mantap sharingnya om, informatif banget.deathstroke wrote: Wed Sep 09, 2020 11:33iyah gan, pas ambil mobil ini juga ane cek nya bener2 detail dan nego seada adanya, harganya menggiurkan soalnya wkwkwk.azerbaijan wrote: Wed Sep 09, 2020 10:36Itu kenapa om decide harus turun mesin om? Apakah karena KM sudah 200rban? Secara GCU apakah ada trouble ya terkait komponen dari mobil? Boleh share om range ganti mesin DCnya abis berapa dan ngelakuinnya dimana? Menurut saya F10 bisa sampai 200rb ini perlu di highlight karena orang orang biasanya takut sama BMW
waktu sblm ambil mobil di scan sih aman semua ga ada error codes, tarik data di astra juga rawatan banget, ganti oli tiap 5rb KM, kaki2 semua baru ganti 2019 steering rack nya doang yg gak ganti, aki baru ganti 2019/11, ban baru ganti 2019/11 non rft bridgestone, interior rapih ga ada grepes2, cuma jok depan aja udah rada kempes busa nya sama cat nya dah pudar, handle pintu 4 4nya udah pada meleleh (jok udah di restore dan ganti 4 handle total 2jt) problem yg paling parah cuma timing chainnya udah bunyi parah, tinggal coplok nya doang itu rante, makanya pas ane ambil lsg bw ke bengkel ganti timing chain sekalian deh turunin mesin (kl mau ganti timingchain set aja gak harus turun mesin kok, cukup lepas head aja), ane turun mesin karna mau bersihin dan mau liat parts2 yg gak keliatan aja udh pada rapuh apa belum, berhubung BMW makin kesini makin banyak pake parts plastik dan karet2 sampah jadi biar sekalian keliatan aja hahahaha, sekalian skir klep, bersihin pala piston, ganti oli matic, ganti oli gardan, dan semua gasket2nya.
alhamdulillah pas turun mesin sih mesinnya bersih gak banyak deposit/sludge, mungkin karna interval ganti oli pemilik sblmnya deket bgt kaliya tiap 5000KM.. gak banyak parts tambahan yang diganti sih, cuma:
-selang radiator tengah;ori bmw (825rb) - ujungnya udah rapuh
-o ring inlet coolant pipe yg ke turbo (5rb perak) - udah copot jadi coolant bocor
-center mount;swag (1.3jt) - jebol
cuma ya gitu, namanya turun mesin ada aja masalahnya, gak tau mekanik bengkelnya yg ga kompeten atau emg pure kecelakaan aja, jadi tambah ganti;
-tambahan oli 5L + filter oli;ane pake amsoil european 5w40 dan filter pake mann (1.1jt) - pas naik mesin, bengkel isi oli cuma 5L, pas ane bawa pulang dr bengkel mobilnya, ane coba geber dijalan tbtb drivetrain warning nyala tulisan suruh tambah oli seliter, jadi ane mampir di pertamina buat beli fastron sementara, nyampur deh tuh oli fastron sm amsoil, jadi kena 2x ganti oli.. bengkel gamau tanggung jawab wkwk
-selang radiator yg ke tank;ori bmw (815rb) - dipatahin mekanik, 100% ane yg nanggung
-vacuum pump (3.6jt); vaico germany (sebelumnya ori BMW padahal harga 8.5jt huhu) - pentil yg ke pressure converter dipatahin mekanik, dan besi bagian atas penyok jadi oli pada bocor dr cam (kyknya pas turun mesin jatoh atau di getok pake palu buat copotin jadi bisa penyok gt) utk vacuum pump bengkel setuju buat ganti rugi 50/50, barang masih pesen 7 hari lg katany, sementara mereka akalin dulu ditambel pake lem besi
----------
-total dc turun mesin dan ganti semua parts sih 26jt-an, cuma karena ada kelalaian bengkel dan mekanik jadi nambah kurleb 3.6jt-an.
-buat interior rapihin semua 2jt
-kompresor ac jebol + flush ac 9jt
----------
sama ane mau ganti waterpump + thermostat, karna di record astra belum pernah ganti waterpump dr baru, thermostat baru ganti sekali tahun 2015.. udah termasuk hoki sih ini 185.000 KM water pump belum mati, harusnya udh ganti 2x ganti wkwkwk, buat preventive maintenance aja..
dc ganti waterpump set + thermostat 10jt (parts only) kyknya ane mau ganti sendiri aja, udh kurang percaya sama bengkel2 skrg, mayan irit2 ongkos jg
intinya kalo mau beli bmw bekas terutama mesin N20 ini harus mau belajar dan riset tentang mesin itu.. apa2 aja common problems nya, jadi kita dateng ke bengkel udh tau mau ganti apa aja, jgn suruh bengkelnya yg diagnosis.. pengalaman ane benerin mobil ini soalnya 90% mekanik dan bengkel salah diagnosa semua (so far 5 bengkel yg ane udh konsul dan datengin - 3 di jaksel, 2 di tangerang) yg berhasil bantu ane cari solusi dan tepat baru cuma 1 bengkel aja.
dan harus sering2 baca forum2 luar juga, karena high mileage BMW diluar udah banyak.. jadi mereka lebih tau penyakit mesin N20 ini dan apa apa aja solusinya.. gak kaya kita pake BMW di sayang2 terus, ngeliat kilometer gondrong langsung ngeri, padahal ya namanya barang dipake, parts udh hampir elektronik semua pasti ada umurnya, cepat atau lambat mmg hrs diganti.. dan juga BMW kan luxury brand, jadi gak heran kalo harga parts nya selangit, namanya juga luxury brand.. pinter2 di nego harga mobilnya aja buat cover dc benerin mobilnya, itu sih gan kurlebnya hehe -- utk nama bengkelnya kyknya ga usah di sebut yah, ngga enak nanti jadi masalah karna mereka udh minta maaf juga walaupun cuma mau ganti setengah, ini ane masih proses nunggu partsnya jg mudah2an ga di persulit sm mereka
itu gimana ceritanya bisa mampir ke bengkel itu om?
emang bengkel banyak yang gek bener, kadang part gak rusak aja bisa disuruh ganti.
blum lagi kalau ada problem yang bener2 dikuasai oleh mekanik, suruh ganti part ini-itu dan masalah masih ada lalu suruh ganti part lain lagi, mobil kita buat percobaan dan kita yg keluar duit.
