasi yah...
gw sih nggak expect GL lebih irit dari J**z, pake logika bego aja... hukum fisika: menggerakkan benda yang berbeda berat tentu dengan energi yang berbeda pula, karena GL kan lebih berat, itu dengan asumsi efisiensi mesin yang sama... apalagi kalo mesin J**z lebih efisien... pasti lebih irit J**z dong ya... tetapi kalo GL1.5AT lebih irit berarti mesinya lebih efisien. Perlu dipertimbangkan apa (size and weight) yg digerakkan... hehehe...
weleh.. gw 1.5AT dapet 1:14 -_-" mesti belajar ma pak gubraks cara nyetir yg hemat nih.. hehehe.. tp waktu itu saya ngga lewat tol si.. tol di jawa timur dikit bener..
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
kek-nya kalo di dalkot jkt pakai GL di seputaran bisnis distrik yg padat tiap hari.. jgn mimpi bisa dapat 1:14 .. sdh bisa 1:9 sdh bagusjohnlegend wrote:eh ini lagi.. gw baca2 lagi.. ternyata ada yg lebih hemat dari GL gw? 1.8AT dapet 14.5?gubraks wrote:Hehe.... maklum apanya Bro.... what's wrong?ichsan_n wrote: Gubraks itu orang milis jg bung dhukun.. yahh jadi maklum2 saja lah....
Gak salah kan kasih komen... wajar kok perlu pake etiket lah untuk posting di mana pun ...
Jadi member di SM pun even di milis sebelah gw duluan daripada ente, cuma gw posting seperlunya aja... yah kita sharing cari pengetahuan dan saring aja informasi yang ada... kita kan nggak harus percaya ama semua postingan, saring pake logika aja lah...
dan bagi gw gak ada bedanya postingan di milis sebelah ama di SM... ada pros and cons...
Fuel consumption 1.5AT ente 1:7/8? boros tuh.... gw aja 1.8AT pake premium bisa dapet 1:14.5... 70% tol 4A+2C ... tanjakan cipularang 120km/h alias driving style biasa aja gak mami2 amat. Kok bisa?... yah kalo dipikir boros bukan karena driving style tetapi karena mobilnya... berarti ente dapet lemon car kali tuh...
Kl kecewa nggak sih tergantung ekspektasi yah...
gw sih nggak expect GL lebih irit dari J**z, pake logika bego aja... hukum fisika: menggerakkan benda yang berbeda berat tentu dengan energi yang berbeda pula, karena GL kan lebih berat, itu dengan asumsi efisiensi mesin yang sama... apalagi kalo mesin J**z lebih efisien... pasti lebih irit J**z dong ya... tetapi kalo GL1.5AT lebih irit berarti mesinya lebih efisien. Perlu dipertimbangkan apa (size and weight) yg digerakkan... hehehe...
weleh.. gw 1.5AT dapet 1:14 -_-" mesti belajar ma pak gubraks cara nyetir yg hemat nih.. hehehe.. tp waktu itu saya ngga lewat tol si.. tol di jawa timur dikit bener..
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 320
- Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56
intinya hasil pengetesan sendiri aja yang bisa dipercaya. Toh itu mobil sendiri, driving style sendiri, dan bayar bensinnya jg sendiri.
:D:D
Orang mah bisa klaim 1:20 sekalipun, tapi bisa aja salah hitung, kondisi jalan berbeda, mobilnya mungkin dapat yang istimewa, dst..
Ok. Kemaren kali pertama saya nyetir GL dari rumah ke pasar atom (mall), mau ngetes gimana nanjaknya di parkiran. Hasilnya:
1. Dari sisi ke senyapan kabin, saya lihat GL ini lebih unggul dari sedan saya (mungkin sudah tua nih sedan). Suara sepeda motor disamping mobil, lebih teredam (tapi kalo dibilang kagak kedengeran, ya ga mungkin lah.......
:D:D).
2. Dari sisi pegas, GL ini empuk banget. TAPI.. ini ada tapinya, suaranya saat lewat jalan bergelombang/rusak agak berisik (entah pengaruh ban?, saya tidak tahu), tapi dari kenyamanan, wah uenak banget.
3. Blom berani lari kencang, max 80 aja. Tapi saya perhatikan bahwa di gigi 1, ada sedikit 'endut-endutan'. TAPI, ini saya analisa, bukan karena faktor kurang tenaga, tapi lebih dari faktor 'LAG/delay'. Apa ini karena drive by wire?. Saat kita berharap akselerasi kita tekan gas, dan beharap langsung gerak, ternyata tidak, dan kita tekan gas lagi, tapi kemudian mobil loncat (karena delay tadi), kita kaget, pedal gas di tarik kembali, akibatnya jadi slowing down, jadi ada kesan endut-endutan. Ini terutama saat kita naik tanjakan, agak kerasa. Tapi dijalan lurus tidak terasa. Mungkin NISSAN harus melakukan perbaikan? Supaya lebih responsif? Kalo tidak ya kita harus ubah / adaptasi. Tapi kan benernya ya Nissan yang berubah, bukan saya yang berubah...
:D
4. Tanjakan di parkiran mall (sudutnya kurang tahu, kemungkinan antara 20-30 derajat), saya coba pake gigi 2 masih bisa nanjak. Pada umumnya kan naik diparkiran pake gigi 1. Kemaren saya coba oper gigi 2 dari gigi satu, dalam kondisi berjalan, bisa naik. Tidak coba dari posisi stop langsung gigi 2. Kalo stop langsung gigi 2 gw rasa bisa ga naik tuh.
selebihnya saya puas dengan kenyamanan dan kinerja mesin. FC masih belum bisa dilaporkan. Mobil saya 1.5 XV MANUAL.

Orang mah bisa klaim 1:20 sekalipun, tapi bisa aja salah hitung, kondisi jalan berbeda, mobilnya mungkin dapat yang istimewa, dst..
Ok. Kemaren kali pertama saya nyetir GL dari rumah ke pasar atom (mall), mau ngetes gimana nanjaknya di parkiran. Hasilnya:
1. Dari sisi ke senyapan kabin, saya lihat GL ini lebih unggul dari sedan saya (mungkin sudah tua nih sedan). Suara sepeda motor disamping mobil, lebih teredam (tapi kalo dibilang kagak kedengeran, ya ga mungkin lah.......

2. Dari sisi pegas, GL ini empuk banget. TAPI.. ini ada tapinya, suaranya saat lewat jalan bergelombang/rusak agak berisik (entah pengaruh ban?, saya tidak tahu), tapi dari kenyamanan, wah uenak banget.
3. Blom berani lari kencang, max 80 aja. Tapi saya perhatikan bahwa di gigi 1, ada sedikit 'endut-endutan'. TAPI, ini saya analisa, bukan karena faktor kurang tenaga, tapi lebih dari faktor 'LAG/delay'. Apa ini karena drive by wire?. Saat kita berharap akselerasi kita tekan gas, dan beharap langsung gerak, ternyata tidak, dan kita tekan gas lagi, tapi kemudian mobil loncat (karena delay tadi), kita kaget, pedal gas di tarik kembali, akibatnya jadi slowing down, jadi ada kesan endut-endutan. Ini terutama saat kita naik tanjakan, agak kerasa. Tapi dijalan lurus tidak terasa. Mungkin NISSAN harus melakukan perbaikan? Supaya lebih responsif? Kalo tidak ya kita harus ubah / adaptasi. Tapi kan benernya ya Nissan yang berubah, bukan saya yang berubah...

4. Tanjakan di parkiran mall (sudutnya kurang tahu, kemungkinan antara 20-30 derajat), saya coba pake gigi 2 masih bisa nanjak. Pada umumnya kan naik diparkiran pake gigi 1. Kemaren saya coba oper gigi 2 dari gigi satu, dalam kondisi berjalan, bisa naik. Tidak coba dari posisi stop langsung gigi 2. Kalo stop langsung gigi 2 gw rasa bisa ga naik tuh.
selebihnya saya puas dengan kenyamanan dan kinerja mesin. FC masih belum bisa dilaporkan. Mobil saya 1.5 XV MANUAL.
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Setau saya.. CMIIW
1. Bener
2. bener enak.. dan bener kalo lewat jalan gelombang agak berisik, tp bisa diminimalisir dg sound proofing spt pemasangan peredam checkmat/automat pada firewall dan dinding pintu.
3. ini karakter TBW (throttle by wire).. pedal jangan dibejek trus dilepas .. tp pedal diurut perlahan dan tahan. krn TBW tidak pakai kabel mekanis lagi.. ECU perlu waktu itung2an dari data yg dihasilkan oleh tekanan potensio pedal gas (* kek-nya bukan ini namanya.. yg bener saya ga tau)
4. Kalo manual ga bsa nanjak.. supirnya mungkin baru belajar bawa mobil..
.. no offence.
Ditunggu review FC GL 1.5XV MT nya
1. Bener
2. bener enak.. dan bener kalo lewat jalan gelombang agak berisik, tp bisa diminimalisir dg sound proofing spt pemasangan peredam checkmat/automat pada firewall dan dinding pintu.
3. ini karakter TBW (throttle by wire).. pedal jangan dibejek trus dilepas .. tp pedal diurut perlahan dan tahan. krn TBW tidak pakai kabel mekanis lagi.. ECU perlu waktu itung2an dari data yg dihasilkan oleh tekanan potensio pedal gas (* kek-nya bukan ini namanya.. yg bener saya ga tau)
4. Kalo manual ga bsa nanjak.. supirnya mungkin baru belajar bawa mobil..

Ditunggu review FC GL 1.5XV MT nya
gunawan98 wrote:intinya hasil pengetesan sendiri aja yang bisa dipercaya. Toh itu mobil sendiri, driving style sendiri, dan bayar bensinnya jg sendiri.:D:D
Orang mah bisa klaim 1:20 sekalipun, tapi bisa aja salah hitung, kondisi jalan berbeda, mobilnya mungkin dapat yang istimewa, dst..
Ok. Kemaren kali pertama saya nyetir GL dari rumah ke pasar atom (mall), mau ngetes gimana nanjaknya di parkiran. Hasilnya:
1. Dari sisi ke senyapan kabin, saya lihat GL ini lebih unggul dari sedan saya (mungkin sudah tua nih sedan). Suara sepeda motor disamping mobil, lebih teredam (tapi kalo dibilang kagak kedengeran, ya ga mungkin lah.......:D:D).
2. Dari sisi pegas, GL ini empuk banget. TAPI.. ini ada tapinya, suaranya saat lewat jalan bergelombang/rusak agak berisik (entah pengaruh ban?, saya tidak tahu), tapi dari kenyamanan, wah uenak banget.
3. Blom berani lari kencang, max 80 aja. Tapi saya perhatikan bahwa di gigi 1, ada sedikit 'endut-endutan'. TAPI, ini saya analisa, bukan karena faktor kurang tenaga, tapi lebih dari faktor 'LAG/delay'. Apa ini karena drive by wire?. Saat kita berharap akselerasi kita tekan gas, dan beharap langsung gerak, ternyata tidak, dan kita tekan gas lagi, tapi kemudian mobil loncat (karena delay tadi), kita kaget, pedal gas di tarik kembali, akibatnya jadi slowing down, jadi ada kesan endut-endutan. Ini terutama saat kita naik tanjakan, agak kerasa. Tapi dijalan lurus tidak terasa. Mungkin NISSAN harus melakukan perbaikan? Supaya lebih responsif? Kalo tidak ya kita harus ubah / adaptasi. Tapi kan benernya ya Nissan yang berubah, bukan saya yang berubah...:D
4. Tanjakan di parkiran mall (sudutnya kurang tahu, kemungkinan antara 20-30 derajat), saya coba pake gigi 2 masih bisa nanjak. Pada umumnya kan naik diparkiran pake gigi 1. Kemaren saya coba oper gigi 2 dari gigi satu, dalam kondisi berjalan, bisa naik. Tidak coba dari posisi stop langsung gigi 2. Kalo stop langsung gigi 2 gw rasa bisa ga naik tuh.
selebihnya saya puas dengan kenyamanan dan kinerja mesin. FC masih belum bisa dilaporkan. Mobil saya 1.5 XV MANUAL.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
setuju bung dony, its oke bung plassword88, kita disini santai aja... no vested interest dan jangan fanatik tidak beralasan.. karena informasi kita disini mungkin dibutuhkan oleh banyak orang yang masih ingin punya mobil yang irit dengan alasan ekonomi. yoss.. lets keep the spirit within guys.. kalo kaya gini kan kita sendiri sebagai konsumen yang enak. btw pak jhon, untuk masalah pedal gas itu saya ukur malah kurang lebih 3cm lebih pak. kemarin saya ke beres rencananya mau klaim kaca film yang gelembung2, serta cek indikator bensin, cek head unit, dan stel posisi pedal gas dan rem. and this is my report :
1. untuk Head unit kemarin sempat aneh, tidak keluar suara tiba2. karena sabtu minggu lalu bengkel Nissan gading sedang ada gathering, maka disuruh hari senin. wahh kelamaan menurut saya, saya suruh supir saya benerin.. udah bongkar sendiri aja itu GL. ehhh.. ternyata Audio nya bisa nyala lagi dengan cara simple. Jadi ternyata socket2 sikring di GL saya sepertinya mudah kendur, walhasil setelah sekering di cabut dan dimasukkan lagi, Head unit saya nyala normal lagi sampe sekarang. tapi kemaren mau cek aja siapa tahu kaya gitu lagi.
2. untuk FC, kemarin ada sekitar 4-5 GL yang sedang servis 1000, disana ada 1 AT yang saya tanyakan kepemiliknya jg dia bilang 1.5AT dia FCnya kisaran 1:8 jg hahaha.. ada temen kalo gitu. dan saya tanya mekaninknya jg dia bilang "heheh.. ngga terlalu irit yah pak livina?"... "iya, nih.. emang yang lain berapaan sih?".... "kira2 1:8an pak memang kalo dalam kota, memang ngga terlalu irit sepertinya".. tuhhh montirnya sendiri aja jujurr.... hauahaah.. so guys, nanti kalo udah servis coba tanya2 deh.
3. Pak Gun, untuk masalah kopling, kemarin semua GL yang manual sedang nyetel koplingnya yang gw jg ngga jelas dengernya, pokoknya intinya jangan ketinggian atau apa gitu. so mungkin kalau pak gun ada masalah coba stell lagi di beres koplingnya. masalah kopling ini mahhh udah bukan rahasia umum lagi lahh emang banyak yang minta distell ulang.
4. untuk indikator bensin, saya bicara dengan SA nya. intinya indikator bensin saya masih jujur dan tidak rusak. bahkan ada yang gw bingung, dia bilang kacabnya yang jg punya livina ngerasa kalao dibawah setengah tuh turunnya cepet, tapi bung hunter bilang malah dibawah setengah turunnya lambat.. ngga tau deh mana yang bener. but yang penting indikator bensin tidak rusak.
5. Masalah pedal gas dan rem yang jomplang, ngga bisa distel seperti Xtrail yang memang ada stelan maju mundurnya. di livina.. nanti gw posting solusinya.
Thanks guys, dengan info2 real seperti ini membuat thread kita menjadi sangat valuable. mungkin tidak bagi NMI, tapi setidaknya untuk sesama konsumen seperti kita. Bung plasma, on personal note : kalau hanya naik turun mobil mewah saya mah ngga bangga, jadi orang jujur tuh baru kita boleh bangga. heheheh.. and kalo kata steven covey, kebiaasan membentuk karakter, dan karakter membentuk nasib. kekeke... hiiiiiiiiiii.. serius benerrr.. sekali thanks everyone buat semangatnya memberikan info yang reliable sebagai sesama pemakai GL. kurang dan lebihnya, ya inilah GL kita sendiri. arigato!
1. untuk Head unit kemarin sempat aneh, tidak keluar suara tiba2. karena sabtu minggu lalu bengkel Nissan gading sedang ada gathering, maka disuruh hari senin. wahh kelamaan menurut saya, saya suruh supir saya benerin.. udah bongkar sendiri aja itu GL. ehhh.. ternyata Audio nya bisa nyala lagi dengan cara simple. Jadi ternyata socket2 sikring di GL saya sepertinya mudah kendur, walhasil setelah sekering di cabut dan dimasukkan lagi, Head unit saya nyala normal lagi sampe sekarang. tapi kemaren mau cek aja siapa tahu kaya gitu lagi.
2. untuk FC, kemarin ada sekitar 4-5 GL yang sedang servis 1000, disana ada 1 AT yang saya tanyakan kepemiliknya jg dia bilang 1.5AT dia FCnya kisaran 1:8 jg hahaha.. ada temen kalo gitu. dan saya tanya mekaninknya jg dia bilang "heheh.. ngga terlalu irit yah pak livina?"... "iya, nih.. emang yang lain berapaan sih?".... "kira2 1:8an pak memang kalo dalam kota, memang ngga terlalu irit sepertinya".. tuhhh montirnya sendiri aja jujurr.... hauahaah.. so guys, nanti kalo udah servis coba tanya2 deh.
3. Pak Gun, untuk masalah kopling, kemarin semua GL yang manual sedang nyetel koplingnya yang gw jg ngga jelas dengernya, pokoknya intinya jangan ketinggian atau apa gitu. so mungkin kalau pak gun ada masalah coba stell lagi di beres koplingnya. masalah kopling ini mahhh udah bukan rahasia umum lagi lahh emang banyak yang minta distell ulang.
4. untuk indikator bensin, saya bicara dengan SA nya. intinya indikator bensin saya masih jujur dan tidak rusak. bahkan ada yang gw bingung, dia bilang kacabnya yang jg punya livina ngerasa kalao dibawah setengah tuh turunnya cepet, tapi bung hunter bilang malah dibawah setengah turunnya lambat.. ngga tau deh mana yang bener. but yang penting indikator bensin tidak rusak.
5. Masalah pedal gas dan rem yang jomplang, ngga bisa distel seperti Xtrail yang memang ada stelan maju mundurnya. di livina.. nanti gw posting solusinya.
Thanks guys, dengan info2 real seperti ini membuat thread kita menjadi sangat valuable. mungkin tidak bagi NMI, tapi setidaknya untuk sesama konsumen seperti kita. Bung plasma, on personal note : kalau hanya naik turun mobil mewah saya mah ngga bangga, jadi orang jujur tuh baru kita boleh bangga. heheheh.. and kalo kata steven covey, kebiaasan membentuk karakter, dan karakter membentuk nasib. kekeke... hiiiiiiiiiii.. serius benerrr.. sekali thanks everyone buat semangatnya memberikan info yang reliable sebagai sesama pemakai GL. kurang dan lebihnya, ya inilah GL kita sendiri. arigato!
dony wrote:Santai aja bung plassword88, intinya disini kita semua tuh keakraban dalam mils, utk mencari solusi, teman, bukan utk ribut-2 saling bela merk yg dipakai.
Memang tuh 100% adalh tulisan Stilllord.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
ohh pak pak jhon masuknya FC kombinasi donk yah? bukan dalam kota murni? sorri pak ak kurang tahu, surabaya jember itu kalo ambil kira2nya dari jakarta, itu kira2 dari dari jakarta sampe mana yah? bandung? heheh sori pak ak belum pernah kesana jadinya ngga begitu tahu gambarannya.
johnlegend wrote:jalur pemakaian.. dalam kota surabaya.. mixed.. tadi sore pas keluar rumah maceeeet.. *malem minggu* trus pas keluar lagi sekitar jam 930.. jalanan lancar.. jadi bisa maintain rpm ngga lebih dari 2000.. trus cruising speed konstan di 60kmh..
malem nya jam 11.. ngebut.. ada kebut2an ama vios.. kaga balapan.. cuman ngebut biasa aja.. jalanan ngga terlalu padat.. kecepatan rata2 sekitar 80kmh.. maximum kira2 120kmh..
ngga lama ngebut, inget bensin mahal.. bis gitu balik lagi nyetir gaya kalem.. hehehe..
trus isi bensin.. full.. ternyata hasil nya 1:12.. moga2 saya ngga salah dalam menghitung yah..
mostly, nyetir nya dengan gaya sangat2 kalem.. secara ekonomis..
oh iya.. waktu lagi plg n ngebut.. gw ngga pake air con.. hehehe.. ngga panas.. sekalian hemat bbm dah.. ngurangin global warming..
GL saya type 1.5litre AT warna silver.. stnk bulan april
btw di sby ada GL club kaga yah? pengen tau konsumsi bbm GL laen nih..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 320
- Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56
rada aneh juga kalo premium justru lebih irit dari pertamax. Kemungkinan besar itu terjadi karena ECU sudah di set dari sononya u/ minum premium. Sehingga dengan pemakaian pertamax, justru jadi 'pemborosan'? Alias user saking responsifnya jadi pingin tekan gas diluar batas? Justru kalo pake premium, secara tidak sadar kita memahami bahwa kita harus tekan gas lebih pelan, alias 'menggiring' mobil. CMIIW yah.. dan IMHO..
Mengenai kopling, saya tidak ada masalah sama sekali. Enak-2 aja.
Mengenai kopling, saya tidak ada masalah sama sekali. Enak-2 aja.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 353
- Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
no problem bro.. semoga disini you can keep your objectivity. kan yang buat image GL ini udah kaya E320 versi hybride plus ESP dari milis sampean jg kan kalo mau diakui? jalan 200km/jam tetap nyaman, dan nikung 160km/jam dengan stabil.. pluss tetep irit lagi.. hahahaha.. heheheh.. udah ahh.. peace loh bro. semoga milis lu jg makin lama makin baik, namanya jg masih learning period, yang baik disini (SM) ambil buat contoh milismu, yang ngga yah jangan, gitu aja... ya weis thank maxx.maxx wrote:Busett.. gw ga liat 1 hr udah nambah 3 pgs nih topic.
Thx deh bila bos ichsan melihat saya lebih open minded, note: gw juga moderator di milist loh Om... bahkan jd pengurus NLC juga loh![]()
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
Hahaha.. make sense broo.. biar setengah ni GL pake bensin campur... campur dorong. jadi irit.. hehehehe
dony wrote:Back to premium aja bung Ichsan, sy ntr juga mau isi premium lagi nunggu tagki udh ksong dulu, makanya disi pertamax/shell/petronas kyknya jadi lbh boros
Ksh bensin yg bagus jadi rakus, ksh yg mutunya lbh jelek dikit aja jadi ogah-2an nelennya pasti lbh irit. hoooo...hooo.
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Don't worry bos... no profit buat gw u/ argue pendapat... yg penting gw sih utarakan aja yg real, krn pd kenyataannya tidak setiap orang bisa rasakan sama .. kurang/masalah buat si A.. blum tentu buat si B.. ya balik2 lagi "we are human with unique behaviour, expectation, needs and wants"
Btw.. soal duck tail (air damp diatas pintu belakang) yg merk KJS.. udah ada yg muter2 di PMK tuh... ga ada yg jual 245rb spt lo bilang... yg sourcing jd cembetut tuh belinya 480rb!!
Btw.. soal duck tail (air damp diatas pintu belakang) yg merk KJS.. udah ada yg muter2 di PMK tuh... ga ada yg jual 245rb spt lo bilang... yg sourcing jd cembetut tuh belinya 480rb!!

ichsan_n wrote:no problem bro.. semoga disini you can keep your objectivity. kan yang buat image GL ini udah kaya E320 versi hybride plus ESP dari milis sampean jg kan kalo mau diakui? jalan 200km/jam tetap nyaman, dan nikung 160km/jam dengan stabil.. pluss tetep irit lagi.. hahahaha.. heheheh.. udah ahh.. peace loh bro. semoga milis lu jg makin lama makin baik, namanya jg masih learning period, yang baik disini (SM) ambil buat contoh milismu, yang ngga yah jangan, gitu aja... ya weis thank maxx.maxx wrote:Busett.. gw ga liat 1 hr udah nambah 3 pgs nih topic.
Thx deh bila bos ichsan melihat saya lebih open minded, note: gw juga moderator di milist loh Om... bahkan jd pengurus NLC juga loh![]()
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
Ah serius lu bro?! gilaaa mahal banget kalo sampe ampir gopek mah.. beneran maxx segitu kok. wahh.. di tipu bener tuh kalo sampe 480rb mah.. ngga mungkin maxx. coba entar gw tanyain supir gw dia belinya di toko mana. cuman gini nih, supir gw itu temen2nya banyak di PMK, so gw pikir sih mungkin dia dapet harga temen. tapi bener maxx 245 ribu kok belum termasuk cat, kalo termasuk cat + 80 rb lagi.
maxx wrote:Don't worry bos... no profit buat gw u/ argue pendapat... yg penting gw sih utarakan aja yg real, krn pd kenyataannya tidak setiap orang bisa rasakan sama .. kurang/masalah buat si A.. blum tentu buat si B.. ya balik2 lagi "we are human with unique behaviour, expectation, needs and wants"
Btw.. soal duck tail (air damp diatas pintu belakang) yg merk KJS.. udah ada yg muter2 di PMK tuh... ga ada yg jual 245rb spt lo bilang... yg sourcing jd cembetut tuh belinya 480rb!!![]()
ichsan_n wrote:no problem bro.. semoga disini you can keep your objectivity. kan yang buat image GL ini udah kaya E320 versi hybride plus ESP dari milis sampean jg kan kalo mau diakui? jalan 200km/jam tetap nyaman, dan nikung 160km/jam dengan stabil.. pluss tetep irit lagi.. hahahaha.. heheheh.. udah ahh.. peace loh bro. semoga milis lu jg makin lama makin baik, namanya jg masih learning period, yang baik disini (SM) ambil buat contoh milismu, yang ngga yah jangan, gitu aja... ya weis thank maxx.maxx wrote:Busett.. gw ga liat 1 hr udah nambah 3 pgs nih topic.
Thx deh bila bos ichsan melihat saya lebih open minded, note: gw juga moderator di milist loh Om... bahkan jd pengurus NLC juga loh![]()