whitehorse4 wrote: Wed Feb 24, 2021 16:39
kondisi sama2 2nd pilih mana om, untuk long term bagus gnki v 2012-13 (200-210jt) atau anki g 2016 (270-280jt)
rencana untuk jadi mobil yang akan dipake sampai rusak
dan isi biosolar
masi single belum berkeluarga hehe
kalau gnki sisa dana mau buat light tune macam remap, downpipe, air filter, fmic, atf&oil cooler dll (200hp apa bisa ubahan gini aja?)
sebenernya ANKI bagi sy pilihan yg no-brainer namun masi ragu jedug di anki ini bakal ngerusak matic atau hanya "mengganggu" saja? kalau emang gak bikin rusak sy ga masalah kena jedug karena semua anki diesel yg permah sy coba jedug semua (punya teman, sodara, rental, dll.)
model lebih seneng ANKI dan jauh lebih nyaman juga rasanya
namun ya balik lagi kalau isu jedug apakah bakalan ngefek ke pemakaian jangka panjang?
pilihan nyeleneh lain: beli swift sport mt aja
gak nyambung sih memang.. cuma cari yang kenceng tapi low running cost.. hehehe
masalahnya habis bawa anki diesel nyetir hrv 1.8 jazz outlander kerasa lemot.. padahal mereka bukan mobil pelan dan termasuk menyenangkan untuk dikendarai
nah apa swift sport bakal gini juga
thanks in advance
kalau dari pilihan yang 2 itu sih saya akan rekomen ANKI saja, mengingat akan dipakai 10 tahun.
soal feeling bawa HRV 1.8 jazz outlander kok asa jd lambat...itu mungkin lebih kepada "lag/delay" karena CVT saja karena kalau ditest 0-100 rasanya ANKI gak menang…
memang salah satu sensasi diesel adalah kita selalu merasa "lots of torque / power ready to deliver instantly anytime"..
evanbngdor wrote: Thu Feb 25, 2021 9:48
ChZ wrote: Thu Feb 25, 2021 2:38
silentIm2 wrote: Wed Feb 24, 2021 17:25
vote ANKI G sih.., GNKI seawet2nya sudah ga muda lagi, minimal timing belt ganti. Packing2 dan gasket sudah berumur cepat atau lambat pasti bakal rembes. Apalagi mau remap dan modif, kalo ngejar awet mending keep standar aja om. Apalagi mau dipake 10 tahun. Mesin yang ditambah powernya berarti menambah stres kerja mesin itu, mungkin bisa injektor jebol, bisa transmisi clutch pack gosong, dll.
Mobil awet setelah remap? jarang om, kecuali om juga upgrade semua komponen secara keseluruhan dari injektor, piston, water pump, radiator, transmisi. Tim engineer pabrik itu sudah desain bagaimana beban kerja dalam keadaan standar, trus ditambahin faktor safety. Om modif mobilnya untuk power lebih dari standar berarti memakai faktor safety itu.
Knapa saya bisa ngomong gini? Temen grup ada yang ring pistonnya patah karena remap = solar lebih banyak diinjeksi dari seharusnya = power 200++ dk, asap ngebul, tapi 1 tahun dipake piston cuil + ring piston patah.
mari kita geser mic ke mbah bebonk @b8099ok , our legendary tuner...
tidak sedikit koq tuner yang cuma hasilnya asal kenceng pdhl mappingnya gak karu-karuan map asal copas tinggal nunggu waktu aja kapan rontok... sering mbah bebonk nemu ginian yang tau-tau bermasalah abis dibuka mapnya kacau abis asal main mentok mentokin aja
ini yang kasian tuner yang bener-bener ngerti, bikin stigma orang berpikir di remap pasti gak awet... pdhl ya asal tunernya ngerti awet awet saja...
civic turbo sy garapan mbah bebonk pake 4 thn tidak ada masalah. udah remap dari 1.000 kilo sekarang jalan 23.000 kilo.
Hehehe, banyak kok innova diesel yg udah remap itu di uji emisi gagal semua. Opacity nya > 40 semua. Itu salah satu akibat ke tuner abal2 yg gak mau saya sebutkan mereknya.
Tp beda cerita kalo pake Dastek/Monmax/piggyback lainnya. Opacity nya ngga ada yg lebih dr 12, padahal power nya jg gak main2 itu. Cuma memang secara biaya ya remap sama piggyback itu beda jauh pasti
menurut saya sih kalau 1 tahun piston jadi cuil dan ring piston patah maka ada 2 kemungkinan : (1) map yg diterapkan salah / abal abal tuner kagak ngerti safety (2) oli yg dipakai kagak sesuai , entah karena gak mau rugi, atau bokek, atau salah nasehat (aman kok pakai oli standard,...padahal mesin udah naek 2x lipat powernya)
saya sih sudah remap mux sejak odo 5000, sekarang sudah 51,000 so far so good...
gak pernah CE atau jedag jedug..
tapi memang saya gak muluk muluk sih mintanya...yg penting ke lukot bisa anteng aja tarikannya disbanding standard tapi mengganggu durability
tapi saya karena di kantor sering diskusi dengan forensic engineer, maka saya faham betul hubungan antara cyclic stress dengan usia pakai dari benda.
makin tinggi stressnya suatu benda maka semakin rendah lifetimenya...it is a must..tinggal kitanya aja a sampai tahap mana kita bisa tolerir penurunan lifetime itu sebagai trade off dari naiknya stress (baca : power) tersebut
kalau harus dibayar dengan turun mesin dalam setahun, menurut saya gak worth it.
yg lebih memperburuk sebenarnya social media, internet...
mereka terlalu banyak expose bahwa mobil diesel si Anu ditune di bengkel X dapat 200 HP...
lalu si B posting, nih gue tune di bengkel Nua, dapet 250 HP, dst…
sehingga kayak lomba lomba siapa paling gede angkanya…
sepanjang aman dan safe sih gak papa...tapi ingat kata oom Kompree, modif itu kejam dan berisiko..dan risiko itu ada di owner...
jadi menurut saya sih modif yang proper adalah modif yang bisa memaksimalkan potensi terpendam mobilnya, sampai batas yang masih aman...dan owner harus dikasih tahu tentang risiko risiko yang mungkin terjadi dan precaution yg harus dilakukan...kalau sudah modif…
mungkin ada yg akan ngeyel, tapi kan mobil 250 HP itu kan gak selalu dipentokin sampai tenaga keluar 250 HP...??
hei...ingat...ingat...bahwa mobil 150 HP standar juga gak selamanya dipakai yang 150 HP itu…
jadi akan ada peningkatan load stress dari standard ke load stress yang baru gara gara mesin udah makin bringas.