Omnibus wrote: Wed Mar 10, 2021 12:34
leogalih wrote: Wed Mar 10, 2021 7:42
Halo semuanya.. Saya mau tanya mengenai pengalaman membersihkan ruang bakar metode bongkar silinder head vs pakai cairan chemical.
(Mohon maaf apabila salah kamar atau ada pembahasan serupa karena saya belum baca seksama thread SM).
Jadi begini, saya pernah punya GV 2.4 saat KM 60ribuan ganti packing silinder head karena ada kompresi yang bocor, air radiator nyembur. Mumpung bongkar silinder sekalian dibersihkan ruang bakarnya, ga tau metodanya bagaimana, mungki digosok pake chemical.
Sebelum bongkar silinder head memang sering terasa ngelitik, bensin selalu pertalite. Setelah silinder dibongkar, dibersihkan dan ganti packing baru. Sampe dipakai 105rb km ga pernah gejala ngelitik, tarikan enak dan topspeed masih dapat 180kpj (tol batang-pemalang)..
Memang sih biayanya lumayan, jasa bongkar silinder head aja 2jt (termasuk bersihinnya), lalu belum beli packingnya, dan nginepnya, mobilitas pekerjaan jadi terhambat.
Nah jika dibandingkan dengan cairan kimia engine cleaner, apakah hasilnya juga sebersih bongkar silinder head?
Lalu, mana yang lebih ekonomis dan aman untuk jangka panjang. Lets say, selalu pertamax untuk 100rb km, tanpa engine cleaner.
Atau pertalite ajalah, toh menurut manual book bisa ron90, tapi diselingin engine cleaner tiap 50rb km (misalnya)??
Terima kasih teman-teman senior SM
packing head udah pecah di 60k km? mobilnya beli baru atau second? kl beli baru, wow banget nih GV.
menurut nubie terlalu over kl bongkar lagi head cuma utk bersihin carbon build up. cukup pakai chemicals aja tp jangan yg keras. banyak di pasaran yg terlalu keras malah merusak.
kl ane cukup pakai engine cleaner yg dimasukin ke fuel tank, pake tiap 5-10k km sekali. tp yg lebih utama jagalah kebersihan filter udara, oli mesin, busi dan sensor2 (maf, map, iat, kesehatan 02). krn dgn itu semua dlm kondisi prima maka pembakaran akan menghasilkan H2O (air) dalam ruang bakar, air itu yg akan membersihkan carbon build up.
Beli second, km 45rb di tahun ke 6, barang simpenan eks user wanita. Tapi ternyata boomerang.
Ga selamanya barang simpenan dan low km itu barang prima.
Kaki-kaki pun juga udah ganti swing armnya dan link stabilizernya om, karena bushingnya udah pada pecah.
Agak sedikit kecewa dengan image robustnya suzuki di GV ini, karena pengalaman punya Jimny 4WD waktu kuliah, mesin F10A bener bener worry free, sampe pernah kebalik di track offroad masih tetap bisa pulang ke rumah dengan selamat. Dan juga setelah berkeluarga miara Ertiga Gen1 bener-bener handal dan bebas masalah di kaki-kaki sekalipun, pakai 2 tahun hampir 50rb km, sampe sampe pas dijual sempet dikira buat taxol, padahal karena sering road trip aja mudik setahun bisa 5-6x, ke Bali PP, ke bromo..
Terima kasih sarannya om..
Btw, komparasinya lebih bersih mana om?
Kira-kira pertalite dengan engine cleaner 5-10rb km
Atau
Pakai pertamax tanpa engine cleaner?