Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
b0ku wrote: Mon Feb 08, 2021 3:45
emang mafia batrey itu lebih parah maenannya palagi mereka lagi diatas angin maen isu lingkungan musti ada yang bawa isu lingkungan nikel juga nih biar pada tau gak sclean yang digebor2x kan apalagi toxic batre bisa ngerusak tanah
dari segi goverment lebih gampang kontrol penduduknya pada rese lsg cut power grid aja lumpuh semua penduuknya gak bisa gerak apalagi yang baru charging 5%
dengan curangnya kendaraan militer mereka pake combustion semua karena bisa di hajar sana sini
kalopun berharap mereka fail paling ya di isu lingkungan ini sih... macem dieselgate
gw jadi mikir 2 hari ini kota gw lagi sibuk berbanjir-banjir dan listrik padam di sejumlah daerah, lagi berandai-andai aja klo ada yang punya EV mau diajak kabur ngungsi ternyata lowbatt gegara semaleman listrik mati kan ya gak lucu...
ujungnya minta tolong tim SAR buat bawa pake dobel kabin diesel
ngapain mati matian nolak ev..simple. selama mobil bbm masih dijual ya beli mobil yg pake bbm,
kalo sewaktu waktu nanti mobil bbm udah gak dijual lagi, ya beli lah ev mau gak mau juga.
atau mungkin suatu saat bbm naik tinggi karena udah sangat langka banget, misal 50 rb/liter, dan mobil bbm pun masih dijual,
nah ini mungkin musti dihitung cost nya ..cost buat ganti batere suatu saat dengan penghematan kalo pake bbm sebanding apa gak.
b0ku wrote: Mon Feb 08, 2021 3:45
emang mafia batrey itu lebih parah maenannya palagi mereka lagi diatas angin maen isu lingkungan musti ada yang bawa isu lingkungan nikel juga nih biar pada tau gak sclean yang digebor2x kan apalagi toxic batre bisa ngerusak tanah
dari segi goverment lebih gampang kontrol penduduknya pada rese lsg cut power grid aja lumpuh semua penduuknya gak bisa gerak apalagi yang baru charging 5%
dengan curangnya kendaraan militer mereka pake combustion semua karena bisa di hajar sana sini
kalopun berharap mereka fail paling ya di isu lingkungan ini sih... macem dieselgate
gw jadi mikir 2 hari ini kota gw lagi sibuk berbanjir-banjir dan listrik padam di sejumlah daerah, lagi berandai-andai aja klo ada yang punya EV mau diajak kabur ngungsi ternyata lowbatt gegara semaleman listrik mati kan ya gak lucu...
ujungnya minta tolong tim SAR buat bawa pake dobel kabin diesel
liat aja 10th ke depan case studynya kan dah banyak yang beli tesla, tinggal liat berapa banyak yang balik ke ICE dalam waktu 10th ini
vipere wrote: Mon Feb 08, 2021 4:00
ngapain mati matian nolak ev..simple. selama mobil bbm masih dijual ya beli mobil yg pake bbm,
kalo sewaktu waktu nanti mobil bbm udah gak dijual lagi, ya beli lah ev mau gak mau juga.
atau mungkin suatu saat bbm naik tinggi karena udah sangat langka banget, misal 50 rb/liter, dan mobil bbm pun masih dijual,
nah ini mungkin musti dihitung cost nya ..cost buat ganti batere suatu saat dengan penghematan kalo pake bbm sebanding apa gak.
gak nolak kalo gak ada wacana BAN ICE malah ngelirik honda E
tapi gak ngepek sih di gw scara 2 unit yang di rumah saya mau pake lama dan saya pake mobil deket2x paling kepikiran beli mobil aneh2x kalo ada rejeki moga2x aja kesampean muscle car butut
Kalau ada EV seharga Avanza + 100 jt orang masih mau beli.
Terutama yang dipakai untuk grab.
Lumayan kalau bisa jalan 300 KM alias 30 liter bensin.
EV per 10 KM biaya listrik 2000 VS Pertalite per 10 KM biaya nya 7500.
Per 10KM irit 5.500 x 30 liter = 165 rb per hari.
Sebulan 25 hari kerja = 165rb x 25 = 4jt 125rb
Setahun 4jt 125rb x 12 = 49jt 500
5 thn = 49jt 500 rb x 5 = 250 jt an.
Kalau asumsi 5 thn garansi baterai dan harga baterai baru 50 jt. Alias 5 thn sekali keluar 50jt.
Asumsi diatas per hari 300 KM. senilai penghematan per 5thn 250 jt.
Kalau per 5 thn senilai 50 jt. alias 1/5 nya dr 250 jt -----> maka seperlima dari 300 KM alias 60 KM per hari.
Alias 18rb KM per tahun itu setara dengan penghematan 50 jt untuk beli baterai 5 thn sekali
nambahin, indo itu produsen nikel terbesar dunia. bukan tidak mungkin kalo gagasan ET soal Indonesia Battery Holding bisa bikin kita jadi penguasa rante pasok batre di dunia. liat aja sekarang pemerintah lg larang ekspor nikel, uni eropa kelabakan dan bakal ngadu ke WTO. semoga aja semua pejabatnya bisa full bekerja untuk sebanyak-banyaknya kemakmuran negara.
nickel.jpeg
kalo skenario holding batre bisa sukses, bukan tidak mungkin ev akan menggeser ice. gimanapun kalo punya resource, cost nya bisa lebih murah daripada yg gak punya resource. contohnya bbm, di arab sana, bbm sama air mineral murahan bbm, karena mereka punya resource berlimpah. bukan hal mustahil batre disini jg akan lebih murah daripada negara lain yg gak punya resource kan?
pengendiesel wrote: Mon Feb 08, 2021 3:42
Waduh, ampun suhu!! Saya belum pernah ke jalan dinding itu
Mungkin bisa share povnya om sehingga bilang TSLA is too big to fail. Mulai dari definisi too big to fail itu sendiri menurut om seperti apa, serta data dan fakta yang mendukung sehingga TSLA bisa dikategorikan ke kelompok tsb. Sapa tau saya jadi tertarik memasukkan TSLA ke portfolio
Soalnya buat saya, sekedar harga saham ngelipat 5x dan lagi diagung2kan oleh semua orang, gak otomatis jadi too big to fail.
The "too big to fail" (TBTF) theory asserts that certain corporations, particularly financial institutions, are so large and so interconnected that their failure would be disastrous to the greater economic system, and that they therefore must be supported by governments when they face potential failure.
Kl ga di suntik pemerintah US dan dibantu kebijakan subsidi dan promosi mobil listrik ud almarhum itu TSLA.
MaddMaxx wrote: Mon Feb 08, 2021 5:16
nambahin, indo itu produsen nikel terbesar dunia. bukan tidak mungkin kalo gagasan ET soal Indonesia Battery Holding bisa bikin kita jadi penguasa rante pasok batre di dunia. liat aja sekarang pemerintah lg larang ekspor nikel, uni eropa kelabakan dan bakal ngadu ke WTO. semoga aja semua pejabatnya bisa full bekerja untuk sebanyak-banyaknya kemakmuran negara.
nickel.jpeg
kalo skenario holding batre bisa sukses, bukan tidak mungkin ev akan menggeser ice. gimanapun kalo punya resource, cost nya bisa lebih murah daripada yg gak punya resource. contohnya bbm, di arab sana, bbm sama air mineral murahan bbm, karena mereka punya resource berlimpah. bukan hal mustahil batre disini jg akan lebih murah daripada negara lain yg gak punya resource kan?
Idealnya begitu.
Tapi yakin setelah 2024 keran exportnya masih ditutup? Biasanya ganti president maka ganti acara.
Saya curiga thn 2024 keatas keran export dibuka. Itu pemerintah Eropa dan US maunya export dibuka.
Tau sendiri kan bisa ada transaksi tersembunyi.
Contoh di Eropa dan US bangun pabrik baterai "XYZ". Pemegang sahamnya ada sebagian milik orang Indonesia.
hihihihi .... terus terang gak yakin saya. Ini urusan keuntungan Triliun per tahun ... hmmm
Sebenernya yg menarik dr ev ini bukan soal kendaraan hanya dipakein batre tok... tapi potensi yg bisa dikembangkan dari perubahan sumber tenaga yg asalnya engine ( ice) ke elektrik (batre). Bisa dibayangkan Semua kontrol sangat mudah dilakukan karena penggunaan yg murni elektronik (motor, selenoid dll) yg jatuh lebih efisien dibandingkan kalau pakai katakanlah campuran batre dan engine.
Sekali lagi ini hanya untuk term kendaraan sebagai alat bantu perpindahan dr poin A ke poin B.
Dan tetap.....pasar yg akan menentukan apakah EV menjadi penguasa pasar atau hanya jadi proyek gagal karena masih terlalu banyak pe-er yg harus dikerjakan terutama untuk negara yg infrastrukturnya gak mendukung
MaddMaxx wrote: Mon Feb 08, 2021 5:16
nambahin, indo itu produsen nikel terbesar dunia. bukan tidak mungkin kalo gagasan ET soal Indonesia Battery Holding bisa bikin kita jadi penguasa rante pasok batre di dunia. liat aja sekarang pemerintah lg larang ekspor nikel, uni eropa kelabakan dan bakal ngadu ke WTO. semoga aja semua pejabatnya bisa full bekerja untuk sebanyak-banyaknya kemakmuran negara.
nickel.jpeg
kalo skenario holding batre bisa sukses, bukan tidak mungkin ev akan menggeser ice. gimanapun kalo punya resource, cost nya bisa lebih murah daripada yg gak punya resource. contohnya bbm, di arab sana, bbm sama air mineral murahan bbm, karena mereka punya resource berlimpah. bukan hal mustahil batre disini jg akan lebih murah daripada negara lain yg gak punya resource kan?
Its sound great ... tapi agak skeptis dgn hingar-bingar polarisasi politik selama ini.
Selama pejabat hanya memikirkan urusan perut dan partai masing2 bersiaplah Indonesia diobok-obok, masuk ke proxy-war, diadu domba oleh negara lain. Tuh liat agent intelijen Jerman sowan ke markas FPI Petamburan
Jambangan wrote: Mon Feb 08, 2021 9:14
Sepeda Motor listrik jg kyk gitu
Kyk mainan
Harga mahal pula
Produsen besar belum ada yg main motor listrik di indo ya??
kalo menurut saya lebih gampang jual skuter listrik macem PCX atau NAMEC harganya masuk pangsa pasarnya juga gemuk tapi bingungnya gak ada yang berani???
MaddMaxx wrote: Mon Feb 08, 2021 5:16
nambahin, indo itu produsen nikel terbesar dunia. bukan tidak mungkin kalo gagasan ET soal Indonesia Battery Holding bisa bikin kita jadi penguasa rante pasok batre di dunia. liat aja sekarang pemerintah lg larang ekspor nikel, uni eropa kelabakan dan bakal ngadu ke WTO. semoga aja semua pejabatnya bisa full bekerja untuk sebanyak-banyaknya kemakmuran negara.
nickel.jpeg
kalo skenario holding batre bisa sukses, bukan tidak mungkin ev akan menggeser ice. gimanapun kalo punya resource, cost nya bisa lebih murah daripada yg gak punya resource. contohnya bbm, di arab sana, bbm sama air mineral murahan bbm, karena mereka punya resource berlimpah. bukan hal mustahil batre disini jg akan lebih murah daripada negara lain yg gak punya resource kan?
Its sound great ... tapi agak skeptis dgn hingar-bingar polarisasi politik selama ini.
Selama pejabat hanya memikirkan urusan perut dan partai masing2 bersiaplah Indonesia diobok-obok, masuk ke proxy-war, diadu domba oleh negara lain. Tuh liat agent intelijen Jerman sowan ke markas FPI Petamburan
Benar sekali ..... gak yakin di Indo bisa secepat itu membangun infrastruktur.
Poin paling penting adalah selama harga EV tidak bisa setara LCGC + 50 jt. maka agak susah sekali kalau mau laku.
50 jt itu setara pengiritan kalau setahun pakai 18rb KM dan pakai pertalite.
Beda harga BBM dan listrik selama 5 thn itu 50 jt.
5 thn sekali ganti baterai 50 jt.
Nah kalau harga baterai 100 jt, akan susah juga orang berpindah
Jambangan wrote: Mon Feb 08, 2021 9:14
Sepeda Motor listrik jg kyk gitu
Kyk mainan
Harga mahal pula
Produsen besar belum ada yg main motor listrik di indo ya??
Honda PCX Electric seingat saya ada, harganya lumayan 40 juta. sempet kepengen tapi pas tau harganya langsung mundur, gila aja.
cuma ganti mesin bensin jadi motor listrik + batere yang cuma berapa puluh kwh gitu malah disuruh bayar mahal.
karena marketnya ga sanggup charge itu motor di rumah, entah daya terpasang ga cukup atau masalah edukasi. realistisnya gitu. ini pikiran gampangnya.
pikiran konspirasi: ngapain susah2, selama masih dibeli jutaan unit setahun, gas terus.
MaddMaxx wrote: Mon Feb 08, 2021 5:16
nambahin, indo itu produsen nikel terbesar dunia. bukan tidak mungkin kalo gagasan ET soal Indonesia Battery Holding bisa bikin kita jadi penguasa rante pasok batre di dunia. liat aja sekarang pemerintah lg larang ekspor nikel, uni eropa kelabakan dan bakal ngadu ke WTO. semoga aja semua pejabatnya bisa full bekerja untuk sebanyak-banyaknya kemakmuran negara.
nickel.jpeg
kalo skenario holding batre bisa sukses, bukan tidak mungkin ev akan menggeser ice. gimanapun kalo punya resource, cost nya bisa lebih murah daripada yg gak punya resource. contohnya bbm, di arab sana, bbm sama air mineral murahan bbm, karena mereka punya resource berlimpah. bukan hal mustahil batre disini jg akan lebih murah daripada negara lain yg gak punya resource kan?
Idealnya begitu.
Tapi yakin setelah 2024 keran exportnya masih ditutup? Biasanya ganti president maka ganti acara.
Saya curiga thn 2024 keatas keran export dibuka. Itu pemerintah Eropa dan US maunya export dibuka.
Tau sendiri kan bisa ada transaksi tersembunyi.
Contoh di Eropa dan US bangun pabrik baterai "XYZ". Pemegang sahamnya ada sebagian milik orang Indonesia.
hihihihi .... terus terang gak yakin saya. Ini urusan keuntungan Triliun per tahun ... hmmm
sama saya juga gak yakin keran export masih ditutup setelah 2024
sudah rahasia umum kalau yg beginian bisa dikompromikan
kecuali dapet pemimpin yg integritas tinggi dan bener2 berpihak ke rakyat dan negara
Jambangan wrote: Mon Feb 08, 2021 9:14
Sepeda Motor listrik jg kyk gitu
Kyk mainan
Harga mahal pula
Produsen besar belum ada yg main motor listrik di indo ya??
Honda PCX Electric seingat saya ada, harganya lumayan 40 juta. sempet kepengen tapi pas tau harganya langsung mundur, gila aja.
cuma ganti mesin bensin jadi motor listrik + batere yang cuma berapa puluh kwh gitu malah disuruh bayar mahal.
karena marketnya ga sanggup charge itu motor di rumah, entah daya terpasang ga cukup atau masalah edukasi. realistisnya gitu. ini pikiran gampangnya.
pikiran konspirasi: ngapain susah2, selama masih dibeli jutaan unit setahun, gas terus.
yg 40jutaan pcx hybrid om
yg elektrik konon 100jtan dan cuma dijadiin brg rental B2B sama AHM
MaddMaxx wrote: Mon Feb 08, 2021 5:16
nambahin, indo itu produsen nikel terbesar dunia. bukan tidak mungkin kalo gagasan ET soal Indonesia Battery Holding bisa bikin kita jadi penguasa rante pasok batre di dunia. liat aja sekarang pemerintah lg larang ekspor nikel, uni eropa kelabakan dan bakal ngadu ke WTO. semoga aja semua pejabatnya bisa full bekerja untuk sebanyak-banyaknya kemakmuran negara.
nickel.jpeg
kalo skenario holding batre bisa sukses, bukan tidak mungkin ev akan menggeser ice. gimanapun kalo punya resource, cost nya bisa lebih murah daripada yg gak punya resource. contohnya bbm, di arab sana, bbm sama air mineral murahan bbm, karena mereka punya resource berlimpah. bukan hal mustahil batre disini jg akan lebih murah daripada negara lain yg gak punya resource kan?
Idealnya begitu.
Tapi yakin setelah 2024 keran exportnya masih ditutup? Biasanya ganti president maka ganti acara.
Saya curiga thn 2024 keatas keran export dibuka. Itu pemerintah Eropa dan US maunya export dibuka.
Tau sendiri kan bisa ada transaksi tersembunyi.
Contoh di Eropa dan US bangun pabrik baterai "XYZ". Pemegang sahamnya ada sebagian milik orang Indonesia.
hihihihi .... terus terang gak yakin saya. Ini urusan keuntungan Triliun per tahun ... hmmm
sama saya juga gak yakin keran export masih ditutup setelah 2024
sudah rahasia umum kalau yg beginian bisa dikompromikan
kecuali dapet pemimpin yg integritas tinggi dan bener2 berpihak ke rakyat dan negara
Idealnya begitu.
Tapi yakin setelah 2024 keran exportnya masih ditutup? Biasanya ganti president maka ganti acara.
Saya curiga thn 2024 keatas keran export dibuka. Itu pemerintah Eropa dan US maunya export dibuka.
Tau sendiri kan bisa ada transaksi tersembunyi.
Contoh di Eropa dan US bangun pabrik baterai "XYZ". Pemegang sahamnya ada sebagian milik orang Indonesia.
hihihihi .... terus terang gak yakin saya. Ini urusan keuntungan Triliun per tahun ... hmmm
sama saya juga gak yakin keran export masih ditutup setelah 2024
sudah rahasia umum kalau yg beginian bisa dikompromikan
kecuali dapet pemimpin yg integritas tinggi dan bener2 berpihak ke rakyat dan negara
kalau ingat ongkos nyapres ane jadi ragu
bep dl 5 thn pertama.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b8099ok wrote: Sun Feb 07, 2021 14:51
Untuk EV sptnya msh perlu upgrade infrastruktur lbh acceptable utk akomodir kebutuhan EV. Sementara yg msh bisa diterima sptnya nissin kicks (elektrik dengan genset).
Bbrp hari lalu sempet test drive, honestly its good. But not now. Let the market decide.
mbah, kalau nanti EV sudah merajai bisnis EV, apakah bebonk garage mau tetap jadi ECU tuner ?
atau shifting juga sediakan jasa lilit ulang dynamo, mbah ?
b8099ok wrote: Sun Feb 07, 2021 14:51
Untuk EV sptnya msh perlu upgrade infrastruktur lbh acceptable utk akomodir kebutuhan EV. Sementara yg msh bisa diterima sptnya nissin kicks (elektrik dengan genset).
Bbrp hari lalu sempet test drive, honestly its good. But not now. Let the market decide.
mbah, kalau nanti EV sudah merajai bisnis EV, apakah bebonk garage mau tetap jadi ECU tuner ?
atau shifting juga sediakan jasa lilit ulang dynamo, mbah ?
malah lahan basah jasa jailbreak buka speed limiter, jasa setting inverter, jasa lepas limiter motor listrik biar bisa di geber sampe kebakaran
b8099ok wrote: Sun Feb 07, 2021 14:51
Untuk EV sptnya msh perlu upgrade infrastruktur lbh acceptable utk akomodir kebutuhan EV. Sementara yg msh bisa diterima sptnya nissin kicks (elektrik dengan genset).
Bbrp hari lalu sempet test drive, honestly its good. But not now. Let the market decide.
mbah, kalau nanti EV sudah merajai bisnis EV, apakah bebonk garage mau tetap jadi ECU tuner ?
atau shifting juga sediakan jasa lilit ulang dynamo, mbah ?
Tetap dunk, khan pake ECU jg. Bisa lbh advance lagi mainannya malah. Wuakakakaka
Kalau menurut saya tentang kendaraan listrik buka propaganda untuk abad 21 ,kecuali ketika awal 1900 melawan mobil memakai bbm iya tapi bukan konspirasi melainkan harganya mahal,lebih lambat dan pengecasahan lebih lambat menjadikan lebih buruk daripada mobil ford model t.
Kalau ke abad 21 karena memang benar perubahan iklim ,suhu naik ,banyak kerusakan alam. Tapi silver bulluet solusi climate change dengan kendaraan listrik kecuali seperti bis ,truk dan kereta oke . Cwiiw.
EV kalo ganti batere harganya bisa separuh harga mobilnya, hybrid kalo ganti batere juga harganya omaigod karena sepupu saya ganti batere camry kena 80jt di auto 2000, abis ganti batere dia bilang gak ada lagi deh beli mobil hybrid2an pas ganti batere ngibrid tuh duid di dompet...
di indonesia juga ada budaya mudik lebaran, pas ngisi BBM estimasi per mobil bisa kelar dalam waktu di bawah 5 menit, kalo pake EV mau sedia berapa charging station ?
karena faktor di atas saya tetap akan pakai mobil internal combustion engine sampai pada suatu waktu ketemu cost effective yg bagus buat EV, kayaknya itu minimal masih 10 tahun lagi untuk di indonesia
taniasurya078 wrote: Tue Jun 15, 2021 4:23
Kalau menurut saya tentang kendaraan listrik buka propaganda untuk abad 21 ,kecuali ketika awal 1900 melawan mobil memakai bbm iya tapi bukan konspirasi melainkan harganya mahal,lebih lambat dan pengecasahan lebih lambat menjadikan lebih buruk daripada mobil ford model t.
Kalau ke abad 21 karena memang benar perubahan iklim ,suhu naik ,banyak kerusakan alam. Tapi silver bulluet solusi climate change dengan kendaraan listrik kecuali seperti bis ,truk dan kereta oke . Cwiiw.
intinya kita cuma kambing item doank sebenernya masalah utama dari emisi industri sama kapal kargo yang dimana yang punya big corporation malah saya juga curiga mereka lagi ngereserve semua minyak bumi yang tersisa buat bisnis mereka jd kalo semua pake EV otomatis stock minyak bumi yang buat mereka bakar malah tambah melimpah kita cuma gigit jari kayak california ud sering pemadaman bergilir malah mau ngeban penjualan genset pula ud deh ntar makin lumpuh aja tuh mobil listrik
sama jangan lupa hutan di tembangin mulu tapi gak ada yang ngeributin sama ada tindakan salah satu nya juga buat penambangan bahan baku batre