Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Omnibus wrote: Sat Jan 30, 2021 17:46
mbah rektor, sebelumnya punten nih bukan maksudnya mau ngajarin. filter nisin tadinya drpd sayang mau sy pake aja di honda. memang diameter body dan gasket o-ring nya sama .... tapi stlh diukur diameter drat tengahnya beda mbah:
nisin M18
ahond M20
karena penasaran sampai-sampai waktu lagi bongkar muatan tadi pagi tidak konsentrasi, ini hasil pengukuran dengan vernier caliper godem alias goban adem.
lho kok sama hasilnya. makasih nih udah diukurin sampe bongkar muat ga nyaman dan hrs sampai ngeluarin filter bekas. next sy pake yg nisin punya atas arahan mbah rektor.
indeskey wrote: Sun Jan 31, 2021 3:54
Mbah suhu pengaruh drainback valve kalau gagal apa yak? Langsung bypass. Pengaruh ke mesin gimana akhirnya. Kita taunya drainback nha gagal gimana yak.
Kadang tertarik beli yg aftermarket lbh murah macam sakura/denso. Kalah wix kan mirip2 harganya sama oem.
Suwun mbah.
ya oli keluar dan si filter jadi kosong.
tapi kembali lagi masalah posisi lubang filter ini menghadap kemana?
kalau posisi lubangnya menghadap keatas seperti mesin toyota seri NR, mazda, suzuki K series, ya ga masalah.
yang patut dihawatirkan itu kalau posisi lubang filternya menghadap kebawah seperti 2KD.
pengaruh ke mesin? sedikit terlambat kebagian oli.
*ini hanya pandangan pribadi saya sebagai pemula.
mohon dikoreksi apabila ada kesalahan.
indeskey wrote: Sun Jan 31, 2021 3:54
Mbah suhu pengaruh drainback valve kalau gagal apa yak? Langsung bypass. Pengaruh ke mesin gimana akhirnya. Kita taunya drainback nha gagal gimana yak.
Kadang tertarik beli yg aftermarket lbh murah macam sakura/denso. Kalah wix kan mirip2 harganya sama oem.
Suwun mbah.
ya oli keluar dan si filter jadi kosong.
tapi kembali lagi masalah posisi lubang filter ini menghadap kemana?
kalau posisi lubangnya menghadap keatas seperti mesin toyota seri NR, mazda, suzuki K series, ya ga masalah.
yang patut dihawatirkan itu kalau posisi lubang filternya menghadap kebawah seperti 2KD.
pengaruh ke mesin? sedikit terlambat kebagian oli.
*ini hanya pandangan pribadi saya sebagai pemula.
mohon dikoreksi apabila ada kesalahan.
mau nambahin dikit, sesama pemula
ini kok nyambung topiknya sama di tret oli. jd bisa membuat pas cold start lampu oil check nya agak lama padamnya artinya pas ngisi oil filter msh belum ada pressure tuh, makin lama kondisi oil starvationnya. ditambah pas dingin itu olinya msh kentel bikin makin lama lagi sirkulasinya.
konon keausan terbesar itu pas cold start. nah dgn oil filter kosong mulu tiap cold start kayanya dlm jangka panjang bisa bikin amsiong mesin deh.
indeskey wrote: Sun Jan 31, 2021 3:54
Mbah suhu pengaruh drainback valve kalau gagal apa yak? Langsung bypass. Pengaruh ke mesin gimana akhirnya. Kita taunya drainback nha gagal gimana yak.
Kadang tertarik beli yg aftermarket lbh murah macam sakura/denso. Kalah wix kan mirip2 harganya sama oem.
Suwun mbah.
ya oli keluar dan si filter jadi kosong.
tapi kembali lagi masalah posisi lubang filter ini menghadap kemana?
kalau posisi lubangnya menghadap keatas seperti mesin toyota seri NR, mazda, suzuki K series, ya ga masalah.
yang patut dihawatirkan itu kalau posisi lubang filternya menghadap kebawah seperti 2KD.
pengaruh ke mesin? sedikit terlambat kebagian oli.
*ini hanya pandangan pribadi saya sebagai pemula.
mohon dikoreksi apabila ada kesalahan.
indeskey wrote: Sun Jan 31, 2021 3:54
Mbah suhu pengaruh drainback valve kalau gagal apa yak? Langsung bypass. Pengaruh ke mesin gimana akhirnya. Kita taunya drainback nha gagal gimana yak.
Kadang tertarik beli yg aftermarket lbh murah macam sakura/denso. Kalah wix kan mirip2 harganya sama oem.
Suwun mbah.
ya oli keluar dan si filter jadi kosong.
tapi kembali lagi masalah posisi lubang filter ini menghadap kemana?
kalau posisi lubangnya menghadap keatas seperti mesin toyota seri NR, mazda, suzuki K series, ya ga masalah.
yang patut dihawatirkan itu kalau posisi lubang filternya menghadap kebawah seperti 2KD.
pengaruh ke mesin? sedikit terlambat kebagian oli.
*ini hanya pandangan pribadi saya sebagai pemula.
mohon dikoreksi apabila ada kesalahan.
mau nambahin dikit,
ini kok nyambung topiknya sama di tret oli. jd bisa membuat pas cold start lampu oil check nya agak lama padamnya artinya pas ngisi oil filter msh belum ada pressure tuh, makin lama kondisi oil starvationnya. ditambah pas dingin itu olinya msh kentel bikin makin lama lagi sirkulasinya.
konon keausan terbesar itu pas cold start. nah dgn oil filter kosong mulu tiap cold start kayanya dlm jangka panjang bisa bikin amsiong mesin deh.
Akhirnya barusan saya isi sedikit oli juga ke filter olinya terus di "shake" ala2 cocktail seperti saran mbah omni. Paling tadi lampu tekanan oli cuma nyala 1 detik udah gitu mati.
Saya mau share bedanya Wix WL7131 made in Poland dengan WL7572 made in India. Selain lebih berat yg WL7131, saya lihat mekanisme penekan valvenya juga ada perbedaan, dimana yg WL7131 langsung terlihat pernya sedangkan yg WL7572 terlihat ada plat diatas pernya
679192969.jpg
WL7131 terlihat langsung pernya
IMG_20210131_120457.jpg
WL7572 terlihat ada plat yg menutupi pernya
IMG_20210131_120502.jpg
WL7572 di atas dan WL7131 di bawah
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli. Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
azu wrote: Sun Jan 31, 2021 6:41
Dibahas disini juga ya yg cold start atau ngga
Akhirnya barusan saya isi sedikit oli juga ke filter olinya terus di "shake" ala2 cocktail seperti saran mbah omni. Paling tadi lampu tekanan oli cuma nyala 1 detik udah gitu mati.
Saya mau share bedanya Wix WL7131 made in Poland dengan WL7572 made in India. Selain lebih berat yg WL7131, saya lihat mekanisme penekan valvenya juga ada perbedaan, dimana yg WL7131 langsung terlihat pernya sedangkan yg WL7572 terlihat ada plat diatas pernya
679192969.jpg
WL7131 terlihat langsung pernya
IMG_20210131_120457.jpg
WL7572 terlihat ada plat yg menutupi pernya
IMG_20210131_120502.jpg
WL7572 di atas dan WL7131 di bawah
harusnya sih kualitas sama antara buatan poland dan india, walaupun yang 7572 sedikit lebih mahal.
dan kalaupun masih ada 7131 yang beredar, bisa jadi itu stok lama.
*sekedar informasi. bukan ngebelaian, bukan fans, bukan sales wix.
dan masalah cold start, jika mobil rutin setiap hari dipakai ngga usah terlalu dipusingin. karena saat mesin sudah mati pun, kondisi internal bagian atas masih dalam kondisi basah oli.
pun untuk bagian seperti cam lobe, di sekeliling tappet kan ada kolam oli kecil untuk cadangan pelumasan.
kecuali mobil yang dinyalakan seminggu sekali atau lebih dari seminggu sekali, alangkah baiknya pakai filter yang drain back valve-nya beneran berfungsi.
Siap mbah, saya sih percaya kualitasnya sama antara buatan Poland dan India. harga saya beli masih sama dengan harga WL7131 juga masih lebih murah dari filter genuine, makanya saya pakai Wix lagi.
Pengalaman selama pakai Wix juga tidak ada masalah, ada kalanya mobil ga nyala 1 minggu dan lampu tekanan oli juga selalu langsung mati saat mesin nyala. Lampu menyala agak lama itu hanya saat baru ganti oli dan filter oli.
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli. Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
ummmm baru tau ada WIX yg made in indihe.. terakhir masih dapet poland yg 7177.... cuman kalo cold start jadi suka keluar mie tek tek.... jadi balik pake filter sijuki tp yg made in jepun.... kyknya betul kata mbah marmut kudunya yg 7119... cuman belom sempet bandingin...
DOHC wrote: Wed Feb 17, 2021 16:28
ohh tenang aj mbah
nanti pas next oil change pasti dipake koq
inofa itu kodrat nya harus jantan, pake filter UMKM harus bisa
yakin mbah?
kalo remah lem-lemannya copot gimana?
keisep masuk oil galley, nyumbat, mendadak lampu gambar teko warna merah nyala diikuti suara tek.. tek.. tek... tek.... halus, abis itu mendadak berubah hening mesin mati.
DOHC wrote: Wed Feb 17, 2021 16:28
ohh tenang aj mbah
nanti pas next oil change pasti dipake koq
inofa itu kodrat nya harus jantan, pake filter UMKM harus bisa
yakin mbah?
kalo remah lem-lemannya copot gimana?
keisep masuk oil galley, nyumbat, mendadak lampu gambar teko warna merah nyala diikuti suara tek.. tek.. tek... tek.... halus, abis itu mendadak berubah hening mesin mati.
d saat itu lah saya bawa 10 igun dr jakarta ke fabrik nya tu filter UMKM di cirebon, ta iket satu2 bos nya trus kunciin smua di satu kamar bareng tuh igun2 biar tau rasa
DOHC wrote: Wed Feb 17, 2021 16:28
ohh tenang aj mbah
nanti pas next oil change pasti dipake koq
inofa itu kodrat nya harus jantan, pake filter UMKM harus bisa
yakin mbah?
kalo remah lem-lemannya copot gimana?
keisep masuk oil galley, nyumbat, mendadak lampu gambar teko warna merah nyala diikuti suara tek.. tek.. tek... tek.... halus, abis itu mendadak berubah hening mesin mati.
d saat itu lah saya bawa 10 igun dr jakarta ke fabrik nya tu filter UMKM di cirebon, ta iket satu2 bos nya trus kunciin smua di satu kamar bareng tuh igun2 biar tau rasa
Mbah DOHC Genuine Oil....
Siap beli ceklek2 aja dulu ......
Barangkali setelah pasang si pilter, butuh bedah mesin...
DOHC wrote: Wed Feb 17, 2021 15:41
akhirnya kesampean iseng beli satu
lg diskon di shopee
cuman koq agak kganjel ama finishin nya yahh.. kaya barang UMKM bangett , lem daleman ga rata, bekas cat belepotan sana sini
kayanya next saya tetep stick ke OEM atau brand2 pasti2 aj deh
Kalau cuma finishing yg ga beres sih aman mbah, tapi takutnya nanti kalau dipasang takutnya lem2nya ikut tersikulasi oli.
Masalahnya bukan cuman lem nya yg brantakan mbah
Tp itu ga konsisten.. yg bagian besi nya ad yg ga kena lem nya, blom lg ad beberapa bagian yg ad belepotan lem nya.. perasaan sakura, aspira jg brand lokal tp ga gini amat ya
kalo remah lem-lemannya copot gimana?
keisep masuk oil galley, nyumbat, mendadak lampu gambar teko warna merah nyala diikuti suara tek.. tek.. tek... tek.... halus, abis itu mendadak berubah hening mesin mati.
d saat itu lah saya bawa 10 igun dr jakarta ke fabrik nya tu filter UMKM di cirebon, ta iket satu2 bos nya trus kunciin smua di satu kamar bareng tuh igun2 biar tau rasa
Mbah DOHC Genuine Oil....
Siap beli ceklek2 aja dulu ......
Barangkali setelah pasang si pilter, butuh bedah mesin...
Kl.mnurut diktat kuliah semester akhir tehnik mesin asemregez,
Pengencangan baut2 dekzel ialah menggunakan konci soket sambung konci L yg disambung lg dgn pipa besi 90 senti sambil ditarik oleh 3 pemuda ceking ampe bunyi ngeekk ngekk 3 kali
karena penasaran gmana isi nya si filter umkm ini, iseng ta belah jadi 2 aj
20210228_121752.jpg
20210228_121559.jpg
20210228_121524.jpg
20210228_121402.jpg
20210228_121321.jpg
20210228_121835.jpg
overall, mnurut saya ini filter sebenernya not bad loh, material kertas yg rapi dan ckup tebel, casing aluminium yg ckup tebel, karet2 seal yg ckup tebel
cuman seperti yg saya blg, sayang banget finishing nya kaya barang UMKM banget, cat belepotan sana sini, lem yg belepotan sana sini, dan per penahan yg kayanya koq ada karatan yah.. sayang, padahal kl hal2 minor itu diperbaikin, ini bsa jadi alternatif filter yg bagus neh
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
DOHC wrote: Sun Feb 28, 2021 13:00
cuman seperti yg saya blg, sayang banget finishing nya kaya barang UMKM banget, cat belepotan sana sini, lem yg belepotan sana sini, dan per penahan yg kayanya koq ada karatan yah.. sayang, padahal kl hal2 minor itu diperbaikin, ini bsa jadi alternatif filter yg bagus neh
harga oil filter cutter memang nggak murah, 2 yutaan. tapi mbok yao motongnya pake geraji besi biar rapih dikit mbah....
DOHC wrote: Sun Feb 28, 2021 13:00
cuman seperti yg saya blg, sayang banget finishing nya kaya barang UMKM banget, cat belepotan sana sini, lem yg belepotan sana sini, dan per penahan yg kayanya koq ada karatan yah.. sayang, padahal kl hal2 minor itu diperbaikin, ini bsa jadi alternatif filter yg bagus neh
harga oil filter cutter memang nggak murah, 2 yutaan. tapi mbok yao motongnya pake geraji besi biar rapih dikit mbah....
Nah ini makanya saya blg d atas, sebenernya si aegis ini lmayan scara bahan mbah, casing nya itu ckup tebel loh, saya pake gergaji besi aj lama beut cuman buat motong dikit.. makanya biar cepet pake cara bar2 aj
DOHC wrote: Sun Feb 28, 2021 15:43
Nah ini makanya saya blg d atas, sebenernya si aegis ini lmayan scara bahan mbah, casing nya itu ckup tebel loh, saya pake gergaji besi aj lama beut cuman buat motong dikit.. makanya biar cepet pake cara bar2 aj
mata gerajinya pake sandflex bahco yang gambar ikan gemuk seger, jangan pilih yang gambar ikan asin.