barusan midnite drive on GK5. distance 80 km. speed max 150 kph. ECT 85-95°C. ambient temp 24-25°C
sampe rumah langsung buka kap mesin, ukur2 pake thermo gun
after exhaust wrap,
front pipe: 170°C
steering rack housing: 55°C
dulu pernah ngukur
before exhaust wrap (cuaca hujan, ga geber2),
front pipe: 110°C
steering rack housing: 60°C
kl cuaca siang hari terik, ga tau deh bunyi atau ngga. tadi sih lumayan better. mungkin radiasi kalor mendingan kali.
mau pecah pala ogut ngurusin ini, udah kaya knkt aja nih. ngumpulin fakta ngerunut kronologis:
21 Jun 2019 mobil baru terima dr dealer
2 Jun 2020 (sesuai tgl posting dr forum SM) ane komplen pertama noise steering rack, minta saran. 1 thn pemakaian.
10 Jun 2020 regrease pertama dan bunyi hilang. lumayan bangettt baru 8 hari dr pertama komplen udah ketemu fix nya. tp keringnya dah brp lama sampe bunyi ane ga ngerti.
feb 2021 baru ngeh kl bunyi nya terjadi hanya ketika mesin panas.
kesimpulan sementara: kayanya dr pabrik awalnya itu steering rack ada grease nya. tp dia menguap habis krn kepanasan deket knalpot. habis setelah 1 tahun penggunaan.
nah grease yg skrg kl panas menjadi encer (omega max operating temp 150°C vs 170°C amsoil sesuai PDS) makanya bunyi pas panas. kl dibiarin 1 tahun overheat2 begitu terus sptnya habis juga.
apakah ini design compromise? exhaust manifold posisi di belakang dekat bgt sama steering rack. ya overheat kepanggang. ga bisa gimana2 soalnya mobilnya kecil jd sempit ruangannya. kl model enjin nya exhaust manifold di depan dekat radiator gimana, apakah sama aja?
ya udah terima aja ya, usaha udah msh begitu ya terima aja.
