belom mbah
masi ad sisa kira2 50 % pad nya.. nanti kira2 10 rebuan km lg baru mo diganti
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
belom mbah
mmg normal nya brapa taon mbah musti digantiOmnibus wrote: ↑Sat Feb 20, 2021 12:06iya mbah. tp kl udah 6 thn 85k km sih sdh sewajarnya diganti. kl engga ntar pabrik shock ga laku.DOHC wrote: ↑Sat Feb 20, 2021 11:53utk shock kayanya ga ad patokan yah mbah
tergantung gmana make nya aj, dan vendor nya jg, dl punya 2007 OGL super resing HR15DE, itu shock rata2 ga ad yg 3 taon, 2 taonan aj ud bagus padahal mobil kesayangan... lah skrg make hrv, inofa, ud 4- 5 taon, masi belom bocor dan belom ngayun, ban jg blom makan tapak ampe kriting
hati2 sama zat adiktif yg terkandung di TW. awal2 beli yg cungkwo, lama2 ketergantungan ngencengin ga pede kl ga pake ..... trus mulai beli yg click type krn males micingin mata biar ga parallax error. trus ga sampe 5 taun lagi beli yg digital kaya mbah dekan.
ketauannnn
ad jg yg ga kena racun nya mbah
pomade nya dicolek dikit juga kan utk slide pin rem kl lagi nyerpis rem. abis itu besoknya dipake lagi utk rambut. gas pol beibeehhh
......Wipro 300N.m Pak..? nampak masih baru.. .....ngencenginnya kalo terlalu berat bisa minta bantuan org liat dari depan pak..,atau pasang cermin di depan.. ..DOHC wrote: ↑Sat Feb 20, 2021 11:59sdikit unggahan poto2 tadi pagi
20210220_120343.jpg
20210220_120323.jpg
20210220_120304.jpg
impresi td stelah dipake muter2 sikit, ga sempet nge toll gara2 banjir sana sini
kayanya ga ad beda pas di rem, cuman pas roda di dongkrak dan diputer pake tangan, berasa sedikittttttttt lebi less friction spertinya, suara srekk srekk kampas yg gesek piringan jg lebi minim kl ini
kayanya diktat kuliah institute technik van asemregez bab 9 ttg pengencangan baut2, ud musti di revisi nehh.. dari pipa besi 90 cm jd tork wrench cungkwo
saya cuman ada yg TW jarum pak..DOHC wrote: ↑Sat Feb 20, 2021 13:00ad jg yg ga kena racun nya mbah
tu pa gentongz
ehh si mbah dekan prop gerasi 69 padhaal yg ngeracunin saya dl beli tork wrench jarum biar bsa jd breaker / cheater bar, lah knapa skrg dia yg jd kalap beli ceklek2 gmbh yah
tools digital ?? enga dl deh, makasi... masi sakit ati perihal sigmat mitutoyo kamfret
Asik loh...
benar kata Pak Omni.., paling bagus langsung di cek barang Pak..,kunci torsi banyak ukuran torsinya Pak.. ada yg 20Nm- 200Nm.,ada 4Nm-14Nm,,ada juga yang beam torsi/ torsi jarum 0-150 ,0-300,0-500..( satuan bisa N.m ,Ft.lb atau Inch.Lb ),tergantung kebutuhan Pak..banyak tipe torsi..,baut2 punya kekencangan tersendiri Pak..,ada yg hanya memerlukan kekencangan 6-10N.m ( contoh baut bak oli,baut cover timing (baut 8/10)..,nah kunci torsi kalo kita beli yg 20Nm-200Nm .. kan tidak bisa terpakai..,biasanya min 2-3 kunci torsi..,itu mungkin sedikit yg saya tau Pak..,kalo ada salah mohon di koreksi..rednhers wrote: ↑Sat Feb 20, 2021 11:56 haloo semua, saya mau tanya
rencana mau beli kunci torsi/momen buat ngencengin baut2 di head yg bahan nya dr alumunium dan buat ngencengin baut2 di sekitaran pulley. mau coba bersih2 bagian head kya rocker arm, hla nya dan baut coba ganti timing belt serta water pump sendiri.
nah cari2 di toko online ada nya merek american tool dan sellery yg terjangkau ( <500rb) menurut pendapat tmen2 disini yg bagus dan bisa kepake buat baut2 lainnya yg mana ya ?
terima kasih
terima kasih masukan nya om, sya liat ke page sebelum2 nya banyak yg pakai model jarum ya. kalo pakai itu aja bisa kali yah ? tingkat ke presisian nya bagaimana ? apakah mesti dilebihkan atau di kurangi ?Omnibus wrote: ↑Sat Feb 20, 2021 12:10halo om ....rednhers wrote: ↑Sat Feb 20, 2021 11:56 haloo semua, saya mau tanya
rencana mau beli kunci torsi/momen buat ngencengin baut2 di head yg bahan nya dr alumunium dan buat ngencengin baut2 di sekitaran pulley. mau coba bersih2 bagian head kya rocker arm, hla nya dan baut coba ganti timing belt serta water pump sendiri.
nah cari2 di toko online ada nya merek american tool dan sellery yg terjangkau ( <500rb) menurut pendapat tmen2 disini yg bagus dan bisa kepake buat baut2 lainnya yg mana ya ?
terima kasih
sebaiknya liat langsung barangnya ya. kl beli online utk amtool n sellery kan ga bisa ngira2 langsung kualitasnya gmn krn tiap item mereka ada yg bagus n ada yg kurang bagus.
secara keseluruhan TW sih bisa dipakai utk apa aja yg penting ukuran square drive nya (1/2" atau 3/8" atau 1/4") dan panjang keseluruhannya, krn kl terlalu panjang juga bisa jadi ga muat utk ruangan sempit spt di dalam2 engine bay.
Menurut nubie sih kalau untuk baut head jangan yang model jarum lah, mending yang model klik aja walaupun versi murah. Karena setidaknya yang model klik bisa dikalibrasi kalau kurang akurat.rednhers wrote: ↑Sat Feb 20, 2021 15:38terima kasih masukan nya om, sya liat ke page sebelum2 nya banyak yg pakai model jarum ya. kalo pakai itu aja bisa kali yah ? tingkat ke presisian nya bagaimana ? apakah mesti dilebihkan atau di kurangi ?Omnibus wrote: ↑Sat Feb 20, 2021 12:10halo om ....rednhers wrote: ↑Sat Feb 20, 2021 11:56 haloo semua, saya mau tanya
rencana mau beli kunci torsi/momen buat ngencengin baut2 di head yg bahan nya dr alumunium dan buat ngencengin baut2 di sekitaran pulley. mau coba bersih2 bagian head kya rocker arm, hla nya dan baut coba ganti timing belt serta water pump sendiri.
nah cari2 di toko online ada nya merek american tool dan sellery yg terjangkau ( <500rb) menurut pendapat tmen2 disini yg bagus dan bisa kepake buat baut2 lainnya yg mana ya ?
terima kasih
sebaiknya liat langsung barangnya ya. kl beli online utk amtool n sellery kan ga bisa ngira2 langsung kualitasnya gmn krn tiap item mereka ada yg bagus n ada yg kurang bagus.
secara keseluruhan TW sih bisa dipakai utk apa aja yg penting ukuran square drive nya (1/2" atau 3/8" atau 1/4") dan panjang keseluruhannya, krn kl terlalu panjang juga bisa jadi ga muat utk ruangan sempit spt di dalam2 engine bay.
ini dari manual book hyundai accent 98 buat torsi baut rocker arm 20-24nm
Kalau dirasakan pakai tangan ada beda ketinggian dikit pas diraba yang bagian alur/lobang. Tapi beda ketinggian mungkin cuma 0.3mm. Cuma kalau diraba tangan ada beda dikit. Ini bearing apa shock, apa yg lain yah.DOHC wrote: ↑Sat Feb 20, 2021 11:53utk shock kayanya ga ad patokan yah mbahOmnibus wrote: ↑Sat Feb 20, 2021 11:43lingkar biru: ada top mount yg utk ngiket per bagian atas. ada bearing juga. kl assy include semua tuh.Profith83 wrote: ↑Sat Feb 20, 2021 10:39
Screenshot_20210220-173538_Samsung Internet.jpg
Tuh diatas yg saya lingkari warna biru ada karet dan bearing yah?
Support shock pernah ganti sendiri 1 thn lalu.
6 thn 85rb KM menurut om harusnya shock pasti tetap termakan usia yah?
Support shock apa perlu ganti lagi yah?
support shock udah 1 taun pake, ganti aja lah kl mau puas. atas bawah kaya foto sy di atas.
tergantung gmana make nya aj, dan vendor nya jg, dl punya 2007 OGL super resing HR15DE, itu shock rata2 ga ad yg 3 taon, 2 taonan aj ud bagus padahal mobil kesayangan... lah skrg make hrv, inofa, ud 4- 5 taon, masi belom bocor dan belom ngayun, ban jg blom makan tapak ampe kriting
kalau memang merasa pengalaman kurang utk menentukan parts apa2 saja yg rusak, kenapa ga ke bengkel resmi aja minta mereka yg periksa apa yg perlu diganti. paling bayar jasa general check up ga seberapa.
bantu jawab dikit yha..,sapa tau membantu... Torsi jarum bisa di pakai..,perkiraan akurasi lebih kurang +1 sampai +3 ..yg tertera di torsi jarum "kebanyakan" bulatan dari 0-10-30...,jadi untuk pengencangan apa bila ada nilai lebih atau kurang dari angka bulatan..harus di ambil perkiraan jarak jarumnya..,pemakaian tidak " segampang " torsi klik/digital..,dan masih banyak yg harus di perhatikan dalam pengencangan menggunakan torsi jarum..,untuk kemudahan saya sangat sarankan penggunaan torsi klik/digital..,mungkin itu sebagian saja yg saya pahami Pak..,mudah2an membantu.rednhers wrote: ↑Sat Feb 20, 2021 15:38terima kasih masukan nya om, sya liat ke page sebelum2 nya banyak yg pakai model jarum ya. kalo pakai itu aja bisa kali yah ? tingkat ke presisian nya bagaimana ? apakah mesti dilebihkan atau di kurangi ?Omnibus wrote: ↑Sat Feb 20, 2021 12:10halo om ....rednhers wrote: ↑Sat Feb 20, 2021 11:56 haloo semua, saya mau tanya
rencana mau beli kunci torsi/momen buat ngencengin baut2 di head yg bahan nya dr alumunium dan buat ngencengin baut2 di sekitaran pulley. mau coba bersih2 bagian head kya rocker arm, hla nya dan baut coba ganti timing belt serta water pump sendiri.
nah cari2 di toko online ada nya merek american tool dan sellery yg terjangkau ( <500rb) menurut pendapat tmen2 disini yg bagus dan bisa kepake buat baut2 lainnya yg mana ya ?
terima kasih
sebaiknya liat langsung barangnya ya. kl beli online utk amtool n sellery kan ga bisa ngira2 langsung kualitasnya gmn krn tiap item mereka ada yg bagus n ada yg kurang bagus.
secara keseluruhan TW sih bisa dipakai utk apa aja yg penting ukuran square drive nya (1/2" atau 3/8" atau 1/4") dan panjang keseluruhannya, krn kl terlalu panjang juga bisa jadi ga muat utk ruangan sempit spt di dalam2 engine bay.
ini dari manual book hyundai accent 98 buat torsi baut rocker arm 20-24nm
kasihan di ketok2 pak.. ..,ada alat test hardeness..,tapi biasa untuk mengetes biasa saya pakai kikir..(itu pun tidak bisa di bilang benar2 sesuai..)Profith83 wrote: ↑Sun Feb 21, 2021 7:30 Screenshot_20210221-142142_Gallery.jpg
Screenshot_20210221-142135_Gallery.jpg
Kalau ada yg Tekiro model seperti ini masih jaman jadul dan kuat.
Ngetestnya asal2x an.
Tekiro dibenturkan dengan prohex maka prohexnya terlihat dent/sempal
Tekiro diadu dengan KTC jepang dengan kekuatan yg sama waktu adu dengan prohex, ke 2 nya tidak ada dent. Akhirnya saya adu cukup kuat. Sebenarnya sayang. Cuma ingin tahu mana yg dent dulu.
Hasilnya ke 2 nya dent, dengan kedalaman yg mirip2x
Memamg dent di tekiro lebih terasa waktu diraba pakai kuku karena ring pass KTC sampingnya sudut 90derajat. Sedangkan Tekiro ujugnya lonjong.
Nah KTC dent juga tapi melebar karena penampang tekiro lonjong
BTW ini tekiro jaman saya kuliah alias 20 thn yg lalu yah .... mungkin dulu entah beneran made in japan atau bagaimana
Dl beberapa taon silam kl ga salah saya perna di ktawain ama sesepuh sini waktu pecaya lambang jis nya si tekiro.. padahal waktu itu tekiro baru masuk indo lohProfith83 wrote: ↑Sun Feb 21, 2021 7:30 Screenshot_20210221-142142_Gallery.jpg
Screenshot_20210221-142135_Gallery.jpg
Kalau ada yg Tekiro model seperti ini masih jaman jadul dan kuat.
Ngetestnya asal2x an.
Tekiro dibenturkan dengan prohex maka prohexnya terlihat dent/sempal
Tekiro diadu dengan KTC jepang dengan kekuatan yg sama waktu adu dengan prohex, ke 2 nya tidak ada dent. Akhirnya saya adu cukup kuat. Sebenarnya sayang. Cuma ingin tahu mana yg dent dulu.
Hasilnya ke 2 nya dent, dengan kedalaman yg mirip2x
Memamg dent di tekiro lebih terasa waktu diraba pakai kuku karena ring pass KTC sampingnya sudut 90derajat. Sedangkan Tekiro ujugnya lonjong.
Nah KTC dent juga tapi melebar karena penampang tekiro lonjong
BTW ini tekiro jaman saya kuliah alias 20 thn yg lalu yah .... mungkin dulu entah beneran made in japan atau bagaimana