Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 325
- Joined: Sun Jun 06, 2010 6:49
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Semoga aja kebijakannya direvisi..
sotoy ane, perkembangan penjualan mobil baru akan stagnan/flat grafiknya. karena resale value bukan lagi sbg pertimbangan. Di daerah malah sales bisa turun dengan banjirnya mobil ex jakarta.
Nanti orang2 daerah naik kelas pakai mobil2 premium ex jakarta yang masih bagus2.. sementara orang jakartanya sendiri pait pakai mobil murah2 karena setelah 10 tahun gak ada harganya hahaha
Ane mungkin juga akan miara mobil tiongkok aja yang super miring harganya.. toh sebentar juga jadi besi bekas..
sotoy ane, perkembangan penjualan mobil baru akan stagnan/flat grafiknya. karena resale value bukan lagi sbg pertimbangan. Di daerah malah sales bisa turun dengan banjirnya mobil ex jakarta.
Nanti orang2 daerah naik kelas pakai mobil2 premium ex jakarta yang masih bagus2.. sementara orang jakartanya sendiri pait pakai mobil murah2 karena setelah 10 tahun gak ada harganya hahaha
Ane mungkin juga akan miara mobil tiongkok aja yang super miring harganya.. toh sebentar juga jadi besi bekas..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
masih wacana...... taun depan kemungkinan juga tetap masih wacana..... kalau ibukota udah pindah kemungkinan tetap wacana......
lama-lama jadi wacana abadi............
lama-lama jadi wacana abadi............

Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Thu Jul 04, 2019 16:56
- Daily Vehicle: 2014 Toyota Innova G 1TR AT _ 2020 Mitsubishi Xpander Sport MT
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Tenanggg
Ini mah cuman sala satu kerjaan ga berguna nya si gabener anus
Biar kliatan kerja
Kmaren uji emisi, kota tua lez, skrg mobil tua, nanti ga kaget ad aturan hari pake celana gelap ama terang..
Abis itu kblinger sendiri, trus anulir sendiri
Namanya jg gabener yg seiman dan santun
Ini mah cuman sala satu kerjaan ga berguna nya si gabener anus
Biar kliatan kerja
Kmaren uji emisi, kota tua lez, skrg mobil tua, nanti ga kaget ad aturan hari pake celana gelap ama terang..
Abis itu kblinger sendiri, trus anulir sendiri
Namanya jg gabener yg seiman dan santun
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 418
- Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Lalau uji rmisi saya setuju sih..AdmiralPhantom wrote:Ane up lg threadnya....ada kabar buruk gan![]()
https://otomotif.kompas.com/read/2021/0 ... n?page=all
Tapi kalau pembatasan mobil pribadi yuk yang usia 10 tahun tanpa eksespsi, sebagai warga dki sih sulit tuk saya.. mobil di tumah soalnya berusia 7 tahun 2021 ini. Dan satu diantaranya hanya keluar sekali seminggu doank

Dan semoga ga ada perluasan ganjil genap lagi ya.. karena anak saya dan ortu kan di bawah 9 tahun dan ortu diatas 65. Ntar susah kalau naik angkutan umum ga boleh sementara kendaraan pribadi kena ganjil genap. Dah gitu masih rawan covid pula..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1312
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Good news ! Biar warga DKI Jakarta bisa cekrek - cekrek gunung Pangrango di KemayoranAdmiralPhantom wrote: Fri Feb 26, 2021 5:13 Ane up lg threadnya....ada kabar buruk gan![]()
https://otomotif.kompas.com/read/2021/0 ... n?page=all
![]()

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1312
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Ane mencium bau - bau konspirasi ATPM dengan penguasa ? Ujung - ujungnya buat dongkrak penjualan, CMIIW ...
Buat sebagian orang beli mobil itu bukan beli kacang, mesti nabung bertahun-tahun dan dibantu dengan sistem kredit.
10 tahun itu bukan lama loh, waktunya lumayan singkat. Bayangin, orang dengan dana pas-pasan, kredit mobil 5 tahun, + 5 tahun kemudian mobil masih kinclong, mesin bagus tapi dilarang beroperasi. Kalau go-green kan pabrikan mobil sudah sangat comply, tinggal pemerintah dukung dengan kualitas BBM yang bagus, plus perawatan service berkala saya yakin masih lulus uji emisi.
Apa pemerintah / ATPM mau bantu dgn kebijakan "buy back" mobil yang sudah di atas 10 tahun kalau ini jadi diterapkan ?
Terus mobil yang umur di atas 10 tahun mau dibuat ke mana ? Bantar Gebang ?
Buat sebagian orang beli mobil itu bukan beli kacang, mesti nabung bertahun-tahun dan dibantu dengan sistem kredit.
10 tahun itu bukan lama loh, waktunya lumayan singkat. Bayangin, orang dengan dana pas-pasan, kredit mobil 5 tahun, + 5 tahun kemudian mobil masih kinclong, mesin bagus tapi dilarang beroperasi. Kalau go-green kan pabrikan mobil sudah sangat comply, tinggal pemerintah dukung dengan kualitas BBM yang bagus, plus perawatan service berkala saya yakin masih lulus uji emisi.
Apa pemerintah / ATPM mau bantu dgn kebijakan "buy back" mobil yang sudah di atas 10 tahun kalau ini jadi diterapkan ?
Terus mobil yang umur di atas 10 tahun mau dibuat ke mana ? Bantar Gebang ?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Thu Jul 04, 2019 16:56
- Daily Vehicle: 2014 Toyota Innova G 1TR AT _ 2020 Mitsubishi Xpander Sport MT
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Or4cle wrote: Fri Feb 26, 2021 6:33 Ane mencium bau - bau konspirasi ATPM dengan penguasa ? Ujung - ujungnya buat dongkrak penjualan, CMIIW ...
Buat sebagian orang beli mobil itu bukan beli kacang, mesti nabung bertahun-tahun dan dibantu dengan sistem kredit.
10 tahun itu bukan lama loh, waktunya lumayan singkat. Bayangin, orang dengan dana pas-pasan, kredit mobil 5 tahun, + 5 tahun kemudian mobil masih kinclong, mesin bagus tapi dilarang beroperasi. Kalau go-green kan pabrikan mobil sudah sangat comply, tinggal pemerintah dukung dengan kualitas BBM yang bagus, plus perawatan service berkala saya yakin masih lulus uji emisi.
Apa pemerintah / ATPM mau bantu dgn kebijakan "buy back" mobil yang sudah di atas 10 tahun kalau ini jadi diterapkan ?
Terus mobil yang umur di atas 10 tahun mau dibuat ke mana ? Bantar Gebang ?

Ini dia yg ane concern...mau dikemanain semua mobilnya itu. Mending kalo bs dibawa ke daerah lain...yg sedih kalo ampe dipaksa utk scrap
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Thu Jul 04, 2019 16:56
- Daily Vehicle: 2014 Toyota Innova G 1TR AT _ 2020 Mitsubishi Xpander Sport MT
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Tiati gan, tar diamuk sm fansnya.DOHC wrote: Fri Feb 26, 2021 5:31 Tenanggg
Ini mah cuman sala satu kerjaan ga berguna nya si gabener anus
Biar kliatan kerja
Kmaren uji emisi, kota tua lez, skrg mobil tua, nanti ga kaget ad aturan hari pake celana gelap ama terang..
Abis itu kblinger sendiri, trus anulir sendiri
Namanya jg gabener yg seiman dan santun

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Thu Jul 04, 2019 16:56
- Daily Vehicle: 2014 Toyota Innova G 1TR AT _ 2020 Mitsubishi Xpander Sport MT
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Sayangnya, uji emisi pun diterapkan pada waktu yg gak tepatfl4b1e wrote: Fri Feb 26, 2021 5:54Lalau uji rmisi saya setuju sih..AdmiralPhantom wrote:Ane up lg threadnya....ada kabar buruk gan![]()
https://otomotif.kompas.com/read/2021/0 ... n?page=all
Tapi kalau pembatasan mobil pribadi yuk yang usia 10 tahun tanpa eksespsi, sebagai warga dki sih sulit tuk saya.. mobil di tumah soalnya berusia 7 tahun 2021 ini. Dan satu diantaranya hanya keluar sekali seminggu doank
Dan semoga ga ada perluasan ganjil genap lagi ya.. karena anak saya dan ortu kan di bawah 9 tahun dan ortu diatas 65. Ntar susah kalau naik angkutan umum ga boleh sementara kendaraan pribadi kena ganjil genap. Dah gitu masih rawan covid pula..

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Ud perna koq dl di tret mana saya lupaAdmiralPhantom wrote: Fri Feb 26, 2021 7:01Tiati gan, tar diamuk sm fansnya.DOHC wrote: Fri Feb 26, 2021 5:31 Tenanggg
Ini mah cuman sala satu kerjaan ga berguna nya si gabener anus
Biar kliatan kerja
Kmaren uji emisi, kota tua lez, skrg mobil tua, nanti ga kaget ad aturan hari pake celana gelap ama terang..
Abis itu kblinger sendiri, trus anulir sendiri
Namanya jg gabener yg seiman dan santun![]()
Ga takut koq, ampas yah ampas.. masa ampas dbilang emas
numpang lewat aja....


-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Thu Jul 04, 2019 16:56
- Daily Vehicle: 2014 Toyota Innova G 1TR AT _ 2020 Mitsubishi Xpander Sport MT
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Wadau....padahal terkenal galak & "senggol bacok" tu fansnya, mana gak jarang pula mereka suka melibatkan mbak sara kalo berargumen.DOHC wrote:Ud perna koq dl di tret mana saya lupaAdmiralPhantom wrote: Fri Feb 26, 2021 7:01Tiati gan, tar diamuk sm fansnya.DOHC wrote: Fri Feb 26, 2021 5:31 Tenanggg
Ini mah cuman sala satu kerjaan ga berguna nya si gabener anus
Biar kliatan kerja
Kmaren uji emisi, kota tua lez, skrg mobil tua, nanti ga kaget ad aturan hari pake celana gelap ama terang..
Abis itu kblinger sendiri, trus anulir sendiri
Namanya jg gabener yg seiman dan santun![]()
Ga takut koq, ampas yah ampas.. masa ampas dbilang emas
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
nah 3 hari lagi tuh aturan PPnBM terealisasi...Or4cle wrote: Fri Feb 26, 2021 6:33 Ane mencium bau - bau konspirasi ATPM dengan penguasa ? Ujung - ujungnya buat dongkrak penjualan, CMIIW ...
Buat sebagian orang beli mobil itu bukan beli kacang, mesti nabung bertahun-tahun dan dibantu dengan sistem kredit.
10 tahun itu bukan lama loh, waktunya lumayan singkat. Bayangin, orang dengan dana pas-pasan, kredit mobil 5 tahun, + 5 tahun kemudian mobil masih kinclong, mesin bagus tapi dilarang beroperasi. Kalau go-green kan pabrikan mobil sudah sangat comply, tinggal pemerintah dukung dengan kualitas BBM yang bagus, plus perawatan service berkala saya yakin masih lulus uji emisi.
Apa pemerintah / ATPM mau bantu dgn kebijakan "buy back" mobil yang sudah di atas 10 tahun kalau ini jadi diterapkan ?
Terus mobil yang umur di atas 10 tahun mau dibuat ke mana ? Bantar Gebang ?
nah loh...
klo kata kata kanal berita konspirasi dan cenel FE101 : concidence??

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
10thn kalo mobil penumpang sbtlnya kependekan sih...tipikal orang indo kayaknya telaten ngerawat..
kalo mobil niaga mungkin memang biasa odo udah tinggi
kalo mobil niaga mungkin memang biasa odo udah tinggi
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1312
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Welcome to dunia penuh tifu -tifuChZ wrote: Fri Feb 26, 2021 7:37nah 3 hari lagi tuh aturan PPnBM terealisasi...Or4cle wrote: Fri Feb 26, 2021 6:33 Ane mencium bau - bau konspirasi ATPM dengan penguasa ? Ujung - ujungnya buat dongkrak penjualan, CMIIW ...
Buat sebagian orang beli mobil itu bukan beli kacang, mesti nabung bertahun-tahun dan dibantu dengan sistem kredit.
10 tahun itu bukan lama loh, waktunya lumayan singkat. Bayangin, orang dengan dana pas-pasan, kredit mobil 5 tahun, + 5 tahun kemudian mobil masih kinclong, mesin bagus tapi dilarang beroperasi. Kalau go-green kan pabrikan mobil sudah sangat comply, tinggal pemerintah dukung dengan kualitas BBM yang bagus, plus perawatan service berkala saya yakin masih lulus uji emisi.
Apa pemerintah / ATPM mau bantu dgn kebijakan "buy back" mobil yang sudah di atas 10 tahun kalau ini jadi diterapkan ?
Terus mobil yang umur di atas 10 tahun mau dibuat ke mana ? Bantar Gebang ?
nah loh...
klo kata kata kanal berita konspirasi dan cenel FE101 : concidence??
![]()

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Kayaknya mobil 10 tahun lebih apalagi udah injeksi itu emisi nya ngga lebih buruk drpd motor matic deh diisi pertalite deh.
Suka ngga habis pikir kadang-kadang itu nyari sesuatu yang bisa dijadiin kerjaan, kayak ngga ada kegiatan lain yg bisa dilakukan gitu ya

Suka ngga habis pikir kadang-kadang itu nyari sesuatu yang bisa dijadiin kerjaan, kayak ngga ada kegiatan lain yg bisa dilakukan gitu ya

1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3052
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
tingkat ekonomi org indo perkapita tdk sekuat negara2 maju,
harga mobil lebih mahal drpd negara maju, gaji/pendapatan ga lebih tinggi drpd negara maju
harusnya ekosistem nya di perbaiki, drpd dilarang2 begini kurang jelas faedahnya. org itu kmrn mbl corona absolute saya liat lulus2 aja emisi padahal mbl udah 20 tahun lewat.
mungkin beliau memang lg seneng urus2 transportasi karena dpt penghargaan dari TUMI.
harga mobil lebih mahal drpd negara maju, gaji/pendapatan ga lebih tinggi drpd negara maju
harusnya ekosistem nya di perbaiki, drpd dilarang2 begini kurang jelas faedahnya. org itu kmrn mbl corona absolute saya liat lulus2 aja emisi padahal mbl udah 20 tahun lewat.
mungkin beliau memang lg seneng urus2 transportasi karena dpt penghargaan dari TUMI.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 615
- Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
- Location: +62 / +65
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Saya yang pada 25++ pada lulus juga tuh oom.farizfsa wrote: Fri Feb 26, 2021 8:43 tingkat ekonomi org indo perkapita tdk sekuat negara2 maju,
harga mobil lebih mahal drpd negara maju, gaji/pendapatan ga lebih tinggi drpd negara maju
harusnya ekosistem nya di perbaiki, drpd dilarang2 begini kurang jelas faedahnya. org itu kmrn mbl corona absolute saya liat lulus2 aja emisi padahal mbl udah 20 tahun lewat.
mungkin beliau memang lg seneng urus2 transportasi karena dpt penghargaan dari TUMI.
Entah standardisasinya yang kurang tepat atau gimana. Kalau menurut saya sih, lebih baik bbmnya saja yang diperbaiki.
Ron 95/98 yang dijual. Di tempat saya kuliah dulu, mobil2 tua sekalinya keluar malah berderet, konvoi, parkir bareng. Masih banyak yang penasaran, gimana rasanya ngidupin (cold start) Plymouth superbird, daytona. Oh dan mereka yang naik V8 ataupun i4 sepertinya sama-sama isi bensin bagus.
Setahu saya, yang 8.4L v10 aja memenuhi kalau uji emisi.
Ron Asheton Forever
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Poin pertama soal beginian ya bener om, hilangin bengsin kualitas jelek itu plg membantu. Mo adain uji emisi, UU 10th buang ampe mulut berbusa2 jg ga bakal hilang kl BBM jelek masih dijual. Memang masalah harga dan yg "ga keliatan" soal bensin2 ini masih jd ganjelan.thestoneroses wrote: Fri Feb 26, 2021 10:41Saya yang pada 25++ pada lulus juga tuh oom.farizfsa wrote: Fri Feb 26, 2021 8:43 tingkat ekonomi org indo perkapita tdk sekuat negara2 maju,
harga mobil lebih mahal drpd negara maju, gaji/pendapatan ga lebih tinggi drpd negara maju
harusnya ekosistem nya di perbaiki, drpd dilarang2 begini kurang jelas faedahnya. org itu kmrn mbl corona absolute saya liat lulus2 aja emisi padahal mbl udah 20 tahun lewat.
mungkin beliau memang lg seneng urus2 transportasi karena dpt penghargaan dari TUMI.
Entah standardisasinya yang kurang tepat atau gimana. Kalau menurut saya sih, lebih baik bbmnya saja yang diperbaiki.
Ron 95/98 yang dijual. Di tempat saya kuliah dulu, mobil2 tua sekalinya keluar malah berderet, konvoi, parkir bareng. Masih banyak yang penasaran, gimana rasanya ngidupin (cold start) Plymouth superbird, daytona. Oh dan mereka yang naik V8 ataupun i4 sepertinya sama-sama isi bensin bagus.
Setahu saya, yang 8.4L v10 aja memenuhi kalau uji emisi.
Nah, baru kl semuanya bagus soal BBM ke pendataan mobil kuno sama IMI dan di assessed kaya sistem uji KIR di arab. Terus dapet buku uji KIR dan plat nomer ditandain. Setidaknya itu cukup solutif. Sy nyerempet IMI soalnya pak bamsoet jadi ketum baru, dan ada mas rifat sungkar yang udah angan2 mau ngewadahin ini dan sudah urun pendapat di IGTV. Kl cuma asbun dan tetep dijalanin si saya yakin pak bamsoet sendiri bakal ga terima krn beliau kolektor mbl kuno juga, belum temen2 sehobi dan seklub yg banyak di jakarta bakal rame.
Yakin deh, kl kepengurusan IMI yang baru ini bener2 jalan ndak menutup kemungkinan sebangsa concours d'elegance bakal ada tiap tahun dan makin menjamur mobil kuno keren2 disini. Ubek2 aja jakarta sama bandung udah banyak banget nemu harta karun, belom jateng sama jatim dsk
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
sebenernya si bagus, ceritanya kaya negara2 maju, tapi ceritanya doang... karena lah naik motor ga pake helm lawan arah aja udah biasa. apalagi ginian, terlalu maju buat Indo.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Thu Jul 04, 2019 16:56
- Daily Vehicle: 2014 Toyota Innova G 1TR AT _ 2020 Mitsubishi Xpander Sport MT
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Setau ane negara maju yg ada pembatasan usia kendaraan cuman Singapore.kunaskun wrote:sebenernya si bagus, ceritanya kaya negara2 maju, tapi ceritanya doang... karena lah naik motor ga pake helm lawan arah aja udah biasa. apalagi ginian, terlalu maju buat Indo.
Di negara lain macam AS, Jepang, dan beberapa negara di Eropa barat walaupun negara maju masih kelihatan mobil-mobil klasiknya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Yang nyuruh, nekat, pembatasan usia kendaraan akan dicap tidak pro "wong cilik"..
kalau udah gitu maka nanti gak dipilih waktu pilkada.
jadi kalau gitu saya setuju, bahwa ini juga "just another wacana"..
btw, tahun 2016 sy itu galau antara beli LC VXR atau MUX baru, dengan budget 400-500.
waktu itu sudah ada wacana soal mobil maximal 20 tahun buat mobil Pribadi..ingat bahwa zaman itu Ahok adalah masih gubernurnya..
makanya saya takut kalau kalau itu diberlakukan maka langsung tewas itu VXR gak ada nilainya..
akhirnya sy beli MuX..
kalau udah gitu maka nanti gak dipilih waktu pilkada.
jadi kalau gitu saya setuju, bahwa ini juga "just another wacana"..
btw, tahun 2016 sy itu galau antara beli LC VXR atau MUX baru, dengan budget 400-500.
waktu itu sudah ada wacana soal mobil maximal 20 tahun buat mobil Pribadi..ingat bahwa zaman itu Ahok adalah masih gubernurnya..
makanya saya takut kalau kalau itu diberlakukan maka langsung tewas itu VXR gak ada nilainya..
akhirnya sy beli MuX..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 714
- Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Ikut komen, di thailand ada aturan begini juga(meski tertunda pas saya baca di paultan).
Pemilik mobkas dikasi credit sekitar 100jtan kalo mau melepas mobil jadulnya bwt beli baru.
Haru begini kalo mau programnya diimplementasikan di Indo menurut saya.
Bahkan kalo bisa harga pasar jadi apapun mobilnya semua akan sukarela ganti. Mau antik, unik dll kalo udah harga pasar ya adem semua.
Mungkin yg ga rela yg beneran cinta atau hobi kali ya
Pemilik mobkas dikasi credit sekitar 100jtan kalo mau melepas mobil jadulnya bwt beli baru.
Haru begini kalo mau programnya diimplementasikan di Indo menurut saya.
Bahkan kalo bisa harga pasar jadi apapun mobilnya semua akan sukarela ganti. Mau antik, unik dll kalo udah harga pasar ya adem semua.
Mungkin yg ga rela yg beneran cinta atau hobi kali ya
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 57
- Joined: Wed Sep 26, 2018 5:46
- Location: Jawa Barat
- Daily Vehicle: honda beat
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
kalo jadi saya yang rakyat jelata ini beli mobil rasa sewa.
kredit 5 tahun -> lunas -> jual -> kredit lagi -> lunas lagi -> jual lagi.
nanti muncul kredit 10 tahun makin berasa sewa daripada beli.
kredit 5 tahun -> lunas -> jual -> kredit lagi -> lunas lagi -> jual lagi.
nanti muncul kredit 10 tahun makin berasa sewa daripada beli.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 435
- Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
tenang, pejabat kita banyak yg miara mobil klasik masa mau bikin peraturan yg nyusahin mereka sendiri