Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
mau numpang tanya menurut kalian Filter udara After market seperti K&N aman gak buat mesin? dan juga apakah nanti ada efek samping jika menggunakan filter udara aftermarket?
saya mengajukan pertanyaan ini karena barusan saya bersihin Filter udara kendaraan saya (Anps) dan efeknya tarikan jadi lebih enteng walaupun dengan memakai filter udara bawaan dealer lalu saya berfikir kalo filter udara tsb saya ganti dengan produk aftermarket apakah bisa lebih enteng tarikannya?
sekian uneg uneg dari saya suhu mohon pencerahannya matur tengkyu
kalo dari pengalaman saya dulu di honda jazz ge8 sih aman2 aja om dan tarikan kerasa kok bedanya
rasanya lebih enteng aja, dan menurut saya itu bukan sugesti juga, karna ternyata pernah di servis dan di ganti ama filter udara bawaan dealer tanpa saya ketahui dan kerasa bedanya
saya pake kira2 sekitar 3 tahun dan 30rb km ga pernah ada masalah
Valach wrote: Fri Mar 12, 2021 15:32
Halo para suhu SM
mau numpang tanya menurut kalian Filter udara After market seperti K&N aman gak buat mesin? dan juga apakah nanti ada efek samping jika menggunakan filter udara aftermarket?
saya mengajukan pertanyaan ini karena barusan saya bersihin Filter udara kendaraan saya (Anps) dan efeknya tarikan jadi lebih enteng walaupun dengan memakai filter udara bawaan dealer lalu saya berfikir kalo filter udara tsb saya ganti dengan produk aftermarket apakah bisa lebih enteng tarikannya?
sekian uneg uneg dari saya suhu mohon pencerahannya matur tengkyu
kalau ane y om, kalau salah tlg di koreksi.....
Dr pada beli yg mahal, mending d sesuaikan dengan fungsinya.... So cari filter udara aftermarket sakura/denso/aspira. Sekali ganti buat jalan 15 - 20 rb km ganti. Apalagi musin pandemi gini
blackwarr wrote: Fri Mar 12, 2021 15:57
kalo dari pengalaman saya dulu di honda jazz ge8 sih aman2 aja om dan tarikan kerasa kok bedanya
rasanya lebih enteng aja, dan menurut saya itu bukan sugesti juga, karna ternyata pernah di servis dan di ganti ama filter udara bawaan dealer tanpa saya ketahui dan kerasa bedanya
saya pake kira2 sekitar 3 tahun dan 30rb km ga pernah ada masalah
Berarti selama dipake aman ya om... sementara saya tampung dulu liat komentar SMers yang lain..
Valach wrote: Fri Mar 12, 2021 15:32
Halo para suhu SM
mau numpang tanya menurut kalian Filter udara After market seperti K&N aman gak buat mesin? dan juga apakah nanti ada efek samping jika menggunakan filter udara aftermarket?
saya mengajukan pertanyaan ini karena barusan saya bersihin Filter udara kendaraan saya (Anps) dan efeknya tarikan jadi lebih enteng walaupun dengan memakai filter udara bawaan dealer lalu saya berfikir kalo filter udara tsb saya ganti dengan produk aftermarket apakah bisa lebih enteng tarikannya?
sekian uneg uneg dari saya suhu mohon pencerahannya matur tengkyu
kalau ane y om, kalau salah tlg di koreksi.....
Dr pada beli yg mahal, mending d sesuaikan dengan fungsinya.... So cari filter udara aftermarket sakura/denso/aspira. Sekali ganti buat jalan 15 - 20 rb km ganti. Apalagi musin pandemi gini
Kalo cari buat fungsi tarikan lebih enteng dan mudah perawatannya saran pake yang merek apa om?
Valach wrote: Fri Mar 12, 2021 15:32
Halo para suhu SM
mau numpang tanya menurut kalian Filter udara After market seperti K&N aman gak buat mesin? dan juga apakah nanti ada efek samping jika menggunakan filter udara aftermarket?
saya mengajukan pertanyaan ini karena barusan saya bersihin Filter udara kendaraan saya (Anps) dan efeknya tarikan jadi lebih enteng walaupun dengan memakai filter udara bawaan dealer lalu saya berfikir kalo filter udara tsb saya ganti dengan produk aftermarket apakah bisa lebih enteng tarikannya?
sekian uneg uneg dari saya suhu mohon pencerahannya matur tengkyu
kalau ane y om, kalau salah tlg di koreksi.....
Dr pada beli yg mahal, mending d sesuaikan dengan fungsinya.... So cari filter udara aftermarket sakura/denso/aspira. Sekali ganti buat jalan 15 - 20 rb km ganti. Apalagi musin pandemi gini
Kalo cari buat fungsi tarikan lebih enteng dan mudah perawatannya saran pake yang merek apa om?
hati2 om buat ngejar tarikan lebih enteng keraptan filter udara d korbanin, yg ber efek debu masuk ke ruang bakar. Bisa lecet semua itu om daleman mesin.
Analoginya gn om, filter dg kerapatan agak longgar pasti tarikan jadi lebih enteng krn hambatan udara yg masuk k dalam mesin berkurang.
Setahu ane y om.... Perawatan filter cm d semprot pake angin doank, kalau sudah kotor bgt y ganti.... Makanya ane pake sakura/denso/aspira.
Sory y om kalau bahasa ane kurang pas.
Dr pada beli yg mahal, mending d sesuaikan dengan fungsinya.... So cari filter udara aftermarket sakura/denso/aspira. Sekali ganti buat jalan 15 - 20 rb km ganti. Apalagi musin pandemi gini
Kalo cari buat fungsi tarikan lebih enteng dan mudah perawatannya saran pake yang merek apa om?
hati2 om buat ngejar tarikan lebih enteng keraptan filter udara d korbanin, yg ber efek debu masuk ke ruang bakar. Bisa lecet semua itu om daleman mesin.
Analoginya gn om, filter dg kerapatan agak longgar pasti tarikan jadi lebih enteng krn hambatan udara yg masuk k dalam mesin berkurang.
Setahu ane y om.... Perawatan filter cm d semprot pake angin doank, kalau sudah kotor bgt y ganti.... Makanya ane pake sakura/denso/aspira.
Sory y om kalau bahasa ane kurang pas.
Oh sperti itu ya om... berarti lebih aman pake filter bawaan tapi rajin dibersihin ya om? Selagi filter selalu bersih berarti pasokan udaran tetep lancar dan efeknya ke tarikan lebih enteng CMIIW
pendoli wrote: Fri Mar 12, 2021 23:03
Ngaruh dikit dan Aman2 aja asal rajin bersihinnya. K&N dan filter2 sejenisnya perlu sering dicuci n kasi minyak kan ya, kadang banyak yg abai
Wah kalo abai ya memang parah om... apapaun kalo perawatannya abai memang gak baik... filter K&N dan sejenisnya ada yang bilang kotoran gampang masuk ruang bakar.. duh bingung nih. Pengen ganti suapaya tarikan lebih enteng tapi takut mesin jadi tumbal
Valach wrote: Fri Mar 12, 2021 15:32
Halo para suhu SM
mau numpang tanya menurut kalian Filter udara After market seperti K&N aman gak buat mesin? dan juga apakah nanti ada efek samping jika menggunakan filter udara aftermarket?
saya mengajukan pertanyaan ini karena barusan saya bersihin Filter udara kendaraan saya (Anps) dan efeknya tarikan jadi lebih enteng walaupun dengan memakai filter udara bawaan dealer lalu saya berfikir kalo filter udara tsb saya ganti dengan produk aftermarket apakah bisa lebih enteng tarikannya?
sekian uneg uneg dari saya suhu mohon pencerahannya matur tengkyu
Mestinya ada alasannya kenapa pabrikan buat filter udara standar spt ini, padahal gampang sekali buat mereka buat yg lebih open spt model aftermarket, tarikan lebih enteng malah.
Debu yg masuk ke mesin efeknya spt spt besi yg dikikis/digerinda.. Memang dalam jangka pendek (mungkin kurang dari 5 tahun) tidak akan noticeable.
Coba kita hitung2an saja om k&n versus ganti rutin denso/sakura filter tiap 10-15k KM.
Kalau untuk tipe di mobil saya, k&n belum kit bebersihnya udah 900rb sendiri. Belum kalau minyakin kebanyakan, bikin TB jd kebasahan debu+minyak terus jd brebet2...
Pake denso aftermarket cuman 60ribu. Sampe 15x ganti baru harganya sama dengan k&n. 15x ganti berarti dah 150-200rb KM.
Valach wrote: Fri Mar 12, 2021 15:32
Halo para suhu SM
mau numpang tanya menurut kalian Filter udara After market seperti K&N aman gak buat mesin? dan juga apakah nanti ada efek samping jika menggunakan filter udara aftermarket?
saya mengajukan pertanyaan ini karena barusan saya bersihin Filter udara kendaraan saya (Anps) dan efeknya tarikan jadi lebih enteng walaupun dengan memakai filter udara bawaan dealer lalu saya berfikir kalo filter udara tsb saya ganti dengan produk aftermarket apakah bisa lebih enteng tarikannya?
sekian uneg uneg dari saya suhu mohon pencerahannya matur tengkyu
Mestinya ada alasannya kenapa pabrikan buat filter udara standar spt ini, padahal gampang sekali buat mereka buat yg lebih open spt model aftermarket, tarikan lebih enteng malah.
Debu yg masuk ke mesin efeknya spt spt besi yg dikikis/digerinda.. Memang dalam jangka pendek (mungkin kurang dari 5 tahun) tidak akan noticeable.
Wah masuk akal juga gan... padahal bikin filter yang lebih longgar pasti bisa lah ya om... bikin mesin aja bisa ko apalagi filter udara
Weh efeknya ngeri ngeri sedap ya om... duh galo nih
josomba wrote: Sat Mar 13, 2021 1:17
Coba kita hitung2an saja om k&n versus ganti rutin denso/sakura filter tiap 10-15k KM.
Kalau untuk tipe di mobil saya, k&n belum kit bebersihnya udah 900rb sendiri. Belum kalau minyakin kebanyakan, bikin TB jd kebasahan debu+minyak terus jd brebet2...
Pake denso aftermarket cuman 60ribu. Sampe 15x ganti baru harganya sama dengan k&n. 15x ganti berarti dah 150-200rb KM.
Sekarang ini juga rutin ganti tiap 10ribuan KM sih pake denso. TB bersih pula.
Saran yang bagus om... patut di coba... ini filter bawaan kemarin abis di semprot angin jadi mayanb lega angin masuk ntar kalo memang dah gak layak dipertimbangam ganti yang model aftermarket yang sekali pake buang heheh
josomba wrote: Sat Mar 13, 2021 1:17
Coba kita hitung2an saja om k&n versus ganti rutin denso/sakura filter tiap 10-15k KM.
Kalau untuk tipe di mobil saya, k&n belum kit bebersihnya udah 900rb sendiri. Belum kalau minyakin kebanyakan, bikin TB jd kebasahan debu+minyak terus jd brebet2...
Pake denso aftermarket cuman 60ribu. Sampe 15x ganti baru harganya sama dengan k&n. 15x ganti berarti dah 150-200rb KM.
josomba wrote: Sat Mar 13, 2021 1:17
Coba kita hitung2an saja om k&n versus ganti rutin denso/sakura filter tiap 10-15k KM.
Kalau untuk tipe di mobil saya, k&n belum kit bebersihnya udah 900rb sendiri. Belum kalau minyakin kebanyakan, bikin TB jd kebasahan debu+minyak terus jd brebet2...
Pake denso aftermarket cuman 60ribu. Sampe 15x ganti baru harganya sama dengan k&n. 15x ganti berarti dah 150-200rb KM.
Sekarang ini juga rutin ganti tiap 10ribuan KM sih pake denso. TB bersih pula.
Saran yang bagus om... patut di coba... ini filter bawaan kemarin abis di semprot angin jadi mayanb lega angin masuk ntar kalo memang dah gak layak dipertimbangam ganti yang model aftermarket yang sekali pake buang heheh
Matur tengkyu suhu
sebenernya ini sih logika aja om, semakin banyak udara masuk ke mesin, tentu semakin jos lari/tarikannya. seperti prinsip kerja turbo kan. bikin udara masuk lebih banyak. tapi kembali lagi, udara yg masuk kaya gimana nih? udara berdebu atau yang nggak berdebu?
nah kembali lagi ke filter udara aftermarket, saya sih percaya itu bisa nambah kenceng lari/tarikan, walo emang nggak sampe seberapa. tapi mungkin yang harus lebih diperhatiin ya rute yang om sering lewatin. kalo rute yg om lewatin kebanyakan daerah industri, daerah berdebu, ya hati2 aja, karena menurut saya filtrasi nya gak sebagus filtrasi filter udara pabrikan. memang sih, bisa dilumuri oli dkk, tapi ya entahlah ya, saya pribadi nggak ngerasa itu ngebantu sampai gimana.
lain cerita kalo om mungkin daerah tinggal dan kerja sehari2 di daerah sentul ya, ato mungkin pegunungan gitu. wah itu sih wuenak. udah hawa nya cenderung lebih bersih, udara dingin lagi. pasti lebih resing lagi ntar mobil nya. tanpa harus kuatirin berlebihan kualitas udara yang masuk ke mesin.
solusi lain bagi om yang concern sama filter udara, ya spt om josomba ini. rutin aja ganti tiap 10rb km. jaminan wuenak deh. murah pula biayanya.
josomba wrote: Sat Mar 13, 2021 1:17
Coba kita hitung2an saja om k&n versus ganti rutin denso/sakura filter tiap 10-15k KM.
Kalau untuk tipe di mobil saya, k&n belum kit bebersihnya udah 900rb sendiri. Belum kalau minyakin kebanyakan, bikin TB jd kebasahan debu+minyak terus jd brebet2...
Pake denso aftermarket cuman 60ribu. Sampe 15x ganti baru harganya sama dengan k&n. 15x ganti berarti dah 150-200rb KM.
Dr pada beli yg mahal, mending d sesuaikan dengan fungsinya.... So cari filter udara aftermarket sakura/denso/aspira. Sekali ganti buat jalan 15 - 20 rb km ganti. Apalagi musin pandemi gini
Kalo cari buat fungsi tarikan lebih enteng dan mudah perawatannya saran pake yang merek apa om?
hati2 om buat ngejar tarikan lebih enteng keraptan filter udara d korbanin, yg ber efek debu masuk ke ruang bakar. Bisa lecet semua itu om daleman mesin.
Analoginya gn om, filter dg kerapatan agak longgar pasti tarikan jadi lebih enteng krn hambatan udara yg masuk k dalam mesin berkurang.
Setahu ane y om.... Perawatan filter cm d semprot pake angin doank, kalau sudah kotor bgt y ganti.... Makanya ane pake sakura/denso/aspira.
Sory y om kalau bahasa ane kurang pas.
sependapat om.. sy jg gini.
saat ini rutin pakai denso ganti tiap 1-2 thn sekali.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
josomba wrote: Sat Mar 13, 2021 1:17
Coba kita hitung2an saja om k&n versus ganti rutin denso/sakura filter tiap 10-15k KM.
Kalau untuk tipe di mobil saya, k&n belum kit bebersihnya udah 900rb sendiri. Belum kalau minyakin kebanyakan, bikin TB jd kebasahan debu+minyak terus jd brebet2...
Pake denso aftermarket cuman 60ribu. Sampe 15x ganti baru harganya sama dengan k&n. 15x ganti berarti dah 150-200rb KM.
josomba wrote: Sat Mar 13, 2021 1:17
Coba kita hitung2an saja om k&n versus ganti rutin denso/sakura filter tiap 10-15k KM.
Kalau untuk tipe di mobil saya, k&n belum kit bebersihnya udah 900rb sendiri. Belum kalau minyakin kebanyakan, bikin TB jd kebasahan debu+minyak terus jd brebet2...
Pake denso aftermarket cuman 60ribu. Sampe 15x ganti baru harganya sama dengan k&n. 15x ganti berarti dah 150-200rb KM.
josomba wrote: Sat Mar 13, 2021 1:17
Coba kita hitung2an saja om k&n versus ganti rutin denso/sakura filter tiap 10-15k KM.
Kalau untuk tipe di mobil saya, k&n belum kit bebersihnya udah 900rb sendiri. Belum kalau minyakin kebanyakan, bikin TB jd kebasahan debu+minyak terus jd brebet2...
Pake denso aftermarket cuman 60ribu. Sampe 15x ganti baru harganya sama dengan k&n. 15x ganti berarti dah 150-200rb KM.
ane pakai aftermarket merek ap*x dan jujur klo dibilang peningkatannya tidak terlalu signifikan... paling kalaupun ada peningkatan ya di kecepatan rendah. kecepatan tinggi ngga terlalu berasa juga.
cuma ya murah meriah dan bisa dicuci... beli krn sodara ane gak mau dibayar masangin cover mesin. yo wes beli aja sesuatu buat kasih wang rokok.
pernah jg mobil gak sengaja jalan tanpa saringan udara dr surabaya ke semarang... mobil bekas tabrak bengkel resminya lupa masang saringan udara. waktu itu driver ane yang bawa sampe smg baru sadar tidak ada saringan udaranya...
tarikan plong menurut saya lebih efek kalo ganti exhaust (downpipe non-CC)...
klo ada yang nanya terus nanti ngotorin lingkungan? ya memang. tapi kalo ngisinya bbm solbus ya bodo amat lah hahaha. toh uji emisi uji emisi di indonesia isi solbus pake non-CC jg masih pada lolos
cuma mobil fuel injection modern sih kalo tidak di tuning dari ECU juga ganti hardware doang saya rasa gak terlalu maksimal sih... malah sayang buang buang wang beli part mahal naiknya gak banyak, pdhl remap di bebonk habisnya paling sama dengan result yang signifikan...
josomba wrote: Sat Mar 13, 2021 1:17
Coba kita hitung2an saja om k&n versus ganti rutin denso/sakura filter tiap 10-15k KM.
Kalau untuk tipe di mobil saya, k&n belum kit bebersihnya udah 900rb sendiri. Belum kalau minyakin kebanyakan, bikin TB jd kebasahan debu+minyak terus jd brebet2...
Pake denso aftermarket cuman 60ribu. Sampe 15x ganti baru harganya sama dengan k&n. 15x ganti berarti dah 150-200rb KM.
Sekarang ini juga rutin ganti tiap 10ribuan KM sih pake denso. TB bersih pula.
Saran yang bagus om... patut di coba... ini filter bawaan kemarin abis di semprot angin jadi mayanb lega angin masuk ntar kalo memang dah gak layak dipertimbangam ganti yang model aftermarket yang sekali pake buang heheh
Matur tengkyu suhu
sebenernya ini sih logika aja om, semakin banyak udara masuk ke mesin, tentu semakin jos lari/tarikannya. seperti prinsip kerja turbo kan. bikin udara masuk lebih banyak. tapi kembali lagi, udara yg masuk kaya gimana nih? udara berdebu atau yang nggak berdebu?
nah kembali lagi ke filter udara aftermarket, saya sih percaya itu bisa nambah kenceng lari/tarikan, walo emang nggak sampe seberapa. tapi mungkin yang harus lebih diperhatiin ya rute yang om sering lewatin. kalo rute yg om lewatin kebanyakan daerah industri, daerah berdebu, ya hati2 aja, karena menurut saya filtrasi nya gak sebagus filtrasi filter udara pabrikan. memang sih, bisa dilumuri oli dkk, tapi ya entahlah ya, saya pribadi nggak ngerasa itu ngebantu sampai gimana.
lain cerita kalo om mungkin daerah tinggal dan kerja sehari2 di daerah sentul ya, ato mungkin pegunungan gitu. wah itu sih wuenak. udah hawa nya cenderung lebih bersih, udara dingin lagi. pasti lebih resing lagi ntar mobil nya. tanpa harus kuatirin berlebihan kualitas udara yang masuk ke mesin.
solusi lain bagi om yang concern sama filter udara, ya spt om josomba ini. rutin aja ganti tiap 10rb km. jaminan wuenak deh. murah pula biayanya.
waduh saya sering ke tempat yang banyak indutrinya om.. kudu waspada berarti ya.. btw filter bawaan sama macem filter sakura denso lebih aman mana? lebih rapat mana?
ChZ wrote: Sat Mar 13, 2021 2:33
ane pakai aftermarket merek ap*x dan jujur klo dibilang peningkatannya tidak terlalu signifikan... paling kalaupun ada peningkatan ya di kecepatan rendah. kecepatan tinggi ngga terlalu berasa juga.
cuma ya murah meriah dan bisa dicuci... beli krn sodara ane gak mau dibayar masangin cover mesin. yo wes beli aja sesuatu buat kasih wang rokok.
pernah jg mobil gak sengaja jalan tanpa saringan udara dr surabaya ke semarang... mobil bekas tabrak bengkel resminya lupa masang saringan udara. waktu itu driver ane yang bawa sampe smg baru sadar tidak ada saringan udaranya...
tarikan plong menurut saya lebih efek kalo ganti exhaust (downpipe non-CC)...
klo ada yang nanya terus nanti ngotorin lingkungan? ya memang. tapi kalo ngisinya bbm solbus ya bodo amat lah hahaha. toh uji emisi uji emisi di indonesia isi solbus pake non-CC jg masih pada lolos
cuma mobil fuel injection modern sih kalo tidak di tuning dari ECU juga ganti hardware doang saya rasa gak terlalu maksimal sih... malah sayang buang buang wang beli part mahal naiknya gak banyak, pdhl remap di bebonk habisnya paling sama dengan result yang signifikan...
Dl waktu masi jaman sma ababil, saya sempet cobain macem2 merk, dr apexi , apex , JFC, ampe trakir sakura resing
Abis itu tobat
Skrg aliran sakura atau denso murah aj.. setaon skali ganti
Pake aftermarket gt cuman berasa enak (dikitttttt) pas lg nge toll doank, kl macet atau dalkot ga berasa.. tp rempong cuci2 nya males banget.. apalagi kaya k&n atau JFc, ribet ngasi oli nya
Btw, emg mobil2 skrg bsa ya jalan tanpa filter udara ? Trakir saya coba di kijang saya, mesin nya ga bsa langsam loh kl filter udara saya copot..
DOHC wrote: Sat Mar 13, 2021 3:17
Dl waktu masi jaman sma ababil, saya sempet cobain macem2 merk, dr apexi , apex , JFC, ampe trakir sakura resing
Abis itu tobat
Skrg aliran sakura atau denso murah aj.. setaon skali ganti
Pake aftermarket gt cuman berasa enak (dikitttttt) pas lg nge toll doank, kl macet atau dalkot ga berasa.. tp rempong cuci2 nya males banget.. apalagi kaya k&n atau JFc, ribet ngasi oli nya
Btw, emg mobil2 skrg bsa ya jalan tanpa filter udara ? Trakir saya coba di kijang saya, mesin nya ga bsa langsam loh kl filter udara saya copot..
klo mau enak beneran skalian open air atau CAI sekalian sih, tp mobil NA econobox 1500cc biasa paling ga brasa ditambah risiko salah masang nyedot panas mesin jd ngempos. yg brasa ya kl berturbo.
yg laporan supir ane jg bingung koq bisa sampe semarang baru sadar g ada filternya ane wkt ambil ga sempat nyoba lama cm ngedrop ke gudang kenalan biar diambil supir.
kijangnya karbu apa injek ? klo EFI modern bisa de, bbrp kali service pake lepas filter udara bisa koq nyala langsam. idle upnya yang nentuin khan komputer.