Need Suggestion, budget 250jt boleh nambah dikit
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Sun Feb 21, 2021 23:04
Need Suggestion, budget 250jt boleh nambah dikit
Halo subes subes semua
Jadid gini, saya akhirnya mau ganti mobil untuk harian karena yang lama udah akan laku. Dulu pake SUV dari merk batu makam dan sekarang ada beberapa pilihan yang masuk radar saya seperti Fortuner Vnt (2012-2015), CX-5 (2014-2015), Mazda 6 (2014-2015), Accord 2014-2015, w-204. Pemakaian sih untuk sehari-hari ya om lebih sering dinaikin berdua kadang kadang weekend full team sekeluarga jadi ga perlu yg 3 row. Kalo untuk perawatan dan konsumsi bbm no problem lah yang penting mobil ga rewel rewel banget dan enak disetirin. Saya pernah nyetirin Mazda 6 beberapa kali makanya kecantolnya sama dia nih sebenernya [emoji2956] mungkin suhu suhu ada saran untuk saya tampung? Terima kasih banyak [emoji16][emoji1431]
Jadid gini, saya akhirnya mau ganti mobil untuk harian karena yang lama udah akan laku. Dulu pake SUV dari merk batu makam dan sekarang ada beberapa pilihan yang masuk radar saya seperti Fortuner Vnt (2012-2015), CX-5 (2014-2015), Mazda 6 (2014-2015), Accord 2014-2015, w-204. Pemakaian sih untuk sehari-hari ya om lebih sering dinaikin berdua kadang kadang weekend full team sekeluarga jadi ga perlu yg 3 row. Kalo untuk perawatan dan konsumsi bbm no problem lah yang penting mobil ga rewel rewel banget dan enak disetirin. Saya pernah nyetirin Mazda 6 beberapa kali makanya kecantolnya sama dia nih sebenernya [emoji2956] mungkin suhu suhu ada saran untuk saya tampung? Terima kasih banyak [emoji16][emoji1431]
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3036
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Need Suggestion, budget 250jt boleh nambah dikit
Butuhnya sedan apa crossover apa SUV om ?Bangjon024 wrote: Mon Feb 22, 2021 4:34 Halo subes subes semua
Jadid gini, saya akhirnya mau ganti mobil untuk harian karena yang lama udah akan laku. Dulu pake SUV dari merk batu makam dan sekarang ada beberapa pilihan yang masuk radar saya seperti Fortuner Vnt (2012-2015), CX-5 (2014-2015), Mazda 6 (2014-2015), Accord 2014-2015, w-204. Pemakaian sih untuk sehari-hari ya om lebih sering dinaikin berdua kadang kadang weekend full team sekeluarga jadi ga perlu yg 3 row. Kalo untuk perawatan dan konsumsi bbm no problem lah yang penting mobil ga rewel rewel banget dan enak disetirin. Saya pernah nyetirin Mazda 6 beberapa kali makanya kecantolnya sama dia nih sebenernya [emoji2956] mungkin suhu suhu ada saran untuk saya tampung? Terima kasih banyak [emoji16][emoji1431]
Dari smua kandidat yg paling enak disetir ya Mercedes W204, tp kebentur perawatan rada mahal dan malesin klo bolak balik bengkel.
Jadi vote Mazda 6. For reliable driving pleasure.
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Sun Feb 21, 2021 23:04
Re: Need Suggestion, budget 250jt boleh nambah dikit
Ga ada preferensi yg spesifik sih om kalo soal jenisnya, yg penting fun to drive trus row 2nya agak lega karena sekeluarga kita berlima tinggi 170++ kalo w204 kayanya coret deh om kalau memang harus bolak balik bengkel, waktunya ga ada [emoji28]KielConstantine wrote:Butuhnya sedan apa crossover apa SUV om ?Bangjon024 wrote: Mon Feb 22, 2021 4:34 Halo subes subes semua
Jadid gini, saya akhirnya mau ganti mobil untuk harian karena yang lama udah akan laku. Dulu pake SUV dari merk batu makam dan sekarang ada beberapa pilihan yang masuk radar saya seperti Fortuner Vnt (2012-2015), CX-5 (2014-2015), Mazda 6 (2014-2015), Accord 2014-2015, w-204. Pemakaian sih untuk sehari-hari ya om lebih sering dinaikin berdua kadang kadang weekend full team sekeluarga jadi ga perlu yg 3 row. Kalo untuk perawatan dan konsumsi bbm no problem lah yang penting mobil ga rewel rewel banget dan enak disetirin. Saya pernah nyetirin Mazda 6 beberapa kali makanya kecantolnya sama dia nih sebenernya [emoji2956] mungkin suhu suhu ada saran untuk saya tampung? Terima kasih banyak [emoji16][emoji1431]
Dari smua kandidat yg paling enak disetir ya Mercedes W204, tp kebentur perawatan rada mahal dan malesin klo bolak balik bengkel.
Jadi vote Mazda 6. For reliable driving pleasure.
Tapi bingung banget om kalo liat 2kd tuh ngiler juga, liat 6 juga adem banget di mata. Kebetulan ane belum kawin om dan nih mobil kayanya akan dipake panjang sih jangka waktunya
-
- SM Moderator
- Posts: 1354
- Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39
Re: Need Suggestion, budget 250jt boleh nambah dikit
Kalau saya sih untuk SUV lebih pilih ke Honda CR-V. Kalau untuk sedan lebih pilih ke Honda Accord atau Toyota Camry sih yah om. 

-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Sun Feb 21, 2021 23:04
Re: Need Suggestion, budget 250jt boleh nambah dikit
Tapi kalo CRV katanya akan banyak PR di kaki kaki dan rack steering ya om? Sama road noisenya cukup mengganggu makanya gak masuk di radar [emoji28]sh00t wrote:Kalau saya sih untuk SUV lebih pilih ke Honda CR-V. Kalau untuk sedan lebih pilih ke Honda Accord atau Toyota Camry sih yah om.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5952
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Need Suggestion, budget 250jt boleh nambah dikit
Ane kok saranin CX5 ya.
Dapat yg model angry bird.
Fun to drive dapat terus jg GC tinggi bisa nerobos genangan + ga bingung gesrot.
Dapat yg model angry bird.
Fun to drive dapat terus jg GC tinggi bisa nerobos genangan + ga bingung gesrot.
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Sun Feb 21, 2021 23:04
Re: Need Suggestion, budget 250jt boleh nambah dikit
Nah ini juga sih om Sebenernya yang bikin bingung, tapi row 2 nggak selega Mazda 6 ya om?sintoni wrote:Ane kok saranin CX5 ya.
Dapat yg model angry bird.
Fun to drive dapat terus jg GC tinggi bisa nerobos genangan + ga bingung gesrot.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 636
- Joined: Tue Feb 11, 2014 13:33
- Location: Jakarta
Re: Need Suggestion, budget 250jt boleh nambah dikit
Kalo cari fun to drive coret fortuner vnt om ga enak banget itu mobil
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3036
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Need Suggestion, budget 250jt boleh nambah dikit
Ane highlight yg itu yah...Bangjon024 wrote: Mon Feb 22, 2021 5:22Ga ada preferensi yg spesifik sih om kalo soal jenisnya, yg penting fun to drive trus row 2nya agak lega karena sekeluarga kita berlima tinggi 170++ kalo w204 kayanya coret deh om kalau memang harus bolak balik bengkel, waktunya ga ada [emoji28]KielConstantine wrote:Butuhnya sedan apa crossover apa SUV om ?Bangjon024 wrote: Mon Feb 22, 2021 4:34 Halo subes subes semua
Jadid gini, saya akhirnya mau ganti mobil untuk harian karena yang lama udah akan laku. Dulu pake SUV dari merk batu makam dan sekarang ada beberapa pilihan yang masuk radar saya seperti Fortuner Vnt (2012-2015), CX-5 (2014-2015), Mazda 6 (2014-2015), Accord 2014-2015, w-204. Pemakaian sih untuk sehari-hari ya om lebih sering dinaikin berdua kadang kadang weekend full team sekeluarga jadi ga perlu yg 3 row. Kalo untuk perawatan dan konsumsi bbm no problem lah yang penting mobil ga rewel rewel banget dan enak disetirin. Saya pernah nyetirin Mazda 6 beberapa kali makanya kecantolnya sama dia nih sebenernya [emoji2956] mungkin suhu suhu ada saran untuk saya tampung? Terima kasih banyak [emoji16][emoji1431]
Dari smua kandidat yg paling enak disetir ya Mercedes W204, tp kebentur perawatan rada mahal dan malesin klo bolak balik bengkel.
Jadi vote Mazda 6. For reliable driving pleasure.
Tapi bingung banget om kalo liat 2kd tuh ngiler juga, liat 6 juga adem banget di mata. Kebetulan ane belum kawin om dan nih mobil kayanya akan dipake panjang sih jangka waktunya
Ane pelihara 2KD kan ud modif2 pasang segala macem per ceper; shock bagusan; chasis tuning macem swaybar underbrace dll; ban jg bagus. Driving dynamicnya masih kalah jauhhh sama BMW E90 Standart yg notabene dy itu pure compact sedan sport. Standart VS full modif loh.
Sebenernya tetep enakan bawa sedan. Jauhh banget. Refined dari sasis, nimbleness pas nikung, posisi mengemudi dll. Okelah mesin 2KD bisa dicolek2 dapet 300HP, tapi aspek lainnya masih kalah. Makanya ane saranin cari sedan aja. Tetep nomor.1 itu kodratnya buat cari driving pleasure.
Nah kompromisenya ya lagi2 infrastruktur negara kita yg agak kurang bersahabat sama sedan hahaha. Jadi orang larinya ke SUV monocoque macem CX-5 ; CR-V ; atau ke perkumpulan ladder frame yg terkenal kuat & anti rusak.
Ibarat buat purist sejati, pokoknya gas terus pake sedan buat daily driving / daily beaters wkwkwkwkwk. Klo ane kaga segila itu. Jd pelihara 2KD buat perang hari2. Kluarin sedan klo lg pengen rasain driving dynamic yg ane gambarin di paragraf atas itu

S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Need Suggestion, budget 250jt boleh nambah dikit
nahh ente yang perbedaannya semi truck ama sedan berasa bgitu, ntu MPV truck toyota vs sedan BMW wkwkwkwk langit bumi udah.KielConstantine wrote: Tue Feb 23, 2021 4:57Ane highlight yg itu yah...Bangjon024 wrote: Mon Feb 22, 2021 5:22Ga ada preferensi yg spesifik sih om kalo soal jenisnya, yg penting fun to drive trus row 2nya agak lega karena sekeluarga kita berlima tinggi 170++ kalo w204 kayanya coret deh om kalau memang harus bolak balik bengkel, waktunya ga ada [emoji28]KielConstantine wrote:
Butuhnya sedan apa crossover apa SUV om ?
Dari smua kandidat yg paling enak disetir ya Mercedes W204, tp kebentur perawatan rada mahal dan malesin klo bolak balik bengkel.
Jadi vote Mazda 6. For reliable driving pleasure.
Tapi bingung banget om kalo liat 2kd tuh ngiler juga, liat 6 juga adem banget di mata. Kebetulan ane belum kawin om dan nih mobil kayanya akan dipake panjang sih jangka waktunya
Ane pelihara 2KD kan ud modif2 pasang segala macem per ceper; shock bagusan; chasis tuning macem swaybar underbrace dll; ban jg bagus. Driving dynamicnya masih kalah jauhhh sama BMW E90 Standart yg notabene dy itu pure compact sedan sport. Standart VS full modif loh.
Sebenernya tetep enakan bawa sedan. Jauhh banget. Refined dari sasis, nimbleness pas nikung, posisi mengemudi dll. Okelah mesin 2KD bisa dicolek2 dapet 300HP, tapi aspek lainnya masih kalah. Makanya ane saranin cari sedan aja. Tetep nomor.1 itu kodratnya buat cari driving pleasure.
Nah kompromisenya ya lagi2 infrastruktur negara kita yg agak kurang bersahabat sama sedan hahaha. Jadi orang larinya ke SUV monocoque macem CX-5 ; CR-V ; atau ke perkumpulan ladder frame yg terkenal kuat & anti rusak.
Ibarat buat purist sejati, pokoknya gas terus pake sedan buat daily driving / daily beaters wkwkwkwkwk. Klo ane kaga segila itu. Jd pelihara 2KD buat perang hari2. Kluarin sedan klo lg pengen rasain driving dynamic yg ane gambarin di paragraf atas itu![]()
ane yang pegangnya monocoque ama sedan aja berasa bgt nih 2 benda tetep beda urusan dynamics... pdhl dari merek yang sama, mesin sama, dan satu platform lagi.
jumbo crossover atau SUV gimanapun bahasanya tetep duduknya lebih tinggi, bodinya lebih gembrot, rodanya lebih besar, dan didesain lebih ke family use sehingga toleransi buat dynamics itu banyak banget... mulai dari compromise di set suspensi yang gak mungkin terlalu keras sampe steering dan transmisi yang gearingnya gak agresif.
bahkan crossover walau ada versi bonkers macem BMW X-series M atau Merc GL-series AMG tetap gak bisa lebih enak dari yang versi sedan.
tetep mutlak mau fun to drive itu harus bentuknya coupe atau sedan. roadster pun kalau yang gak murni roadster cuma versi atap terbuka dari model tertentu misalnya 3-series cabrio atau 911 cabrio tetap tidak lebih baik soal dynamics dibanding versi hardtopnya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Sun Feb 21, 2021 23:04
Re: Need Suggestion, budget 250jt boleh nambah dikit
Mantep banget insightnya om Kiel, fix ini mengerucut lagi antara CX-5 atau 6 nih om. Bersemedi dulu deh kayanya ini saya, thank you om [emoji16][emoji1417]KielConstantine wrote:Ane highlight yg itu yah...Bangjon024 wrote: Mon Feb 22, 2021 5:22Ga ada preferensi yg spesifik sih om kalo soal jenisnya, yg penting fun to drive trus row 2nya agak lega karena sekeluarga kita berlima tinggi 170++ kalo w204 kayanya coret deh om kalau memang harus bolak balik bengkel, waktunya ga ada [emoji28]KielConstantine wrote: Butuhnya sedan apa crossover apa SUV om ?
Dari smua kandidat yg paling enak disetir ya Mercedes W204, tp kebentur perawatan rada mahal dan malesin klo bolak balik bengkel.
Jadi vote Mazda 6. For reliable driving pleasure.
Tapi bingung banget om kalo liat 2kd tuh ngiler juga, liat 6 juga adem banget di mata. Kebetulan ane belum kawin om dan nih mobil kayanya akan dipake panjang sih jangka waktunya
Ane pelihara 2KD kan ud modif2 pasang segala macem per ceper; shock bagusan; chasis tuning macem swaybar underbrace dll; ban jg bagus. Driving dynamicnya masih kalah jauhhh sama BMW E90 Standart yg notabene dy itu pure compact sedan sport. Standart VS full modif loh.
Sebenernya tetep enakan bawa sedan. Jauhh banget. Refined dari sasis, nimbleness pas nikung, posisi mengemudi dll. Okelah mesin 2KD bisa dicolek2 dapet 300HP, tapi aspek lainnya masih kalah. Makanya ane saranin cari sedan aja. Tetep nomor.1 itu kodratnya buat cari driving pleasure.
Nah kompromisenya ya lagi2 infrastruktur negara kita yg agak kurang bersahabat sama sedan hahaha. Jadi orang larinya ke SUV monocoque macem CX-5 ; CR-V ; atau ke perkumpulan ladder frame yg terkenal kuat & anti rusak.
Ibarat buat purist sejati, pokoknya gas terus pake sedan buat daily driving / daily beaters wkwkwkwkwk. Klo ane kaga segila itu. Jd pelihara 2KD buat perang hari2. Kluarin sedan klo lg pengen rasain driving dynamic yg ane gambarin di paragraf atas itu
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Sun Feb 21, 2021 23:04
Re: Need Suggestion, budget 250jt boleh nambah dikit
Kalo buat daily beater lebih nyaranin yang mana om? CX-5 atau Mazda 6? Secara kaya yg om bilang om megang dua jenis yg beda tapi sama tuh om [emoji16]ChZ wrote:nahh ente yang perbedaannya semi truck ama sedan berasa bgitu, ntu MPV truck toyota vs sedan BMW wkwkwkwk langit bumi udah.KielConstantine wrote: Tue Feb 23, 2021 4:57Ane highlight yg itu yah...Bangjon024 wrote: Mon Feb 22, 2021 5:22 Ga ada preferensi yg spesifik sih om kalo soal jenisnya, yg penting fun to drive trus row 2nya agak lega karena sekeluarga kita berlima tinggi 170++ kalo w204 kayanya coret deh om kalau memang harus bolak balik bengkel, waktunya ga ada [emoji28]
Tapi bingung banget om kalo liat 2kd tuh ngiler juga, liat 6 juga adem banget di mata. Kebetulan ane belum kawin om dan nih mobil kayanya akan dipake panjang sih jangka waktunya
Ane pelihara 2KD kan ud modif2 pasang segala macem per ceper; shock bagusan; chasis tuning macem swaybar underbrace dll; ban jg bagus. Driving dynamicnya masih kalah jauhhh sama BMW E90 Standart yg notabene dy itu pure compact sedan sport. Standart VS full modif loh.
Sebenernya tetep enakan bawa sedan. Jauhh banget. Refined dari sasis, nimbleness pas nikung, posisi mengemudi dll. Okelah mesin 2KD bisa dicolek2 dapet 300HP, tapi aspek lainnya masih kalah. Makanya ane saranin cari sedan aja. Tetep nomor.1 itu kodratnya buat cari driving pleasure.
Nah kompromisenya ya lagi2 infrastruktur negara kita yg agak kurang bersahabat sama sedan hahaha. Jadi orang larinya ke SUV monocoque macem CX-5 ; CR-V ; atau ke perkumpulan ladder frame yg terkenal kuat & anti rusak.
Ibarat buat purist sejati, pokoknya gas terus pake sedan buat daily driving / daily beaters wkwkwkwkwk. Klo ane kaga segila itu. Jd pelihara 2KD buat perang hari2. Kluarin sedan klo lg pengen rasain driving dynamic yg ane gambarin di paragraf atas itu![]()
ane yang pegangnya monocoque ama sedan aja berasa bgt nih 2 benda tetep beda urusan dynamics... pdhl dari merek yang sama, mesin sama, dan satu platform lagi.
jumbo crossover atau SUV gimanapun bahasanya tetep duduknya lebih tinggi, bodinya lebih gembrot, rodanya lebih besar, dan didesain lebih ke family use sehingga toleransi buat dynamics itu banyak banget... mulai dari compromise di set suspensi yang gak mungkin terlalu keras sampe steering dan transmisi yang gearingnya gak agresif.
bahkan crossover walau ada versi bonkers macem BMW X-series M atau Merc GL-series AMG tetap gak bisa lebih enak dari yang versi sedan.
tetep mutlak mau fun to drive itu harus bentuknya coupe atau sedan. roadster pun kalau yang gak murni roadster cuma versi atap terbuka dari model tertentu misalnya 3-series cabrio atau 911 cabrio tetap tidak lebih baik soal dynamics dibanding versi hardtopnya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1107
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
Re: Need Suggestion, budget 250jt boleh nambah dikit
Rencana pemakaian rutinnya banyakan di aspal mulus ato ada jalan jeleknya/ area banjir om? Kalo jarang2 lewat jelek, ambil 6 ajalahBangjon024 wrote: Tue Feb 23, 2021 8:16 Mantep banget insightnya om Kiel, fix ini mengerucut lagi antara CX-5 atau 6 nih om. Bersemedi dulu deh kayanya ini saya, thank you om [emoji16][emoji1417]
-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Need Suggestion, budget 250jt boleh nambah dikit
CX5 akan jadi pilihan lebih sensibel. Lebih all rounder. Tapi kalo saya akan tetap pilih 6 dengan catatan :Bangjon024 wrote: Tue Feb 23, 2021 8:25 Kalo buat daily beater lebih nyaranin yang mana om? CX-5 atau Mazda 6? Secara kaya yg om bilang om megang dua jenis yg beda tapi sama tuh om [emoji16]
1. Posisi rumah tidak di daerah banjir. Kalau hujan biasa saja banjir udah sering ngintip2 car port lupakan beli sedan. Krn ninggiin carport seperti apapun tetap ga menolong.
2. Rute harian 90% terdiri dari jalan aspal beton paving dan tidak sering ke tempat dengan ramp masuk parkiran tidak waras. Kalau ruko pabrik atau kantor tmpt kerja ramp parkirannya berpotensi bikin lecet krn pakai kontraktor / arsitek asal murah ya lupakan punya sedan.
3. Kondisi kesehatan pinggang dan punggung, tidak ada kesulitan naik/turun nunduk. Kalo kerjaan mengharuskan sering naik-turun mobil mampir mampir mending pakai mobil tinggi. Papa sy usia 55 pakai civic naik turun mobil lumayan kesulitan soalnya walau gak ada penyakit pinggang.
Kebetulan krn rute sehari hari relatif seperti deskripsi di atas jadi gak menemukan kesulitan pake sedan (or hatchback).
Username ada 024 ini om orang semarang?

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 163
- Joined: Wed Dec 03, 2014 7:35
Re: Need Suggestion, budget 250jt boleh nambah dikit
Kalo menurut ane harus lebih spesifik gan kriterianya,misalkan mobil ini akan jadi mobil satu-satunya atau tidak.Tapi kalo secara umum mending cari SUV gan karena gausah pusing urusan GC yang rendah apalagi kita sama" paham lah kualitas jalanan Indonesia
.Kebetulan ane ada Fortuner VNT 2015 dimana menurut ane mobil ini biasa aja,kalo mau mencari fun to drive ya gak semenyenangkan itu walaupun Fortuner ane udah remap (+-250hp),bantingan juga kayak truk,suara juga kayak truk ....TAPI ini mobil bisa banget diandelin ke hampir seluruh penjuru jalanan di nusantara
,biaya solar juga murah bahkan kalo pake dexlite pun masih masuk akal biayanya (ane dapet di 1:13km/l),dan juga aftersales yang buanyaakkkk banget bahkan kayaknya montir pinggir jalan juga bisa ngebenerin misalkan kita ada trouble di daerah terpencil.Jadi konklusinya kalo agan butuh mobil BADAK dimana gak mau repot dengan segala urusan perbengkelan,fortuner jawabannya 





-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Sun Feb 21, 2021 23:04
Re: Need Suggestion, budget 250jt boleh nambah dikit
Pemakaian sementara jalanan normal ya paling jelek jelek dikit om, tapi 1-2 tahun ke depan kayanya akan pindah ke Bandung/Jakarta. Itu jg yg jadi concern kenapa pilihannya ga cuma sedanqushay20019 wrote:Rencana pemakaian rutinnya banyakan di aspal mulus ato ada jalan jeleknya/ area banjir om? Kalo jarang2 lewat jelek, ambil 6 ajalahBangjon024 wrote: Tue Feb 23, 2021 8:16 Mantep banget insightnya om Kiel, fix ini mengerucut lagi antara CX-5 atau 6 nih om. Bersemedi dulu deh kayanya ini saya, thank you om [emoji16][emoji1417]
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Sun Feb 21, 2021 23:04
Re: Need Suggestion, budget 250jt boleh nambah dikit
Menarik sih ini om, bener deh CX-5 relatif lebih aman ya. Kalo jalanan sih relatif aman om karena ini masih di daerah tinggalnya dan ga banjir, paling bolong2 dikit tp masih wajar. Tapi 1-2 tahun lg akan pindah ke Bandung/Jakarta sih om. Sekarang saya malah condong ke CX-5 nih om hahahaha apa sedannya ntar aja ya kalo perlu mobil kedua?ChZ wrote:CX5 akan jadi pilihan lebih sensibel. Lebih all rounder. Tapi kalo saya akan tetap pilih 6 dengan catatan :Bangjon024 wrote: Tue Feb 23, 2021 8:25 Kalo buat daily beater lebih nyaranin yang mana om? CX-5 atau Mazda 6? Secara kaya yg om bilang om megang dua jenis yg beda tapi sama tuh om [emoji16]
1. Posisi rumah tidak di daerah banjir. Kalau hujan biasa saja banjir udah sering ngintip2 car port lupakan beli sedan. Krn ninggiin carport seperti apapun tetap ga menolong.
2. Rute harian 90% terdiri dari jalan aspal beton paving dan tidak sering ke tempat dengan ramp masuk parkiran tidak waras. Kalau ruko pabrik atau kantor tmpt kerja ramp parkirannya berpotensi bikin lecet krn pakai kontraktor / arsitek asal murah ya lupakan punya sedan.
3. Kondisi kesehatan pinggang dan punggung, tidak ada kesulitan naik/turun nunduk. Kalo kerjaan mengharuskan sering naik-turun mobil mampir mampir mending pakai mobil tinggi. Papa sy usia 55 pakai civic naik turun mobil lumayan kesulitan soalnya walau gak ada penyakit pinggang.
Kebetulan krn rute sehari hari relatif seperti deskripsi di atas jadi gak menemukan kesulitan pake sedan (or hatchback).
Username ada 024 ini om orang semarang?
Hehe 24 Kobe Bryant ini om [emoji885]
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Sun Feb 21, 2021 23:04
Re: Need Suggestion, budget 250jt boleh nambah dikit
Kalo 1-2 tahun ke depan sih gak mobil satu-satunya om, tapi setelah itu baru deh akan bener bener jadi mobil satu-satunya karena ini posisi skrg tinggalnya sama bokap. Hehehe si om bisa aja bikin galau sama VNTnya. Driving feel dan feel penumpang kayak Hilux gak sih om kalo Fortuner tuh? Soalnya saya pernahnya nyetirin VRZ sama Hilux 2012 om kalo Fortuner yg taun sebelum itu blm pernah megang.sugarpot wrote:Kalo menurut ane harus lebih spesifik gan kriterianya,misalkan mobil ini akan jadi mobil satu-satunya atau tidak.Tapi kalo secara umum mending cari SUV gan karena gausah pusing urusan GC yang rendah apalagi kita sama" paham lah kualitas jalanan Indonesia.Kebetulan ane ada Fortuner VNT 2015 dimana menurut ane mobil ini biasa aja,kalo mau mencari fun to drive ya gak semenyenangkan itu walaupun Fortuner ane udah remap (+-250hp),bantingan juga kayak truk,suara juga kayak truk ....TAPI ini mobil bisa banget diandelin ke hampir seluruh penjuru jalanan di nusantara
![]()
![]()
,biaya solar juga murah bahkan kalo pake dexlite pun masih masuk akal biayanya (ane dapet di 1:13km/l),dan juga aftersales yang buanyaakkkk banget bahkan kayaknya montir pinggir jalan juga bisa ngebenerin misalkan kita ada trouble di daerah terpencil.Jadi konklusinya kalo agan butuh mobil BADAK dimana gak mau repot dengan segala urusan perbengkelan,fortuner jawabannya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4364
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Need Suggestion, budget 250jt boleh nambah dikit
toyota itu paling jujur soal enak dipake, makin mahal makin enak dipake di luar soal kelas atau bentuknya, ga kaya merek2 lainnya termasuk jepang lainnya yang bisa jadi lebih mahal ga seenak yg murah. cant never go wrong with ToyotaBangjon024 wrote: Tue Feb 23, 2021 11:30 Kalo 1-2 tahun ke depan sih gak mobil satu-satunya om, tapi setelah itu baru deh akan bener bener jadi mobil satu-satunya karena ini posisi skrg tinggalnya sama bokap. Hehehe si om bisa aja bikin galau sama VNTnya. Driving feel dan feel penumpang kayak Hilux gak sih om kalo Fortuner tuh? Soalnya saya pernahnya nyetirin VRZ sama Hilux 2012 om kalo Fortuner yg taun sebelum itu blm pernah megang.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3036
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Need Suggestion, budget 250jt boleh nambah dikit
Couldn’t agree moreChZ wrote: Tue Feb 23, 2021 5:13 nahh ente yang perbedaannya semi truck ama sedan berasa bgitu, ntu MPV truck toyota vs sedan BMW wkwkwkwk langit bumi udah.
ane yang pegangnya monocoque ama sedan aja berasa bgt nih 2 benda tetep beda urusan dynamics... pdhl dari merek yang sama, mesin sama, dan satu platform lagi.
jumbo crossover atau SUV gimanapun bahasanya tetep duduknya lebih tinggi, bodinya lebih gembrot, rodanya lebih besar, dan didesain lebih ke family use sehingga toleransi buat dynamics itu banyak banget... mulai dari compromise di set suspensi yang gak mungkin terlalu keras sampe steering dan transmisi yang gearingnya gak agresif.
bahkan crossover walau ada versi bonkers macem BMW X-series M atau Merc GL-series AMG tetap gak bisa lebih enak dari yang versi sedan.
tetep mutlak mau fun to drive itu harus bentuknya coupe atau sedan. roadster pun kalau yang gak murni roadster cuma versi atap terbuka dari model tertentu misalnya 3-series cabrio atau 911 cabrio tetap tidak lebih baik soal dynamics dibanding versi hardtopnya.

Ane baru tau malah yg cabrio vs Coupé/sedan walaupun 1 platform. Bisa beda driving dynamicnya..
Pantesan aja gw suka perhatiin, sama2 BMW M4 . Yg 1 coupe satu lg cabrio, beda akselerasinya bs 0.1 detik... Kayanya selain weight factor. Jg ada beberapa yg terkompromise wkwkwkwk
Yang kejem mah chris harris... liat jejeran suv crossover malah di ludahin..
Terus si jason engineering explained. Dy pernah ngemeng gini “If you searching fun in driving experiences, just buy a Car. Not a SUV.” Wkwkwk. Car dalam bahasa mereka ya sedan

S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4911
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Need Suggestion, budget 250jt boleh nambah dikit
Kalo ngincer durability dan sering lewat jalan jelek walaupun paling gak nyaman dan paling gak fun to drive dibanding kandidat lainnya,tapi irit bbm, perawatan mudah , murah, partnya gampang dan banyak dimana mana + mobilnya badak
Kalo gak masalah sm akomodasi dan kepraktisan, saya vote CX5. 250 kayanya dapet yg 2015 awal, cuma yg model pfl atau kalo hoki dapet yg FL. kalo model pfl yg perlu diperhatiin paling aki istopnya aja, sedangkan kalo fl, sensor2nya jg, secara dia udh pake mzd connect kek model sekarang + aki istopnya jg. Pernah pake yg 2013 nya selama 6 tahun dengan odo 150rb cuma servis rutin dan ganti oli aja, ga pernah ada masalah yg aneh2. mazda awet dan badak kok kalo pake lama, part termasuk bandel dan mudah selama tinggal di kota besar seperti jkt, karena beresnya banyak yg bisa benerin, minusnya cuma spesialisnya aja yg masih jarang dibanding merek jepang lainnya kek honda sm nissan , partnya beberapa ada yg inden + perawatannya termasuk mahal buat ukuran mobil jepang, cuma gak rewel2 bgt lah mobilnya menurut saya dan akomodasinya termasuk kurang oke dibanding kandidat lainnya. paling kalo mau cek cx5 seken, perhatiin sensor2, elektrikal, dan rack steeringnya aja sih kalo saya, karena termasuk canggih buat ukuran medium suv nya jepang
Mazda 6, sepertinya mirip2 sm cx5, cuma sedikit lebih nyaman aja karena sedan, kalo dari suv batu makam, ride quality dan handlingnya akan upgrade jauh, kalo kenyamanan sih, sepertinya masih nyamanan suv batu makam itu sedikit wkwkwk, karena mazda memang orientasinya lebih ke driver oriented dibanding pessanger oriented.
Accord 2014-2015, kalah fun to drive dari mazda6, cuma lebih nyaman dan lebih empuk bantingan suspensinya, plusnya lg accord ada di akomodasi dan kepraktisannya yg jelas diatas mazda 6 wkwkw . Minusnya cuma kekedapan aja yg kurang oke dibanding mazda 6 dan partnya yg agak kurang awet terutama bagian kaki kaki dan rack steeringnya, tapi selama punya kenalan spesialis, masih aman lah menurut saya, part subtitusinya lumayan banyak dan bengkel spesialisnya jg banyak yg bisa benerin . dan kalo beli honda seken, saran saya servis di spesailis aja, karena selisihnya lumayan dibanding bereshehehe
W204. Budget 250 jt, dapet yg c250 pfl 2009-2010 atau C200 AVG PFL 2010-2011 awal atau C200 AVG 2011 akhir FL. Dan mobil ini termasuk salah 1 mobil eropa yg reliable kok, dan gak nyusahin. Asal om TS pinter2 nyari unitnya , dan kalo bisa, coba2 main2 ke komunitasnya atau punya kenalan spesailis deh, biayanya gajauh beda kok sm mobil jepang kek honda dan mazda , malah beberap parts lebih murah w204 dibanding mobil jepang misalkan mazda 6 atau accord (percaya gak percaya), saya sendiri jg kaget dengernya, karena kebetulan ada 2 temen saya yg masih pelihara mobil ini sampe sekarang dan dalam jangka waktu diatas 3 tahun + katanya mereka cukup memuaskan kok dari sisi durabilitynya
Temen saya yg pertama, dia masih pelihara C200 AVG CGI PFL 2011. Beli dari baru, sampe sekarang, cuma servis rutin dan ganti oli doang sm ganti shock sekali, gapernah ada masalah yg aneh2 kek mogok, overheat dll dan masih dipake daily sampe sekarang mercynya
Nah, teman saya yg kedua. Dia pelihara C200 AVG FL 2012, beli seken di 2017, sampe sekarang odo udh 80rban masih awet2 aja, gapernah ada masalah yg aneh2, padahal gapernah servis di beres sampe sekarang, mainnya ke spesialis mulu wkwkkw. cuma ganti oli sm servis rutin doang katanya dia dan partsnya surprisingly mirip2 sm accord dia dulu berhubung sblm w204 ini dia user accord (cuma lupa tahun brp), yg pasti biaya servisnya mirip2 lah ga sampe 2x lipet kalo di spesialis, malahan beberapa parts murahan w204 dia sekarang dibanding accord dia dulu. Wkwkwkw. kalo om orgnya
- Mau hunting parts ke spesialis dan cari tau ke komunitasnya tentang penyakit mobil ini apa aja dan biayanya berapa di beres dan spesailis
- Suka DIY
- Punya mobil lain buat daily
W204 layak dipertimbangkan karena termasuk badak dan awet buat ukuran mobil eropa, part jg tergolong murah dan gampang benerinnya buat ukuran mobil eropa + spesialisnya banyak yg bisa betulin. Sering2 aja ubek komunitasnya buat nemuin bengkel spesailis yg oke, dijamin gak bakal nyesel kok. Kelas jelas diatas mobil jepang manapun menurut saya hehehe. Kalo buat pemula, c200 udh cukup kok, cuma kalo pengen yg tenaga lebih, c250 bisa dipertimbangkan asal gak masalah sm tahun tua aja, dan cari yg avg kalo bisa kalo c200 dan FL karena bedanya lumayan sm yf PFL , classic entah knp agak kurang aja menurut saya buat sebuah mercy , dan servis di spesialis saran saya, karena selisihnya lumayan dibanding beres. Kalo om TS servis w204nya di beres, ya jelas lebih mahal dibanding mobil jepang. Tapi kalo di spesialis, harga partnya gajauh beda kok sm mobil jepang, malahan ada beberapa part yg lebih murah dibanding mobil premium jepang seusianya menurut saya. Dan yg perlu diperhatiin kalo w204 paling kaki2, rack steering, sm emblem tombol2 di interiornya karena denger2 tahun segitu udh banyak yg getas dan elektrikalnya jg karena termasuk canggih dibandingkan mobil jepang
Kalo saya jadi om TS. Saya akan kerucutkan pilihan ke W204, CX5, or VNT. Selanjutnya, balik lg ke kebutuhan om TS seperti apa. Wkwkwk. Test drive aja semua kandidat yg om ingingkan biar ada gambaran dan lebih jelas ke arah yg mananya
Kalo gak masalah sm akomodasi dan kepraktisan, saya vote CX5. 250 kayanya dapet yg 2015 awal, cuma yg model pfl atau kalo hoki dapet yg FL. kalo model pfl yg perlu diperhatiin paling aki istopnya aja, sedangkan kalo fl, sensor2nya jg, secara dia udh pake mzd connect kek model sekarang + aki istopnya jg. Pernah pake yg 2013 nya selama 6 tahun dengan odo 150rb cuma servis rutin dan ganti oli aja, ga pernah ada masalah yg aneh2. mazda awet dan badak kok kalo pake lama, part termasuk bandel dan mudah selama tinggal di kota besar seperti jkt, karena beresnya banyak yg bisa benerin, minusnya cuma spesialisnya aja yg masih jarang dibanding merek jepang lainnya kek honda sm nissan , partnya beberapa ada yg inden + perawatannya termasuk mahal buat ukuran mobil jepang, cuma gak rewel2 bgt lah mobilnya menurut saya dan akomodasinya termasuk kurang oke dibanding kandidat lainnya. paling kalo mau cek cx5 seken, perhatiin sensor2, elektrikal, dan rack steeringnya aja sih kalo saya, karena termasuk canggih buat ukuran medium suv nya jepang
Mazda 6, sepertinya mirip2 sm cx5, cuma sedikit lebih nyaman aja karena sedan, kalo dari suv batu makam, ride quality dan handlingnya akan upgrade jauh, kalo kenyamanan sih, sepertinya masih nyamanan suv batu makam itu sedikit wkwkwk, karena mazda memang orientasinya lebih ke driver oriented dibanding pessanger oriented.
Accord 2014-2015, kalah fun to drive dari mazda6, cuma lebih nyaman dan lebih empuk bantingan suspensinya, plusnya lg accord ada di akomodasi dan kepraktisannya yg jelas diatas mazda 6 wkwkw . Minusnya cuma kekedapan aja yg kurang oke dibanding mazda 6 dan partnya yg agak kurang awet terutama bagian kaki kaki dan rack steeringnya, tapi selama punya kenalan spesialis, masih aman lah menurut saya, part subtitusinya lumayan banyak dan bengkel spesialisnya jg banyak yg bisa benerin . dan kalo beli honda seken, saran saya servis di spesailis aja, karena selisihnya lumayan dibanding bereshehehe
W204. Budget 250 jt, dapet yg c250 pfl 2009-2010 atau C200 AVG PFL 2010-2011 awal atau C200 AVG 2011 akhir FL. Dan mobil ini termasuk salah 1 mobil eropa yg reliable kok, dan gak nyusahin. Asal om TS pinter2 nyari unitnya , dan kalo bisa, coba2 main2 ke komunitasnya atau punya kenalan spesailis deh, biayanya gajauh beda kok sm mobil jepang kek honda dan mazda , malah beberap parts lebih murah w204 dibanding mobil jepang misalkan mazda 6 atau accord (percaya gak percaya), saya sendiri jg kaget dengernya, karena kebetulan ada 2 temen saya yg masih pelihara mobil ini sampe sekarang dan dalam jangka waktu diatas 3 tahun + katanya mereka cukup memuaskan kok dari sisi durabilitynya
Temen saya yg pertama, dia masih pelihara C200 AVG CGI PFL 2011. Beli dari baru, sampe sekarang, cuma servis rutin dan ganti oli doang sm ganti shock sekali, gapernah ada masalah yg aneh2 kek mogok, overheat dll dan masih dipake daily sampe sekarang mercynya
Nah, teman saya yg kedua. Dia pelihara C200 AVG FL 2012, beli seken di 2017, sampe sekarang odo udh 80rban masih awet2 aja, gapernah ada masalah yg aneh2, padahal gapernah servis di beres sampe sekarang, mainnya ke spesialis mulu wkwkkw. cuma ganti oli sm servis rutin doang katanya dia dan partsnya surprisingly mirip2 sm accord dia dulu berhubung sblm w204 ini dia user accord (cuma lupa tahun brp), yg pasti biaya servisnya mirip2 lah ga sampe 2x lipet kalo di spesialis, malahan beberapa parts murahan w204 dia sekarang dibanding accord dia dulu. Wkwkwkw. kalo om orgnya
- Mau hunting parts ke spesialis dan cari tau ke komunitasnya tentang penyakit mobil ini apa aja dan biayanya berapa di beres dan spesailis
- Suka DIY
- Punya mobil lain buat daily
W204 layak dipertimbangkan karena termasuk badak dan awet buat ukuran mobil eropa, part jg tergolong murah dan gampang benerinnya buat ukuran mobil eropa + spesialisnya banyak yg bisa betulin. Sering2 aja ubek komunitasnya buat nemuin bengkel spesailis yg oke, dijamin gak bakal nyesel kok. Kelas jelas diatas mobil jepang manapun menurut saya hehehe. Kalo buat pemula, c200 udh cukup kok, cuma kalo pengen yg tenaga lebih, c250 bisa dipertimbangkan asal gak masalah sm tahun tua aja, dan cari yg avg kalo bisa kalo c200 dan FL karena bedanya lumayan sm yf PFL , classic entah knp agak kurang aja menurut saya buat sebuah mercy , dan servis di spesialis saran saya, karena selisihnya lumayan dibanding beres. Kalo om TS servis w204nya di beres, ya jelas lebih mahal dibanding mobil jepang. Tapi kalo di spesialis, harga partnya gajauh beda kok sm mobil jepang, malahan ada beberapa part yg lebih murah dibanding mobil premium jepang seusianya menurut saya. Dan yg perlu diperhatiin kalo w204 paling kaki2, rack steering, sm emblem tombol2 di interiornya karena denger2 tahun segitu udh banyak yg getas dan elektrikalnya jg karena termasuk canggih dibandingkan mobil jepang
Kalo saya jadi om TS. Saya akan kerucutkan pilihan ke W204, CX5, or VNT. Selanjutnya, balik lg ke kebutuhan om TS seperti apa. Wkwkwk. Test drive aja semua kandidat yg om ingingkan biar ada gambaran dan lebih jelas ke arah yg mananya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4911
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Need Suggestion, budget 250jt boleh nambah dikit
Sebagai ex user crv gen 2 dan gen 3 serta user crv gen 5 saat ini saya bantu jawab ya. CRV memang akan banyak PR di kaki2 dan rack steeringnya, apalagi udh berumur diatas 5 tahun dan km diatas 100rb. Tapi kalo om punya kenalan spesialis, gak perlu kuatir. 2 part ini cukup mudah dan banyak kok partnya dan banyak bengkel spesialis yg bisa benerin jg dan selisihnya lumayan dibanding beres, karena pegalaman saya melihara crv gen 3 selama 8 tahun, harga kaki2 dan rack steering di beres cukup mahal dan lebih baik servis di spesailis saja karena jasanya jauh lebih murah dibanding beres + harga partnya itu sendiri jg lebih murah dibanding beres hehehe + Lebih mudah dibanding mazda yg bengkel spesialisnya masih jarang jadi mau ga mau harus ke beres kalo mau service dan minusnya crv itu ada di road noisenya cukup menganggu menurut saya, apalagi kalo dibandingin sm mazda wkkwkw, tapi kalo om gamasalah sm poin2 yg saya sebut tadi, go for it karena mobilnya fun to drive, handlingnya oke (walaupun gak seenak mazda),lebih practical, lebih nyaman , lebih empuk bantingan suspensinya dan lebih lega row 2 nya dibanding mazdaBangjon024 wrote: Mon Feb 22, 2021 10:42Tapi kalo CRV katanya akan banyak PR di kaki kaki dan rack steering ya om? Sama road noisenya cukup mengganggu makanya gak masuk di radar [emoji28]sh00t wrote:Kalau saya sih untuk SUV lebih pilih ke Honda CR-V. Kalau untuk sedan lebih pilih ke Honda Accord atau Toyota Camry sih yah om.
Tapi kalo om masih sensitif sm PR dibagian kaki2 dan rack steering, coret accord. Karena akan ada PR jg di 2 bagian itu , secara durabilitynya mirip2 lah sm crv menurut saya. Wwkwkkw dan road noisenya kurang kedap jg dibanding mazda 6 menurut saya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Need Suggestion, budget 250jt boleh nambah dikit
kalo udah kecantol mazda6 ya ambil itu aja um, jangan suv. fun nya beda meski di banding cx5 yg sesama mazda sekalipun
kalopun mau pilihan lain paling cari sedan europe
kalopun mau pilihan lain paling cari sedan europe
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Need Suggestion, budget 250jt boleh nambah dikit
Kayaknya CRV paling durable memang gen 4 (RM) deh, meskipun build quality interior nya paling ngga banget. So far saya pake sampe skg odometernya 120rb itu rack steer masih aman. Shock breaker doang yg terdegradasi karena usia dan pemakaian. Tp belom ada yg sampe jebol sih bushing2 dan arm nya.Pboyz97 wrote: Thu Feb 25, 2021 16:49Sebagai ex user crv gen 2 dan gen 3 serta user crv gen 5 saat ini saya bantu jawab ya. CRV memang akan banyak PR di kaki2 dan rack steeringnya, apalagi udh berumur diatas 5 tahun dan km diatas 100rb. Tapi kalo om punya kenalan spesialis, gak perlu kuatir. 2 part ini cukup mudah dan banyak kok partnya dan banyak bengkel spesialis yg bisa benerin jg dan selisihnya lumayan dibanding beres, karena pegalaman saya melihara crv gen 3 selama 8 tahun, harga kaki2 dan rack steering di beres cukup mahal dan lebih baik servis di spesailis saja karena jasanya jauh lebih murah dibanding beres + harga partnya itu sendiri jg lebih murah dibanding beres hehehe + Lebih mudah dibanding mazda yg bengkel spesialisnya masih jarang jadi mau ga mau harus ke beres kalo mau service dan minusnya crv itu ada di road noisenya cukup menganggu menurut saya, apalagi kalo dibandingin sm mazda wkkwkw, tapi kalo om gamasalah sm poin2 yg saya sebut tadi, go for it karena mobilnya fun to drive, handlingnya oke (walaupun gak seenak mazda),lebih practical, lebih nyaman , lebih empuk bantingan suspensinya dan lebih lega row 2 nya dibanding mazdaBangjon024 wrote: Mon Feb 22, 2021 10:42Tapi kalo CRV katanya akan banyak PR di kaki kaki dan rack steering ya om? Sama road noisenya cukup mengganggu makanya gak masuk di radar [emoji28]sh00t wrote:Kalau saya sih untuk SUV lebih pilih ke Honda CR-V. Kalau untuk sedan lebih pilih ke Honda Accord atau Toyota Camry sih yah om.
Tapi kalo om masih sensitif sm PR dibagian kaki2 dan rack steering, coret accord. Karena akan ada PR jg di 2 bagian itu , secara durabilitynya mirip2 lah sm crv menurut saya. Wwkwkkw dan road noisenya kurang kedap jg dibanding mazda 6 menurut saya

CRV Gen 4 bisa jd opsi mengingat sebagai user, menurut saya durabilitasnya bisa dibilang oke lah untuk sebuah Honda. Tp kualitas interior ya gitu deh, mulai ada rattling di pengait jok belakang.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Need Suggestion, budget 250jt boleh nambah dikit
btul, saya join grup CRV di facebook jarang sekali yang ada komplen itu gen 4.evanbngdor wrote: Fri Feb 26, 2021 1:59Kayaknya CRV paling durable memang gen 4 (RM) deh, meskipun build quality interior nya paling ngga banget. So far saya pake sampe skg odometernya 120rb itu rack steer masih aman. Shock breaker doang yg terdegradasi karena usia dan pemakaian. Tp belom ada yg sampe jebol sih bushing2 dan arm nya.Pboyz97 wrote: Thu Feb 25, 2021 16:49Sebagai ex user crv gen 2 dan gen 3 serta user crv gen 5 saat ini saya bantu jawab ya. CRV memang akan banyak PR di kaki2 dan rack steeringnya, apalagi udh berumur diatas 5 tahun dan km diatas 100rb. Tapi kalo om punya kenalan spesialis, gak perlu kuatir. 2 part ini cukup mudah dan banyak kok partnya dan banyak bengkel spesialis yg bisa benerin jg dan selisihnya lumayan dibanding beres, karena pegalaman saya melihara crv gen 3 selama 8 tahun, harga kaki2 dan rack steering di beres cukup mahal dan lebih baik servis di spesailis saja karena jasanya jauh lebih murah dibanding beres + harga partnya itu sendiri jg lebih murah dibanding beres hehehe + Lebih mudah dibanding mazda yg bengkel spesialisnya masih jarang jadi mau ga mau harus ke beres kalo mau service dan minusnya crv itu ada di road noisenya cukup menganggu menurut saya, apalagi kalo dibandingin sm mazda wkkwkw, tapi kalo om gamasalah sm poin2 yg saya sebut tadi, go for it karena mobilnya fun to drive, handlingnya oke (walaupun gak seenak mazda),lebih practical, lebih nyaman , lebih empuk bantingan suspensinya dan lebih lega row 2 nya dibanding mazdaBangjon024 wrote: Mon Feb 22, 2021 10:42
Tapi kalo CRV katanya akan banyak PR di kaki kaki dan rack steering ya om? Sama road noisenya cukup mengganggu makanya gak masuk di radar [emoji28]
Tapi kalo om masih sensitif sm PR dibagian kaki2 dan rack steering, coret accord. Karena akan ada PR jg di 2 bagian itu , secara durabilitynya mirip2 lah sm crv menurut saya. Wwkwkkw dan road noisenya kurang kedap jg dibanding mazda 6 menurut saya
![]()
CRV Gen 4 bisa jd opsi mengingat sebagai user, menurut saya durabilitasnya bisa dibilang oke lah untuk sebuah Honda. Tp kualitas interior ya gitu deh, mulai ada rattling di pengait jok belakang.
1,2,3 sih udah pada berantakan komplennya mulair usak aneh aneh. yang lucu 1 lebih minim komplen daripada 2 apalagi 3.
gen 4 ini mgkn di luar kualitas buatan menurun tapi platformnya justru sudah semakin matang, ini kan generasi terakhir yang masih pake platform sama since generasi 2. honda emang suka bikin improvement kecil kecil walau platform sama. pernah baca service manual civic FB juga sama walau model dan kualitas turun tapi underneath refinementnya banyak sekali, makanya jauh lebih ngga rewel juga banding FD.
gen 5 fingers crossed tp smoga durabilitynya meningkat lagi walau kualitas buatannya kacau abis... tapi yang facelift sekilas kemarin lihat lumayan meningkat sehh.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7