Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
kunaskun wrote:sebenernya si bagus, ceritanya kaya negara2 maju, tapi ceritanya doang... karena lah naik motor ga pake helm lawan arah aja udah biasa. apalagi ginian, terlalu maju buat Indo.
Setau ane negara maju yg ada pembatasan usia kendaraan cuman Singapore.
Di negara lain macam AS, Jepang, dan beberapa negara di Eropa barat walaupun negara maju masih kelihatan mobil-mobil klasiknya.
Indonesia bukan negara maju, per november 2020 di coret sebagai negara maju. Jd bikin aturan yg sesuai tp progresif gt bs ga sih
Kalo pendapatan per kapita rata2 udh bs beli mbl waras satu per tahun boleh deh bikin peraturan ky gt. Lah ini beli hp cina aja masih pada cicilan apalg beli mbl ya masih susah lah kl tiap 10 taun ganti
farizfsa wrote: Fri Feb 26, 2021 8:43
tingkat ekonomi org indo perkapita tdk sekuat negara2 maju,
harga mobil lebih mahal drpd negara maju, gaji/pendapatan ga lebih tinggi drpd negara maju
harusnya ekosistem nya di perbaiki, drpd dilarang2 begini kurang jelas faedahnya. org itu kmrn mbl corona absolute saya liat lulus2 aja emisi padahal mbl udah 20 tahun lewat.
mungkin beliau memang lg seneng urus2 transportasi karena dpt penghargaan dari TUMI.
Saya yang pada 25++ pada lulus juga tuh oom.
Entah standardisasinya yang kurang tepat atau gimana. Kalau menurut saya sih, lebih baik bbmnya saja yang diperbaiki.
Ron 95/98 yang dijual. Di tempat saya kuliah dulu, mobil2 tua sekalinya keluar malah berderet, konvoi, parkir bareng. Masih banyak yang penasaran, gimana rasanya ngidupin (cold start) Plymouth superbird, daytona. Oh dan mereka yang naik V8 ataupun i4 sepertinya sama-sama isi bensin bagus.
Setahu saya, yang 8.4L v10 aja memenuhi kalau uji emisi.
Haha ini malah saya nyari tempat uji emisi buat mobil2 diesel sy di jaksel susah bgt
Saya kebayang misal truk/pick-up logistik umur 10th lebih yg masih sehat, angkut sayur/sembako dr puncak/bogor ke ps.kramat jati untk dijual/logistik. Trus tiba2 di stop dan ga boleh lewat saat masuk jakarta.
Klo nanti puluhan/ratusan yg kayak gitu atau bahkan semua dilarang masuk/operasi, bisa2 logistik di DKI kolaps..
harga sembako naik.. susu tak terbeli..
ZEXELGRIFONE wrote: Sun Feb 28, 2021 2:31
Saya kebayang misal truk/pick-up logistik umur 10th lebih yg masih sehat, angkut sayur/sembako dr puncak/bogor ke ps.kramat jati untk dijual/logistik. Trus tiba2 di stop dan ga boleh lewat saat masuk jakarta.
Klo nanti puluhan/ratusan yg kayak gitu atau bahkan semua dilarang masuk/operasi, bisa2 logistik di DKI kolaps..
harga sembako naik.. susu tak terbeli..
Jgn jauh2 om, di priok apa kabar itu mersi2 bagong
ZEXELGRIFONE wrote: Sun Feb 28, 2021 2:31
Saya kebayang misal truk/pick-up logistik umur 10th lebih yg masih sehat, angkut sayur/sembako dr puncak/bogor ke ps.kramat jati untk dijual/logistik. Trus tiba2 di stop dan ga boleh lewat saat masuk jakarta.
Klo nanti puluhan/ratusan yg kayak gitu atau bahkan semua dilarang masuk/operasi, bisa2 logistik di DKI kolaps..
harga sembako naik.. susu tak terbeli..
gak bakalan jalan juga butuh banyak personel buat ngontrolnya pasti diawal pada bandel dan terus2x bandel gimana juga yang ngontrol dari luar kota tambah lagi gimana loe bisa bedain misalnya pajero 2010 sama pajero 2015 modelnya aja masih sama tinggal ganti bemper beres kalo gak jazz ge8 2008 sama 2011......
lagian coba aja liat di jalan berapa banyak avanza 2004 gen1 jangankan 2004 yang f600 facelift aja ud jarang keliatan adanya model F650 semua kebanyakan .....
ZEXELGRIFONE wrote: Sun Feb 28, 2021 2:31
Saya kebayang misal truk/pick-up logistik umur 10th lebih yg masih sehat, angkut sayur/sembako dr puncak/bogor ke ps.kramat jati untk dijual/logistik. Trus tiba2 di stop dan ga boleh lewat saat masuk jakarta.
Klo nanti puluhan/ratusan yg kayak gitu atau bahkan semua dilarang masuk/operasi, bisa2 logistik di DKI kolaps..
harga sembako naik.. susu tak terbeli..
Jgn jauh2 om, di priok apa kabar itu mersi2 bagong
Wkwkkw.. nah itu..
b0ku wrote: Sun Feb 28, 2021 4:40
gak bakalan jalan juga butuh banyak personel buat ngontrolnya pasti diawal pada bandel dan terus2x bandel gimana juga yang ngontrol dari luar kota tambah lagi gimana loe bisa bedain misalnya pajero 2010 sama pajero 2015 modelnya aja masih sama tinggal ganti bemper beres kalo gak jazz ge8 2008 sama 2011......
lagian coba aja liat di jalan berapa banyak avanza 2004 gen1 jangankan 2004 yang f600 facelift aja ud jarang keliatan adanya model F650 semua kebanyakan .....
Ada benernya jg om..
Menurut saya ini salah satu aturan yg agak absurd..
ZEXELGRIFONE wrote: Sun Feb 28, 2021 6:16
Ada benernya jg om..
Menurut saya ini salah satu aturan yg agak absurd..
lagian emisi paling gede itu keluar pas mobil di produksi bukan pas mobil di jalan ya makin sering ganti mobil baru mau mobil listrik kek ya carbon footprintnya makin banyak malah disarankan jarang ganti mobil kalo mau ngurangin carbon footprint apalagi yang kerjaannya kayak saya punya mobil tapi cuma di pake deket2x atau dulu kerja pun saya malah naek ojek ke kantor
ZEXELGRIFONE wrote: Sun Feb 28, 2021 6:16
Ada benernya jg om..
Menurut saya ini salah satu aturan yg agak absurd..
lagian emisi paling gede itu keluar pas mobil di produksi bukan pas mobil di jalan ya makin sering ganti mobil baru mau mobil listrik kek ya carbon footprintnya makin banyak malah disarankan jarang ganti mobil kalo mau ngurangin carbon footprint apalagi yang kerjaannya kayak saya punya mobil tapi cuma di pake deket2x atau dulu kerja pun saya malah naek ojek ke kantor
klo di beberapa negara dilarang tapi berakhir di scrap yard, spare partnya bisa di reuse dan recycle. yang mau keep juga boleh kalo bayar tax lebih. lagian negara macem SG mah orang mobil motor bukan kebutuhan pokok public transportnya sangat-sangat nyaman makanya polusi jelas terkontrol.
di sini ?
ya buang ke daerah. tuh ex kota besar bakal berakhir di kota-kota kecil juga. yang di jakarta beli mobil baru lagi. ya itu mah ngga ngurangin polusi ya. mindahin doank.
ini kan pertanyaan mendasar lebih penting dibanding mana solusi energi alternatif atau kebijakan larangan mobil tua... inget mobil dijual dan ganti ke mobil baru, mobil lamanya tetap ada entah di showroom bekas atau jadi bangke, ngga otomatis berubah jadi uap.
ZEXELGRIFONE wrote: Sun Feb 28, 2021 6:16
Ada benernya jg om..
Menurut saya ini salah satu aturan yg agak absurd..
lagian emisi paling gede itu keluar pas mobil di produksi bukan pas mobil di jalan ya makin sering ganti mobil baru mau mobil listrik kek ya carbon footprintnya makin banyak malah disarankan jarang ganti mobil kalo mau ngurangin carbon footprint apalagi yang kerjaannya kayak saya punya mobil tapi cuma di pake deket2x atau dulu kerja pun saya malah naek ojek ke kantor
klo di beberapa negara dilarang tapi berakhir di scrap yard, spare partnya bisa di reuse dan recycle. yang mau keep juga boleh kalo bayar tax lebih. lagian negara macem SG mah orang mobil motor bukan kebutuhan pokok public transportnya sangat-sangat nyaman makanya polusi jelas terkontrol.
di sini ?
ya buang ke daerah. tuh ex kota besar bakal berakhir di kota-kota kecil juga. yang di jakarta beli mobil baru lagi. ya itu mah ngga ngurangin polusi ya. mindahin doank.
ini kan pertanyaan mendasar lebih penting dibanding mana solusi energi alternatif atau kebijakan larangan mobil tua... inget mobil dijual dan ganti ke mobil baru, mobil lamanya tetap ada entah di showroom bekas atau jadi bangke, ngga otomatis berubah jadi uap.
masalahnya di singapore kan negara kecil jd wajar aturan kek gitu lagian emang di larang regristrasinya dan biasanya mereka pun jual buat dikirim ke afrika, dan mobil butut registrasi malaysia pun masih bisa masuk ke singapore, kalo jakarta kan gaya2xan mau ngeban mobil tua masuk jakarta berarti termasuk mobil2x tua dari daerah juga gak boleh masuk....
kalo aturannya open kek singapore ya gak ngepek yang bikin macet juga mobil2x dari bekasi sama tangerang masuk sini
kalo caranya gitu ya gampang pinjem KTP orang miskin dari daerah aja buat BBN terus nembak tiap taon
lagian emisi paling gede itu keluar pas mobil di produksi bukan pas mobil di jalan ya makin sering ganti mobil baru mau mobil listrik kek ya carbon footprintnya makin banyak malah disarankan jarang ganti mobil kalo mau ngurangin carbon footprint apalagi yang kerjaannya kayak saya punya mobil tapi cuma di pake deket2x atau dulu kerja pun saya malah naek ojek ke kantor
klo di beberapa negara dilarang tapi berakhir di scrap yard, spare partnya bisa di reuse dan recycle. yang mau keep juga boleh kalo bayar tax lebih. lagian negara macem SG mah orang mobil motor bukan kebutuhan pokok public transportnya sangat-sangat nyaman makanya polusi jelas terkontrol.
di sini ?
ya buang ke daerah. tuh ex kota besar bakal berakhir di kota-kota kecil juga. yang di jakarta beli mobil baru lagi. ya itu mah ngga ngurangin polusi ya. mindahin doank.
ini kan pertanyaan mendasar lebih penting dibanding mana solusi energi alternatif atau kebijakan larangan mobil tua... inget mobil dijual dan ganti ke mobil baru, mobil lamanya tetap ada entah di showroom bekas atau jadi bangke, ngga otomatis berubah jadi uap.
masalahnya di singapore kan negara kecil jd wajar aturan kek gitu lagian emang di larang regristrasinya dan biasanya mereka pun jual buat dikirim ke afrika, dan mobil butut registrasi malaysia pun masih bisa masuk ke singapore, kalo jakarta kan gaya2xan mau ngeban mobil tua masuk jakarta berarti termasuk mobil2x tua dari daerah juga gak boleh masuk....
kalo aturannya open kek singapore ya gak ngepek yang bikin macet juga mobil2x dari bekasi sama tangerang masuk sini
kalo caranya gitu ya gampang pinjem KTP orang miskin dari daerah aja buat BBN terus nembak tiap taon
Spore jadi jaga toko uniq lo aja bisa dapet sgd 1800-2000, pinter2 makan bisa sekali makan 2-3 dollar
Lah indo, gaji 3 jt (300 sgd), makan ttp 20rb (2sgd) blm keboasa keluarga besar punya anak banyak..
kebayang gak, kalo mobil 10 thn gak bisa lagi di Jkt..
maka mau gak mau dijual..
lalu dijual ke daerah...lalu orang daerah nawarnya murah (toh orang Jakarta gak punya bargaining power untuk keep itu mobil)...akhirnya dijual murah..
lalu RV mobil sejenis di daerah akan hancur lebur ..
ngapain beli Innova di daerah, say tahun 2011 harga 160 jt, kalau bisa beli mobil lungsuran Jakarta 80 jt..
maka mobil orang daerah akan turun juga jadi 80 juta…
akibatnya orang daerah merasa gak worth it beli mobil mahal, karena harga bekas terjun bebas…
rasanya kok kayak sewa aja…
akhirnya pada belim yg murah meriah aja,,,10 tahun buang ke parunx
b0ku wrote: Sun Feb 28, 2021 12:22
masalahnya di singapore kan negara kecil jd wajar aturan kek gitu lagian emang di larang regristrasinya dan biasanya mereka pun jual buat dikirim ke afrika, dan mobil butut registrasi malaysia pun masih bisa masuk ke singapore, kalo jakarta kan gaya2xan mau ngeban mobil tua masuk jakarta berarti termasuk mobil2x tua dari daerah juga gak boleh masuk....
kalo aturannya open kek singapore ya gak ngepek yang bikin macet juga mobil2x dari bekasi sama tangerang masuk sini
kalo caranya gitu ya gampang pinjem KTP orang miskin dari daerah aja buat BBN terus nembak tiap taon
nanti makin ladang cari wang buat calo nembak KTP luar daerah...
dan petugas pajak makin ganas nyariin
pengusaha makin ogah akhirnya pindahin gudangnya ke luar jakarta krn repot tiap 10 thn mesti peremajaan truck sementara truck tua 20-30 taon dikasih beban overload terus jg gak rusak rusak terus ngapain beli baru tiap 10 taon...
colt diesel tua usia 20 thn bawa 7-8 ton udah lewat 2x GVW jg jalan aja truck mah batas absolutnya nyali supir bukan GVW supir bilang berani ya jalan
farizfsa wrote: Sun Feb 28, 2021 14:12
Spore jadi jaga toko uniq lo aja bisa dapet sgd 1800-2000, pinter2 makan bisa sekali makan 2-3 dollar
Lah indo, gaji 3 jt (300 sgd), makan ttp 20rb (2sgd) blm keboasa keluarga besar punya anak banyak..
blm itu orang singapore rata rata gak pake kendaraan pribadi public transportnya dah memadai banget harga mobilnya jg mahal bgt gw yang heran tuh orang SG harga mobil selangit tp porsche GTR ferrari pemandangan yang cukup umum.
makanya emang hebat lah orang indonesia, kerja gaji di bawah UMR, tabungan gak punya, nikah anak banyak masih bisa bertahan hidup
farizfsa wrote: Sun Feb 28, 2021 14:12
Spore jadi jaga toko uniq lo aja bisa dapet sgd 1800-2000, pinter2 makan bisa sekali makan 2-3 dollar
Lah indo, gaji 3 jt (300 sgd), makan ttp 20rb (2sgd) blm keboasa keluarga besar punya anak banyak..
Saya tinggal 2th di singapore faktanya disana banyak mobil butut malah cetnya sampe busuk juga ada karena mereka kan pada tinggal di hdb jd mobil di jemur, saya disana taon 2004-2006 honda crx aja masih ada cuma emang saya gak tau plat mana bisa aja malaysia punya kebanyakan yang ketara tua tuh proton banyak
sama satu lagi kalo tinggal di singapore mah malah males bawa mobil naek mrt paling enak biarpun jejel2xan saya dulu naek bus bisa berenti depan rumah malah belain jalan 15 menit buat naek Mrt pulang pergi
b0ku wrote: Sun Feb 28, 2021 12:22
masalahnya di singapore kan negara kecil jd wajar aturan kek gitu lagian emang di larang regristrasinya dan biasanya mereka pun jual buat dikirim ke afrika, dan mobil butut registrasi malaysia pun masih bisa masuk ke singapore, kalo jakarta kan gaya2xan mau ngeban mobil tua masuk jakarta berarti termasuk mobil2x tua dari daerah juga gak boleh masuk....
kalo aturannya open kek singapore ya gak ngepek yang bikin macet juga mobil2x dari bekasi sama tangerang masuk sini
kalo caranya gitu ya gampang pinjem KTP orang miskin dari daerah aja buat BBN terus nembak tiap taon
nanti makin ladang cari wang buat calo nembak KTP luar daerah...
dan petugas pajak makin ganas nyariin
pengusaha makin ogah akhirnya pindahin gudangnya ke luar jakarta krn repot tiap 10 thn mesti peremajaan truck sementara truck tua 20-30 taon dikasih beban overload terus jg gak rusak rusak terus ngapain beli baru tiap 10 taon...
colt diesel tua usia 20 thn bawa 7-8 ton udah lewat 2x GVW jg jalan aja truck mah batas absolutnya nyali supir bukan GVW supir bilang berani ya jalan
farizfsa wrote: Sun Feb 28, 2021 14:12
Spore jadi jaga toko uniq lo aja bisa dapet sgd 1800-2000, pinter2 makan bisa sekali makan 2-3 dollar
Lah indo, gaji 3 jt (300 sgd), makan ttp 20rb (2sgd) blm keboasa keluarga besar punya anak banyak..
blm itu orang singapore rata rata gak pake kendaraan pribadi public transportnya dah memadai banget harga mobilnya jg mahal bgt gw yang heran tuh orang SG harga mobil selangit tp porsche GTR ferrari pemandangan yang cukup umum.
makanya emang hebat lah orang indonesia, kerja gaji di bawah UMR, tabungan gak punya, nikah anak banyak masih bisa bertahan hidup
Keknya lebih banyak masalahnya ya
Soalnya di singapore gaji loe di potong sama gov buat tabungan jd loe gak nabung pun gov ud maksa loe saving nah savingnya itu bisa di pake buat beli rumah atau mobil kalo cukup....
b0ku wrote: Sun Feb 28, 2021 12:22
masalahnya di singapore kan negara kecil jd wajar aturan kek gitu lagian emang di larang regristrasinya dan biasanya mereka pun jual buat dikirim ke afrika, dan mobil butut registrasi malaysia pun masih bisa masuk ke singapore, kalo jakarta kan gaya2xan mau ngeban mobil tua masuk jakarta berarti termasuk mobil2x tua dari daerah juga gak boleh masuk....
kalo aturannya open kek singapore ya gak ngepek yang bikin macet juga mobil2x dari bekasi sama tangerang masuk sini
kalo caranya gitu ya gampang pinjem KTP orang miskin dari daerah aja buat BBN terus nembak tiap taon
nanti makin ladang cari wang buat calo nembak KTP luar daerah...
dan petugas pajak makin ganas nyariin
pengusaha makin ogah akhirnya pindahin gudangnya ke luar jakarta krn repot tiap 10 thn mesti peremajaan truck sementara truck tua 20-30 taon dikasih beban overload terus jg gak rusak rusak terus ngapain beli baru tiap 10 taon...
colt diesel tua usia 20 thn bawa 7-8 ton udah lewat 2x GVW jg jalan aja truck mah batas absolutnya nyali supir bukan GVW supir bilang berani ya jalan
farizfsa wrote: Sun Feb 28, 2021 14:12
Spore jadi jaga toko uniq lo aja bisa dapet sgd 1800-2000, pinter2 makan bisa sekali makan 2-3 dollar
Lah indo, gaji 3 jt (300 sgd), makan ttp 20rb (2sgd) blm keboasa keluarga besar punya anak banyak..
blm itu orang singapore rata rata gak pake kendaraan pribadi public transportnya dah memadai banget harga mobilnya jg mahal bgt gw yang heran tuh orang SG harga mobil selangit tp porsche GTR ferrari pemandangan yang cukup umum.
makanya emang hebat lah orang indonesia, kerja gaji di bawah UMR, tabungan gak punya, nikah anak banyak masih bisa bertahan hidup
Keknya lebih banyak masalahnya ya
Soalnya di singapore gaji loe di potong sama gov buat tabungan jd loe gak nabung pun gov ud maksa loe saving nah savingnya itu bisa di pake buat beli rumah atau mobil kalo cukup....
Disini mah boro2 saving, minjem pinjol yg ada wkwk
Di singapore kynya jg masih cukup ada mbl diatas 10 taun berkeliaran
farizfsa wrote: Sun Feb 28, 2021 23:36
Disini mah boro2 saving, minjem pinjol yg ada wkwk
Di singapore kynya jg masih cukup ada mbl diatas 10 taun berkeliaran
banyak kok mobil tua 10th disana cuma masalahnya saya gak peratiin itu plat mana bisa aja plat malaysia makanya bisa berkeliaraan disana soalnya mobil malaysia kan bisa masuk sana
b0ku wrote: Sun Feb 28, 2021 12:22
masalahnya di singapore kan negara kecil jd wajar aturan kek gitu lagian emang di larang regristrasinya dan biasanya mereka pun jual buat dikirim ke afrika, dan mobil butut registrasi malaysia pun masih bisa masuk ke singapore, kalo jakarta kan gaya2xan mau ngeban mobil tua masuk jakarta berarti termasuk mobil2x tua dari daerah juga gak boleh masuk....
kalo aturannya open kek singapore ya gak ngepek yang bikin macet juga mobil2x dari bekasi sama tangerang masuk sini
kalo caranya gitu ya gampang pinjem KTP orang miskin dari daerah aja buat BBN terus nembak tiap taon
nanti makin ladang cari wang buat calo nembak KTP luar daerah...
dan petugas pajak makin ganas nyariin
pengusaha makin ogah akhirnya pindahin gudangnya ke luar jakarta krn repot tiap 10 thn mesti peremajaan truck sementara truck tua 20-30 taon dikasih beban overload terus jg gak rusak rusak terus ngapain beli baru tiap 10 taon...
colt diesel tua usia 20 thn bawa 7-8 ton udah lewat 2x GVW jg jalan aja truck mah batas absolutnya nyali supir bukan GVW supir bilang berani ya jalan
farizfsa wrote: Sun Feb 28, 2021 14:12
Spore jadi jaga toko uniq lo aja bisa dapet sgd 1800-2000, pinter2 makan bisa sekali makan 2-3 dollar
Lah indo, gaji 3 jt (300 sgd), makan ttp 20rb (2sgd) blm keboasa keluarga besar punya anak banyak..
blm itu orang singapore rata rata gak pake kendaraan pribadi public transportnya dah memadai banget harga mobilnya jg mahal bgt gw yang heran tuh orang SG harga mobil selangit tp porsche GTR ferrari pemandangan yang cukup umum.
makanya emang hebat lah orang indonesia, kerja gaji di bawah UMR, tabungan gak punya, nikah anak banyak masih bisa bertahan hidup
Keknya lebih banyak masalahnya ya
Soalnya di singapore gaji loe di potong sama gov buat tabungan jd loe gak nabung pun gov ud maksa loe saving nah savingnya itu bisa di pake buat beli rumah atau mobil kalo cukup....
rasanya sih tiap negara punya masalah masalah sendiri..
kalau di Singapore setahu saya, kalo soal makan sih aman lah...rasio antara gaji SGD 2000 vs sekali makan SGD 5 (makan moderate) sudah cukup layak. artinya uang gaji cukup untuk 400 x makan.
kalau di Indo, gaji missal UMP DKI Rp. 4 juta, sekali makan 20,000 maka rasionya 200 x makan.
tapi yang termehek mehek di Singapore adalah Housing cost, yang mahal sekali, either nyewa atau beli (nyicil)…
kan nyesek kalo gaji SGD 2000 , tapi buat kos kosan udah habis SGD 800 per bulan…
kalo beli gadget mungkin gampang, karena gaji cukup beli gadget..
rasanya sih tiap negara punya masalah masalah sendiri..
kalau di Singapore setahu saya, kalo soal makan sih aman lah...rasio antara gaji SGD 2000 vs sekali makan SGD 5 (makan moderate) sudah cukup layak. artinya uang gaji cukup untuk 400 x makan.
kalau di Indo, gaji missal UMP DKI Rp. 4 juta, sekali makan 20,000 maka rasionya 200 x makan.
tapi yang termehek mehek di Singapore adalah Housing cost, yang mahal sekali, either nyewa atau beli (nyicil)…
kan nyesek kalo gaji SGD 2000 , tapi buat kos kosan udah habis SGD 800 per bulan…
kalo beli gadget mungkin gampang, karena gaji cukup beli gadget..
kalo di luar emang rumah mahal sih adek saya baru nyicil rumah di ausie dan cicilannya 30th gila dia umur 60 baru lunas
kalo di singapore mereka biasa beli HDB bisa pake CPF fund sih jd ya hasil uang yang di potong GOV bisa dipake buat beli rumah atau mobil...
buat saya paling enak sih nyari duit di indonesia emang kalo step awalnya sulit apalagi cuma ngandelin gaji, tapi gitu ud dapet caranya mah enak disini dan hidup lebih santai daripada kerja di luar gaji gede tapi kejebak rutinitas itu2x aja
rasanya sih tiap negara punya masalah masalah sendiri..
kalau di Singapore setahu saya, kalo soal makan sih aman lah...rasio antara gaji SGD 2000 vs sekali makan SGD 5 (makan moderate) sudah cukup layak. artinya uang gaji cukup untuk 400 x makan.
kalau di Indo, gaji missal UMP DKI Rp. 4 juta, sekali makan 20,000 maka rasionya 200 x makan.
tapi yang termehek mehek di Singapore adalah Housing cost, yang mahal sekali, either nyewa atau beli (nyicil)…
kan nyesek kalo gaji SGD 2000 , tapi buat kos kosan udah habis SGD 800 per bulan…
kalo beli gadget mungkin gampang, karena gaji cukup beli gadget..
kalo di luar emang rumah mahal sih adek saya baru nyicil rumah di ausie dan cicilannya 30th gila dia umur 60 baru lunas
kalo di singapore mereka biasa beli HDB bisa pake CPF fund sih jd ya hasil uang yang di potong GOV bisa dipake buat beli rumah atau mobil...
buat saya paling enak sih nyari duit di indonesia emang kalo step awalnya sulit apalagi cuma ngandelin gaji, tapi gitu ud dapet caranya mah enak disini dan hidup lebih santai daripada kerja di luar gaji gede tapi kejebak rutinitas itu2x aja
Di Aussie memang gitu, cuma benefit bagi warga nya juga oke banget sih.
Temen saya di Sydney ada kebijakan dr pemerintahnya kalo kena PHK karena covid, per bulan dikasih 3000$. Alhasil jdnya warga pun ngga merasa terbebani dengan pajak dll nya, karena ada benefit yg dirasakan
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
evanbngdor wrote: Mon Mar 01, 2021 2:25
Di Aussie memang gitu, cuma benefit bagi warga nya juga oke banget sih.
Temen saya di Sydney ada kebijakan dr pemerintahnya kalo kena PHK karena covid, per bulan dikasih 3000$. Alhasil jdnya warga pun ngga merasa terbebani dengan pajak dll nya, karena ada benefit yg dirasakan
adek saya kena tuh taon kemaren dia gak di PHK sih cuma tempat dia kerja ud gak sanggup bayar dia jadi di rumahkan sementara yang gaji dia akhirnya pemerintah, tapi pas ud mulai masuk lagi berapa bulan dia malah pindah kerja ke yang laen....
katanya ntar juga istrinya abis lahiran di suruh cuti 1th yang gaji juga pemerintah....ya cuma gitu ujung2xnya musti kerja sama orang jd gak bebas sedangkan saya disini idup santai karena usaha saya juga ud mulai jalan dan mapan....
Haha ini malah saya nyari tempat uji emisi buat mobil2 diesel sy di jaksel susah bgt
Bikin aja aturan dl, pelaksanaan ya.. gt
Di promotor atau Car ngga bisa mas?
Itu di atas ramai perbandingan sgd dan jkt.
Saya beberapa kali berbagi ilmu di sana, tetep masih enak di sini. Terlalu banyak faktor non keuangan yang membuat jkt lebih baik.
Salah satu contohnya, kalau mau bangun mobil yang mengingatkan nostalgia (masa kuliah, a1, dll) di sini ya mudah, spare part dll, ada aja.
Labour cost juga masih (amat) murah, 1 rumah 4 servant di sini nga ada lawannya.. he he
Ya kalau uang banyak, udah diputer stabil, pada akhirnya selera yang menentukan (buat saya).
b0ku wrote: Mon Mar 01, 2021 2:01
kalo di luar emang rumah mahal sih adek saya baru nyicil rumah di ausie dan cicilannya 30th gila dia umur 60 baru lunas
kalo di singapore mereka biasa beli HDB bisa pake CPF fund sih jd ya hasil uang yang di potong GOV bisa dipake buat beli rumah atau mobil...
buat saya paling enak sih nyari duit di indonesia emang kalo step awalnya sulit apalagi cuma ngandelin gaji, tapi gitu ud dapet caranya mah enak disini dan hidup lebih santai daripada kerja di luar gaji gede tapi kejebak rutinitas itu2x aja
denger cerita orang mau buka usaha di luar negeri aja susahnya ampun, di sini modal dengkul bisa masak buka warung depan rumah jadi mitra gofood ud jadi usaha
cuma yah di banyak negara maju emang enaknya gak perlu mikir urusan perut ama sakit sakit dijamin negara, orientasi nya kerja bukan lagi buat urusan perut.
di sini perut urusan masing masing makanya jiwa petarungnya tinggi sikut sikutannya ganas aplg klo masih working class tp skali udah ketemu caranya naiknya bisa cepet dari working class ke middle class.
yang lbh enak buka usaha barang komoditas di daerah jual agak kemahalan dikit aja bs laku pd ogah repot cari kesana kemari
b0ku wrote: Mon Mar 01, 2021 2:01
kalo di luar emang rumah mahal sih adek saya baru nyicil rumah di ausie dan cicilannya 30th gila dia umur 60 baru lunas
kalo di singapore mereka biasa beli HDB bisa pake CPF fund sih jd ya hasil uang yang di potong GOV bisa dipake buat beli rumah atau mobil...
buat saya paling enak sih nyari duit di indonesia emang kalo step awalnya sulit apalagi cuma ngandelin gaji, tapi gitu ud dapet caranya mah enak disini dan hidup lebih santai daripada kerja di luar gaji gede tapi kejebak rutinitas itu2x aja
denger cerita orang mau buka usaha di luar negeri aja susahnya ampun, di sini modal dengkul bisa masak buka warung depan rumah jadi mitra gofood ud jadi usaha
cuma yah di banyak negara maju emang enaknya gak perlu mikir urusan perut ama sakit sakit dijamin negara, orientasi nya kerja bukan lagi buat urusan perut.
di sini perut urusan masing masing makanya jiwa petarungnya tinggi sikut sikutannya ganas aplg klo masih working class tp skali udah ketemu caranya naiknya bisa cepet dari working class ke middle class.
yang lbh enak buka usaha barang komoditas di daerah jual agak kemahalan dikit aja bs laku pd ogah repot cari kesana kemari
Wah susah sih memang mau buka bisnis di luar negeri. Minimal banget 1 tahun itu baru bisa jalan sempurna. Sodara jg ada yg gitu, pas krismon 1998 pindah di aussie juga, modal dengkul aja. Di sana ya berjuang setengah mati mulai dr jualan makanan door to door.
Cuma pegang 55jt rupiah aja pd saat itu, uang PHK dan tabungan. Ya untungnya sih bisa survive jg, cuma berat banget, bisnis di tahun segitu susahnya minta ampun katanya
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
kunaskun wrote:sebenernya si bagus, ceritanya kaya negara2 maju, tapi ceritanya doang... karena lah naik motor ga pake helm lawan arah aja udah biasa. apalagi ginian, terlalu maju buat Indo.
Setau ane negara maju yg ada pembatasan usia kendaraan cuman Singapore.
Di negara lain macam AS, Jepang, dan beberapa negara di Eropa barat walaupun negara maju masih kelihatan mobil-mobil klasiknya.
ya tipikal pejabat indo yg ga mutu. ngincer tinggi, tapi bawahnya ga diberesin dulu.
ginting wrote: Fri Feb 26, 2021 14:23
Yang nyuruh, nekat, pembatasan usia kendaraan akan dicap tidak pro "wong cilik"..
kalau udah gitu maka nanti gak dipilih waktu pilkada.
jadi kalau gitu saya setuju, bahwa ini juga "just another wacana"..
btw, tahun 2016 sy itu galau antara beli LC VXR atau MUX baru, dengan budget 400-500.
waktu itu sudah ada wacana soal mobil maximal 20 tahun buat mobil Pribadi..ingat bahwa zaman itu Ahok adalah masih gubernurnya..
makanya saya takut kalau kalau itu diberlakukan maka langsung tewas itu VXR gak ada nilainya..
akhirnya sy beli MuX..
jgn repot2, kalau aturan ini jalan, bisa jadi tetiba banyak mobil jkt ganti plat ke daerah tetangga. lebih murah ongkos dan pajaknya pula, apalagi modal nembak KTP
kunaskun wrote:
jgn repot2, kalau aturan ini jalan, bisa jadi tetiba banyak mobil jkt ganti plat ke daerah tetangga. lebih murah ongkos dan pajaknya pula, apalagi modal nembak KTP
Pajak daerah blm tentu lebih murah, audi sy pajak dki 12 jt pindah ke bekasi jadi 17 jt wkwkwk