Ini mobil jarang jalan. Umur 8 thn baru 53ribuan km. Sehari2 emang cuma dipake bini ke pasar & antar anak sekolah. Rutenya 85% aspal, sisanya jalan tanah, batako, sama jalan keriting lain. Fuel cons dapet 1:9 on pertalite+aditif dengan gaya nyetir nyante (shifting di 1500an rpm). Kayaknya efek samping gaya nyetir gini bikin busi jadi cepet kotor. Soalnya waktu dibersihin, keraknya item banget & rada susah rontok.
Jadi di 5 tahun pertama, mobil ini full rawatan BERES. Perawatan seadanya banget. Bensin pake RON 88 tanpa aditif apa2. Oli pake SGO 5W-30 aja & digantinya pun ngikut km, itupun kalo inget. Maklum waktu itu ane belum kenal SM, hehehe.
Nah mulai tahun ke-6, ane mulai ngerti dikit ngerawat mobil dgn baik. Sejak itu, oli pake Amsoil SS 5W-30. Oli transmisi sih masih pake SGO punya sampe sekarang. Udah pernah full tune up (dari throttle body - catconv) 1 kali waktu umur 6,5 taun. Mihul juga, tp puas kok krn tarikan beneran ringan stlh full tuneup itu.
Fast moving part & chemicals macam busi, coolant, minyak rem, kampas rem 4 sisi, sama lampu rem blkg kanan semua ganti di BERES. Shock depan+karetnya juga udah ganti 1 kali di beres.
Ban bawaan pabrik udah ganti fullset 1 kali di bengkel BS langganan. Bawaannya pake Turanza ER (lupa ER33 ato ER300). Skarang pake T005A. Enak nih ban, beneran lebih empuk sesuai klaim langganan ane.
Aki juga pake ukuran yg sama dengan bawaan pabrik: NS60 beli di bengkel aki langganan. Pernah coba pake NS45 krn semua kelistrikan standar aja, tapi jadinya cepet rusak krn gak sanggup nampung arus dari alternator.
Slow moving part yang udah pernah ganti itu kopling set sama sensor O2. Kalo kopling set sih wajar ya, ganti di beres waktu umur hampir 7 taun. Nah yg sensor oksigen ini ane curiga gara2 ane pernah suka nyampur pertabo + premium buat dapet RON 92-93. Maklum waktu itu harga ngoplos gitu masih lebih murah daripada harga pertamax, hehehe. Niat hemat tapi ujung2nya keluar duit juga. Waktu itu gejalanya FC jadi boros banget sama asap knalpot bau bensin. Didiagnosis di beres, trus ane beli sensornya di olshop ijo, pasang di bengkel rumahan kenalan ane. Akhirnya sejak itu ane rutin pake pertalite aja tambah Redline CSFC 50-100 cc/ full tank.
Slow moving part lain yg udah kalah itu steering rack. Gejalanya setir bunyi2 kalo putar full (lock-to-lock). Katanya ini emang penyakit bawaan SX4 lama. Di beres didiagnosis & ditawarin reparasi bushing aja, kena 2.6jt tapi pake bon luar (bukan bon printout beres; you know what that means). Kalo ganti baru, 12jt barangnya doang.
Penyakit lain itu rem cakram belakang. SX4 ane udah ganti kedua sisinya dgn gejala sama: remnya lengket. Akhirnya harus ganti piston kaliper remnya. Katanya kalo mobil kena ciprat gede/ kena hujan & gak langsung dibilas pas nyampe rumah, maka riskan karatan & akhirnya lengket.
Habis itu, sistem AC. Pas lewat ultah ke-8, nih mobil minta ganti evaporator, soalnya bocor pas dites di spesialis AC. Pantesan 2 taun terakhir ane harus tambah freon tiap 12-18 bulan. Jadi pas ganti evap, sekalian aja ane minta ganti receiver/ dryer freon.
Minus2 mobil ini yg udah umum dibicarain: pilar A gede, setir berat, sama fuel cons yg biasa aja itu menurut ane gak terlalu mengganggu. Sangat terbayar dengan ketangguhan drivetrain yg oke, ground clearance tinggi (185 mm), & model yg everlasting.
Barusan pekan lalu udah ganti juga riben, soalnya selama ini masih pake SolarG**d. Setelah nabung berbulan2, akhirnya kesampean pake V-**ol 40 kaca depan + X05 samping & belakang. DC 6.4jeti di distro resminya di kota ane. Tapi pulang2 bukannya bini seneng malah ane dikomplen, katanya ngapain pake ganti riben mahal2, duitnya bisa pake beli kompor tanam. Capek deh...kita udah bayarin, udah nungguin di bengkel, malah digituin....

Secara keseluruhan, nih mobil enak banget. Sangat cocok dengan kebutuhan ane & bini yg cuma buat dalkot tp butuh GC tinggi krn rumah ane di pinggiran & banyak jalan jelek.
Beda banget sama Fiesta Trend MT ‘11 punya ipar ane yg udah jajan 40+juta sejak umur 6 taun sampe skarang. Tuh FFT emang fiturnya lebih banyak & handling nya lbh enak, tp part2 lbh mahal & lbh cepet rusak. GC nya juga rendah banget buat dipake sekitar rumah ane.

Moga2 awet nih mobil buat dipake ngajar anak ane nyetir, hehehe. O ya, nih mobil dulu barunya 214.3 jt harga Makassar 2012. Skarang rerata harga di onlen marketples sekitar 105 jt.
Sekian kesan2 perawatan jangka panjang ini. Moga2 ada manfaatnya buat rekan2 SMers yg lagi nyari mobil 2 baris 100an juta.